Jenis Media: Otomotif

  • Harga di Bawah Rp 200 Juta, Segini Pajak BYD Atto 1

    Harga di Bawah Rp 200 Juta, Segini Pajak BYD Atto 1

    Jakarta

    Bukan cuma harga yang murah, pajak BYD Atto 1 juga ramah di kantong. Segini pajak BYD Atto 1 yang harus dibayar tiap tahun.

    BYD Atto 1 menjadi salah satu mobil listrik dengan harga terjangkau. Harganya bahkan di bawah Rp 200 juta. Kini, BYD Atto 2 dijual dengan harga Rp 199 juta sampai Rp 235 juta.

    Pajak BYD Atto 1

    Seperti mobil listrik pada umumnya, pajak BYD Atto 1 juga murah meriah! Tiap tahun pemilik BYD Atto 1 hanya dikenai Rp 143 ribu untuk bayar pajak. Pajaknya lebih murah dari model-model mobil bensin dengan harga serupa.

    Bukan tanpa alasan, mobil listrik memang mendapat keringanan pajak. Apa pun jenisnya, berapa pun harganya, pajak mobil listrik bakal tetap murah meriah.

    Buat yang belum tahu, PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) kendaraan listrik ditetapkan 0 persen dari dasar pengenaan PKB (DP PKB). Hal itu tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024 pasal 10.

    “Pengenaan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) KBL (kendaraan bermotor listrik) Berbasis Baterai untuk orang, barang, angkutan umum orang, dan angkutan umum barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB dan BBNKB,” demikian penjelasannya.

    Dalam aturan itu tak dijelaskan soal masa berakhir dari insentif PKB maupun BBNKB mobil listrik. Ini berarti, pajak mobil listrik, termasuk BYD Atto 1 hanya dikenai tarif SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Tarifnya Rp 143 ribu per tahun.

    Di luar soal pajak tahunan, BYD Atto 1 menjanjikan jarak tempuh yang cukup jauh. Berbekal baterai berkapasitas 30,08 kWh, BYD Atto 1 bisa menjelajah sejauh 300 km dalam satu kali pengecasan baterai. Setidaknya bolak-balik Jakarta-Bandung bisa dilakukan hanya bermodalkan satu kali mengecas.

    Kalau mau yang jarak tempuhnya lebih jauh lagi, maka bisa memilih varian Premium. Kapasitas baterainya lebih besar yaitu 38,88 kWh. Jarak tempuhnya mencapai 380 km. Namun kalau urusan daya maksimum, torsi, hingga akselerasi, kedua varian tersebut sama.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kW, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    (dry/rgr)

  • Kecil tapi Penting, Ini Fungsi Kampas Ganda di Motor Matic

    Kecil tapi Penting, Ini Fungsi Kampas Ganda di Motor Matic

    Jakarta

    Kampas ganda adalah salah satu komponen penting pada motor matic meski bentuknya kecil. Bekerja secara otomatis melalui mekanisme gaya sentrifugal, kampas ganda bertugas memastikan tenaga dari mesin dapat diteruskan ke roda belakang saat akselerasi. Pada kondisi optimal, membuat motor terasa ringan dan responsif.

    Perlu dipahami bila kondisinya tidak optimal atau sudah aus, tarikan bisa terasa berat atau tersendat, bahkan bisa menimbulkan selip saat akselerasi. Ini sebabnya, penting untuk mengetahui fungsi, serta menjaga kondisi kampas ganda menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

    Dalam kondisi ideal, kampas ganda menjaga proses penyaluran tenaga tetap halus dan stabil. Tapi ketika sudah aus akibat gesekan berlebihan atau pola berkendara yang kurang baik, komponen ini dapat mengganggu kerja CVT secara keseluruhan.

    Dijelaskan Wahana Honda dalam keterangan resminya, untuk menjaga kondisi kampas ganda tetap prima, pengguna motor matic sebaiknya menerapkan beberapa cara perawatan sederhana sebagai berikut:

    1. Lakukan servis CVT secara rutin setiap 8.000 km – 12.000 km untuk membersihkan debu dan residu gesekan kampas.
    2. Gunakan bahan bakar serta oli sesuai rekomendasi pabrikan guna menjaga stabilitas kerja mesin dan transmisi.
    3. Hindari kebiasaan menarik gas dan rem secara bergantian dalam durasi lama saat macet, karena dapat mempercepat keausan kampas.
    4. Minta teknisi untuk memeriksa kondisi rumah kopling (mangkok ganda) apakah permukaannya masih halus atau sudah bergelombang/tergores.
    5. Dengan menjalankan perawatan tersebut secara konsisten, umur pakai kampas ganda dapat lebih panjang dan performa motor tetap optimal.

    Selain perlu memahami cara merawatnya, pengguna motor matic juga perlu mengenali tanda kampas ganda mulai bermasalah. Beberapa ciri yang perlu diperhatikan di antaranya:

    1. Tarikan awal terasa berat saat motor mulai jalan meski mesin terdengar normal.
    2. Terjadi getaran atau hentakan di area CVT ketika akselerasi awal.
    3. Muncul bunyi decit atau suara gesekan dari area CVT.
    4. Warna kampas terlihat menghitam atau keras saat dibongkar, pertanda panas berlebih akibat gesekan terus-menerus.
    5. Mesin meraung tinggi, tetapi motor tidak segera melaju (selip).

    Jika menemui gejala atau kondisi seperti ini pada komponen kampas ganda, pengguna motor matic disarankan segera melakukan pemeriksaan sebelum berlanjut ke kerusakan komponen lain yang lebih serius.

    “Perawatan kampas ganda secara berkala berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan berkendara. Pemeriksaan di bengkel resmi AHASS membantu memastikan kondisi CVT tetap optimal dan mencegah kerusakan berkelanjutan,” jelas Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, Wahyu Budhi.

    Seiring penggunaan motor yang semakin intens, menjaga komponen kecil seperti kampas ganda menjadi penting, bukan hanya untuk kenyamanan, tetapi juga untuk keselamatan. Jika dibiarkan aus, efeknya dapat merembet pada peningkatan konsumsi bahan bakar, getaran berlebih, hingga kerusakan transmisi yang biaya perbaikannya tidak sedikit.

    (lua/dry)

  • Daftar Harga Nmax Terbaru November 2025, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Nmax Terbaru November 2025, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Harga Yamaha Nmax terbaru belum mengalami perubahan. Skutik bongsor bermesin 155 cc itu paling murah dibanderol Rp 32 jutaan.

    Yamaha masih mempertahankan harga Nmax mulai Rp 32 jutaan. Harga Yamaha Nmax per November itu belum berubah kalau dibandingkan bulan sebelumnya. Buat kamu yang baru mau beli Nmax pada bulan kesebelas ini, jangan lupa siapin budget di kisaran Rp 30-40 jutaan. Lengkapnya, berikut ini harga Yamaha Nmax terbaru.

    Harga Yamaha Nmax Terbaru November 2025

    1. New Nmax Standard: Rp 32.175.000

    2. New Nmax S Version: Rp 33.175.000

    3. New Nmax Connected/ABS: Rp 36.300.000

    4. All New Nmax Neo: Rp 33.415.000

    5. All New Nmax Neo S: Rp 34.405.000

    6. All New Nmax Turbo: Rp 38.615.000

    7. All New Nmax Turbo Tech Max: Rp 44.115.000

    8. All New Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 46.095.000

    Kalau mau yang teknologinya lengkap, sudah pasti kamu harus memilih Nmax varian tertinggi. Tapi kalo budgetnya mentok di Rp 35 jutaan, maka opsinya Nmax Standard ataupun Neo. Yamaha Nmax versi terbaru ini punya Motor ini punya panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Tinggi jok Nmax adalah 770 mm. Jarak terendah ke tanah adalah 135 mm.

    Yamaha Nmax mengusung mesin dengan performa yang mirip dengan Lexi LX 155, Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC, YECVT (untuk varian Turbo dan Turbo Tech Max). Mesin baru itu bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Khusus Nmax Turbo terdapat teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional. Berkat teknologi ini, Nmax Turbo memiliki fitur riding mode yang menawarkan dua mode berkendara yaitu T-Mode dan juga S-Mode.

    T mode digunakan untuk di perkotaan sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain.

    Fitur turbo itu bisa didapatkan melalui tombol Y Shift. Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “Turbo” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

    (dry/din)

  • Tampang Mitsubishi Pajero Sport-Destinator Buat Diajak Berpetualang

    Tampang Mitsubishi Pajero Sport-Destinator Buat Diajak Berpetualang

    Tampang Mitsubishi Pajero Sport-Destinator Buat Diajak Berpetualang

  • Chery Tiggo 8 CSH Tambah 2 Varian Baru, Termurah Rp 430 Jutaan

    Chery Tiggo 8 CSH Tambah 2 Varian Baru, Termurah Rp 430 Jutaan

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) meluncurkan dua varian terbaru untuk Chery Tiggo 8 CSH di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Jika sebelumnya hanya tersedia dalam varian premium, kini kendaraan hibrida itu punya varian comfort (termurah) dan premium AWD (termahal).

    Budi Darmawan Jantania selaku Vice Country Director PT CSI mengatakan, ketika Tiggo 8 CSH meluncur beberapa bulan lalu, konsumen memberikan sejumlah masukan. Ada yang mau fiturnya dikurangi agar lebih terjangkau, namun tak sedikit yang meminta dibuat lebih canggih.

    Itulah mengapa, dia bukan hanya meluncurkan varian termurah, melainkan juga termahal. Harapannya, konsumen lebih punya banyak pilihan.

    “Dengan penambahan dua varian terbaru, Tiggo 8 CSH jadi punya tiga varian. Ada comfort sebagai yang termurah, kemudian premium dan premium AWD yang termahal,” kata Budi Darmawan saat dikonfirmasi detikOto di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (22/11).

    Chery Tiggo 8 CSH varian baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Ketika ditanya perbedaan antara kedua varian terbaru dengan premium, Budi belum bisa mengurainya secara detail. Namun, kata dia, ada beberapa detail yang bisa dengan mudah dikenali.

    “Saya sendiri kurang ingat, nanti detailnya bisa dilihat. Tapi yang paling visible itu sunroof, power backdoor, memory seat dan jumlah speaker. Sementara soal engine dan fitur keselamatan ADAS sama,” kata dia.

    Chery Tiggo 8 CSH varian baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Itu tandanya, Chery Tiggo 8 CSH tetap menggunakan mesin Acteco H4J15 berkapasitas 1.500 cc turbo yang dikawinkan motor listrik dan baterai Lithium Iron Phosphate (Li-Po) berkapasitas 18,3 kWh. Kendaraan itu juga disematkan teknologi Chery Super Hybrid yang diklaim efisien dan irit bahan bakar.

    Chery Tiggo 8 CSH varian comfort dibanderol Rp 439 jutaan, sementara varian AWD dijual Rp 559 jutaan. Nominal tersebut berstatus on the road Jakarta dan sudah termasuk garansi kendaraan enam tahun, mesin 10 tahun dan baterai delapan tahun.

    (sfn/dry)

  • GAC AION Tambah Pabrik Baru di Indonesia, Mulai ‘Ngebul’ Awal 2026

    GAC AION Tambah Pabrik Baru di Indonesia, Mulai ‘Ngebul’ Awal 2026

    Jakarta

    Meski berstatus sebagai pendatang baru, namun GAC AION tak mau setengah-setengah di pasar otomotif Indonesia. Bahkan, produsen asal China itu akan menambah satu pabrik lagi di Tanah Air!

    Pada Juni lalu, GAC AION baru saja meresmikan pabrik pertamanya di kawasan Cikampek-Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas tersebut dibangun melalui anak perusahaan Indomobil Group, yakni PT National Assemblers (NA).

    Menariknya, baru sekian bulan setelah pabrik tersebut beroperasi, GAC AION mengumumkan penambahan pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi. Fasilitas tersebut akan beroperasi awal tahun depan!

    “Kami baru mengakuisisi lagi satu pabrik, sekarang pabrik itu sedang dipersiapkan dan akan mulai running Februari 2026,” ujar Andry Ciu selaku Chief Executive Officer (CEO) AION Indonesia, di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025, Sabtu (22/11).

    Pabrik AION Foto: Doc. AION

    Kabarnya, pabrik kedua akan lebih besar dibandingkan pabrik pertama mereka. Bahkan, kapasitas produksinya digadang-gadang bisa mencapai 100 ribu unit atau dua kali lipat dibandingkan pabrik pertama.

    “Kapasitas pabrik yang baru diakuisisi bisa sampai 100 ribu unit mobil per tahun. Itu Cuma satu pabrik, di luar pabrik lain. (Total dua pabrik bisa membuat) 150-170 ribu unit setahun. Lebih dari cukup,” kata dia.

    Andry tak menjelaskan, pabrik kedua yang baru saja diakuisisi itu sebelumnya milik pabrikan mana. Namun, satu yang pasti, lokasinya masih di area Cikampek-Purwakarta alias tak jauh dari pabrik pertama.

    Di kesempatan yang sama, Andry menegaskan, pihaknya akan membawa banyak sekali produk baru ke Indonesia tahun depan. Modelnya pun beragam, termasuk kendaraan hybrid. Itulah mengapa, pihaknya memutuskan menambah fasilitas produksi.

    “Kita akan ada produk (baru) banyak, Pak. SUV ada, MPV ada, dua baris ada, tiga baris banyak,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Segini Harga SUV Mewah yang Jemput Wapres Gibran Setibanya di Afsel

    Segini Harga SUV Mewah yang Jemput Wapres Gibran Setibanya di Afsel

    Jakarta

    Land Rover Defender 130 sudah menanti Wapres Gibran setibanya di Afrika Selatan. Segini harga SUV mewah Inggris yang jemput Wapres Gibran itu.

    SUV kekar berkelir serba hitam sudah menunggu Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di Bandar Udara Internasional O.R Tambo, Johannesburg pada Jumat (21/11) sore waktu setempat. SUV kekar yang dimaksud adalah Land Rover Defender 130 sebagaimana terlihat dari desain lampu belakang dan sisi samping mobil. Land Rover Defender 130 jelas bukan SUV biasa, melainkan tergolong mewah.

    Land Rover Defender 130 punya dimensi panjang 5.358 mm termasuk dengan ban serep yang menggantung di belakang. Lebarnya dengan kaca posisi keluar (tak melipat) 2.105 mm. Tingginya 1.967 mm dan jarak sumbu roda 3.022 mm.

    SUV serupa juga dijual di pasar Indonesia. Merujuk pada laman Land Rover Indonesia, Defender 130 yang dijual mengusung mesin 2.996 cc berteknologi mild hybrid. Sejatinya, Defender 130 ditawarkan dalam beberapa opsi mesin. Selain MHEV (Mild Hybrid Electric Vehicle) 2.996 cc ada juga opsi mesin V8. Khusus Land Rover Defender 130 yang dijual di Indonesia itu ada dua opsi yakni 110 dan 130 dengan mesin yakni 2.996 cc. Berbekal mesin tersebut, Land Rover 130 itu bisa menyemburkan tenaga 400 PS pada 5.500-6.500 rpm dan torsi 550 Nm pada 2.000-5.000 rpm. Land Rover Defender 130 itu punya konsumsi bahan bakar 11 liter per 100 km. Kalau dikonversi, konsumsi bahan bakarnya sekitar 9 km/liter.

    Land Rover Defender 130 jemput Gibran di Afsel Foto: Youtube Setwapres

    Mobil ini memiliki kapasitas delapan tempat duduk, ada juga opsi yang versi lima tempat duduk. Soal harga, tergolong sebagai SUV mewah, jelas tak murah. Sebagai gambaran, di Indonesia, Land Rover Defender 130 itu dibanderol Rp 4,195 miliar OTR Jakarta. Land Rover Defender 130 ini merupakan Defender varian tertinggi yang dijual di Indonesia. Land Rover Indonesia juga diketahui menjual Defender 110 dengan harga mulai Rp 3,449 miliar.

    Adapun soal kunjungan Gibran ke Johannesburg berkaitan dengan KTT G20 Afrika Selatan. Gibran akan menyampaikan pidato mewakili Presiden Prabowo Subianto di KTT G20 Afrika Selatan sekaligus menegaskan posisi Indonesia terkait berbagai isu global prioritas.

    KTT G20 Afrika Selatan akan berlangsung pada 22-23 November 2025 di Johannesburg Expo Centre. Gibran juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan para pemimpin negara sahabat untuk menyampaikan pesan Prabowo.

    Sekretaris Kabinet (Seskab) Teddy Indra Wijaya menjelaskan alasan mengapa Gibran mewakili Presiden Prabowo Subianto dalam KTT tersebut.

    “Jadwal KTT G20 di Afrika Selatan bertepatan dengan beberapa agenda Presiden di Tanah Air, sehingga Pak Presiden akan diwakili Pak Wapres di G20,” kata Teddy dikutip detikNews.

    (dry/din)

  • Inilah 5 Alasan LEPAS L8 Layak Dipilih, SUV Premium dengan RPA & APA

    Inilah 5 Alasan LEPAS L8 Layak Dipilih, SUV Premium dengan RPA & APA

    Jakarta

    Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 menjadi panggung lahirnya sebuah babak baru dunia SUV premium. Untuk pertama kalinya, Indonesia terpilih sebagai negara debut global LEPAS L8 versi setir kanan, SUV premium PHEV yang menggabungkan estetika, teknologi, dan karakter berkendara dalam satu wujud elegan.

    Melalui filosofi desain Leopard Aesthetics, LEPAS L8 hadir tidak hanya sebagai kendaraan, tetapi sebagai pengalaman hidup yang lebih tenang, refined, dan berkelas. Dan bagi para pecinta SUV elegan, berikut lima alasan utama mengapa LEPAS L8 adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

    1. Satu-Satunya SUV Premium di Kelasnya dengan Teknologi RPA & APA

    Inilah alasan yang membuat LEPAS L8 langsung melompat jauh dari kompetitornya, yaitu teknologi parkir generasi baru yang tidak dimiliki SUV premium lain di kelasnya. Remote Parking Assist (RPA) memungkinkan mobil memarkirkan dirinya sendiri sementara pengemudi sudah turun, ideal untuk ruang parkir super sempit.

    Sementara Automatic Parking Assist (APA) bisa mendeteksi berbagai jenis ruang parkir dan bekerja optimal bahkan saat hujan lebat atau kondisi gelap. Teknologi ini membuat pengalaman berkendara LEPAS L8 terasa effortless dan benar-benar premium, karena SUV elegan seharusnya memudahkan hidup, bukan menambah kerumitan.

    2. Debut Global Setir Kanan Pertama di Dunia, Hanya di Indonesia

    Tidak semua negara mendapat kehormatan seperti ini. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan LEPAS L8 versi setir kanan.

    Keputusan ini tak sekadar strategi, tetapi bentuk pengakuan terhadap konsumen Indonesia yang kian cerdas, menghargai detail, dan mengutamakan desain serta teknologi yang memiliki nilai emosional.

    “LEPAS L8 adalah wujud harmoni antara desain, performa, dan emosi. Indonesia adalah pasar yang tepat untuk memulai perjalanan global ini,” ujar Deputy Country Director LEPAS, Ricky He dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/11/2025).

    3. Desain yang Menyentuh Emosi, Leopard Aesthetics yang Premium dan Berkarakter

    LEPAS L8 dibangun dengan filosofi Leopard Aesthetics, desain yang memadukan kekuatan, keluwesan, dan keanggunan layaknya leopard.

    Elemen ikoniknya menciptakan aura premium sejak pandangan pertama:

    Leopard-Inspired Front FasciaLeopard Eye HeadlightsDynamic Bionic DesignSkyline InteriorSemi-concealed door handlePilihan elegant body paint

    Setiap garis, cahaya, dan tekstur dirancang bukan hanya untuk tampil indah, tetapi untuk membangun rasa percaya diri dan ketenangan bagi siapa pun yang berada di dalamnya.

    4. Ruang Kabin Tenang & Lapang, Seperti Private Lounge Bergerak

    Masuk ke dalam LEPAS L8 rasanya seperti memasuki sanctuary pribadi. Dengan LEX Platform dan wheelbase 2.800 mm, lima penumpang disuguhkan ruang yang lapang dan lega.

    Kenyamanan dibangun melalui:

    Material premiumAmbience lighting lembutActive Fragrance SystemAir Quality Monitoring System47 ruang penyimpanan16 konfigurasi duduk

    LEPAS L8 tidak hanya membawa Anda dari titik A ke B, tetapi membawa ketenangan pikiran di setiap perjalanan.

    5. Efisiensi Tingkat Tinggi, Jarak Total Lebih dari 1.300 km

    Sebagai Premium PHEV, LEPAS L8 tidak hanya indah, tetapi juga cerdas dan efisien.

    Konsumsi bahan bakar: 1,49 L/100 kmJarak tempuh EV: 100 kmTotal jangkauan: lebih dari 1.300 km

    Jarak ini memungkinkan perjalanan jauh tanpa rasa khawatir, sekaligus perjalanan harian yang bisa hampir sepenuhnya dilakukan dengan tenaga listrik. Kombinasi ini menjadikan LEPAS L8 sebagai kendaraan yang bukan hanya performa-oriented, tetapi future-oriented.

    Keistimewaan Eksklusif untuk 100 Pemilik Pertama

    Untuk 100 pemilik pertama, LEPAS menghadirkan LEPAS L8 Founder Edition, lengkap dengan:

    Mystery Delivery Gift Package,Leopard Care (layanan purnajual & garansi premium),Rear badge nomor eksklusif 001-100.

    Sebuah simbol bahwa mereka bukan hanya membeli sebuah mobil-tetapi menjadi bagian awal dari sejarah LEPAS di Indonesia.

    Ajak Pengunjung “Drive Your Elegance” di GJAW 2025

    Melalui booth bertema ‘Drive Your Elegance’, LEPAS mengajak pengunjung merasakan sendiri bagaimana ketenangan, estetika, dan teknologi berpadu menjadi satu pengalaman premium.

    Di area test drive, pengunjung dapat membuktikan kehalusan mesin, minimnya gangguan kabin, dan presisi pengendaraan LEPAS L8, semua dirancang untuk menghadirkan perjalanan yang effortless. Dengan hadirnya LEPAS L8, Indonesia tidak hanya menyaksikan lahirnya sebuah SUV premium baru, tetapi kelahiran definisi baru elegansi dalam mobilitas modern.

    (akn/ega)

  • Laris Manis! Wuling Darion Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Laris Manis! Wuling Darion Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Indonesia

    Jakarta

    Wuling Darion mulai dikirim ke garasi konsumen. Acara seremoni penyerahan kunci Wuling Darion ke konsumen dilakukan dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Wuling juga menyoroti sambutan positif terhadap Wuling Darion, MPV elektrifikasi terbaru yang ditujukan bagi keluarga modern Indonesia. Sejak diluncurkan, Darion mendapat antusiasme tinggi.

    “Di momen ini, kami ingin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan antusiasme masyarakat terhadap Darion. Hingga hari ini, Darion telah dipesan oleh sebanyak 1.500 pelanggan. Dukungan ini menjadi semangat bagi Wuling untuk terus menghadirkan inovasi yang relevan bagi keluarga Indonesia,” jelas Ricky Christian, Marketing Director Wuling Motors.

    Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan di GJAW 2025, Wuling juga menyelenggarakan handover ceremony sebagai simbol dimulainya

    distribusi unit Darion kepada konsumen di Indonesia. Pada kesempatan ini, Wuling menyerahkan unit secara simbolis kepada perwakilan konsumen Darion dan menjadi awal proses pengiriman dilanjutkan ke berbagai kota lainnya. 1.500 unit Darion dengan harga spesial sudah habis dipesan.

    Brand Communication Senior Manager Wuling Motors, Brian Gomgom mengatakan dari jumlah pemesanan tersebut, Darion EV rupanya lebih banyak diburu ketimbang versi PHEV. Bagi Wuling, hal itu lumrah sebab pabrikan berjuluk lima berlian itu sudah lebih dikenal sebagai produsen mobil listrik.

    “Porsinya dominasi masih EV,” kata Brian.

    “PHEV juga baru di Indonesia, baru tahun lalu, Wuling juga pertama bikin PHEV untuk MPV, perlu waktu untuk mendapatkan pengalaman dan knowledge-knowledge PHEV.”

    “Kalau EVnya kenapa dominasi bisa lebih besar? Karena Wuling sendiri melekat dengan brand mobil listrik, jadi konsumen akan lebih cepat aware,” jelas dia.

    Sebelumnya Wuling Darion dijual dengan harga spesial OTR Jakarta khusus buat 1.500 pembeli pertama. Termurahnya untuk tipe EV dijual Rp 356 juta, sedangkan tipe PHEV dibanderol termurah Rp 439 juta. Namun lantaran SPK sudah mencapai 1.500 unit maka harga Wuling Darion mengalami kenaikan harga.

    “Harganya Darion EV mulai dari Rp 359 juta, kalau PHEV mulai Rp 442 juta. Ya (harga berlaku) setelah SPK-nya selesai 1.500,” kata Brian Gomgom.

    (riar/dry)

  • BYD Punya Teknologi Ngecas Cepat, Colok 5 Menit Tambah Jarak 400 Km

    BYD Punya Teknologi Ngecas Cepat, Colok 5 Menit Tambah Jarak 400 Km

    Tangerang

    BYD mengenalkan sistem teknologi canggih untuk memangkas kekhawatiran pengguna mobil listrik terkait dengan waktu pengisian baterai dan jarak tempuh. BYD kini punya teknologi pengisian super cepat.

    Head of Product PT BYD Motor Indonesia Bobby Bharata mengatakan BYD memperkenalkan sebuah inovasi baru yaitu pengisian daya listrik super cepat bernama BYD Megawatt Charging. Teknologi itu lahir berkat adanya platform baru yang dikembangkan BYD.

    “Pada tahun ini BYD resmi meluncurkan Super e-Platform. Ini adalah platform new energy vehicle (NEV) terbaik di dunia yang memaksimalkan potensi teknologi elektrifikasi ini membawa perspektif baru terhadap kendaraan NEV, bukan hanya sekedar pengganti kendaraan berbahan bakar konvensional, namun era baru terhadap lompatan teknologi kendaraan listrik,” kata Bobby di GJAW 2025 di ICE, BSD City Tangerang.

    Menurut Bobby, teknologi Super e-Platform itu menawarkan arsitektur kendaraan bertegangan tinggi. Bahkan, bisa mencapai 1.000 volt. Platform tersebut juga memungkinkan mobil BYD memiliki pengisian daya super cepat hingga 1 megawatt alias 1.000 kW.

    “Teknologi ini memungkinkan pengisian daya dalam waktu 5 menit yang mampu menempuh jarak hingga 400 kilometer. Tentunya, hal ini dapat menjadi jawaban atas charging anxiety,” sebut Bobby.

    Tak cuma itu, mobil BYD juga disematkan motor listrik dengan putaran hingga 30 ribu RPM. Alhasil, mobil listrik BYD bisa ngebut hingga 300 km/jam.

    “Dengan penggabungan tiga komponen penting, arsitektur bertegangan tinggi, teknologi baterai yang mumpuni, serta perangkat pengisian daya megawatt, BYD telah mewujudkan impian pengisian kendaraan listrik super cepat,” kata Bobby.

    (rgr/dry)