Jenis Media: Otomotif

  • Belum Setahun, Produksi Mobil Listrik Xiaomi Tembus 100 Ribu Unit!

    Belum Setahun, Produksi Mobil Listrik Xiaomi Tembus 100 Ribu Unit!

    Jakarta

    Produksi mobil listrik Xiaomi SU7 tembus 100 ribu unit. Nominal tersebut dicapai hanya dalam waktu 230 hari atau kurang dari setahun!

    Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun mengaku bangga dengan capaian luar biasa tersebut. Dia menghaturkan rasa terima kasih untuk seluruh tim yang terlibat di perusahaan.

    “Selamat untuk seluruh tim EV Xiaomi! Unit ke 100 ribu untuk Xiaomi SU7 sudah terproduksi di line pabrik. Bagi produk pertama, mencapai angka tersebut hanya dalam 230 hari merupakan pencapaian luar biasa,” tulis Lei Jun melalui akun X, dikutip Kamis (14/11).

    Mobil listrik Xiaomi SU7. Foto: REUTERS/Tingshu Wang

    Meski catatan tersebut sangat mentereng, namun Jun tak mau berpuas diri. Dia menargetkan produksi ke 200 ribu unit dalam waktu dekat. Sementara pengiriman kendaraan ditargetkan mencapai 120 ribu unit hingga akhir tahun.

    “Ini semua tidak akan terjadi tanpa dedikasi tim kami. Berikutnya kita kejar produksi 100 ribu unit lagi. Ayo mencapainya!” kata Jun.

    [Gambas:Twitter]

    Xiaomi SU7 merupakan mobil yang telah dikembangkan sejak empat tahun silam. Kendaraan tersebut dirancang khusus Li Tianyuan yang pernah mendesain mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya bekerja untuk Mercedes-Benz.

    SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristis di sejumlah bagian. Sepintas, tampilan kendaraan itu seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

    Pabrik mobil listrik Xiaomi di China. Foto: Doc. Xiaomi.

    Xiaomi SU7 varian Standard dilengkapi baterai berkapasitas 73,6 kWh dan motor listrik 220 kW dengan torsi 400 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 5,28 detik dan kecepatan puncaknya 210 km/jam.

    Sementara SU7 Pro yang menggendong baterai 94,3 kWh punya jarak tempuh maksimum 830 km. Namun, tenaga dan torsinya sama seperti varian Standard.

    Kemudian yang terakhir ada SU7 Max yang menjadi varian paling bertenaga. Kendaraan tersebut dibekali motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 663 dk dan torsi 838 Nm. Sedangkan akselerasi 0-100 km/jam bisa tuntas dalam 2,7 detik. Baterainya mampu menempuh perjalanan sejauh 800 km.

    (sfn/dry)

  • Penjualan Mobil Honda Naik, Ini Model Terlarisnya

    Penjualan Mobil Honda Naik, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Honda mengalami peningkatan penjualan sepanjang Oktober 2024 dibandingkan bulan lalu. Tren penjualan Honda masih didominasi model Sport Utility Vehicles (SUV) dan City Car.

    Berdasarkan data retail (distribusi dealer ke konsumen) tiga penjualan teratas Honda antara lain, Honda Brio sebanyak 4.491 unit, Honda HR-V sebesar 1.318 unit atau meningkat sebesar 13 persen dari bulan lalu. Disusul oleh Honda WR-V yang mengalami peningkatan10 persen dengan penjualan sebanyak 1.099 unit.

    Model lain seperti Honda BR-V yang naik sebesar 16 persen dengan total 785 unit.Kemudian Honda CR-V turut mencatatkan penjualan sebesar 175 unit.

    Sementara itu, Honda Brio tetap menjadi kontributor utama terhadap penjualan Honda dengan pangsa pasar sebesar 56 persen, atau sebanyak 4.491 unit.

    Tidak disebutkan secara rinci besaran penjualan City Hatchback, Mobilio, Accord, City, hingga Civic Type R. Honda hanya mencatatkan total penjualan sebesar 180 unit untuk model lainnya.

    Honda mencatat penjualan retail sebanyak 8.048 unit pada Oktober 2024, meningkat sebesar 5,8 persen dibandingkan dengan penjualan pada September 2024.

    “Pada akhir tahun 2024 ini kami terus berupaya untuk menggerakkan pasar dengan mendekatkan diri kepada konsumen melalui berbagai inisiatif,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

    “Salah satunya adalah penyelenggaraan event yang memberikan pengalaman interaktif serta program penjualan yang memudahkan konsumen dalam memiliki produk Honda. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen atas kepercayaannya dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk berkualitas serta layanan purna jual terbaik untuk konsumen,” tambah dia.

    Sebagai informasi tambahan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan hingga akhir tahun 2024 tembus 850 ribu unit. Target itu turun dari awal tahun yang sudah dicanangkan sebesar 1,1 juta unit.

    Penjualan mobil tertinggi di Indonesia terjadi pada tahun 2013 yang mencapai 1.229.811 unit. Tetapi angkanya terus merosot di tahun berikutnya namun tetap berada di level satu jutaan.

    (riar/dry)

  • Prabowo Tiba di Peru, Dijemput Mobil Mewah Ini

    Prabowo Tiba di Peru, Dijemput Mobil Mewah Ini

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto telah mendarat di Pangkalan Militer Angkatan Udara Grupo 8 Alar, Bandara Internasional Jorge Chavez, Lima, Peru, Rabu, (13/11/2024), sekitar pukul 22.35 waktu setempat. Turun dari pesawat, Prabowo dijemput mobil mewah ini.

    Prabowo tiba di Peru untuk melakukan kunjungan kenegaraan sekaligus menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC). Selain itu, Presiden Prabowo juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara sahabat di sela-sela agenda kunjungannya.

    Setelah turun dari pesawat, Prabowo disambut oleh Menteri Pertanian Peru Angel Manuel Manero Campos, Duta Besar Republik Indonesia di Lima Ricky Suhendar, Komandan Jenderal del Ala Aérea N°2 Mayjen Julio Cesar Gutiérrez Gonzales, serta Wakil Kepala Protokol Negara Peru Minestera Sandra pinto La Fuente.

    Usai sambutan itu, Prabowo langsung melakukan perjalanan darat. Tampak Prabowo menumpangi mobil Mercedes-Benz S-Class. Sebagai petinggi negara, tampaknya mobil yang dipakai Prabowo adalah S-Class yang sudah memiliki perlindungan antipeluru. Mobil Mercedes-Benz S-Class yang dipakai Prabowo di Peru dilengkapi dengan bendera Merah Putih lengkap dengan pelat merah bertuliskan Indonesia.

    Mobil ini mirip seperti mobil kepresidenan era Joko Widodo (Jokowi). Diketahui, Jokowi saat menjabat sebagai presiden menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini merupakan kendaraan yang dirancang super aman sebagai kendaraan kepresidenan.

    Mercedes-Benz S-Class merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

    Salah satu fitur terbaik dari Mercedes-Benz S 600 adalah Pre-Safe System untuk membuat kalangan VIP di dalamnya tetap aman. Sistem itu disebut untuk melindungi penghuni mobil jika terjadi kecelakaan.

    Pabrikan mobil asal Jerman itu membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

    Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

    Dari sisi keamanan, kendaraan ini sudah mendapatkan sertifikat VR 10 yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

    Dari sektor dapur pacu, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.

    (rgr/dry)

  • Jarang Ganti Oli Motor? Awas, Mesin Bisa Begini

    Jarang Ganti Oli Motor? Awas, Mesin Bisa Begini

    Jakarta

    Ganti oli jadi salah satu perawatan motor yang mesti rutin dilakukan. Sayangnya, masih banyak pemilik motor yang abai untuk mengganti oli kendaraannya. Padahal, sejumlah risiko bisa dialami motor.

    Oli berperan penting pada sebuah motor. Fungsinya yaitu sebagai pelumas, pelindung, pembersih, maupun pendingin mesin kendaraan. Penggunaan oli harus diganti secara berkala agar kinerjanya tetap maksimal.

    Jika oli mesin motor jarang diganti, siap-siap motor bisa mengalami sederet risiko. Apa saja?

    Risiko Oli Mesin Motor Jarang Diganti

    Mengutip catatan detikcom, berikut deretan risiko jarang mengganti oli motor:

    1. Mesin Overheat

    Oli berfungsi sebagai pendingin dengan menyerap panas yang ditimbulkan kerja mesin, termasuk proses pembakaran hingga gesekan antar komponen.

    Jika kelamaan tidak diganti, oli jadi tidak mampu lagi menahan suhu tinggi alias fungsi pendinginan mesinnya berkurang. Suhu panas mesin tidak dapat diredam dan memicu overheat.

    Seiring penggunaan kendaraan, ruang mesin akan terkontaminasi debu dan kotoran. Kinerja oli yang tercemar ini berkurang sehingga tidak lagi optimal dalam melumasi mesin.

    Dampaknya, gesekan antar komponen mesin meningkat dan menyebabkan performa mesin menurun secara keseluruhan. Penurunan akselerasi, daya tarik, dan responsivitas mesin mungkin dapat dirasakan saat berkendara.

    3. Komponen Lebih Cepat Aus

    Fungsi pelumasan oli yang berkurang mampu menimbulkan gesekan berlebih di antara komponen. Sehingga bisa memicu komponen mesin seperti piston, dinding silinder, hingga poros engkol menjadi aus atau rusak lebih cepat.

    4. Menimbulkan Getaran dan Suara

    Akibat jarang diganti, oli akan mengental dan volumenya berkurang sehingga mesin harus bekerja lebih keras. Kerasnya kinerja mesin memicu gesekan lebih besar yang mampu menimbulkan getaran sekaligus suara kasar. Alhasil, membuat pengendara tidak nyaman saat berkendara.

    5. Konsumsi BBM Boros

    Gesekan antar komponen semakin keras jika oli kelamaan tidak diganti. Sehingga mesin bekerja lebih berat akibat tidak memperoleh pelumasan maksimal. Kondisi ini membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar agar mampu bekerja ekstra.

    6. Oli Lebih Cepat Keruh

    Dampak jarang mengganti pelumas, oli yang baru diganti akan lebih mudah menghitam nantinya. Sebab gas sisa pembakaran yang mengandung kerak dan kotoran masuk ke dalam karter. Sehingga gas yang masuk ke karter membuat oli lebih cepat keruh.

    Cairannya pun akan encer dan tidak layak digunakan kembali. Dan pengendara jadi perlu lebih sering mengganti oli.

    7. Biaya Lebih Besar

    Oli yang jarang diganti membuat boros bahan bakar hingga komponen mesin lebih cepat rusak. Itu artinya, membutuhkan biaya yang lebih besar. Pengeluaran yang seharusnya hanya untuk penggantian oli, jadi bertambah untuk isi BBM lebih sering dan memperbaiki komponen aus.

    Kapan Waktu Ganti Oli Mesin Motor yang Tepat?

    Pabrikan motor umumnya menyarankan ganti oli mesin setiap tempuh 3.000 km atau 3 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

    Frekuensi pemakaian sepeda motor juga bisa jadi patokan dalam mengganti oli. Jika sering digunakan maka oli perlu diganti lebih cepat, bisa menjadi tiap bulan.

    (azn/row)

  • Kata Fuso soal Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Kata Fuso soal Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Jakarta

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku produsen Mitsubishi Fuso di Indonesia bicara peluang memproduksi lokal truk listrik eCanter di Tanah Air. Kendaraan komersial ramah lingkungan tersebut saat ini masih berstatus impor utuh (CBU) dari Jepang.

    Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB mengaku tak menutup kemungkinan memproduksi lokal truk listrik eCanter. Pihaknya saat ini masih dalam tahap riset dan studi.

    “Soal posibilitas produksi lokal eCanter, mungkin saya bisa sampaikan di sini bahwa kami masih dalam tahap studi. Kami masih di tahap awal ya, karena kami juga baru mulai menjual eCanter tahun ini,” ujar Aji Jaya di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Lebih jauh, Aji juga menegaskan, keputusan memproduksi lokal kendaraan butuh pertimbangan banyak faktor, termasuk perkembangan pasar dan jumlah permintaan. Apalagi truk listrik merupakan kendaraan baru yang populasinya sangat terbatas di Indonesia.

    “Kami terus melihat update situasi, perkembangan situasi yang terjadi di pasar. Dan sampai hari ini tentunya sangat terbuka bagi kami (untuk memproduksi lokal eCanter). Tapi posisinya masih dalam tahap studi,” tegasnya.

    Sebagai catatan, Fuso eCanter meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Sementara konsumen pertama yang sudah membeli kendaraan tersebut adalah perusahaan logistik bernama PT Yusen Logistics Indonesia (YLI).

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski sudah mulai dijual, namun harga Fuso eCanter belum diumumkan. Pabrikan hanya menegaskan, untuk versi dasar, truk nonemisi tersebut dibanderol mulai Rp 1 miliaran.

    “Jadi kalau soal harga, sebelum dipaketkan, belum termasuk paket, bisa kita sampaikan bahwa itu mungkin di atas Rp 1 miliar. Tapi soal berapa tepatnya, itu tadi tergantung kebutuhan dan fungsi,” tuturnya.

    “Termasuk dengan apabila mereka butuh charger, bagaimana proses pembayarannya, apa betul-betul rental atau butuh operating risk dan beli langsung. Itu tergantung konsumen,” kata dia menambahkan.

    Fuso eCanter menggunakan baterai ukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak 140 KM dengan GVW sebesar 6 ton. Kendaraan tersebut punya wheelbase atau jarak sumbu roda 3,4 meter dan torsi besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal

    (sfn/dry)

  • Stoner Minta Sprint Race Dihapus dari MotoGP, Alasannya Masuk Akal

    Stoner Minta Sprint Race Dihapus dari MotoGP, Alasannya Masuk Akal

    Jakarta

    Legenda balap asal Australia, Casey Stoner, mengkritik format Sprint Race yang sudah berlangsung dua musim di MotoGP. Menurutnya, balapan pendek tersebut sebaiknya dihilangkan dari jadwal kompetisi!

    Disitat dari Crash.net, Stoner menegaskan, keberadaan Sprint Race telah menghilangkan esensi dari balapan sebenarnya. Perlombaan tersebut membuat pebalap kehilangan konsentrasi saat balapan inti di hari Minggu.

    “Mereka mengadakan Sprint Race dengan menyita waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk konsentrasi pada balapan inti. Mereka tidak seharusnya mengadakan kejuaraan dunia dengan (balapan) mini. Ini seharusnya pentas endurance,” ujar Stoner, dikutip Kamis (14/11).

    Sprint Race MotoGP. Foto: AFP/MOHD RASFAN

    Stoner menegaskan, MotoGP hakikatnya memang digelar dalam jumlah putaran banyak, bukan singkat. Bahkan, dia secara tak langsung mengatakan, hasil Sprint Race tak menggambarkan situasi yang sebenarnya.

    “Kejuaraan dunia seharusnya berlangsung dalam perlombaan jarak jauh. Anda (tidak boleh) mengumpulkan poin dari balapan sprint semacam ini karena poin seharusnya diperoleh pada hari Minggu ketika balapan utama,” tuturnya.

    Mantan pebalap Ducati tersebut menerangkan, keberadaan Sprint Race juga membuat tanggung jawab pebalap dan kru bertambah. Mereka harus melakukan persiapan ekstra setiap pekan, termasuk pemilihan ban dan lain-lain.

    Casey Stoner Sprint Race. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

    Kondisi tersebut tentu mempengaruhi fokus pebalap saat balapan inti. Itulah mengapa, kata dia, perlombaan di hari Minggu biasanya berjalan monoton dan terkesan membosankan.

    “Jadi, menurut saya, inilah alasan mengapa pada hari Minggu kita melihat ada jarak yang cukup jauh antara satu pebalap dan yang lain, karena tidak semua orang siap dengan kondisi tersebut,” kata Stoner.

    Sebagai catatan, panjang lap Sprint Race hanya separuh dari balapan aslinya. Sementara pemenang akan meraih 12 poin, disusul sembilan poin untuk posisi kedua dan tujuh poin untuk posisi ketiga. Peringkat keempat hingga kesembilan akan berturut-turut meraih poin dari enam hingga satu angka.

    (sfn/rgr)

  • Fitur Keselamatan Jadi Senjata Geely Bersaing di Pasar Global

    Fitur Keselamatan Jadi Senjata Geely Bersaing di Pasar Global

    Nibao

    Geely menjadikan faktor keselamatan sebagai kemewahan dalam semua mobil ciptaannya. Inovasi dilakukan oleh manufaktur mobil asal China itu.

    Beberapa teknologi disematkan Geely untuk fitur keamanan. Pertama soal sasis. Teknologi Global Intelligent Electric Architecture (GEA) bakal dipakai untuk mobil-mobil energi baru (NEV) mereka.

    Perpaduan baja berkekuatan tinggi dan material thermoforming menjadi andalannya. Kekuatan logam ini memberi proteksi untuk baterai dan pengemudi, memastikan keselamatan pengguna.

    Integrasi intelejensia buatan dengan sasis digital mobil Geely disebut menjadi yang pertama bisa melakukan drift otonom. Dengan begitu, bantuan keselamatan untuk pengemudi bisa ditingkatkan dengan mengaktifkan automatic evasive maneuvers hanya dalam empat milidetik. Dengan begitu, ada pencegahan proaktif agar pengemudi terhindar dari kecelakaan.

    “Untuk keselamatan tak ada yang bisa dikompromikan. Keselamatan adalah kemewahan,” kata Lui Bin, bagian dari Tech Promotion Development Geely, dalam pemaparannya kepada pewarta termasuk detiOto di Nibao, China.

    Kabar baiknya, mobil listrik Geely yang dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi itu akan hadir di Indonesia. Geely akan kembali ke Indonesia pada kuartal 1 2025. Sebelumnya, Geely pernah hadir di Indonesia pada 2011-2017 sampai akhirnya hengkang.

    Brand Director Geely Auto Indonesia, Yusuf Anshori, kembali menegaskan bahwa keselamatan menjadi DNA dari manufaktur otomotif yang berdiri di China pada 1997 di Hangzhou itu. Standar keselamatan Geely berlaku global.

    “Sebenarnya itu bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh negara sebab itu (safety) DNA-nya Geely. Bahkan di China, Geely itu terkenal safetynya. Makanya kalau kita bicara safety, tidak mungkin kita bicara di negara A atau B. Itu jadi global standar Geely,” kata Ori menegaskan.

    (cas/rgr)

  • Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Daihatsu merilis data penjualan mobil sepanjang Januari-Oktober 2024. Sepanjang 10 bulan tahun ini, merek asal Jepang tersebut sukses menjual lebih dari 140 ribu mobil. Model apa saja yang menjadi tulang punggung penjualan?

    Pada bulan Oktober pasar otomotif nasional mencatatkan kenaikan menjadi sekitar 73 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar, Daihatsu juga catatkan penjualan positif dengan kenaikan volume mencapai 13.101 unit, atau naik sebesar 4,9% dibandingkan bulan September lalu sebesar 12.490 unit.

    Selama bulan Oktober, penjualan Daihatsu terlaris didominasi oleh tiga model, mulai Astra Daihatsu Sigra sebanyak 4.077 unit atau kontribusi sebesar 31%, disusul Gran Max Pick Up 3.569 unit (27%), dan Ayla dengan raihan 1.442 unit (11%).

    Daihatsu Sigra. Foto: PT Astra Daihatsu Motor

    Sementara itu, hingga Oktober 2024 pasar otomotif nasional secara total mencapai sekitar 730 ribu unit. Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 142.949 unit dengan market share sebesar 19,6%.

    Terdapat tiga model Daihatsu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia di tiap segmennya, seperti Astra Daihatsu Sigra dengan jumlah 46.858 unit atau kontribusi sebesar 59% di segmen LCGC MPV, disusul Gran Max Pick Up 35.133 unit yang menyumbang 57% di segmen Pick Up Low, serta Gran Max Mini Bus mencapai 11.892 unit atau berkontribusi 91% di segmen Semi Commercial.

    Penjualan Daihatsu ditopang berbagai kemudahan bagi pelanggan termasuk pembelian kredit fleksibel lewat perusahaan leasing, dukungan layanan purnajual, serta program trade in.

    Astra Daihatsu juga menggelar promo DAIFEST 2024 yakni program penjualan spesial akhir tahun hingga 31 Desember 2024, di mana pelanggan berkesempatan menangkan hadiah menarik, seperti paket liburan domestik dan internasional, hingga grand prize 1 unit Daihatsu Rocky, serta beragam hadiah menarik lainnya.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaannya terhadap Daihatsu. Kami menyediakan program penjualan spesial hingga akhir tahun lewat DAIFEST untuk mempermudah pelanggan memiliki mobil baru Daihatsu. Ditambah, dengan kehadiran Daihatsu di pameran GJAW mendatang dapat berkontribusi mendongkrak penjualan otomotif nasional tahun 2024,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

    (lua/rgr)

  • Pengusaha Boleh Cari yang Murah, tapi Jangan Korbankan Sopir Truk

    Pengusaha Boleh Cari yang Murah, tapi Jangan Korbankan Sopir Truk

    Jakarta

    Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaklumi bila pengusaha kerap menekan biaya untuk efisiensi. Namun hal itu jangan sampai mengorbankan keselamatan sopir truk.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono turut mengomentari soal fenomena truk ODOL (Over Dimension Over Loading) yang kerap memicu kecelakaan. Menurut AHY, saat ini masih sering ditemukan kendaraan ODOL yang tak sesuai aturan dan mengabaikan keselamatan.

    “Keselamatan nomor satu, jangan sampai ada kecelakaan yang tidak diperlukan akibat pengguna kendaraan atau transportasi tadi tidak sesuai dengan aturan. Kita tahu masih cukup banyak kendaraan-kendaraan yang melebihi kapasitasnya yang sering disebut sebagai ODOL, over dimension over load, yang sering kali bukan hanya membuat kemacetan, tapi juga bisa membuat celaka, ini tidak boleh dibiarkan,” kata AHY dikutip detikNews.

    Keberadaan truk ODOL umumnya ada peran dari pengusaha yang menginginkan biaya murah. Tak bisa dimungkiri, untuk menghemat biaya operasional, sering kali truk dipaksa memuat barang di luar kemampuannya.

    Alhasil, sopir pun mengakali kendaraannya. Misalnya saat melintas di jalan menurun, banyak yang beranggapan transmisi dinetralkan agar beban kerja mesin lebih ringan dan konsumsi BBM lebih irit. Dengan demikian, sopir masih memiliki sisa uang yang bisa dibawa pulang. AHY memaklumi kalau para pengusaha jelas menginginkan efisiensi. Tapi harusnya penghematan itu tak mengorbankan keselamatan.

    “Ya tentu kita juga akan menyampaikan secara khusus dan menekankan kepada semua pelaku dunia usaha, kita tahu kita ingin mengejar efisiensi pertumbuhan ekonomi transportasi yang lebih murah dan lain sebagainya. Tetapi itu semua tidak boleh dilakukan kemudian kita mengorbankan aspek keselamatan, termasuk driver-nya, dan tentu pengguna jalan lain, ini tidak boleh dibiarkan, karena sekali lagi mengedepankan keselamatan dari semua pengguna jalan,” lanjut AHY.

    Keberadaan truk ODOL lebih lagi merugikan negara hingga puluhan triliun. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sebenarnya berniat memberlakukan zero ODOL pada awal 2023. Namun, rencana itu diundur hingga tahun 2024 lantaran ditemui sejumlah penolakan dari berbagai pihak yang terlibat di industri transportasi logistik ini.

    (dry/rgr)

  • Pintu Tak Bisa Dibuka, Empat Orang Tewas

    Pintu Tak Bisa Dibuka, Empat Orang Tewas

    Jakarta

    Sebuah mobil listrik Tesla mengalami kecelakaan di Toronto, Kanada. Empat orang dinyatakan meninggal dunia di tempat, bersamaan dengan mobil yang terbakar.

    Dikutip dari The Sun, Kamis (14/11/2024) mobil Tesla Model Y itu bermuatan lima orang penumpang. Hanya satu wanita yang selamat dari peristiwa mengerikan tersebut. Dia diselamatkan pekerja Canada Post, Rick Harper (73).

    Rick Harper menyelamatkan wanita berusia 25 tahun yang terjebak di dalam mobil Tesla. Dia memecahkan kaca mobil dengan batang besi.

    Harper bilang bagian depan mobil sudah hancur dan terbakar. Apinya belum mencapai bagian belakang kendaraan.

    “Anda tidak bisa membuka pintu,” katanya dikutip dari Toronto News.

    “Wanita muda itu mencoba membuka pintu dari dalam, dia sangat putus asa untuk keluar,” ujar Harper.

    Dia menambahkan tidak menyadari ada orang lain yang terjebak di dalam karena asapnya sangat tebal.

    Harper mengatakan dia mengambil batang besi dari truknya dan mengayunkannya ke jendela belakang mobil tersebut.

    Pengemudi lain turut membantunya dan berhasil memecahkan kaca. Mereka lalu menarik seorang wanita dari kursi belakang.

    “Kamu bisa melihat ketakutan di matanya. Kamu bisa melihat penderitaannya,” kata Harper.

    “Dan pada saat itu tidak ada yang mengira ada orang lain di dalam mobil,” kata dia.

    Polisi mengatakan mobil itu menabrak rail guard di Lake Shore Boulevard dalam kecepatan tinggi. Penyebab kecelakaan dan kebakaran itu sedang diselidiki.

    Tesla memiliki pintu elektronik yang membutuhkan daya untuk dibuka. Namun jika terjadi kecelakaan berpotensi terjadinya malfungsi.

    Meskipun Tesla dilengkapi dengan fitur manual berupa kait pelepas darurat, para ahli berpendapat bahwa fitur ini belum dikenal secara luas dan tidak mudah ditemukan dalam situasi stres tinggi.

    Pihak berwenang menyelidiki kecelakaan tersebut dan mencari tahu mengapa empat orang lain yang terjebak di dalam mobil tidak dapat menyelamatkan diri dari kendaraan yang terbakar itu.

    (riar/rgr)