Jenis Media: Otomotif

  • Harga Mobil LCGC Desember 2025, Termurahnya Segini

    Harga Mobil LCGC Desember 2025, Termurahnya Segini

    Jakarta

    Mobil LCGC (low cost green car) bisa jadi opsi menarik buat segmen pembeli mobil pertama atau calon konsumen yang ingin beralih dari roda dua ke roda empat. Di pasaran, pilihan mobil LCGC pun beragam. Ada keluaran Daihatsu, Toyota, termasuk juga Honda. Bagi yang berminat, ini harga mobil LCGC Desember 2025.

    Meski penjualannya terus turun, mobil LCGC tetap menarik di mata konsumen. Sebab mobil LCGC harganya relatif masih bisa dijangkau mayoritas konsumen Indonesia. Mobil ini dijual mulai harga Rp 138 jutaan hingga Rp 202 jutaan.

    Pilihan mobil LCGC pun ada beragam, dari Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Toyota Agya, hingga Toyota Calya. Mobil-mobil LCGC besutan Daihatsu dan Toyota, seringnya dijadikan sebagai armada taksi online. Sementara Honda Brio Satya diminati oleh kalangan muda yang belum butuh mobil sekelas MPV.

    Harga mobil LCGC pun masih terpantau relatif terjangkau. Daihatsu Ayla contoh, dijual mulai Rp 138 jutaan hingga Rp 188 jutaan. Lalu Honda Brio dijual mulai Rp 170 jutaan hingga Rp 202 jutaan. Dan Toyota Agya harganya mulai Rp 173 jutaan hingga Rp 200 jutaan.

    Buat yang menginginkan mobil LCGC dengan kapasitas kabin lebih lega, 5+2, maka bisa pilih Daihatsu Sigra yang dijual mulai Rp 141 jutaan hingga Rp 185 jutaan. Juga ada model Toyota Calya yang harganya Rp 167 jutaan sampai Rp 192 jutaan.

    Harga Mobil LCGC Desember 2025 OTR Jakarta

    Daihatsu Ayla

    1. Ayla 1.0 M MT: Rp 138.500.000

    2. Ayla 1.0 X MT: Rp 151.400.000

    3. Ayla 1.0 X CVT: Rp 171.400.000

    4. Ayla 1.2 R MT: Rp 168.500.000

    5. Ayla 1.2 R CVT: Rp 188.500.000

    Daihatsu Sigra

    1. Sigra 1.0 D MT: Rp 141.500.000

    2. Sigra 1.0 M MT: Rp 152.100.000

    3. Sigra 1.2 X MT: Rp 159.800.000

    4. Sigra 1.2 X AT: Rp 173.100.000

    5. Sigra 1.2 X Deluxe MT: Rp 165.400.000

    6. Sigra 1.2 X Deluxe AT: Rp 178.600.000

    7. Sigra 1.2 R MT: Rp 166.500.000

    8. Sigra 1.2 R AT: Rp 181.300.000

    9. Sigra 1.2 R Deluxe MT: Rp 170.300.000

    10. Sigra 1.2 R Deluxe AT: 185.100.000

    Honda Brio Satya

    1. Brio Satya S MT: Rp 170.400.000

    2. Brio Satya E MT: Rp 185.500.000

    3. Brio Satya E CVT: Rp 202.500.000

    Toyota Agya

    1. Agya 1.2 E MT (Spot Order): Rp 173.200.000

    2. Agya 1.2 G MT: Rp 180.900.000

    3. Agya 1.2 G CVT: Rp 197.100.000

    4. Agya Stylix 1.2 G CVT: Rp 200.600.000

    Toyota Calya

    1. Calya 1.2 E STD MT Low: Rp 167.000.000

    2. Calya 1.2 E STD MT Basic: Rp 169.600.000

    3. Calya 1.2 E MT Basic: Rp 172.500.000

    4. Calya 1.2 G MT Basic: Rp 178.200.000

    5. Calya 1.2 G AT Basic: Rp 192.600.000.

    (lua/dry)

  • Tampang Moge Murah Harley-Davidson yang Mau Dijual Rp 40 Jutaan

    Tampang Moge Murah Harley-Davidson yang Mau Dijual Rp 40 Jutaan

    Tampang Moge Murah Harley-Davidson yang Mau Dijual Rp 40 Jutaan

  • Nggak Nyangka! Sudah Segini Honda Vario yang Terjual di Indonesia

    Nggak Nyangka! Sudah Segini Honda Vario yang Terjual di Indonesia

    Jakarta

    Honda Vario 125 menjadi salah satu model terlaris di Indonesia. Motor ini sudah beredar sejak 2012, nggak heran kalau populasinya sudah sangat banyak.

    Honda diketahui telah meluncurkan Vario di Indonesia sejak 2006 bermesin 110 cc. Motor ini terus berevolusi, bahkan kini tersedia juga pilihan mesin lebih besar 160 cc. Nah, jelang tutup akhir tahun Vario 125 menyandang status All New.

    “Vario 125 menjadi salah satu model populer. Terjual 9 juta unit dalam 13 tahun,” kata Thomas Wijaya, Wakil Presiden Astra Honda Motor (AHM) di Cikarang, Jawa Barat, Senin (1/12/2025).

    Skutik ini sudah menjelma sebagai transportasi pilihan mobilitas, terutama kalangan muda. Selain itu Vario dianggap tak hanya sekadar moda transportasi, tetapi bagian dari gaya hidup masyarakat.

    Sejalan dengan itu Honda kini melahirkan generasi terbaru Vario 125 yang memiliki pilihan stang naked bernama Vario Street 125. Di samping itu diluncurkan juga facelift Vario 125 di Indonesia.

    “Segmen skutik 125cc memiliki potensi besar di Indonesia karena sangat sesuai dengan kebutuhan harian masyarakat yang menginginkan sepeda motor yang efisien, praktis, dan advance. Ragam tipe All New Honda Vario 125 yang kami hadirkan diharapkan dapat memberikan pilihan baru bagi konsumen yang menginginkan sepeda motor dengan tampilan sporty dan tetap fungsional,” ujar Thomas.

    Beberapa penyegaran yang diberikan di antaranya desain lampu depan, belakang, dan winker Vario 125 dengan bentuk lebih sporty dan advance. Lalu desain V-Shape lampu utama motor tetap dipertahankan dengan penyematan teknologi LED terbaru. Desain panel meter juga mendapat sentuhan corak baru.

    Untuk model street, terdapat perbedaan pada area kemudi berjenis naked seperti BeAT Street, serta panel meter terpisah yang dikombinasikan dengan warna pelek atraktif.

    Motor juga telah dilengkapi USB Charger Type-C untuk mengisi daya gadget saat berkendara. AHM juga melakukan penyegaran konsol box depan supaya lebih luas.

    Untuk mesin tetap sama, namun bobot motor ini dibilang lebih ringan 300 gram dari versi sebelumnya.

    Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwi tidak menyebutkan berapa target penjualan skutik ini. Dia meyakini model ini mampu memberi kontribusi sebesar 15 persen atas total penjualan Honda di Indonesia.

    (riar/dry)

  • Bukan Film Komedi, MPV Pesaing Alphard-Denza Pecah Rekor Muat 42 Orang

    Bukan Film Komedi, MPV Pesaing Alphard-Denza Pecah Rekor Muat 42 Orang

    Jakarta

    Minivan ramah lingkungan berteknologi EREV (extended range electric vehicle) dari Geely, Galaxy V900 memecahkan Guinness World Record. Mobil ini bisa memuat 42 orang sekali angkut.

    Dikutip Carnewschina, Geel Galaxy V900 memecahkan rekor dunia dengan memasukkan 42 orang ke dalam kabin. Menurut Geely, MPV ini menawarkan ruang interior terbaik seluas 8,41 meter persegi dan tingkat pemanfaatan ruang interior hingga 91,8 persen.

    Geely Galaxy V900 memecahkan rekor Guinness World Record untuk orang terbanyak yang dijejalkan dalam MPV tersebut. Mobil ini muat 42 penari wanita di dalamnya.

    Menurut Geely Galaxy, tinggi rata-rata orang yang masuk ke mobil V900 ini adalah 170 cm. Pencapaian ini dimungkinkan oleh area interior V900 seluas 8,41 meter persegi, dengan lebih dari satu meter ruang di antara barisan kursi, dan tingkat pemanfaatan ruang sebesar 91,8 persen.

    Geely Galaxy V900 adalah kendaraan besar dengan ujung depan yang pendek dan garis atap yang datar. Mobil ini memiliki dimensi yang besar dengan panjang 5.360 mm, lebar 1.998 mm dan tinggi 1.940 mm dengan jarak sumbu roda 3.200 mm.

    Bagian dalam Galaxy V900 mengadopsi dua varian. Pertama menawarkan tiga baris untuk enam kursi. Dan konfigurasi kedua memiliki empat baris dengan delapan kursi.

    Bagasi model enam kursi menawarkan kedalaman 919 mm. Varian delapan kursi menawarkan kedalaman 347 mm. Namun, kursi baris keempat dapat dilipat rata berkat ceruk lantai.

    V900 adalah mobil berteknologi EREV. Terdapat mesin bensin turbo 1.5 liter di balik kapnya yang bertugas sebagai generator. Sedangkan rodanya digerakkan oleh motor listrik. Minivan ini memiliki dua pilihan baterai NMC terner, yang berkapasitas 43,3 kWh dan 50 kWh.

    Jangkauan listrik mobil berkisar antara 165 dan 202 km (CLTC). Dikombinasikan dengan baterai konsumsi bahan bakar rata-rata mobil ini mencapai 7-7,2 liter per 100 km.

    (rgr/dry)

  • Target Penjualan Mobil di Indonesia Tahun 2025 Direvisi, Jadi 780 Ribu Unit

    Target Penjualan Mobil di Indonesia Tahun 2025 Direvisi, Jadi 780 Ribu Unit

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi merevisi target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini. Sebab, permintaan kendaraan hingga saat ini masih terhitung lemah.

    Sebelumnya, penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 900 ribu unit/tahun selama 2025. Namun, Gaikindo akhirnya melakukan perubahan angka menjadi 780 ribu unit/tahun. Penentuan angka tersebut telah melalui banyak hitung-hitungan.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (2/12).

    Gaikindo revisi target penjualan mobil di Indonesia jadi 780 ribu unit setahun. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Dengan demikian, target tersebut jauh lebih rendah dibandingkan penjualan tahun lalu yang mencapai 865 ribu unit/tahun. Harapannya, permintaan kendaraan mengalami peningkatan kembali pada 2026.

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Gaikindo revisi target penjualan mobil di Indonesia jadi 780 ribu unit setahun. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/dry)

  • Harga Honda Gold Wing Rp 1,13 Miliar, Ternyata Pajak Tahunannya Segini

    Harga Honda Gold Wing Rp 1,13 Miliar, Ternyata Pajak Tahunannya Segini

    Jakarta

    Honda Gold Wing punya banderol Rp 1,13 miliar. Dengan harga segitu, ternyata pajak Honda Gold Wing tahun 2025 tembus segini.

    Honda Gold Wing jadi salah satu pilihan buat kamu pencinta motor touring premium. Ya, Gold Wing memang hadir dengan konsep The Honda Premium Tourer yang memadukan kebebasan desain, fitur inovatif canggih yang mendukung kesenangan berkendara. Gold Wing jelas bukan motor biasa. Pun dari sisi harga, motor gede ini menyasar kalangan atas.

    Honda Gold Wing yang dijual saat ini punya banderol Rp 1,13 miliar. Mungkin sebagian orang penasaran, motor punya harga Rp 1 miliar, pajak tahunannya berapa ya? Mengutip Permendagri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025, Honda Gold Wing diketahui besar DP PKB Gold Wing sebesar Rp 816,8 juta. Maka bila terdaftar di Jakarta sebagai kendaraan pertama, besar pajaknya Rp 16 jutaan tiap tahun. Rincian pajaknya sebagai berikut

    Pajak Honda Gold Wing 2025

    DP PKB Honda Gold Wing: Rp 816,8 juta

    PKB Pokok: DP PKB x Tarif PKB
    : Rp 816,8 juta x 2%
    : Rp 16,336 jutaPajak tahunan: PKB Pokok+ SWDKLLJ motor di atas 250 cc
    : Rp 16,336 juta + Rp 83 ribu
    : Rp 16,479 juta

    Nah itu tadi hitungan pajak tahunan Honda Gold Wing tahun 2025. Setiap tahun, pemilik Gold Wing keluaran 2025 harus membayar Rp 16,749 juta. Pajaknya nyaris menyamai mobil-mobil premium. Nggak heran sih, karena harganya juga tembus Rp 1 miliar.

    Spesifikasi Honda Gold Wing

    Sebagai informasi tambahan, Honda Gold Wing dibekali mesin 1.833cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horisontal berlawanan. Mesin ini mampu hasilkan tenaga maksimum power 93 kW (125 dk) pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm. Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi forward/reverse Walking Mode.

    Rangka dirancang untuk manuver pada kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas saat melaju dengan kecepatan tinggi. Honda Gold Wing memakai rangka tipe diamond twin tube dengan kombinasi lengan ayun (swingarm) berbahan aluminium, menghasilkan bobot yang ringan dengan titik rendah gravitasi dan pemusatan massa yang dapat berkontribusi signifikan terhadap kelincahan.

    Demi kenyamanan, Honda Gold Wing menggunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-Link® dengan reaksi progresif. Redaman suspensi serta preload mampu diatur secara elektronik. Suspensi belakang bisa diatur sesuai kebutuhan pengendara, baik saat sendiri, berboncengan, ataupun berboncengan dengan membawa barang.

    Sementara itu, sistem pengereman menggunakan kaliper depan serta rotor yang besar, yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik dalam mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang. Keseluruhan pencahayaan sudah menggunakan LED untuk mendukung performa turing, melalui penggunaan rangkaian lampu depan yang berbentuk ‘wing lines’ dan lampu sein yang juga memiliki fitur auto-cancel untuk memudahkan pengendara.

    Adapun Gold Wing yang dijual Honda di Indonesia saat ini merupakan edisi spesial perayaan 50 tahun. Honda Gold Wing edisi spesial perayaan 50 tahun ini hadir dengan dua lapisan cat ikonik serta emblem yang eksklusif. Kombinasi warna Bordeaux Red Metallic yang halus, dilengkapi grafis hitam berpadu emas semakin memberikan kesan mewah dan berkelas. Tampilan mesin dengan sentuhan aksen berwarna emas pada edisi ini pun menambah aura mewah pada sepeda motor besar flagship Honda ini.

    (dry/din)

  • Siap-siap! Pajak Kendaraan Jadi Lebih Mahal jika Tak Lulus Uji Emisi

    Siap-siap! Pajak Kendaraan Jadi Lebih Mahal jika Tak Lulus Uji Emisi

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menyiapkan Kajian Nilai Koefisien Pencemaran Lingkungan (KPL) sebagai dasar penerapan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berbasis emisi. Siap-siap, kendaraan yang tidak lulus uji emisi harus bayar pajak lebih mahal.

    Kebijakan ini dirancang untuk memberikan disinsentif bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Langkah ini juga untuk memperkuat upaya pengendalian pencemaran udara di Jakarta.

    Dikutip dari situs resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta Bidang Pembangunan dan Tata Kota, Nirwono Joga, menjelaskan bahwa kajian ini menjadi bagian dari strategi besar Pemprov DKI dalam menekan emisi karbon. Proses penyusunannya melibatkan peneliti, akademisi, lintas OPD, industri, asosiasi, dan NGO agar metodologi yang digunakan solid dan hasil analisisnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

    Saat ini, pemerintah daerah juga sedang menyiapkan Raperda Manajemen Lalu Lintas yang mencakup penguatan Low Emission Zone, penerapan parkir elektronik progresif, serta rencana penerapan Electronic Road Pricing.

    Menurut Nirwono, pengendalian emisi kendaraan tidak bisa dilakukan Jakarta secara mandiri karena arus kendaraan dari wilayah penyangga sangat besar. Karena itu, isu ini membutuhkan pendekatan lintas wilayah. Ia juga mengingatkan, selain perhitungan teknis mengenai emisi, aspek politis perlu dipertimbangkan. Kajian KPL bukan hanya ditujukan untuk meningkatkan jumlah kendaraan yang mengikuti uji emisi, tetapi juga mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik.

    Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, menambahkan bahwa kajian KPL merupakan amanat dari regulasi nasional, yakni PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup terkait pemenuhan baku mutu emisi kendaraan dan Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 yang mengatur pajak kendaraan berbasis emisi.

    Asep menyebut, lebih dari 40 persen polusi udara Jakarta berasal dari kendaraan bermotor. Berdasarkan hal itu, diperlukan langkah untuk menginternalisasi biaya eksternalitas lingkungan ke dalam instrumen fiskal seperti pajak kendaraan bermotor. Dengan adanya kebijakan ini, pemilik kendaraan diharapkan lebih disiplin dalam merawat kendaraan dan melakukan uji emisi agar tidak terkena disinsentif berupa koefisien tambahan pada PKB.

    Peneliti BRIN, Rizqon Fajar menjelaskan, sektor transportasi menyumbang sekitar 44 persen emisi polutan di Jakarta. Sebagian besar kendaraan yang beroperasi juga belum memenuhi standar emisi terbaru. Lebih dari separuh sepeda motor, sekitar 70 persen mobil pribadi, serta mayoritas truk dan bus diesel masih berada di bawah standar Euro 4, bahkan banyak yang masih menggunakan standar Euro 0 hingga Euro II. Kondisi ini menunjukkan perlunya pengetatan regulasi berbasis emisi.

    Rizqon merekomendasikan agar Pemprov DKI menetapkan Peraturan Gubernur khusus tentang Koefisien Pencemaran Lingkungan yang mengatur koefisien emisi, bobot emisi, dan usia kendaraan sebagai bagian dari formula penghitungan pajak kendaraan bermotor berbasis emisi. Untuk memastikan implementasinya berjalan efektif, ia mendorong integrasi sistem antara DLH, Samsat, dan ETLE sehingga hasil uji emisi dapat langsung mempengaruhi besaran PKB yang harus dibayar pemilik kendaraan.

    (rgr/dry)

  • Moge Murah Harley-Davidson Meluncur, Harga Diprediksi Rp 40 Jutaan

    Moge Murah Harley-Davidson Meluncur, Harga Diprediksi Rp 40 Jutaan

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Amerika Serikat (AS), Harley-Davidson, kembali meluncurkan motor gede (moge) baru dengan harga murah. Kali ini, mereka mengenalkan Harley-Davidson X440T yang banderolnya diprediksi tak sampai Rp 50 juta!

    Disitat dari Indiatimes, Selasa (2/12), Harley-Davidson X440T bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Kendaraan tersebut merupakan edisi khusus dari X440 regular yang telah dipasarkan dua tahun lalu.

    Sama seperti moge-moge murah lainnya, Harley-Davidson bermitra dengan produsen motor asal India, Hero Motocorp. Mereka melakukan produksi kendaraan terkait di pabrik Neemrana, India.

    Harley-Davidson X440T di India. Foto: Doc. Harley-Davidson

    Harley-Davidson X440T mendapat sejumlah update yang membuatnya berbeda dari Harley-Davidson X440. Kuda besi tersebut terlihat berbeda di bagian belakang yang benar-benar dirombak ulang dengan rear cowl lebih panjang dan ramping.

    Selain itu, pembaruan lainnya terlihat di bagian jok, pegangan pembonceng, spion, spatbor belakang, serta kombinasi warna dan aksen baru. Selebihnya, secara tampilan, motor tersebut masih sama seperti Harley-Davidson X440.

    Pabrikan membekalinya dengan 440cc bersilinder tunggal dengan pendingin udara dan transmisi manual enam-percepatan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 27 dk dan torsi 38 Nm.

    Harley-Davidson X440T Foto: Doc. Harley-Davidson

    Dari segi fitur, X440T disematkan layar TFT 3,5 inci dengan konektivitas dan navigasi ponsel pintar. Kendaraan tersebut mendapat peningkatan teknologi berupa ride-by-wire, beserta beberapa mode berkendara dan kontrol traksi. ABS dual-channel tetap ditawarkan sebagai standar.

    Meski sudah meluncur, namun harga Harley-Davidson X440T baru akan diumumkan 6 Desember 2025. Kabarnya, kendaraan tersebut bakal dibanderol mulai dari 2.50 lakh rupee atau sekira Rp 46 jutaan. Menarik sekali, bukan?

    (sfn/dry)

  • Harga Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Desember 2025

    Harga Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Desember 2025

    Jakarta

    Kamu sedang berencana membeli big skutik yang nyaman buat harian? Maka ada dua pilihannya, Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155. Dua motor ini tidak hanya nyaman buat harian, tapi juga asyik buat diajak touring menempuh perjalanan jauh. Ini harga Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax 155 Desember 2025.

    Dari catatan detikOto, harga Honda PCX 160 bulan ini masih sama seperti sebelumnya. Skutik elegan ini hadir dalam tiga varian: CBS, ABS, serta ABS RoadSync. Versi paling atas sudah dibekali fitur konektivitas RoadSync yang bisa menampilkan navigasi digital langsung di panel instrumen, bikin perjalanan makin praktis dan kekinian.

    Harga Honda PCX 160 Desember 2025 OTR Jakarta

    1. PCX 160 CBS: Rp 34.350.000

    2. PCX 160 ABS: Rp 37.951.000

    3. PCX 160 ABS RoadSync: Rp 40.951.000

    Sementara itu, Yamaha Nmax 155 masih unggul di sisi performa dan karakter sporty. Versi terbaru Nmax 155 hadir dalam varian Neo dan Turbo. Di tipe Turbo sudah memakai teknologi YECVT (CVT elektrik), pilihan mode berkendara, dan sistem navigasi Garmin di varian tertinggi. Di sisi lain, Yamaha juga masih menjual Nmax generasi lama. Harga Nmax bulan ini juga tidak mengalami kenaikan.

    Harga Yamaha Nmax 155 Desember 2025 OTR Jakarta

    1. Nmax Standard: Rp 32.175.000

    2. Nmax S Version: Rp 33.175.000

    3. Nmax Connected/ABS: Rp 36.300.000

    4. Nmax Neo: Rp 33.415.000

    5. Nmax Neo S: Rp 34.405.000

    6. Nmax Turbo: Rp 38.615.000

    7. Nmax Turbo Tech Max: Rp 44.115.000

    8. Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 46.095.000

    Honda PCX dikenal nyaman dan elegan, sementara Yamaha Nmax unggul di teknologi. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harga OTR tentunya bisa berbeda-beda di tiap daerah, jadi pastikan kamu cek langsung ke dealer resmi sebelum menentukan pilihan.

    (lua/dry)

  • Nggak Nyangka! Sudah Segini Honda Vario yang Terjual di Indonesia

    Honda Vario 125 Terbaru Tak Pakai Rangka eSAF, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Honda Vario 125 terbaru tidak menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) seperti Vario 160. Ternyata ini sebabnya.

    Hikaru Yokomura, Vario 125 Large Project Leader, Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd menjelaskan Honda Vario 125, masih setia menggunakan rangka jenis underbone konvensional atau pipa tubular.

    “Frame yang digunakan bukan eSAF, kami menggunakan pipe frame (rangka tubular). Kenapa kami menggunakan pipe frame karena disesuaikan dengan kebutuhan engine, sehingga melengkapi dengan engine yang digunakan. Satu paket,” kata dia saat sesi konferensi pers New Vario 125 di AHM Safety Riding and Training Center, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (1/12/2025).

    Lebih lanjut dia menjelaskan penggunaan pipe frame ini merupakan keputusan yang disesuaikan dan melengkapi kebutuhan engine. Artinya, engine 125cc dan pipe frame dianggap sebagai satu paket yang saling mendukung untuk mencapai tujuan desain keringanan, balance, dan penggunaan harian.

    Seperti diketahui, eSAF merupakan jenis rangka baru yang diperkenalkan pada 2019 dan digunakan pada model seperti Genio, BeAT, Scoopy, dan Vario 160. Mesin yang dipakai pada rangka tersebut, ialah mesin 110 cc dan 160 cc.

    Pernyataan Hikaru menegaskan bahwa keputusan untuk mempertahankan rangka tubular pada Honda Vario 125 adalah bagian dari strategi desain yang lebih luas.

    Selain itu, Honda juga tetap mempertahankan mesin eSP seperti sebelumnya.

    “Model ini dirancang untuk kebutuhan sehari-hari dengan balance yang baik. Saya mempertimbangkan tidak hanya dengan engine, tetapi juga kombinasi frame yang ada. Untuk memenuhi supaya lebih ringan, dan bisa menyesuaikan keringanan untuk model itu sendiri, maka kami menyematkan engine seperti saat ini yang sudah digunakan. Itu yang membuat kami memutuskan untuk menggunakan engine tersebut,” kata Hikaru.

    Ditenagai mesin 125cc liquid-cooled engine dengan teknologi eSP, All New Honda Vario 125 menghasilkan konsumsi BBM yang diklaim hingga 51,7 km/liter. Di atas kertas, motor ini bisa memuntahkan tenaga 8,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

    (riar/dry)