Jenis Media: Otomotif

  • Destinator Bikin Mitsubishi Makin Pede Jualan di RI

    Destinator Bikin Mitsubishi Makin Pede Jualan di RI

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator diproyeksi bisa mendongkrak angka penjualan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025.

    “Tahun lalu lebih dari 1600 (SPK) di GJAW 2024,” kata Yoshio Igarashi, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI di ICE BSD City, Tangerang, Senin (24/11/2025).

    “Apalagi sekarang sudah ada Destinator, target kita naikan 20 persen, sekarang hampir 2.000 SPK targetnya,” jelas dia.

    Destinator lagi bagus-bagusnya soal penjualan. Igarashi menyebut SUV 7-seater keluarga itu bakal dikirim sebanyak 9.000 unit ke garasi konsumen hingga akhir tahun 2025. Destinator secara kontribusi sekitar 20 persen dari total penjualan MMKSI.

    “SPK sekarang sebenarnya hampir mencapai 13 ribu. Retail sales-nya per kemarin sekitar 6.300, targetnya mau sampai 7.000 ya sampai akhir November,” kata Igarashi.

    “Produksinya tidak mengejar sampai 13 ribu, sekitar sampai 1 sampai 2 bulan tergantung varian yang dipilih,” kata dia.

    “13 ribu itu targetnya sampai Desember sekitar 9 ribu yang akan dikirim ke konsumen,” jelasnya lagi.

    Kehadiran Mitsubishi Destinator menjadi opsi baru buat keluarga Indonesia yang tengah mencari SUV 7-seater. Dari segi tampang, bagian depan Destinator menampilkan konsep desain Dynamic Shield.

    Grille depan, terintegrasi mulus dengan bumper kiri dan kanan untuk menciptakan kesan mendalam. Untuk all-new Destinator, grille, lampu-lampu, dan bumper dirancang dengan elemen horizontal dan vertikal. Destinator dilengkapi dengan power panoramic sunroof untuk varian Ultimate.

    Masuk ke dalam interiornya terpasang 8-inch digital driver display, — untuk varian Ultimate, Exceed. Sementara itu, varian GLS mendapatkan layar berukuran 4,2 inch.

    Untuk layar hiburan disematkan head unit berukuran 12,3 inch untuk Ultimate, sedangkan Exceed dan GLS berukuran 8 inch. Berikutnya tombol kontrol pada unit lampu kabin depan, Destinator menjadi kendaraan Mitsubishi pertama yang menyediakan pengaturan sunroof melalui sistem Smartphone-link Display Audio (SDA).

    Secara spesifikasi mesin, Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Harga Mitsubishi Destinator

    Soal harga, Mitsubishi Destinator paling murah ditawarkan mulai Rp 395 juta hingga yang termahal Rp 475 juta. Berikut harga lengkap Mitsubishi Destinator.

    Mitsubishi Destinator GLS: Rp 395 jutaMitsubishi Destinator Exceed: Rp 415 jutaMitsubishi Destinator Ultimate: Rp 475 juta

    (riar/dry)

  • Mobil Dipakai buat Cari Duit Harusnya Dapat Keringanan Pajak

    Mobil Dipakai buat Cari Duit Harusnya Dapat Keringanan Pajak

    Jakarta

    Rata-rata mobil penumpang di Indonesia dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Padahal, ada juga kendaraan penumpang yang digunakan untuk mencari cuan. Salah satunya adalah mobil low cost green car (LCGC).

    Dulu, LCGC memang dapat keistimewaan berupa pembebasan PPnBM. Namun sekarang dengan aturan terbaru LCGC telah dikenakan PPnBM sebesar 3 persen.

    “iya kan dia (LCGC) masih bayar pajak 3 persen PPnBM. Bayangin itu kan mobil yang dipakai teman-teman yang ada di (taksi) online ya.Itu kan sebenarnya buat cari duit tuh. Mestinya itu dikasih insentif yang lebih banyak oleh pemerintah,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam.

    “Tapi dia bayar pajak barang mewah lho. Dia masih bayar pajak daerah lho. Coba kalau itu dibebasin kan mungkin perkembangannya akan lebih bagus,” sambungnya.

    Menurut Bob, mobil-mobil di segmen LCGC dapat menolong mobilitas masyarakat karena harganya yang terjangkau. Rata-rata pembeli mobil LCGC berharap kendaraan yang memiliki durabilitas.

    “Kalau misalnya 3-4 tahun harus ganti mobil juga, berat lagi mereka. Nah sebenernya LCGC itu menawarkan durability yang lebih panjang,” ujar Bob.

    Sementara itu, Bob juga menyoroti penjualan kendaraan Indonesia yang turun tahun ini. Bob mengatakan harapannya penjualan mobil Indonesia di tahun ini tetap bisa mencapai 800 ribu unit. Dia bilang, bahaya kalau industri otomotif Indonesia dikalahkan Malaysia.

    “Kalau kurang dari 800 (ribu) bahaya itu. Nah jadi image itu penting ya. Kalau nomor 1 di Asia Tenggara itu nggak di Indonesia lagi, nanti ekosistemnya khawatirnya pindah.Nah jadi penting sekali kita mempertahankan reputasi kita sebagai nomor 1 di ASEAN,” ujar Bob baru-baru ini.

    Menurut Bob, Malaysia bisa mempertahankan penjualan mobilnya karena pemerintah memberikan dukungan berupa insentif. Bahkan, insentif yang diberikan pemerintah Malaysia untuk industri otomotif sudah berlaku sejak pandemi COVID-19.

    “Nah negara lain tuh macam-macam.Seperti Vietnam dia menurunkan PPN dari 10 persen jadi 8 persen. Nah Malaysia juga dia kasih insentif ya untuk otomotifnya sejak Covid. Sekarang kalau nggak salah tuh pembeli pertama itu dapat insentif dari Malaysia. Jadi memang negara lain tuh aktif ya memberikan insentif. Karena di otomotif itu multiplier efeknya tuh besar ya,” kata Bob.

    (rgr/dry)

  • Kata Lexus soal Kehadiran Merek China Denza

    Kata Lexus soal Kehadiran Merek China Denza

    Jakarta

    Lexus sebagai brand mewah di Indonesia menanggapi kehadiran merek China, Denza. Merek Tiongkok itu punya amunisi MPV premium dengan harga kompetitif untuk merayu ‘Crazy Rich’ Indonesia. Lexus menyebut konsumen di Indonesia merupakan loyalis yang tidak gampang tergoda.

    Lexus mengatakan persaingan tidak dapat dilihat hanya dari spesifikasi produk atau banderol harga semata. Lexus sudah menjual komitmen, pengalaman, dan privilege yang sudah mengakar.

    “Kalau buat kita di Lexus, luxury itu bukan cuma tentang produknya, tetapi experience,” ujar General Manager Lexus Indonesia Ima Nurbani Rahmah di ICE BSD City, Senin (24/11/2025).

    “Amazing experience, personalisasi. Jadi buat kita, commitment mem-provide luxury itu tadi, kalau Lexus selalu bicara tentang experience. Jadi, kita fokus mem-provide itu buat customer kita.”

    “Customer kita selalu pikirnya, apa yang didapetin adalah carinya experience. Saya yakin at the moment ya, mereka juga nggak gampang berpindah hati.”

    Lexus diketahui sangat mendorong personalisasi (customization) bagi konsumen mereka, terutama untuk model-model flagship seperti LM. Filosofi Lexus, yaitu Amazing Experience dan Omotenashi, — keramahtamahan Jepang yang mendalam, berpusat pada pemahaman bahwa kemewahan sejati adalah pengalaman yang dibuat khusus untuk individu. Konsumen bisa melakukan pemilihan kombinasi warna eksterior dan interior.

    “Mencarinya bukan cuma mobil, bukan cuma MPV gitu ya, tapi ya, MPV yang bisa paling kasih experience yang beda, services yang udah beda, personalisasi. Karena tadi, privilege-privilege yang mereka nggak dapetin, kalau mereka tidak di Lexus,” jelasnya lagi.

    Denza D9 berhasil menciptakan goncangan di pasar dengan harga dan teknologi battery electric vehicles (BEV). Sepanjang Januari-Oktober 2025, Denza D9 terdistribusi sebanyak 6.967 unit.

    Lexus LM tetap menggoda konsumen yang melihat kemewahan sebagai keseluruhan experience. Seperti diketahui brand mewah dari Toyota ini menyediakan privilege dari Parking & Charging yang tersedia di pusat perbelanjaan utama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang, hingga Lexus Aero Concierge di bandara untuk pelanggan yang gemar bepergian.

    Tak hanya itu, Lexus juga menghadirkan Lexus Feast untuk pencinta kuliner, Lexus Cup bagi para golfer, serta privilege eksklusif di IMMERSION Menara Astra setiap hari Minggu saat Car Free Day, berupa area parkir khusus dan ruang istirahat eksklusif untuk pemilik Lexus.

    Bagaimana dengan performa penjualan MPV mewah Lexus? Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Oktober 2025, MPV mewah andalan Lexus sudah terdistribusi sebanyak 905 unit. Model terlarisnya ialah Lexus LM 350 h 7-seater dengan torehan 793 unit.

    (riar/dry)

  • Kapan Stok BBM Shell RON 92 Ada Lagi?

    Kapan Stok BBM Shell RON 92 Ada Lagi?

    Jakarta

    SPBU Vivo dan BP sudah kembali menjual bensin RON 92. Tapi stok BBM RON 92 Shell justru masih kosong. Kapan BBM RON 92 Shell itu ada lagi?

    Stok BBM Shell masih kosong. SPBU Shell hanya menjual bahan bakar jenis diesel. Kondisi ini justru berbeda dengan dua SPBU swasta lain yakni Vivo dan BP. Stok bensin RON 92 di SPBU Vivo dan BP sudah terisi.

    Kapan Stok BBM Shell RON 92 Ada Lagi?

    Buat kamu pengguna Shell tentu bertanya-tanya kapan stok Shell Super itu ada lagi. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Laode Sulaeman mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima, pengiriman impor kargo BBM murni tersebut tengah bergerak dari tempat pengisian.

    “Shell sudah final negosiasi. Dalam waktu dekat, jadi informasinya kargo sedang persiapan bergerak dari tempat pengisian,” ujar Laode dikutip detikFinance.

    Diperkirakan, bensin Shell Super itu akan tersedia di penghujung bulan November 2025. Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra membenarkan proses negosiasi BBM dengan Shell sudah final.

    “Sekarang sudah negoisasi final,” kata Mars Ega.

    Adapun BBM RON 92 di SPBU swasta ini sudah tersedia sejak awal November 2025. Dimulai dari BP yang membeli 100 ribu barel base fuel dari Pertamina. Meski begitu, BP memastikan bahwa kualitas BBM yang dijual sesuai standar yang dimiliki perusahaan.

    “Prioritas kami jelas, BP 92 kembali tersedia dan kualitas produk yang dihadirkan konsisten terjaga. Fokus mutu ini bagian dari komitmen jangka panjang kami membangun layanan energi yang terpercaya di Indonesia,” ujar Presiden Direktur BP-AKR Vanda Laura.

    Sementara Vivo dalam pengumuman di akun Instagramnya, bensin RON 92 mulai tersedia per Minggu (23/11/2025). Ketersediaannya pun masih bertahap. Belum semua SPBU Vivo tersedia stok BBM RON 92.

    “Kini, BBM Revvo 92 Sudah Tersedia Kembali di SPBU VIVO secara bertahap mulai hari ini. Petugas kami siap mengisi penuh tangki dengan bahan bakar berkualitas untuk performa mesin yang lebih optimal,” demikian dikutip dari akun Instagram resmi SPBU Vivo.

    Nah buat kamu pengguna BBM Vivo dan BP, berikut ini daftar SPBU yang sudah tersedia bensin RON 92

    Daftar SPBU BP yang Jual BBM RON di Jabodetabek

    Bekasi

    Bogor

    Jakarta

    Citra PalemKalideresPluit Indah

    Tangerang

    Asterra West BSDPuspitek RayaBSD Delatinos

    Daftar SPBU Vivo yang Jual BBM RON 92 di Jabodetabek

    Jakarta

    Antasari (hampir habis)Bintaro S1 (hampir habis)CidengCilandak (hampir habis)CilangkapDaan Mogot (hampir habis)HankamJambore(hampir habis)Kedoya (hampir habis)KemangMT HaryonoMeruyaPasar Minggu (hampir habis)PejatenRadar Auri (hampir habis)Warung Buncit (hampir habis)

    Bekasi

    Bekasi (hampir habis)CimuningKalimalangJatikramatJatibening (hampir habis)Margajaya (hampir habis)KrangganPekayonTambun

    Bogor

    BatutulisBogor SempurSentul (hampir habis)PajajaranParung

    Depok

    Limo (hampir habis)Sawangan

    Tangerang

    BSD (hampir habis)Bintaro S7 (hampir habis)Ciater (hampir habis)CipondohImam BonjolLegok (hampir habis)Modern LandPamulang

    (dry/din)

  • Harga Mitsubishi Xpander Terbaru, Sekarang Termurahnya Segini

    Harga Mitsubishi Xpander Terbaru, Sekarang Termurahnya Segini

    Jakarta

    Harga Mitsubishi Xpander terbaru pada November 2025 belum mengalami ubahan. MPV 7-seater andalan Mitsubishi itu bisa dibawa pulang mulai Rp 270 jutaan.

    Mitsubishi menyegarkan tampilan Xpander pada Mei 2025. Ada sejumlah ubahan ataupun penambahan dari sisi eksterior, interior, maupun fitur-fiturnya. Meski begitu, enam bulan setelah peluncuran versi teranyarnya, harga Xpander belum mengalami ubahan. Xpander termurah bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 270,1 juta. Sementara yang termahal Rp 330 jutaan. Lengkapnya, berikut ini daftar harga Mitsubishi Xpander terbaru.

    Harga Mitsubishi Xpander Terbaru November 2025Xpander GLS MT – Rp 270.100.000Xpander GLS CVT – Rp 279.100.000Xpander Exceed Tourer MT – Rp 288.700.000Xpander Exceed Tourer CVT – Rp 297.900.000Xpander Ultimate MT – Rp 322.500.000Xpander Ultimate CVT – Rp 337.800.000Spesifikasi Mitsubishi Xpander

    Xpander versi terbaru ini punya tampilan yang makin dinamis namun tak meninggalkan kesan elegan. Misalnya pada sisi eksterior, hal itu dapat terlihat dari tampilan grille depan, black headlight extension frame, solver aero black skirt, desain bumper lebih segar, fog lam, dan desain velg anyar.

    Tak cuma tampilan eksterior yang didandani, interiornya pun demikian. Mulai dari interior berkelir hitam, material fabric seat, desain setir baru, instrumen klaster berukuran 8 inch, head unit berukuran 10 inch, serta kehadiran multi around monitor.

    Beralih ke fitur keamanan, Mitsubishi Xpander dibekali dengan 6 SRS Airbag yang memberikan keamanan lebih bagi para pengendara dan penumpang di dalamnya. Ada juga fitur Active Yaw Control yang merupakan sistem pengereman yang dapat mengontrol perbedaan antara gaya penggerak dan pengereman di sisi kiri serta kanan. Ini membuat kendaraan jadi lebih stabil ketika bermanuver cepat ataupun di jalan licin.

    Di balik kapnya, Mitsubishi masih mempertahankan mesin 1.5 L MIVEC DOHC yang dirancang untuk memberikan keseimbangan antara tenaga, efisiensi bahan bakar, dan responsivitas saat berkendara. Mesinnya bisa menyemburkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Kapasitas tangkinya 45 liter.

    (dry/din)

  • Jangan sampai Ada Pajero-Fortuner 2025 Isi Solar, Aturan BBM Subsidi Harus Makin Ketat

    Jangan sampai Ada Pajero-Fortuner 2025 Isi Solar, Aturan BBM Subsidi Harus Makin Ketat

    Jakarta

    Aturan penyaluran BBM subsidi harusnya makin diperketat dengan kriteria tahun mobil. Jangan sampai ada Pajero Sport dan Fortuner keluaran 2025 yang masih menenggak solar.

    Penyaluran BBM subsidi jadi sorotan. Distribusi BBM jenis solar ataupun Pertalite itu dinilai belum tepat sasaran. Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) hingga saat ini masih melakukan revisi Perpres 191 tahun 2014 agar penyaluran BBM subsidi makin tepat sasaran. Anggota Komisi XII DPR Ri Syarif Pasha menyinggung harusnya aturan itu kian diperketat dengan persyaratan tahun mobil. Sebab, kalau hanya berdasarkan kapasitas mesin, mobil-mobil keluaran baru pun masih bisa mengisi BBM subsidi.

    “Terkait dengan aturan yang hanya menyebutkan jumlah CC mobil yang boleh beli Pertalite, yang boleh beli solar. Ditambahkan harusnya tahun mobil, jangan sampai ada mobil, yang saya sampaikan tadi, mobil Fortuner tahun 2025, mobil Pajero tahun 2025 tetapi dia bisa beli solar,” kata Syarif dalam Rapat Dengar Pendapat di DPR dilihat pada tayangan Youtube Komisi XII DPR RI Channel.

    Menanggapi hal itu Kepala BPH Migas Wahyudi Anas menyebut pihaknya sudah memblokir 311 ribu QR yang digunakan untuk bertransaksi beli BBM solar subsidi. Wahyudi juga menyebut terkadang ada yang memalsukan pelat nomor agar bisa membeli BBM subsidi.

    “Ini sudah mengurangi kondisi beberapa kondisi munculnya QR-QR yang secara kondisi fisik kendaraannya tidak terjadi dan biasanya cetak pelat nomor dipasang kembali masuk-keluar SPBU,” jelas Wahyudi.

    Dari catatan detikOto, berdasarkan Perpres tersebut, ada tiga kategori kendaraan yang mendapatkan jatah solar subsidi yaitu:

    – kendaraan pribadi roda 4
    – angkutan umum orang atau barang roda 4
    – angkutan umum orang atau barang roda 6 atau lebih

    Dalam aturan tersebut juga mengatur volume solar subsidi untuk masing-masing kendaraan. Kendaraan pribadi plat hitam 60 liter per hari, angkutan umum orang atau barang roda 4 sebanyak 80 liter per hari sedangkan angkutan umum roda 6 sebanyak 200 liter per hari. Sedangkan yang dikecualikan untuk kendaraan pengangkutan hasil kegiatan perkebunan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam.

    BBM Buat Fortuner-Pajero Sport

    Adapun untuk mobil sekelas Pajero-Fortuner keluaran baru, memang tak seharusnya menggunakan BBM solar subsidi. Mengutip buku panduan manual untuk Fortuner diesel dengan mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.4L dan mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.8L, dianjurkan menggunakan bahan bakar diesel yang digunakan mengandung 50 ppm atau kurang sulfur. Angka cetanenya 48 atau lebih tinggi.

    Untuk bahan bakar dengan angka cetane 48 dapat ditemui pada jenis Biosolar. Kendati demikian, kalau bicara kandungan sulfur masih terbilang cukup tinggi. Dalam catatan detikcom, kandungan sulfur dari maksimum biosolar B30 bisa mencapai 2.500 ppm. Sementara disebutkan bahwa kandungan sulfur untuk model Euro4 kandungan sulfurnya 50 ppm.

    Pajero Sport pun demikian. Ditelusuri detikOto dari buku panduan manual SUV bongsor tiga berlian itu disarankan menggunakan bahan bakar dengan angka cetane 51 atau lebih tinggi. Perlu diketahui juga bahan bakar tersebut harus memiliki kandungan sulfur kurang dari 50 ppm. “Penggunaan bahan bakar diesel dengan tipe yang lebih rendah dari yang direkomendasikan dapat berpengaruh buruk pada nilai emisi gas buang, serta kemampuan dan daya tahan mesin,” demikian tertulis pada buku panduan manual Pajero Sport.

    (dry/din)

  • Pajak Kijang Innova Zenix Bensin 2025

    Pajak Kijang Innova Zenix Bensin 2025

    Jakarta

    Pajak Kijang Innova Zenix bensin 2025 berapa? Simak hitung-hitungan pajak tahunan Kijang Innova Zenix bensin berikut.

    Popularitas Kijang Innova Zenix tak perlu diragukan lagi. Mobil ini masih jadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat di Tanah Air. Kalau budget di bawah Rp 500 juta, maka opsinya adalah Kijang Innova Zenix versi bensin. Soalnya seluruh varian Kijang Innova Zenix bensin itu harganya di rentang Rp 430 jutaan hingga Rp 480 jutaan. Dengan banderol di bawah Rp 500 juta, bagaimana dengan pajak tahunannya?

    Berdasarkan hitungan detikOto, pajak tahunan Kijang Innova Zenix bensin itu mulai Rp 6 jutaan. Sebagai informasi, pajak tahunan kendaraan itu bisa dihitung apabila diketahui Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk model tersebut. Nah besar NJKB juga juga bisa diakses dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia setiap tahunnya. Untuk tahun ini tercantum dalam Permendagri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025. Dalam aturan tersebut diketahui juga besar Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) yang menjadi parameter hitungan pajak tahunan.

    Pajak Kijang Innova Zenix Bensin 2025

    Diketahui ada tiga macam DP PKB untuk Kijang Innova Zenix bensin. Paling kecil nilainya Rp 341,25 juta dan paling besar Rp 380,1 juta. Dengan demikian, hitungan pajak tahunannya sebagai berikut. Oh iya, sebagai catatan, dalam hitungan kali ini tarif pajak yang dikenakan sebesar 2 persen sebagaimana berlaku di wilayah Jakarta untuk kendaraan pertama.

    Pajak Kijang Innova Zenix Bensin G CVT

    NJKB: Rp 325 juta
    DP PKB: Rp 341,25 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 341,25 juta x 2%
    : Rp 6,285 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ
    : Rp 6,285 juta + Rp 143 ribu
    : Rp 6,968 juta

    Pajak Kijang Innova Zenix Bensin V CVT

    NJKB: Rp 356 juta
    DP PKB: Rp 373,8 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 341,25 juta x 2%
    : Rp 7,476 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ
    : Rp 7,476 juta + Rp 143 ribu
    : Rp 7,619 juta

    Pajak Kijang Innova Zenix Bensin V CVT

    NJKB: Rp 362 juta
    DP PKB: Rp 380,1 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 341,25 juta x 2%
    : Rp 7,602 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ
    : Rp 7,602 juta + Rp 143 ribu
    : Rp 7,745 jutaSpesifikasi Kijang Innova Zenix Bensin

    Nah itu tadi hitungan pajak tahunan Kijang Innova Zenix bensin 2025. Besar pajak itu bisa jadi berbeda bila kendaraan terdaftar di luar Jakarta ataupun terdaftar di Jakarta namun bukan kepemilikan pertama. Kijang Innova Zenix bensin memang hanya punya dua varian yakni G dan V. Innova Zenix bensin ini dibekali mesin M20A-FKS berkapasitas 1.987 cc. Mesin itu memiliki tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm pada 4.500-4.900 rpm.

    Fiturnya antara lain dua SRS airbag, sensor parkir, vehicle stability control dan hill start assist, kamera parkir, hingga immobilizer.

    (dry/din)

  • Penjualan BYD Atto 1 Masih Membludak di Akhir Tahun

    Penjualan BYD Atto 1 Masih Membludak di Akhir Tahun

    Jakarta

    BYD Atto 1 sukses membetot perhatian masyarakat Indonesia. Angka 9 ribu unit untuk satu model bisa dicapai oleh Atto 1 dalam kurun waktu sebulan. Tren ini diprediksi masih terus terjadi hingga akhir tahun.

    Head of Marketing PR and Government Relation BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan mengatakan permintaan BYD Atto 1 terus mengalami kenaikan.

    “Sampai hari ini saya lihat secara progress peningkatan penjualan. Relatively sama. Saya yakin masih sampai akhir tahun. Fenomena demand dari Atto 1 itu masih sama,” kata Luther di ICE BSD City, Tangerang, belum lama ini.

    Lebih lanjut Luther mengatakan permintaan yang bertambah itu karena masyarakat Indonesia mulai percaya diri meminang Atto 1 setelah melihat langsung di jalanan.

    “Kedua begini, ada karakternya masyarakat Indonesia ya. Ketika sudah banyak di jalanan mereka baru lebih confidence. Nah sekarang ini belakangan dealer-dealer mengatakan malah lebih banyak. Karena sudah lihat ada yang mungkin merasakan langsung, sudah ke dealer. Jadi kita confidence ini akan berjalan lebih panjang. Bukan hanya karena ada penumpukan,” jelas dia.

    Berdasarkan data wholesales, BYD Atto 1 terdistribusi sebanyak 9.396 unit per Oktober 2025. Angka ini terbilang besar untuk satu model. Semuanya masih diimpor utuh dari China.

    Pengamat Otomotif Yannes Pasaribu menilai harga dari Atto 1 bisa menggerus pasar Low Cost Green Car (LCGC). Namun momentum ‘meledaknya’ angka BYD Atto 1 ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

    “Menurut saya lonjakan penjualan Atto 1 yg menyalip LCGC terjadi karena dua faktor besar yg saling menguatkan, yakni harga dan momentum distribusi awal,” kata Yannes.

    “Harga Atto 1 yg tembus ke kisaran LCGC membuat hambatan rasional capex terhadap EV runtuh ketika konsumen muda dan urban mulai membandingkan fitur, teknologi, serta citra sosialnya dengan mobil LCGC ICE,” tambah dia.

    “Sementara di saat yg sama unit inden dari periode GIIAS dan promosi agresif benar-benar terkirim dan tercatat di Oktober, sehingga angka bulan ini lebih mencerminkan akumulasi permintaan tertahan tersebut,” jelasnya lagi.

    (riar/dry)

  • VinFast Tunggu Masukan Orang RI buat Nama MPV 7-Seater Listrik Limo Green

    VinFast Tunggu Masukan Orang RI buat Nama MPV 7-Seater Listrik Limo Green

    Jakarta

    VinFast Indonesia memperkenalkan MPV 7 seater listrik terbaru di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Menariknya, mobil ini nanti namanya akan diubah sesuai keinginan konsumen di Indonesia. VinFast membuka peluang buat masyarakat Indonesia untuk memberi nama baru buat mobil ini.

    “Jadi VinFast Limo itu nantinya ke depan ada empat varian. Tetapi yang kita bawa ini yang Limo Green. Harga berapa? Justru kita pengin tahu. Masukan dari pasar itu berapa yang proper untuk harga ini sesuai dengan isinya, spek yang ada, dan sebagainya,” ujar CEO VinFast Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto.

    Kariyanto menambahkan, calon konsumen sudah bisa melakukan pemesanan Limo Green di arena GJAW 2025. Sementara untuk pengirimannya akan dilakukan tahun depan, tepatnya di bulan Maret 2026.

    “Nah nanti namanya apa? Tadi saya sampaikan, justru kita pengin dapat masukan dari istilahnya masyarakat Indonesia, apa nama yang tepat untuk kendaraan 7-seater kita ini. Jadi nanti kita pasangkan sudah dengan nama yang kita pilih tersebut,” tambah Kariyanto.

    Mengenai mekanismenya, Kariyanto mengatakan, masyarakat bisa menyampaikan langsung usulan nama yang cocok buat Limo Green kepada staf VinFast Indonesia. Selain itu, masyarakat juga bisa mengusulkannya secara online.

    Sebagai informasi, VinFast Limo Green bukanlah mobil yang benar-benar baru. Model ini bahkan sudah terlebih dahulu dijual di negara asalnya, Vietnam. Tim detikOto juga pernah berkesempatan melihat langsung Limo Green di Vietnam dalam acara media trip belum lama ini.

    Mengulas sedikit spesifikasinya, VinFast Limo Green memiliki ukuran panjang 4.730 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.690 mm, dan wheelbase 2.840 mm. Konfigurasi kabinnya mendukung tiga baris kursi dengan ruang luas dan kenyamanan optimal untuk keluarga maupun layanan transportasi. Menggunakan baterai LFP, jarak tempuhnya diklaim mencapai 470 km sekali pengisian.

    Model ini juga sudah mencatat keberhasilan di Vietnam, terjual 6.500 unit hanya dalam tiga bulan sejak meluncur, sekaligus menguatkan posisinya di segmen MPV listrik.

    (lua/dry)

  • Daihatsu Tawarkan Program Khusus buat yang Beli Rocky Hybrid di GJAW 2025

    Daihatsu Tawarkan Program Khusus buat yang Beli Rocky Hybrid di GJAW 2025

    Jakarta

    Daihatsu memberikan tawaran khusus buat konsumen yang membeli unit Rocky Hybrid di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Ada benefit layanan purnajual bagi konsumen yang membeli Daihatsu Rocky di pameran otomotif tahunan itu.

    Booth Daihatsu yang berlokasi di Hall 6-A membawa tema Bahagia Sejak Pertama-Karena kamu Ada. Tema ini merepresentasikan Daihatsu mau hadir di setiap momen penting dan menemani setiap mimpi siapapun dan dimanapun agar menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang menjadikan Daihatsu sebagai pilihan untuk para pembeli pertama, pelaku usaha pemula, mulai dari area urban hingga di rural dan remote area, serta terbukti dipilih oleh lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia, sekaligus memberdayakan perekonomian sampai ke daerah terpencil. Kami ada bukan hanya di kota besar, namun juga di seluruh pelosok Indonesia,” ujar Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani.

    “Perjalanan Daihatsu hingga Oktober 2025 merupakan langkah penting menuju 17 tahun di posisi dua di Indonesia. Kami juga memastikan bahwa kendaraan Daihatsu sesuai dengan kebutuhan pelanggan, cocok digunakan di berbagai medan jalan di Indonesia dan juga untuk berbagai jenis usaha. Daihatsu berkomitmen untuk selalu berusaha menghadirkan produk berkualitas, harga terjangkau, efisien, biaya kepemilikan terjangkau, serta resale value yang sangat baik,” tambahnya.

    Daihatsu menampilkan total 6 unit display dan 1 unit Technology Exhibit. Adapun ke-6 unit display terdiri dari 3 unit Rocky Hybrid yang dua diantaranya adalah Dress Up model bertema urban lifestyle; 1 unit Terios Dress Up Alto Style sebagai sarana inspirasi modifikasi dengan style yang berbeda; 2 unit gamification berupa Sigra dan Gran Max yang diubah menjadi mobil gamification sebagai sarana hiburan bagi pengunjung; serta 1 unit Technology Exhibit sebagai sarana edukasi bagi pengunjung untuk melihat teknologi Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid secara langsung.

    Keseruan juga hadir lewat berbagai aktivitas menarik untuk seluruh pengunjung, mulai dari games atraktif dengan hadiah menarik, hingga fasilitas test drive untuk menjajal Rocky Hybrid dan merasakan langsung pengalaman berkendara baru dari teknologi Daihatsu e-Smart Hybrid.

    Program Khusus Rocky Hybrid di GJAW 2025

    Daihatsu juga menghadirkan program penjualan khusus. Bagi pengunjung yang melakukan pemesanan Rocky Hybrid di ajang GJAW ini akan mendapatkan benefit berupa paket perawatan berkala secara gratis sesuai buku servis sampai dengan 40.000 KM atau 2 tahun, mana yang lebih dulu tercapai.

    Ditambah, Daihatsu juga hadirkan spesial Daifest (Daihatsu End Year Festival) sebagai bagian dari apresiasi kepada pelanggan di penghujung tahun dengan benefit menarik dengan pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah hingga grand prize total 9 unit mobil Daihatsu dan hadiah menarik lainnya.

    Program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi masyarakat yang ingin mewujudkan impiannya untuk memiliki mobil baru Daihatsu di momen akhir tahun. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan layanan dapat mengunjungi situs resmi www.astra-daihatsu.id.

    Sebagaimana diketahui, Daihatsu di Indonesia menjadi pilihan utama di pasar otomotif dengan harga kendaraan hingga 300 juta rupiah dengan market share sebesar 34%. Selain itu, LCGC Daihatsu secara total untuk MPV dan Hatchback juga menempati urutan nomor 1 di segmen pasar LCGC di Indonesia share sebesar 38%.

    Pada segmen komersial, Gran Max Series bahkan mengalami kenaikan penjualan yang signifikan dibandingkan tahun lalu dengan segmen share mencapai 65% di segmen commercial low. Sedangkan pada model Terios, SUV Medium dari Daihatsu ini juga menjadi pilihan favorit di segmen tersebut dengan harga hingga 300 juta yang mencapai shares sebesar 34%.

    (lua/dry)