Jenis Media: Otomotif

  • Kalau Aja Kualitas BBM di Indonesia Lebih Baik, Dampak Positifnya Banyak

    Kalau Aja Kualitas BBM di Indonesia Lebih Baik, Dampak Positifnya Banyak

    Jakarta

    Sektor transportasi menjadi salah satu kontributor utama polusi udara di Indonesia. Sebab, bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia dinilai masih berkualitas rendah. Indonesia membutuhkan BBM yang lebih berkualitas untuk menangani polusi udara yang semakin menjadi-jadi.

    Institute for Essential Services Reform (IESR), lembaga think tank di bidang energi terbarukan dan lingkungan, bersama Center of Reform on Economics (CORE Indonesia), Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), dan Research Center for Climate Change Universitas Indonesia (RCCC-UI) meluncurkan kajian “Analisis Dampak Kebijakan Pengetatan Standar Kualitas BBM pada Aspek Lingkungan, Kesehatan, dan Ekonomi.”

    Kajian ini menunjukkan, jika standar kualitas BBM diperketat hingga setara Euro IV, maka dapat berdampak terhadap pengurangan polusi udara, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta menurunkan biaya sosial dan ekonomi yang diakibatkan karena peningkatan biaya kesehatan, hilangnya kesempatan ekonomi, dan kerusakan lingkungan. Pengetatan kualitas bahan bakar juga mendukung pertumbuhan ekonomi.

    Direktur Eksekutif IESR, Fabby Tumiwa, menjelaskan bahwa sekitar 45 persen polusi udara di Jakarta berasal dari sektor transportasi. Fabby mengungkapkan bahwa mayoritas BBM di pasar Indonesia, seperti Pertalite dan Pertamax, memiliki kualitas rendah. Hal itu diindikasikan dari kandungan sulfur mencapai 150-400 ppm, jauh di atas standar Euro IV.

    Untuk diketahui, sulfur merupakan komponen alami minyak mentah yang terdapat pada bensin dan diesel. Saat dibakar, sulfur menghasilkan emisi berupa sulfur dioksida (SO2). Untuk itu, Fabby mendorong penurunan kandungan sulfur dengan memperketat standar kualitas BBM, seperti menerapkan Euro IV yang membatasi sulfur maksimal 50 ppm.

    “Polusi udara menyebabkan kerugian perekonomian yang meningkatkan biaya kesehatan, menurunkan produktivitas masyarakat dan kerusakan lingkungan.Berdasarkan laporan Bank Dunia, polusi udara di Indonesia mengurangi PDB negara sekitar US 220 miliar atau sekitar 6,6 persen per tahun.Jika ingin mencapai pertumbuhan ekonomi delapan persen, seperti yang dicita-citakan Presiden Prabowo, maka pemerintah perlu sungguh-sungguh mengatasi masalah polusi udara ini,” kata Fabby dikutip dari siaran persnya.

    Ketua RCCC UI Prof. Budi Haryanto menuturkan, di Jakarta total kasus penyakit akibat polusi udara, seperti ISPA, asma, radang dan infeksi paru-paru, mencapai 175 ribu hingga 599 ribu kasus pada periode 2016-2021. Total biaya pengobatan yang diklaim melalui BPJS pada periode yang sama mencapai Rp 191 juta hingga Rp 1,8 milar pada periode yang sama. Dengan penerapan BBM yang lebih berkualitas sehingga udara lebih bersih, maka biaya pengobatan akibat polusi udara bisa dihemat.

    “Kualitas udara yang lebih bersih akan mengurangi risiko rawat inap dan biaya pengobatan terkait penyakit akibat polusi. Dengan mempromosikan kualitas BBM yang lebih tinggi, maka dapat melindungi kesehatan masyarakat sekaligus mengurangi beban ekonomi yang disebabkan oleh biaya pengobatan jangka panjang,” kata Prof Budi.

    (rgr/dry)

  • Toyota Jual Fortuner 2.4L Mulai Rp 570 Jutaan, Siapa Konsumennya?

    Toyota Jual Fortuner 2.4L Mulai Rp 570 Jutaan, Siapa Konsumennya?

    Jakarta

    Toyota Fortuner paling murah ditawarkan mulai Rp 570 jutaan dengan tipe mesin 2.4L. Lalu siapa konsumen Fortuner yang harganya tak sampai Rp 600 juta itu?

    Toyota menyajikan Fortuner dengan berbagai opsi. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Toyota Fortuner varian termurah dihadirkan lewat tipe mesin 2.4L. Fortuner 2.4L paling murah dibanderol Rp 573,7 juta sementara yang termahal Rp 591,3 juta.

    Bila dibandingkan dengan Fortuner yang mengusung mesin 2.7L dan 2.8L, hanya versi 2.4L punya banderol tak sampai Rp 600 juta. Bukan tanpa alasan, Toyota memang memposisikan Fortuner 2.4L itu buat konsumen yang menginginkan Fortuner dengan kapasitas mesin lebih kecil.

    “Opsi mesin 2.4L yang tersedia di varian G biasanya untuk pangsa pasar yang lebih ekonomis, marketnya lebih kecil dan terfokus di konsumen yang membutuhkan mesin dengan kapasitas lebih kecil dan lebih irit, ataupun yang membutuhkan transmisi manual,” ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi detikOto belum lama ini.

    Kata Anton, konsumen Fortuner memang kebanyakan mengincar tipe mesin 2.7L dan 2.8L. Hal itu juga terlihat dari penjualannya. Toyota Fortuner 2.8L misalnya selama 10 bulan pada 2024, sudah tembus 9.000-an unit. Sementara versi 2.4L hanya sekitar 144 unit.

    “Saat ini memang untuk Fortuner, customer kita lebih cenderung memilih varian tertinggi 2.8L Diesel dan 2.7L Gasoline, sehingga supply sebagian besar mengikuti demand tersebut,” terang Anton.

    Dari sisi spesifikasi, Toyota Fortuner tipe termurah mengusung mesin 2GD FTV yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 149,6 PS pada 3.400 rpm. Torsi maksimumnya mencapai 40,8 kgm pada rentang rpm 1.600-2.000. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi manual 6 percepatan.

    Fiturnya tentu tak selengkap Fortuner 2.8L. Dari sisi fitur, rival utama utama Pajero Sport ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dengan EBD dan BA. Dari sisi fitur, terdapat hill start assist, emergency brake signal, trailer sway control, traction control, dan vehicle stability control.

    (dry/rgr)

  • Potret Dua Motor Listrik Terbaru Honda

    Potret Dua Motor Listrik Terbaru Honda

    Potret Dua Motor Listrik Terbaru Honda

  • Honda Brio yang Sulit Digusur Rival-rivalnya

    Honda Brio yang Sulit Digusur Rival-rivalnya

    Jakarta

    Honda Brio begitu perkasa. Di segmen city car maupun LCGC, Honda Brio belum terkalahkan. Begini data penjualannya.

    Pesona Honda Brio banyak memikat masyarakat Indonesia. Terlebih di segmen city car dan juga Low Cost Green Car (LCGC), mobil mungil berkapasitas lima penumpang ini sulit dikalahkan rival-rivalnya. Di segmen city car misalnya, Honda Brio masih perkasa atas Toyota Agya GR Sport maupun Daihatsu Sirion.

    Berkaca pada data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Agya GR Sport sepanjang Januari hingga Oktober 2024 sebanyak 243 unit. Selanjutnya untuk Sirion, pada periode yang sama distribusinya hanya 179 unit.

    Sementara itu, Honda Brio RS distribusinya unggul jauh. Dalam 10 bulan tahun 2024, distribusinya mencapai 4.794 unit. Di segmen LCGC pun Brio belum bisa dikejar rival-rivalnya.

    Distribusi Honda Brio Satya tercatat tembus 37.441 unit sepanjang Januari hingga Oktober. Dibandingkan dengan model sejenis di segmen serupa seperti Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya, selisihnya cukup jauh. Distribusi Ayla hanya sekitar 12.796 unit. Sementara Toyota mendistribusikan 16.112 Agya ke seluruh dealernya dalam kurun waktu tersebut.

    Dari jumlah distribusi itu, terlihat jelas Honda Brio unggul jauh. Honda tak menampik Brio memang amat diminati khususnya kalangan entry level alias konsumen yang baru pertama kali beli mobil.

    “Brio ini kan diminati banyak sekali di entry level ya. Jadi orang pertama kali punya mobil, first time buyer, banyak beli Brio, terutama Satya. Orang yang dari kendaraan umum, dari roda dua (banyak yang membeli Brio,” ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy terkait Brio belum lama ini.

    Brio menjadi jawaban masyarakat Indonesia yang mencari mobil dengan harga terjangkau. Dari sisi harga, Brio memang cukup ramah di kantong. Honda Brio paling murah dibanderol Rp 167,9 juta hingga yang termahal tembus Rp 253,1 juta.

    (dry/rgr)

  • Suzuki Jimny Edisi Arctic Meluncur di Malaysia, Warna Putihnya Unik

    Suzuki Jimny Edisi Arctic Meluncur di Malaysia, Warna Putihnya Unik

    Jakarta

    Suzuki Malaysia resmi meluncurkan varian baru Suzuki Jimny 3-Door dengan nama Suzuki Jimny Arctic. Mobil ini hadir dengan perubahan pada bagian eksterior dengan warna full putih, hingga ubahan di bagian interior dengan sentuhan material premium.

    Seperti dikutip dari Paultan, Suzuki Jimny 3-Door Arctic ini dibanderol dengan harga mulai RM 167.900 (Rp 594 juta) on the road tanpa asuransi. Yang menarik, Jimny 3-Door ini mendapatkan pilihan warna eksterior full putih.

    Warna putih ini menyelimuti seluruh bodi, dari bagian atap, bodi samping, bodi depan-belakang, kaca spion, grille, bumper, bahkan hingga overfender-nya. Walhasil, tampang mobil ini pun berubah, dari sebelumnya berkesan gahar, menjadi berkesan mewah dan elegan.

    Geser ke bagian interior, mobil ini mendapatkan sistem infotainment modern, alas lantai yang mewah, jok dua warna dengan pelapis material kulit Nappa yang mewah. Selain penyempurnaan ini, bagian Arctic lainnya tetap sama seperti varian standarnya, termasuk sistem penggeraknya.

    Mobil ini juga masih mengusung mesin bensin empat silinder K15B 1,5 liter VVT, N/A, yang bisa menghasilkan tenaga 100 dk pada 6.000 rpm, serta torsi 130 Nm pada 4.000 rpm, dikawinkan dengan transmisi otomatis empat kecepatan dan sistem penggerak empat roda paruh waktu dengan kotak transfer jarak rendah.

    Selain Jimny Arctic, Naza Eastern Motors selaku distributor Suzuki di Malaysia juga menambahkan dua pilihan warna baru untuk Jimny 3-Door, yaitu Pearl White, juga Chiffon.

    “Peluncuran Jimny Arctic menandai tonggak penting bagi Suzuki Cars Malaysia, karena kami menghadirkan model edisi terbatas yang menarik ini kepada komunitas kami di Malaysia,” kata COO Naza Eastern Motors, Mohamad Irwan Shahril.

    (lua/rgr)

  • Kemenperin Dorong Produsen Bikin LCGC Hybrid di Indonesia

    Kemenperin Dorong Produsen Bikin LCGC Hybrid di Indonesia

    Jakarta

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong produsen mobil membuat low cost green car atau LCGC hybrid di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pasar dan mengurangi emisi karbon di dalam negeri.

    Dodiet Prasetyo selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin mengatakan, penjualan LCGC cukup tinggi di Indonesia. Dia ingin, catatan baik itu ditingkatkan dengan meluncurkan varian hybrid.

    “Tentunya kami mendorong para pabrikan untuk bisa menyematkan teknologi hybrid di LCGC,” ujar Dodiet Prasetyo dalam forum diskusi yang digelar di Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

    “Poinnya adalah satu, kita ingin meningkatkan pencapaian yang sudah bagus tadi. Kemudian dalam rangka sumbangsih penurunan emisi dan ketahanan energi. Kami ingin meningkatkan apa yang sudah efisien menjadi lebih efisien,” tambahnya.

    Kemenperin bicara soal LCGC hybrid. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Penjualan LCGC tahun lalu mencapai 204.705 unit dengan market share tembus 20,3 persen. Nominal tersebut mengalami kenaikan 9,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Dodiet menegaskan, usulan LCGC hybrid tersebut ada di tahap studi dan pembahasan internal. Kemenperin dan sejumlah pihak terkait sedang menganalisa sejauh mana potensi kendaraan tersebut meluncur di Indonesia.

    “Kami studi internal, apakah kendaraan LCGC itu bisa disematkan hybrid? Itu bisa strong atau mild. Kalau itu bisa dikombinasikan, ini akan menyumbang penghematan bahan bakar dan transisi energi,” tuturnya.

    “Tentunya ini kita sampaikan, posisinya saat ini masih menganalisa apakah itu memang possible. Ya semoga ke depan ada LCGC hybrid di Indonesia,” tambahnya.

    Tampilan Daihatsu Sigra Facelift 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikcom

    Di kesempatan yang sama, Kukuh Kumara selaku Sekertaris Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kemenperin. Menurutnya, LCGC kini tak lagi digolongkan murah. Itulah mengapa, penambahan teknologi hybrid seharusnya bukan masalah.

    “Menarik, kita bisa ke sana kalau volume-nya besar. LCGC volume besar tapi teknologi berubah. Tidak bisa emisinya segitu saja, ya jalan keluarnya hybrid,” ungkap Kukuh Kumara di lokasi yang sama.

    “Karena mobil ini bukan low cost lagi, dibandingkan yang lain juga emisinya sudah tinggi. Mau baru atau lama, kalau produknya bisa diminati konsumen, ya menarik,” kata dia menambahkan.

    Sebagai catatan, ada lima model LCGC yang saat ini dijual di Indonesia, yakni Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Honda Brio Satya.

    (sfn/rgr)

  • Motor Bebek Edisi Spesial Yamaha Meluncur: Iritnya Kebangetan

    Motor Bebek Edisi Spesial Yamaha Meluncur: Iritnya Kebangetan

    Jakarta

    Yamaha Finn edisi spesial baru saja meluncur di Thailand. Motor bebek ini punya keunggulan soal konsumsi bahan bakar.

    Yamaha Finn 2024 hadir di Thailand untuk memenuhi kebutuhan konsumen pencinta motor bebek. Di Negeri Gajah Putih, motor bebek memang masih banyak peminatnya. Tak ayal pabrikan-pabrikan motor terus memperbarui lini produk motor bebeknya.

    Motor bebek ini masuk dalam segmen entry level dengan harga paling mahal Rp 22,9 juta untuk edisi spesial. Sedangkan tipe standar yang termurah dijual 41.200 baht atau setara Rp 18,9 jutaan.

    Ada sejumlah perbedaan untuk Finn SP alias edisi spesial dibanding versi terbawahnya. Selain menggunakan velg racing, motor ini juga dibekali shockbreaker aftermarket lansiran YSS.

    Selain itu Yamaha Finn di Thailand sudah dibekali fitur UBS (Unified Brake System). Sistem rem terpadu ini bisa menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Fitur ini bekerja saat rem belakang ditarik. Mirip-mirip dengan Combi Brake System (CBS) yang ada di Honda.

    Menyandang status sebagai edisi spesial, motor ini diberikan sentuhan berbeda dari warna sporty premium dengan logo dan stiker khusus pada velg depan dan belakang. Joknya juga dijahit dual tone dengan pola khusus.

    Biar motor bebek, motor ini juga tidak mau kalah dari kelas matik. Yamaha Finn memiliki kapasitas bagasi 9,2 liter yang bisa muat helm half face. Fitur yang menunjang mobilitas adalah kompartemen pada area depan.

    Selebihnya Yamaha Finn masih sama, yakni dengan desain yang sporty, di mana bagian lampu seinnya menyatu dengan tebeng atau fairing, sementara lampu utamanya terpisah. Kemudian, fitur-fitur motor ini masih cukup standar, seperti kunci kontak konvensional, lampu bohlam, dan panel instrumen analog.

    Yamaha Thailand sudah melakukan pengujian touring dengan karakter rider yang berbeda-beda. Dengan jarak sekitar 50 kilometer, konsumsi bahan bakarnya berkisar 83,33 km/liter hingga 91,18 km/liter. Konsumsi rata-rata BBM-nya sekitar rata-ratanya adalah 87,97 km/liter. Gimana irit poll, bukan?

    Secara spesifikasi motor ini diakomodir untuk penggunaan harian yang mengincar efisiensi bahan bakar. Mesinnya 114 cc dengan kompresi 9,3 banding 1. Tidak ada informasi berapa muntahan tenaga dan torsi yang dikeluarkan.

    (riar/rgr)

  • Heboh Konvoi Mobil VIP Tabrak Mobil Warga sampai Ringsek

    Heboh Konvoi Mobil VIP Tabrak Mobil Warga sampai Ringsek

    Jakarta

    Konvoi VIP di Malaysia menabrak mobil warga. Kejadian ini bikin heboh di jagat media sosial negeri jiran itu.

    Sejumlah mobil terlibat kecelakaan serius di Lebuhraya Plus, Malaysia. Kecelakaan itu melibatkan konvoi VIP yang menabrak mobil warga. Kecelakaan ini pun tengah diinvestigasi pihak kepolisian setempat. Dalam rekaman video dashcam yang beredar, terlihat saat kejadian kondisi jalan tengah hujan dan visibilitas minim.

    Kemudian di lajur tengah, terlihat laju mobil melambat. Selanjutnya dari kamera belakang, tampak mobil pengawal dengan sirene datang membuka jalan dengan cara mengambil celah di antara lajur paling kanan dan lajur tengah. Tak lama setelahnya, muncul sedan yang menggunakan lampu strobo mengekor di balik mobil pengawal itu dan langsung menghantam bagian belakang Proton Saga.

    Pintu bagasi Proton Saga itu pun langsung terangkat usai dihantam mobil pengawal. Terlihat bagian belakang kanan ringsek. Lampunya pecah dan bempernya juga hancur. Kemudian ada juga sedan lain yang bagian depannya kirinya terlihat rusak.

    Dikutip Paultan, Direktur JSPT Bukit Aman, Datuk Seri Mohd Yusri Hassan Basri, mengungkap saat ini sudah meminta keterangan dari para saksi.

    “Segera setelah investigasi selesai, kami akan mengirimkan ke wakil jaksa penuntut umum untuk ditindaklanjuti,” katanya.

    Kejadian ini banyak mendapat sorotan dari warga Malaysia. Pengawalan VIP sebenarnya sah-sah saja dilakukan, namun tetap harus memperhatikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan lainnya. Jangan karena mengawal rombongan VIP namun keselamatan pengguna jalan lain justru terabaikan dan ujungnya terjadi kecelakaan.

    Keselamatan di jalan raya memang merupakan tanggung jawab bersama. Kecelakaan itu juga bisa menjadi pelajaran untuk pengawalan di Indonesia. Seperti diketahui seringkali para pejabat maupun kalangan VIP mendapat pengawalan khusus saat melintas di jalan. Saat pengawalan, tentunya harus memperhatikan kondisi lalu lintas yang dilewati tersebut.

    (dry/rgr)

  • Ada Kota Larang Pengendara Motor Pakai Helm Full Face, Kenapa?

    Ada Kota Larang Pengendara Motor Pakai Helm Full Face, Kenapa?

    Jakarta

    Kota di Filipina melarang penggunaan helm full face di seluruh wilayahnya. Helm yang menutup seluruh wajah pengendara motor ini dinilai memudahkan tindak kejahatan dan pelakunya melarikan diri.

    Aturan Wali Kota tentang Larangan Pakai Helm Full Face

    Pemerintah kota San Carlos, Filipina, tidak membolehkan penggunaan helm full face di wilayahnya. Aturan untuk pemotor ini dikeluarkan Renato Gustilo, wali kota wilayah di utara Negros Occidental, Filipina.

    Seperti dilansir dari Philippine News Agency, awalnya Gustilo mencabut aturan penggunaan helm pelindung bagi pemotor lewat Peraturan Wali Kota atau Executive Order (EO) nomor 86. Namun dia merevisi aturan lewat EO 89 yang memperbolehkan helm open face.

    “Untuk tujuan klarifikasi, penggunaan helm full-face tidak diperbolehkan di dalam kota. Namun, mulai dari area mana pun (yang disebutkan) hingga ke luar Kota San Carlos, penggunaan helm full-face wajib dilakukan,” kata Gustilo dalam aturan yang ditandatangani 29 Februari 2024 itu.

    Adapun helm full face baru boleh digunakan di wilayah Subdivisi Sancaville di Barangay Rizal, City Hardware, dan Kalingling Bridge. Pemerintah menempatkan petugas di pos pemeriksaan yang akan mengecek setiap pengendara dan penumpang.

    “Semua pengendara sepeda motor dan penumpang di belakang wajib melepas helm, topi, atau masker atas perintah aparat penegak hukum yang berjaga di pos-pos pemeriksaan, yang didirikan di area yang ditentukan sesuai dengan perintah ini,” kata Wali Kota.

    Alasan Larangan Helm Full Face

    Alasan pelarangan penggunaan helm full face ini berkaitan dengan tindakan kriminal di Kota San Carlos. Penjahat biasa menutupi identitasnya menggunakan helm full face.

    Dikutip dari Acko Drive, peraturan itu terbit setelah adanya serangan granat oleh seseorang yang mengenakan helm full face di area kota yang sangat padat. Peristiwa terjadi pada 27 Februari 2024 dan menyebabkan tiga orang terluka parah dan merusak dua kendaraan.

    “Telah diamati bahwa sebagian besar kejahatan dilakukan oleh orang-orang yang mengenakan helm pelindung sepeda motor untuk menyembunyikan identitas mereka,” ungkap Gustilo.

    Dia juga memerintahkan agar pengendara membatasi kecepatannya hingga 40 km per jam. Hal ini diharapkan dapat menekan angka kriminalitas dan membantu petugas mengidentifikasi pelaku kriminal.

    Dengan tegas, Gustilo memerintahkan semua aparat turut serta menegakkan aturan tersebut.

    “Semua penegak lalu lintas kota dan semua penjaga daerah di masing-masing wilayah, anggota Polisi Nasional Filipina (PNP), Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), dan anggota Tim Penegakan Hukum (LET) harus menegakkan perintah ini,” tegasnya.

    Itulah tadi informasi tentang larangan bagi pemotor memakai helm full face yang dikeluarkan oleh Renato Gustilo, Wali Kota San Carlos di wilayah utara Negros Occidental, Filipina.

    (bai/row)

  • New Hyundai Tucson Hybrid Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 632 Juta

    New Hyundai Tucson Hybrid Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 632 Juta

    Jakarta

    New Hyundai Tucson resmi meluncur di Indonesia. Hyundai Tucson generasi terbaru kini dapat pilihan mesin Internal Combustion Engine (ICE) dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). New Hyundai Tucson dipasarkan dengan harga mulai Rp 632 juta.

    Menyusul kesuksesan peluncuran All New Santa Fe Turbo Hybrid di Indonesia, New Tucson menjadi model kedua Hyundai di Indonesia yang menggunakan teknologi mesin hybrid terbaru racikan pabrikan Korea Selatan.

    “Untuk pasar Indonesia, New Tucson akan memuaskan pelanggan Indonesia dengan eksterior premium, pilihan mesin yang tegas, interior mewah dan luas, dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa,” ujar President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Ju Hun Lee di Jakarta, Kamis (21/11/2024).

    Di kancah global, Hyundai Tucson telah mendapatkan pengakuan luas dengan berbagai penghargaan bergengsi, seperti 2024 Best Cars for the Money, 2023 Best Compact SUV for Families, dan 2022 Best Hybrid and Electric SUV for the Money dari U.S. News & World Report.

    Secara tampilan, New Hyundai Tucson tampil berani dengan desain eksterior sporty dan elegan yang menciptakan kesan bold dan berani. Mobil ini telah dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden Signature LED lamps yang memberikan tampilan modern.

    Hyundai Tucson Foto: Luthfi Anshori/detikcom

    Selain itu, kehadiran Integrated Rear Combination LED lamps dan Wide Center lamp menegaskan kesan ikonik dari Hyundai. New Tucson memiliki garis bodi yang tegas dari fender depan hingga belakang, menciptakan siluet dinamis.

    New Hyundai Tucson dibekali dua pilihan mesin, yakni ICE konvensional dan hybrid. Mesin ICE konvensionalnya Smartstream G2.0 MPi yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 156 PS (153,8 dk) pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 192 Nm.

    Sementara mesin hybrid-nya menggunakan performa lebih garang, dengan spesifikasi Smartstream G1.6T-GDi HEV yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 235 PS (231,7 dk) pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 367 Nm.

    Mobil ini juga dilengkapi sistem E-Motion Drive yang memiliki mode e-Dynamic Drive dan e-Comfort Drive buat memberikan pengendalian dan kontrol yang lebih baik.

    e-Dynamic Drive bisa mengurangi gejala understeer melalui pengaturan kontrol rem saat mobil menikung. Sementara e-Comfort Drive berfungsi saat melewati gundukan di jalan, teknologi hybrid membantu mengurangi gerakan kendaraan (pitch motion), untuk kemulusan berkendara.

    Mobil ini juga dilengkapi Baby Mode yang memungkinkan akselerasi lebih halus, sehingga memastikan kenyamanan bayi selama perjalanan.

    New Hyundai Tucson ditawarkan dalam lima pilihan warna, yaitu Creamy White Pearl, Ultimate Red Metallic, Phantom Black Pearl, Titan Gray Metallic, dan Pine Green Matte.

    Berikut varian dan harga on the road Jakarta New Hyundai Tucson:

    New Hyundai Tucson Turbo Hybrid 1.6T HEV: Rp 743.000.000Internal Combustion Engine 2.0 Gasoline: Rp 632.000.000. (lua/rgr)