Jenis Media: Otomotif

  • Pengemudi Yaris Pamer Senjata Mirip Pistol, Diduga Gegara Tak Terima Disalip

    Pengemudi Yaris Pamer Senjata Mirip Pistol, Diduga Gegara Tak Terima Disalip

    Jakarta

    Lagi-lagi seorang pengemudi memperlihatkan aksi arogan. Diduga tak terima disalip, pengemudi Yaris terlihat memamerkan senjata mirip pistol.

    Aksi pengendara Toyota Yaris berpelat B 1098 FTN yang memamerkan pistol di tol tengah jadi perbincangan di jagat media sosial. Dalam video yang beredar, terlihat pengemudi itu berjalan lambat di sisi kanan dan terlihat menghalangi pengendara yang berada di belakangnya.

    Ketika mobil belakangnya hendak pindah lajur ke kiri, pengemudi Yaris itu mengikuti berpindah lajur. Pun saat hendak kembali ke lajur kanan, pengemudi Yaris itu masih menghalangi. Kemudian, pengemudi Yaris itu membuka kaca dan mengangkat benda yang bentuknya sangat menyerupai pistol.

    Diduga aksi pamer pistol itu dilakukan pengemudi Yaris lantaran tidak terima disalip oleh pengemudi lain. Dikutip detikNews, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan kasus ini tengah diselidiki Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota.

    “Iya, sedang diselidiki,” kata Ade Ary.

    Aksi koboi pamer pistol bukan kali pertama terjadi. Sudah ada beberapa pengendara berperilaku arogan dan terbilang road rage. Praktisi keselamatan berkendara sekaligus founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, tindakan arogan yang tergolong road rage itu memang bisa dipicu beberapa kondisi tertentu. Tindakan road rage biasanya dilakukan dalam upaya mengintimidasi atau melepaskan kekesalan yang dirasakan si pengendara tersebut.

    “Biasanya para pelaku tersebut itu berhubungan kekuasaan, kekuasaan itu bisa saja dari instansi pemerintah tidak hanya TNI, polisi, tapi pemerintah yang cukup keren, misalnya dari satpol PP, Pemda dengan seragam atau bisa juga dari ormas atau dia karena menggunakan kendaraan lebih mahal dan dikenal mahal oleh kebanyakan orang, itu akan mempengaruhi perilaku dia,” kata Jusri

    Tak cuma itu, menurut Jusri, aksi road rage akan terus berulang karena biasanya pelaku tak mendapat hukuman berat. Tidak sedikit juga kasus yang berakhir damai. Padahal, untuk menghilangkan aksi pengemudi arogan harusnya ada hukuman berat.

    “Jangan ada restorative justice atau damai hanya minta maaf ini terus memicu problem yang sama,” tegas Jusri.

    (dry/din)

  • Banyak Pungli-Tak Ada Standar Upah Buat Sopir Truk

    Banyak Pungli-Tak Ada Standar Upah Buat Sopir Truk

    Jakarta

    Banyaknya kasus kecelakaan yang menimpa truk akhir-akhir menunjukkan dunia angkutan logistik yang carut marut dan tak kunjung terselesaikan. Di luar kelalaian sopir truk yang sering dituding sebagai penyebab kecelakaan, ternyata masih banyak masalah lain yang lebih penting, contohnya adalah masih banyaknya pungutan liar (pungli) dan kesejahteraan sopir truk yang diabaikan.

    Seperti disampaikan pengamat transportasi Djoko Setijowarno, sekarang ini jumlah armada truk lebih banyak ketimbang sopir truk. Banyak sopir truk yang hengkang, lantaran tidak ada jaminan keberlangsungan.

    “Upah standar pengemudi tidak ada, pengusaha pemilik barang serendahnya memberikan harga kontrak kepada pengusaha angkutan barang,” ungkap Djoko dalam keterangan resminya, Jumat (15/11/2024).

    Di samping itu, kata Djoko budaya pungli di dunia angkutan logistik Indonesia masih merajalela.

    Kecelakaan beruntun di tol Cipularang gegara truk Foto: Dok. Jasa Marga

    “Pungli masih merajalela, (yang melakukan) mulai dari yang ‘berbaju’ hingga ‘tanpa baju’. Pengusaha angkutan barang juga masih dibebani sejumlah setoran ke oknum aparat penegak hukum. Akhirnya yang dikorbankan adalah perawatan kendaraan dan memberikan upah rendah pada pengemudi. Ujungnya, kecelakaan di jalan raya pasti akan selalu terjadi dan setiap hari pasti ada kecelakaan angkutan barang,” sambung Djoko.

    Djoko mengimbau agar bisnis angkutan truk harus ditata lagi agar lebih profesional. Memiliki sistem manajemen keselamatan, hubungan industrial yang benar sehingga proses rekruitmen pengemudi juga melalui cara-cara yang benar dan memperhatikan kompetensi, serta ada batasan jam kerja serta pendapatan minimal.

    “Memang ini punya konsekuensi terhadap tarif angkutan barang. Tidak masalah, yang paling penting adalah keselamatan bertransportasi bagi semua warga terjamin,” jelasnya lagi.

    Lanjut Djoko menambahkan, Pemda melalui Dinas Perhubungan wajib melakukan pembinaan, termasuk melakukan uji KIR secara rutin terhadap kendaraan angkutan umum yang ada di wilayahnya. Tentu ini tantangan baru, tapi kalau menghendaki terwujudnya keselamatan angkutan jalan itu wajib dilakukan.

    “Saatnya pemerintah tidak bertindak secara reaktif saja. Ketika ada masalah teriak-teriak, tetapi setelah lewat masalahnya lupa, dan nanti teriak lagi saat muncul masalah lagi. Saatnya pemerintah bertindak secara cerdas dan terencana. Kalau sudah bertindak cerdas dan terencana, tapi kecelakaan masih terjadi, baru kita bisa bilang itu nasib. Tetapi kalau kondisi pembiaran itu terjadi terus menerus, tidak bisa dikatakan itu nasib dan tidak bisa pula kesalahannya dibebankan pada masyarakat,” tegas Djoko.

    (lua/dry)

  • Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Genjot Penjualan Mobil di RI, Astra Auto Fest 2024 Resmi Digelar

    Jakarta

    PT Astra International Tbk membuka acara Astra Auto Fest 2024 di Main Atrium Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024). Agenda ini bertujuan untuk menggairahkan pasar otomotif di Indonesia.

    “Industri otomotif sedang mengalami tantangan, terutama mobil saat ini mengutip statistik Januari sampai Oktober turun sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Direktur Astra Rudy Chen saat pembukaan Astra Auto Fest di PIM 2, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    “Sebaliknya kendaraan roda dua berdasarkan AISI meningkat tiga persen mencapai 5,4 juta,” kata Rudy lagi.

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    “Atas dasar itu Astra Auto Fest kami hadir kembali, tujuannya untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia,” ujarnya lagi.

    Pameran ini sudah berlangsung sejak tahun 2018. Namun terhenti selama tiga tahun saat pandemi COVID-19. Ini merupakan pameran keempat kalinya yang digelar dari tanggal 15 hingga 17 November 2024.

    Seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra Group akan bersinergi dalam menawarkan beragam produk, promo, dan penawaran terbaik selama tiga hari gelaran tersebut.

    Project Director Astra Auto Fest Yagimin menargetkan 1.000 transaksi selama pameran tersebut.

    “Target yang kami sematkan di Astra Auto Fest ini kita tidak terlalu bombastis, lebih kurang 1.000 unit atau 1.000 transaksi,” ujar Yagimin.

    Sekadar informasi, sejumlah perusahaan otomotif di bawah naungan grup Astra yang mengikuti Astra Auto Fest 2024, antara lain Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra UD Trucks, dan Astra Motor.

    Chief Marketing dan Sales Officer Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok (Ahok) mengungkap saat ini pembelian mobil dan sepeda motor secara kredit mencapai 70 persen. Dalam program ini diberikan rate bunga kompetitif mulai dari 1,99 persen hingga 3,99 persen.

    Selain bisa membeli mobil baru, pengunjung bisa melakukan trade in atau tukar tambah mobil melalui OLXMobbi dengan promo cashback hingga 6,5 juta.

    Dalam acara ini, AstraPay menawarkan berbagai promo menarik untuk memperkenalkan manfaat pembayaran digital kepada masyarakat luas, khususnya di industri otomotif. Promo-promo tersebut antara lain:

    Cashback SPK Motor & Mobil: Cashback Astra Voucher hingga Rp1.000.000 untuk transaksi minimal Rp2.000.000, serta merchandise berupa bantal selimut (balmut).Program Pengguna Baru: Voucher cashback hingga Rp100.000.Program Pengguna Baru, Upgrade Akun, atau Transaksi: Merchandise menarik seperti clutch, parfum, payung, atau tas laptop.

    (riar/dry)

  • Viral Ambulans ‘Pukul Mundur’ Rombongan Pemotor Lawan Arah di Tambun

    Viral Ambulans ‘Pukul Mundur’ Rombongan Pemotor Lawan Arah di Tambun

    Bekasi

    Baru-baru ini, kejadian unik kembali viral di media sosial. Mobil ambulans ‘memukul mundur’ rombongan pemotor lawan arah di Tambun, Kabupaten Bekasi.

    Tayangan berdurasi singkat tersebut dibagikan akun Tiktok bernama @ambulans_demplon, Senin (4/11). Sepintas, jika diperhatikan, pemandangan itu terjadi di underpass Tambun yang tak jauh dari stasiun.

    “Stop melawan arah, karena sudah ada jalurnya masing-masing dan dapat membahayakan diri kalian atau pengendara lain,” demikian tulis akun @ambulans_demplon, dikutip Jumat (15/11).

    Motor lawan arah di Tambun. Foto: Doc. Tangkapan layar.

    Dilihat dari video tersebut, rombongan pemotor yang jumlahnya banyak itu melintas di sisi kanan jalur berlawanan. Mereka melaju beriringan seakan-akan berada di jalur sebenarnya.

    Sopir ambulans kemudian menutup jalan yang hendak dilintasi pemotor nakal tersebut. Sambil menyalakan lampu sirine, dia memaksa ‘pasukan roda dua’ itu putar balik dan kembali ke jalur yang benar.

    Rombongan pemotor yang terlihat panik itu kemudian kompak putar balik. Mereka kemudian mencari u-turn untuk kembali ke jalur yang seharusnya.

    Hingga tulisan ini dimuat, tayangan viral tersebut sudah disaksikan hampir 200 ribu kali dan mendapat ribuan komentar. Kebanyakan warganet merasa geram melihat tingkah para pemotor tersebut.

    @ambulans_demplon03 stop melawan arah, karena udah ada jalurnya masing-masing & dapat membahayakan diri kalian & pengendara lain #stoplawanarah #patuhilahlalulintas #safetydriving ♬ Tokyo Drift – Xavier Wulf

    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, kebiasaan melawan arah merupakan ‘penyakit’ para pengguna jalan raya di Indonesia. Menurutnya, kebiasaan itu sering dilakukan orang yang maunya buru-buru tanpa memikirkan keselamatan.

    “(Mereka mikir) mumpung sepi, cuma dekat, kok, dan lain-lain membuat semua jalan disamaratakan. Bahkan aturan lalin diabaikan meski membahayakan,” ujar Sony kepada detikOto.

    Lebih jauh, Sony mengingatkan, lebih baik tertib tapi selamat, ketimbang buru-buru dan melawan arah tapi berakhir celaka.

    “Tertib lalu lintas dan menjaga kebugaran menjadi salah satu kunci dalam menjaga keselamatan,” kata Sony.

    (sfn/dry)

  • Momen Maarten Paes Beli Bubur Ayam di Pinggir Jalan Pakai Hyundai Santa Fe

    Momen Maarten Paes Beli Bubur Ayam di Pinggir Jalan Pakai Hyundai Santa Fe

    Jakarta

    Aksi Maarten Paes membeli bubur ayam di pinggir jalan mencuri perhatian. Paes terlihat menggunakan Hyundai Santa Fe saat membeli bubur.

    Maarten Paes tertangkap kamera tengah membeli bubur ayam di pinggir jalan. Maarten terlihat menggunakan SUV teranyar Hyundai, Santa Fe. Sebagaimana terlihat dalam unggahan akun Instagram Hyundai Motor Indonesia, kiper FC Dallas itu tengah menyambangi gerobak bubur ayam untuk membelinya.

    “Bang, bubur ayam satu,” kata Paes.

    Sementara di samping gerobak bubur ayam, ada Hyundai Santa Fe berkelir putih yang sedang terparkir. Unggahan itu mencuri perhatian warganet. Sudah ada lebih dari 2.000 likes dan ratusan komentar memenuhi unggahan itu.

    [Gambas:Instagram]

    Tak diketahui dengan pasti soal kepemilikan Hyundai Santa Fe yang digunakan pesepakbola kelahiran Nijmegen itu. Adapun Hyundai Santa Fe merupakan SUV produk terbaru Hyundai yang mengaspal di Tanah Air. Santa Fe generasi kelima ini dirilis akhir Oktober lalu.

    Spesifikasi Singkat Hyundai Santa Fe

    Secara tampilan, Hyundai Santa Fe generasi kelima berubah total dibandingkan model sebelumnya. Kendaraan tersebut kini hadir dengan desain yang lebih mengotak dengan sentuhan futuristis di banyak bagian.

    Wajahnya terlihat futuristis berkat penggunaan headlamp atau lampu utama berpola ‘H’ yang dibuat terintegrasi. Sementara gril dan bumpernya juga dirancang presisi.

    Bagian belakangnya juga tak kalah menarik. Desainnya rata dengan logo Hyundai dan emblem Santa Fe yang dibuat dominan. Sementara lampu belakangnya juga berbentuk ‘H’ dengan garis yang terhubung.

    Secara umum, All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua opsi mesin. Pertama, ada mesin bensin 2.497 cc bersilinder empat dengan muntahan tenaga 194 PS dan torsi 246 kgm. Sementara transmisinya otomatis delapan-percepatan.

    Kedua, ada mesin turbo hybrid berkapasitas 1.598 cc bersilinder empat yang jika dikombinasikan dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga 235 PS. Sedangkan transimisinya otomatis enam-percepatan. Dengan demikian, tak ada lagi opsi mesin diesel sebagaimana ditawarkan dulu. Berikut rincian harga All New Hyundai Santa Fe.

    All New Hyundai Santa Fe dibanderol mulai dari Rp 699 juta untuk mesin bensin dan Rp 786 juta untuk mesin hybrid. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (dry/din)

  • Daftar Tempat Parkir GBK saat Pertandingan Timnas Vs Jepang

    Daftar Tempat Parkir GBK saat Pertandingan Timnas Vs Jepang

    Jakarta

    Sebagian penonton mungkin kebingungan mencari tempat parkir GBK saat Timnas Indonesia menghadapi Jepang di Kualifikasi Piala Dunia, Jumat malam (15/11). Biar tak bingung, yuk simak artikelnya hingga selesai!

    Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Pertandingan tersebut diprediksi akan dihadiri sekira 80 ribu penonton dari berbagai daerah. Itulah mengapa, kawasan setempat pasti penuh sesak.

    Penonton Timnas vs Jepang di GBK sebenarnya disarankan naik transportasi umum seperti MRT, KRL atau TransJakarta. Bahkan, ada pembelian tiket yang sudah sepaket dengan layanan tersebut.

    Tempat parkir GBK saat Timnas Vs Jepang. Foto: Agung Pambudhy

    Meski tak disarankan, namun penonton tetap bisa ke GBK naik kendaraan pribadi. Hanya saja, agar mendapat tempat parkir, kalian diharuskan datang maksimal tiga-empat jam sebelum pertandingan dimulai.

    Kami mencatat ada sejumlah kantong parkir di kawasan GBK yang bisa dipilih penonton saat pertandingan Indonesia vs Jepang. Lokasi-lokasi itu tersebar di beberapa titik, mulai dari pintu selatan hingga utara.

    Berikut Tempat Parkir GBK saat Timnas Vs JepangParkir Plaza TenggaraParkir IstoraJalan APECParkir elevated sisi selatanParkir Timur Senayan sisi selatanParkir elevated sisi utaraParkir akuatikLapangan ABCParkir Stadion MadyaParkir Masjid AlbinaParkir Lapangan SoftballPintu 2 (Eks Telkom)Sepanjang JCC-Pintu 11Sepanjang JCC-Pintu 5

    Disarankan Naik Kendaraan Umum

    Kendaraan umum ke GBK. Foto: Andhika Prasetia

    Meski panitia menyiapkan lahan parkir untuk kendaraan pribadi, namun penonton tetap disarankan naik kendaraan umum. Lebih lagi, mereka juga menyiapkan shutte untuk mengangkut penonton dari stasiun/halte terdekat menuju GBK.

    “Diimbau kepada suporter Timnas Indonesia saat menyaksikan pertandingan di SUGBK agar tidak menggunakan kendaraan pribadi, mengingat parkir di areal GBK sangat terbatas,” demikian tulis akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

    (sfn/dry)

  • Cara Pasang Kepala Aki Mobil dan Masalah yang Sering Terjadi

    Cara Pasang Kepala Aki Mobil dan Masalah yang Sering Terjadi

    Jakarta

    Kepala aki atau klem aki merupakan bagian penting untuk memastikan sistem kelistrikan mobil berjalan stabil. Kepala aki terdiri dari bagian kutub positif dan negatif yang terhubung dengan terminal sehingga bisa mengalirkan listrik.

    Cara pasang kepala aki mobil tidak boleh sembarangan, karena bisa patah atau menyebabkan aliran listrik tidak lancar.

    Simak artikel ini untuk mengetahui cara pasang kepala aki mobil yang benar, lengkap dengan beberapa masalah yang sering terjadi, serta solusi untuk mengatasinya.

    Cara Pasang Kepala Aki Mobil

    Dalam proses ganti aki, kita harus memperhatikan cara pasang kepala aki mobil dengan benar. Dikutip dari situs Suzuki dan beberapa sumber lain, berikut ini langkah-langkah memasang kepala aki mobil:

    1. Persiapkan Alat yang Digunakan

    Persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, di antaranya adalah tang, obeng dan kunci pas.

    2. Matikan Mesin

    Secara umum kita harus mematikan mesin mobil saat melakukan penggantian aki maupun bagian-bagian aki, termasuk kepala aki. Jika mesin menyala, maka ada kemungkinan terjadi korsleting.

    3. Lepaskan Kepala Aki Kutub Negatif Lalu Positif

    Saat melepas kepala aki, pastikan untuk melepas kutub negatif (-) terlebih dahulu yang berwarna hitam, baru kemudian kepala aki kutub positif (+) yang berwarna merah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting. Lepaskan kabel, baut dan klemnya.

    4. Bersihkan Bagian Kepala Aki

    Bersihkan bagian kepala aki terlebih dahulu. Jika terdapat jamur atau kerak, bersihkan dengan air panas ke area yang terkena jamur.

    5. Beri Gemuk

    Beri lapisan grease atau gemuk pada area kepala aki. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepala aki berjamur atau berkerak.

    6. Pasang Kepala Aki Kutub Positif Lalu Negatif

    Saat pemasangan, pasang terlebih dahulu kutub positif baru negatif. Jika terbalik, maka bisa muncul percikan api yang membahayakan, atau bisa terjadi korsleting.

    Jika setelah memasang kabel kutub negatif muncul percikan api, hal ini wajar terjadi. Percikan api akan berhenti ketika kepala aki sudah dipasang secara sempurna.

    7. Pastikan Kepala Aki Terpasang Kencang

    Jangan terburu-buru memasang kepala aki. Pastikan bagian kepala aki terpasang dengan benar, semua mur, baut, klem dan kabel harus dipasang secara sempurna dan kencang agar aki bisa bekerja dengan baik.

    Jika terlalu kendur maka aliran listrik tidak akan sempurna. Namun jika terlalu kencang juga bisa menyebabkan mudah patah. Selain itu, pemasangan yang tidak pas bisa memunculkan rongga kecil yang menyebabkan jamuran. Cukup kencangkan sampai kepala aki tidak goyang.

    Masalah Pada Kepala Aki

    Berikut ini beberapa masalah yang kerap terjadi pada kepala aki, lengkap dengan solusi untuk mengatasinya:

    Kepala Aki Jamuran

    Detikers mungkin pernah melihat kepala aki jamuran atau muncul kerak putih, tepatnya di sekitar terminal positif. Dilansir dari situs Daihatsu, penyebabnya bisa karena kelembapan, oksidasi air aki, klem terlalu kendur atau terlalu kencang, panas yang berlebih pada kutub positif aki, maupun kelebihan volume air aki.

    Untuk mencegahnya, detikers bisa memberikan lapisan grease atau gemuk pada area kepala aki. Namun jangan sampai memberikannya secara berlebihan agar tidak mengganggu aliran listrik.

    Tapi jika sudah terlanjur muncul jamur atau kerak, kalian bisa membersihkan dengan air panas ke area yang terkena jamur. Jika belum cukup bersih, gosoklah dengan sikat gigi sampai bersih. Bersihkan dengan kain lap.

    Kepala Aki Kendur

    Masalah lainnya adalah kepala aki kendur. Seharusnya, kepala aki tidak goyang atau mudah diputar. Hal ini membuat aliran listrik tidak maksimal, bahkan membuat aki mudah tekor.

    Selalu cek kondisi kepala aki secara berkala dan pastikan masih dalam kondisi kencang. Gunakan kunci yang pas saat membuka dan memasang agar tidak dol.

    Detikers juga bisa memberikan lapisan grease atau gemuk agar lebih kencang serta mencegah celah yang menimbulkan jamur.

    Tapi jika sudah rusak, kalian bisa mengganti kepala aki dengan yang baru. Kepala aki biasanya terbuat dari kuningan. Pastikan membeli di tempat yang terpercaya, karena ada produk yang dibuat dari bahan tidak berkualitas, sehingga mudah patah atau kendur.

    Nah, itulah tadi cara pasang kepala aki mobil dengan benar agar listrik aki dapat mengalir secara optimal, serta sejumlah solusi bagi masalah yang sering terjadi pada kepala aki.

    (bai/row)

  • SUV Listrik BYD Sealion 7 Kian Dekat ke Indonesia

    SUV Listrik BYD Sealion 7 Kian Dekat ke Indonesia

    Jakarta

    BYD Sealion 7 kian dekat ke Indonesia. BYD baru saja meluncurkan mobil listrik terbaru BYD Sealion 7 di Malaysia. Ini merupakan SUV listrik terbaru dari BYD pesaing Tesla Model Y.

    BYD Sealion 7 memiliki dimensi panjang 4.830 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu roda 2.930 mm. Mobil ini mengambil desain ala SUV bergaya coupe.

    Sealion 7 memanfaatkan banyak gaya desain dari BYD Seal. Mobil ini mengusung lampu depan berbentuk C, intake udara besar, lampu belakang lebar penuh, dan diffuser belakang besar. Di bagian eksteriornya terdapat lampu depan LED, lampu daytime running LED, dan lampu kombinasi belakang LED pula.

    BYD Sealion 7 ditawarkan dengan dua pilihan ukuran velg. Untuk tipe Premium menggunakan velg 19 inci yang dibalut ban Continental EcoContact 6 berukuran 235/45 dan belakang 255/45. Sedangkan trim Performance menggunakan velg 20 inci yang dibalut ban Michelin Pilot Sport EV berukuran 245/45. Kedua varian Sealion dilengkapi rem cakram rem berlubang, dan khusus tipe Performance menggunakan kaliper berwarna merah.

    Mobil listrik ini hadir dengan dua pilihan penggerak. Tipe Premium hadir dengan motor tunggal di belakang yang mampu menghasilkan tenaga hingga 230 kW dan torsi 380 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan dalam 6,7 detik.

    Sementara itu, tipe Performance lebih gahar lagi. BYD Sealion 7 Performance menggunakan sistem penggerak semua roda dengan dua motor di depan dan belakang. Total tenaga yang dikeluarkan mencapai 390 kW dengan torsi maksimal 690 Nm. Sealion 7 Performance bisa melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam 4,5 detik.

    Baterai lithium iron phosphate (LFP) tipe Blade khas BYD digunakan pada mobil ini. Kapasitas baterainya mencapai 82,56 kWh. Pada Sealion 7 Premium, sekali cas sampai penuh bisa menjangkau jarak hingga 567 km pada siklus NEDC. Sedangkan versi AWD-nya jarak tempuhnya mencapai 542 km.

    Dengan pengecasan cepat arus DC, pengisian dari 10-80 persen hanya membutuhkan waktu 32 menit. Sedangkan untuk pengisian daya AC, Sealion 7 memiliki kemampuan pengisian daya AC Type 2 sebesar 11 kW.

    Di Malaysia, BYD Sealion 7 Premium (RWD) dijual 183.800 ringgit (Rp 650 jutaan), sedangkan Sealion 7 Performance (AWD) dijual 199.800 ringgit (Rp 707 jutaan).

    (rgr/dry)

  • Mobil-mobil Terseret Banjir Spanyol Kini Bertumpuk Bak Rongsokan

    Mobil-mobil Terseret Banjir Spanyol Kini Bertumpuk Bak Rongsokan

    Mobil-mobil Terseret Banjir Spanyol Kini Bertumpuk Bak Rongsokan

  • Peringatan Keras Bos Ducati Buat Pebalapnya: Jangan Lakukan Hal Bodoh!

    Peringatan Keras Bos Ducati Buat Pebalapnya: Jangan Lakukan Hal Bodoh!

    Jakarta

    Manajer tim Ducati Davide Tardozzi mengeluarkan peringatan keras buat para pebalapnya. Tardozzi ingin pebalap-pebalap Ducati yang masih bersaing di papan atas, supaya membalap dengan cara yang sewajarnya dan tidak melakukan hal bodoh.

    Tardozzi tak memungkiri bahwa persaingan di antara pebalap Ducati masih terjadi hingga seri penutup di MotoGP Barcelona 2024. Jorge Martin masih bersaing sengit dengan Francesco Bagnaia untuk memperebutkan gelar juara dunia. Sementara Enea Bastianini dan Marc Marquez saling memperebutkan posisi ketiga.

    “Situasinya jadi sangat sulit karena Jorge dan Pecco (Bagnaia) bersaing untuk nomor satu. Dua pebalap (Ducati lainnya) yang bisa membantu situasi ini dengan satu atau lain cara adalah Marc dan Enea,” buka Tardozzi kepada TNT Sport.

    Tardozzi tak masalah jika Martin, Bagnaia, Marquez, dan Bastianini membalap dengan ngotot untuk kepentingannya masing-masing. Tapi dia mengingatkan kepada para rider tersebut agar tetap saling menjaga hubungan baik.

    “Saya ingin membiarkan para pebalap bebas bermain untuk kepentingan mereka sendiri. (Kami katakan) apa yang sudah kami katakan sejak pertengahan tahun ini: jangan lakukan hal-hal bodoh di antara kalian. Kami tidak ingin ada (permusuhan) yang sangat buruk atau hal semacam itu di antara para pebalap top kami,” tegas Tardozzi.

    Pernyataan Tardozzi tersebut sekaligus bisa menjadi penegas bahwa Ducati tidak akan melakukan team order untuk membantu Bagnaia merebut gelar juara dunia. Tardozzi membebaskan para pebalapnya untuk bersaing secara sehat. Tardozzi juga tak masalah jika Martin yang keluar sebagai juara MotoGP 2024, meski dia bertarung di tim satelit.

    “Jelas, Jorge adalah pebalap yang terikat kontrak dengan kami. Dia adalah rider yang tumbuh bersama Ducati, bahwa ada kemungkinan Jorge akan memenangkan kejuaraan bersama Ducati, pada akhirnya kami melakukan pekerjaan yang baik saat merekrutnya dari Moto2,” ungkap Tardozzi.

    (lua/dry)