Jenis Media: Otomotif

  • Dulu Kalau Ada yang Minta Dikawal Polisi Harus Layani, Sekarang Nggak Bisa Lagi

    Dulu Kalau Ada yang Minta Dikawal Polisi Harus Layani, Sekarang Nggak Bisa Lagi

    Jakarta

    Aktivitas pengawalan yang dilakukan kepolisian makin diperketat. Kalau sebelumnya polisi harus melayani permintaan, kini tak bisa sembarangan lagi.

    Korlantas Polri telah membekukan penggunaan ‘Tot Tot Wuk Wuk’ alias strobo dan sirene. Ini lantaran penggunaannya mengganggu masyarakat. Meski begitu, aktivitas pengawalan masih tetap ada. Tapi aktivitas pengawalan itu kian diperketat. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri irjen Pol. Agus Suryonugroho menyebut kini pengawalan tak bisa asal dilakukan. Aturannya makin ketat, tak seperti dulu kalau ada permintaan pengawalan pihak kepolisian harus melayani.

    “Jadi banyak yang kami tarik, karena polisi juga ketika seseorang minta dikawal, minta, harus kami layani. Tetapi sekarang tidak, ada aturannya yang jelas dan untuk pengawalan ada prioritas,” tegas Agus dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR.

    Menurut Agus, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara untuk menentukan daftar pejabat yang berhak mendapat prioritas sekaligus pengawalan. Langkah ini dilakukan agar penggunaannya jadi lebih tertib.

    “Dan kami sedang koordinasi dengan Setneg jadi mana yang harus dikawal dan mana yang tidak harus dikawal. Kalau anggota dewan kita kawal semuanya, Pak. Tidak berani kami, Pak,” sambung Agus.

    Siapa Pejabat Boleh Dikawal?

    Untuk diketahui, pejabat memang mendapat pengawalan. Pengawalan yang dilakukan kepolisian terhadap pejabat itu diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 4 tahun 2017 tentang Penugasan Anggota Kepolisian Negara RI di Luar Struktur Organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Disebutkan dalam pasal 8, penugasan sebagai ajudan atau personel pengamanan dan pengawalan pejabat negara diberikan kepada:

    – Pejabat negara Republik Indonesia
    – Pejabat negara asing yang berkedudukan di Indonesia
    – Mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia
    – Suami atau istri Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia
    – Kepala badan/lembaga/komisi
    – Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Republik Indonesia, atau
    – Pejabat lainnya atas persetujuan Kapolri

    Lebih lanjut pada pasal 8 ayat 2 dijelaskan, pejabat negara sebagaimana disebutkan pada pasal 8 ayat 1 meliputi:

    1. Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia
    2. Ketua/Wakil Ketua MPR
    3. Ketua/Wakil Ketua DPR dan DPD
    4. Ketua/Wakil Ketua Mahkamah Agung
    5. Hakim Agung
    6. Ketua/Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi
    7. Ketua/Wakil Ketua Komisi Yudisial
    8. Ketua/Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan
    9. Menteri atau pejabat setingkat Menteri
    10. Gubernur/wakil gubernur
    11. Bupati atau Walikota

    Pejabat tersebut mendapat masing-masing dua personel yang bertugas sebagai ajudan. Kemudian ada juga enam personel untuk setiap pejabat, bagi penugasan sebagai personel pengamanan dan pengawalan.

    (dry/din)

  • Spesifikasi SUV Gagah Seharga Rp 214 Juta yang Bisa Dipesan Bulan Depan

    Spesifikasi SUV Gagah Seharga Rp 214 Juta yang Bisa Dipesan Bulan Depan

    Jakarta

    Tata Sierra telah meluncur di India. Kendaraan berjenis medium SUV tersebut dibanderol mulai dari Rp 214 jutaan. Bagaimana spesifikasinya?

    Dilansir dari Gaadiwaadi, Kamis (27/11), meski sudah meluncur, namun Tata Sierra baru bisa dipesan konsumen mulai 16 Desember 2025. Sementara pengirimannya dimulai sebulan setelahnya.

    Di India, Tata Sierra dibanderol mulai dari 11.49 lakh rupee atau sekira Rp 214 jutaan. Nominal tersebut, untuk mobil sekelasnya, termasuk cukup terjangkau. Namun, bagaimana dengan spesifikasinya?

    Spesifikasi Tata SierraTata Sierra 2025. Foto: Doc. Tata Motors

    Tata Sierra merupakan SUV medium dengan tampilan gagah dan futuristis. Bahkan, di bagian depan atau muka, kendaraan itu mengingatkan kita dengan mobil-mobil listrik yang belakangan ramai di Indonesia.

    Secara umum, Tata Sierra punya desain yang serba tajam dan mengotak. Detailnya diracang minimalis, namun tetap memikat mata. Meski demikian, tetap saja, ada detail minor yang auranya agak ke-India-India-an, terutama di area bumper depan.

    Di India, Tata Sierra tersedia dalam banyak varian berbeda, yakni Smart+, Pure, Pure+, Adventure, Adventure+, Accomplished dan Accomplished+. Sementara pilihan warnanya ada enam, termasuk kuning dan merah yang menjadi hero colours kendaraan tersebut.

    Tata Sierra tersedia dalam dua opsi mesin, yakni bensin dan diesel. Mesin bensinnya berkapasitas 1,5 liter turbocharged dengan tenaga maksimum 160 PS dan torsi puncak 255 Nm.

    Sementara mesin dieselnya berkapasitas 1,5 liter dengan semburan tenaga 120 PS dan torsi hingga 280 Nm. Seluruhnya tersedia dalam pilihan transmisi DCT serta manual dan AT enam percepatan.

    Kendaraan tersebut menggunakan platform ARGOS yang baru dan modular. Bahkan, saking tangguhnya, Tata Sierra ditargetkan mendapat lima bintang dalam pengujian NCAP yang akan digelar sebentar lagi.

    Di bagian dalam, SUV tersebut benar-benar terlihat modern berkat penggunaan layar tiga panel, sistem audio buatan JBL dengan teknologi Dolby Atmos dan material jok serta dasbor yang memang dirancang kekinian. Kemudian ada ADAS Level 2 dengan 20 kamera 360 derajat, enam airbags, pengisian daya ponsel nirkabel dan masih banyak lagi.

    (sfn/dry)

  • Mobil PHEV Melejit di RI Gara-gara Merek China, BYD Kok Nggak Ikutan?

    Mobil PHEV Melejit di RI Gara-gara Merek China, BYD Kok Nggak Ikutan?

    Jakarta

    Penjualan mobil plug in hybrid electric vehicles (PHEV) mulai tembus ribuan unit. Mayoritas yang bikin melejit penjualan mobil PHEV adalah merek asal China, Chery. Raksasa mobil asal Tiongkok, BYD diketahui belum masuk ke segmen PHEV. Apa alasannya?

    Perlu diketahui, data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil elektrifikasi dari hybrid, battery electric vehicles (BEV), dan PHEV sepanjang Januari-Oktober 2025 tembus 124.510 unit.

    Khusus segmen mobil PHEV juga perlahan tumbuh. Total sepanjang tahun ini tembus 3.798 unit. Chery mendominasi pasar dengan capaian 2.929 unit. Model terlarisnya Tiggo 8 CSH dengan angka 2.710 unit.

    Selanjutnya masih dari Chery Group, yakni Jaecoo yang mengisi urutan kedua. Jaecoo mencatat penjualan sebanyak 704 unit.

    Urutan ketiga mobil PHEV terlaris ditempati oleh Mazda. Brand asal Jepang itu ditopang oleh Mazda CX-80 dengan capaian 59 unit.

    Tampak jelas bahwa merek asal Tiongkok, Chery Group, menjadi pemain utama yang mendongkrak segmen ini, dengan andalan mereka Chery Tiggo 8 CSH yang menjadi model terlaris.

    BYD tidak menutup rapat peluang untuk menghadirkan PHEV di masa depan. Mereka menyatakan akan mencari waktu yang tepat dan peluang yang ada untuk memperkenalkan teknologi elektrifikasi lain, termasuk PHEV.

    “Secara plug-in PHEV memang kita akui kita adalah salah satu pemain besar di PHEV. Dan sangat mungkin sekali untuk kita bawa ke Indonesia,” ujar Head of PR & Government BYD Indonesia Luther Panjaitan di ICE BSD City, Tangerang.

    “Apalagi line-up line-up PHEV kita dan EV kita itu paling complete saat ini di setiap segmen.”

    “Dan memang kita saat ini menunggu regulasi yang lebih firm terhadap PHEV. Karena ini harus lebih terlihat berbeda antara plug-in hybrid dengan hybrid biasa. Sangat mungkin kita bawa di tahun depan untuk melengkapi line-up line-up. Menjadi solusi juga terhadap area-area tertentu yang mungkin masih mengalami masalah di sisi infrastruktur,” ujar Luther.

    (riar/rgr)

  • Pergi Liburan Dapat New BinguoEV, Emang Bisa?

    Pergi Liburan Dapat New BinguoEV, Emang Bisa?

    Jakarta

    Wuling Motors terus melebarkan sayap untuk memenuhi semua kebutuhan konsumennya. Gak cuma soal lineup produk yang ditawarkan, Wuling Motors juga ikut menggoda para traveler yang hendak liburan namun berkesempatan untuk mendapatkan mobil listrik.

    Dalam siaran resmi Wuling Motor dijelaskan, Wuling Motors (Wuling) kembali memperluas kolaborasi lintas industri, melalui keikutsertaannya dalam program Gebyar Traveloka 2025.

    Dijelaskan dalam perayaan tahunan yang digelar oleh platform perjalanan all-in-one terdepan di Asia Tenggara tersebut, Wuling mempersembahkan satu unit New BinguoEV Pro sebagai hadiah utama. Inisiatif ini menjadi langkah strategis Wuling dalam memperkenalkan kendaraan listrik kepada audiens yang lebih luas lagi sekaligus mendorong terciptanya pengalaman perjalanan yang bermakna dan berkelanjutan.

    “Kami bangga dapat kembali menjalin kolaborasi bersama Traveloka dalam Gebyar Traveloka 2025. Kesamaan visi Wuling dan Traveloka dalam menghadirkan inovasi yang relevan dan memberi nilai tambah bagi konsumen telah melandasi kolaborasi ini sejak tahun 2022 lalu. Melalui hadiah utama berupa Wuling New BinguoEV Pro, kami ingin membuka kesempatan lebih besar bagi masyarakat untuk merasakan kenyamanan berkendara dengan mobil listrik ikonik yang diproduksi di Indonesia,” terang Brand Communication Senior Manager Wuling Motors, Brian Gomgom.

    Tahun ini, masyarakat berkesempatan memenangkan hadiah utama berupa Wuling New BinguoEV Pro yang dipilih karena melambangkan mobilitas modern yang ringkas, ramah lingkungan, dan mampu mendukung gaya perjalanan fleksibel termasuk road trip santai ataupun eksplorasi destinasi tersembunyi.

    Wuling Motors (Wuling) kembali memperluas kolaborasi lintas industri, melalui keikutsertaannya dalam program Gebyar Traveloka 2025. Foto: dok. Wuling Motors

    Program ini berlangsung mulai 25 November 2025 hingga 31 Maret 2026 dan terbuka untuk seluruh pengguna Traveloka. Semakin sering pengguna melakukan transaksi di aplikasi Traveloka, semakin besar peluang untuk memenangkan berbagai hadiah termasuk grand prize New BinguoEV Pro.

    Traveloka menyambut positif kolaborasi ini. Vice President of Commercial Traveloka, Baidi Li, menyatakan perjalanan bukan sekadar berpindah tempat, tetapi tentang menciptakan momen yang bermakna.

    “Melalui Gebyar Traveloka, kami tidak hanya memberikan apresiasi kepada pengguna setia, tetapi juga menghadirkan nilai tambah yang nyata, mulai dari kemudahan merencanakan liburan sesuai aspirasi konsumen hingga kesempatan memenangkan hadiah yang mendukung eksplorasi yang lebih nyaman. Bersama Wuling Motors, kami ingin menginspirasi traveler untuk menikmati kebebasan menjelajah dengan cara yang lebih personal dan modern, sekaligus membuka peluang untuk menjadikan setiap perjalanan sebagai pengalaman yang tak terlupakan,” ujar Baidi.

    Sebagai informasi tambahan, Wuling New BinguoEV Pro yang mengusung tagline Be ‘The Icon’ ini dirancang untuk mobilitas perkotaan dengan desain ikonik dan jarak tempuh yang lebih mumpuni. Dilengkapi baterai berkapasitas 31,9 kWh, New BinguoEV Pro mampu menempuh jarak hingga 333 kilometer dalam satu kali pengisian penuh.

    Kendaraan ini diproduksi langsung di pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, serta dibekali rangkaian fitur modern termasuk smartphone interconnection, electric foldable mirror, serta dukungan fast charging CCS2.

    (lth/rgr)

  • Spesifikasi GPX DZ2, Skutik Buatan Thailand yang Lebih Ganteng dari Nmax dan PCX

    Spesifikasi GPX DZ2, Skutik Buatan Thailand yang Lebih Ganteng dari Nmax dan PCX

    Jakarta

    Yamaha Nmax dan Honda PCX kedatangan pesaing baru dari Thailand, yaitu GPX DZ2. Secara tampilan, DZ2 memiliki desain yang lebih ganteng dan sporty dari Nmax atau PCX. Seperti apa spesifikasi motor buatan negeri Gajah Putih itu.

    Desain

    Secara visual, motor ini tampil lebih ganteng dibanding para kompetitornya seperti Yamaha Nmax maupun Honda PCX. Mengusung konsep ‘Hyper-Trex’, skutik ini menyasar pengguna perkotaan yang butuh motor harian yang ringan, praktis, dan sarat fitur, namun dengan harga tetap terjangkau.

    Garis bodi motor ini dibuat agresif dengan proporsi pas dan ringkas sehingga mudah dikendalikan di jalanan kota. Garis-garis tajam di motor ini terus mengalir hingga area belakang. Melengkapi desain sporty tersebut, GPX DZ2 menggunakan jok model bertingkat, dikombinasi dengan behel model tanduk.

    GPX DZ2 Foto: Dok. GPXDimensi

    Soal dimensi, GPX DZ2 memiliki panjang 1.970 mm, lebar 770 mm, tinggi 1.150 mm, jarak sumbu roda 1.315 mm, dan tinggi joknya 770 mm. Sementara beratnya 130 kg, cukup ringan buat postur pengendara rata-rata Asia Tenggara.

    Mesin

    Dari aspek dapur pacu, GPX DZ2 mengusung mesin HYPER-i 149,6 cc, satu silinder SOHC 4 katup berpendingin cairan yang bisa menghasilkan tenaga 10,5 kW (14 dk) pada 8.500 rpm dan torsi 13,5 Nm di 6.500 rpm.

    Kaki-kaki

    Motor ini dilengkapi rem cakram depan 260 mm dan belakang 220 mm, lengkap dengan rem cakram kaliper radial yang biasa dipakai motor sport. Fitur ABS hadir di kedua roda, ditambah sistem kontrol traksi (TCS) yang bisa diaktifkan atau dimatikan. Profil ban depannya 110/70-14 dan profil ban belakangnya 130/70-13.

    GPX DZ2 Foto: Dok. GPXFitur

    Fitur-fitur di motor ini cukup melimpah, mulai dari layar TFT 6 inci full color yang dapat terhubung ke smartphone via Bluetooth dan aplikasi Carbit Ride dengan fungsi Mirror Screen. Ada juga port pengisian ganda USB-A dan USB-C, hingga Smart Key dengan standar tahan air dan debu IP67.

    Harga

    Di Thailand, GPX DZ2 dibanderol 73.500 baht atau setara Rp 37,9 juta dan hadir dalam empat pilihan warna: Crayon Grey, Super Black, Matte Brown, dan Lava Red. Motor ini juga mendapat garansi mesin 3 tahun atau 30.000 km.

    (lua/rgr)

  • Mitsubishi Ajak Pengunjung GJAW 2025 Bereksplorasi Lewat Display Spesial

    Mitsubishi Ajak Pengunjung GJAW 2025 Bereksplorasi Lewat Display Spesial

    Tangerang

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut meramaikan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Bertepatan dengan 55 tahun kehadirannya di Indonesia, MMKSI menghadirkan display dengan konsep adventure atau petualang.

    Area ini dirancang sebagai ruang eksplorasi visual yang menampilkan berbagai konsep penataan kendaraan tematik sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia, mulai dari Family Touring Concept untuk keluarga pecinta perjalanan jauh, Outdoor & Offroad Adventure Concept bagi mereka yang gemar menjelajahi alam, hingga Active Urban Lifestyle Concept yang merepresentasikan kehidupan dinamis di perkotaan.

    Adapun unit yang dipamerkan di antaranya Xpander Cross, Pajero Sport, Destinator, dan Xforce. Dikatakan Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, pihaknya terus berupaya untuk menghadirkan inspirasi yang lebih dekat dengan kehidupan konsumen Indonesia.

    “Kami menghadirkan display dengan konsep adventures yang menggambarkan bagaimana Mitsubishi Motors menjadi teman setia dalam berbagai gaya hidup pelanggan. Untuk Expander Cross kami menghadirkan tema ‘Comfort & Outdoor Adventures with Family,” ujar Irwan, dalam acara GJAW, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Sementara, untuk model Pajero Sport, MMKSI menghadirkan konsep ‘Exploring & Excitement’. Mengusung semangat eksplorasi, Pajero Sport ditampilkan dengan gaya pemadanan aktivitas offroad dan petualangan alam.

    “Untuk Pajero Sports kami mempersembahkan konsep ‘Exploring & Excitement’, menggabungkan ketangguhan Pajero Sports dalam berkendara di berbagai medan dengan ekspresi keceriaan berpetualang. Cocok bagi mereka yang gemar menjelajah mencintai alam terbuka dan selalu mencari pengalaman baru di setiap perjalanan,” kata Irwan.

    Foto: MMKSI

    Sebagai bagian dari perayaan 55 tahun MMKSI di Indonesia, Destinator disajikan sebagai simbol petualangan keluarga modern. Konsep ‘Premium & Touring with Family’ menggabungkan kesan premium, kenyamanan tinggi, dan kemampuan touring jarak jauh.

    “Ini menggabungkan kemewahan dan kenyamanan dalam berpetualang bersama keluarga. Merayakan 55 tahun perjalanan Mitsubishi Motors di Indonesia, kendaraan ini menjadi simbol petualangan kendaraan keluarga modern dan kenyamanan,” jelas Irwan.

    Model modifikasi terakhir yang dipamerkan oleh MMKSI di gelaran GJAW yaitu Xforce. Adapun tema yang diusung yaitu ‘Urban & Sporty’ yang menonjolkan karakter kaum muda yang dinamis.

    “Untuk Xforce kami menampilkan konsep urban and sporty sebuah representasi dari gaya hidup aktif dan dinamis di perkotaan. Dengan tampilan sporty dan berkarakter elegan yang siap menemani berbagai aktivitas penuh gaya dan semangat,” kata Irwan.

    Irwan menyebut special inspirational display ini bukan sekadar pameran modifikasi, tetapi juga visualisasi nyata bagaimana konsumen dapat mengadaptasi tampilan kendaraan mereka sesuai karakter dan kebutuhannya, tanpa mengubah fungsi dan performa asli. Model ini mewakili gaya hidup keluarga yang mengutamakan kenyamanan sekaligus kebanggaan dalam berkendara.

    “Melalui konsep ini kami ingin menunjukkan ’empowering every journey’ bukan hanya slogan, tetapi gaya hidup dalam setiap produk Mitsubishi Motors,” pungkasnya.

    (akn/ega)

  • Mitsubishi Hadirkan Promo Spesial 55 Tahun di Indonesia-GJAW 2025

    Mitsubishi Hadirkan Promo Spesial 55 Tahun di Indonesia-GJAW 2025

    Tangerang

    Produsen ternama asal Jepang, Mitsubishi Motors merayakan 55 tahun kehadirannya di Indonesia. Bertepatan dengan momen ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga hadir dalam Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025.

    Kehadiran MMKSI kali ini bukan sekadar partisipasi tahunan, namun juga bentuk refleksi dari perjalanan panjang, kepercayaan, dan upaya untuk terus memberdayakan setiap perjalanan keluarga Indonesia.

    Melalui tema besar ‘Empowering Every Journey’, MMKSI menghadirkan pengalaman pameran yang menyatukan warisan 55 tahun Mitsubishi Motors, inovasi produk, serta inspirasi gaya hidup pelanggan Indonesia yang dinamis.

    Berlokasi di Hall 10, Booth 10A dengan luas 880 m2, MMKSI menghadirkan konsep booth ‘Reliable Partner for Decades’, di mana seluruh elemen ditampilkan, mulai dari petualangan keluarga, eksplorasi alam, hingga rutinitas perkotaan yang penuh semangat.

    “55 tahun bukan sekadar angka, melainkan kisah kebersamaan yang penuh makna. Melalui GJAW 2025, kami ingin berbagi semangat dan rasa terima kasih kepada seluruh pelanggan, mitra, dan rekan media yang telah menjadi bagian dari perjalanan ini,” jelas Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita dalam acara GJAW, di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    “Komitmen kami adalah untuk terus menghadirkan kendaraan yang andal, aman, dan nyaman bagi keluarga Indonesia, dengan semangat untuk terus memberdayakan setiap perjalanan menuju masa depan yang lebih baik. Booth ini juga kami rancang agar pengunjung dapat merasakan bahwa Mitsubishi Motors bukan hanya produsen kendaraan, tetapi juga mitra dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

    Foto: MMKSI

    Kurita menambahkan MMKSI juga menghadirkan berbagai inspirasi, mulai dari tampilan booth hingga display spesial yang menggambarkan dinamisnya gaya hidup konsumen Indonesia. Semua ini merupakan bagian dari upaya MMKSI untuk memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan dan terus beradaptasi dengan kebutuhan mereka.

    Momentum GJAW 2025 juga menjadi ajang istimewa bagi MMKSI untuk menegaskan pencapaian produk terbarunya, Mitsubishi Destinator, yang baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi ‘Car of the Year 2025’.

    Penghargaan tersebut menjadi simbol pengakuan atas keunggulan desain, performa, serta teknologi yang diusung Destinator sebagai Premium Family SUV, sekaligus bukti nyata dari upaya MMKSI dalam menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga modern di Indonesia.

    Booth MMKSI menampilkan ragam model kendaraan yang mewakili berbagai gaya hidup masyarakat Indonesia, dari keluarga muda hingga penjelajah sejati, sekaligus memperlihatkan bagaimana pihaknya terus berevolusi untuk menjadi bagian dari setiap fase kehidupan konsumennya.

    Dalam kesempatan kali ini, akan hadir 6 unit display dari model Mitsubishi Destinator, Xforce, Xpander, Xpander Cross, dan New Pajero Sport, yang dipamerkan di dalam booth. MMKSI juga membuka kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan langsung pengalaman berkendara khas Mitsubishi Motors melalui 7 unit kendaraan test drive, yang terdiri dari 3 unit Destinator, 1 unit Xforce, 1 unit Pajero Sport, serta 2 unit Xpander.

    Seluruh persembahan tersebut merupakan upaya MMKSI untuk menghadirkan pengalaman mobilitas yang menyeluruh bagi pelanggan Indonesia, dari performa dan inovasi kendaraan, hingga pengalaman emosional yang lahir dari setiap perjalanan bersama Mitsubishi Motors.

    Booth Mitsubishi Motors di GJAW 2025 dirancang dengan beragam area tematik yang merefleksikan filosofi Empowering Every Journey dan semangat Reliable Partner for Decades. Pengunjung dapat mengeksplor 55th Anniversary LED Interactive yang menampilkan perjalanan panjang Mitsubishi Motors di Indonesia melalui tampilan visual interaktif, Passion to Care Lounge yang merepresentasikan nilai layanan Mitsubishi untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

    Di sini juga disediakan produk dan layanan purna jual (aftersales) Mitsubishi, serta fungsi Mitsubishi Connect untuk kemudahan konsumen.

    Booth MMKSI di GJAW juga menghadirkan Sky Explorer Photo Booth kolaborasi dengan Garuda Indonesia dan Tahilalats. Konsumen bisa merasakan pengalaman ringan dan menyenangkan, serta dealing area yang nyaman untuk bertransaksi.

    Desain booth yang terbuka dan dinamis memberikan ruang bagi pengunjung untuk mengeksplorasi kendaraan secara lebih personal, sekaligus merasakan nilai ‘reliability’ yang menjadi inti dari setiap inovasi Mitsubishi Motors.

    Hadirkan Promo Spesial hingga Layanan Aftersales Foto: MMKSI

    Mitsubishi Motors juga menghadirkan rangkaian program penjualan akhir tahun yang memberikan kemudahan lebih bagi konsumen selama periode GJAW 2025 yaitu 21-30 November 2025.

    Pengunjung dapat menikmati berbagai opsi pembiayaan, mulai dari program down payment (DP) rendah dengan tenor hingga 7 tahun, bunga ringan, program SMART CASH, hingga program spesial ’55th Anniversary’,

    Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan promo ini merupakan bagian dari perayaan 55 tahun perjalanan Mitsubishi Motors bersama masyarakat Indonesia.

    “Dalam kesempatan ini kami menghadirkan beberapa penawaran menarik yang bisa didapatkan oleh pembeli kendaraan Mitsubishi Motors. Penawaran khusus ini berlaku selama momentum perayaan 55 tahun Mitsubishi Motors berlangsung termasuk selama di GJAW 2025 ini,” kata Irwan.

    Beragam keuntungan lainnya juga diberikan, seperti cashback hingga jutaan rupiah untuk pembelian kendaraan penumpang Mitsubishi (S&K berlaku), serta program trade-in bekerja sama dengan DSS Motor khusus area Jabodetabek. Melalui kerja sama ini, konsumen dapat melakukan tukar tambah dengan proses appraisal yang lebih cepat, praktis, dan transparan.

    Tidak hanya dari sisi penjualan, MMKSI juga menghadirkan program aftersales untuk mendukung kebutuhan akan kendaraan yang sehat demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen. Sebagai upaya akan hal tersebut, MMKSI memberikan servis gratis selama 4 tahun/50.000 KM melalui program Mitsubishi SMART Package (MSP) untuk kendaraan penumpang.

    Sedangkan untuk memastikan rasa nyaman dan aman konsumen setelah usai masa MSP, tersedia pula Extended SMART Package (ESP), dengan pilihan yang bervariasi mulai dari satu hingga enam kali servis (1XPM – 6XPM), di mana pada setiap pembelian ESP, konsumen juga akan mendapat perpanjangan masa garansi dan layanan emergency selama satu tahun.

    “Melalui program ini kami ingin menegaskan kembali bahwa Mitsubishi Motors tidak hanya hadir sebagai produsen kendaraan tetapi juga sebagai teman perjalanan jangka panjang yang siap mendampingi setiap pelanggan di setiap kilometer perjalanan mereka,” kata Irwan.

    Selama GJAW 2025 berlangsung, MMKSI memberikan penawaran spesial berupa diskon untuk pembelian genuine accessories sampai dengan 25% serta berbagai macam souvenir menarik.

    Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan preferensi pelanggan terhadap tampilan kendaraan, MMKSI juga menghadirkan rangkaian genuine accessories untuk seluruh line-up produk, mulai dari Xpander hingga All New Pajero Sport.

    Setiap model dilengkapi dengan paket aksesoris yang dirancang untuk mencerminkan karakter, gaya, dan kepribadian berbeda dari masing-masing pelanggan, sehingga mereka dapat mengekspresikan diri melalui kendaraan yang digunakan.

    Selain pilihan aksesoris resmi, MMKSI juga memastikan kemudahan dalam perawatan dan perbaikan kendaraan melalui jaringan bengkel resmi Bodi & Cat yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kehadiran fasilitas ini menjadi upaya untuk memberikan layanan yang lengkap, terpercaya, dan sesuai standar Mitsubishi Motors bagi seluruh konsumen.

    “Ke depan, Mitsubishi Motors akan terus berinovasi, termasuk menghadirkan teknologi elektrifikasi fitur keamanan yang semakin maju serta konektivitas yang lebih modern. Semua ini dilakukan agar kami tetap menjadi pilihan utama keluarga Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Ini Dia Deretan Kecanggihan Teknologi Mitsubishi Destinator”
    [Gambas:Video 20detik]
    (akn/ega)

  • 55 Tahun di Indonesia, Mitsubishi Motors Gencarkan Penjualan Destinator

    55 Tahun di Indonesia, Mitsubishi Motors Gencarkan Penjualan Destinator

    Tangerang

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan bakal memaksimalkan penjualan Mitsubishi Destinator. Langkah itu dilakukan karena Mitsubishi Destinator tergolong mendapatkan sambutan positif dari pelanggan Indonesia sejak diluncurkan pada GIIAS 2025 lalu.

    “Jadi kita udah akumulasi order (Mitsubishi Destinator) itu udah 12 ribuan,” kata Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro di acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Foto: (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

    Dari angka 12 ribu tersebut, Irwan mengatakan sudah ada 6 ribu yang terdeliver ke pelanggan. Meskipun begitu, Irwan menargetkan agar 12 ribu order tersebut bisa di deliver seluruhnya pada tahun ini.

    “Yang deliver 6 ribuan, setengahnya lah. Ya kita usahain (bisa ter-deliver semuanya), sekarang sih udah 6 ribuan lah,” ujar Irwan.

    Foto: (Foto: Hana Nushratu/detikcom)

    Sementara itu, Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita mengatakan kehadiran Mitsubishi Destinator tidak terlepas dari wujud rasa terima kasih Mitsubishi terhadap para pelanggan di Indonesia. Dia mengatakan sudah 55 tahun, Mitsubishi tumbuh bersama Indonesia dan menghadirkan banyak produk-produk.

    “Selama 55 tahun, komitmen kami tetap sama untuk memimpin setiap perjalanan keluarga Indonesia dengan produk kualitas tinggi, perusahaan yang bersemangat, dan pengalaman pelanggan yang menghargai. Visi kami sederhana. Kami ingin model kami memungkinkan keluarga Indonesia untuk mencapai tujuan tertinggi,” jelas Kurita.

    Kurita mengatakan pihaknya juga merancang Mitsubishi Destinator dengan spesial. Pasalnya, mobil anyar tersebut merupakan bagian dari pengembangan SUV premium Mitsubishi.

    “Tahun ini juga merupakan milestone penting dengan penerbangan SUV premium kami, Mitsubishi Destinator. Dibangun secara spesial untuk pelanggan Indonesia dan dikeluarkan dengan bangga di sini, di Indonesia,” tutur Kurita.

    “Model ini menampilkan dedikasi kami Mitsubishi Destinator bukan hanya mobil baru. Ini merupakan hasil 55 tahun kami dalam mencipta mobil yang bergantung yang dapat menangani kondisi yang unik dan menantang di seluruh Indonesia. Respons dari pasar telah melebihi dari semua harapan,” sambungnya.

    Kurita menambahkan kehadiran mobil tersebut juga sebagai upaya dari Mitsubishi untuk memanjakan keluarga Indonesia yang suka berpetualang. Memiliki desain futuristic, mobil ini tetap dibalut dengan dapur pacu dan ornamen-ornamen untuk mendorong semangat petualangan.

    Mitsubishi Destinator mengandalkan mesin berkode 4B40 1.500 cc MIVEC Turbo. Tenaganya mencapai 163 PS (120 kW) dengan torsi maksimal 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT. Tidak ada pilihan transmisi manual untuk Mitsubishi Destinator.

    Tidak hanya itu, secara dimensi, Mitsubishi Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, 1.780 mm. Ground clearance-nya sekitar 244 mm. Kehadiran ground clearance setinggi itu membuat mobil tersebut mampu melewati berbagai medan jalan.

    Kurita menambahkan MMKSI juga mengedepankan kenyamanan kepada para pengguna mobil tersebut. Menurut Kurita, upaya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan Indonesia membuat mobil tersebut mampu meraih predikat ‘Car of the Year 2025’.

    “Cocok bagi mereka yang gemar menjelajah mencintai alam terbuka. Untuk Mitsubishi Destinator kami mengangkat tema ‘premium and touring with family’,” kata Kurita.

    “Ini menggabungkan kemewahan dan kenyamanan dalam berpetualang bersama keluarga,” pungkasnya.

    (akn/ega)

  • Semua Anggota Dewan Tetap Dikawal

    Semua Anggota Dewan Tetap Dikawal

    Jakarta

    Kakorlantas Irjen Pol Agus Suryonugroho menyebut pembekuan sirene dan rotator masih terus dievaluasi. Di sisi lain, Kakorlantas memastikan pengawalan terhadap sejumlah pihak prioritas, termasuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), akan tetap dilanjutkan.

    Agus mengungkapkan hal ini di rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR, Kamis (27/11/2025). Dia menjelaskan bahwa kebijakan pembekuan penggunaan sirene dan rotator di jalan raya telah memberikan dampak positif. Oleh karena itu, kebijakan ini masih terus dipertahankan sembari menunggu hasil evaluasi lebih lanjut.

    “Sampai kapan pembekuannya (tot tot wuk wuk) ini? Tentunya akan kami evaluasi. Dampaknya ini cukup positif,” kata Agus.

    “Tot tot wuk wuk sementara ini kami bekukan, termasuk kami evaluasi, Pak, proses jalannya pengawalan.”

    Agus menyebut adanya penarikan terhadap permintaan pengawalan. Ia menegaskan bahwa kini ada aturan yang lebih jelas mengenai siapa saja yang berhak mendapatkan pengawalan.

    “Jadi banyak yang kami tarik, karena polisi juga ketika seseorang minta dikawal, minta, harus kami layani. Tetapi sekarang tidak, ada aturannya yang jelas.”

    Meski sirene dan rotator dibekukan, Kakorlantas memastikan bahwa pengawalan terhadap pejabat negara dan pihak yang memiliki kepentingan prioritas tetap dilakukan. Korlantas saat ini sedang berkoordinasi intensif dengan Sekretariat Negara (Setneg) untuk menentukan daftar pasti pihak yang berhak mendapat prioritas pengawalan.

    Secara spesifik, Irjen Pol Agus Suryonugroho menegaskan bahwa anggota DPR RI adalah salah satu prioritas yang mendapatkan pengawalan.

    “Bahkan untuk pengawalan adalah prioritas, kami sedang koordinasi dengan Setneg, jadi mana yang harus dikawal dan tidak harus dikawal, kalau untuk anggota dewan kita kawal semuanya, Pak. Tidak berani kami, Pak,” ujarnya lagi.

    (riar/rgr)

  • Penjualan Mobil di RI Turun, Merek Mewah Ini Anjlok sampai 30 Persen!

    Penjualan Mobil di RI Turun, Merek Mewah Ini Anjlok sampai 30 Persen!

    Jakarta

    Penjualan otomotif secara nasional anjlok jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Brand mewah Lexus turun sampai 39 persen!

    Angka penjualan otomotif Januari-Oktober 2025 minus 10,6 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tahun ini sebanyak 635.844 unit kendaraan terdistribusi, sedangkan 2024 mencapai 711.064 unit.

    Lexus, sebagai brand premium di Indonesia, turut merasakan anjloknya penjualan seperti total pasar nasional. Lexus sudah mendistribusikan 1.352 unit sepanjang tahun ini, padahal dalam periode yang sama 2024, angkanya tembus 2.229 unit. Artinya Lexus mengalami penurunan 39,3 persen.

    Ima Nurbani Rahmah, General Manager Lexus Indonesia menjelaskan, konsumen Lexus ini didominasi oleh kalangan yang secara finansial sudah matang, yaitu para pengusaha atau eksekutif tingkat tinggi.

    “Awal-awal kita sempat wondering. Kita pikir lebih resistant, ya,” kata Ima.

    “Di past six months ini kan ada situasi ekonomi yang uncertain dan sebagainya.”

    “Business owner itu yang paling pertama nahan. Mungkin dia bukannya tak ada cash-nya ya.Cuman mereka as a business owner jadi lebih wait and see. Menunda beli asset dan sebagainya.”

    “Jadi ternyata luxury market lebih dalam tuh turunnya tahun ini,” tambahnya lagi.

    Angka penurunan Lexus tidak lebih besar dari brand mewah lain. BMW anjlok 62,8 persen dan Mercedes-Benz minus 51,8 persen.

    Lexus hanya menjual mobil elektrifikasi di Indonesia saat ini. Penjualan model hybrid mendominasi.

    Total penjualan mobil hybrid wholesales berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Oktober 2025 mencapai 51.566 unit. Lexus sebagai brand premium mengambil pangsa pasar sebanyak 1.278 unit. Ini menunjukkan Lexus memimpin pangsa pasar premium mobil mewah teknologi hybrid.

    Sebenarnya Lexus juga menjual teknologi elektrifikasi lain seperti Battery Electric Vehicles (BEV) dan Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV), tapi penjualannya tidak sebesar hybrid. Sebagai pembanding, Lexus hanya menjual 33 unit mobil PHEV sepanjang Januari-Oktober 2025.

    (riar/rgr)