Jenis Media: Otomotif

  • Mobil Kepresidenan RI Berubah Warna dari Hitam ke Putih, Begini Kata Pakar

    Mobil Kepresidenan RI Berubah Warna dari Hitam ke Putih, Begini Kata Pakar

    Jakarta

    Ada yang berbeda di mobil kepresidenan RI era Prabowo Subianto dengan presiden-presiden sebelumnya. Presiden Prabowo lebih menyukai mobil berwarna putih. Padahal mobil-mobil kepresidenan RI dari era Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi berwarna hitam. Apa kata pakar?

    Di era Prabowo, mobil presiden serta mobil-mobil pendukung saat konvoi menggunakan warna putih. Mobil-mobil utama yang digunakan Prabowo seperti tipe MV3 Garuda Limousine, Alphard, dan Mercedes-Benz S 680 Guard, menggunakan warna putih.

    Tak hanya itu, mobil-mobil pendukung konvoi seperti Mercedes-Benz G-Class, maupun Toyota HiAce, juga menggunakan warna putih. Warna putih ini juga digunakan oleh mobil-mobil yang dikendarai Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

    Mobil MV3 Garuda yang membawa presiden Prabowo Subianto menggunakan warna putih Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

    Menurut pakar mobil kepresidenan RI, Jongkie Sugiarto, tidak masalah jika Prabowo mengubah warna mobil kepresidenan dari yang biasanya hitam, menjadi warna putih.

    “Nggak ada masalah menurut saya. Memang di dunia biasanya (mobil kepresidenan) warnanya hitam. Tetapi ada juga yang pakai warna putih, bahkan juga ada yang pakai warna kayak purple. Di Inggris, Rolls-Royce Ratunya kan pakai warna purple,” kata Jongkie yang pernah menjadi Technician of Indonesia Presidential Vehicle.

    Sebelumnya Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan beberapa mobil buatan Toyota yang dibeli Prabowo selalu berwarna putih.

    “Setahu saya, Pak Prabowo memang suka mobil warna putih ya. Baik Lexus dan Toyota selalu belinya warna putih yang kita tahu,” kata Anton di Jakarta belum lama ini.

    Sementara itu, pengamat otomotif sekaligus pakar desain produk industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu, mengatakan, ada makna khusus terkait pemilihan warna kendaraan. Menurutnya, pemilihan warna kendaraan presiden dapat memiliki pesan yang berbeda, tergantung pada konteks budaya dan politik.

    Mobil kepresidenan di era Presiden Jokowi menggunakan warna hitam Foto: Ekspresi Jokowi Saat Naik Mobil Lintasi Jalanan Rusak Lampung dan Berlubang (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

    “Secara umum, hitam sering diasosiasikan dengan kekuatan, formalitas, dan otoritas. Selain itu, warna hitam juga memberi kesan tertutup dan misterius, seakan menjaga jarak antara pemimpin dan rakyat dalam konteks formalitas,” kata Yannes kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    “Dari sudut pandang semiotika, filosofi desain, dan psikologi warna, pemilihan warna putih untuk kendaraan Presiden Prabowo menandakan pergeseran dari tradisi menuju pendekatan yang lebih modern, terbuka, dan personal. Ini bukan sekadar pilihan estetis, melainkan simbol kuat yang mencerminkan bagaimana melalui tanda-tanda bahasa visual dia ingin kepemimpinannya dilihat oleh rakyat Indonesia dan dunia. Pemilihan warna putih menyiratkan keinginan untuk memperlihatkan integritas, transparansi, serta kemurnian visi dan misi kepemimpinannya, kontras dengan nuansa formalitas dan kekuatan dominan dari kendaraan hitam tradisional, yang mainstream di banyak kendaraan kepala negara di dunia,” beber Yannes.

    (lua/din)

  • Kata Seres soal Harga Mobil Listriknya Kalah Murah dari Wuling Air ev

    Kata Seres soal Harga Mobil Listriknya Kalah Murah dari Wuling Air ev

    Jakarta

    PT Sokonindo Automobile (Seres Indonesia) buka suara usai harga Seres E1 kalah murah dari Wuling Air ev. Padahal, sebelumnya, kendaraan mereka berstatus sebagai mobil listrik termurah di Indonesia.

    Sebagai pengingat, ketika pertama meluncur di Indonesia, Seres E1 sempat menjadi perbincangan di mana-mana. Karuan saja, mobil listrik tersebut dibanderol mulai Rp 180 jutaan ketika Wuling Air ev varian termurah dilego Rp 200 jutaan.

    Namun, Wuling kemudian meluncurkan Air ev varian lite dengan harga mepet-mepet Seres E1. Mereka kemudian menurunkan lagi banderolnya hingga kini hanya Rp 170 jutaan.

    Wuling Air ev Lite Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Harga Wuling Air ev praktis lebih murah Rp 10 juta dibandingkan Seres E1. Lantas, bagaimana tanggapan PT Sokonindo Automobile selaku produsen Seres di Tanah Air?

    “Sebenarnya kalau untuk market sendiri, kita tidak terganggu dengan itu (harga Wuling Air ev lebih murah), karena Air ev kan datang duluan dibanding kami,” ujar Ichsan Arya Putra selaku Product Training PT Sokonindo Automobile saat ditemui di Taman Mini, Jakarta Timur.

    “Cuma kalau untuk produknya sendiri, kita set angka sebenarnya untuk melihat kompetitor itu tidak terlalu signifkan. Karena secara segmen produk ini cukup rapat,” tambahnya.

    Mobil listrik Seres E1. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Ichsan secara tak langsung merasa yakin, Seres E1 masih lebih unggul dibandingkan Wuling Air ev varian termurah. Itulah mengapa, dia tak ‘latah’ menurunkan harga jual demi menjaga kualitas kendaraan.

    “Jadi, soal rasa, fitur dan kemudahan berkendara, Seres E1 menawarkan kelebihan yang layak digunakan untuk kendaraan perkotaan yang nggak dipunya kompetitor,” ungkapnya.

    Ichsan menduga, Wuling khawatir ketika melihat ada mobil listrik yang harganya lebih murah. Itulah mengapa, kata dia, kompetitor senegaranya itu menawarkan varian lain yang lebih terjangkau.

    “Malah mungkin sebaliknya, kompetitornya lebih worry kepada kita saat peluncuran Seres E1, karena mereka banyak mengubah varian dan harga,” kata dia.

    (sfn/din)

  • Hasil Tes Resmi MotoGP di Barcelona: Quartararo Kedua, Marquez Keempat

    Hasil Tes Resmi MotoGP di Barcelona: Quartararo Kedua, Marquez Keempat

    Jakarta

    Tes resmi MotoGP di Sirkuit Catalunya, Barcelona, dilaksanakan pada Selasa (19/11) kemarin. Hasilnya, Alex Marquez berhasil menjadi rider yang tercepat, diikuti oleh Fabio Quartararo di urutan kedua, dan Francesco Bagnaia di tempat ketiga, lalu Marc Marquez di posisi keempat.

    Para pebalap dan tim MotoGP langsung tancap gas melakukan pengetesan untuk menghadapi musim baru. Banyak pebalap berganti tim, seperti Jorge Martin dan juga Marco Bezzecchi yang kini balapan buat Aprilia Racing, Marquez yang pindah ke tim pabrikan Ducati Lenovo, hingga Jack Miller dan Miguel Oliveira yang membela Pramac Yamaha.

    Fabio Quartararo Foto: dok. Yamaha Motor Racing Srl

    Jangan lupa, ada dua nama pebalap debutan yang baru naik kelas dari Moto2. Dia adalah sang juara Moto2 2024 Ai Ogura yang membela tim satelit Aprilia Trackhouse, serta Somkiat Chantra yang menggantikan posisi Takaaki Nakagami di LCR Honda, dan Fermin Aldeguer yang bakal membela Gresini Racing.

    Pebalap Gresini Racing Alex Marquez berhasil mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 38,803 detik. Yamaha juga mulai unjuk gigi menghadapi musim baru dan ridernya Fabio Quartararo berhasil menjadi yang tercepat kedua dengan gap 0,396 detik. Yamaha diketahui menggunakan sasis baru pada tes tersebut.

    Duo pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia dan Marc Marquez mengisi pos ketiga dan keempat dengan selisih waktu masing-masing 0,595 detik dan 0,651 detik. Pada tes MotoGP di Barcelona, Bagnaia menggunakan atribut motor dan wearpack berwarna serba putih, sementara Marquez menggunakan warna dominan merah.

    Bagaimana kabar sang juara dunia MotoGP 2024 yang kini membela Aprilia Racing, Jorge Martin? Tampaknya Martin masih membutuhkan adaptasi dengan motor barunya. Dia hanya bisa menempati posisi kesebelas dengan gap 1,056 detik.

    Hasil Tes Resmi MotoGP di Barcelona (19/11/2024)

    1. = Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP24) 1:38.803s 36/61 347.2
    2. = Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.396s 44/75 348.3
    3. = Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24/25) +0.595s 14/58 352.9
    4. ^4 Marc Marquez SPA Ducati Lenovo (GP24/25) +0.651s 47/49 351.7
    5. ^4 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24) +0.668s 76/82 349.5
    6. ^6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +0.705s 56/62 351.7
    7. ˅3 Franco Morbidelli ITA VR46 Ducati (GP24) +0.762s 31/52 346.1
    8. ˅3 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.765s 54/60 343.9
    9. ˅3 Pedro Acosta SPA Red Bull KTM (RC16) +0.768s 28/72 351.7
    10. ˅3 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V) +0.813s 37/65 343.9
    11. ˅1 Jorge Martin SPA Aprilia Racing (RS-GP24/25) +1.056s 44/77 349.5
    12. ˅1 Maverick Viñales SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) +1.084s 56/74 354.0
    13. = Marco Bezzecchi ITA Aprilia Racing (RS-GP24/25) +1.192s 62/84 349.5
    14. = Aleix Espargaro SPA Honda Test Rider (RC213V) +1.204s 40/50 342.8
    15. ^3 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V) +1.267s 60/67 343.9
    16. ˅1 Enea Bastianini ITA Red Bull KTM Tech3 (RC16) +1.279s 48/55 350.6
    17. ˅1 Miguel Oliveira POR Pramac Yamaha (YZR-M1) +1.335s 55/60 345.0
    18. ˅1 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V) +1.429s 33/57 346.1
    19. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP24/5) +1.683s 45/69 345.0
    20. = Fermin Aldeguer SPA Gresini Ducati (GP24)* +1.761s 51/58 347.2
    21. = Ai Ogura JPN Trackhouse Aprilia (RS-GP24)* +2.143s 55/86 347.2
    22. = Jack Miller AUS Pramac Yamaha (YZR-M1) +2.222s 51/71 342.8
    23. = Somkiat Chantra THA LCR Honda (RC213V)* +2.492s 49/61 342.8
    24. = Lorenzo Savadori ITA Aprilia Test Rider (RS-GP24/25) +8.793s 7/13 342.8

    (lua/din)

  • BYD M6 Mobil Listrik Pertama Tembus 10 Besar Mobil Terlaris Indonesia

    BYD M6 Mobil Listrik Pertama Tembus 10 Besar Mobil Terlaris Indonesia

    Jakarta

    BYD M6 masuk jajaran 10 mobil terlaris di Indonesia periode Oktober 2024. Ini kali pertama mobil listrik masuk daftar 10 besar mobil paling laris di dalam negeri.

    Mobil listrik kembali meramaikan daftar mobil terlaris di Indonesia pada periode Oktober 2024. Sebagaimana terlihat dalam data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), satu-satunya mobil listrik yang masuk jajaran tersebut adalah BYD M6.

    BYD M6 tercatat terjual sebanyak 1.866 unit. Menariknya lagi, distribusi BYD M6 dari pabrik ke dealer itu menembus 10 besar, melampaui Honda HR-V, Toyota Agya, Toyota Fortuner, hingga Toyota Veloz.

    Bisa tembus 10 besar jadi prestasi tersendiri bagi BYD. Terlebih, para pesaingnya didominasi mobil-mobil bermesin konvensional.

    “Kami optimis baik BYD M6 dan kendaraan listrik BYD lainnya dapat terus bersaing, terutama dengan fokus kami pada inovasi teknologi, penetapan harga yang sesuai dengan pasar Indonesia, serta partisipasi aktif dalam membangun ekosistem EV yang lebih baik,” ungkap Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan kepada detikOto, Selasa (19/11/2024).

    Luther menambahkan, keberadaan BYD M6 di daftar mobil terlaris itu menjadi sinyal kendaraan listrik kian diminati masyarakat Indonesia. Peralihan ke kendaraan listrik pun bisa cepat terlaksana.

    “Dengan dukungan pemerintah dan kepercayaan konsumen, kami yakin pertumbuhan kendaraan listrik akan semakin pesat,” tambah Luther.

    BYD M6 merupakan mobil listrik yang dirancang khusus masyarakat Indonesia. Untuk itu BYD menghadirkan mobil listrik di segmen MPV yang cukup identik dengan masyarakat dalam negeri.

    Disajikan untuk masyarakat Indonesia, BYD mendesain M6 lebih mudah diterima. Mulai dari eksterior, interior, hingga fitur-fitur di dalamnya.

    Fiturnya juga disesuaikan untuk memanjakan konsumen Tanah Air. Dengan banderol mulai Rp 379 juta jarak tempuhnya mencapai 530 km untuk varian tertinggi. Pengecasan baterai juga cepat, jadi tak perlu khawatir kalau ingin dibawa berpergian.

    BYD M6 dilengkapi dengan 6 airbag untuk seluruh varian. Kemudian fitur tyre pressure monitoring system, isofix, ABS, electric parking brake, electronic stability control, traction control system, electronic brake-force distribution, vehicle dynamic control system, hill hold control, brake disc wiping system, coordinated regenerative braking system, roll movement intervention, brake override system, around vie monitor, rear 4 radars, auto hold juga tersedia di seluruh varian M6.

    (dry/din)

  • Prabowo Bilang Mau Geber Biodiesel 50 Persen di Indonesia Mulai Tahun 2025

    Prabowo Bilang Mau Geber Biodiesel 50 Persen di Indonesia Mulai Tahun 2025

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menegaskan rencana pengembangan biodiesel yang disampaikan dalam Indonesia-Brazil Business Forum di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (17/11/2024) waktu setempat. Prabowo ingin menggunakan Biodiesel hingga 50 persen (B50) mulai tahun depan.

    Mulanya Prabowo memuji Brazil yang dinilai lebih maju soal pemanfaatan energi hijau dan energi terbarukan. Untuk bioetanol, pemerintah perlu belajar banyak hal mulai dari hulu hingga hilirnya, seperti yang sudah sukses dilakukan di Brazil.

    Di Brasil, industri biofuel telah berkembang selama 50 tahun. Bioetanol yang sebagian besar diproduksi dari tebu dan jagung.

    “Saya pikir Brasil lebih maju bersama kami soal penggunaan biofuel energi yang berasal dari nabati. Dan Anda sangat berhasil dengan etanol, kami menuju biodiesel. Memproduksi diesel dari kelapa sawit,” kata Prabowo seperti disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

    “Sekarang kami di 35-40 persen, kami mau meningkatkannya ke 50 persen pada 2025,” ujar dia lagi.

    Penggunaan bahan bakar nabati ini bisa mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang mayoritas dari impor. Selain itu, karbon yang dihasilkan dari proses pembuangan kendaraan juga lebih ramah.

    Di sisi lain, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan pihaknya tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan mandatori biodiesel 40% (B40) pada 2025 mendatang.

    Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia menyebut program B40 akan berjalan pada Januari 2025. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya menuju penggunaan energi yang lebih bersih.

    “Sekarang B40 kan mulai 1 Januari sudah mulai jalan. Selebihnya sambil berjalan. Tahun depan B40 yang sudah bisa running,” ujar Bahlil di Jakarta, dikutip Senin (4/11/2024).

    Prabowo sudah menyampaikan visinya untuk menjadikan Indonesia mandiri energi dengan swasembada energi. Salah satu yang digencarkan adalah program campuran bahan bakar dengan kelapa sawit atau biodiesel.

    Prabowo pernah mengatakan targetnya B50 bisa disalurkan di seluruh Indonesia paling cepat akhir tahun ini, atau paling lambat tahun depan. Hal ini bisa mengurangi ketergantungan impor minyak untuk membuat solar, ujungnya Prabowo menilai Indonesia bisa hemat US$ 20 miliar atau sekitar Rp 309,7 triliun untuk impor minyak.

    “Kita sebentar lagi tak perlu impor solar lagi, solar kita akan datang dari yang namanya kelapa sawit, namanya biodiesel. Sekarang kan B35, kita akan percepat jadi B40, B50 minimal. Dengan capai B50, biodiesel 50% dari kelapa sawit, begitu capai itu Insyaallah akhir tahun ini atau awal tahun depan, kita akan hemat US$ 20 miliar,” ujar Prabowo saat memberikan sambutan dalam Penutupan Kongres PAN 2024, dikutip Minggu (25/8/2024) lalu.

    (riar/din)

  • MotoGP 2025 Resmi Dimulai, Martin-Marquez Pakai Seragam Baru

    MotoGP 2025 Resmi Dimulai, Martin-Marquez Pakai Seragam Baru

    Jakarta

    Rangkaian MotoGP 2025 resmi dimulai dengan sesi Official Test di Barcelona, Selasa (19/11/2024) waktu setempat. Para pebalap menjajal motor barunya untuk pertama kali. Beberapa pebalap yang pindah tim juga menjajal seragam barunya.

    Kesempatan pertama, sang juara dunia Jorge Martin mencoba Aprilia RS-GP 2025 terbaru. Ia tampak tetap menggunakan nomor #89 di bagian sisi motornya dan di baju balapnya. Tapi di bagian depan motornya, Jorge Martin hanya menampilkan dua bintang.

    Martin menguji motor Aprilia tahun 2024 dan 2025. Tapi, juara dunia MotoGP 2024 itu mengalami kecelakaan awal di Tikungan 5. Rekan setim barunya Marco Bezzecchi memiliki rangkaian item yang sama untuk dicoba.

    Pendatang baru Ai Ogura yang kini menjadi rider Tim MotoGP Trackhouse menyelesaikan langkah pertamanya ke kelas utama. Meskipun mengalami kecelakaan pertama di Tikungan 2 pada pagi hari, ia berhasil menyelesaikan 86 putaran sepanjang hari dan finis tepat di belakang sesama pendatang baru Fermin Aldeguer (Gresini Racing MotoGP).

    Yang menjadi sorotan adalah seragam baru untuk Marc Marquez. Marquez yang kini menjadi pebalap tim pabrikan Ducati menggunakan seragam serba merah. Motornya juga dilabur serba merah. ‘Todo al rojo’ atau serba merah adalah frasa yang digunakan Marc Marquez saat Juara Dunia delapan kali itu melakoni debut pabrikan Ducati.

    Dengan desain warna merah khusus dari ujung kepala hingga ujung kaki, pebalap #93 itu menjajal GP24 dan GP25 baru. Marquez mengakhiri sesi sebagai yang tercepat keempat. Marquez juga menjelaskan setelah uji coba bahwa ia dan Pecco memberikan umpan balik yang sama tentang motor baru itu, awal kerja sama yang baik untuk tim pabrikan Ducati.

    Di sisi lain, Bagnaia tampil dengan warna putih. Juara Dunia 2022 dan 2023 itu mengendarai motor putih mirip Casey Stoner di balapan Phillip Island 2009. Pecco Bagnaia kini kembali menggunakan nomor #63 setelah gagal jadi juara dunia. Bagnaia juga mengendarai GP24 dan GP25. Dia jadi yang tercepat ketiga di sesi tes kemarin.

    Beberapa rider lain yang pindah tim seperti Enea Bastianini, Maverick Vinales, Jack Miller, hingga Miguel Oliveira juga menjajal seragam dan motor baru. Begitu juga pebalap Thailand Somkia Chantra yang naik kelas dari Moto2 ke MotoGP dan bergabung dengan tim Idemitsu Honda LCR.

    Hasil Tes MotoGP Barcelona hari pertama, Selasa (19/11/2024):

    Alex Marquez Gresini Ducati (GP24) 1:38.803 36/61 lapFabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) +0.396s 44/75 lapFrancesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP24/25) +0.595s 14/58 lapMarc Marquez Ducati Lenovo (GP24/25) +0.651s 47/49 lapRaul Fernandez Trackhouse Aprilia (RS-GP24) +0.668s 76/82 lapBrad Binder Red Bull KTM (RC16) +0.705s 56/62 lapFranco Morbidelli VR46 Ducati (GP24) +0.762s 31/52 lapAlex Rins Monster Yamaha (YZR-M1) +0.765s 54/60 lapPedro Acosta Red Bull KTM (RC16) +0.768s 28/72 lapJohann Zarco LCR Honda (RC213V) +0.813s 37/65 lapJorge Martin Aprilia Racing (RS-GP24/25) +1.056s 44/77 lapMaverick Viñales Red Bull KTM Tech3 (RC16) +1.084s 56/74 lapMarco Bezzecchi Aprilia Racing (RS-GP24/25) +1.192s 62/84 lapAleix Espargaro Honda Test Rider (RC213V) +1.204s 40/50 lapJoan Mir Repsol Honda (RC213V) +1.267s 60/67 lapEnea Bastianini Red Bull KTM Tech3 (RC16) +1.279s 48/55 lapMiguel Oliveira Pramac Yamaha (YZR-M1) +1.335s 55/60 lapLuca Marini Repsol Honda (RC213V) +1.429s 33/57 lapMichele Pirro Ducati Test Rider (GP24/5) +1.683s 45/69 lapFermin Aldeguer Gresini Ducati (GP24) +1.761s 51/58 lapAi Ogura Trackhouse Aprilia (RS-GP24) +2.143s 55/86 lapJack Miller Pramac Yamaha (YZR-M1) +2.222s 51/71 lapSomkiat Chantra LCR Honda (RC213V) +2.492s 49/61 lapLorenzo Savadori Aprilia Test Rider (RS-GP24/25) +8.793s 7/13 lap.

    (rgr/din)

  • Daftar Harga Sewa Mobil untuk Akhir Tahun 2024, Segini Kisarannya

    Daftar Harga Sewa Mobil untuk Akhir Tahun 2024, Segini Kisarannya

    Jakarta

    Menjelang liburan akhir tahun, beberapa orang lebih memilih menyewa mobil untuk liburan keluarga. Harga sewa mobil akan bervariasi, tergantung pada unit mobil, durasi sewa, hingga lokasinya.

    Hal tersebut bisa detikers sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Simak daftarnya di bawah ini.

    Harga Sewa Mobil untuk Akhir Tahun

    Dilihat detikOto dari beberapa situs penyewaan mobil (19/11/2024), berikut merupakan kisaran harga sewa mobil untuk akhir tahun 2024 di beberapa kota besar:

    Harga Sewa Mobil Jakarta

    Avanza: Rp 400 ribu selama 12 jam.Innova Reborn: Rp 750 ribu per 12 jam.New Avanza: Rp 650 ribu per 12 jamInnova Zenix: Rp 1 juta per 12 jam.Alphard: Rp 2,5 juta per 12 jam.HiAce: Rp 1,25 juta per 12 jam.XPander Cross: Rp 1 juta per 12 jam.

    Sebagai catatan, harga sewa tersebut belum termasuk bensin, uang tol, dan uang parkir. Jika overtime, akan dikenakan Rp 100-200 ribu per jamnya.

    Sewa Mobil Area Bandung

    Agya/Ayla: Rp 300 ribu per hari.Avanza/Xenia: Rp 450 ribu per hari.New Avanza TSS: Rp 450 ribu per hari.Mobilio Manual: RP 350 ribu per hari.New Rush GR: Rp 500 ribu per hari.Fortuner: Rp 1,3 juta per hari.Pajero: Rp 1,4 juta per hari.Hiace All in: Rp 1,4 juta per hari.i

    Bagi yang ingin ingin sewa dengan driver, maka bisa menambah Rp 200 ribu dalam kota dan Rp 250 ribu luar kota.

    Sewa Mobil Bali

    Toyota Agya: Rp 200 ribu (manual) dan Rp 250 ribu (matic).Grand Xenia: Rp 250 ribu (manual) dan Rp 275 ribu (matic).New Innova Zenix: Rp 600 ribu (matic).New Toyota Avanza: Rp 325 ribu (manual) dan Rp 375 (matic).Toyota Calya: Rp 275 (matic).New Suzuki Ertiga: Rp 275 ribu (manual) dan Rp 350 ribu (matic).

    Itu tadi informasi tentang estimasi harga sewa mobil di beberapa kota besar di Indonesia. Sebagai catatan, harga sewa bisa berubah sewaktu-waktu tergantung permintaan, kesediaan, ketentuan pihak penyedia jasa/penyewaan.

    Pastikan update terlebih dahulu harga sewa mobil pilihan sebelum kamu menyewa. Selain itu, pilihlah penyedia yang memberikan kenyamanan, keamanan, harga yang sesuai, dan layanan terbaik bagi pelanggannya.

    (khq/fds)

  • Kata Martin soal Nomor Motor ‘1’ usai Juara MotoGP 2024

    Kata Martin soal Nomor Motor ‘1’ usai Juara MotoGP 2024

    Jakarta

    Sebagai juara MotoGP 2024, Jorge Martin berhak menggunakan nomor 1 di tim barunya, Aprilia Racing, pada balap musim depan. Meski begitu, Martin tampaknya belum pasti menyematkan angka keramat tersebut di motor barunya nanti.

    Saat merayakan gelar juara dunia MotoGP di Barcelona pada hari Minggu lalu, Martin dengan antusias memasang nomor emas #1 di Ducati Desmosedici tunggangannya. Tapi ketika berbicara setelahnya, Martin belum pasti menggunakan nomor tersebut di Aprilia.

    “Bagaimana menurutmu?,” ujar Martin dikutip dari Crash. “Menurutku sekarang saatnya merayakan momen ini. Aku tidak ingin memikirkan tahun depan. Hari ini kami adalah nomor satu dan kami akan mencoba memenangkan pesta kejuaraan hari ini juga! Saya ingin menikmati momen ini. Kita punya waktu untuk memikirkan ini (#1) dan mari kita lihat nanti,” sambung pebalap bernomor 89 itu.

    Sebagai informasi, Martin akan melakoni debutnya bersama Aprilia MotoGP pada tes pascabalapan hari Selasa (19/11) ini di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Sebelumnya Ducati sudah mengizinkan Martin menggunakan nomor satu di tim barunya.

    “Jelas jika Jorge memenangi gelar, dia mungkin akan menggunakan nomor satu, karena itu adalah sesuatu yang tidak bisa didapatkan setiap hari,” ungkap manajer tim Ducati Davide Tardozzi dalam wawancaranya dengan TNT Sport.

    “Jadi, dia pasti menginginkan nomor satu di motornya. Tapi di catatan MotoGP, tetap akan tertulis Jorge Martin-Ducati. Jadi, nomor satu itu untuk rider, tapi mesinnya Ducati,” sambung pria asal Italia itu.

    “Bagi kami bukan masalah (jika Martin mau pakai nomor satu di Aprila). Kami akan berusaha keras merebutnya kembali (nomor satu) pada tahun 2026,” tambah Tardozzi lagi.

    Juara MotoGP 2024 dan Rekor Jorge Martin

    Jorge Martin berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2024 usai finis di urutan ketiga pada balapan MotoGP Barcelona yang berlangsung Minggu, 17 November 2024. Rider Spanyol itu meraup total 508 poin sepanjang musim 2024, unggul 10 poin dari Francesco Bagnaia yang harus puas jadi runner-up.

    Keberhasilan Jorge Martin menyabet titel juara dunia MotoGP juga sekaligus mencatatkan beberapa rekor, salah satunya adalah mematahkan hegemoni tim pabrikan di MotoGP. Diketahui, Martin menjadi pebalap tim satelit atau pebalap non-pabrikan pertama yang mampu merengkuh gelar juara dunia sejak era MotoGP modern.

    “Saya tidak tahu harus bicara apa, saya begitu terguncang. Gelar juara ini untuk keluarga saya, orang-orang yang mendukung saya, ini untuk mereka. Saya mulai menangis di akhir balapan, ini adalah balapan yang begitu emosional. Ini adalah perjalanan yang panjang, banyak kecelakaan, cedera, tetapi akhirnya kita berada di sini,” ucap Martin.

    Keberhasilan Martin menjuarai MotoGP 2024 juga mendapatkan sambutan dari Motul selaku sponsor dan partner Martin dan Pramac Racing di MotoGP.

    “Kolaborasi Motul dengan Pramac Racing dan Jorge Martin tidak hanya sebatas memenangkan balapan, namun dari balapan MotoGP ini Motul juga senantiasa mengembangkan inovasi teknologi pelumas yang diaplikasikan untuk penggunaan kendaraan harian,” ungkap Lutfi Ilhamy, Managing Director PT Motul Indonesia Energy (MIE).

    “Di seri Barcelona ini, Motul juga jadi tittle sponsor. Selain mengedepankan solidaritas, keberhasilan Jorge Martin menjadi juara dunia di GP Barcelona juga menyempurnakan pencapaian Motul di musim 2024 baik dari kejuaraan balapan, maupun dari sisi bisnis Motul secara global,” pungkas Lutfi.

    (lua/dry)

  • Kata Seres soal Harga Mobil Listriknya Kalah Murah dari Wuling Air ev

    Mobil Listrik Seres E1 Diklaim Sudah Terkirim Ratusan Unit ke Konsumen

    Jakarta

    Seres E1 merupakan salah satu mobil listrik termurah di Indonesia. Bahkan, harga untuk varian termurahnya tak sampai Rp 200 juta. Lantas, sejak meluncur setahun lalu, berapa unit yang sudah dikirim ke rumah konsumen?

    Muhammad Ridhwan selaku Regional Sales Manager PT Sokonindo Automobile (Seres Indonesia) mengklaim, sudah ada ratusan unit Seres E1 yang terkirim ke rumah konsumen. Namun, dia tak bisa mengungkap secara gamblang angka detailnya.

    “E1 yang terkirim ke konsumen itu sudah ratusan unit ya, nanti angka detailnya akan kami beri tahu lebih lanjut. Tapi intinya sudah ratusan unit,” ujar Muhammad Ridhwan saat ditemui di kawasan Jakarta Timur, Senin sore (18/11).

    Test drive Seres E1. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Ridhwan menjelaskan mobil listrik mungil tersebut banyak dikirim ke kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar. Sementara 70 persennya varian tinggi dan sisanya varian rendah.

    “Jadi masih di kota-kota besar karena sesuai tagline kami ya, urban electric. Makanya start awal itu di kota-kota besar yang fasilitas pengecasannya sudah memadai,” kata dia.

    Sayangnya, dia hanya bicara angka pengiriman. Ketika ditanya mengenai jumlah pemesanan, Ridhwan dan tim Sokonindo lain masih malu-malu mengungkapnya.

    Test drive Seres E1. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebagai catatan, Seres E1 meluncur pertengahan tahun lalu. Kendaraan tersebut dibanderol Rp 189 juta untuk Tipe B dan Rp 219 juta untuk Tipe L. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Seres E1 hadir sebagai kendaraan ringkas dengan dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, jarak sumbu roda 1.960 mm dan ground clearance 135 mm. Dimensi tersebut membuat mobil itu cocok dipakai di wilayah perkotaan.

    Seres E1 dibekali baterai Lithium Iron Phosphate dengan jarak tempuh maksimal 180 km untuk tipe B dan 220 km untuk tipe L. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga setara 25-30 kw dan torsi 100 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis.

    Sejumlah fitur keamanan sudah tersedia di Seres E1, mulai dari Anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Hold Control, kamera parkir, cruise control, dan mode berkendara. Khusus untuk varian tertinggi, ada Electronic Stability Control dan Electronic Parking Brake with Auto Hold.

    (sfn/dry)

  • Ini Bocoran Mobil Listrik Aletra, Calon Rival BYD M6 di Indonesia

    Ini Bocoran Mobil Listrik Aletra, Calon Rival BYD M6 di Indonesia

    Jakarta

    Merek mobil listrik asal China, Aletra, bakal memperkenalkan produk baru pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang diselenggarakan di ICE-BSD City, 22 November – 1 Desember. Ini model mobil listrik yang akan dibawa Aletra.

    Berdasarkan undangan yang diterima detikOto, mobil listrik pertama Aletra di Indonesia adalah Aletra L8 EV. Mobil listrik akan diluncurkan di hari pertama GJAW 2024 hari Jumat (22/11).

    Jika melihat Instagram resmi @aletracars, sosok mobil listrik tersebut berjenis MPV 7-Seater. Mobil ini memiliki desain modern dan elegan dengan konsep floating roof atau atap mengambang. Aletra juga tak segan-segan mengklaim L8 EV sebagai mobil MPV listrik 7-Seater terluas di kelasnya.

    Kehadiran Aletra L8 EV ini bakal menantang kompetitor asal China yang sebelumnya sudah meluncurkan produk sejenis di Indonesia, yakni BYD M6. Segmen MPV listrik 7-Seater di Indonesia saat ini memang sedang naik daun, bahkan BYD M6 menjadi mobil listrik terlaris bulan Oktober 2024 dengan penjualan sebanyak 1.866 unit.

    Sekadar informasi, GJAW 2024 diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember, di ICE-BSD City, Tangerang. Sebelumnya pameran GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta. Dan baru mulai tahun ini pindah ke Tangerang.

    GJAW 2024 diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr.

    Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek akan ikut pameran ini, meliputi Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha, dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    [Gambas:Instagram]

    (lua/dry)