Jenis Media: Otomotif

  • Espargaro Takut Martin Sulit Adaptasi di Aprilia

    Espargaro Takut Martin Sulit Adaptasi di Aprilia

    Jakarta

    Jorge Martin dikhawatirkan susah beradaptasi dengan motor Aprilia. Sebab Martin sudah terbiasa dengan Ducati Desmosedici GP, motor superior di atas lintasan saat ini.

    Martin membela Aprilia mulai 2025. Dia menggantikan Aleix Espargaro yang pensiun akhir musim ini.

    Espargaro tahu betul bagaimana kondisi motor Aprilia RS-GP. Tanpa menyangsikan kualitas Martin, sahabat dekatnya itu cemas level performa Martin bakal menurun tahun depan.

    Di sisi lain, Aprilia RS-GP punya potensi sebagai kompetitor terdekat Ducati. Buktinya Maverick Vinales bisa menyapu bersih kemenangan sprint dan main race di MotoGP Amerika 2024.

    Tahun 2022, Aleix Espargaro ikut berebut jadi juara dunia. Meski pada akhirnya pabrikan Noale itu finis di posisi empat klasemen akhir MotoGP.

    Performa Aprilia yang naik turun bikin Espargaro cemas terkait masa depan Martin. Perasaan Espargaro sebenarnya campur aduk.

    “Ini memberi saya kesenangan yang luar biasa,” kata temannya, Espargaro kepada Motosprint.

    “Itu juga membuat saya khawatir karena tidak akan mudah setelah sekian lama di Ducati, dengan motor pemenang, untuk tiba di Aprilia dengan konsep yang benar-benar berbeda,” jelas Espargaro.

    “Ini tidak akan mudah, tapi dia sahabatku dan menitipkan motorku padanya adalah sebuah mimpi,” tambah dia lagi.

    Espargaro berharap rider Spanyol berusia 26 tahun itu bisa sukses merebut juara dunia tahun ini. Espargaro optimistis sahabatnya itu bisa jadi juara dunia.

    “Jorge akan memenangkannya. Ia punya keuntungan yang baik. Ia telah membuktikan bahwa ia cepat, terutama di beberapa balapan terakhir. Perbedaan antara Pecco dan Jorge dibandingkan pembalap lainnya sungguh impresif, mengingatkan saya kepada duel-duel legendaris pada masa lalu. Mereka berdua layak jadi juara,” tutupnya.

    (riar/lua)

  • Bagnaia Menang Sprint Race MotoGP Barcelona, Juara Dunia Ditentukan Besok

    Bagnaia Menang Sprint Race MotoGP Barcelona, Juara Dunia Ditentukan Besok

    Jakarta

    Francesco Bagnaia finis pertama di Sprint Race MotoGP Barcelona 2024, Sabtu (16/11). Sementara rival utamanya, Jorge Martin meraih posisi ketiga!

    Ketika lampu start menyala, Francesco Bagnaia langsung tancap gas dan mengambil alih jalannya perlombaan. Sementara Jorge Martin yang sempat oleng di tikungan pertama mampu mengamankan posisi ketiga di putaran awal.

    Enea Bastianini yang berada di tempat kedua menutup ruang Martin untuk mendekati Bagnaia. Selama dua putaran pertama, Martin tak mampu ‘membobol’ tembok Bastianini yang cukup kuat.

    Hasil Sprint Race MotoGP Barcelona 2024. Foto: MotoGP.

    Martin sempat merebut posisi kedua di putaran ketiga, namun tak bertahan lama. Pebalap Pramac Racing itu kembali kehilangan posisinya di putaran yang sama.

    Pertarungan Bastianini vs Martin kembali berlanjut di lap keempat. Mereka kembali saling salip dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun, Martin kemudian mampu mengamankan tempat kedua hingga beberapa putaran setelahnya.

    Di depan, Bagnaia benar-benar tak tersentuh. Ketika balapan hanya menyisakan enam putaran lagi, dia mampu membuat gap 1,48 detik dari Martin di belakangnya!

    Francesco Bagnaia di Sprint Race MotoGP Barcelona 2024. Foto: Anadolu via Getty Images/Anadolu

    Menjelang akhir putaran, Bastianini membuat kejutan dengan menyalip Martin. Hingga balapan selesai, tak ada perubahan posisi. Bagnaia tetap pertama, sementara Bastianini kedua dan Martin ketiga!

    Hasil tersebut membuat penentuan juara dunia akan berlanjut ke balapan inti, Minggu (17/11). Kini, Bagnaia tertinggal 19 poin dari Martin. Meski berat, namun peluang tersebut masih tetap terbuka.

    Berikut Hasil Sprint Race MotoGP Barcelona 2024Francesco BagnaiaEnea BastianiniJorge MartinAleix EspargaroAlex MarquezFranco MorbidelliMarc MarquezMarco BezzecchiBrad BinderFabio QuartararoJohann ZarcoMaverick VinalesJoan MirRaul FernandezLuca MariniAlex RinsTakaaki NakagamiMiguel OliveiraJack MillerAugusto Fernandez.

    (sfn/lth)

  • Bamsoet Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik untuk RI Lebih Bersih & Sehat

    Bamsoet Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik untuk RI Lebih Bersih & Sehat

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi pembukaan showroom United E-Motor milik influencer Jhon LBF di Karawaci, Tangerang. Showroom ini hadir sebagai bagian dari ekspansi strategis untuk menghadirkan kendaraan listrik modern dan ramah lingkungan.

    Bamsoet mengatakan hadirnya showroom ini juga turut membuka lapangan pekerjaan baru serta membantu pemerintah dalam mengurangi subsidi pemerintah dalam hal bahan bakar minyak.

    “Penggunaan kendaraan listrik merupakan langkah strategis untuk mengatasi masalah lingkungan, mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan industri, Indonesia berpotensi untuk menjadi salah satu pelopor dalam transisi menuju transportasi yang lebih berkelanjutan. Kendaraan listrik bukan hanya sekadar alternatif transportasi, tetapi sebuah kebutuhan mendesak untuk Indonesia yang lebih bersih dan sehat,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (16/11/2024).

    Saat meresmikan pembukaan Showroom United E-Motor hari ini, Ketua MPR RI ke-15 ini menjelaskan salah satu alasan utama penggunaan kendaraan listrik adalah untuk mengurangi polusi udara.

    Penelitian dari World Health Organization (WHO) melaporkan polusi udara menjadi salah satu penyebab utama kematian, dengan lebih dari 230.000 kematian setiap tahunnya. Sementara itu Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat sektor transportasi menyumbang sekitar 26% dari total emisi gas rumah kaca di Indonesia. Dengan beralih ke kendaraan listrik, emisi CO2 dapat diminimalkan secara signifikan.

    “Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga mencatat dengan peralihan dari motor berbasis BBM ke motor listrik, maka diperkirakan subsidi BBM dari pemerintah bisa dihemat mencapai Rp 32,7 miliar per tahunnya. Selain penghematan subsidi BBM, program kendaraan listrik juga bisa meningkatkan penjualan listrik PT PLN hingga 15,2 Giga Watt hour (GWh) per tahun,” ucap Bamsoet.

    Anggota Komisi III DPR RI ini pun menambahkan, sebelumnya Presiden Jokowi telah mengeluarkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan.

    Pemerintah menargetkan pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia ini mencapai 2,2 juta kendaraan listrik pada tahun 2025, dan 13 juta kendaraan listrik pada tahun 2030. Di sisi lain, pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) ditargetkan mencapai 31.859 unit, dan pembangunan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) mencapai 67.000 unit.

    “Penggunaan kendaraan listrik di Indonesia berpotensi membuka peluang baru dalam industri otomotif. Dengan meningkatnya permintaan untuk kendaraan listrik, Indonesia dapat menjadi bagian dari rantai pasok global bagi produksi baterai dan komponen kendaraan listrik lainnya. Hal ini sangat penting mengingat Indonesia memiliki cadangan mineral penting untuk pembuatan baterai, seperti nikel. Konsultan asal Amerika Serikat McKinsey & Company memperkirakan perputaran uang pada pasar kendaraan listrik global akan mencapai USD 2.5 triliun pada tahun 2030, dan Indonesia memiliki kesempatan emas untuk memanfaatkan potensi ini,” pungkas Bamsoet.

    Sebagai informasi, turut hadir pada peresmian ini, antara lain pemilik United E-Motor influencer Jhon LBF, Nikita Mirzani serta Kimberly Ryder.

    (akn/ega)

  • Bagnaia Ungkap Penyebab Jatuh Misterius Usai Disalip Vinales

    Bagnaia Ungkap Penyebab Jatuh Misterius Usai Disalip Vinales

    Jakarta

    Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia mengalami ‘jatuh misterius’ saat latihan bebas pertama di MotoGP Barcelona, Spanyol. Apa gerangan penyebabnya?

    Sebagai pengingat, Francesco Bagnaia disalip Maverick Vinales di turn-1 atau tikungan pertama. Tak lama setelah tersalip, Bagnaia tiba-tiba jatuh. Padahal, dilihat dari tayangan ulang, tak ada sentuhan apapun sebelum kejadian.

    Kecelakaan tunggal tersebut membuat Bagnaia mengalami luka lecet di tubuh. Namun, kondisinya diklaim baik-baik saja dan siap membalap di Sprint Race dan balapan inti MotoGP Barcelona 2024.

    Francesco Bagnaia jatuh tiba-tiba usai disalip Maverick Vinales. Foto: MotoGP

    Meski demikian, kejadian itu tetap membuat penasaran banyak pihak. Sebab, mengapa Bagnaia bisa tiba-tiba jatuh tanpa sentuhan apapun. Kondisi tersebut sangat jarang terjadi di kompetisi sekelas MotoGP.

    Bagnaia menjelaskan, sebelum kejadian motornya melaju sangat lambat dari seharusnya. Namun, ketika dia ingin menambah kecepatan, Vinales tiba-tiba muncul dari sisi luar. Hal tersebut yang membuatnya jatuh tiba-tiba.

    “Jadi kesalahan saya adalah melaju selambat itu, namun ketika saya mau menambah kecepatan, saya melaju dari sisi dalam dan itu penuh dengan ruang dari sisi dalam,” ujar Bagnaia dikutip dari Motorsport, Sabtu (16/11).

    “Saya mulai merasakan dan tahu Vinales akan melaju dari sisi dalam. Tapi, begitu saya melihat dia datang dengan kecepatan normal dari luar dengan motor yang bergerak, saya jadi takut sehingga saya kehilangan bagian depan seperti itu,” tambahnya.

    Francesco Bagnaia. Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain

    Menurut Bagnaia, situasi yang serba mendadak seperti itu membuat ban kehilangan stabilitas. Itulah mengapa, motor bisa jatuh secara tiba-tiba.

    “Motor (dengan) ban seperti itu tidak suka jika pengendaranya mengubah (arah) dengan cepat, jadi Anda harus mengubahnya dengan cara yang halus dan saya tidak melakukannya ketika itu,” tuturnya.

    Di lain sisi, Vinales menjelaskan, dia sudah memberikan Bagnaia cukup ruang untuk menyalip di tikungan pertama. Kata dia, Bagnaia mungkin mengerem terlalu keras setelah merasa panik dan tak siap disalip pebalap lain.

    “Pecco berada di tengah, sangat lambat, saya tidak tahu. Saya mencoba menghindarinya, saya keluar, tapi saya memberinya (ruang untuk) dua motor. Saya bahkan tidak menyalipnya dengan jarak dekat,” ungkap Vinales.

    “Ketika saya melihat kecelakaan itu, (saya pikir) mungkin saya ‘menabraknya’, saya tidak tahu. Namun kemudian, saya melihat tayangan ulang dan ada banyak ruang. Saya pikir dia ketakutan atau semacamnya. Ia mencengkeram rem depan dan mengunci ban depan,” kata dia menambahkan.

    (sfn/lth)

  • Jorge Martin Sempat Melakukan Kesalahan

    Jorge Martin Sempat Melakukan Kesalahan

    Jakarta

    Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia meraih pole position di kualifikasi MotoGP Barcelona 2024, Sabtu (16/11). Sementara rival utamanya, Jorge Martin mengamankan posisi keempat!

    Ketika Q2 baru dimulai, Francesco Bagnaia langsung mengamankan posisi pertama dengan catatan waktu terbaik 1 menit 38,835 detik. Bagnaia dibuntuti Marc Marquez yang ‘setia’ melakukan slipstream sejak awal kualifikasi.

    Jorge Martin yang sempat membuat kesalahan di awal-awal Q2 tampak cukup berhati-hati sepanjang putaran pertama. Namun, dia masih mampu mengamankan posisi ketiga sebelum masuk garasi.

    Hasil kualifikasi MotoGP Barcelona 2024. Foto: Icon Sportswire via Getty Images/Icon Sportswire

    Di putaran kedua, Martin tancap gas untuk mengejar catatan waktu Bagnaia. Namun, torehan terbaiknya masih berjarak 0,241 detik dari rival terkuatnya tersebut. Bahkan, Martin kesulitan melewati catatan Marquez di tempat kedua.

    The Martinator justru kehilangan tempat ketiganya setelah dikejar Franco Morbidelli di putaran ketiga. Pebalap 27 tahun itu turun ke posisi keempat! Di lain sisi, Bagnaia makin meningkatkan catatan waktunya.

    Hasil kualifikasi MotoGP Barcelona 2024. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    Di detik-detik akhir, Aleix Espargaro membuat kejutan dengan menyodok ke urutan kedua. Hingga akhir Q2, tak ada lagi perubahan posisi. Bagnaia tetap pertama dan Jorge Martin keempat!

    Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Barcelona 2024Francesco BagnaiaAleix EspargaroMarc MarquezJorge MartinFranco MorbidelliPedro AcostaMaverick VinalesEnea BastianiniMarco BezzecchiFabio QuartararoAlex MarquezJohann Zarco

    (sfn/lth)

  • Mobil Listrik vs Hybrid: Pilih Yang Mana?

    Mobil Listrik vs Hybrid: Pilih Yang Mana?

    Jakarta

    Dalam beberapa tahun terakhir, pilihan kendaraan ramah lingkungan semakin beragam. Mobil listrik dan hybrid kini menjadi alternatif populer di tengah meningkatnya kesadaran lingkungan dan kebutuhan akan kendaraan yang lebih efisien.

    Bagi banyak orang, memilih antara mobil listrik yang sepenuhnya bergantung pada baterai atau mobil hybrid yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik bisa jadi membingungkan. Lalu, mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda? Berikut adalah penjelasan mengenai mobil listrik dan hybrid disitat dari Car and Driver.

    Mobil Listrik (EV)

    Mobil listrik sepenuhnya bergantung pada baterai untuk sumber tenaganya. Kendaraan jenis ini tidak memerlukan bahan bakar seperti bensin atau solar. Karena tidak menghasilkan emisi dari pipa knalpot, mobil listrik dianggap lebih ramah lingkungan.

    Keuntungan utama EV adalah tidak adanya emisi lokal yang mencemari udara. Ini sangat bermanfaat di kota-kota besar yang sering menghadapi masalah polusi udara. Selain itu, mobil listrik biasanya memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional, sehingga perawatannya lebih sederhana dan akselerasinya cenderung lebih cepat.

    Ilustrasi baterai Mobil listrik Geely Zeekr 001 Foto: doc. carnewschina

    Namun, salah satu tantangan mobil listrik adalah keterbatasan jarak tempuh, terutama jika stasiun pengisian daya tidak mudah ditemukan. Baterainya juga cenderung besar dan berat, yang membuat mobil jenis ini kurang efisien pada jarak yang sangat jauh. Meskipun begitu, sebagian besar pabrikan mobil menawarkan garansi panjang pada baterai, biasanya sekitar 8-10 tahun atau hingga 160.000 kilometer.

    Mobil Hybrid

    Mobil hybrid menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik. Ini memungkinkan pengemudi menggunakan bahan bakar secara lebih efisien, karena motor listrik dapat membantu mengurangi penggunaan bensin, terutama saat kendaraan melaju dalam kecepatan rendah atau sedang. Mobil hybrid juga bisa menangkap energi yang dihasilkan saat pengereman dan menggunakannya kembali.

    Innova Zenix Hybrid dan Innova Zenix. Foto: dok. Toyota-Astra Motor

    Dibandingkan dengan mobil listrik, baterai pada mobil hybrid lebih kecil. Namun, mobil hybrid masih menghasilkan emisi karena menggunakan bahan bakar fosil. Di sisi lain, plug-in hybrid (PHEV) memberikan lebih banyak fleksibilitas karena baterainya bisa diisi ulang melalui port pengisian daya, memungkinkan mobil berjalan lebih jauh dengan mode listrik sebelum perlu menggunakan bensin.

    Pilih Mana Mobil Listrik atau Mobil Hybrid?

    Mobil hybrid sering dianggap sebagai opsi transisi yang baik bagi mereka yang tertarik pada mobil listrik tetapi belum siap beralih sepenuhnya. Bagi yang sering berkendara jarak jauh atau tinggal di tempat yang tidak banyak stasiun pengisian daya, hybrid bisa menjadi pilihan yang lebih praktis.

    Sebaliknya, jika Anda sudah siap beralih ke kendaraan ramah lingkungan dan memiliki akses ke infrastruktur pengisian daya yang memadai, mobil listrik bisa menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan.

    Dengan semakin banyaknya pilihan di pasar, baik mobil listrik maupun hybrid menawarkan keuntungan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Bagaimanapun, keduanya membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak lingkungan dari transportasi.

    (lth/lth)

  • Amerika Serikat Pernah Tolak Produsen Baterai Terbesar China Bangun Pabrik!

    Amerika Serikat Pernah Tolak Produsen Baterai Terbesar China Bangun Pabrik!

    Jakarta

    Perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China masih terjadi, bahkan negara adidaya tersebut dijelaskan pernah menolak niat perusahaan asal China, untuk membangun pabrik baterai di negeri Paman Sam tersebut.

    Meski demikian, salah satu perusahaan baterai terbesar asal China CATL kembali menyampaikan ketertarikan mereka kembali untuk berinvestasi di Amerika Serikat pada masa pemerintahan Donald Trump.

    Dikutip Reuters, Company’s founder and chairman, Robin Zeng, mengatakan akan mempertimbangkan bangun pabrik di AS jika Presiden terpilih Donald Trump membuka pintu bagi investasi China dalam rantai pasokan kendaraan listrik.

    “Pada awalnya kami ingin berinvestasi di Amerika Serikat, namun pemerintahan Amerika Serikat menolaknya,” ucap Zeng.

    Penyataan Zeng tersebut bukan tanpa alasan, karena hingga saat ini produsen mobil listrik dan baterai asal Tiongkok telah dihalangi masuk pasar AS melalui berbagai kebijakan perdagangan proteksionis yang didukung oleh Demokrat dan Republik, termasuk Trump, yang melancarkan perang dagang yang lebih luas dengan China selama masa jabatan presiden pertamanya pada tahun 2017 lalu.

    Langkah yang diambil pemerintah Amerika Serikat sebagai langkah pasti untuk melindungi industri, menghidupkan persaingan dan keamanan nasional AS. Soalnya hingga saat ini perusahaan kendaraan listrik dan baterai asal China, mendapat subsidi besar dari pemerintahnya.

    Ilustrasi baterai Wuling hasil produksi baterai di Indonesia. Foto: dok. Wuling Indonesia

    Bahkan pada pemerintahan Biden, baterai buatan China dinilai tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi. Bahkan Biden menaikkan tarif pajak hingga 100 persen, memblokir kendaraan apapun yang membawa teknologi China. Biden pun berani mengambil risiko dengan membatasi insentif pembelian kendaraan listrik Ford, karena mengusung baterai asal China.

    Namun pada era Trump, dirinya ingin mencegah impor mobil dari Cina, akan tetapi tetap membuka peluang terhadap produsen mobil Cina yang ingin memproduksi kendaraan di Amerika Serikat.

    “Kami akan memberikan insentif, dan jika Cina dan negara-negara lain ingin datang ke sini dan menjual mobil, mereka akan membangun pabrik di sini, dan mereka akan mempekerjakan pekerja kami,” ucap Trump pada Reuters.

    (lth/din)

  • Link Live Streaming Sprint Race MotoGP Barcelona 2024

    Link Live Streaming Sprint Race MotoGP Barcelona 2024

    Jakarta

    Sprint Race terakhir musim ini akan digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Sabtu malam (16/11). Kalian yang tak bisa menyaksikannya melalui televisi, bisa memilih salah satu link live streaming Sprint Race MotoGP Barcelona 2024 yang sudah dirangkum detikOto!

    Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, menyaksikan tayangan seperti MotoGP tak harus melalui televisi, melainkan bisa lewat ponsel, tablet maupun laptop. Itulah mengapa, tak heran seandainya banyak penggemar balap motor yang saat ini mencari link live streaming Sprint Race MotoGP Barcelona 2024.

    Sebagai catatan, MotoGP Barcelona merupakan seri pengganti MotoGP Valencia yang batal akibat bencana alam. Sprint Race MotoGP Barcelona sebelumnya telah telah digelar pada 25 Mei lalu. Ketika itu, balapan pendek tersebut dimenangkan Francesco Bagnaia.

    Link live streaming Sprint Race MotoGP Barcelona 2024. Foto: Icon Sportswire via Getty Images/Icon Sportswire

    Sprint Race MotoGP Barcelona kemungkinan bisa menjadi momentum juara untuk Jorge Martin. Pebalap Pramac Racing asal Spanyol itu hanya butuh tambahan selisih dua poin untuk memastikan juara dunia nanti malam.

    Lantas, akankah Martin mampu mengunci gelar juara di Sprint Race MotoGP Barcelona? Atau justru Bagnaia mampu meraih kemenangan dan memaksa pertarungan berlanjut ke balapan inti besok malam (17/11)? Biar tak kelewatan, yuk catat link streaming-nya!

    Link Live Streaming Sprint Race MotoGP Barcelona 2024

    Sprint Race MotoGP Barcelona 2024 disiarkan secara langsung melalui saluran Trans7. Namun, jika tak sempat menyaksikannya di televisi, kalian bisa menontonnya melalui layanan streaming.

    Sprint Race MotoGP Barcelona 2024 ditayangkan secara streaming melalui sejumlah platform online, mulai dari laman resmi MotoGP hingga Vidio.com. Kalian tinggal membuka salah satu laman berikut untuk menyaksikannya.

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024

    Sabtu, 16 November 2024

    14:40-15:10 WIB: Moto3 PR215:25-15:55 WIB: Moto2 PR216:10-16:40 WIB: MotoGP FP216:50-17:05 WIB: MotoGP Q117:15-17:30 WIB: MotoGP Q218:50-19:05 WIB: Moto3 Q119:15-19:30 WIB: Moto3 Q219:45-20:00 WIB: Moto2 Q120:10-20:25 WIB: Moto2 Q221:00-22:00 WIB: MotoGP Sprint Race

    Minggu, 17 November 2024

    15:40-15:50 WIB: MotoGP Warming Up17:00 WIB: Moto3 Race18:15 WIB: Moto2 Race20:00 WIB: MotoGP Race.

    (sfn/lth)

  • Gak Cuma Bawa Mobil Listrik, Ini Rencana Geely saat Comeback ke RI

    Gak Cuma Bawa Mobil Listrik, Ini Rencana Geely saat Comeback ke RI

    Jakarta

    Geely pastikan akan masuk ke Indonesia dengan memperkenalkan mobil listrik tahun depan. Produsen raksasa asal China itu pun menilai, kehadiran Geely tidak hanya bicara soal produk apa yang akan diperkenalkan di Indonesia, namun pembangunan infrastruktur juga menjadi fokus Geely di Indonesia.

    Menurut Geely makin bagusnya ekosistem mobil listrik akan berpengaruh pada setiap penjualan kendaraan listrik di Indonesia termasuk Geely nantinya. Oleh karena itu, manufaktur asal Hangzhou, China, berniat untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan ekosistem mobil listrik di Indonesia.

    Dalam perbincangan dengan detikOto dan beberapa pewarta dari Indonesia di Ningbo International Circuit, China, Vice President of Geely Auto, Michael Song, mengungkapkan Geely berniat untuk bisa memperbanyak infrastuktur ekosistem kendaraan listrik dan itu bukan hanya tempat pengisian baterai listrik atau SPKLU.

    “Perlu dikatakan bahwa produk kendaraan listrik membutuhkan penyebaran komplet, tak cuma pengisian baterai, tapi juga serangkaian infrastruktur lainnya,” kata Song pada pekan ini.

    Ilustrasi Geely EX5 Foto: Dok. Geely

    “Kami perlu dan sudah berkomunikasi dengan mitra industri hilir dan hulu setempat untuk membuat pengaturan yang tepat. Juga, kami akan berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur ini. Mengenai apakah Geely, pemasok dari China, atau pemasok dari Indonesia yang akan memimpin, pilihannya terbuka,” kata dia menegaskan.

    Saat ini penjualan mobil listrik di Indonesia saat ini sudah menembus 23.045 unit hingga bulan September 2024. Namun cukup disesalkan infrastruktur pengisian daya publik yang masih kurang menjadi kendala utama industri mobil listrik di Indonesia. Saat ini, terdapat 1.582 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan sebagian besar berada di kota-kota besar.

    Sebagai catatan tambahan, Geely menyatakan akan masuk kembali ke pasar Indonesia pada semester pertama 2025 besok, dengan mengandalkan mobil listrik SUV mereka setelah sebelumnya pernah hadir di Indonesia pada 2011-2017. Setelah satu windu, Geely memutuskan kembali ke tanah-air karena melihat besarnya pasar mobil listrik di Indonesia.

    (cas/lth)

  • Harga Rp 126 Juta, Konsumsi BBM 25,7 KM/L

    Harga Rp 126 Juta, Konsumsi BBM 25,7 KM/L

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Jepang, Suzuki telah meluncurkan Suzuki Dzire generasi keempat. Mobil sedan entry level tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, mulai dari tampang, fitur hingga mesinnya.

    Disitat dari Financial Express, Sabtu (16/11), Suzuki Dzire baru bukan meluncur di Indonesia, melainkan India. Kendaraan tersebut dibanderol mulai dari 6.79 lakh rupee atau sekira Rp 126 juta.

    Meski murah, namun Suzuki Dizre baru menawarkan sejumlah keunggulan yang tak banyak dimiliki produk lain sekelasnya. Biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi mobil perkotaan tersebut!

    Spesifikasi Suzuki Dzire Baru

    Tampang

    Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Suzuki Dzire baru kini tampil lebih garang berkat headlamp atau lampu depan yang memicing tajam. Sebelumnya, mobil itu menggunakan pencahayaan utama dengan ukuran besar dan lebar.

    Grilnya dibuat minimalis namun kekinian, sementara logo ‘S’-nya terpasang diposisi sentral dengan garis kap yang dirancang terhubung ke lampu depan. Sentuhan tersebut membuat Suzuki Dzire baru terlihat lebih modern.

    Dimensinya hampir tak berubah, panjangnya tetap 3.955 mm dan lebarnya 1.735 mm. Namun, tingginya sedikit bertambah dari yang semula 1.515 mm menjadi 1.525 mm. Kemudian ground clearance-nya juga masih 163 mm.

    Mesin dan Konsumsi BBM

    Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Suzuki Dzire baru menggunakan mesin yang sama seperti Suzuki Swift generasi anyar. Kendaraan itu menggendong mesin berkode Z12E bersilinder tiga dengan semburan tenaga 82 dk dan torsi 112 Nm. Sementara transmisinya otomatis dan manual lima-percepatan.

    Pembekalan tersebut membuat konsumsi BBM Suzuki Dzire baru tergolong irit. Bahkan, hanya dengan satu liter bensin, sedan ‘murah’ tersebut bisa dipakai untuk menempuh jarak 25,7 km!

    Suzuki Dzire baru punya kapasitas bahan bakar 37 liter. Maka, dalam kondisi full tank, mobil itu bisa dikendarai sejauh 950 km.

    Namun, perlu dicatat, angka tersebut merupakan hitung-hitungan kasar. Bisa jadi, saat dites di jalanan, angkanya lebih rendah atau lebih tinggi.

    Fitur

    Suzuki Dzire baru. Foto: Doc. Maruti Suzuki.

    Mobil perkotaan tersebut mendapat rating bintang lima saat uji tabrak. Ada beberapa fitur standar yang telah disematkan, yakni enam kantung udara, antilock braking system (ABS) dengan EBD, hill-hold assist, ESP, traction control, reverse parking sensors, rear defogger, seat belt reminder dan lainnya.

    Kemudian fitur lainnya ada layar sentuh hiburan berukuran 9 inch, wireless Android Auto & Apple CarPlay, kamera 360 derajat dan sistem nirkunci pintar. Selain itu, di model baru tersebut juga sudah ada panoramic sunroof yang belum ada di generasi sebelumnya.

    Harga

    LXI Manual – 6.79 Lakh (Rp 126 juta)VXI Manual – 7.79 Lakh (Rp 145 juta)VXI AGS – 8.24 Lakh (Rp 153 juta)VXI CNG – 8.74 Lakh (Rp 163 juta)ZXI Manual – 8.89 Lakh (Rp 166 juta)ZXI AGS – 9.34 Lakh (Rp 174 juta)ZXI CNG – 9.84 Lakh (Rp 183 juta)ZXI+ Manual – 9.69 Lakh (Rp 180 juta)ZXI+ AGS – 10.14 Lakh (Rp 190 juta).

    (sfn/lth)