Jenis Media: Otomotif

  • Geger Sopir Karimun Acungkan Pedang di Pondok Indah, Komunitas Bilang Begini

    Geger Sopir Karimun Acungkan Pedang di Pondok Indah, Komunitas Bilang Begini

    Jakarta

    Baru-baru ini, media sosial dihebohkan aksi arogan pengemudi Suzuki Karimun yang mengacungkan pedang ke pengemudi lain di Pondok Indah (PI), Jakarta Selatan. Apa kata komunitas mengenai kasus tersebut?

    Melalui keterangan resminya, Ketua Umum (Ketum) Karimun Club Indonesia (KCI), Wiwit Sigit Ariyadi membenarkan, Karimun yang dikemudikan pengemudi arogan tersebut pernah terdaftar di komunitasnya. Namun, mobil itu terdaftar dengan nama pemilik lama, bukan yang sekarang.

    “Adalah benar bahwa unit Suzuki Karimun dengan plat nomor L 1487 YH tersebut pernah terdaftar di KCI pada tahun 2023, dengan Nomor ID: KCI-8xxx dan alamat domisili di Surabaya,” ujar Wiwit melalui keterangan resmi yang diterima detikOto, Selasa (2/12).

    “Namun sejak bulan Maret 2023, unit Karimun tersebut sudah dijual pemiliknya ke sebuah showroom di Surabaya, sehingga cukup sulit untuk melacak kepemilikannya hingga saat ini,” tambahnya.

    Wiwit menegaskan, setelah menjual kendaraannya, pemilik pertama Suzuki Karimun tersebut langsung memblokir nomor keanggotaan. Maka, kata dia, secara AD/ART KCI, kendaraan itu tak ada kaitannya lagi dengan KCI.

    “Dengan demikian PP KCI menerangkan bahwa KCI sebagai organisasi tidak memiliki sangkut paut atas kejadian/insiden tersebut di atas. Hal yang memang disayangkan adalah bahwa anggota KCI yang bersangkutan tidak melepaskan stiker/atribut Karimun Club Indonesia ketika menjual unit miliknya,” kata dia.

    Kronologi Kasus

    Diberitakan sebelumnya, pengemudi Suzuki Karimun mengacungkan pedang setelah tak terima ditegur pengendara lain. Ketika itu, dia ditegur usai memotong jalan dengan cara serampangan.

    Tayangan berdurasi singkat tersebut dibagikan akun Instagram @indrawansonny, Minggu (30/11). Dia sebagai pemilik rekaman bercerita, pengemudi Karimun tersebut melakukan maneuver agresif saat mau mengambil jalur kanan di Tol Jorr Exit Pondok Indah.

    Ketika itu, mobil @indrawansonny yang sedang dikemudikan driver-nya itu mengedipkan lampu dan membunyikan klakson untuk memberikan teguran. Bukannya mengaku salah, pengemudi Karimun tersebut malah marah-marah.

    “Saat putri saya hendak ke Pondok Indah bersama driver saya dan ketika exit pondok indah ada kendaraan suzuki karimun memotong jalur dan garis sambung dari paling kiri ke depan kendaraan saya di lajur paling kanan,” tulis @indrawansonny.

    “Terlihat membahayakan, driver saya memberi tanda dengan lampu dimmer plus klakson untuk memperingati, tapi pengemudi karimun membuka kaca dan mengumpat ke kendaraan saya hingga pengemudi Karimun berhenti dan membentak ke arah kendaraan kami,” lanjutnya.

    Tak lama kemudian, pengemudi Karimun dengan nopol L 1487 YH tersebut mengeluarkan senjata tajam berupa pedang. Dia kemudian mengacungkannya sambil melontarkan kalimat-kalimat ancaman.

    “Driver saya memilih menghindar namun ternyata pengemudi Karimun mengejar dan menggetok kaca sisi kanan dengan senjata tajam yang tampak seperti pedang di mana anak perempuan saya duduk dan mengeluarkan kata kasar berkali-kali,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • 6 Hal Baru di Toyota Kijang Innova Reborn, Harga Rp 400 Jutaan

    6 Hal Baru di Toyota Kijang Innova Reborn, Harga Rp 400 Jutaan

    Jakarta

    PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova Reborn terbaru. Mobil ini mendapatkan enam pembaruan di eksterior dan interiornya. Apa saja?

    Toyota Kijang Innova Reborn alias Kijang Innova generasi keenam masih tetap dijual oleh Toyota di Indonesia, meski sudah ada Kijang Innova generasi ketujuh dalam bentuk Innova Zenix. Toyota malah memberikan penyegaran terhadap Kijang Innova Reborn di akhir tahun ini.

    Memang pembaruannya tidak banyak. Toyota hanya memberikan penyegaran tipis-tipis di bagian eksterior dan interiornya.

    Dikutip dari situs resmi Toyota-Astra Motor, Kijang Innova Reborn kini menyandang embel-embel ‘NEW’, menandakan mobil tersebut mendapatkan penyegaran. Setidaknya ada enam pembaruan pada Innova Reborn terbaru ini. Berikut rinciannya.

    Warna Grille Baru

    Di bagian depan, Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping. Toyota menyebut, nuansa baru di bagian grille ini menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Desain Lampu dengan Sudut Tajam

    Masih di bagian depan, Innova Reborn terbaru kini mendapatkan desain lampu depan anyar. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas. Menurut Toyota, desain baru lampu depan Innova Reborn tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Pembaruan di Bagian Belakang

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Layar Head Unit Lebih Besar

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Pada model sebelumnya, Innova Reborn menggunakan head unit 8 inci. Layar yang lebih besar pada Innova Reborn terbaru dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Panel Kayu

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Pola Jok dan Sandaran Tangan

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    Toyota resmi menjual Innova Reborn terbaru, (2/12/2025). MPV ini mendapatkan sejumlah penyegaran di eksterior dan interiornya. Foto: Dok. ToyotaSpek Mesin

    Soal spesifikasinya, Innova Reborn tidak berubah. Di balik kapnya, Kijang Innova Reborn menggunakan mesin berkode 2GD FTV empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Tersedia pilihan transmisi otomatis dan manual.

    Harga Kijang Innova Reborn Terbaru

    Dari segi harga, Toyota tidak menaikkan banderol Kijang Innova Reborn terbaru ini. Harganya masih sama dengan bulan lalu. Berikut daftar harga Toyota Kijang Innova Reborn:

    Kijang Innova Reborn 2.4 G M/T DSL: Rp 416,6 jutaKijang Innova Reborn 2.4 G A/T DSL: Rp 437,5 juta.

    (rgr/dry)

  • Tak Ada Insentif Otomotif Tahun Depan, Harga Mobil Listrik-Hybrid Bakal Naik!

    Tak Ada Insentif Otomotif Tahun Depan, Harga Mobil Listrik-Hybrid Bakal Naik!

    Jakarta

    Insentif buat industri otomotif kabarnya tak akan berlanjut tahun depan. Siap-siap harga mobil listrik hingga mobil hybrid bakal naik.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut tidak ada insentif buat industri otomotif tahun depan. Menurut Airlangga, tak berlanjutnya insentif tersebut lantaran industri otomotif Indonesia sudah cukup kuat.

    “Insentif tahun depan tidak ada, karena industrinya sudah cukup kuat,” kata Airlangga belum lama ini.

    Berbanding terbalik dengan Airlangga, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita justru menyebut pemerintah bakal tetap memberikan insentif buat industri otomotif dalam negeri. Menurut Agus, pemberian insentif sangat penting untuk keberlanjutan industri otomotif Tanah Air yang sedang lesu-lesunya.

    “Jadi memang pemerintah itu, sudah seharusnya juga menyiapkan insentif buat sektor otomotif di tahun 2026. Jangan tanya jenis insentif-nya, bentuk insentif-nya itu sekarang sedang kita susun,” ujar Agus.

    Harga Mobil Listrik-Mobil Hybrid Bakal Naik?

    Diketahui saat ini memang ada beberapa insentif yang berlaku di industri otomotif. Pertama insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk kendaraan listrik. Pemerintah memberikan insentif PPN DTP atas mobil listrik melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 12 Tahun 2025. Kendaraan listrik produksi lokal dengan TKDN tertentu berhak mendapatkan PPN DTP. Jadi, PPN yang ditanggung pembeli lebih kecil.

    Insentif ini bisa dimanfaatkan sejumlah produsen yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Syaratnya, mobil listrik tersebut harus diproduksi lokal dan memiliki TKDN minimal 40 persen. Jika memenuhi syarat, mobil listrik itu hanya akan dikenakan PPN sebesar 2 persen dari normalnya 12 persen. Karena PPN 10 persennya akan ditanggung pemerintah. Alhasil berkat insentif PPN tersebut harga mobil listrik jadi lebih murah. Bila insentif ini tak berlanjut tahun depan, harga mobil listrik dipastikan bakal naik.

    Tak cuma mobil listrik, mobil hybrid juga mendapatkan insentif PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Insentif tersebut diatur dalam peraturan yang sama dengan insentif mobil listrik. Dalam aturan dijelaskan, tiga jenis mobil hybrid yang terdiri dari mobil full hybrid, mild hybrid dan plug-in hybrid bisa mendapatkan insentif dari pemerintah. PPnBM yang ditanggung pemerintah untuk mobil hybrid adalah sebesar 3 persen. Tarif PPnBM mobil hybrid yang harusnya 6-8 persen jadi hanya 3-5 persen.

    PPnBM yang ditanggung Pemerintah diberikan untuk Masa Pajak Januari 2025 sampai dengan Masa Pajak Desember 2025. Pemberian insentif itu juga membuat sejumlah mobil hybrid yang dijual di Indonesia harganya jadi turun. Adapun mobil hybrid yang mendapat insentif di Indonesia yaitu Suzuki XL7 Hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid, Toyota Yaris Cross Hybrid, hingga Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Bila insentif ini tak berlanjut, maka harga mobil hybrid juga bakal terkerek.

    Selanjutnya adalah insentif buat motor listrik senilai Rp 7 juta. Per tahun 2025, harusnya insentif tersebut juga diberikan ke sejumlah produsen motor listrik. Nyatanya, hingga masuk bulan ke-12 tahun 2025, nasib kelanjutan insentif motor listrik tak kunjung jelas. Hingga saat ini, insentif yang dijanjikan tak ada. Produsen motor listrik pun dibuat merana lantaran insentif itu tak muncul juga. Akibatnya, tanpa insentif, tak ada potongan Rp 7 juta pada motor listrik yang dijual di Indonesia dengan kriteria tertentu.

    (dry/rgr)

  • Wujud Vario 125 Terbaru dan Versi Street yang Dijual Mulai Rp 24 Jutaan

    Wujud Vario 125 Terbaru dan Versi Street yang Dijual Mulai Rp 24 Jutaan

    Wujud Vario 125 Terbaru dan Versi Street yang Dijual Mulai Rp 24 Jutaan

  • Awas Macet! Ada Reuni 212 di Monas, Catat Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

    Awas Macet! Ada Reuni 212 di Monas, Catat Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

    Jakarta

    Pengguna kendaraan bermotor di Jakarta diimbau untuk menghindari beberapa ruas jalan sore ini. Sebab, akan ada acara Reuni 212 di sekitar Monas, Jakarta Pusat, Selasa (2/12/2025).

    Dikutip dari akun Instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, kegiatan Reuni 212 akan dimulai pukul 18.00 WIB sore nanti. Acara ini bertempat di Monumen Nasional, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

    Untuk mengantisipasi acara Reuni 212, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas. Pengalihan itu akan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB sampai selesai. Akan dilakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang bersinggungan dengan tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Berikut rinciannya:

    a. Jalan Medan Merdeka Barat.
    b. Jalan Medan Merdeka Selatan.
    c. Jalan Medan Merdeka Utara.
    d. Jalan Veteran I.
    e. Jalan Veteran II.
    f. Jalan Veteran III.
    g. Jalan Majapahit sisi Timur.
    h. Jalan Budi Kemuliaan.
    i. Jalan MH. Thamrin segmen Simpang Patung Kuda s.d Simpang Kebon Sirih.

    Untuk menunjang kegiatan tersebut, akan dilakukan rekayasa lalu lintas pada pukul 17.00 sampai dengan selesai (bersifat situasional), dengan rincian sebagai berikut:

    a. Lalu lintas dari Barat (Tanah Abang) menuju Timur (Gambir) dapat melalui Jalan Abdul Muis – Jalan Majapahit – Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Gedung Kesenian – Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Lapangan Banteng Barat – Jalan Pejambon – dst, atau dapat melalui Jalan Jatibaru Araya – Jalan Kebon Sirih – Jalan M.I. Ridwan Rais – Jalan Medan Merdeka Timur – dst

    b. Lalu Lintas dari Timur (Tugu Tani) menuju Barat (Tanah Abang) atau dapat melalui jalan Medan Merdeka Timur – Jalan Perwira – Jalan Katedral – Jalan Veteran – Jalan Suryapranoto – dst.

    c. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Suryopranoto – Jalan Balikpapan – Jalan Cideng Timur – dst.

    d. Lalu Lintas dari Utara (Harmoni) menuju Selatan (Tugu Tani) dapat melalui Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Gedung Kesenian – Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Lapangan Banteng Barat – Jalan Pejambon – dst.

    Dishub DKI Jakarta menyebut, selama pelaksanaan kegiatan Reuni 212, operasional pelayanan bus Transjakarta berlaku normal dengan menyesuaikan pengaturan lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

    “Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” demikian dikutip dari Dishub DKI Jakarta.

    (rgr/dry)

  • Geger Sopir Karimun Acungkan Pedang di Pondok Indah, Komunitas Bilang Begini

    Ketemu Sopir Arogan Kayak Karimun Acungkan Pedang, Lawan atau Cuekin?

    Jakarta

    Baru-baru ini, media sosial dihebohkan aksi arogan pengemudi Suzuki Karimun yang mengacungkan pedang ke pengemudi lain di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Lantas, jika berhadapan dengan situasi yang sama, apa yang harus kita lakukan?

    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, ketika bertemu pengemudi arogan dan emosional di jalan raya sebaiknya menghindar. Sebab, jika melawan, situasinya justru makin kacau.

    “Jika bertemu mereka di jalan raya, jangan mau diajak debat dengan pengemudi arogan, kita nggak akan menang. Karena mereka lebih siap melakukan tindakan berbahaya selanjutnya,” ujar Sony kepada detikOto, belum lama ini.

    “Hindari mereka (pengendara arogan) dengan cara menjauh, tidak meladeni, kunci pintu mobil, dan usahakan merekam peristiwa-peristiwa yang merugikan atau mengganggu untuk dilaporkan (ke pihak berwenang),” kata dia menambahkan.

    Diberitakan sebelumnya, pengemudi Suzuki Karimun mengacungkan pedang setelah tak terima ditegur pengendara lain. Ketika itu, dia ditegur usai memotong jalan dengan cara serampangan.

    Tayangan berdurasi singkat tersebut dibagikan akun Instagram @indrawansonny, Minggu (30/11). Dia sebagai pemilik rekaman bercerita, pengemudi Karimun tersebut melakukan maneuver agresif saat mau mengambil jalur kanan di Tol Jorr Exit Pondok Indah.

    Ketika itu, mobil @indrawansonny yang sedang dikemudikan driver-nya itu mengedipkan lampu dan membunyikan klakson untuk memberikan teguran. Bukannya mengaku salah, pengemudi Karimun tersebut malah marah-marah.

    “Saat putri saya hendak ke Pondok Indah bersama driver saya dan ketika exit pondok indah ada kendaraan suzuki karimun memotong jalur dan garis sambung dari paling kiri ke depan kendaraan saya di lajur paling kanan,” tulis @indrawansonny, dikutip Senin (1/12).

    “Terlihat membahayakan, driver saya memberi tanda dengan lampu dimmer plus klakson untuk memperingati, tapi pengemudi karimun membuka kaca dan mengumpat ke kendaraan saya hingga pengemudi karimun berhenti dan membentak ke arah kendaraan kami,” lanjutnya.

    Tak lama kemudian, pengemudi Karimun dengan nopol L 1487 YH tersebut mengeluarkan senjata tajam berupa pedang. Dia kemudian mengacungkannya sambil melontarkan kalimat-kalimat ancaman.

    “Driver saya memilih menghindar namun ternyata pengemudi Karimun mengejar dan menggetok kaca sisi kanan dengan senjata tajam yang tampak seperti pedang di mana anak perempuan saya duduk dan mengeluarkan kata kasar berkali-kali,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • 6 Hal Baru di Toyota Kijang Innova Reborn, Harga Rp 400 Jutaan

    Toyota Kijang Innova Reborn Versi Baru Meluncur, Segini Harganya

    Jakarta

    Diam-diam PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan pembaruan terhadap MPV Toyota Kijang Innova Reborn bermesin diesel. MPV bermesin diesel ini seakan menolak punah setelah adanya Innova Zenix. Toyota malah memberikan pembaruan terhadap Innova Reborn alias Kijang Innova generasi keenam.

    Memang pembaruannya tidak banyak. Toyota hanya memberikan penyegaran tipis-tipis di bagian eksterior dan interiornya.

    Dikutip dari situs resmi Toyota-Astra Motor, Kijang Innova Reborn kini menyandang embel-embel ‘NEW’, menandakan mobil tersebut mendapatkan penyegaran. Setidaknya ada enam pembaruan pada Innova Reborn terbaru ini.

    Pertama, di bagian depan Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping, menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Selanjutnya desain lampu depan yang baru. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas, tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Layar yang lebih besar yang dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    Soal spesifikasinya, Innova Reborn tidak berubah. Di balik kapnya, Kijang Innova Reborn menggunakan mesin berkode 2GD FTV empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm. Tersedia pilihan transmisi otomatis dan manual.

    Berikut harga Kijang Innova Reborn terbaru.

    Harga Kijang Innova Reborn TerbaruKijang Innova Reborn 2.4 G M/T DSL: Rp 416,6 jutaKijang Innova Reborn 2.4 G A/T DSL: Rp 437,5 juta.

    (rgr/dry)

  • Honda Vario 125 Street vs Yamaha X-Ride 125, Harga Beda Rp 5 Jutaan

    Honda Vario 125 Street vs Yamaha X-Ride 125, Harga Beda Rp 5 Jutaan

    Jakarta

    Honda Vario 125 terbaru resmi meluncur di Indonesia. Menariknya, kini Vario 125 juga tersedia dalam varian adventure atau Street. Di segmen matic 125 cc, Vario 125 Street bersaing dengan jagoan Yamaha, X-Ride 125. Seperti apa perbandingannya?

    Pertama dari segi harga, Honda Vario 125 Street dipasarkan dengan harga Rp 26.499.000. Sementara Yamaha X-Ride 125 dijual Rp 20.785.000. Artinya ada perbedaan hingga Rp 5,7 jutaan antara kedua model ini.

    Kemudian dari sisi desain, Honda Vario 125 Street tampilannya lebih seperti Vario 125 standard yang cover kepalanya dilepas lalu diganti dengan setang model telanjang. Beda dengan Yamaha X-Ride 125 yang sejak awal memang didesain sebagai motor matic adventure dengan lampu sein ala motor sport dan lampu utama model bertingkat.

    Namun karena Vario 125 Street mengambil basis dari Vario 125 standard, maka akomodasi motor ini pun lebih unggul dibandingkan X-Ride 125. Vario 125 Street punya bagasi seluas 18 liter, bandingkan dengan kapasitas bagasi X-Ride 125 yang cuma 10,1 liter.

    Selanjutnya dari kapasitas tangki bahan bakar, Vario 125 Street bisa menampung hingga 5,5 liter bensin. Sementara X-Ride 125 kapasitas tangkinya sekitar 4,2 liter. Maka dari itu, Vario 125 Street lebih tangguh buat perjalanan jarak jauh. Nggak sering mampir pom bensin.

    Selanjutnya dari aspek mesin, Yamaha X-Ride 125 dibekali mesin 125 cc, Blue Core dengan bore x stroke 52,4 mm x 57,9 mm, yang bisa menghasilkan tenaga 7,0 kW di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm. Sedangkan Vario 125 Street pakai mesin 125 cc, eSP, dengan bore x stroke 52,4 mm x 57,9 mm yang bisa menghasilkan 8,2 kW di 8.500 rpm dan 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Jadi dari segi performa, mesin Vario 125 Street jelas lebih unggul ya.

    Kalau kamu sendiri pilih yang mana?

    (lua/dry)

  • Ketumpahan Air Minum, Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 Tembus Rp 200 Juta!

    Ketumpahan Air Minum, Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 Tembus Rp 200 Juta!

    Jakarta

    Buat banyak pengemudi, menumpahkan air minum di dalam mobil paling-paling hanya bikin karpet lembap atau aroma kabin tak sedap. Paling jauh, kaca jadi berkabut. Namun, buat pemilik Hyundai Ioniq 5 di Amerika Serikat, Mike McCormick, tumpahan air di kendaraan justru menjadi mimpi buruk!

    Disitat dari Carscoops, Senin (1/12), Mike McCormick sedang mengemudi di jalan bebas hambatan ketika lalu lintas di depannya mendadak tersendat. Ia menginjak rem, kemudian botol air di cupholder belakang terbang ke depan, mendarat di lantai, dan isinya merembes ke beberapa konektor wiring harness.

    Tak jelas apakah tutup botol itu terpasang atau tidak-yang pasti, beberapa menit setelah “aksi terjun bebas” si botol, lampu peringatan mulai bermunculan di kluster meter. Tak lama kemudian, lampu sein berhenti bekerja. Saat tiba di rumah, McCormick tak bisa mematikan mobilnya.

    Hyundai Ioniq 5 di USA. Foto: Doc. Carscoops

    Ketika dibawa ke bengkel, Hyundai menyimpulkan, mobil listrik yang baru berusia dua tahun itu harus mendapat penggantian wiring harness di bawah lantai dan jok. Kedengarannya sepele, namun biayanya jauh dari kata ringan. Total biaya perbaikannya tembus US$ 11.882,08 atau Rp 200 juta!

    Hyundai mengklaim, kerusakan muncul akibat “faktor eksternal”, bukan cacat pabrikan. Itulah mengapa, McCormick harus menanggung seluruh biaya. Ia mencoba opsi lain: mengajukan klaim ke State Farm. Namun perusahaan asuransi itu justru menolak klaim dengan alasan kerusakan kabel dianggap terjadi secara bertahap, bukan akibat tumpahan air sesaat.

    Bukan Kasus Pertama

    Stasiun TV WFTV Channel 9 mengulik lebih jauh dan menemukan bahwa area wiring harness di bawah jok Ioniq 5 memang cukup rentan. Mereka menyinggung kasus lain: seorang pemilik yang juga menerima tagihan lima digit setelah dealer menemukan bagian harness miliknya mengalami friksi dan fraying.

    Di kasus lain, pemilik Ioniq 5 N juga pernah mengeluhkan soal biaya perawatan yang tak kalah mengejutkan. Untuk mengganti brake pad sendiri, misalnya setelah track day, dibutuhkan akses perangkat lunak dan alat khusus bernilai ribuan dolar.

    Ada beberapa cara alternatif yang lebih murah, tapi risikonya tinggi: mulai dari potensi garansi hangus hingga membuat kerusakan lain yang jauh lebih mahal.

    Kasus McCormick membuka pertanyaan besar: apakah pabrikan harus ikut bertanggung jawab ketika komponen krusial begitu mudah terdampak tumpahan air yang sepele? Atau justru pihak asuransi yang seharusnya menanggung, mengingat kerusakan muncul akibat insiden tidak disengaja?

    (sfn/dry)

  • Beda Versi 2 Kementerian soal Insentif buat Otomotif

    Beda Versi 2 Kementerian soal Insentif buat Otomotif

    Jakarta

    Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan tidak ada insentif untuk industri otomotif tahun depan. Di sisi lain, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bilang industri otomotif perlu diselamatkan karena kondisinya sedang terpuruk.

    Airlangga menilai, industri otomotif di Indonesia sudah cukup kuat. Apalagi banyak didukung oleh pameran otomotif, baik skala nasional maupun internasional.

    “Karena industrinya sudah cukup kuat. Apalagi udah pameran di sini. Kuat banget,” sambung politisi Partai Golkar tersebut baru-baru ini.

    “Lagi dikaji (rencana pemberian insentif pemberian otomotif). Dikaji, tapi belum (ada keputusan),” sambung Airlangga.

    Dikutip Antara, Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Haryo Limanseto mengatakan, belum ada usulan resmi terkait insentif otomotif untuk tahun 2026. Namun, Kemenko Perekonomian membuka ruang untuk pembahasan jika ada usulan baru.

    “Saat ini kami belum ada pembahasan kembali dan belum menerima usulan insentif dari Kementerian/Lembaga pembina sektor,” kata Haryo.

    Haryo juga menilai, dalam beberapa tahun terakhir, industri otomotif menunjukkan penguatan yang cukup signifikan, khususnya pada segmen kendaraan listrik. Pertumbuhan kendaraan listrik dan realisasi investasi yang signifikan menunjukkan fondasi industri yang semakin kuat.

    “Kami berpendapat bahwa industri otomotif saat ini sudah cukup kuat. Hal ini dibuktikan dengan penjualan kendaraan listrik roda empat meningkat signifikan hingga 18,27 persen dari pangsa pasar tahun 2025 dan investasi untuk KBLBB (Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai) sebesar Rp5,66 triliun di tahun 2025,” ujar Haryo.

    Di sisi lain, segmen kendaraan konvensional masih mendominasi pasar sekitar 80,6 persen, sementara pasar roda dua juga terus menunjukkan pertumbuhan baik dari sisi permintaan domestik maupun ekspor.

    “Pertanyaannya, apakah masih diperlukan insentif jika suatu industri sudah cukup kuat? Kami melihat ruang kebijakan yang ada dapat mulai dipertimbangkan untuk memperkuat sektor-sektor prioritas lain yang membutuhkan dukungan lebih besar, sembari tetap menjaga momentum positif industri otomotif,” sebutnya.

    Insentif buat Selamatkan Industri Otomotif

    Di sisi lain, Kementerian Perindustrian menilai industri otomotif saat ini sangat membutuhkan insentif untuk memperkuat ekosistem industrinya dari hulu ke hilir. Insentif tersebut diperlukan untuk mempertahankan utilisasi produksi, melindungi investasi dan pekerja industrinya dari PHK, serta meningkatkan daya saing produk otomotif dalam negeri.

    Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arief mengatakan, memang penjualan mobil listrik meningkat signifikan. Namun kenaikan penjualan ini sebagian besar berasal dari mobil listrik impor. Dari total penjualan kendaraan EV tahun 2025 sebesar 69,146 unit, 73 persennya merupakan kendaraan EV impor yang nilai tambah serta penyerapan tenaga kerja industrinya berada di negara lain. Sementara segmen kendaraan lain yang diproduksi di dalam negeri dan memiliki share terbesar dalam pasar otomotif nasional terus mengalami penurunan penjualan signifikan, bahkan jauh di bawah jumlah produksi tahunan kendaraan pada segmen tersebut.

    “Jadi, keliru jika kita menyatakan industri otomotif sedang dalam kondisi kuat dengan hanya mengandalkan indikator pertumbuhan kendaraan pada segmen tertentu. Penurunan tajam penjualan kendaraan bermotor roda empat jauh di bawah angka produksinya di kala penjualan kendaraan EV impor naik tajam adalah fakta yang tidak bisa dihindari. Dan, harus menjadi indikator pertumbuhan industri otomotif nasional saat ini. Kami memandang bahwa dibutuhkan insentif untuk membalikkan keadaan tersebut,” ujar Febri dikutip dari keterangan tertulisnya.

    Selain itu, banyaknya pameran bukan berarti menunjukkan bahwa industri otomotif sedang kuat. Kuat-tidaknya industri otomotif nasional hanya bisa disimpulkan berdasarkan data penjualan dan produksi otomotif.

    “Banyaknya pameran otomotif diberbagai tempat Indonesia juga bukan ukuran industri otomotif sedang kuat. Sebaliknya, banyak pameran otomotif adalah upaya dan perjuangan industri untuk tetap mempertahankan demand di tengah anjlok penjualan domestiknya dan sekaligus melindungi pekerjanya dari PHK. Sekali lagi, kita harus menggunakan data statistik yang ada untuk menggambarkan kondisi obyektif industri otomotif saat ini dan tidak menggunakan jumlah event pameran otomotif,” ujar Febri.

    Kondisi Industri Otomotif

    Saat ini, industri otomotif mengalami penurunan penjualan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) hanya sebanyak 634.844 unit. Angka itu turun 10,6 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 711.064 unit. Sedangkan secara retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) tercatat sebanyak 660.659 unit pada Januari-Oktober 2025. Angka itu turun 9,6 persen dari tahun lalu yang mencapai 731.113 unit.

    Data yang dihimpun Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) menunjukkan produksi kendaraan juga mengalami penurunan menjadi 957.293 unit dari 996.741 unit pada 2024.

    Penurunan paling dalam terjadi pada segmen kendaraan yang justru menjadi tulang punggung industri otomotif nasional, yaitu segmen entry dengan harga di bawah Rp 200 juta. Segmen itu anjlok hingga 40 persen. Selain itu, segmen low dengan harga Rp 200-400 juta juga merosot 36 persen, serta segmen kendaraan komersial turun 23%. Ketiga segmen tersebut selama ini menyasar konsumen domestik, terutama kelompok masyarakat kelas menengah, serta menjadi basis produksi terbesar di dalam negeri.

    Oleh karena itu, Kemenperin menegaskan bahwa insentif otomotif menjadi instrumen krusial dalam upaya memulihkan pasar kendaraan bermotor sekaligus menjaga keberlangsungan industri otomotif nasional.

    Febri menyatakan, kebijakan insentif tidak hanya penting bagi pelaku industri, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sebagai konsumen. Menurutnya, insentif akan menciptakan ruang bagi penurunan harga kendaraan, memperbaiki sentimen pasar, serta mempertahankan daya beli masyarakat, khususnya kelompok kelas menengah dan pembeli mobil pertama yang sangat sensitif terhadap perubahan harga.

    “Walaupun Kemenperin belum merumuskan jenis, bentuk dan target insentif/stimulus, tapi usulannya akan mengarah ke segmen kelas menengah-bawah dan didasarkan pada nilai TKDN.,” ungkapnya.

    Menurut Febri, pelemahan pasar yang terjadi secara simultan dapat berdampak pada penurunan utilisasi pabrik, penurunan investasi, serta berpotensi mengancam keberlanjutan lapangan kerja di industri otomotif dan sektor komponen. “Tidak adanya intervensi kebijakan akan membuat tekanan ini semakin dalam, dan efeknya dapat memengaruhi struktur industri secara keseluruhan,” katanya.

    (rgr/dry)