Jenis Media: Otomotif

  • KTP Dipinjam Buat Akali Pajak Progresif Kendaraan, Bisa-bisa Tak Dapat BLT!

    KTP Dipinjam Buat Akali Pajak Progresif Kendaraan, Bisa-bisa Tak Dapat BLT!

    Jakarta

    Fenomena meminjam KTP untuk beli mobil demi mengakali pajak progresif kendaraan masih terjadi. Tapi awas, bisa-bisa kamu gagal dapat BLT karena identitasnya dipinjam buat beli mobil.

    Pajak progresif dinilai memberatkan bagi para pemilik kendaraan. Mereka yang mau memiliki kemampuan untuk membeli banyak kendaraan, merasa terganjal dengan adanya kebijakan tersebut. Bukan tanpa alasan, makin banyak kendaraan yang dimiliki, pajaknya juga makin tinggi.

    Alhasil, banyak orang berduit yang justru mengakali kebijakan ini. Ada yang meminjam KTP milik orang lain saat pembelian mobil. Seringkali ditemukan, KTP yang dipinjam itu tak mencerminkan kendaraan yang dibelinya. Tempat tinggal di kawasan gang, rumah kecil, dan terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Namun dengan adanya fenomena meminjam KTP untuk beli kendaraan ini, bisa-bisa mereka yang harusnya mendapat BLT justru terancam kehilangan mendapat bantuan pemerintah itu.

    “Kita punya database yang pembagian bansos, akhirnya nggak kebagian bansos nanti kan karena (terdaftar) punya Ferrari padahal rumahnya gubuk kan kasihan kan. Kenapa orang pada begitu, karena ada pajak progresif,” ujar Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Yusri Yunus saat berbincang dengan detikOto belum lama ini.

    Korlantas Polri sejatinya terus mendorong agar pajak progresif dihapuskan. Penghapusan pajak progresif ini juga membuat data kepemilikan kendaraan jadi lebih valid. Tak ada lagi fenomena pinjam KTP demi mengakali pajak progresif.

    Kalau dihapuskan kata Yusri, masyarakat akan membayar pajak kendaraan sekalipun punya banyak unit. Penegakkan hukum pun lebih tepat sasaran ke mereka yang memang melakukan pelanggaran lalu lintas.

    “Orang Indonesia kan sering beli mobil, punya duit beli mobil tapi takut kena progresif numpang pakai KTP sopirnya, pakai KTP orang lain gitu lho. Tapi kalau melanggar, yang dikirim surat cinta ke sopirnya kasihan atau ke saudaranya, padahal yang melanggar siapa, yang punya mobil,” tegas Yusri.

    (dry/sfn)

  • Geger Aksi Gila Pemotor Lempar Batu ke Bus TJ, Ternyata Ini Motifnya

    Geger Aksi Gila Pemotor Lempar Batu ke Bus TJ, Ternyata Ini Motifnya

    Jakarta

    Belum lama ini, media sosial digegerkan aksi pengendara motor melempar batu ke arah bus TransJakarta di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Aksi gila tersebut membuat kaca depan bus hancur. Apa sebenarnya motif pelaku melempar batu?

    Sebelumnya, aksi pelemparan batu yang dilakukan pemotor di Lenteng Agung tersebut viral setelah dibagikan sejumlah akun media sosial, termasuk @info_jabodetabek di Instagram. Postingan itu langsung memicu ribuan komentar dari warganet.

    “Seorang pengendara motor melempar batu ke arah kaca bus TransJakarta yang melintas di Lenteng Agung dekat stasiun kereta belokan arah Jl Moch Kahfi II. Aksi pelemparan tersebut membuat kaca pecah,” demikian tulis akun @info_jabodetabek, dikutip Sabtu (16/11).

    [Gambas:Instagram]

    Tayangan berdurasi singkat tersebut menunjukkan detik-detik pemotor melempar batu ke arah bus TJ bagian depan. Dalam kondisi setengah macet, persis di tikungan, pemotor itu tiba-tiba turun dari motor. Dia mengambil batu sekepalan tangan, kemudian dilempar ke kaca depan bus.

    Imbasnya, kaca tersebut hancur. Setelah melakukan pelemparan batu, pemotor yang mengenakan celana pendek itu kemudian kabur dengan kecepatan tinggi.

    Tak lama setelah kasus viral, pemotor itu langsung diamankan polisi. Sosok berinisial HE (49) itu kemudian mengungkap motif atau alasan di balik pelemparan batu tersebut.

    “Motifnya pelaku ini pada saat mengendarai sepeda motor merasa dipepet oleh bus TransJakarta tersebut,” kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Iwan Gunawan dalam keterangannya, dikutip dari detikNews, Sabtu (16/11).

    Polisi menangkap pengendara motor yang viral melempar batu ke bus TransJakarta di Lenteng Agung, Jaksel. Pelaku mengaku diserempet sehingga melemparkan batu. (dok Polres Jaktim) Foto: Polisi menangkap pengendara motor yang viral melempar batu ke bus TransJakarta di Lenteng Agung, Jaksel. Pelaku mengaku diserempet sehingga melemparkan batu. (dok Polres Jaktim)

    Iwan mengatakan pelaku sempat terlibat cekcok mulut dengan sopir bus TransJakarta. Ketika melintas di Jalan Raya Lenteng Agung Barat, tepatnya sebelah Halte Stasiun Lenteng Agung, pelaku melemparkan batu ke kaca bus TransJakarta.

    “Sebelum kejadian perusakan, pengemudi bus TransJakarta dengan Saudara HE terjadi cekcok mulut,” kata dia.

    (sfn/din)

  • Pemotor ‘Kompak’ Lawan Arah di Underpass Tambun, Ini Ancaman Hukumannya

    Pemotor ‘Kompak’ Lawan Arah di Underpass Tambun, Ini Ancaman Hukumannya

    Bekasi

    Rombongan pemotor yang jumlahnya sangat banyak ‘kompak’ lawan arah di Tambun, Kabupaten Bekasi. Namun, upaya tersebut digagalkan ambulans yang menutup jalan dan memaksa mereka putar balik.

    Dilansir dari akun TikTok @ambulans_demplon, pemandangan itu terjadi di underpass Tambun yang lokasinya tak jauh dari stasiun kereta api. Tayangan berdurasi singkat tersebut menunjukkan rombongan pemotor melintas di sisi kanan jalur berlawanan!

    Sopir ambulans kemudian menutup jalan yang hendak dilintasi pemotor nakal tersebut. Sambil menyalakan lampu sirene, dia memaksa ‘pasukan roda dua’ itu putar balik dan kembali ke jalur yang benar.

    Motor lawan arah di Tambun. Foto: Doc. Tangkapan layar.

    Rombongan pemotor yang terlihat panik itu kemudian kompak putar balik. Mereka kemudian mencari u-turn untuk kembali ke jalur yang seharusnya.

    “Stop melawan arah, karena sudah ada jalurnya masing-masing dan dapat membahayakan diri kalian atau pengendara lain,” demikian tulis akun @ambulans_demplon, dikutip Jumat (15/11).

    Jika merujuk pada Undang-undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), perbuatan pemotor di Tambun tersebut jelas melanggar aturan. Pasal 287 menegaskan, pelanggar bisa dikenakan sanksi denda dan pidana kurungan.

    “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah),” demikian bunyi pasal tersebut.

    @ambulans_demplon03 stop melawan arah, karena udah ada jalurnya masing-masing & dapat membahayakan diri kalian & pengendara lain #stoplawanarah #patuhilahlalulintas #safetydriving ♬ Tokyo Drift – Xavier WulfKata Pakar soal Motor Lawan Arah

    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, kebiasaan melawan arah merupakan ‘penyakit’ para pengguna jalan raya di Indonesia. Menurutnya, kebiasaan itu sering dilakukan orang yang maunya buru-buru tanpa memikirkan keselamatan.

    “(Mereka mikir) mumpung sepi, cuma dekat, kok, dan lain-lain membuat semua jalan disamaratakan. Bahkan aturan lalin diabaikan meski membahayakan,” ujar Sony kepada detikOto.

    Lebih jauh, Sony mengingatkan, lebih baik tertib tapi selamat, ketimbang buru-buru dan melawan arah tapi berakhir celaka.

    “Tertib lalu lintas dan menjaga kebugaran menjadi salah satu kunci dalam menjaga keselamatan,” kata Sony.

    (sfn/lth)

  • Jadwal MotoGP Barcelona 2024, Sprint Race Digelar Malam Ini

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024, Sprint Race Digelar Malam Ini

    Jakarta

    Seri pamungkas MotoGP 2024 akan digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol, akhir pekan ini. Biar tak ketinggalan serunya seri kualifikasi, Sprint Race hingga balapan inti, berikut kami sajikan jadwal MotoGP Barcelona 2024!

    Sebagai catatan, MotoGP Barcelona merupakan seri pengganti MotoGP Valencia yang batal akibat bencana alam. MotoGP Barcelona sebelumnya telah menggelar balapan pada 24-26 Mei 2024.

    Rangkaian jadwal MotoGP Barcelona 2024 sudah dimulai sejak Jumat (15/11) melalui sesi latihan bebas. Perlombaan kemudian berlanjut ke sesi kualifikasi dan Sprint Race, Sabtu (16/11), kemudian ditutup dengan balapan inti, Minggu (17/11).

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024, Sprint Race digelar malam ini. Foto: Doc. HRC.

    MotoGP Barcelona 2024 akan menjadi pertarungan akhir untuk menentukan siapa juara dunia musim ini. Pebalap Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin masih memimpin klasemen sementara dengan selisih 24 poin dari Francesco Bagnaia di posisi kedua.

    Martin hanya butuh tambahan selisih dua poin lagi di Sprint Race nanti malam untuk mengunci gelar juara. Meski bukan pekerjaan mudah, namun peluang tersebut sangat terbuka lebar.

    Pada balapan terakhir yang digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Aleix Espargaro keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Marc Marquez di tempat kedua dan Pedro Acosta di posisi ketiga. Sementara balapan intinya dimenangkan Francesco Bagnaia.

    Berikut Jadwal MotoGP Barcelona 2024

    Sabtu, 16 November 2024

    14:40-15:10 WIB: Moto3 PR215:25-15:55 WIB: Moto2 PR216:10-16:40 WIB: MotoGP FP216:50-17:05 WIB: MotoGP Q117:15-17:30 WIB: MotoGP Q218:50-19:05 WIB: Moto3 Q119:15-19:30 WIB: Moto3 Q219:45-20:00 WIB: Moto2 Q120:10-20:25 WIB: Moto2 Q221:00-22:00 WIB: MotoGP Sprint Race

    Minggu, 17 November 2024

    15:40-15:50 WIB: MotoGP Warming Up17:00 WIB: Moto3 Race18:15 WIB: Moto2 Race20:00 WIB: MotoGP Race

    (sfn/lth)

  • Soal Elektrifikasi, Mitsubishi: Produknya Sudah Ada

    Soal Elektrifikasi, Mitsubishi: Produknya Sudah Ada

    Jakarta

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus memantau perkembangan pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Saat ditemui di acara peresmian Mitsubishi Motors Training Center, Rabu (30/10/2024) lalu, Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, mengungkapkan pandangannya mengenai kemungkinan peluncuran kendaraan elektrifikasi baru Mitsubishi, seperti hybrid atau electric vehicle (EV), untuk pasar Tanah Air.

    Irwan menekankan bahwa Mitsubishi sebenarnya sudah memiliki teknologi dan produk yang siap, tetapi waktu peluncuran dan model yang akan diluncurkan masih menjadi pertimbangan perusahaan. Namun, Irwan juga menambahkan bahwa keputusan peluncuran tetap bergantung pada berbagai faktor.

    “Ya kita tunggu. Teknologinya sudah ada, produknya sudah ada. Timingnya, produk yang mana, teknologi yang mana, nah itu yang kita belum ada informasi,” ujar Irwan.

    Mitsubishi berharap bisa memahami dinamika pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan kendaraan baru. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan pentingnya keselarasan antara kebutuhan pasar dan kesiapan produk.

    “Iya gak apa apa kita wait and see, harus dong. Kan kita juga harus wait and see dari pasarnya, konsumennya, juga regulasinya,” jelas Irwan.

    Sikap ‘wait and see’ yang diambil Mitsubishi ini menunjukkan bahwa perusahaan lebih memilih untuk berhati-hati dan menunggu kesiapan pasar secara penuh sebelum merilis kendaraan elektrifikasi baru. Hal ini juga mempertimbangkan faktor regulasi pemerintah yang terus beradaptasi untuk mendorong kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

    Indikator Xpander Hybrid Terdaftar di Indonesia Foto: Dok. Berita Resmi Desain Industri

    Keputusan Mitsubishi untuk memantau pasar ini sejalan dengan upaya perusahaan untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan diluncurkan nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan permintaan konsumen di Indonesia.

    Sebagai informasi, Mitsubishi sebenarnya telah memiliki kendaraan listrik yakni L100 EV. Mobil tersebut merupakan kendaraan niaga ringan yang dijual dengan unit terbatas. Selain itu, sebelumnya Mitsubishi juga sempat menjual kendaraan hybrid yakni Outlander PHEV. Namun, kendaraan tersebut dinilai kurang cocok untuk pasar Indonesia sehingga kini tak dijual lagi

    (/lth)

  • Balapan di MotoGP Sekarang Gampang!

    Balapan di MotoGP Sekarang Gampang!

    Jakarta

    Legenda balap asal Australia, Casey Stoner menilai balapan MotoGP era sekarang jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Hal tersebut membuat kejuaraan motor tersebut mulai kehilangan sisi menariknya.

    Disitat dari Crash.net, Stoner menegaskan, MotoGP dulu merupakan kompetisi yang sangat berat. Sebab, kata dia, karakter motornya sulit ditaklukkan. Namun, insinyur tim saat ini membuatnya jauh lebih mudah.

    “Balap motor seharusnya diikuti pebalap terbaik dengan platform yang paling sulit dikendarai dan dikemudikan. Tapi sekarang MotoGP menjadi kejuaraan yang sangat mudah,” ujar Stoner, dikutip Jumat (15/11).

    “Mereka (pebalap) tidak punya cukup kontrol terhadap motornya. Insinyur tim telah membuat perbedaan yang sangat besar,” tambahnya.

    MotoGP diklaim lebih gampang. Foto: Icon Sportswire via Getty Images/Icon Sportswire

    Mantan juara dunia tersebut mengatakan, pebalap dulu dituntut punya kualitas di atas rata-rata untuk memenangkan balapan. Namun, saat ini, menang atau kalah ditentukan motor. Sebab, menurutnya, tunggangan sekarang sudah penuh dengan perangkat elektronik dan aerodinamika.

    “Jadi, secara umum, saya pikir motor MotoGP sekarang menjadi salah satu motor yang paling mudah dikendarai di dunia,” ungkapnya.

    Stoner Kritik Sprint Race

    Casey Stoner mengkritik format Sprint Race yang sudah berlangsung dua musim di MotoGP. Menurutnya, balapan jarak pendek itu membuat pebalap kehilangan konsentrasi saat balapan inti di hari Minggu.

    “Mereka mengadakan Sprint Race dengan menyita waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk konsentrasi pada balapan inti. Mereka tidak seharusnya mengadakan kejuaraan dunia dengan (balapan) mini. Ini seharusnya pentas endurance,” terangnya.

    Stoner menegaskan, MotoGP hakikatnya memang digelar dalam jumlah putaran banyak, bukan singkat. Bahkan, dia secara tak langsung mengatakan, hasil Sprint Race tak menggambarkan situasi yang sebenarnya.

    “Kejuaraan dunia seharusnya berlangsung dalam perlombaan jarak jauh. Anda (tidak boleh) mengumpulkan poin dari balapan sprint semacam ini karena poin seharusnya diperoleh pada hari Minggu ketika balapan utama,” kata dia.

    (sfn/lth)

  • Geely Intip Segmen Mobil MPV: Apa yang Membuatnya Menarik?

    Geely Intip Segmen Mobil MPV: Apa yang Membuatnya Menarik?

    Jakarta

    Jika melihat pasar otomotif di Indonesia, segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) memang masih menjadi yang paling diminati di Indonesia. Kini salah satu produsen raksasa asal China, Geely, yang bakal mencicipi kerasnya persaingan otomotif di Indonesia mulai menatap pasar mobil terbesar itu.

    Sebagai catatan, Geely akan masuk pasar otomotif Indonesia pada kuartal 1 2025. Mereka akan menghadirkan mobil listrik Sport Utility Vehicle (SUV) dalam comeback-nya ke tanah air. Pasar besar mobil listrik Indonesia menarik minat Geely kembali ke tanah-air, terlebih invasi manufaktur asal negeri Tirai Bambu sedang masif di Indonesia.

    Namun jika melihat penjualan mobil di Indonesia, terutama untuk kategori LMPV yang ada di angka 12,27 persen dari penjualan wholesale sebanyak 72.667 unit pada September 2024. Membuat Geely juga berpikir untuk masuk ke dalam market terbesar tersebut.

    Vice President of Geely Auto, Michael Song, menegaskan bahwa mobil listrik masih akan menjadi jagoan untuk kembali ke Indonesia. Tapi, mereka juga sudah mempersiapkan rencana lain termasuk untuk bisa bersaing di pasar Indonesia.

    “Kami mungkin memprioritaskan kendaraan listrik SUV untuk yang pertama. Tentu, kami mempunyai rencana cadangan untuk MPV baik kendaraan listrik dan tipe energi lain, dan semua dipertimbangkan,” kata Song dalam perbincangan dengan detikOto dan beberapa pewarta asal Indonesia di Ningbao International Circuit, China.

    Geely EX5 Foto: Dok. Geely

    Hal senada juga diungkapkan oleh Brand Director Geely Auto Indonesia, Yusuf Anshori. Dengan banyaknya lini produk Geely, dia tak menutup kemungkinan untuk meluncurkan MPV.

    “Kalau kita lihat line produknya Geely itu banyak, kalau misalnya kita lihat dari segi perusahaan (mobilnya) itu rangenya masif, banyak. Memang untuk tahap ini kami meluncurkan listrik dulu, ke depannya kita akan lihat pasarnya,” kata Ori -sapaan akrab Yusuf Anshori.

    “Kalau di Indonesia kami lihat masih banyak produk yang masif. Kendaraan listrik mungkin bisa dibilang bukan mass production, itu kita masih dalam tahap studi mengeluarkan range-range,” kata dia menambahkan.

    (cas/lth)

  • Amerika Serikat Rencanakan Cabut Keringanan Pajak Mobil Listrik

    Amerika Serikat Rencanakan Cabut Keringanan Pajak Mobil Listrik

    Jakarta

    Di saat negara-negara lain tengah memberikan keringanan pajak untuk pembelian kendaraan listrik, Amerika Serikat (AS) justru berencana untuk mencabut kebijakan keringanan pajak tersebut.

    Dikutip reuters, tim transisi presiden terpilih Donald Trump berencana untuk menghentikan keringanan pajak konsumen sebesar USD 7.500 untuk pembelian kendaraan listrik sebagai bagian dari undang-undang reformasi pajak yang lebih luas.

    Jika memang benar demikian, hal tersebut dinilai bakal berdampak serius pada transisi kendaraan listrik di AS.

    Tesla sebagai produsen mobil listrik terbesar di Amerika Serikat memberikan tanggapannya, bahwa kepada komite transisi Trump bahwa mereka mendukung diakhirinya subsidi mobil listrik di Amerika Serikat.

    Dalam pemberitaan Reuters tersebut juga dijelaskan bahwa CEO Tesla Elon Musk, salah satu pendukung terbesar Trump dan orang terkaya di dunia, mengatakan penghentian subsidi mungkin akan sedikit merugikan penjualan Tesla, tetapi juga akan menjadi ‘bencana bagi pesaing EV-nya di AS, seperti General Motors.

    Tesla Cybercab Foto: Youtube Tesla

    Meski demikian rencana tim transisi Presiden Donald Trump untuk menghilangkan subsidi kendaraan listrik di AS tidak akan berjalan mulus. Karena The Alliance fo Automotive AS memberikan suara mereka kepada tim transisi Presiden Donald Trump, untuk mempertahankan kredit pajak kendaraan listrik dengan menyuarakan, pentingnya mengukuhkan AS sebagai pemimpin global dalam manufaktur otomotif masa depan.

    Namun hingga saat ini, tim transisi Trump tidak mengomentari nasib keringanan pajak kendaraan listrik tersebut, tetapi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden terpilih akan menepati janji yang dibuatnya di masa kampanye.

    (lth/din)

  • Jalanan Rusak Memaksa Rod Stewart Pertimbangkan Jual Koleksi Mobilnya

    Jalanan Rusak Memaksa Rod Stewart Pertimbangkan Jual Koleksi Mobilnya

    Jakarta

    Rod Stewart baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk menjual lima koleksi mobil sportnya karena kondisi jalan berlubang di sekitar rumahnya yang semakin parah.

    Dikutip dari The Guardian, penyanyi legendaris asal Inggris ini memiliki kecintaan yang mendalam pada mobil sport. Ia mengatakan bahwa banyaknya lubang di jalan sekitar rumahnya di Harlow, Inggris, membuat mobil-mobil tersebut sulit digunakan.

    Melalui akun Instagramnya, Stewart menyampaikan betapa bersyukurnya dia bisa memiliki lima mobil sport hybrid yang menurutnya merupakan karya seni. Namun, Stewart mengungkapkan rasa kecewa karena kondisi jalan yang rusak memaksanya mempertimbangkan untuk melepas koleksi yang sudah ia cintai selama puluhan tahun itu.

    “Saya merasa sangat beruntung memiliki mobil-mobil sport ini, yang merupakan karya seni sejati. Namun, karena banyaknya lubang di jalan, saya mungkin perlu menemukan pemilik baru untuk mereka,” tulisnya di Instagram. Stewart juga menambahkan bahwa mobil-mobil ini bukan sekadar alat transportasi, namun menjadi bagian dari perjalanan hidupnya sejak tahun 1970-an.

    Koleksi mobil Stewart adalah gabungan antara keindahan desain dan performa yang mewah. Beberapa koleksinya adalah Marcos GT tahun 1969, Lamborghini Miura P400 S 1971, Porsche 911 Turbo Carrera 1997, Ferrari Enzo 2003, serta Rolls-Royce Ghost EWB 2013. Mobil-mobil ini tak hanya mewakili gaya hidup dan kecintaannya pada mobil sport, tetapi juga menunjukkan selera kelas atas Stewart dalam memilih kendaraan yang ikonik dan bersejarah.

    Musisi Rod Stewart perbaiki jalan di sekitar rumahnya. Foto: Dok. Instagram

    Penyanyi yang terkenal dengan hits seperti “Maggie May” ini sebelumnya pernah melakukan aksi nyata untuk mengatasi permasalahan jalan berlubang di wilayah tempat tinggalnya. Pada tahun 2022, Stewart sempat membagikan video di mana ia dan beberapa orang lain terlihat menambal jalan rusak di dekat rumahnya dengan kerikil.

    Dalam video tersebut, Stewart menyebutkan bahwa ia harus turun tangan sendiri karena kondisi jalan yang rusak parah sudah merugikan masyarakat sekitar, bahkan membuat ambulans mengalami kerusakan ban.

    Stewart mengungkapkan bahwa kondisi jalan membuat banyak orang terpaksa memperbaiki mobil mereka yang rusak akibat melewati jalan berlubang. Ia pun mengkritik pihak berwenang yang menurutnya tidak peduli dengan perbaikan jalan tersebut.

    Mobil sport sudah lama menjadi bagian dari kehidupan Stewart. Salah satu mobil pertama yang ia beli adalah Marcos GT V6 di akhir tahun 1960-an, saat ia baru menikmati kesuksesan dalam kariernya. Kini, di usianya yang semakin matang, Stewart terus mengoleksi mobil sport terutama dari merek-merek Italia yang ikonik.

    [Gambas:Instagram]

    (lth/lth)

  • Langsung Tancap Gas, Jetour Bakal Rilis Dua Model Baru Tiap Tahun

    Langsung Tancap Gas, Jetour Bakal Rilis Dua Model Baru Tiap Tahun

    Jakarta

    Pabrikan mobil asal China makin merajalela di Indonesia. Tak mau ketinggalan, Jetour pun mengincar pasar segmen Sport Utility Vehicles (SUV) urban dan off-road, bahkan brand asal Wuhu, China itu mengatakan tiap tahun bakal rilis dua model di Indonesia.

    Ekspansi mobil merek China di Indonesia makin ramai. Kalau awal-awal cuma Wuling dan DFSK. Kini bertambah setelah hadirnya Chery Group, lalu Great Wall Motors yang menaungi merek Haval, Ora, dan Tank.

    Kemudian ada Neta, disusul juga dengan Maxxus, BYD, BAIC, dan GAC AION. Pun kabarnya Geely juga bakal meramaikan pasar otomotif dalam negeri.

    Kevin Xu Haifeng, Vice President Jetour International mengatakan langkah pertama Jetour sejauh ini baru menawarkan dua SUV keluarga, Dashing dan X70 Plus. Selanjutnya dia akan memperkenalkan keluarga T series Jetour yang lebih cocok buat off road.

    “Hari ini kita perkenalkan dua model yang familiar SUV seri termasuk Dashing dan X70 plus. Tahun depan kita akan memperkenalkan T2 dan T1 sebagai SUV off-road,” kata Kevin di Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024) kemarin.

    Perlu diketahui T1 diposisikan sebagai light off road, sedangkan T2 menjadi adventure off road.

    Mobil Jetour dirakit di Indonesia Foto: Dok. PT Jetour Motor Indonesia

    Sejauh ini Jetour memastikan hanya akan menjual mobil di segmen SUV. Produknya secara global fokus pada SUV keluarga dan off road.

    “Jadi secara umum (dari rencana), dalam lima tahun ke depan, kita akan meluncurkan dua model baru tiap tahunnya di Indonesia,” tambahnya lagi.

    Perlu diketahui SUV off road T1 merupakan T2 junior. Mobil itu lebih compact dari sang kakak, dengan bekal mesin 1.5L turbocharged segaris yang dialiri listrik.

    Mesin tersebut mendapat bantuan dari motor listrik dan baterai lithium iron phosphate 26,7 kWh.

    Jetour mengatakan bahwa mobil ini memiliki jangkauan listrik 114 km dan jarak tempuh sekitar 1.400 km. Mobil ini juga akan ditawarkan dalam varian 2WD dan 4WD.

    Secara global, Jetour T2 dibekali dengan dua opsi mesin, yakni 1.5 dan 2.0. Ini merupakan SUV modern dengan kesan serba tangguh lantaran mendapatkan aksen boxy.

    Mesin 1.5 itu diklaim bisa memuntahkan tenaga 135 kW pada 5.500 rpm dan torsi 290 Nm pada 2.000 – 4.000 rpm. Sedangkan opsi mesin 2.0 bisa mengeluarkan tenaga 187 kW di 5.500 rpm dan torsi maksimal 390 Nm. Namun T2 sudah mulai kena elektrifikasi.

    Jetour T2 Foto: Jetour

    “Bulan Oktober (2024) kita perkenalkan T2 PHEV model di Qatar, Timur Tengah, kami berharap bisa mengenalkan PHEV model di pasar Indonesia,” kata Kevin.

    Sebagai catatan, Jetour merupakan merek mobil yang usianya masih sangat muda, yakni enam tahun.

    Sepanjang Januari-Oktober 2024, Jetour sudah menjual 439 ribu unit pada lebih dari 62 negara. Bulan Oktober lalu menjadi catatan rekor penjualan bagi Jetour.

    “Pada Oktober 2024, Jetour mencapai catatan sejarah dengan menjual lebih dari 1,4 juta unit secara global dalam waktu 75 bulan,” kata Vice President Jetour Auto, Ke Chuandeng di Senayan Park, Jakarta, Jumat (15/11/2024) kemarin.

    Pabrikan China saat ini bukan cuma berjualan di Indonesia. Jetour meski belum mendirikan pabrik sendiri, namun sudah merakit mobilnya dalam negeri di pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM). Bersama dengan Jetour, Neta dan Chery juga merakit mobil di PT HIM.

    (riar/lth)