Jenis Media: Otomotif

  • Ada Shuttle Bus Gratis ke GJAW 2024, Ini Lokasinya

    Ada Shuttle Bus Gratis ke GJAW 2024, Ini Lokasinya

    Jakarta

    Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 akan diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember 2024 di ICE, BSD-City, Tangerang. Pengunjung bisa memanfaatkan shuttle bus gratis untuk menuju lokasi acara. Ini lokasi-lokasinya.

    Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, GJAW 2024 menyediakan fasilitas shuttle bus gratis, khusus untuk pengunjung yang memakai moda transportasi umum seperti Commuter Line, maupun pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan memarkir di area parkir tambahan yang telah disediakan.

    Berikut adalah enam titik lokasi shuttle bus yang bisa digunakan oleh para pengunjung MUF GJAW 2024:

    1. Stasiun Rawa Buntu

    Pengunjung yang menggunakan Commuter Line dapat turun di Stasiun Rawa Buntu dan langsung melanjutkan perjalanan ke lokasi pameran menggunakan shuttle bus gratis. Shuttle bus ini mulai beroperasi pukul 10.00 WIB setiap hari, dengan keberangkatan setiap 30 menit, sehingga memudahkan pengunjung yang datang dari berbagai wilayah Jabodetabek.

    2. Edutown 2

    Terletak di Jalan BSD Raya Utama, dekat dengan kampus Prasetya Mulya BSD, area ini menjadi pilihan parkir yang aman bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Shuttle bus gratis dari Edutown 2 mulai beroperasi pukul 10.00 WIB, dengan jadwal keberangkatan setiap 15 menit sekali, memastikan pengunjung dapat tiba di area pameran dengan cepat dan nyaman.

    3. AEON Mall BSD

    Bagi pengunjung yang ingin berbelanja atau sekadar bersantai sebelum mengunjungi pameran, parkir di AEON Mall BSD dapat jadi pilihan yang tepat. Area ini menyediakan shuttle bus gratis menuju MUF GJAW 2024, dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 10.00 WIB dan beroperasi setiap 30 menit sekali.

    4. The Breeze

    Pengunjung juga dapat memanfaatkan area parkir di The Breeze, yang berdekatan dengan venue pameran. Shuttle bus gratis dari lokasi ini mulai beroperasi pukul 10.00 WIB dan memiliki jadwal keberangkatan setiap 30 menit sekali, memudahkan akses menuju GJAW 2024 dengan nyaman.

    5. Pasar Modern Intermoda BSD

    Untuk opsi parkir tambahan lainnya, Pasar Modern Intermoda BSD yang terletak di Jalan Raya Serpong menyediakan shuttle bus gratis bagi para pengunjung. Shuttle bus ini mulai beroperasi pukul 10.00 WIB setiap hari dengan keberangkatan setiap 30 menit, memberikan kemudahan bagi pengunjung yang mencari area parkir alternatif.

    GJAW 2024 menghadirkan lebih dari 80 peserta, termasuk 27 merek kendaraan penumpang dan 12 merek sepeda motor, serta lebih dari 40 industri pendukung. Pengunjung dapat menikmati berbagai produk otomotif terkini serta hiburan yang inovatif. Seluruh rangkaian acara ini dirancang untuk memberikan pengalaman pameran yang menarik dan tidak akan ditemui di pameran lain.

    Segala keseruan yang akan dihadirkan di GJAW 2024 menjadikannya agenda wajib bagi para pecinta otomotif. Para pengunjung dapat membeli tiket secara online pada aplikasi Auto360 dengan harga tiket weekdays Rp 40.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.

    (lua/riar)

  • Malaysia Mau Rakit Lokal Juga, Bagaimana Peluang Ekspor Jetour dari Indonesia?

    Malaysia Mau Rakit Lokal Juga, Bagaimana Peluang Ekspor Jetour dari Indonesia?

    Jakarta

    Jetour menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar yang modelnya dirakit secara lokal. Bagaimana peluang ekspornya?

    Jetour mulai merakit SUV Dashing dan Jetour X70 Plus untuk pasar lokal di Bekasi, yang fasilitasnya dimiliki oleh PT Handal Indonesia Motor (HIM).

    Pabrikan China ini ingin memperlebar pasar di Indonesia. Namun diharapkan produksi mobil Indonesia bukan cuma pemenuhan pasar domestik. Seperti diketahui untuk pasar ASEAN, Jetour juga berencana completely knocked down (CKD) di Malaysia.

    Kevin Xu Haifeng, Vice President Jetour International mengungkapkan potensi ekspor mobil Jetour rakitan Indonesia.

    “Itu (ekspor) merupakan kesempatan yang bagus untuk memperbesar volume ke negara lain. Ya itu memungkinkan untuk ekspor ke negara lain, jika biaya (hitung-hitungan bisnis) sesuai untuk area lain,” kata Kevin Xu Haifeng, Vice President Jetour International di Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    Alasan potensi pasar Indonesia juga menjadi pertimbangan Jetour merebut hati masyarakat Indonesia.

    Dengan data penjualan yang bisa tembus satu juta unit per tahun, tertinggi di kawasan ASEAN, pasar otomotif Indonesia masih menggiurkan hingga akhirnya Jetour pakai strategi yang sama dengan induknya, Chery Group, yakni merakit dengan mitra lokal.

    “Indonesia merupakan pasar yang besar di area ini (ASEAN). Tentunya untuk pabrikan mobil akan melihat ke depan tentang pasar ini,” kata Vice President Jetour Auto, Ke Chuandeng di Senayan Park, Jakarta, (15/11/2024).

    “Setiap tahun penjualannya satu juta per unit. Ini benar-benar pasar yang penting.”

    “Kami memilih Indonesia, karena di masa depan mungkin saja kita bisa menjangkau (negara) tetangga.”

    “Kedua, berdasarkan filosofi kami. Kita tidak hanya ingin menjual mobil, kami ingin memberikan kontribusi sesuatu, untuk ekonomi dalam negeri, untuk konsumen kami, teknologi baru untuk perakitan, termasuk penggunaan konten lokal,” jelasnya lagi.

    Sepanjang Januari-Oktober 2024, Jetour sudah menjual 439 ribu unit di dunia. Ini menjadi catatan rekor tersendiri bagi Jetour.

    Secara global, Jetour mengklaim menjual lebih dari 1,4 juta unit kendaraan di seluruh dunia. Prestasi ini bikin Jetour menjadi produsen SUV dengan perkembangan paling pesat di China.

    “Travel Plus merupakan strategi jangka panjang kami untuk berkembang. Produk kami diminati oleh konsumen mancanegara karena produk berkualitas untuk memenuhi gaya hidup,” kata Ke Chuandeng.

    (riar/lua)

  • Tak Mau Ulangi Kesalahan, Ini Langkah Strategis Geely di Indonesia

    Tak Mau Ulangi Kesalahan, Ini Langkah Strategis Geely di Indonesia

    Jakarta

    Produsen mobil asal China Geely pastikan akan kembali hadir di Indonesia pada semester pertama 2025. Geely memang bukan kali pertama hadir di Indonesia, sebelumnya produsen mobil asal Negeri Panda tersebut telah merasakan kerasnya persaingan industri otomotif Indonesia pada 2011, dan harus mengakhiri perjalanan mereka pada 2017 lalu.

    Kini lembar baru telah dibuka, Geely menyatakan siap bersaing kembali di Indonesia dengan line-up terbaru, dan memastikan akan mengandalkan varian SUV listrik mereka sebagai langkah pertama comeback ke Indonesia.

    Tidak cukup hanya mengandalkan produk terbaik, Geely tahu betul apa yang harus dilakukan untuk bisa menyembuhkan luka lama para pecinta otomotif Indonesia setelah 2017 Geely hengkang dari tanah-air. Seperti yang disampaikan Vice President of Geely Auto, Michael Song, di China.

    Lelaki yang kerap disapa Song ini menegaskan akan lebih berhati-hati setelah pengalaman kurang berhasil bertahan di pasar Indonesia sebelumnya.

    “Pasar otomotif Indonesia mencapai penjualan tahunan sebesar satu juta unit, membuatnya menjadi pasar yang sangat besar secara global. Untuk Geely, Indonesia merupakan pasar strategis yang sangat penting,” kata Michael Song kepada pewarta termasuk detikOto di Ningbo International Circuit, China, pada pekan ini.

    “Kami harus mempunyai pengetahuan lebih mendalam pada permintaan konsumen saat ini, dan pengembangan untuk tren masa depan agar bisa merumuskan serangkaian langkah strategis kami termasuk produk, lokalisasi, dan saluran. Untuk tujuan ini, kami sudah mendirikan perusahaan penjualan lokal di Indonesia dan mengatur matriks produk dan membangun sistem komplet.”

    Ilustrasi Pabrik Geely. Foto: Zejiang.

    Dengan dukungan pemerintah Indonesia untuk keberlangsungan kendaraan dengan energi terbarukan, lanjut Song, Indonesia menjadi negara yang menarik bagi brand global untuk ikut bersaing di dalamnya.

    “Pemerintah lokal juga sudah menetapkan tujuan pengembangan untuk masa depan kendaraan energi baru, dengan harapan mencapai penjualan 350 ribu kendaraan sampai 2030, yang mencakup dari sepertiga pangsa pasar, yang sangat penting dan merupakan informasi yang sangat penting dan menggembirakan buat Geely. Pasar ini penting bagi semua brand atau pabrikan. Untuk Geely, kami bisa masuk ke pasar dengan hati-hati dan mantap, menyediakan produk berkualitas tinggi dan layanan bernilai tinggi untuk konsumen,” Song menambahkan.

    Song pun tidak memungkiri, segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) elektrifikasi menjadi salah satu segmen yang harus dipertimbangkan Geely untuk bisa berhasil di pasar Indonesia.

    “Kami sekarang melihat bahwa MPV dan model lain mempunyai volume besar di pasar Indonesia, dan pasar SUV segmen B dan segmen C berkembang. Kami bisa melihat tren yang paling jelas adalah pertumbuhan pasar kendaraan energi baru.”

    Pada tahun pertama comeback ke Indonesia, Geely akan membuka 10 dealer. PT Geely Auto Indonesia menegaskan bahwa semua dealer itu akan masih ada di Pulau Jawa saja.

    (cas/lth)

  • Pelajaran dari Kasus Sopir Xpander Nyetir Sambil Dioral Seks Berujung Tabrak Lari

    Pelajaran dari Kasus Sopir Xpander Nyetir Sambil Dioral Seks Berujung Tabrak Lari

    Jakarta

    Sopir Xpander, MAT (20) tersangka menabrak pria (45) di di Jalan Padjajaran atau Ring Road Utara, Sleman, Kamis (14/11) lalu. Penyebab kecelakaan itu diduga gara-gara MAT melakukan kegiatan multitasking di dalam mobil sehingga kurang berkonsentrasi.

    Kasat Lantas Polresta Sleman AKP Fikri Kurniawan mengatakan, sebelum terjadi kecelakaan MAT mengendarai mobil Xpander bersama teman wanitanya inisial N. Keduanya, awalnya melaju dari Jombor ke arah timur melalui jalur lambat.

    “MAT ini menggunakan kendaraan Xpander, dari Jalan Magelang ke utara (kemudian) melalui putaran Jombor (menuju) ke arah timur mengarahkan ke jalur lambat. Di sini Tersangka MAT bersama rekannya inisial N,” kata Kasat Lantas Polresta Sleman AKP Fikri Kurniawan dilansir detikJogja, Sabtu (16/11/2024).

    “Di dalam (mobil) itu melakukan yaitu oral seks dimana itu mengganggu konsentrasi daripada pengemudi yang dilakukan dari Jombor hingga sebelum perempatan UPN itu dilakukan sepanjang jalan itu,” ujarnya.

    Parahnya lagi, tersangka mengemudikan mobil sedang dalam pengaruh minuman beralkohol. MAT setelah menabrak terus maju dan tidak menolong korban.

    “Kita habis minum alkohol, terus dari arah ini kita putar balik ke arah flyover. Terus sebelum flyover si N ini buka resleting saya. Nggak sadar (nabrak orang). Nggak tahu (kalau nabrak orang) di pikiran saya itu nabrak tiang atau trotoar,” ucap MAT.

    Kini MAT yang berstatus sebagai mahasiswa terancam jeratan pasal berlapis yakni Pasal 310 ayat 4 dan Pasal 312 UU No 20 tahun 2009.

    Dari kecelakaan tersebut, penting untuk senantiasa menjaga konsentrasi saat berkendara.

    Imbauan untuk tetap berkonsentrasi saat berkendara juga diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 1.

    “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi,” begitu bunyi pasal tersebut.

    Selain melanggar aturan, mengemudi di bawah pengaruh alkohol sangat membahayakan. Bukan hanya diri sendiri, pengguna jalan lain juga bisa terkena imbasnya. Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menyebut berkendara di bawah pengaruh alkohol hanya tinggal menunggu waktu celaka.

    Tampang pelaku tabrak lari, mahasiswa berinisial MAT yang menewaskan pejalan kaki bernama Santoso (45) warga Ngaglik, Kamis (14/11/2024) Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJogja

    “Mudahnya seperti orang bermimpi, jangankan mengemudi aktivitas sekecil apapun tidak dapat dilakukan dengan normal. Ketika dalam kondisi mabuk dan mengemudi maka kendaraan tersebut dikuasai oleh orang yang berbahaya, arah, kecepatan kendaraan tidak jelas, kecelakaan hanya tunggu waktu,” ungkap Sony saat dihubungi detikOto.

    Saat tengah berkendara, kehilangan konsentrasi dan fokus sangat mungkin terjadi karena beberapa faktor. Tidak sedikit juga kehilangan konsentrasi saat berkendara berujung kecelakaan seperti yang terjadi dalam kasus kali ini. Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu juga pernah mengingatkan saat berkendara pengemudi dilarang melakukan kegiatan lain karena membahayakan.

    “Undang-undang di sini (aturan pemerintah-Red) merupakan salah satu acuan atau petunjuk keselamatan dan edukasi untuk pengendara. Oleh sebab itu pengendara harus konsentrasi saat mengemudi, dan di luar mengemudi atau pengendara yang multitasking (melakukan kegiatan lain saat berkendara-red) itu sangat sulit diwujudkan,” kata Jusri beberapa waktu lalu.

    (riar/lua)

  • Puluhan Kia Carens dan Fiat Punto Dilelang Bea Cukai, Mulai Rp 41 Jutaan

    Puluhan Kia Carens dan Fiat Punto Dilelang Bea Cukai, Mulai Rp 41 Jutaan

    Jakarta

    Puluhan unit Kia Carens dan Fiat Punto bakal dilelang Bea Cukai Priok dan KPNKL Jakarta II. Lelang ini rencananya dilaksanakan pada Senin, 18 November 2024. Mobil-mobil tersebut dilelang dengan harga penawaran mulai Rp 41 jutaan.

    Seperti dilihat detikOto di Instagram @beacukairi, total sebanyak 10 unit Kia Carens dan 40 unit Fiat Punto akan dilelang. Kia Carens akan ditawarkan dengan nilai limit mulai Rp 52.711.000 dan uang jaminan sebesar Rp 26.000.000. Sementara Fiat Punto ditawarkan dengan nilai limit mulai Rp 41.333.000 dan uang jaminan Rp 20.000.000.

    Bagi Anda yang berminat mengikuti lelang ini, bisa mengikuti prosedurnya. Lelang akan dilaksanakan pada Senin, 18 November 2024 secara open bidding di www.lelang.go.id yang bertempat di PT Balai Lelang Rajawali Karya, Koja, Jakarta Utara.

    Sementara open house lelang untuk pengecekan unit dibuka mulai tanggal 13 sampai 15 November 2024 pukul 09.00 s.d 15.00 WIB di TPP PT Multi Sejarah Abadi Jl. Cakung Cilincing Pal II, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

    Sebagai informasi, unit mobil yang dilelang tersebut bersifat Barang Tidak Dikuasai (BTD) yang sudah lama tertahan Bea Cukai. Mobil impor tersebut dilelang murah, dengan pilihan warna hitam, putih dan merah.

    Dari amatan, unit Kia Carens yang ditawarkan merupakan Kia Carens generasi ketiga yang diproduksi pada rentang 2013-2016. Mobil ini ditenagai mesin GDI empat silinder, 2.000 cc, yang bisa menghasilkan tenaga 164 dk dan torsi 213 Nm.

    Sementara Fiat Punto merupakan mobil kecil buatan Italia yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi model barunya. Tak diketahui pasti detail spesifikasi Fiat Punto yang bakal dilelang Bea Cukai Priok dan KPNKL Jakarta II tersebut. Namun yang pasti, di negara asalnya mobil ini ditawarkan dengan banyaknya pilihan mesin, ada yang 1.100 cc, 1.200 cc, 1.400 cc, bahkan 1.800 cc.

    [Gambas:Instagram]

    (lua/riar)

  • Pasar Mobil Menantang, Harga Mobil Makin Mahal

    Pasar Mobil Menantang, Harga Mobil Makin Mahal

    Jakarta

    Tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan naik menjadi 12 persen dari sebelumnya 11 persen mulai 1 Januari 2025. Kebijakan ini bakal berdampak ke pasar otomotif Indonesia, harga jual kendaraan bermotor bakal naik.

    “Ya, pasti menaikkan harga, ya. Tapi kalo soal market mungkin problem-nya musti di Gaikindo ya. Tapi paling tidak (imbas kenaikan PPN) menambah pricing, menambah harga jual ya, pasti dari 11 persen ke 12 persen pasti nambah ya,” kata Chief Marketing dan Sales Officer Astra Credit Companies (ACC) Tan Chian Hok (Ahok) di Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    Sebagai informasi, pasar mobil Indonesia pada tahun 2024 mengalami penurunan. Gaikindo sudah merevisi target penjualan mereka di tahun 2024 ini, dari awalnya 1,1 juta unit, menjadi sekitar 850 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia tengah lesu. Penurunannya pun cukup signifikan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2024 baru terjual 633.218 unit atau turun 16,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

    “Kalau daya beli, kita bicara ekonomi mikro dan makro ya, itu kan tergantung kucuran dari dana pemerintah ya. Mestinya sih ya kita optimis lah daya beli akan meningkat, karena tahun politiknya kan udah lewat,” kata Ahok.

    “Memang market-nya lebih challenge ya, pilihan mobil dan sebagainya lebih challenge. Kemudian, kita tahu sepanjang tahun dari awal tahun kan ada banyak kegiatan-kegiatan pemilu lah, pilkada, dan sebagainya. Tapi mungkin mestinya kita sih optimis aja, tahun 2025 akan comeback lah,” tambahnya lagi.

    Diberitakan detikcom sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut aturan itu tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

    “Jadi kami di sini sudah membahas bersama bapak ibu sekalian (DPR), sudah ada UU-nya, kami perlu menyiapkan agar itu bisa dijalankan, tapi dengan penjelasan yang baik sehingga kami tetap bisa,” kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (13/11/2024)

    Sri Mulyani menyebut penerapan PPN 12 persen mulai 2025 itu sudah melalui pembahasan yang panjang dengan DPR RI. Semua indikator sudah dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan, salah satunya terkait kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    “Bukannya membabi buta, tapi APBN memang tetap harus dijaga kesehatan-nya, Namun pada saat yang lain APBN itu harus berfungsi dan mampu merespons seperti saat episode global financial crisis, waktu terjadinya pandemi (COVID-19) itu kami gunakan APBN,” ucapnya.

    Di tengah perdebatan terkait kenaikan PPN 12 persen, Sri Mulyani mengingatkan bahwa banyak keringanan atau pembebasan pajak yang diberikan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat agar tidak tertekan.

    “Sebetulnya ada loh dan memang banyak, kalau kita hitung, nanti teman-teman pajak yang hitung, banyak sekali bisa sampaikan detail tentang fasilitas untuk dinolkan atau dibebaskan, atau mendapatkan tarif lebih rendah 5 persen, 7 persen itu ada dalam aturan tersebut,” jelasnya.

    (riar/lua)

  • Ini Strategi Martin Kunci Gelar Juara MotoGP 2024

    Ini Strategi Martin Kunci Gelar Juara MotoGP 2024

    Jakarta

    Jorge Martin menyiapkan strategi khusus untuk mengunci gelar juara MotoGP 2024. Malam ini (17/11) Martin akan menghadapi balap pamungkas MotoGP 2024 di Sirkuit Catalunya, Barcelona.

    Martin sebenarnya bisa meraih gelar juara MotoGP 2024 kemarin malam (16/11). Tapi Martin tak bisa menjuarai sprint race dan hanya finis di urutan ketiga. Meski begitu, peluang Martin untuk menjuarai MotoGP 2024 tetap besar. Seperti apa strategi Martin untuk balap utama nanti malam?

    “Menurut saya, strateginya harus sama, yaitu mencoba naik podium,” ujar Martin dikutip dari Crash. Selain itu, Martin juga harus tetap berkonsentrasi penuh dan berusaha tidak mengambil risiko tinggi saat balapan. “Saya perlu mengendalikan risiko lebih banyak dan tetap berkonsentrasi penuh,” bilang Martin.

    “Jadi ini targetnya, konsentrasi, enjoy, dan pastinya kalau terjadi apa-apa di lap terakhir (seperti di balap sprint), saya harus bisa mengendalikan risiko dan tak ikut terlibat pertarungan. Saya akan melakukan apapun untuk meraih gelar (juara dunia) ini,” tambah Martin.

    Diketahui perebutan juara dunia ditentukan di balapan utama MotoGP Barcelona 2024 malam ini. Martin yang unggul 19 poin dari Bagnaia hanya butuh 7 poin tambahan buat mengunci gelar juara MotoGP 2024. Artinya, Martin hanya butuh finis di posisi kesembilan nanti malam.

    Tentunya Bagnaia juga masih memiliki peluang buat memperebutkan gelar juara tahun ini. Syaratnya, Bagnaia harus tetap mempertahankan intensitas balapan dan bertarung mati-matian buat finis pertama di balap utama MotoGP Barcelona 2024 nanti malam.

    Tapi sayangnya, Bagnaia tidak bisa menentukan nasibnya sendiri, yang artinya Bagnaia harus ‘dibantu’ hasil yang diraih Martin. Martin harus finis di luar posisi 10 besar, jika Bagnaia ingin menjuarai MotoGP untuk ketiga kalinya.

    (lua/riar)

  • Jadwal MotoGP Barcelona 2024 Malam Ini

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024 Malam Ini

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024 bisa Anda simak di sini. Malam ini akan diselenggarakan balap utama dari berbagai kelas, mulai Moto3, Moto2, dan ditutup dengan MotoGP. Ini informasi lengkapnya.

    MotoGP Barcelona menjadi seri pamungkas MotoGP 2024. Sirkuit Catalunya, Barcelona, dipilih sebagai pengganti Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, yang gagal menggelar balap, usai wilayah tersebut dilanda banjir besar. Catalunya dipilih sebagai alternatif lantaran lokasinya berdekatan dengan Valencia.

    Musim ini Catalunya menggelar balap MotoGP sebanyak dua kali. Sebelumnya Sirkuit Catalunya menggelar balap MotoGP 2024 pada bulan Mei lalu, dengan Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang, diikuti Jorge Martin, dan Marc Marquez.

    Sesi sprint race MotoGP Barcelona 2024 sudah digelar kemarin malam (16/11), di mana Bagnaia finis pertama, disusul Enea Bastianini, dan Jorge Martin. Kemenangan Bagnaia menunda pesta juara dunia Martin.

    Ya, Martin seharusnya bisa mengunci gelar juara MotoGP 2024 andai dia bisa menjuarai sprint race tadi malam. Tapi balapan berlangsung ketat. Bagnaia tak pantang menyerah dan tampil konsisten di posisi terdepan. Martin sempat mengancam, namun dia memilih bermain aman. Malah Martin disalip Bastianini di lap terakhir.

    Perebutan juara pun ditentukan di balapan utama MotoGP Barcelona 2024 malam ini. Martin yang unggul 19 poin dari Bagnaia, hanya butuh 7 poin tambahan untuk mengunci gelar juara MotoGP 2024. Artinya, Martin hanya butuh finis di posisi kesembilan nanti malam.

    Tentunya Bagnaia juga masih memiliki peluang buat memperebutkan gelar juara tahun ini. Syaratnya, Bagnaia harus tetap mempertahankan intensitas balapan dan bertarung mati-matian buat finis pertama di balap MotoGP Barcelona 2024 nanti malam. Tapi sayangnya Bagnaia tidak bisa menentukan nasibnya sendiri, yang artinya Bagnaia harus ‘dibantu’ hasil yang diraih Martin. Martin harus finis di luar posisi 10 besar, jika Bagnaia ingin menjuarai MotoGP untuk ketiga kalinya.

    Jadwal MotoGP Barcelona 2024

    1. 17:00 WIB: Moto3 (18 lap)

    2. 18:15 WIB: Moto2 (21 lap)

    3. 20:00 WIB: MotoGP (24 lap)

    (lua/riar)

  • Dibuat Pusing Gegara Bensin Bercampur Minyak Tanah

    Dibuat Pusing Gegara Bensin Bercampur Minyak Tanah

    Jakarta

    Former Technician of Indonesia Presidential Vehicle Jongkie Sugiarto memiliki banyak kisah menarik selama menjalani profesi sebagai montir mobil kepresidenan Indonesia. Jongkie mengaku pernah dibikin pusing gara-gara ada mobil yang menggunakan bahan bakar bensin bercampur minyak tanah.

    “Waktu itu (zaman Presiden Soeharto) ada kedatangan Presiden India. Maka kita persiapan di Bina Graha (kompleks Istana Kepresidenan). Saya diminta memberangkatkan mobil yang untuk nanti kepulangan dari Halim, Bapak Presiden,” cerita Jongkie di Wisma Habibie & Ainun, Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    Saat itu mobil yang disiapkan Jongkie adalah Mercedes-Benz S 600. Saat dirinya sedang melakukan inspeksi terhadap mobil tersebut, Jongkie merasakan keanehan lantaran tercium bau minyak tanah di sekitar mobil.

    “Hidupkan mesin, AC on, coba dites, kenapa bau minyak tanah? Matilah ini. Ternyata bensinnya kecampur minyak tanah,” tambah Jongkie. Jongkie bilang tidak tahu apakah ada kesalahan prosedur saat mengisi bensin atau stasiun pengisian bensinnya yang ‘nakal’. Tapi yang pasti, Jongkie harus segera mengatasi masalah itu.

    “Jadi saya paksa buka dari bawah, keluarin semuanya, beli bensin yang baru. Saat itu namanya masih Super kalau nggak salah. Kita isi di pompa bensin darah Tanah Abang,” ungkap Jongkie. Tak lama setelah itu, stasiun pengisian bensin di daerah Kali Kuning yang diduga salah mengisi bensin itu pun ditutup.

    Lanjut Jongkie menambahkan, petugas Paspampres sempat bertanya kepada Jongkie, apakah yang bakal terjadi jika mobil tersebut berjalan dengan kondisi bensin bercampur minyak tanah? Jongkie bilang sulit memperkirakannya, karena dia tidak tahu kadar minyak tanah yang tercampur.

    “Paspampres tanya ke saya. Kalau itu nggak ketahuan, mogoknya di mana? Di waktu kosong saat berangkat ke Halim atau saat pulang. Udah ada isinya kan kalau perjalanan pulang, ada Presiden Soeharto, udah ada tamu negara. Dan kira-kira di mana (mogoknya)? Di Semanggi kah, di Cawang kah, di Halim kah? Kita nggak tahu, karena kadar minyak tanahnya kan kita nggak tahu juga,” terang Jongkie.

    (lua/riar)

  • Syarat Martin atau Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2024

    Syarat Martin atau Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2024

    Jakarta

    Penentuan juara MotoGP 2024 harus dituntaskan hingga laga terakhir di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (17/11/2024). Peluang Jorge Martin jadi juara dunia lebih besar daripada Francesco Bagnaia. Berikut ini skenarionya!

    Bagnaia memangkas poin dari Martin usai menang dalam sprint race MotoGP Barcelona. Martin yang finis ketiga masih punya keunggulan 19 poin atas Bagnaia, masih ada 25 poin maksimal yang bisa diperebutkan.

    Skenario Martin bisa juara dunia:

    – Martin hanya perlu finis di sembilan besar balapan untuk bisa mengunci gelar juara dunia. Meskipun Bagnaia memenangkan balapan.
    – Martin finis 14 besar, meskipun Bagnaia keluar sebagai runner-up

    Skenario Bagnaia bisa juara dunia

    – Bagnaia harus menang balapan atau posisi pertama, dan berharap Martin finis di urutan ke-10 atau lebih rendah.
    – Bagnaia finis runner up, Martin menyelesaikan balapan di posisi 15 atau lebih buruk lagi

    Bagnaia, setidaknya memulai dari posisi terdepan. Martin berada di urutan keempat di starting grid. Bagnaia berhasil mengubah pole sitter menjadi kemenangan dalam balapan sprint hari Sabtu, sementara Martin finis di urutan ketiga. Martin sempat diganggu oleh Bastianini, keduanya sedang berebut tempat runner up.

    Sejatinya Martin cukup bermain aman untuk bisa mengamankan gelar. Dengan minimal finis kesembilan atau mendapat tambahan tujuh poin bakal membuat pebalap Spanyol itu mengumpulkan nilai 499, angka yang tak mungkin diraih Bagnaia meskipun berhasil finis pertama.

    Namun bila poin akhir yang dikumpulkan Bagnaia sama besar dengan Martin, maka Bagnaia akan menjadi pemenangnya. Kok bisa? Alasannya, Bagnaia mencatat kemenangan di balapan utama lebih banyak ketimbang Martin. Bagnaia diketahui memenangi 10 seri dari total 20 seri digelar. Sementara Martin tercatat baru memenangi 3 seri balapan utama.

    Siapa pemenang MotoGP musim ini ditentukan dalam balapan utama MotoGP Barcelona, Minggu (17/11/2024) mulai pukul 20.00 WIB.

    (riar/lua)