Jenis Media: Otomotif

  • Tantang BYD M6, MPV Listrik 7 Seater VinFast Limo Green Dijual Rp 300 Jutaan

    Tantang BYD M6, MPV Listrik 7 Seater VinFast Limo Green Dijual Rp 300 Jutaan

    Jakarta

    VinFast kembali memperluas lini mobil listriknya di Indonesia dengan menghadirkan Limo Green. MPV listrik 7-seater ini resmi meluncur dan bisa dipesan per acara Gaikindo Jakarta Auto Week 2025.

    Sebagai sebuah MPV listrik 7-seater, tentu andalan baru VinFast ini akan bertarung langsung dengan Wuling Darion EV dan BYD M6.

    Namun VinFast rasanya bisa percaya diri, sebab harga jual VinFast Limo Green dibanderol mulai dari Rp 300 jutaan. Informasi ini dikemukakan oleh CEO Vinfast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto kepada detikcom.

    VinFast Limo Green Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Limo Green sudah bisa mulai dipesan dengan indicative price Rp 319 juta dengan battery subscription (langganan baterai). Jadi bukan sekedar preview saja, Limo Green sudah mulai bisa dipesan,” ujar Kariyanto.

    Dari sisi dimensi, Limo Green menawarkan ukuran yang sangat familiar bagi konsumen Indonesia. Panjangnya sekitar 4.740 mm, lebar 1.872 mm, dan tinggi 1.723 mm. Jarak sumbu rodanya 2.840 mm.

    Ukuran ini mendekati Toyota Kijang Innova Zenix yang selama ini menjadi salah satu acuan MPV besar di pasar nasional.

    Ketika detikcom meninjau langsung unitnya di Vietnam, tampak bahwa konfigurasi kabin Limo Green dirancang untuk fleksibilitas penggunaan keluarga maupun armada.

    Di Vietnam, Vinfast Limo Green membawa baterai 60,1 kWh dan diklaim bisa menempuh jarak 450 km berdasarkan pengujian NEDC.

    VinFast Limo Green Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Mobil ini juga bisa dicas cepat dengan pengisian cepat DC hingga 80 kW, memungkinkan pengisian daya dari 10% hingga 70% tuntas dalam waktu sekitar 30 menit.

    Motor listriknya diklaim bertenaga 150 kW dengan torsi 280 Nm yang disalurkan ke roda depan.

    VinFast juga menyampaikan bahwa produksi lokal menjadi fokus utama untuk Limo Green. Pabrik mereka di Subang disiapkan untuk memulai perakitan dan langkah ini diharapkan dapat memperkuat efisiensi biaya serta meningkatkan stabilitas layanan purna jual.

    Saat ini calon pembeli Limo Green sudah dapat memesan MPV listrik 7-Seater terbaru dari Vinfast ini dan harga final akan diumumkan pada saat launching di 2026.

    “Harga final akan diumumkan pada saat launching di Maret 2026,” tutup Kariyanto.

    Perlu diketahui di sisi persaingan, BYD M6 yang menjadi rival terdekat Limo Green saat ini ditawarkan mulai dari Rp 383.000.000 untuk varian Standard 7 Seater. Varian Superior 7 Seater berada di kisaran Rp 423.000.000, sementara Superior Captain 6 Seater dijual Rp 433.000.000. Rentang harga ini menempatkan Limo Green sebagai opsi yang lebih terjangkau dalam kategori MPV listrik berukuran besar.

    (mhg/rgr)

  • Pilihan Baru Moge Classic Bergaya Bobber, Royal Enfield Goan Classic 350

    Pilihan Baru Moge Classic Bergaya Bobber, Royal Enfield Goan Classic 350

    Jakarta

    Royal Enfield resmi memperkenalkan Goan Classic 350 ke Indonesia. Motor ini tampil sebagai moge bergaya bobber dengan sentuhan klasik yang kuat.

    Pemilihan nama Goan Classic memang cukup unik. Ternyata itu datang dan terinspirasi dari budaya bermotor era 70 hingga 80-an di daerah Goa, India yang diklaim oleh Royal Enfield bebas dan liar.

    Royal Enfield Goan Classic 350 Foto: dok. Royal Enfield

    Secara tampilan, Goan Classic 350 mengusung spakbor yang dipangkas, mid ape handlebars, serta jok tunggal bergaya floating seat yang menjadi ciri khas bobber.

    Posisi duduknya rendah dan santai, memberikan pengalaman berkendara yang rileks di rute perkotaan maupun perjalanan jarak pendek.

    Di balik desainnya yang klasik, motor ini dibekali mesin 349cc single cylinder berpendingin udara dan oli yang menghasilkan tenaga 20,2 HP pada 6100 RPM serta torsi 27 Nm pada 4000 RPM.

    Untuk urusan kaki kaki, Goan Classic 350 menggunakan suspensi depan teleskopik 41 mm dipadukan dengan dual shock di area belakang.

    Roda depan 19 inci dan belakang 16 inci menggunakan material aluminium ringan. Sistem rem cakram dengan ABS dua saluran berukuran 300 mm di depan dan 270 mm di belakang memastikan kontrol yang baik di berbagai kondisi jalan.

    Penggunaan ban whitewall dengan pelek jari jari edge laced semakin memperkuat kesan retro yang autentik ala Royal Enfield.

    Royal Enfield Goan Classic 350 Foto: dok. Royal Enfield

    Kendati punya tampang klasik, Royal Enfield masih menghadirkan teknologi kekinian di Goan Classic 350. Terlihat dari panel instrumen yang dilengkapi pod navigasi Tripper yang memberikan petunjuk arah turn by turn.

    Di sisi lain, ada port USB Type C yang disediakan untuk kebutuhan pengisian daya saat perjalanan. Seluruh sistem pencahayaan sudah menggunakan LED termasuk lampu utama, lampu kecil, dan lampu sein.

    Meski pada saat peluncurannya Goan Classic 350 mejeng dalam versi single seat, ternyata masih ada pilihan konfigurasi jok ganda.

    Pillion seat dapat dipasang dan dilepas dengan mudah sehingga pengendara dapat menyesuaikan kebutuhan harian maupun preferensi gaya.

    Goan Classic 350 datang dalam berbagai pilihan warna mulai dari Shack Black, Purple Haze, Trip Teal, dan Rave Red.

    Untuk harganya, moge classic bergaya bobber dari Royal Enfield ini dibanderol mulai Rp 127.800.000 untuk warna Shack Black dan Purple Haze. Sementara Trip Teal dan Rave Red berada di harga Rp 129.700.000.

    (mhg/rgr)

  • Seberapa Irit Toyota Veloz Hybrid?

    Seberapa Irit Toyota Veloz Hybrid?

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid meluncur di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 299 juta. Mengusung teknologi hybrid, Veloz Hybrid ini diklaim lebih irit bahan bakar. Seberapa irit konsumsi BBM Veloz Hybrid?

    Menurut Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Toyota Veloz Hybrid menggunakan sistem hybrid yang sama dengan Toyota Yaris Cross. Itu berarti, mobil ini menggunakan basis mesin berkode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc.

    “Hybrid system-nya itu sama seperti Yaris Cross. Tapi tentu saja ini kan beda modelnya, yang satu seven seater, satu five seater, tentu saja ada adjustment untuk membuat lebih optimal dalam berkendara atau efisiensi bahan bakar lebih maksimal,” ucap Henry.

    Ditanya soal konsumsi bahan bakar Veloz Hybrid, Henry belum bisa membeberkan lebih lengkap. Namun, dia menyebut berdasarkan pengalaman Toyota menghadirkan mobil hybrid, kendaraan ramah lingkungan itu jauh lebih irit ketimbang versi mesin konvensionalnya.

    “(Data) konsumsi BBM nanti ya, akan diinfo terpisah. Tapi saya mau kasih catatan doang, kalau kita lihat dari Zenix Hybrid maupun juga Yaris Cross Hybrid, yang sebenarnya angkanya juga datangnya dari teman-teman media ya, itu rata-rata itu lebih hemat sekitar 50-60 persen lah kurang lebih ya (dibanding versi mesin konvensional non-hybrid). Cuma, untuk yang (Veloz Hybrid) ini nanti angkanya kita info terpisah,” kata Henry.

    Toyota membuka pemesanan inden untuk New Veloz Hybrid EV dengan harga spesial Rp 299 juta untuk seri V Grade. Harga itu berlaku khusus pemesanan hingga Desember 2025. Pengiriman Veloz Hybrid ke garasi konsumen akan dilakukan kuartal pertama tahun depan.

    Dengan peluncuran Veloz Hybrid di Indonesia, lini produk mobil Hybrid Toyota produksi dalam negeri semakin lengkap. Sebelumnya, Toyota memiliki mobil hybrid produksi lokal, yaitu Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid.

    Menurut Henry, dari pengalaman sebelumnya mobil hybrid banyak dipilih konsumen di Indonesia. Bahkan, untuk Innova Zenix, 80 persen penjualannya adalah model hybrid. Dan Yaris Cross, 90 persen penjualannya disumbang oleh model hybrid.

    “Jadi melihat dari itu kita cukup confident bahwa dari Toyota ingin agar lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati berkendara dengan teknologi hybrid. Karena Veloz banyak sekali kebutuhannya ya. Kalau kita lihat history Avanza Veloz 7-seater, nyaman, kabin lega, kemudian ground clearance tinggi, dan resale value bagus dan durable. Kita harapkan (Veloz Hybrid) ini bisa menjadi salah satu mobilitas masyarakat Indonesia,” beber Henry.

    (rgr/mhg)

  • Sederet Promo Mobil Honda di GJAW 2025

    Sederet Promo Mobil Honda di GJAW 2025

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor (HPM) turut meramaikan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Bukan hanya memajang produk-produk andalannya, mereka juga menawarkan sejumlah promo atau program menarik sepanjang acara.

    Pada pameran tahun ini, Honda mengusung konsep ‘Power for Every Drive – Electrify Your Journey’ yang merupakan representasi komitmen mereka dalam menyediakan pilihan kendaraan yang relevan dengan setiap tahapan perjalanan konsumen.

    Nah, memasuki periode akhir tahun yang identik dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk membeli kendaraan baru, Honda menghadirkan program penjualan spesial ‘Saat Tepat Punya Honda’, meliputi:

    • DP Ringan

    • Bunga mulai dari 0%

    • Cicilan mulai dari Rp 2 juta

    • Tenor hingga 7 tahun

    • Program Trade-In

    • Lucky Dip dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah

    • Program Loyalist & Referral Honda

    Program tersebut menawarkan berbagai kemudahan yang dirancang untuk membantu konsumen mengambil keputusan pembelian dengan lebih cepat dan nyaman selama pameran.

    “Di GJAW, kami ingin memberi kesempatan kepada konsumen untuk benar-benar merasakan performa teknologi hybrid Honda secara langsung sehingga dapat memahami teknologi hybrid memberikan efisiensi sekaligus kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari,” ujar Hendra Kustiawan selaku Director Honda Jakarta Center.

    “Untuk melengkapi pengalaman tersebut, kami juga menghadirkan berbagai kemudahan pembelian menjelang akhir tahun, sehingga konsumen dapat memilih mobil Honda dengan lebih mudah,” kata dia menambahkan.

    Selain program penjualan, produsen asal Jepang itu memaksimalkan gelaran GJAW 2025 untuk memberikan kesempatan pengunjung merasakan langsung teknologi hybrid Honda. Ada dua kendaraan terkait yang bisa dicoba, yakni New Honda HR-V e:HEV dan Honda STEP WGN e:HEV.

    (sfn/rgr)

  • Cuma 25 Unit, Ford Indonesia Luncurkan Everest Titanium 25th Anniversary Edition

    Cuma 25 Unit, Ford Indonesia Luncurkan Everest Titanium 25th Anniversary Edition

    Jakarta

    Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition resmi dijual di Indonesia. Jangan kaget dengan namanya, karena Everest ini merupakan model spesial untuk merayakan 25 tahun kiprah Ford RMA Indonesia.

    Model edisi khusus ini tampil perdana di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

    Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition meluncur di Gaikindo Jakarta Auto Week 205 Foto: dok. Ford RMA Indonesia

    Perayaan seperempat abad ini menjadi momentum penting bagi Ford untuk menegaskan komitmen jangka panjangnya di Indonesia.

    Regional Director RMA Indonesia, Roelof Lamberts, menjelaskan bahwa durasi 25 tahun tersebut menjadi bukti kepercayaan pelanggan.

    Menariknya, Everest Titanium 25th Anniversary Edition diproduksi sangat terbatas. Hanya 25 unit yang dialokasikan untuk konsumen Indonesia.

    Karakter eksklusifnya hadir melalui balutan eksterior Full Glossy Black yang melapisi grill, bezel fog lamp, moulding bumper depan, door mirror, roof rail, door handle dan weather strip kaca pintu.

    Tampilan tegas ini diperkuat penggunaan velg dua puluh inci yang juga berwarna hitam. Ford turut menyematkan Power Side Step by Hamer yang meningkatkan kepraktisan serta memberi sentuhan visual yang lebih kokoh.

    Masuk ke interior, ruang kabin menawarkan peningkatan kenyamanan yang cukup signifikan. Lingkar kemudi kini dibalut kulit Nappa yang lebih premium.

    Ford Everest Titanium 25th Anniversary Edition Foto: dok. Ford RMA Indonesia

    Penumpang baris kedua juga memperoleh layar Rear Seat Entertainment berukuran 11,6 inci berbasis Android.

    Selain itu, Ford menambahkan extra pillow, trim door hitam, Premium Floor Mats di setiap baris hingga area bagasi serta ambient floor lighting untuk menciptakan suasana kabin yang lebih tenang saat perjalanan malam.

    Dari sisi performa, SUV edisi spesial ini tetap mengandalkan mesin 2.000 cc Bi Turbo dengan sistem penggerak 4×4 bertransmisi otomatis. Konfigurasi tersebut menjaga kemampuan Everest dalam menghadapi berbagai kondisi jalan di Indonesia.

    Konsumen Everest Titanium 25th Anniversary Edition mendapat layanan Ford 360 Care yang mencakup servis dan suku cadang perawatan berkala hingga tiga tahun atau enam puluh ribu kilometer.

    Ford RMA Indonesia menjual Everest Titanium 25th Anniversary Edition ini dengan harga Rp 1.990.000.000 On The Road Jakarta.

    (mhg/rgr)

  • Gran Max Masa Depan Muncul di Jepang, Bisa Jalan Sendiri dan Bantu Kerja!

    Gran Max Masa Depan Muncul di Jepang, Bisa Jalan Sendiri dan Bantu Kerja!

    Tokyo

    Bayangkan Gran Max yang bisa berjalan sendiri, mencari tempat parkir, hingga mengantar barang tanpa sopir. Gambaran itu kini bukan lagi mimpi, karena Daihatsu telah memamerkannya lewat Kayoibako-K di Japan Mobility Show (JMS) 2025.

    Tim detikcom datang langsung ke JMS 2025 bersama Astra Daihatsu Motor beberapa pekan lalu untuk melihat visi dan kendaraan masa depan Daihatsu. Salah satu yang paling menarik adalah Kayoibako-K.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Mobil ini merupakan versi terkecil dari seri kendaraan konsep Kayoibako yang pertama kali diperkenalkan di JMS 2023.

    Kayoibako-K dirancang sebagai kendaraan komersial masa depan dengan kemampuan otonom dan konektivitas tinggi. Melalui konsep ini, Daihatsu mencoba mendefinisikan ulang arti mobil kerja ringan.

    Sesuai namanya, “Kayoibako” dalam bahasa Jepang berarti kotak yang bisa digunakan kembali untuk pengiriman atau pengantaran. Filosofinya sederhana namun kuat, menghadirkan efisiensi dan keberlanjutan dalam mobilitas harian.

    Daihatsu mengembangkan konsep ini agar bisa digunakan oleh siapa saja, baik untuk pengiriman barang, layanan publik, hingga aktivitas sosial di komunitas lokal.

    Yang menarik, Kayoibako-K tidak hanya bisa dikendarai manusia, tetapi juga mampu bergerak secara otomatis. Mobil ini terhubung dengan pusat data yang memungkinkan fitur seperti pemanggilan kendaraan otomatis dan parkir mandiri.

    Fungsinya bisa diperluas untuk membantu pekerjaan di berbagai sektor, bahkan hingga memantau kondisi lansia di lingkungan sekitar.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Public Relation Daihatsu Motor Corporation (DMC), Kadomae, menjelaskan bahwa Kayoibako-K juga dirancang agar dapat menjaga orang tua di area sekitarnya.

    “Selain pengiriman, layanan ini juga mendukung layanan baru seperti membantu memantau orang lanjut usia di komunitas lokal,” ujar Kadomae kepada jurnalis asal Indonesia yang mengikuti tur booth Daihatsu di JMS 2025.

    Kehadiran Kayoibako-K di pameran ini menjadi simbol arah baru Daihatsu dalam mengembangkan kendaraan kecil yang cerdas dan adaptif.

    Konsep ini terasa sangat dekat dengan karakter Gran Max yang selama ini dikenal sebagai tulang punggung usaha kecil di Indonesia.

    Jika suatu hari teknologi Kayoibako-K diterapkan pada Gran Max, bukan tidak mungkin mobil niaga legendaris itu akan berevolusi menjadi kendaraan pintar yang bisa bekerja sendiri. Dari mobil angkut sederhana menjadi mitra usaha digital yang efisien dan ramah lingkungan.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Pada ajang JMS 2025 ini, Daihatsu membawa tema “DAIHATSUMEI”. Menurut DMC, tema itu berfokus pada pengelana visi kendaraan Daihatsu yang kecil tapi mumpuni.

    Istilah Daihatsumei merupakan gabungan antara “Daihatsu” dan “Hatsumei” yang berarti penemuan atau inovasi, menggambarkan semangat merek dalam menghadirkan solusi mobilitas praktis untuk semua kalangan.

    “Sejak didirikan pada tahun 1907, Daihatsu telah menciptakan mobil-mobil yang menggabungkan kegembiraan, kemudahan, dan kenyamanan dalam bodi kecil, dengan harga terjangkau dan selalu dekat dengan kehidupan masyarakat,” ujar Kadomae.

    “Kali ini kami menampilkan penemuan-penemuan unik Daihatsu yang diekspresikan melalui tampilan stan dan pertunjukan, mulai dari Midget hingga berkembang ke masa depan,” tutupnya.

    (mhg/rgr)

  • Daftar Lokasi SPBU Vivo yang Sudah Ada Stok Bensin RON 92

    Daftar Lokasi SPBU Vivo yang Sudah Ada Stok Bensin RON 92

    Jakarta

    Satu per satu SPBU swasta kini sudah mulai memiliki stok bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin. Sebelumnya, stok bensin di sejumlah SPBU swasta mengalami kelangkaan.

    Setelah SPBU BP, kini Vivo memastikan sejumlah SPBU-nya sudah mulai terisi stok bensin RON 92. Vivo, melalui akun Instagramnya, mengumumkan sudah menyediakan BBM jenis bensin mulai hari ini, Minggu (23/11/2025).

    “Kini, BBM Revvo 92 Sudah Tersedia Kembali di SPBU VIVO secara bertahap mulai hari ini. Petugas kami siap mengisi penuh tangki dengan bahan bakar berkualitas untuk performa mesin yang lebih optimal,” demikian dikutip dari akun Instagram resmi SPBU Vivo, Minggu (23/11/2025).

    Namun, belum semua SPBU Vivo menyediakan kembali bensin RON 92. Sampai pagi ini, baru beberapa SPBU Vivo yang memiliki stok BBM jenis bensin RON 92.

    Lokasi SPBU Vivo yang Ada Bensin RON 92

    Berikut beberapa lokasi SPBU Vivo yang memiliki bensin RON 92 dikutip dari situs resminya, Minggu (23/11/2025) pagi:

    SPBU Vivo Hankam JakartaSPBU Vivo Pasteur BandungSPBU Vivo Margajaya BekasiSPBU Vivo Bintaro S9 Tangerang

    Sampai saat ini, SPBU swasta yang sudah memiliki stok bensin baru SPBU Vivo dan BP. Sedangkan Shell belum memiliki stok bensin.

    Dikutip dari situs resmi Shell, produk BBM Shell jenis bensin (Shell Super, Shell V-Power, dan Shell V-Power Nitro+) saat ini belum tersedia di jaringan SPBU Shell.

    “Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait dan pemangku kepentingan lainnya agar produk BBM jenis bensin kembali tersedia di jaringan SPBU Shell sesegera mungkin sesuai dengan standar keselamatan operasional dan standar bahan bakar berkualitas tinggi Shell secara global,” tulisnya.

    (rgr/mhg)

  • Gaikindo Bakal Revisi Target Penjualan Mobil 2025 di Indonesia!

    Gaikindo Bakal Revisi Target Penjualan Mobil 2025 di Indonesia!

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan akan merevisi target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini. Bahkan, mereka bakal menggelar rapat dengan seluruh anggota terkait untuk merumuskan angka baru.

    Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menegaskan, rapat khusus untuk membahas perubahan target akan digelar pekan depan atau setelah pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2025) berakhir. Nantinya, dia akan meminta masukan-masukan dari seluruh anggota.

    “Sampai dengan akhir tahun, kami akan revisi target. Tapi saya pikir, kita tunggu dulu deh. Selesai GJAW 2025, kita bakal kumpul dengan para anggota untuk menentukan target penjualan 2025 ini ke arah mana,” ujar Jongkie saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Gaikindo bakal revisi target penjualan mobil di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Ketika ditanya soal angka terbaru pascarevisi target, Jongkie memilih bungkam. Dia menegaskan, nominal tersebut baru bisa ditentukan setelah rapat anggota selesai digelar.

    “Belum, rapatnya belum (digelar). Jadi, angkanya belum ditentukan. Semua anggota kan punya suara,” kata dia.

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/rgr)

  • Harga Beda Rp 80 Juta Pilih Toyota bZ4X Buatan Lokal atau BYD Sealion 7 Termahal?

    Harga Beda Rp 80 Juta Pilih Toyota bZ4X Buatan Lokal atau BYD Sealion 7 Termahal?

    Jakarta

    Toyota bZ4X rakitan lokal dibanderol Rp 799 juta. Sama BYD Sealion 7 beda harga Rp 80 juta. Kalau disuruh pilih di antara dua model itu, kamu pilih mana nih?

    Mobil listrik pertama Toyota di Indonesia kini diproduksi lokal. Sebelumnya, Toyota mendatangkan crossover langsung dari Jepang secara utuh. Berkat diproduksi dalam negeri, harga Toyota bZ4X pun ikut terpangkas dari Rp 1,2 miliaran menjadi Rp 799 juta. Turunnya sekitar Rp 400 jutaan.

    Adapun di segmen crossover listrik, Toyota bZ4X rakitan itu akan bertarung dengan BYD Sealion 7 versi termahal. Tapi urusan harga, antara BYD Sealion 7 dan Toyota bZ4X itu berselisih Rp 80 juta. BYD Sealion 7 versi tertinggi itu dibanderol Rp 719 juta. Kalau kamu lagi cari crossover listrik dengan opsi BYD Sealion 7 varian termahal dan Toyota bZ4X, kira-kira pilih mana?

    BYD Sealion 7 Foto: Rifkianto NugrohoDimesin BYD Sealion 7 vs Toyota bZ4X

    Dari sisi dimensi, BYD Sealion 7 punya panjang 4.830 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.620 mm, dan jarak sumbu roda 2.930 mm. Dibandingkan dengan Toyota bZ4X, bodinya lebih besar tapi kalah tinggi. Toyota bZ4X punya panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Ground clearance yang ditawarkan Toyota bZ4X itu lebih tinggi yakni 201 mm sedangkan BYD Sealion 7 hanya 163 mm.

    Baterai BYD Sealion 7 vs Toyota bZ4X

    Urusan tenaga, Toyota bZ4X bisa menyemburkan 165 kW dan torsi 286,6 Nm. Baterainya berkapasitas 73,11 kWh dan menjanjikan jarak tempuh hingga 525 km. Tenaga itu disalurkan melalui penggerak roda depan. Sementara pada BYD Sealion 7 varian tertinggi mengusung baterai berkapasitas 82,56 kWh dengan jarak tempuh 542 km. BYD Sealion 7 varian termahal ini merupakan versi performa. Makanya akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 detik. Tenaganya tembus 390 kW dan torsi 690 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui keseluruhan rodanya alias All-Wheel Drive (AWD).

    Fitur BYD Sealion 7 vs Toyota bZ4X

    Beralih ke fitur, Toyota membekali bZ4x dengan 8 SRS airbag, vehicle stability control, parking view monitor, dynamic radar cruise control, lane departure alert, lane tracing assist, adaptive high-beam system, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, safe exit assist, parking support brake, serta advanced parking.

    Fitur yang disajikan BYD Sealion 7 tak kalah lengkap, terlebih pada varian tertinggi. BYD juga menyematkan 8 airbag pada Sealion 7. Selanjutnya tersedia traction control system, electronic brake force distribution, auto hold, adaptive cruise control, emergency lane keeping assist, lane departure assist, traffic sign recognition, intelligent speed alert, intelligent speed limit information, automatic emergency braking, forward collision warning, front cross traffic alert, front cross traffic brake, rear collision warning, rear cross traffic alert, rear cross traffic brake, door open warning, blind spot detection, lane departure warning, driver attention warning, driver fatigue warning, head up display, dan intelligence torque adaption control. Secara fitur keamanan, BYD Sealion 7 terlihat lebih banyak ketimbang bZ4X.

    Toyota bZ4X versi lokal ini hanya ditawarkan dalam satu opsi. Sedangkan BYD Sealion 7 jika varian Performance ini dirasa kemahalan, maka bisa meminang varian termurahnya dengan banderol Rp 629 juta. Gimana nih, kira-kira di antara dua mobil di atas kamu pilih mana?

    (dry/rgr)

  • Dijual Rp 416 Jutaan, Apa yang Beda dari Suzuki Grand Vitara Terbaru?

    Dijual Rp 416 Jutaan, Apa yang Beda dari Suzuki Grand Vitara Terbaru?

    Jakarta

    Suzuki Grand Vitara terbaru telah meluncur di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Kendaraan tersebut mendapat sejumlah pembaruan dibandingkan model sebelumnya. Apa saja?

    Deputy Sales and Marketing Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Ismi berharap, perubahan minor di Suzuki Grand Vitara terbaru mampu memberikan nilai lebih terhadap kendaraan tersebut.

    “Melalui peluncuran Grand Vitara minor change kami berkomitmen untuk memberikan peningkatan nilai tambah yang telah disesuaikan dengan masukan dan kebutuhan pasar,” kata Dony Ismi saat peluncuran produk di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Suzuki Grand Vitara terbaru tersedia dalam dua varian berbeda, yakni single tone seharga Rp 416 jutaan dan dual tone yang dibanderol Rp 419 jutaan. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

    Apa yang Beda dari Suzuki Grand Vitara Terbaru?Suzuki Grand Vitara terbaru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Pabrikan memberikan pembaruan di sejumlah bagian, terutama di area eksterior kendaraan. Mobil itu kini hadir dengan opsi warna pearl cave black yang premium dan pelek baru yang lebih sporty.

    Selain itu, pembaruan lainnya terdapat di bagian interior dengan penambahan 7 inch digital TFT MID, kursi dengan ventilasi yang bisa diatur, electronic parking brake dan lampu LED di bagian dalam.

    Selain eksterior dan fitur, tak ada yang baru dari Suzuki Grand Vitara terbaru. Kendaraan tersebut masih menggunakan mesin K15C bersilinder empat dengan kapasitas 1.462cc dan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau SHVS. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu menyemburkan tenaga 103 dk dan torsi 136,8 Nm.

    Kemudian fitur lainnya dipertahankan, seperti panaromic sunroof, lampu LED, cruise control, HUD dan masih banyak lagi.

    (sfn/rgr)