Jenis Media: Otomotif

  • Ditegur Potong Jalan, Pengemudi Karimun di Pondok Indah Acungkan Pedang

    Ditegur Potong Jalan, Pengemudi Karimun di Pondok Indah Acungkan Pedang

    Jakarta

    Media sosial kembali dihebohkan aksi arogansi pengemudi mobil di jalan raya. Bahkan, yang terbaru, ada pengemudi Suzuki Karimun yang mengacungkan pedang setelah tak terima ditegur potong jalan!

    Tayangan berdurasi singkat tersebut dibagikan akun Instagram @indrawansonny, Minggu (30/11). Dia sebagai pemilik rekaman bercerita, pengemudi Karimun tersebut melakukan maneuver agresif saat mau mengambil jalur kanan di Tol Jorr Exit Pondok Indah.

    Ketika itu, mobil @indrawansonny yang sedang dikemudikan driver-nya itu mengedipkan lampu dan membunyikan klakson untuk memberikan teguran. Bukannya mengaku salah, pengemudi Karimun tersebut malah marah-marah.

    “Saat putri saya hendak ke Pondok Indah bersama driver saya dan ketika exit pondok indah ada kendaraan suzuki karimun memotong jalur dan garis sambung dari paling kiri ke depan kendaraan saya di lajur paling kanan,” tulis @indrawansonny, dikutip Senin (1/12).

    “Terlihat membahayakan, driver saya memberi tanda dengan lampu dimmer plus klakson untuk memperingati, tapi pengemudi karimun membuka kaca dan mengumpat ke kendaraan saya hingga pengemudi karimun berhenti dan membentak ke arah kendaraan kami,” lanjutnya.

    Tak lama kemudian, pengemudi Karimun dengan nopol L 1487 YH tersebut mengeluarkan senjata tajam berupa pedang. Dia kemudian mengacungkannya sambil melontarkan kalimat-kalimat ancaman.

    “Driver saya memilih menghindar namun ternyata pengemudi Karimun mengejar dan menggetok kaca sisi kanan dengan senjata tajam yang tampak seperti pedang di mana anak perempuan saya duduk dan mengeluarkan kata kasar berkali-kali,” kata dia.

    Praktisi Road Safety & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu belum lama ini menjelaskan, pemicu pengemudi bertingkat agresif dan emosional biasanya disebabkan beberapa faktor, seperti jabatan atau tergabung dalam instansi dan organisasi tertentu.

    Selain itu, kata dia, penyebab lainnya adalah kesadaran berlalu lintas di jalan yang lemah. Kesadaran empati untuk berbagi jalan dengan pengguna jalan lain juga rendah. Penegakan hukum pun dinilai kurang tegas, sehingga aksi kekerasan di jalan terus berulang.

    “Kasus-kasus seperti ini banyak mengakibatkan tindak anarkis atau fisik perusakan namun berakhir dengan tidak berlanjutnya menjadi kasus hukum = damai dengan pertimbangan restorative justice,” kata Jusri.

    (sfn/rgr)

  • 588 Ribu Truk Langgar Aturan ODOL Sepanjang 2025

    588 Ribu Truk Langgar Aturan ODOL Sepanjang 2025

    Jakarta

    Pemerintah menggencarkan razia terhadap truk obesitas alias truk ODOL (over dimension over load) sepanjang tahun 2025. Hasilnya, sebanyak 588 ribu truk ODL terjaring dalam operasi ini selama periode Januari-November 2025.

    Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terus melakukan pengawasan melalui pemeriksaan dan penindakan terhadap angkutan logistik di seluruh Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) selama periode 1 Januari-28 November 2025. Langkah ini merupakan bagian dari sosialisasi menuju Zero Over Dimension & Over Load 2027 demi terciptanya ekosistem angkutan logistik yang berkeselamatan.

    “Kami selalu melakukan pengawasan di UPPKB untuk memastikan kendaraan angkutan barang memenuhi ketentuan terkait muatan, dimensi dan kelengkapan dokumen. Ini bukan sekadar memenuhi kewajiban administratif, tetapi menjadi prasyarat keselamatan serta perlindungan terhadap keselamatan pengguna jalan dan umur infrastruktur jalan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Aan Suhanan di Jakarta (29/11) seperti dikutip dari situs Kementerian Perhubungan Ditjen Hubdat.

    Pada periode 1 Januari-28 November 2025, Ditjen Perhubungan Darat mengklaim telah memeriksa 2.514.244 kendaraan barang dengan 1.925.260 kendaraan (76,57%) tak melakukan pelanggaran. Sementara 588.984 kendaraan (23,43%) dinyatakan melanggar dengan jumlah pelanggaran tertinggi, yakni pelanggaran daya angkut mencapai 59,43% atau 393.992 kendaraan.

    “Jenis pelanggaran yang ditemukan beragam, dan mayoritas pelanggarannya terkait daya angkut, sebanyak 393.992 unit, kemudian pelanggaran dimensi, dan pelanggaran dokumen. Selanjutnya juga ditemukan pelanggaran persyaratan teknis, pelanggaran tata cara muat serta pelanggaran kelas jalan,” sambung Aan.

    Adapun dari hasil pemeriksaan ditemukan 662.899 pelanggaran dengan rincian sebagai berikut:

    – Pelanggaran daya angkut sebanyak 393.992 kendaraan (59,43%)
    – Pelanggaran dimensi sebanyak 1.396 kendaraan (0,21%)
    – Pelanggaran dokumen sebanyak 261.058 kendaraan (39,38%)
    – Pelanggaran persyaratan teknis sebanyak 940 kendaraan (0,14%)
    – Pelanggaran tata cara muat sebanyak 5.383 kendaraan (0,81%)
    – Pelanggaran kelas jalan sebanyak 130 kendaraan (0,02%).

    Lebih lanjut, Aan menjelaskan, sepanjang Januari-November 2025 dari total 588.984 kendaraan yang melanggar, sebanyak 394.583 kendaraan telah dikenakan penindakan. Sedangkan 194.401 kendaraan tidak ditindak selama masa sosialisasi sesuai kebijakan penindakan selektif.

    “Pada periode Januari sampai Juni 2025, penindakan diberikan kepada 193.178 kendaraan, sebagian besar berupa peringatan. Sementara pada masa sosialisasi, Juli hingga November 2025, penindakan diberikan kepada 201.405 kendaraan, dengan proporsi peringatan mencapai 84,58% atau 170.350 kendaraan, sebagai langkah pembinaan kepada operator angkutan barang,” jelas Aan lagi.

    Aan melanjutkan, pemeriksaan juga dilakukan memakai teknologi Weigh in Motion (WIM) di lima lokasi UPPKB mencakup Kertapati, Talang Kelapa, Tenayan, Pelawan, serta Dolok Parmonangan. Pemeriksaan melalui WIM selama periode Januari-28 November ini telah dilakukan terhadap 2.615.083 kendaraan.

    “Dari 2,6 juta lebih kendaraan yang terekam sistem WIM, terdapat 536.431 kendaraan memiliki BLUe (Bukti Lulus Uji Elektronik) dan sebanyak 2.078.655 kendaraan atau sekitar 79,49% tidak ada BLUe. Kemudian angkutan barang komoditas tertentu tercatat memiliki jumlah pelanggaran tertinggi seperti angkutan yang membawa komoditas pasir yang mencapai 41.557 kendaraan,” bilang Aan.

    Berikut hasil pendataan pelanggaran yang dilakukan angkutan barang dengan komoditas tertentu:

    – Pasir sebanyak 41.557 kendaraan
    – Barang paket sebanyak 23.703 kendaraan
    – Barang campuran sebanyak 22.547 kendaraan
    – Beras sebanyak 11.109 kendaraan
    – Batu sebanyak 10.399 kendaraan.

    Sementara itu, Aan juga menekankan komitmen Ditjen Perhubungan Darat dalam memperkuat sistem pengawasan melalui optimalisasi teknologi dan percepatan perbaikan fasilitas. Harapannya pendataan terhadap angkutan logistik bisa lebih efektif serta efisien sehingga ekosistem angkutan logistik yang berkeselamatan dapat benar-benar terwujud.

    “Kami terus mengoptimalkan penggunaan JTO (jembatan timbang online) dan WIM, juga mempercepat proses perbaikan di lapangan agar seluruh jembatan timbang berfungsi secara maksimal. Upaya ini kami lakukan untuk membangun sistem pengawasan angkutan barang yang lebih transparan, akurat, dan berkeadilan,” tukas dia.

    (lua/rgr)

  • Muncul Tipe Street, Harga Mulai Rp 24 Jutaan

    Muncul Tipe Street, Harga Mulai Rp 24 Jutaan

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Vario 125 terbaru di AHM Safety Riding and Training Center, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (1/12/2025). Honda Vario 125 kini tersedia varian baru, yakni tipe Street.

    Honda Vario terus berevolusi, baik dari segi mesin, karburator ke injeksi, 110 cc hingga 160 cc maupun fitur dan desain. Skutik ini menjelma jadi motor favorit di Indonesia.

    Sejak 2022, Vario varian tertinggi diperbarui total menjadi Vario 160 dengan mesin eSP+ 4 katup dan rangka eSAF. Barulah tiga tahun kemudian, Vario 125 menyandang status All New.

    “Kami berkomitmen untuk terus berinovasi, menghadirkan sepeda motor yang dapat mengikuti perkembangan kebutuhan dan harapan yang sesuai di setiap segmen,” ujar Susumu Mitsuishi, President Director PT Astra Honda Motor (AHM) saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (1/12/2025).

    “Khususnya untuk mereka yang mencari partner berkendara yang fit in size dan canggih untuk memenuhi mobilitas sehari-hari.”

    “Untuk itu, hari ini kami berupaya menjawab kebutuhan tersebut dengan memperkenalkan model terbaru dari salah satu skutik Honda terfavorit masyarakat Indonesia, All New Honda Vario 125,” jelas Susumu Mitsuishi.

    Terbaru, Vario 125 ini memiliki varian tipe Street sebagai opsi baru. Bedanya, motor ini menggunakan setang telanjang.

    “Tipe Street terbaru kami hadirkan untuk memberikan pilihan beragam untuk mereka yang ingin tampil beda,” ujar Executive Vice President Director PT AHM, Thomas Wijaya.

    Secara tampilan Vario 125 makin terlihat sporty.Ada sentuhan baru pada bagian muka hingga buritan belakang.

    Ditenagai mesin 125cc liquid-cooled engine dengan teknologi eSP, All New Honda Vario 125 menawarkan keseimbangan sempurna antara responsivitas dan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. Model ini mampu menghasilkan konsumsi BBM yang irit hingga 51,7 km/liter.

    All New Honda Vario 125 juga memiliki kapasitas bagasi 18 liter yang memberikan ruang penyimpanan luas untuk menyimpan helm maupun menunjang aktivitas sehari-hari. Terdapat juga hook fungsional yang memudahkan pengendara membawa berbagai kebutuhan dengan lebih aman dan fleksibel. Panel meter full digital menampilkan beragam informasi penting seperti indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam digital, indikator tegangan baterai, pengingat penggantian oli, trip meter, serta indikator ISS dan Honda Smart Key untuk tipe CBS-ISS dan Street. Model ini juga didukung lampu LED pada semua sistem tata cahaya.

    Dari segi kenyamanan, All New Honda Vario 125 dibekali dengan ukuran ban yang lebar, depan 90/80 dan belakang 100/80 dengan velg berdesain sporti yang lincah untuk dikendarai sehari-hari. Sistem pengereman menggunakan Wavy Disc Brake yang optimal dengan kehadiran teknologi Combi Brake System (CBS).

    All New Honda Vario 125 tampil lebih sporti dengan kombinasi warna terbaru yang sesuai dengan trend terkini. Untuk tipe CBS-ISS, terdapat 3D emblem untuk tulisan Vario sekaligus velg berwarna bronze yang menjadikannya tampil lebih sporti. Tipe ini memiliki tiga pilihan warna yakni Advance Blue, Advance Matte Red, Advance Matte Black. Untuk tipe CBS hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Sporty Mint, Sporty Red, dan Sporty Black.

    Sementara itu pada tipe Street tiga pilihan warna juga dihadirkan yaitu Street Black Coral, Street Black Purple, Street Black White. Ketiganya dikombinasikan dengan warna velg yang berbeda sehingga tampil semakin atraktif.

    All New Honda Vario dipasarkan dalam beberapa tipe, antara lain:

    Vario 125 tipe CBS Rp 24.410.000 (On The Road Jakarta),Vario 125 tipe CBS-ISS dipasarkan seharga Rp 26.065.000 (On The Road Jakarta),Vario 125 tipe Street dipasarkan seharga Rp 26.499.000 (On The Road Jakarta).

    (riar/rgr)

  • Motor Honda Lebih Ngebut Ketimbang Tahun Lalu

    Motor Honda Lebih Ngebut Ketimbang Tahun Lalu

    Jakarta

    Perkembangan Honda RC213V mulai terlihat. Honda merilis data motornya 57 persen lebih cepat dari tahun lalu.

    Musim MotoGP 2025 menjadi titik balik yang signifikan bagi Honda. Pabrikan ini berhasil bangkit setelah tiga tahun berturut-turut berada di posisi terakhir klasemen konstruktor.

    Honda mengklaim ada peningkatan performa sebesar 57% lebih cepat. Statistik yang dikumpulkan oleh HRC menyebut, rata-rata pebalap terbaik Honda punya selisih 30 detik dari pemenang grand prix pada 2024. Musim ini, rata-rata pebalap Honda finis hanya 13,5 detik di belakang pemenang.

    Honda sudah mengumpulkan poin konstruktor lebih banyak musim ini. Status konsesi Honda naik dari grup terendah (D) ke grup C. Ini menandakan Honda semakin kompetitif. Musim 2025 adalah musim terbaik mereka sejak Marc Marquez meraih gelar pada tahun 2019.

    Tim satelit LCR Honda mencetak kemenangan balapan yang tak terlupakan di MotoGP Prancis berkat pebalap veteran Johann Zarco. Selain kemenangan Zarco, Honda juga meraih podium di Silverstone dan dua podium lagi untuk Joan Mir di Motegi dan Sepang.

    Luca Marini, merupakan pebalap terbaik pabrikan HRC dalam klasemen akhir 2025. Dia mencetak 142 poin, atau lebih dari sepuluh kali lipat dibanding musim sebelumnya. Atas hasil ini Marini bertengger posisi 13 klasemen MotoGP 2025.

    Sementara itu, Johann Zarco mengoleksi lebih banyak poin. Hanya unggul 6 poin dari Luca Marini. Pebalap Prancis ini mengisi pos 12 klasemen akhir.

    Secara kolektif, Honda berhasil mengumpulkan lebih banyak poin daripada Yamaha, sehingga Honda finis di atas Yamaha dalam klasemen konstruktor.

    “2025 merupakan musim yang sangat baik, yang terbaik bagi Honda sejak 2019 dalam hal poin Konstruktor,” kata manajer teknis HRC MotoGP, Mikihiko Kawase, yang bekerja bersama direktur teknis Romano Albesiano.

    Meskipun ada kemajuan, ia menekankan tujuan akhir Honda bukan sekadar meraih poin yang lebih baik atau menghindari posisi terakhir. Tujuan Honda kembali berjuang untuk kemenangan di setiap balapan dan memenangkan Kejuaraan Dunia.

    “Honda HRC ada di MotoGP untuk berjuang meraih kemenangan, jadi kami harus terus bekerja dan mendorong hingga kami kembali secara konsisten berjuang di barisan depan balapan dan memperebutkan Kejuaraan Dunia,” tambah Kawase.

    (riar/rgr)

  • Yamaha Luncurkan Skutik Baru, Siap-siap Kaget Lihat Desainnya

    Yamaha Luncurkan Skutik Baru, Siap-siap Kaget Lihat Desainnya

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Yamaha, resmi meluncurkan Yamaha Augur 155 untuk konsumen di Taiwan. Skuter matik (skutik) gambot tersebut punya desain tak biasa, terutama di bagian wajahnya. Berapa harganya?

    Disitat dari Greatbiker, Senin (1/12), Yamaha Augur 155 punya tampilan yang benar-benar agresif dan berani. Skutik tersebut mengusung desain yang serba tajam dengan Y-LLA atau Yamaha Lean Light Assist yang unik. Hal tersebut membuat mukanya terlihat bermoncong.

    Pabrikan mengklaim, desain muka yang unik tersebut membuat cahaya lampu depan lebih baik dan terpusat ke titik sentral. Selain itu, visibilitas pengendara juga diklaim menjadi lebih baik.

    Yamaha Augur 155 meluncur di Taiwan. Foto: Doc. Yamaha

    Meskipun secara struktur mengusung konsep neo-futuristik, namun kendaraan itu dirancang minimalis, terutama soal pemilihan warna dan ornamen eksterior. Butuh waktu untuk benar-benar ‘menerima’ dan menyukai desain tersebut.

    Yamaha Augur 155 menggunakan mesin BlueCore bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 15 PS dan torsi 13,9 Nm. Spesifikasi tersebut dikawinkan dengan teknologi variable valve actuation (VVA) dan pendingin cairan (water-cooled).

    Pabrikan membekalinya dengan rem double cakram yang sudah disematkan sistem antilock braking system (ABS) berkanal tunggal di roda depan. Sementara suspensi depannya bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara.

    Yamaha Augur 155 di Taiwan. Foto: Doc. Yamaha

    Fiturnya juga cukup beragam, misalnya seperti pencahayaan full LED, panel instrumen digital yang bisa terhubung ke ponsel melalui Y-Connect, sistem nirkunci pintar atau smart keyless, soket pengisian daya ponsel dan masih banyak lagi.

    Di Taiwan, Yamaha Augur 155 dibanderol seharga Rp 50 jutaan. Nominal tersebut tentu cukup tinggi untuk skutik sekelasnya.

    (sfn/rgr)

  • Daftar Pemenang Mobil dan Motor Terfavorit di GJAW 2025

    Daftar Pemenang Mobil dan Motor Terfavorit di GJAW 2025

    Jakarta

    Setelah berlangsung selama 10 hari, Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025 resmi berakhir. Pada seremoni penutupan, panitia mengumumkan daftar mobil dan motor terfavorit selama pameran berlangsung. Siapa saja pemenangnya?

    Seremoni penutupan dengan tajuk Gaikindo Celebration Night itu diadakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para peserta pameran yang telah berpartisipasi pada GJAW 2025. Ketua penyelenggara pameran, Anton Kumonty, menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap antusiasme seluruh pihak.

    “GJAW 2025 kembali menunjukkan betapa kuatnya minat masyarakat terhadap perkembangan industri otomotif nasional. Selama sembilan hari penyelenggaraan, para peserta berhasil menghadirkan inovasi dan pengalaman yang membuat pameran ini semakin meriah,” ujar Anton melalui rilis resmi, dikutip Senin (1/12).

    “Celebration Night menjadi bentuk apresiasi kami kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dan berkontribusi. Kami berharap pencapaian yang diraih tahun ini dapat terus mendorong pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia,” kata dia menambahkan.

    Toyota Veloz Hybrid meluncur di GJAW 2025 dengan harga mulai Rp 299 juta Foto: Rangga Rahadiansyah/detikoto

    Pada malam penghargaan, ada sejumlah kategori diumumkan, mulai dari kendaraan terfavorit, hingga kendaraan yang paling banyak di-test drive selama pameran. Biar tak penasaran, berikut kami rangkum daftar pemenangnya!

    Mobil dan Motor Terfavorit di GJAW 2025

    Mobil

    Favourite Passenger Car SUV: Mazda CX – 60 SportFavourite Passenger Car MPV: Hyundai Stargazer CartenzFavourite Passenger Car Crossover: Mini JCW CountrymanFavourite Passenger Car Sedan: Ford MustangFavourite Passenger Car BEV SUV: Mercedes-Benz EQE 350 SUVFavourite Passenger Car BEV MPV: Wuling Darion EVFavourite Passenger Car BEV Crossover: Geely EX2Favourite Passenger Car Hybrid SUV: Hyunday All New Palisade HybridFavourite Passenger Car Hybrid MPV: Lexus LM 350 HNew Car Launches: Toyota New Veloz Hybrid EVMost Driven Car: Jetour T2Most Driven Electric Car: Jaecoo J5 EVMost Driven Hybrid Car: Chery Tiggo 8 CSHBrand With the Most Test Drive Unit: Jaecoo

    Motor

    Favourite Motorcycle Big Bike: Royal Enfield Classic 650Favourite Motorcycle Daily Bike: Piaggio Indonesia Vespa LX 150Favourite Electric Motorcycle: Polytron FOX 350Most Ridden Motorcycle: Polytron FOX 350.

    (sfn/rgr)

  • Beli Mobil Bekas Belum Balik Nama, Bisa Bayar Pajak STNK Online?

    Beli Mobil Bekas Belum Balik Nama, Bisa Bayar Pajak STNK Online?

    Jakarta

    Bayar pajak STNK tahunan bisa dilakukan secara online. Tapi gimana untuk mobil bekas yang belum balik nama, bisakah perpanjangan STNK dilakukan lewat online juga?

    Bayar pajak STNK tahunan mobil bekas bisa juga dilakukan melalui online dengan bermodalkan aplikasi. Tapi nggak semuanya bisa ya. Buat mobil bekas yang belum dibalik nama, bayar pajak STNK online ini bakalan sulit. Soalnya, untuk bayar pajak tahunan secara online kamu harus memastikan kendaraan itu milik pribadi atau masih dalam satu KK (Kartu Keluarga). Kedua, kendaraan kamu sudah balik nama.

    “Identitas kendaraan merupakan hal yang penting ya. Kalau belum sesuai bagaimana dong? Kamu bisa melakukan balik nama terlebih dahulu,” demikian penjelasan di akun Instagram Samsat Digital.

    Lebih lanjut dijelaskan ada beberapa alasan kenapa identitas diri dan identitas kendaraan wajib sesuai. Pertama supaya lebih tertib administrasi. Kedua, mempermudah pengawasan dan pengendalian kendaraan. Ketiga mempermudah penyelidikan jika ada tindak kejahatan. Keempat, agar data bisa terverifikasi secara otomatis. Kelima, menghindari kesalahan data di database Samsat.

    Nah buat kamu yang sudah balik nama dan mau bayar pajak STNK Online, berikut ini caranya.

    Cara Bayar Pajak STNK Tahunan Online

    Pastikan sebelum melakukan perpanjangan STNK tahunan itu, kamu sudah mengunduh aplikasi Signal Polri. Kalau sudah tinggal ikuti langkah berikut.

    1. Registrasi Pengguna

    * Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di Play Store atau App Store
    * Pilih registrasi Pengguna
    * Masukkan data-data pribadi seperti NIK, Nama sesuai e-KTP, alamat email, nomor handphone, kata sandi
    * Memasukkan foto e-KTP
    * Verifikasi biometric wajah dengan swafoto (selfie)
    * Masukkan OTP yang dikirim lewat SMS ke handphone kamu
    * Setelah registrasi berhasil, verifikasi ulang dengan cara mengklik link yang dikirim ke email terdaftar

    2. Tambah Data Kendaraan

    Kamu bisa memasukkan data-data kendaraan lengkap dengan nomor rangka dan lainnya baik kendaraan milik sendiri atau kendaraan milik orang lain. Untuk mendaftarkan kendaraan milik orang lain, ikuti langkah-langkah berikut.

    * Pilih tombol symbol tambah untuk menambah data kendaraan dokumen digital sehingga muncul tampilan form tambah dokumen data kendaraan
    * Masukkan nama pemilik kendaraan pada kolom pemilik kendaraan, jika kendaraan tersebut milik istri atau anak dalam satu KK maka pilih Milik Keluarga satu KK
    * Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pada kolom NRKB
    * Masukkan Nomor Rangka 5-digit terakhir pada kolom Nomor Rangka
    * Masukan NIK pemilik kendaraan dan menggugah foto KTP
    * Setelah semua kolom diisi maka klik tombol ‘Lanjut’
    * Kemudian akan tampil peringatan bahwa Dokumen berhasil ditambahkan

    3. Pengesahan STNK

    Bila data-data kendaraan sudah diisi, maka selanjutnya dilakukan pengesahan dengan cara berikut:

    * Pilih NRKB yang akan dilakukan pengesahan klik lanjut
    * Informasi SKK pembayaran PKB dan SWDKLLJ akan muncul dengan jumlah yang harus dibayarkan
    * Slide tombol kirim dokumen TBPKP
    * Masukan alamat pengiriman (sesuai dengan kolom yang ada)
    * Rekap biaya akan muncul pada layar telepon kamu, klik lanjut
    * Kemudian muncul notifikasi pilih cara pembayaran, klik pada tombol pilih cara pembayaran Kode bayar, jumlah yang dibayarkan dan cara pembayaran akan muncul
    * Klik Lanjut maka cara pembayaran akan tampil sesuai dengan bank yang dipilih
    * Selesai

    Proses bayar pajak STNK online itu juga tak memakan waktu lama. Dikutip laman Samsat Digital, STNK fisik akan dikirimkan 1-3 hari kerja setelah pembayaran dilakukan.

    “Pengiriman dilakukan 1-3 hari kerja setelah pembayaran terverifikasi oleh bank,” demikian penjelasannya.

    Kalau tidak dikirimkan ke rumah, kamu juga bisa mengambil sendiri di kantor Samsat. Namun kalau kamu tak punya banyak waktu, opsi pengiriman ke alamat rumah tentu lebih praktis. Perlu dicatat, saat pengurusan perpanjangan STNK online, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10 ribu. Biaya itu dibebankan setiap transaksi melalui aplikasi Signal.

    (dry/rgr)

  • Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Desember 2025

    Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Desember 2025

    Jakarta

    Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima menjadi dua model skutik yang bisa dipilih konsumen di segmen entry level. Bagaimana harga kedua motor ini di bulan Desemeber? Apa ada kenaikan?

    BeAT tetap menjadi tulang punggung penjualan Honda di Tanah Air. Skutik mungil ini bahkan dijuluki motor sejuta umat lantaran dominasinya di pasar roda dua nasional. BeAT disukai karena dimensi kecil dan handling-nya yang lincah.

    Di sisi lain, Yamaha mencoba menantang lewat Gear Ultima yang tampil lebih sporty dan modern, menjadi penerus dari lini Gear sebelumnya. Gear menjadi lini ‘motor perang’ terbaru andalan Yamaha Indonesia. Motor ini menawarkan kepraktisan dan tentunya kapasitas mesin lebih besar dibandingkan BeAT.

    Dari segi harga, Honda BeAT masih mempertahankan harga kompetitif mulai Rp 18 jutaan. Honda juga menawarkan varian BeAT Street dengan tampilan lebih adventure untuk menyasar konsumen muda yang aktif. Seluruh harga BeAT di Desember 2025 tercatat stabil, tanpa perubahan dibanding November 2025 lalu.

    Harga Honda BeAT Desember 2025 (OTR Jakarta)

    1. BeAT CBS: Rp 18.980.000

    2. BeAT Deluxe: Rp 19.851.000

    3. BeAT Deluxe Smart Key: Rp 20.381.000

    4. BeAT Street: Rp 19.851.000

    Sementara Yamaha Gear Ultima dibanderol sedikit lebih mahal, menawarkan tiga varian, yakni Standard, Hybrid, dan Hybrid S yang jadi tipe tertinggi dengan fitur yang paling lengkap. Sama seperti BeAT, harga Gear Ultima Desember 2025 juga tidak berubah dari bulan lalu. Yamaha pun masih menyediakan versi Gear lama agar konsumen punya lebih banyak opsi.

    Harga Yamaha Gear Ultima Desember 2025 (OTR Jakarta)

    1. Gear: Rp 19.045.000

    2. Gear Ultima Hybrid: Rp 19.990.000

    3. Gear Ultima Hybrid S: Rp 21.500.000

    Secara teknis, Honda BeAT dibekali mesin eSP 110 cc yang terkenal irit, dilengkapi bagasi praktis dan fitur smart key system. Sementara Yamaha Gear Ultima membawa mesin 125 cc dengan opsi hybrid yang lebih responsif dan hemat bahan bakar. BeAT tampil simpel dan ringkas, sedangkan Gear Ultima mengedepankan desain sporty khas Yamaha.

    Harga di atas merupakan OTR Jakarta per Desember 2025, dan bisa saja berbeda di tiap daerah. Maka, konsumen disarankan untuk mengecek langsung ke dealer resmi Honda dan Yamaha untuk mendapatkan informasi yang lebih update.

    (lua/rgr)

  • RI Kebanjiran Mobil Listrik Impor saat Industri Otomotif Berdarah-darah

    RI Kebanjiran Mobil Listrik Impor saat Industri Otomotif Berdarah-darah

    Jakarta

    Industri otomotif Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Penjualan mobil turun, di sisi lain mobil listrik impor dari luar negeri justru membanjiri pasar otomotif Tanah Air.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, penjualan mobil listrik di Indonesia saat ini meningkat signifikan saat total pasar otomotif turun. Namun, kenaikan penjualan ini sebagian besar berasal dari mobil listrik yang diimpor utuh atau CBU dari negara lain.

    Dari total penjualan mobil listrik tahun 2025 sebesar 69,146 unit, 73 persennya merupakan mobil listrik impor. Kemnperin menegaskan, produksi dan nilai tambah serta penyerapan tenaga kerja industri mobil listrik impor itu berada di negara lain, bukan di Indonesia.

    Di sisi lain, segmen kendaraan lain yang diproduksi di dalam negeri dan memiliki share terbesar dalam pasar otomotif nasional terus mengalami penurunan penjualan signifikan, bahkan jauh di bawah jumlah produksi tahunan kendaraan pada segmen tersebut.

    “Jadi, keliru jika kita menyatakan industri otomotif sedang dalam kondisi kuat dengan hanya mengandalkan indikator pertumbuhan kendaraan pada segmen tertentu. Penurunan tajam penjualan kendaraan bermotor roda empat jauh di bawah angka produksinya di kala penjualan kendaraan EV impor naik tajam adalah fakta yang tidak bisa dihindari. Dan, harus menjadi indikator pertumbuhan industri otomotif nasional saat ini. Kami memandang bahwa dibutuhkan insentif untuk membalikkan keadaan tersebut,” ujar Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (1/12/2025).

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) hanya sebanyak 634.844 unit. Angka itu turun 10,6 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 711.064 unit. Sedangkan secara retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) tercatat sebanyak 660.659 unit pada Januari-Oktober 2025. Angka itu turun 9,6 persen dari tahun lalu yang mencapai 731.113 unit.

    Data yang dihimpun Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) menunjukkan produksi kendaraan juga mengalami penurunan menjadi 957.293 unit. Padahal tahun lalu produksi kendaraan mencapai 996.741 unit.

    Menurut Febri, pelemahan pasar yang terjadi secara simultan dapat berdampak pada penurunan utilisasi pabrik, penurunan investasi, serta berpotensi mengancam keberlanjutan lapangan kerja di industri otomotif dan sektor komponen.

    “Tidak adanya intervensi kebijakan akan membuat tekanan ini semakin dalam, dan efeknya dapat memengaruhi struktur industri secara keseluruhan,” katanya.

    (rgr/dry)

  • Racing Abis! Yamaha Nmax Turbo Ini Dimodifikasi ala Grafis Replika Helm Balap

    Racing Abis! Yamaha Nmax Turbo Ini Dimodifikasi ala Grafis Replika Helm Balap

    Jakarta

    Sejak pertama hadir di Indonesia, Yamaha Nmax Turbo berhasil mencuri perhatian sebagai skutik premium yang bukan cuma canggih, tapi juga gampang dimodifikasi dengan beragam aliran. Banyak pemilik Nmax Turbo yang menjadikan motor ini sebagai kanvas modifikasi, salah satunya karya garang dari Nakano Garage milik Rifky Hidayat.

    Modifikasi ini mengusung tema balap supersport terinspirasi dari grafis replika helm pebalap Amerika, Jason DiSalvo, ikon di AMA Supersport Daytona 2004. Sentuhan Nakano Garage sukses menonjolkan sisi sporty dan premium dari Yamaha Nmax Turbo.

    “Sebagai modifikator, menurut saya Yamaha Nmax selalu konsisten menyuguhkan tampilan desain motor yang mewah dan berkelas. Akan tetapi saya pribadi menilai tampilan desain Nmax Turbo yang jadi generasi ketiga Nmax punya tampilan desain dan detail yang tidak hanya mewah, namun juga jauh lebih tegas dan sporty. Di balik kesan tegas dan sporty itulah, saya melihat Nmax Turbo dapat menjadi playground bagi para modifikator untuk menunjukkan karya-karya modifikasi terbaik mereka,” ujar Rifky Hidayat dalam keterangannya.

    Racing abis! Yamaha Nmax Turbo ini dimodifikasi ala grafis replika helm balap Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Color & Graphic Modification

    Bagian paling mencolok dari modifikasi ini adalah permainan warna dan grafis. Rifky mengambil inspirasi penuh dari helm Arai Disalvo RR5-rare item yang sudah jadi buruan kolektor. Warna dasar bodi diubah total via teknik airbrush, meniru helm replika tersebut secara utuh.

    Hasilnya? Motor tampil menyala dengan dominasi oranye, dipadu grafis garis tegas abu-abu dan hitam. Tidak ketinggalan, elemen bintang biru besar serta garis merah-putih khas bendera Amerika Serikat. Aura racing dan nostalgia langsung terasa, bikin motor ini auto jadi pusat perhatian di jalan.

    Feature Upgrade Modification

    Tak hanya ubahan visual, sektor fungsional ikut digarap. Nakano Garage memasang kaliper depan KYTA untuk meningkatkan performa pengereman. Disc brake dan suspensi belakang juga di-upgrade menggunakan parts Proper Fitting, membuat handling lebih stabil di jalan tidak rata. Sistem knalpot turut diganti pakai exhaust 99 Racing buatan lokal.

    Racing abis! Yamaha Nmax Turbo ini dimodifikasi ala grafis replika helm balap Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Accessories Modification

    Modifikasi makin lengkap berkat penggunaan berbagai aksesori. Windshield, spion, dan jok memakai komponen dari Nemo. Handle rem dan tutup minyak rem menggunakan parts Nitex. Stop lamp dari JPA pun dipasang untuk menambah kesan agresif.

    “Sejak meluncur pada tahun 2024, Nmax Turbo langsung mencuri perhatian. Fenomena itu dapat kita temukan lewat menjamurnya tren modifikasi Nmax Turbo, seperti yang dilakukan oleh Nakano Garage lewat karya modifikasinya yang bikin auto pangling,” kata Rifki Maulana, PR, YRA & Community Manager PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM).

    (lua/riar)