Jenis Media: Otomotif

  • Polisi Ungkap Kombinasi Faktor Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipularang

    Polisi Ungkap Kombinasi Faktor Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipularang

    Jakarta

    Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengungkap beberapa faktor penyebab kecelakaan maut di Tol Cipularang pekan kemarin. Beberapa faktor penyebab kecelakaan ini terbukti dalam kasus kecelakaan di Tol Cipularang.

    Diketahui, kecelakaan maut terjadi di KM 92 Tol Cipularang arah Jakarta. Kecelakaan diduga dipicu truk yang mengalami rem blong, kemudian menabrak belasan kendaraan di depannya.

    Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Aries Syahbudin, menyampaikan, kecelakaan itu terjadi karena kombinasi beberapa faktor. Faktor penyebab kecelakaan antara lain kendaraan, jalan maupun lingkungan, serta faktor manusia.

    “Kalau kita lihat fakta-fakta yang ada di lapangan, itu semua faktor itu hampir semuanya memenuhi,” kata Aries dalam video yang diunggah Instagram Korlantas Polri.

    Dari faktor manusianya, Aries mengatakan mungkin sopir tidak mengetahui kontur jalan yang ada. Dari faktor kendaraan, ditemukan juga pelanggaran.

    “Dari kendaraan sendiri tadi kita temukan beberapa fakta memang terjadi pelanggaran juga, kemudian dari faktor jalannya itu sendiri dan apalagi pada saat itu situasi hujan, di depannya ada perbaikan jalan. Jadi faktor-faktor ini memenuhi hingga terjadilah kecelakaan,” jelasnya.

    Lokasi kecelakaan maut itu terjadi di jalan turunan panjang. Turunan di sana, menurut Aries, jaraknya cukup jauh, mencapai 7 km. Maka dari itu, pengemudi harus paham bagaimana cara mengendalikan kecepatan. Salah satu tekniknya adalah dengan memanfaatkan engine brake.

    “Bahasa mudahnya gunakan gigi rendah pada saat melintasi jalan turunan yang cukup panjang. Sehingga fungsi pengereman itu dilakukan oleh mesin bukan oleh servis rem (rem kaki) yang apabila dilaksanakan terus-menerus maka akan menimbulkan panas dan mengurangi fungsi rem itu sendiri,” pungkasnya.

    (rgr/dry)

  • Thailand Seri Pembuka, Mandalika Kebagian Bulan Oktober

    Thailand Seri Pembuka, Mandalika Kebagian Bulan Oktober

    Jakarta

    Dorna Sports telah merilis kalender balapan untuk tahun 2025. Pada MotoGP 2025, Sirkuit Buriram, Thailand, menjadi seri pembuka. Sementara itu Sirkuit Mandalika Lombok akan menggelar balapan pada bulan Oktober.

    MotoGP 2025 rencananya diselenggarakan sebanyak 22 seri, dengan 1 seri cadangan, yakni seri MotoGP India. MotoGP Thailand yang biasanya menyelenggarakan balapan di akhir tahun, pada 2025 akan menjadi seri pembuka. MotoGP Thailand berlangsung pada 28 Februari hingga 2 Maret.

    MotoGP Thailand jadi seri pembuka MotoGP 2025 Foto: Doc. MotoGP.

    Pada MotoGP 2025, ada dua nama sirkuit yang kembali menggelar MotoGP, yakni Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina dan Sirkuit Brno Ceko. Pada musim 2024, Argentina batal menggelar balapan lantaran faktor krisis ekonomi di negara Amerika Latin tersebut.

    Sementara itu MotoGP Ceko sudah empat tahun absen menggelar balapan. Sirkuit Brno terakhir kali menggelar balap pada tahun 2020. Selanjutnya pada tahun 2021 hingga tahun 2024, sirkuit tersebut ‘libur’ menggelar balapan lantaran mengalami krisis finansial.

    Selain Termas de Rio Hondo dan Brno, Sirkuit Balaton Park di Hungaria juga menjadi tuan rumah baru di MotoGP 2025. Sirkuit Balaton Park pernah menggelar balapan tahun 1990-an dan baru kembali menggelar balapan pada tahun depan. Sirkuit ini pun telah direnovasi untuk memenuhi homologasi FIM dan Dorna.

    Sedangkan MotoGP Mandalika 2025 akan diselenggarakan pada bulan Oktober, bersama dengan MotoGP Australia dan MotoGP Malaysia yang juga diselenggarakan pada bulan ke-10 itu.

    Kalender MotoGP 2025

    1. MotoGP Thailand (Buriram): 28 Februari-2 Maret
    2. MotoGP Argentina (Termas de Rio Hondo): 14 Maret-16 Maret
    3. MotoGP Amerika (COTA): 28 Maret-30 Maret
    4. MotoGP Qatar (Lusail): 11 April-13 April
    5. MotoGP Spanyol (Jerez): 25 April-27 April
    6. MotoGP Prancis (Le Mans): 9 Mei-11 Mei
    7. MotoGP Inggris (Silverstone): 23 Mei-25 Mei
    8. MotoGP Aragon (MotorLand): 6 Juni-8 Juni
    9. MotoGP Italia (Mugello): 20 Juni-22 Juni
    10. MotoGP Belanda (Assen): 27 Juni-29 Juni
    11. MotoGP Jerman (Sachsenring): 11 Juli-13 Juli
    12. MotoGP Ceko (Brno): 18 Juli-20 Juli
    13. MotoGP Austria (Red Bull Ring): 15 Agustus-17 Agustus
    14. MotoGP Hungaria (Balaton Park): 22 Agustus-24 Agustus
    15. MotoGP Catalunya (Barcelona): 5 September-7 September
    16. MotoGP San Marino (Misano): 12 September-14 September
    17. MotoGP Jepang (Motegi): 26 September-28 September
    18. MotoGP Indonesia (Mandalika): 3 Oktober-5 Oktober
    19. MotoGP Australia (Phillip Island): 17 Oktober-19 Oktober
    20. MotoGP Malaysia (Sepang): 24 Oktober-26 Oktober
    21. MotoGP Portugal (Portimao): 7 November-9 November
    22. MotoGP Valencia (Ricardo Tormo): 14 November-16 November

    Cadangan: MotoGP India (Buddh)

    (lua/rgr)

  • Kijang Innova Mobil Terlaris, Nggak Disangka Tipe Ini yang Paling Banyak Diburu

    Kijang Innova Mobil Terlaris, Nggak Disangka Tipe Ini yang Paling Banyak Diburu

    Jakarta

    Kijang Innova masih mempertahankan takhtanya di jajaran mobil terlaris Indonesia. Tapi dari seluruh model Innova, rupanya Innova tipe Reborn Diesel paling banyak diburu.

    Posisi Kijang Innova di daftar mobil terlaris belum bisa digeser model lain. Terbukti pada Oktober 2024, Kijang Innova masih jadi mobil yang paling banyak diburu orang Indonesia. Berdasarkan data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Kijang Innova yang terdiri dari model Reborn dan Zenix sebanyak 5.693 unit.

    Jika dipisahkan untuk masing-masing model, Innova Zenix tercatat masih lebih laris. Distribusi Innova Zenix sepanjang bulan kesepuluh itu mencapai 3.248 unit sementara Innova Reborn 2.445 unit. Menariknya, kalau dirinci per tipe, model yang distribusinya paling banyak adalah Innova Reborn Diesel.

    Sepanjang Oktober, distribusi Kijang Innova Reborn Diesel matic sebanyak 1.759 unit, paling banyak di keluarga Innova. Terbanyak kedua setelah Innova Diesel Matic adalah Innova Zenix Q HEV CVT TSS Modellista. Untuk periode yang sama, distribusi Kijang Innova Zenix Q HEV Modelista itu mencapai 1.093 unit.

    Pun bila dihitung secara akumulasi dari Januari hingga Oktober, Kijang Innova Reborn Diesel matic unggul jauh. Total selama 10 bulan, sudah ada 13.452 unit Innova Reborn Diesel matic yang dikirim Toyota ke seluruh dealer-dealernya. Sedangkan Innvoa Zenix hybrid tipe termahal distribusinya baru mencapai 8.457 unit.

    Toyota pada Juli 2024 memang mengatakan, Innova Reborn Diesel masih banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Sebab, mobil diesel memang masih memiliki pencintanya tersendiri. Tidak heran kalau Innova Reborn, khususnya versi diesel masih banyak dicari. Toyota juga tak ambil pusing bahwa Innova model lamanya itu justru lebih banyak dicari ketimbang model barunya.

    “Jadi bagi kita tidak ada masalah, sama-sama pengguna Kijang, mereka bisa memilih bisa Reborn, bisa Zenix, atau hybrid, tapi kita cukup yakin orang nanti akan bergeser ke Zenix, tapi saat ini yang Reborn masih cukup tinggi,” ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

    Saat ini, Toyota memang masih menjual Innova Reborn versi bensin dan diesel. Keduanya terbatas di tipe G dengan opsi transmisi manual dan otomatis. Meski terhitung sebagai model lama, Toyota juga belum berencana untuk menyudahi produksi Innova Reborn.

    (dry/rgr)

  • Jorge Martin Juara MotoGP, Tim Pabrikan Ducati Menyesal Tak Jadi Rekrut?

    Jorge Martin Juara MotoGP, Tim Pabrikan Ducati Menyesal Tak Jadi Rekrut?

    Jakarta

    Bersama tim satelit Pramac Racing, Jorge Martin membuktikan diri bisa menjuarai balap motor kasta tertinggi, MotoGP. Apakah tim pabrikan Ducati Lenovo menyesal tidak jadi merekrut Martin?

    Tim Ducati Lenovo sejatinya memiliki dua kali kesempatan merekrut Martin, yakni pada 2022 dan 2024. Tapi sayangnya, pada 2022 Ducati Lenovo lebih memilih Bastianini ketimbang Martin. Selanjutnya pada tahun 2024, pabrikan asal Borgo Panigale tersebut menyingkirkan Martin untuk memberi tempat buat Marc Marquez.

    Martin yang kecewa pun akhirnya memilih hengkang ke tim pabrikan, Aprilia Racing. Ya, Martin memang memiliki cita-cita untuk membela tim pabrikan di MotoGP. Saat dia tidak mendapatkan kesempatan itu di Ducati Lenovo, maka Martin tidak ragu-ragu menyeberang ke merek lain, asalkan itu tim pabrikan atau factory team.

    Kini setelah Martin menunjukkan prestasi cemerlang di ujung perjalanan bersama tim satelit Ducati Pramac Racing, apakah bos-bos Ducati menyesali keputusannya yang tak jadi membawa Martin ke tim pabrikan?

    Manajer tim Ducati, Davide Tardozzi, mengatakan, Ducati harus membuat keputusan sulit dengan mengorbankan Martin dan Pramac Racing. Di samping itu, Tardozzi dengan tegas mengatakan bahwa Ducati akan tetap menjadi favorit juara musim depan, meskipun tak ada Martin di paddock mereka.

    “Ducati tahun ini memiliki ‘fabulous four’ karena ada empat pebalap Ducati di posisi pertama, kedua, ketiga, dan keempat di kejuaraan ini,” bilang Tardozzi dalam wawancara dengan Crash.

    “Memang sayangnya, kami terpaksa mengambil beberapa keputusan, membuat beberapa keputusan yang sangat sulit. Dan pada akhirnya kami mengambilnya dan sayangnya Martin dan Enea harus meninggalkan Ducati karena mereka lebih suka motor pabrikan lain,” tambah Tardozzi.

    Kehilangan Martin dan Bastianini, juga tim Pramac Racing yang pindah ke Yamaha musim depan, memang menjadi hal yang memalukan bagi Ducati. Meski begitu, Ducati harus mengambil banyak keputusan. “Kami hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk mereka di masa mendatang,” terangnya lagi.

    “Saya pikir Ducati akan tetap kuat tahun depan, dan saya pikir ini adalah sesuatu yang perlu kami buktikan kepada para penggemar, bahwa kami telah mengambil keputusan yang tepat,” ungkap Tardozzi.

    (lua/rgr)

  • Ngeri! Cerita Pemotor Hampir ‘Lewat’ Terjerat Kawat

    Ngeri! Cerita Pemotor Hampir ‘Lewat’ Terjerat Kawat

    Jakarta

    Seorang pebalap off-road, Taddy Blauziak, curhat ada orang yang tidak senang dengan olahraga motor off-road. Bahkan dia bercerita nyaris mati, jika kawatnya turun sampai ke leher.

    Dalam akun instagramnya, Taddy Blazusiak menderita luka yang dalam di wajahnya. Luka tersebut didapat minggu ini ketika Taddy Blazusiak menuju rute latihan.

    Dia menabrak kawat yang direntangkan di rute pelatihannya. Kawat itu bersentuhan dengan wajahnya, dia menderita luka yang dalam.

    Padahal pebalap motocross 41 tahun itu mengendarai sepeda motor listrik Stark Varg, jadi dia sama sekali tidak membuat suara.

    “Jadi inilah yang terjadi pada saya, saat mengendarai motor trail dalam perjalanan menuju tempat latihan saya pada hari Senin 11.11, saya bertemu dengan kawat yang sengaja digantung oleh seseorang di jalan setapak,” kata Blazusiak dikutip dari akun instagramnya.

    Dia masih bersyukur lantaran perangkap kawat itu tidak mengenai lehernya.

    “Untungnya entah bagaimana saya terkena di sudut keluar dari tikungan sehingga bahu kanan saya dan di antara pelindung dagu, helm saya dan kacamata, jika kawat itu akan melewati bagian dagu ke leher saya, kemungkinan besar saya tidak akan menulis postingan ini,” kata dia.

    [Gambas:Instagram]

    “Semua baik-baik saja di sini, saya dijahit dengan operasi plastik, jadi saya berharap otot-otot wajah dan bekas luka saya akan baik-baik saja. Saya tidak bisa berhenti memikirkan, bagaimana jika saya mengenai langsung di leher saya,” jelasnya lagi.

    Pihak berwenang Polandia telah membuka penyelidikan atas insiden tersebut. Peristiwa tersebut, menurut apa yang telah ditemukan sejauh ini, dilakukan dengan sengaja.

    Dikutip dari quotidianasport, peristiwa kawat yang mencelakai motocross bukan kali pertama terjadi.

    Di Italia pada tahun 2007 Marco Badiali (48 tahun) meninggal dunia, setelah pergi untuk tamasya motocross yang tenang dengan teman-teman di Modena Apennines, dia fatal menabrak kawat berduri setinggi manusia.

    Lalu pada tahun 2011, Manuel Colantuono (19 tahun) dia kehilangan nyawanya dengan cara yang sama: kabel baja berkarat, ditempatkan setinggi manusia, yang disamarkan dengan vegetasi.

    (riar/rgr)

  • Baru Rilis di RI, Jetour Cerita Mulai Dipinang Orang Tajir Timur Tengah

    Baru Rilis di RI, Jetour Cerita Mulai Dipinang Orang Tajir Timur Tengah

    Jakarta

    Jetour menjadi brand baru yang datang ke Indonesia di bawah bendera Chery Holding Group. Namun jauh sebelum datang ke Indonesia, Jetour sudah melanglang buana ke negara Timur Tengah.

    Jetour merupakan brand yang fokus pada kendaraan Sport Utility Vehicles (SUV) urban dan off road. Salah satu negara yang penjualannya bagus bagi Jetour adalah Uni Emirat Arab (UEA).

    Vice President Jetour Auto, Ke Chuandeng membeberkan fenomena yang terjadi di UEA. Tak jarang konsumennya di sana menggunakan pelat nomor cantik.

    “Kami tidak hanya mempertimbangkan kecepatan, bukan hanya kuantitas. Kami juga mempertimbangkan kualitas,” kata Ke Chuandeng di Jakarta Selatan, belum lama ini.

    “Misalnya, untuk kualitas, kami menerima banyak sekali penghargaan di berbagai pasar. Dan juga banyak reputasi yang baik untuk kami.”

    “Misalnya, untuk Timur Tengah, saya berikan satu contoh. Di Timur Tengah, di UEA, di Dubai, ada banyak sekali broker dan ada banyak orang kaya, banyak uang. Jadi di masa lalu, mereka tidak tertarik dengan mobil China. Namun saat ini, mereka menerima dan mengakui Jetour. Jadi misalnya, untuk Jetour di Dubai, banyak sekali pelanggan kaya yang memasang lisensi (pelat nomor) yang sangat mahal. Dan misalnya, nomor satu, nomor 15, nomor 11, nomor 10, nomor 100,” jelas dia.

    Di UEA, Jetour sudah merilis beberapa model antara lain T2, Dashing, X90 Plus, X70 Plus, dan X70 FL.

    Sebagai catatan, Jetour merupakan merek mobil yang usianya masih sangat muda, yakni enam tahun.

    Sepanjang Januari-Oktober 2024, Jetour sudah menjual 439 ribu unit di dunia. Ini menjadi catatan rekor tersendiri bagi Jetour.

    “Pada Oktober 2024, Jetour mencapai catatan sejarah dengan menjual lebih dari 1,4 juta unit secara global dalam waktu 75 bulan,” kata Ke Chuandeng.

    Jetour sudah hadir di lebih dari 62 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk China.

    “Kami menduduki peringkat nomor satu, nomor dua. Misalnya, di Qatar, kami adalah nomor dua di pasar. Dan di Timur Tengah, kami adalah nomor satu di seluruh pasar SUV China. Dan juga di Myanmar dan juga di beberapa negara, kami hampir menduduki peringkat nomor satu. Jadi kami juga memiliki pencapaian yang sangat baik untuk kualitas,” tambah dia.

    Kevin Xu Haifeng, Vice President Jetour International mengatakan langkah pertama Jetour sejauh ini baru menawarkan dua SUV, Dashing dan X70 Plus untuk pasar Indonesia. Selanjutnya dia akan memperkenalkan keluarga T series Jetour.

    “Hari ini kita perkenalkan dua model yang familiar SUV seri termasuk Dashing dan X70 plus. Tahun depan kita akan memperkenalkan T2 dan T1 sebagai SUV off road,” kata Kevin di Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2024).

    (riar/rgr)

  • Penyesalan Bagnaia, Menang Saja Tidak Cukup…

    Penyesalan Bagnaia, Menang Saja Tidak Cukup…

    Jakarta

    Kegagalan juara dunia MotoGP 2024 membuat Francesco Bagnaia menyimpan sesal. Bagnaia merasa tidak cekatan mengambil keputusan terkait penggunaan perangkat baru Ducati di awal-awal seri.

    “Hal yang paling mengganggu pikiran saya adalah terlalu banyak waktu untuk cari tahu tidak memakai swingarm dan fork baru di awal musim,” kata Bagnaia dikutip dari GPone, Senin (18/11/2024).

    Bagnaia tiga kali terjatuh saat balapan utama seri MotoGP Portugal, Emilia Romagna, dan Aragon. Ditambah lima kali terjatuh saat sprint race. Murid Valentino Rossi ini terjatuh sebanyak 8 kali sepanjang musim 2024.

    Memulai awal 2024 Bagnaia memang terlihat begitu superior, dia keluar sebagai pemenang MotoGP Qatar. Namun Bagnaia gagal finis di Portugal, bahkan seri berikutnya melorot di tempat kelima saat MotoGP Amerika Serikat.

    “Saya bisa menang di Qatar, tetapi di Portimao (Portugal) dan Jerez saya tidak secepat biasanya, di Austin juga begitu,” tambahnya lagi.

    Hanya saja Jorge Martin lebih jarang crash ketimbang Bagnaia. Totalnya Martin cuma crash tiga kali, di antaranya dua saat balapan utama di Jerman dan Spanyol, plus satu kali saat sprint race di MotoGP Italia.

    “Jorge lebih konsisten,” kata Bagnaia.

    Sebelas kemenangan balapan utama diraih Francesco Bagnaia sepanjang seri MotoGP 2024. Lebih banyak ketimbang Jorge Martin yang cuma menang di tiga seri.

    Namun soal sprint race, Jorge Martin setara dengan Bagnaia. Tercatat dia tujuh kali memenangkan balapan sprint. Sebagai pembanding, Bagnaia juga menang dengan jumlah yang sama.

    Yang paling pelik bagi Bagnaia adalah terjatuh saat sprint race MotoGP Malaysia. Ini merupakan poin krusial yang sejatinya tidak bisa disia-siakan. Dia gagal finis saat sprint race, namun berhasil keluar sebagai pemenang MotoGP Malaysia 2024.

    “Yang paling sulit diterima adalah saat sprint race Malaysia, saya tidak melakukan kesalahan apa pun,” jelas Bagnaia.

    Kini Bagnaia harus berlapang dada, pasalnya Jorge Martin keluar sebagai juara dunia dengan unggul 10 poin darinya.

    “Saya anggap ini bukan kekalahan, karena saya orang yang mau belajar dari kesalahan, dan saya tahu saya kehilangan gelar ini karena kesalahan sendiri. Bahkan Marquez menang dua gelar MotoGP, setelahnya kalah pada 2015, lalu menang empat lagi berturut-turut,” jelas Bagnaia.

    Hasil Bagnaia MotoGP 2024:

    MotoGP Qatar
    Main Race: P1
    Sprint Race: P4

    MotoGP Portugal
    Main Race: Not Finished
    Sprint Race: P4

    MotoGP Amerika Serikat
    Main Race: P5
    Sprint Race: P8

    MotoGP Spanyol
    Main Race: P1
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Prancis
    Main Race: P3
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Catalunya
    Main Race: P1
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Italia
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Belanda
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Jerman
    Main Race: P1
    Sprint Race: P3

    MotoGP Inggris
    Main Race: P3
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Austria
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Aragon
    Main Race: Not Finished
    Sprint Race: P9

    MotoGP San Marino
    Main Race: P2
    Sprint Race: P2

    MotoGP Emilia Romagna
    Main Race: Not Finished
    Sprint Race: P1

    MotoGP Indonesia
    Main Race: P3
    Sprint Race: P1

    MotoGP Jepang
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    MotoGP Australia
    Main Race: P3
    Sprint Race: P4

    MotoGP Thailand
    Main Race: P1
    Sprint Race: P3

    MotoGP Malaysia
    Main Race: P1
    Sprint Race: Not Finished

    MotoGP Barcelona
    Main Race: P1
    Sprint Race: P1

    (riar/rgr)

  • Penjualan Motor di Indonesia Januari-Oktober Tembus 5,4 Juta Unit

    Penjualan Motor di Indonesia Januari-Oktober Tembus 5,4 Juta Unit

    Jakarta

    Penjualan sepeda motor di Indonesia bulan Januari-Oktober 2024 menembus angka 5,4 juta unit. Capaian tersebut pun semakin dekat dengan target penjualan motor 2024 Indonesia di angka 6,3 juta hingga 6,4 juta unit.

    Mengutip data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada bulan Oktober 2024 industri sepeda motor Indonesia sukses menjual 544.392 unit motor, naik tipis dari penjualan bulan September 2024 yang mencatatkan angka 528.715 unit.

    Kemudian jika diakumulasikan dari Januari hingga Oktober, sepanjang 10 bulan tahun 2024, industri roda dua Indonesia sukses memasarkan motor sebanyak 5.416.888 unit. Angka tersebut naik cukup signifikan dari periode Januari-Oktober tahun 2023 lalu yang mencatatkan angka penjualan 5.237.976 unit.

    Sementara itu dari jenisnya, motor jenis matic makin mendominasi penjualan motor di Tanah Air dengan kontribusi 90,20%, diikuti motor underbone alias bebek dengan porsi 5,41%, dan motor sport di angka kontribusi 4,38%.

    Sekretaris Jenderal AISI, Hari Budianto, optimis penjualan motor di Indonesia tahun ini bisa memenuhi target. “Dari dua bulan tersisa kami yakin antara 6,35 sampai 6,45 juta unit (target penjualan) bisa kami dapat,” kata Hari kepada wartawan di Cikarang, belum lama ini.

    Menurut Hari, penjualan motor di pasar domestik Indonesia tahun ini mengalami pertumbuhan sekitar 3%. Andai target tersebut dapat terwujud, penjualan motor di Indonesia akan mengalami kenaikan dari tahun lalu yang mencatatkan angka penjualan sebanyak 6.236.992 unit.

    Penjualan sepeda motor di Indonesia tahun ini didukung dengan banyaknya peluncuran produk baru, juga banyaknya pameran otomotif yang diselenggarakan seperti pameran IIMS, Pekan Raya Jakarta, GIIAS, IMOS, termasuk pameran GJAW yang akan menjadi penutup pameran otomotif nasional tahun ini.

    (lua/rgr)

  • Insentif EV hingga Hilangkan Lampu Merah

    Insentif EV hingga Hilangkan Lampu Merah

    Jakarta

    Polusi udara di Jakarta masih menjadi-jadi. Calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta memiliki program masing-masing dalam menangani polusi udara di Jakarta.

    Tiga pasangan cagub-cawagub Jakarta menyampaikan programnya masing-masing dalam Debat Ketiga Pilkada Jakarta 2024 semalam. Berikut program-program dari ketiga pasangan cagub-cawagub Jakarta untuk menangani polusi udara di Jakarta.

    Ridwan Kamil-Suswono (nomor urut 1)

    Pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono menitikberatkan pada pengaturan tata ruang dalam menangani polusi udara di Jakarta. Untuk mengurangi pergerakan kendaraan bermotor, Ridwan Kamil-Suswono akan memperbanyak hunian di tengah kota dan ruang kerja di pinggir kota.

    “Sehingga ada alternatif warga untuk tinggal, bekerja, berekreasi di jarak yang dekat. Itu akibatnya akan mengurangi pergerakan, pergerakan berkurang otomatis polusi juga Insyaallah akan berkurang,” kata Ridwan Kamil dalam debat semalam.

    Solusi lain dari Ridwan Kamil adalah memperbanyak penanaman pohon, penggunaan energi matahari, hingga penerapan work from home (WFH) secara bergilir. Ridwan Kamil juga berencana untuk memberikan insentif untuk kendaraan listrik.

    “Transportasi diluaskan, JakLingko diluaskan sehingga ada alternatif yang lebih luas. Konversi dari BBM ke motor atau kendaraan listrik kita insentifkan. Ojol-ojol yang 1 juta seliweran akan kita beri insentif mengubah mesin BBM ke motor listrik,” beber Ridwan Kamil.

    Dharma Porengkun-Kun Wardana (nomor urut 2)

    Pasangan nomor urut 2 Dharma Porengkun-Kun Wardana punya delapan solusi untuk menangani polusi udara di Jakarta. Salah satu yang menjadi sorotan adalah solusi mengurangi kemacetan dan polusi udara dengan teknologi tanpa lampu merah.

    “Pertama mengurangi kemacetan dengan teknologi tanpa lampu merah. Dua, prioritaskan transportasi umum. Siapkan energi terbarukan seperti biodiesel. Mandiri, bisa dari rumput laut, bisa dari nipah, bisa dari bakau,” ungkap Dharma Porengkun.

    Menurut Dharma, keberadaan lampu merah itu justru menjadi biang kerok kemacetan. Sebagai gantinya, kata Dharma, dia akan membangun underpass dan overpass di persimpangan yang selama ini menggunakan lampu merah. Menurutnya, sudah ada teknologi yang hanya dalam 7 hari solusi itu bisa terbangun.

    Pramono Anung-Rano Karno (nomor urut 3)

    Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno memiliki beberapa solusi untuk mengurangi polusi udara. Pramono mengungkapkan akan menambah armada dan transportasi Jabodetabek berbasis listrik. Pramono ingin menggeser gaya hidup masyarakat Jakarta yang tadinya selalu menggunakan kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi umum.

    “Yang paling utama bagi saya adalah mengubah gaya hidup, cara hidup, shifting lifestyle masyarakat dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Ini menjadi hal yang sangat penting sekali. Untuk itu, kami akan membebaskan 15 golongan yang selama ini mendapat kebebasan naik bus, maka kami akan membuat Transjabodetabek, mereka naik MRT gratis, LRT gratis. Dengan demikian mereka akan mengubah pola hidup dari mengendarai kendaraan pribadi menjadi mengendarai transportasi umum,” ujar Pramono.

    “Untuk 500 meter dari rumah masing-masing yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Bekasi dan semuanya kami akan buatkan yang namanya ride and park. Sehingga orang ada kepastian. JakLingko kita perluas, sehingga orang dari mana pun akan sangat gampang terkoneksi dengan kendaraan umum yang sudah tersedia, saya yakin itu akan mengurangi emisi,” pungkasnya.

    (rgr/dry)

  • Momen Marquez Diarak Tim Gresini ke Garasi Ducati, Duduk di Kursi Bastianini

    Momen Marquez Diarak Tim Gresini ke Garasi Ducati, Duduk di Kursi Bastianini

    Jakarta

    Kru tim Gresini Racing kompak mengarak Marc Marquez ke garasi Ducati Lenovo. Marquez kemudian didudukkan di kursi Enea Bastianini. Begini momennya.

    Marc Marquez memberikan kado manis perpisahannya dengan tim Gresini Racing. Mantan rider Repsol Honda itu sukses finis kedua di balapan utama. Atas hasil itu, Marquez menggusur Enea Bastianini dari posisi runner-up kedua klasemen. Dia menjadi runner-up kedua tepat di bawah Jorge Martin dan Francesco Bagnaia.

    “Cara terbaik untuk mengucap perpisahan ke tim Gresini dan mengucap terima kasih untuk mereka semua atas usahanya dan telah menghasilkan podium di posisi kedua, dan bonusnya berakhir di posisi tiga besar,” ujar Marquez dilansir Motosan.

    Bagi Marquez, tim Gresini memiliki peran besar dalam perkembangan karirnya. Terlebih setelah dirinya terpuruk bersama Repsol Honda dan nyaris memutuskan pensiun. Setelah pindah ke Gresini, Marquez seolah menemukan kepercayaan dirinya lagi. Rider kelahiran Cervera itu bisa bersaing dengan pebalap terdepan meski hanya mengendarai motor yang usianya setahun lebih tua. Marquez juga bisa merasakan kemenangan lagi.

    “Pertama, sudah memberikan saya kesempatan karena di olahraga itu kita hidup di masa ini bukan masa lalu dan mereka memberikan saya kesempatan untuk bisa mengetahui kemampuan dengan motor satelit Ducati. Kedua, timnya sangat humanis, kekeluargaan, dan memberikan apa pun yang saya butuhkan, apa pun hasilnya, cara terbaik untuk berterima kasih ke mereka adalah memberikan 100 persen di lintasan dan podium ini, serta posisi ketiga di dunia,” lanjutnya lagi.

    Hubungan Marquez dengan Gresini Racing pun terjalin dengan sangat baik. Sekalipun musim depan pindah ke tim pabrikan Ducati, rasa kekeluargaan itu tetap ada. Bahkan ada momen menarik usai seri pamungkas MotoGP Barcelona berakhir.

    Tim Gresini Racing kompak membopong Marquez ke garasi Ducati Lenovo, tepatnya ke tempat Enea Bastianini usai melakukan selebrasi. Dalam video terlihat, Marquez diarak ke garasi Ducati merah dan langsung ditempatkan ke kursi Enea Bastianini. Semua tim bersorak dan bertepuk tangan di garasi Bastianini itu.

    [Gambas:Twitter]

    (dry/rgr)