Jenis Media: Otomotif

  • Balasan Menohok Espargaro Usai Disindir Gagalkan Misi Terakhir Bastianini

    Balasan Menohok Espargaro Usai Disindir Gagalkan Misi Terakhir Bastianini

    Jakarta

    Enea Bastianini kesal betul tidak bisa mengakhiri musim sesuai ekspektasinya. Padahal rider Ducati Lenovo itu ingin menempati posisi tiga klasemen akhir MotoGP 2024 sebagai perpisahan.

    Bastianini menilai Aleix Espargaro yang notabenenya bukan rekan setim Jorge Martin tidak semestinya ikut bertarung di garis depan, apalagi sampai menahan laju pebalap di belakangnya.

    Seperti diketahui dalam seri pamungkas MotoGP 2024,Francesco Bagnaia, Marc Marquez, Martin, dan Bastianini langsung ngacir di depan. Espargaro pun menguntit dari belakang.

    Bastianini dan Espargaro kerap terlibat duel untuk berebut posisi empat. Waktu yang dihabiskan untuk berduel itu bikin rider teratas melaju meninggalkan Bastianini. Padahal Italiano itu punya kans mengalahkan Marquez.

    Dalam prosesnya, Bastianini melebar pada lap delapan. Dia merosot ke posisi 8.

    Espargaro merebut posisi empat. Dia lantas menahan laju dan serangan Alex Marquez.

    Namun hingga akhir balapan, Alex Marquez bisa menyalip Espargaro dan finis keempat. Sedangkan Espargaro melengkapi pebalap lima teratas. Kemudian Bastianini finis di posisi tujuh.

    “Aku sama sekali tidak senang dengan apa yang dilakukan Aleix. Buatku, itu tidak benar. Ia bukan rekan satu timnya (Martin). Itu sama sekali tidak bersih,” kata Bastianini seperti dilansir Crash.net.

    “Tanpa duel dengan Aleix, mungkin aku bisa membuat hasil lebih baik. Ia menjalani seluruh balapan untuk Martin! Tentu saja, ia kan berteman dengan Jorge. Tapi seharusnya tidak boleh begini,” ucapnya.

    Dengan hasil tersebut, Bastianini menyudahi musim di posisi keempat. Ia harus merelakan posisi ketiga di klasemen MotoGP ditempati Marc Marquez, yang finis kedua dalam balapan pamungkas.

    “Aku sama sekali tidak senang dengan apa yang terjadi hari ini. Itu adalah race terakhirku dengan Ducati dan aku tidak menjalani balapan sesuai harapan,” ujar Bastianini.

    Espargaro memang bukan rekan setim Martin, tapi dia punya kedekatan dengan Martin. Bahkan Espargaro pernah memberi tumpangan rumah hingga materi balap secara gratis saat Martin masih memulai kariernya. Espargaro pun membalas tudingan Bastianini.

    “Mengenai Enea (Bastianini), bilang padanya bahwa saya menunggu dia bertarung di lap terakhir untuk memperebutkan podium, tapi saya tidak melihatnya,” kata Espargaro.

    (riar/dry)

  • Kok Bisa BYD M6 Salip Honda HR-V, Fortuner dkk hingga Masuk 10 Mobil Terlaris?

    Kok Bisa BYD M6 Salip Honda HR-V, Fortuner dkk hingga Masuk 10 Mobil Terlaris?

    Jakarta

    BYD M6 menyalip deretan mobil bermesin konvensional hingga bisa tembus jajaran 10 mobil terlaris. Apa faktornya?

    Mobil listrik BYD M6 bikin kejutan. Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk Oktober 2024, mobil listrik yang menghuni segmen MPV itu menembus posisi 10 besar.

    Bertengger di posisi 10, BYD M6 menyalip mobil-mobil langganan di daftar terlaris seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Daihatsu Terios, Toyota Fortuner, hingga Honda HR-V.

    Torehan penjualan wholesales BYD M6 memang meningkat cukup signifikan sejak Juli 2024. Bila pada Juli unit M6 yang terdistribusi hanya 40 unit, kemudian pada Agustus jumlahnya menjadi 312 unit, September 836 unit, dan Oktober langsung melesat 1.866 unit. Lantas apa faktornya?

    “Peningkatan penjualan ini mencerminkan tingginya minat konsumen terhadap kendaraan listrik sekaligus kepercayaan mereka pada inovasi teknologi BYD, khususnya pada BYD M6 yang dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia,” jelas Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan kepada detikOto, Selasa (19/11/2024).

    Secara keseluruhan, BYD memang mengalami peningkatan distribusi baik secara wholesales maupun retail. Bermodalkan empat mobil listrik yang dijual pada rentang harga Rp 370 jutaan hingga Rp 700 jutaan, penjualan BYD pada Oktober itu juga bahkan melampaui Hyundai sekaligus menggusur pabrikan asal Negeri Ginseng itu keluar dari 10 besar. BYD pada Oktober mendistribusikan 2.488 unit mobil secara wholesales dan 2.597 unit secara retail. Sementara Hyundai mencatatkan penjualan wholesales 1.711 unit dan retail 1.451 unit.

    Adapun kata Luther, pencapaian ini menjadi bukti bahwa ke depan kendaraan listrik akan makin mudah diterima masyarakat Indonesia.

    “Kami optimis bahwa kemajuan infrastruktur EV di Indonesia akan mendorong adopsi kendaraan listrik secara lebih luas,” tambah Luther.

    (dry/rgr)

  • Dipakai Keliling Tangerang-Jakarta, Seberapa Irit Mobil Listrik Seres E1?

    Dipakai Keliling Tangerang-Jakarta, Seberapa Irit Mobil Listrik Seres E1?

    Jakarta

    Redaksi detikoto telah menjajal Seres E1 untuk keliling kawasan Tangerang dan Jakarta. Lantas, seberapa irit mobil listrik mungil tersebut?

    Saya sebagai test driver menggunakan Seres E1 tipe L sebagai varian tertinggi. Kendaraan tersebut punya baterai 16,8 kWh dengan jarak tempuh maksimum 220 km. Saya semobil bersama satu orang lain di kursi penumpang.

    Kami mengawali perjalanan dari dealer DFSK di Cikupa, Kabupaten Tangerang. Kami kemudian menuju BSD City melalui Tol Cinere Jagorawi dan keluar di Serpong. Lintasan yang dilintasi tak hanya jalur bebas hambatan, melainkan juga jalanan sempit dan banyak truk-truk besar.

    Seberapa irit mobil listrik Seres E1? Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Setelah berhenti sejenak di BSD City, kami melanjutkan lagi perjalanan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur melalui Tol Serpong-Cinere. Kami kemudian melintasi jalan arah Pondok Gede dan masuk ke kawasan TMII melalui pintu satu.

    Perjalanan ‘singkat’ kami berakhir di sana. Kami total menempuh jarak sekira 91,1 km. Seberapa irit mobil listrik mikro tersebut?

    Seberapa Irit Seres E1?

    Sebagai catatan, selama berkendara, saya nyaris selalu pakai mode eco, bukan sport. Gaya mengemudi saya cenderung normal, artinya tak terlalu kencang, namun juga tak seruntulan. Sementara pendingin udara/AC dinyalakan di mode low dan fitur cruise control dimatikan.

    Test drive Seres E1. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Melalui data yang tertera di MID, kami menghabiskan 46 persen baterai untuk menempuh jarak 91,1 km. Sementara catatan konsumsinya di angka 7,7 kWh/100 km. Meski bukan yang paling spesial, namun catatan tersebut sudah oke untuk mobil listrik mikro sekelasnya.

    Data tersebut juga mengungkap, kecepatan rata-rata selama perjalanan tak sampai 40 km/jam. Sementara kecepatan puncaknya hanya dibatasi di 80 km/jam.

    (sfn/rgr)

  • Honda Luncurkan Dua Motor Listrik Konsep, Salah Satunya Naked Bike

    Honda Luncurkan Dua Motor Listrik Konsep, Salah Satunya Naked Bike

    Jakarta

    Honda resmi memperkenalkan dua motor listrik konsep terbarunya, EV Fun Concept dan EV Urban Concept, di pameran EICMA 2024, Italia, pada 6-10 November. Salah satu motor listrik konsep tersebut mengusung gaya ala motor naked bike.

    Honda memiliki target mencapai netralitas karbon untuk seluruh produk dan aktivitas perusahaan mereka pada tahun 2050, dan bertujuan untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk sepeda motor pada tahun 2040-an.

    Honda EV Fun Concept Foto: Dok. Honda

    “Untuk mencapai tujuan ini, kami berupaya menjadikan elektrifikasi sepeda motor sebagai fokus utama strategi lingkungan masa depan kami,” ujar pernyataan Honda Jepang dikutip Rabu (20/11).

    Produk motor listrik konsep terbaru yang diperkenalkan pabrikan Jepang ini adalah EV Fun Concept dan EV Urban Concept. EV Fun Concept sebelumnya sudah diumumkan di acara Honda Electric Motorcycle Business Briefing 2023 yang digelar pada 29 November 2023.

    EV Fun Concept mengusung gaya ala motor sport berjenis naked bike. Baterai motor ini terekspos dengan sangat jelas di bagian bawah. Motor ini bisa melaju sejauh 100 km saat baterainya terisi penuh. Motor ini juga dilengkapi fitur pengecasan CCS2 seperti yang ada di mobil listrik. Honda EV Fun Concept rencana meluncur pertengahan 2025.

    Honda EV Urban Concept Foto: Dok. Honda

    Sementara itu, EV Urban Concept desainnya lebih terlihat seperti motor matic konvensional. Kalau diperhatikan detailnya, Honda EV Urban Concept mirip seperti konsep motor listrik BMW CE 04.

    “EV Urban Concept adalah model konsep yang menciptakan kembali visi Honda untuk mobilitas listrik perkotaan. Model motor masa depan yang berkolaborasi dan beresonansi dengan masyarakat melalui desain canggih, HMI (Human Machine Interfaces) yang intuitif, dan pengalaman baru yang diciptakan perpaduan perangkat lunak dan perangkat keras,” tulis Honda.

    Honda EV Urban Concept Foto: Dok. Honda

    (lua/rgr)

  • Awas Kaget, Segini Cicilan Mobil Mewah Kayak Ditumpangi Presiden Prabowo

    Awas Kaget, Segini Cicilan Mobil Mewah Kayak Ditumpangi Presiden Prabowo

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menumpangi mobil mewah Mercedes-Benz Maybach S-Class saat berkunjung ke Brasil. Mobil itu tembus milaran rupiah saat dijual di Indonesia. Tertarik beli secara kredit? Simak simulasinya, yuk!

    Sebagai gambaran, salah satu model yang dipasarkan di Indonesia adalah Mercedes-Benz Maybach S 580 4MATIC+. Harga off the road-nya Rp 7,3 miliaran, namun salah satu platform pembiayaan membanderol harganya jadi Rp 8.390.000.000 (Rp 8,3 miliaran).

    Perlu diketahui keunikan lain yang ditawarkan dari seri flagship ini adalah bisa kustomisasi kendaraan sesuai keinginan pemilik, jadi harganya bisa berbeda juga. Kustomisasi itu bisa dari warna exterior hingga interior, motif jahitan pada tempat duduk, trim interior, setir mobil, velg, hingga kunci mobil.

    Lanjut ke simulasi kreditnya, misalnya down payment (DP) 30 persen atau Rp 2.517.000.000 (Rp 2,5 miliaran). Lalu skema pembayaran angsuran pertama dibayarkan di belakang (ADDB) dan asuransi kendaraan kombinasi. Berikut contohnya:

    TDP: Rp 3.121.782.000 (Rp 3,1 miliaran)
    Cicilan 12 bulan: Rp 502,432,000

    TDP: Rp 2.959.565.250 (Rp 2,9 miliaran)
    Cicilan 24 bulan: Rp 258.203.000

    TDP: Rp 2.949.860.000
    Cicilan 36 bulan: Rp 176.134.000

    TDP: Rp 2.982.021.500
    Cicilan 48 bulan: Rp 140.756.000

    TDP: Rp 3.032.424.750
    Cicilan 60 bulan: Rp 128.444.000

    Perhitungan simulasi di atas tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Ini hanya gambaran hitungan saja jika tertarik memiliki mobil mewah lansiran Jerman tersebut.

    Mercedes-Maybach S-Class adalah karya seni yang dibuat lebih dari 400 tangan di pabrik Mercedes-Benz. Ciri khas Mercedes-Maybach S-Class terbaru ini terlihat dari grille radiator dengan garis-garis krom vertikal. Bagian kap mesin juga memiliki sirip krom.

    Berdasarkan desain interior S-Class terbaru, model Maybach ini memiliki fitur-fitur seperti pintu belakang yang dioperasikan secara elektrik yang terintegrasi ke dalam sistem Active Blind Spot Assist, sandaran kursi depan dengan trim kayu berkualitas tinggi, peredam bising aktif, pencahayaan belakang adaptif, dan banyak lagi.

    Maybach terbaru juga dilengkapi fungsi pijat betis untuk penumpang belakang. Fitur itu diintegrasikan ke dalam sandaran betis di kursi Eksekutif penumpang belakang. Ada paket opsional berupa kulkas dengan kapasitas 10 liter yang dapat dilepas-pasang.

    Mercedes-Maybach S-Class dilengkapi dengan mesin V8 empat liter yang dapat menghasilkan tenaga 503 hp dan torsi 700 Nm. Mobil ini bisa berlari dari titik nol sampai 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya 250 km/jam.

    (riar/rgr)

  • Tak Cuma di Mal, Ini Lokasi Parkir Valet Kena Pajak

    Tak Cuma di Mal, Ini Lokasi Parkir Valet Kena Pajak

    Jakarta

    Parkir valet dikenakan pajak. Tak cuma di mal, pajak parkir valet itu berlaku di semua tempat yang menawarkan layanan jasa tersebut.

    Parkir valet rupanya termasuk dalam objek Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) yang tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Objek PBJT merupakan penjualan, penyerahan, dan/atau konsumsi barang dan jasa tertentu, salah satunya jasa parkir.

    Dijelaskan pada pasal 48 ayat 1, jasa parkir yang dimaksud meliputi penyediaan atau penyelenggaraan tempat parkir dan/atau pelayanan memarkirkan kendaraan (parkir valet). Dengan demikian, setiap layanan kendaraan melalui parkir valet akan dikenakan pajak.

    Lokasi Parkir Valet Kena Pajak

    Mengutip laman Bapenda Jakarta, lokasi parkir valet dikenakan pajak ini tidak hanya sebatas di pusat perbelanjaan. Hotel, tempat umum, ataupun tempat parkir swasta yang menyediakan layanan tersebut akan dikenakan pajak.

    “Pengguna layanan parkir valet diwajibkan membayar pajak yang secara otomatis ditambahkan ke biaya layanan valet yang disediakan,” demikian tulis laman Bapenda.

    Soal besar tarifnya, diatur dalam pasal 53 ayat 1 perda tersebut. Dalam pasal ini disebutkan bahwa tarif PBJT atas makanan dan/atau minuman, jasa perhotelan, jasa parkir, dan jasa kesenian serta hiburan ditetapkan sebesar 10 persen. Ini berarti bahwa setiap pengguna jasa parkir valet di Jakarta akan dikenakan pajak sebesar 10% dari biaya parkir valet yang harus dibayar karena termasuk objek PBJT Jasa Parkir.

    “Tarif PBJT atas makanan/dan atau minuman, jasa perhotelan, jasa parkir, dan jasa kesenian dan hiburan, ditetapkan sebesar 10 persen,” demikian bunyi aturannya.

    Dengan adanya aturan terbaru ini, masyarakat yang menggunakan layanan parkir valet perlu menyadari bahwa biaya tambahan yang mereka bayarkan termasuk pajak 10% sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bagi masyarakat yang sering menggunakan layanan valet di Jakarta, pastikan untuk memahami perhitungan ini, serta mendukung implementasi pajak yang bertujuan untuk pembangunan daerah yang lebih baik.

    (dry/rgr)

  • Tabrakan Mobil Polisi vs Mobil Polisi, Sopir Hilang Kendali Gegara Ini

    Tabrakan Mobil Polisi vs Mobil Polisi, Sopir Hilang Kendali Gegara Ini

    Jakarta

    Kecelakaan mobil polisi vs mobil polisi terjadi di Pandeglang, Banten. Usut punya usut, kecelakaan itu terjadi disebabkan sopir yang hilang kendali.

    Mobil polisi bertabrakan dengan sesama mobil polisi. Kecelakaan antara mobil polisi vs mobil polisi itu terjadi di ruas jalan Serang-Pandeglang, Kampung Waas, Desa Cadasari, Pandeglang, Banteng. Dikutip detikNews, kecelakaan itu melibatkan mobil milik Lantas Polres Pandeglang dan Polsek Cadasari.

    Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Ferry Octaviari Pratama menjabarkan, kecelakaan itu dipicu sopir kehilangan kendali lantaran terganggu ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) yang diangkut di dalam mobil.

    “Pada saat melintas di TKP, kendaraan roda empat tersebut hilang kendali dikarenakan pengemudi mobil GranMax dinas Polsek Cadasari terganggu oleh ODGJ yang mengamuk di dalam kendaraan,” kata Ferry.

    Akibatnya, Gran Max itu masuk ke lajur kanan dan menabrak mobil Mazda yang merupakan kendaraan dinas Polri Satlantas Polres Pandeglang. Kala itu mobil tengah melaju dari arah Pandeglang ke arah Serang. Beruntung tak ada korban jiwa akibat kecelakaan itu.

    “Akibat kejadian kecelakaan tersebut, kedua kendaraan mengalami kerusakan di bagian depan sudut sebelah kanan. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka akibat kecelakaan tersebut,” sebut Ferry.

    Mengemudi dalam kondisi hilang kendali memang sangat membahayakan. Namun hilang kendali yang dialami sopir mobil dinas Polsek Cadasari itu boleh dibilang merupakan faktor eksternal.

    (dry/rgr)

  • Bos Ducati vs Bos Aprilia soal Nomor 1 di Motor MotoGP

    Bos Ducati vs Bos Aprilia soal Nomor 1 di Motor MotoGP

    Jakarta

    Bos Aprilia angkat bicara soal penggunaan nomor motor 1 di Aprilia yang bisa dibawa Jorge Martin. Kata Massimo Rivola, pihaknya tak ambil pusing soal nomor motor itu.

    Nomor motor 1 di MotoGP untuk musim 2025 masih misteri. Untuk diketahui, nomor motor 1 itu tak bisa digunakan sembarang pebalap. Nomor motor 1 hanya boleh dipergunakan oleh juara MotoGP di tiap musimnya.

    Untuk musim 2025, pebalap yang berhak menggunakan nomor motor 1 adalah Jorge Martin. Menariknya, nomor 1 itu bisa digunakan Martin pada motor Aprilia RS-GP. Padahal, gelar juara didapat saat Martin perkasa menunggangi Ducati Desmosedici GP24. Manajer tim Ducati Davide Tardozzi meyakini nomor 1 itu akan diboyong Martin. Tapi baginya Ducati tak mempermasalahkan hal itu. Toh, nomor itu didapat saat Martin menunggangi motor pabrikan Borgo Panigale bukan saat bersama Aprilia.

    “Kalau Aprilia mau menggunakan nomor satu, kita lihat nanti apa mereka bisa mempertahankannya musim depan,” ungkap Tardozzi dikutip dari laman MotoGP.

    [Gambas:Instagram]

    Bos Aprilia Massimo Rivola pun buka suara soal komentar Tardozzi itu. Menurut Rivola, Aprilia tidak ambil pusing soal nomor motor Jorge Martin.

    “Saya pikir kami menghabiskan (waktu) lebih sedikit dari mereka untuk urusan nomor,” ujar Rivola.

    Martin saat ini memang belum memutuskan soal nomor pada motornya. Pada sesi tes pramusim, Martin masih terlihat menggunakan nomor 89 seperti digunakan di Ducati dulu. Sementara Francesco Bagnaia, terlihat sudah melepas angka 1 di motornya. Bagnaia pun kembali menggunakan nomor motor 63.

    Pebalap MotoGP yang Menggunakan Nomor 1 di Motor

    Sebagai catatan, tidak banyak pebalap yang menggunakan nomor 1 setelah menjadi juara balap motor kelas premier tersebut. Ada Wayne Rainey yang membela tim pabrikan Yamaha pada tahun 1991-1993. Berlanjut Ada Kevin Schwantz dari tim pabrikan Suzuki pada tahun 1994. Kemudian ada Mick Doohan saat membela Repsol Honda tahun 1995-1999.

    Alex Criville yang membela Repsol Honda pada tahun 2000 juga terlihat mengenakan nomor motor 1. Kenny Roberts Jr bersama Telefonica Movistar Suzuki pada tahun 2001 juga mengganti dengan nomor motor 1. Nicky Hayden yang menjadi jawara tahun 2006 mengganti nomor motornya dari 69 jadi 1 pada tahun 2007.

    Casey Stoner pun demikian. Pada tahun 2007, bersama dengan Ducati Team pebalap Australia itu mengenakan nomor motor 1. Jorge Lorenzo kemudian ikut di dalam klub elit pengguna nomor 1 pada tahun 2011. Nomor 1 terakhir kali digunakan pada tahun 2012 oleh Casey Stoner saat bersama Repsol Honda. Selanjutnya ada Francesco Bagnaia yang menggunakan nomor motor 1 pada musim 2022 dan 2023.

    (dry/rgr)

  • Polisi Investigasi Hyundai Usai Kematian 3 Pekerja saat Uji Coba Mobil

    Polisi Investigasi Hyundai Usai Kematian 3 Pekerja saat Uji Coba Mobil

    Jakarta

    Polisi Korea Selatan (Korsel) menginvestigasi kasus kematian tiga pekerja di Hyundai Motor Company (HMC) saat melakukan pengembangan mobil di negara setempat. Bagaimana kronologinya?

    Disitat dari Carscoops, Rabu (20/11), ketiga pekerja tersebut terlibat dalam uji ruang yang rumit. Pengujian tersebut dirancang untuk melihat bagaimana mobil purwarupa merespons kondisi iklim yang disimulasikan.

    Pada pengujian tersebut, kendaraan yang dites dipaparkan panas dan dingin ekstrem. Selain itu, ada pengujian lingkungan lain seperti basah atau kelembapan.

    Pabrik Ulsan Hyundai. Foto: Doc. Hyundai.

    Kini, kepolisian setempat masih menyelidiki kasus itu di Divisi Elektrifikasi Hyundai, Ulsan. Namun, laporan terbaru mengatakan, tiga pekerja tersebut tewas dalam kondisi lemas. Kabarnya, kematian itu dipicu penumpukan gas buang di dalam ruangan.

    Menurut Korean Car Blog, korban yang merupakan dua peneliti senior dan satu peneliti eksternal tersebut ditemukan rekan-rekan pabrik setelah gagal keluar dari ruang mobil tunggal pada waktu yang ditentukan.

    “Hyundai Motor Company sangat berduka atas insiden yang terjadi di pabrik kami di Ulsan, Korea Selatan,” kata Hyundai dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa perusahaan akan “bekerja sama sepenuhnya dengan semua otoritas terkait untuk menentukan penyebab insiden tersebut”.

    Pabrik Ulsan Hyundai. Foto: Doc. Hyundai.

    Sebagai catatan, pabrik Ulsan merupakan manufaktur terbesar Hyundai di dunia. Saat ini, pabrik tersebut memproduksi sekitar seperempat dari semua kendaraan Hyundai dan memiliki kapasitas produksi hampir 1,5 juta mobil setahun.

    Fasilitas tersebut begitu besar hingga terbagi menjadi lima bangunan. Hyundai baru-baru ini menerima dana sebesar US$ 1,4 miliar untuk pembangunan gedung kelima yang disiapkan khusus untuk produksi mobil listrik.

    (sfn/rgr)

  • Momen Prabowo Nonton Timnas Indonesia dari Dalam Mobil Mewah

    Momen Prabowo Nonton Timnas Indonesia dari Dalam Mobil Mewah

    Jakarta

    Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil mengalahkan Arab Saudi dalam lanjutan Matchday Keenam Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Presiden Prabowo Subianto yang sedang berada di Brasil tak ketinggalan menonton siaran langsung Timnas Indonesia.

    Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0. Marselino Ferdinan menjadi pencetak kedua gol ke gawang Arab Saudi.

    Prabowo menyaksikan pertandingan secara streaming melalui ponselnya. Momen Prabowo menyaksikan timnas Indonesia secara streaming diunggah di akun Instagramnya.

    “Semangat Garuda , Ayo Indonesia,” tulis Prabowo seperti dilihat Selasa (19/11/2024).

    Tampak Prabowo menonton siaran langsung pertandingan Timnas Indonesia vs Arab Saudi saat dalam perjalanan darat. Prabowo saat itu sedang menumpangi mobil mewah Mercedes-Maybach. Hal itu bisa dilihat dari kemewahan kabinnya dan terdapat logo Maybach di bawah layar.

    Presiden Prabowo tiba di Brasil dijemput Mercedes-Maybach. Foto: YouTube Prabowo Subianto

    Saat di Brasil, Prabowo memang menumpangi mobil mewah Mercedes-Maybach S-Class. Mobil tersebut menggunakan pelat merah bertuliskan “INDONESIA”.

    Prabowo turun dari Mercedes-Maybach hadiri KTT G20 di Brasil. Foto: YouTube Prabowo Subianto

    Mercedes-Maybach S-Class adalah karya seni yang dibuat lebih dari 400 tangan di pabrik Mercedes-Benz. Ciri khas Mercedes-Maybach S-Class terbaru ini terlihat dari grille radiator dengan garis-garis krom vertikal. Bagian kap mesin juga memiliki sirip krom.

    Keunikan lain yang ditawarkan dari seri flagship itu adalah bisa kustomisasi kendaraan sesuai keinginan pemilik. Dari warna exterior hingga interior, motif jahitan pada tempat duduk, trim interior, setir mobil, velg, hingga kunci mobil.

    Berdasarkan desain interior S-Class terbaru, model Maybach ini memiliki fitur-fitur seperti pintu belakang yang dioperasikan secara elektrik yang terintegrasi ke dalam sistem Active Blind Spot Assist, sandaran kursi depan dengan trim kayu berkualitas tinggi, peredam bising aktif, pencahayaan belakang adaptif, dan banyak lagi.

    Maybach terbaru juga dilengkapi fungsi pijat betis untuk penumpang belakang. Fitur itu diintegrasikan ke dalam sandaran betis di kursi Eksekutif penumpang belakang. Ada paket opsional berupa kulkas dengan kapasitas 10 liter yang dapat dilepas-pasang.

    Mercedes-Maybach S-Class dilengkapi dengan mesin V8 empat liter yang dapat menghasilkan tenaga 503 hp dan torsi 700 Nm. Mobil ini bisa berlari dari titik nol sampai 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya 250 km/jam.

    Maybach merupakan merek mobil ultramewah di bawah naungan Mercedes-Benz. Mobil ini juga sudah dijual di Indonesia dalam bentuk Mercedes-Maybach S 580 4Matic+. Mercedes-Benz Indonesia menjual Maybach S 580 seharga Rp 7,3 miliar off the road.

    (rgr/din)