Jenis Media: Otomotif

  • Yamaha Gear Ultima Meluncur di Malaysia, Harga Tembus Rp 25 Juta

    Yamaha Gear Ultima Meluncur di Malaysia, Harga Tembus Rp 25 Juta

    Jakarta

    Yamaha Malaysia resmi menghadirkan skuter terbaru mereka, Yamaha Ego Gear Pro Hybrid 2026. Motor matic entry level ini merupakan kembaran Yamaha Gear Ultima versi Indonesia. Di Malaysia, Yamaha Ego Gear Pro Hybrid dijual mulai 6.198 ringgit atau setara Rp 25 juta.

    Yang menjadi sorotan utama pada Ego Gear Pro Hybrid yakni hadirnya fitur Power Assist. Fitur ini otomatis memberi tenaga ekstra saat motor berakselerasi dari kondisi diam, termasuk ketika membawa penumpang atau mulai menanjak, hingga kecepatan 30 km/jam. Teknologi ini dipadukan dengan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat motor lebih halus saat stop-start, plus tombol starter sekali tekan.

    Yamaha Gear Ultima meluncur di Malaysia dengan nama yang berbeda Foto: Dok. Yamaha

    Urusan performa, skutik ini dibekali mesin Blue Core Hybrid 125 cc, satu silinder SOHC berpendingin udara. Tenaganya mencapai 8,4 PS di 6.500 rpm dengan torsi 9,9 Nm di 5.000 rpm, dan penyaluran tenaga memakai sistem transmisi otomatis CVT khas skutik.

    Bicara kaki-kaki, Ego Gear Pro Hybrid memakai roda 12 inci dengan ban 110/70 di depan-belakang. Pengeremannya menggunakan rem cakram hidrolik di roda depan dan rem tromol di belakang. Suspensinya mengandalkan garpu teleskopik dan peredam kejut tunggal belakang yang preload-nya bisa disetel sesuai kebutuhan pengendara.

    Soal fitur harian, motor ini sudah dilengkapi panel LCD monokrom yang menampilkan informasi lengkap. Yamaha juga membenamkan Y-Connect, memungkinkan motor matic mungil ini terhubung ke smartphone untuk memberi notifikasi telepon dan pesan, mengingatkan jadwal servis, menampilkan konsumsi BBM, hingga membantu menemukan motor di area parkir.

    Yamaha Gear Ultima meluncur di Malaysia dengan nama yang berbeda Foto: Dok. Yamaha

    Untuk kepraktisan, tangki bahan bakar berkapasitas 5,1 liter, sementara bagasi bawah jok menyediakan ruang 18,3 liter. Pada bagian depan terdapat dua kompartemen kecil buat menaruh barang. Tinggi joknya 750 mm dengan bobot hanya 95 kg, membuat skutik ini ramah untuk pengendara harian.

    Di Malaysia, Yamaha Ego Gear Pro Hybrid hadir dalam tiga pilihan warna: Stellar White, Navy Green, dan Cosmic Blue.

    (lua/dry)

  • 6 Biaya yang Harus Dibayar saat Balik Nama Mobil Bekas

    6 Biaya yang Harus Dibayar saat Balik Nama Mobil Bekas

    Jakarta

    Balik nama mobil bekas masih keluar biaya. Berikut ini enam biaya yang harus dibayar saat balik nama mobil bekas.

    Biaya balik nama mobil bekas dihapuskan. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Tertulis pada Pasal 12 ayat (1) Undang-Undang No. 1 Tahun 2022, Objek BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) adalah penyerahan pertama atas Kendaraan Bermotor. Penyerahan pertama berarti, yang kena balik nama adalah kendaraan baru, sedangkan kendaraan bekas tak lagi kena biaya. Sebelumnya, diketahui saat balik nama kendaraan bekas ada tarifnya. Kala itu, tarifnya 1 persen dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Bila NJKB Rp 100 juta, maka untuk tarif balik nama mobil bekas dikenai biaya Rp 2 juta. Tapi biayanya kini dihapus.

    Maka dengan penghapusan tersebut, biaya yang dikeluarkan akan lebih ringan. Tapi bukan berarti jadi gratis ya, karena masih ada beberapa biaya yang bakal dirogoh saat kamu balik nama mobil bekas. Nah, berikut ini daftar biaya yang masih kamu keluarkan saat balik nama mobil bekas.

    6 Biaya yang Dikeluarkan saat Balik Nama Mobil Bekas

    1. PKB dan Opsen PKB

    Pertama ada PKB dan Opsen PKB. Tarif PKB dan opsen ini tergantung dengan kendaraannya. Kamu bisa melihat/memperkirakan besaran PKB di lembar STNK. PKB pokok juga bisa dihitung bila mengetahui besar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang dirilis dalam Permendagri setiap tahunnya. Jika ada keterlambatan pembayaran pajak sebelumnya, maka akan ada denda PKB yang harus kamu bayar.

    2. SWDKLLJ

    SWDKLLJ merupakan singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. SWDKLLJ akan diberikan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan khususnya disebabkan oleh kendaraan ataupun tertabrak kendaraan. SWDKLLJ itu dipungut oleh Jasa Raharja. Pembayaran SWDKLLJ tersebut merupakan kewajiban bagi setiap orang atau perusahaan yang memiliki kendaraan bermotor. Besarannya telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2008. Pembayarannya ditambah administrasi KD/Sert Rp 3.000 per kendaraan. Untuk mobil penumpang tarifnya Rp 143 ribu.

    3. Biaya Penerbitan STNK

    Ketiga ada biaya penerbitan STNK. Tarifnya mengacu pada Peraturan Pemerintah tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia tahun 2020. Untuk kendaraan roda empat, berdasarkan aturan tersebut dikenai tarif Rp 200 ribu per penerbitan.

    4. Biaya Penerbitan TNKB

    Saat balik nama, kamu juga akan mendapatkan pelat nomor baru. Nah tarif pelat nomor baru ini juga tercantum dalam PP 76 tahun 2020. Khusus kednaraan roda empat atau lebih, dikenai tarif Rp 100 ribu.

    5. Biaya Penerbitan BPKB

    Balik nama BPKB ada tarifnya. Masih dalam PP 76 tahun 2020, tarif penerbitan BPKB baru itu Rp 375 ribu untuk mobil.

    6. Biaya Mutasi

    Jika kamu melakukan mutasi sekaligus saat balik nama, maka bakal dikenai tarif mutasi. Biaya penerbitan surat mutasi ke luar daerah Rp 250.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    (dry/din)

  • Suzuki Indonesia Setop Ekspor Wagon R ke Pakistan, Ini Model Penggantinya

    Suzuki Indonesia Setop Ekspor Wagon R ke Pakistan, Ini Model Penggantinya

    Jakarta

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengumumkan telah menghentikan ekspor Wagon R ke Pakistan. Nah, sebagai gantinya, mereka disebut-sebut akan mengirim Fronx ke negara tersebut.

    Kepastian Suzuki Wagon R tak diekspor lagi ke Pakistan disampaikan Donny Ismi selaku Deputy Sales and Marketing Managing Director PT SIS. Namun, dia belum mengungkap, apa gerangan model penggantinya.

    “Iya, sudah (berhenti ekspor ke Pakistan). Sudah nggak produksi lagi untuk ekspor. Nanti rencananya kita akan gantikan dengan model baru yang sudah kita kenalkan di Indonesia. Tapi kita belum mau umumkan apa,” ujar Donny Ismi saat dikonfirmasi di ICE BSD, Tangerang.

    Sayonara! Suzuki Resmi Setop Produksi Karimun Wagon R Foto: Dok. Suzuki

    Sebelumnya, ketika berkunjung ke pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, Manager of Export PT SIM, Domu Arisanto, telah memberikan sinyal penghentian ekspor kendaraan tersebut. Bahkan, dia secara terang-terangan bilang, Fronx didaulat sebagai model pengganti.

    “Jadi kita akan mengirimkan dalam bentuk CKD untuk model Fronx ke Pakistan. Menambah model,” kata Domu, beberapa pekan lalu.

    Suzuki Wagon R terakhir kali diekspor ke Pakistan pada Februari lalu. Ketika itu, pabrikan mengirim 96 unit kendaraan ke Negeri Permata Timur. Namun, hingga saat ini, pengirimannya kosong.

    Dengan berhentinya ekspor ke Pakistan, maka Suzuki Wagon R benar-benar telah disuntik mati di Indonesia. Sebab, Pakistan merupakan satu-satunya negara yang mengimpor kendaraan buatan lokal tersebut.

    Di Indonesia, Suzuki Wagon R telah dihentikan penjualannya sejak 2021 atau empat tahun silam. Sebab, penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun. Kendaraan tersebut saat ini digantikan S-Presso sebagai model termurah pabrikan Hamamatsu di dalam negeri.

    (sfn/dry)

  • Veloz Bensin Ngabisin Stok Kena Diskon Puluhan Juta, Harga Jadi Segini

    Veloz Bensin Ngabisin Stok Kena Diskon Puluhan Juta, Harga Jadi Segini

    Jakarta

    Toyota Veloz versi bensin hanya tinggal menghabiskan sisa stok. Kabar ini menyusul peluncuran Veloz hybrid untuk pasar Indonesia. Berkaitan dengan hal itu, Veloz bensin pun kena diskon puluhan juta. Simak harganya setelah kena diskon, nih!

    Konsumen yang tertarik membeli Low MPV versi bensin hanya tersedia pada Avanza. Sementara Veloz dikhususkan untuk model Low MPV berteknologi hybrid.

    “Veloz jadi kayak khusus untuk hybrid. Jadi kita pakai nama Veloz,” ujar Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto di ICE BSD City, Tangerang, belum lama ini.

    Jap Ernando Demily, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan Veloz sekarang menjadi strategi Toyota untuk mendorong adopsi kendaraan hybrid. Di sisi lain tetap melayani kebutuhan pasar mobil LMPV bensin melalui Avanza.

    “So far masih ada. Ya, produk strategi kan (kenapa Veloz non-hybrid disetop). Kalau mau yang ICE kan masih ada Avanza. Kalau mau hybrid sama elektrifikasi kita provide Veloz,” ujar Ernando.

    Beberapa tenaga penjual kini memasarkan Veloz bensin dengan harga spesial. Ada potongan harga puluhan juta rupiah.

    “Diskon sampai Rp 30 juta. Tinggal habiskan stok saja (Veloz non hybrid),” ujar wiraniaga Toyota.

    Harga Veloz Bensin Kena Diskon Puluhan Juta

    Veloz bensin paling murah saat ini dijual Rp 297,2 juta untuk tipe 1.5 M/T. Jika mendapatkan diskon Rp 30 juta, harganya menjadi Rp 267,2 juta.

    Lebih lanjut, Veloz termahal 1.5 Q CVT TSS saat ini dibanderol Rp 346,4 juta. Dengan diskon Rp 30 juta, tipe termahal ini dibanderol Rp 316,4 juta. Gimana nih detikers, tertarik nggak untuk bawa pulang Veloz versi bensin dengan diskon puluhan juta?

    (riar/dry)

  • Tampang SUV Mewah Terbaru Geely yang Harganya Rp 211 Jutaan

    Tampang SUV Mewah Terbaru Geely yang Harganya Rp 211 Jutaan

    FotoOto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Jumat, 28 Nov 2025 15:05 WIB

    Jakarta – Geely meluncurkan SUV mewah baru dengan konfigurasi tujuh-penumpang. Kendaraan tersebut bernama New Geely Haoyue L dan dibanderol mulai dari Rp 211 jutaan!

  • Orang Takut Melanggar Meski Tak Ada Polisi

    Orang Takut Melanggar Meski Tak Ada Polisi

    Jakarta

    Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) terus berupaya meningkatkan kinerja sistem electronic traffic law enforcement (ETLE). Salah satunya melalui penambahan perangkat ETLE di berbagai daerah.

    Kakorlantas Polri Irjen Agus Suryonugroho menyebut jumlah kamera ETLE di seluruh Indonesia baru mencapai 2.502 unit.

    “Kebijakan kami 95 (persen) penegakan hukum menggunakan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), yang sekarang sudah nasional. Hampir semua Polda sudah melakukan penegakan ETLE, dan tidak ada komplain, komplainnya kecil,” kata Agus saat rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR RI.

    “Tapi kalau tilang, polisi baru memberhentikan saja sudah dicurigai, oh ini cari duit, padahal tidak,” ungkap dia.

    “Maka dari itu kebijakan kami, atas petunjuk bapak Kapolri, 95 persen kami tindak ETLE, 5 persen baru menggunakan tilang. Ini cukup bagus,” tambahnya lagi.

    Dalam presentasi paparannya, Irjen Agus juga menampilkan jumlah dan berbagai jenis e-TLE yang turut menjadi bagian dari transformasi digital kepolisian dalam penegakan hukum lalu lintas.

    ETLE Statis: 1.290ETLE Handheld: 1.024ETLE On Board: 65ETLE Portable: 5

    Selain itu, Kakorlantas juga menampilkan data ETLE yang sudah terintegrasi dengan ETLE sebanyak 96 unit, dan Weight In Motion (WIM) juga terintegrasi dengan sistem tilang elektronik sebanyak 22 unit.

    Implementasi ETLE secara nasional disebut Irjen Agus telah menunjukkan hasil yang fantastis dalam penegakan hukum dan bahkan berkontribusi besar pada kas negara.

    Dia menguraikan, sebelum intervensi, capture pelanggaran hanya 1,71 juta. Setelah revitalisasi, angkanya melonjak menjadi 8 juta capture. Kenaikan ini mencapai 387 persen.

    Kemudian pembayaran denda. Dari semula hanya 22.480, kini naik drastis menjadi 392.214. “Naik 1.645 persen ini denda tilang, masuk kas negara,” kata dia.

    “Mimpi kami ada 5.000 ETLE (di seluruh Indonesia), sehingga betul-betul orang itu tidak harus ada polisi, dia takut apabila dia melanggar, ter-capture, tervalidasi, terkirim,” katanya.

    Mengutip contoh dari luar negeri, ia yakin digitalisasi penegakan hukum bisa memberikan dampak ekonomi signifikan.

    “Di Belanda, ETLE bisa memberikan kontribusi negara 15 triliun dalam satu tahun. Di Indonesia pasti bisa, ketika nanti konsisten daripada penegakan hukum bertransformasi digital,” pungkasnya.

    (riar/dry)

  • Ternyata Segini Pajak Pajero Sport 2.4L Tahun 2025

    Ternyata Segini Pajak Pajero Sport 2.4L Tahun 2025

    Jakarta

    Pajero Sport 2.4L pajaknya berapa? Berikut ini hitung-hitungan pajak Pajero Sport 2.5 L keluaran tahun 2025.

    Mitsubishi Pajero Sport ditawarkan dalam dua opsi mesin. Salah satunya berupa mesin 4N15 MIVEC Turbocharged berkapasitas 2.442 cc (2.4L). Khusus mesin 2.4 L, harga paling murahnya Rp 665,3 juta sementara termahalnya Rp 779,65 juta. Punya banderol tembus Rp 700 jutaan, berapa ya pajak tahunan Pajero Sport keluaran tahun 2025?

    Pajak tahunan dapat dihitung dengan mengalikan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) dengan tarif PKB di suatu daerah. DP PKB itu dapat merujuk pada aturan yang dirilis Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia setiap tahunnya. Untuk tahun ini tercantum dalam Permendagri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025. Dalam aturan tersebut diketahui DP PKB yang didapat dari mengalikan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dengan bobot koefisien senilai 1,050.

    Pajak Pajero Sport 2.4L

    Untuk Pajero Sport 2.4 L, DP PKB-nya paling rendah sebesar Rp 483 juta dan tertinggi Rp 523,95 juta. Maka bila kendaraan tersebut terdaftar sebagai kendaraan pertama di DKI Jakarta, perhitungan pajaknya sebagai berikut.

    Pajak Pajero Sport Dakar 2.4 L

    NJKB: Rp 460 juta
    DP PKB: Rp 483 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 483 juta x 2%
    : Rp 9,66 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ
    : Rp 9,66 juta + Rp 143 ribu
    : Rp 9,803 juta

    Pajak Pajero Sport Dakar Ultimate 2.4 L (4×2)

    NJKB: Rp 499 juta
    DP PKB: Rp 523,95 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 523,95 juta x 2%
    : Rp 10,479 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ
    : Rp 10,479 juta + Rp 143 ribu
    : Rp 10,622 juta

    Pajak Pajero Sport Dakar Ultimate 2.4 L (4×4)

    NJKB: Rp 593 juta
    DP PKB: Rp 622,65 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 622,65 juta x 2%
    : Rp 12,453 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ
    : Rp 12,453 juta + Rp 143 ribu
    : Rp 12,596 jutaSpesifikasi Pajero Sport 2.4L

    Itu tadi hitung-hitungan pajak Pajero Sport 2.4L bila kendaraan terdaftar di Jakarta. Pajaknya akan berbeda di daerah lain. Besar pajak juga bisa berbeda apabila kendaraan terdaftar di Jakarta namun bukan kepemilikan pertama. Sebab, tarif PKB-nya juga berbeda.

    Adapun Pajero Sport 2.4L secara dimensi tak ada perbedaan dengan versi 2.5L. Keduanya punya panjang 4.840 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.835 mm. Berbekal mesin 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharged itu, mobil bisa menyemburkan tenaga 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm. Seluruh varian Pajero 2.4L ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Urusan fitur keselamatan, Pajero Sport 2.4L sudah dibekali Diamond Sense berupa forward collision mitigation system, adaptive cruise control, blind spot warning, lane change assist, rear cross traffic alert, ultrasonic misacceleration mitigation system, auto light and rain sensor, multi around monitor, 7 SRS airbag, brake assist, active stability control, hill descent control, hingga trailer stability assist. Fitur terlengkap ada pada varian teratas yakni Dakar Ultimate 2.4L (4×4).

    Harga Pajero Sport 2.4L

    Kalau pajak dan fitur sudah tahu, nah berikut ini daftar harga lengkapnya.

    Pajero Sport Dakar (4×2) AT: Rp 665,3 jutaPajero Sport Dakar Ultimate (4×2) AT: Rp 718,45 jutaPajero Sport Dakar Ultimate (4×4) AT: Rp 779,65 juta

    (dry/din)

  • 2,9 Juta Kendaraan Diprediksi Bergerak Keluar Jakarta saat Libur Nataru

    2,9 Juta Kendaraan Diprediksi Bergerak Keluar Jakarta saat Libur Nataru

    Jakarta

    Indonesia bersiap menghadapi libur panjang natal dan tahun baru (Nataru) 2025-2026. Menurut keterangan polisi, sebanyak 2,9 juta kendaraan diprediksi keluar dari Jakarta.

    “Kami laporkan proyeksi volume lalin keluar Nataru, 2.915.318 kendaraan. Kalau prediksi Nataru hanya ada peningkatan 12,2% terhadap normal. Naik 0,9% terhadap 2024,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis (27/11/2025).

    Meski begitu, Kakorlantas belum dapat memastikan apakah pihaknya akan menetapkan rekayasa lalin seperti contra flow hingga one way. Menurutnya, ketentuan penerapan rekayasa dapat dilakukan berdasarkan traffic counting yang terjadi di lapangan.

    “Kalau (Operasi) Ketupat, bisa 90%. Artinya, prediksi total traffic counting yang ada di tol, di jalan arteri itu seperti VN+2%. Jadi masih bisa kita kendalikan apakah nanti akan kita berlaku contra flow atau one way tentunya nanti command center di KM 29 akan menilai kondisi itu,” ujar dia.

    Selain itu, Agus menyebut seluruh Dirlantas telah memahami wilayahnya masing-masing. Sehingga, nantinya bisa menentukan apakah akan dilakukan one way atau tidak.

    “Termasuk juga wilayah mungkin Gadog akan terjadi one way kali arus Mengkreng di Jawa Timur, Batu di Malang termasuk yang Canggu di Bali itu para direktur lalu lintas sudah sangat menguasai. Jadi kapan kebangkitan harus dan kapan cara bertindak itu harus dilakukan,” tuturnya.

    Turut hadir dalam RDP tersebut, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Faizal, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Wibowo, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Prianto, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Aries Syahbudin serta Dirlantas seluruh Indonesia.

    (lua/dry)

  • Honda Bicara Peluang Bikin Mobil Hybrid Murah Buat Lawan Veloz Hybrid

    Honda Bicara Peluang Bikin Mobil Hybrid Murah Buat Lawan Veloz Hybrid

    Jakarta

    PT Honda Prospect Motor (HPM) bicara peluang membuat mobil hibrida murah untuk menantang Toyota Veloz Hybrid yang telah meluncur di Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Mereka mengaku saat ini masih mempelajari bagaimana pasarnya.

    Yusak Billy selaku Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, kendaraan yang dijual di Indonesia harus sesuai dengan minat konsumen setempat. Jika permintaan mobil hybrid murah memang tinggi di dalam negeri, Honda kemungkinan besar akan turut menjualnya.

    “Kami terus pertimbangkan itu ya, ke depannya bagaimana pasarnya. Jadi model apa atau segmen apa yang paling cocok untuk hybrid ke depannya,” ujar Billy saat dikonfirmasi di ICE BSD, Tangerang.

    “Kita selalu melihat kebutuhannya apa sih. Keinginannya konsumen sebenarnya apa sih?” tambahnya.

    Toyota Veloz Hybrid tipe V Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Soal Veloz Hybrid, Billy tak mau banyak komentar. Dia juga belum bisa memastikan, apakah kelak Honda BR-V akan di-hybrid-kan untuk menantang mobil baru jagoan Toyota tersebut.

    “Kita selalu pelajari ya, pasarnya bagaimana. Segmen apa yang cocok. Saya belum bisa ngomong nantinya produk apa ya. Itu juga belum bisa bicara sekarang, soal BR-V jadi hybrid saya belum bisa ngomong,” kata dia.

    Sebagai catatan, Toyota Veloz Hybrid dijual dengan harga promosi Rp 299 juta untuk varian termurah V. Banderol tersebut cukup mengejutkan, sebab nominalnya tak berbeda jauh dengan versi konvensional. Harga termurah Veloz bensin Rp 297 juta, sedangkan yang termahal Rp 346 juta.

    Honda selama ini dikenal sebagai produsen yang bermain di segmen menengah ke atas untuk kendaraan elektrifikasi. Model termurah Honda pada segmen hybrid adalah HR-V yang dijual mulai Rp 449 juta.

    (sfn/dry)

  • Awas Macet! Jangan Mudik Tanggal Segini saat Libur Nataru

    Awas Macet! Jangan Mudik Tanggal Segini saat Libur Nataru

    Jakarta

    Perjalanan mudik saat libur Natal dan tahun baru 2026 akan lebih nyaman jika dilakukan dengan perencanaan. Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) sudah memprediksi kapan puncak arus mudik terjadi saat libur Nataru 2026.

    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho mengatakan puncak arus mudik bakal terjadi dua kali. Jika tidak ingin terjebak macet, sebaiknya kamu jangan pergi di tanggal-tanggal tertentu yang sudah dipetakan Korlantas.

    “Prediksi puncak itu ada dua kali. Prediksi puncak mudik pertama, itu tanggal 20 (Desember), dan prediksi puncak mudik kedua, operasi lilin itu adalah tanggal 24 (Desember),” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Agus Suryonugroho saat rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPR, dikutip Jumat (28/11/2025).

    Kakorlantas juga menyebut kebijakan Work From Anywhere (WFA) atau Work From Home (WFH) yang tengah dibahas oleh kementerian/lembaga dapat mengubah pola pergerakan masyarakat.

    “Namun demikian, ketika kami rapat dengan kementerian dan lembaga, tanggal 22,23,24 itu nanti akan ada work from anywhere atau mungkin work from home. Itu juga nanti bisa bergeser,” ujar dia.

    “Karena nanti rangkaian untuk pergeseran yang menuju ke Trans Jawa dan Pelabuhan Merak, Lampung, itu mungkin akan mendahului,” ujarnya.

    Tidak hanya mudik, arus balik libur Nataru 2026 juga diprediksi akan terbagi dalam dua gelombang besar.

    “Prediksi kami dengan stakeholder yang sudah kami rapat itu tanggal 28 (Desember 2025), termasuk juga di penyeberangan, termasuk juga di jalan tol, termasuk jalan arteri, dan mudik arus balik yang kedua itu adalah tanggal 4 (Januari 2026),” kata Agus.

    Ia menyebut bahwa pemerintah juga berencana menerapkan kebijakan WFA maupun WFH pada tanggal 29, 30, dan 31 Desember 2025 sehingga prediksi puncak arus balik pun bisa berubah.

    Untuk mengamankan pergerakan jutaan kendaraan ini, Korlantas akan menggelar Operasi Lilin 2025 pada 20 Desember 2025 hingga 2 Januari 2026. Rekayasa lalu lintas sepertione way,contra flow bakal diterapkan sesuai kondisi di lapangan.

    Lebih lanjut, Agus mengungkapkan bahwa ada empat klasterisasi pengamanan lalu lintas di dalam Operasi Lilin 2025.

    Klaster pertama adalah jalur tol, termasuk juga di jalan arteri, jalan provinsi, hingga jalan alternatif. Klaster kedua adalah pelabuhan dan penyeberangan. Klaster ketiga adalah pusat keramaian, tempat wisata, dan tempat perayaan Tahun Baru 2026. Klaster terakhir adalah tempat ibadah.

    (riar/dry)