Jenis Media: Otomotif

  • Spesifikasi Harley-Davidson X440T yang Mau Dijual Rp 40 Jutaan

    Spesifikasi Harley-Davidson X440T yang Mau Dijual Rp 40 Jutaan

    Jakarta

    Harley-Davidson yang menggandeng Hero Motocorp resmi meluncurkan Harley-Davidson X440T untuk konsumen di India. Harganya yang sangat murah mungkin membuat kita penasaran: bagaimana spesifikasinya?

    Dilansir dari Indiatimes dan Greatbiker, Rabu (3/12), Harley-Davidson X440T merupakan versi penyempurnaan dari X440 yang telah meluncur dua tahun lalu. Meski sudah dikenalkan, namun harga kendaraan baru akan diumumkan akhir pekan ini.

    Menurut informasi yang kami terima dari sumber yang sama, moge yang diproduksi di pabrik Neemrana, India tersebut akan dibanderol mulai dari 2.50 lakh rupee atau sekira Rp 46 jutaan. Nominal itu sedikit lebih mahal dibandingkan versi regularnya.

    Lantas, dengan harga seterjangkau itu, bagaimana spesifikasi Harley-Davidson X440T? Berikut kami rangkum uraiannya!

    Spesifikasi Harley-Davidson X440T

    Harley-Davidson X440T mendapat sejumlah update yang membuatnya berbeda dari Harley-Davidson X440. Kuda besi tersebut terlihat berbeda di bagian belakang yang benar-benar dirombak ulang dengan rear cowl lebih panjang dan ramping.

    Harley-Davidson X440T Foto: Doc. Harley-Davidson

    Selain itu, pembaruan lainnya terlihat di bagian jok, pegangan pembonceng, spion, spatbor belakang, serta kombinasi warna dan aksen baru. Selebihnya, secara tampilan, motor tersebut masih sama seperti Harley-Davidson X440.

    Pabrikan membekalinya dengan 440 cc bersilinder tunggal dengan pendingin udara dan transmisi manual enam-percepatan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 27 dk dan torsi 38 Nm.

    Dari segi fitur, X440T disematkan layar TFT 3,5 inci dengan konektivitas dan navigasi ponsel pintar. Kendaraan tersebut mendapat peningkatan teknologi berupa ride-by-wire, beserta beberapa mode berkendara dan kontrol traksi. ABS dual-channel tetap ditawarkan sebagai standar.

    (sfn/dry)

  • Video Menkeu Purbaya Jajal Moge Patwal: Enakan Motor Bebek

    Video Menkeu Purbaya Jajal Moge Patwal: Enakan Motor Bebek

    Video Menkeu Purbaya Jajal Moge Patwal: Enakan Motor Bebek

  • Harga Mobil di Indonesia Turun Usai Serbuan Mobil Listrik Murah

    Harga Mobil di Indonesia Turun Usai Serbuan Mobil Listrik Murah

    Jakarta

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, kemunculan mobil listrik murah membuat harga mobil bensin di Indonesia makin terjangkau. Sebab, produsen melakukan penyesuaian agar tetap bisa kompetitif.

    Airlangga Hartaro menjelaskan, dalam suatu pameran yang digelar di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, banyak mobil bensin yang dibanderol di bawah Rp 200 juta. Namun, dia tak mengurai secara detail model-modelnya.

    Pernyataan Airlangga kemungkinan mengacu pada harga mobil terjangkau dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Saat ini, hanya ada tiga produsen yang memasarkan kendaraan tersebut, mulai dari Honda, Toyota, dan Daihatsu.

    “Artinya dengan kehadiran electric vehicle harga mobil tertekan ke bawah. Dan ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Airlangga dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia di Park Hyatt, Jakarta, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (3/12).

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Foto: Ignacio Geordi Oswaldo

    Jika kita melihat pasar, sebenarnya yang paling terlihat mengalami penurunan nilai jual adalah mobil hybrid. Misalnya, Toyota yang hanya membanderol Veloz hybrid mulai dari Rp 299 juta dan Honda yang berani menjual HR-V Hybrid Rp 60 juta lebih murah dari varian termahal di model sebelumnya.

    Di kesempatan yang sama, Airlangga Hartarto mengatakan penjualan mobil listrik mengalami kenaikan 18,27 persen (yoy) per Oktober 2025. Hal tersebut membuktikan, konsumen Indonesia mulai beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

    “Terjadi shifting dari mobil bensin ke mobil listrik,” ungkapnya.

    Di lain sisi, Airlangga mengklaim, investasi kendaraan listrik di Indonesia terus bertambah. Misalnya BYD yang berinvestasi Rp 11,2 triliun dengan produksi 150 ribu unit. Kemudian Chery Automobile berkomitmen memberikan investasi tambahan sebesar Rp 5,2 triliun.

    Selain BYD dan Chery, ada Wuling yang investasi Rp 9,3 triliun untuk produksi kendaraan dan Rp 7,5 triliun untuk pabrik baterai.

    “Vinfast dari Vietnam sudah investasi Rp 3,7 triliun, kapasitasnya 50 (ribu) unit per tahun. Hyundai investasi tambahan Rp 20 triliun,” kata Airlangga.

    (sfn/rgr)

  • Harga Naik Rp 4 Juta, Nyicil BYD Atto 1 per Bulan Bayar Berapa?

    Harga Naik Rp 4 Juta, Nyicil BYD Atto 1 per Bulan Bayar Berapa?

    Jakarta

    Harga BYD Atto 1 varian termurah naik Rp 4 juta. Kalau kamu belinya kredit, nyicil per bulannya jadi segini.

    BYD Atto 1 Dynamic naik harga. Kalau saat peluncuran Atto 1 varian murah ini dibanderol Rp 195 juta, terbaru harganya Rp 199 juta. Sedangkan Atto 1 Premium alias varian termahalnya masih dibanderol harga yang sama, yakni Rp 235 juta.

    Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan menjelaskan bahwa kenaikan tersebut salah satunya karena ada fluktuasi nilai tukar rupiah.

    “Kedua, memang saat ini demand-nya cukup tinggi. Kita juga perlu memenuhi ekspektasi customer. Memenuhi ekspektasi customer ini juga ada investasi untuk peningkatan pelayanan. Salah satunya bisa jaringan, orang, kemudian distribusi, logistik. Nah kita butuh satu ruang untuk bisa mengoptimalkan itu. Jadi kita meningkatkan harga sedikit dari yang tipe terendah,” jelas Luther.

    Nah buat kamu yang mau beli BYD Atto 1 termurah dengan cara kredit, tentu ada perubahan pada besar uang muka maupun cicilan tiap bulan. Sebelumnya, uang muka 30 persen, maka biayanya Rp 58,5 juta. Kini dengan persentase serupa, maka uang mukanya menjadi Rp 59,7 juta. Selanjutnya cicilan paling rendah mulai Rp 3,5 jutaan maka sekarang menjadi Rp 3,6 jutaan. Berikut ini skema nyicil BYD Atto 1 dengan simulasi uang muka 30 persen.

    Skema Cicilan BYD Atto 1

    Harga: Rp 199 juta
    DP 30 persen: Rp 59,7 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 78.590.143
    Cicilan: Rp 12,931 juta per bulanTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 72.680.586
    Cicilan: Rp 7,014 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 70.766.153
    Cicilan: Rp 5,093 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 69.810.282
    Cicilan: Rp 4,131 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 69.287.973
    Cicilan: Rp 3,603 juta

    Spesifikasi BYD Atto 1

    Itu tadi skema cicilan BYD Atto 1. Perlu diingat, skema di atas tidak mengikat. Untuk mengetahui lebih jelasnya, bisa mengunjungi dealer BYD terdekat. Sebagai informasi tambahan BYD Atto 1 varian Dynamic menggunakan baterai Blade 30,08 kWh dengan jarak tempuh maksimum 300 km.

    BYD Atto 1 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 75 kW, torsi 135 Nm dan kecepatan maksimum 120 km/jam. Sedangkan untuk berakselerasi dari nol ke 50 km/jam hanya memerlukan waktu 4,9 detik.

    (dry/rgr)

  • PO Borlindo Rilis Bus Anyar, Ada 2 Kursi Spesial di Bagian Depan

    PO Borlindo Rilis Bus Anyar, Ada 2 Kursi Spesial di Bagian Depan

    Jakarta

    PO Borlindo merilis dua armada terbaru. Bus ini dibuat di karoseri asal Magelang, Jawa Tengah, New Armada, dengan menggunakan sasis Volvo. Menariknya, bus terbaru PO Borlindo ini menawarkan dua kursi spesial di bagian depan.

    Seperti dilihat detikOto di Instagram resmi New Armada, bus Borlindo memakai bodi tipe Skylander R25 Aero + Skyseat. Bus ini tampak gagah dengan kaca ganda atau double glass dengan bando berwarna merah yang terintegrasi kaca spion. Menariknya lagi, ada tambahan sedikit besi terali di kaca depan atas.

    Secara umum, bus ini menggunakan warna kombinasi merah, putih, dan sedikit aksen biru. Bagian fascia tampak gagah dengan lampu-lampu full LED. Terus di bagian samping juga terlihat clear lantaran tak menggunakan desain selendang. Bus ini menghadirkan bernuansa modern dengan desain kaca belakang mengambang atau floating roof.

    Geser ke bagian kabin, ini bagian paling menarik. Bus menghadirkan nuansa interior mewah dengan aksen kayu di lantai juga aksen seperti batu granit di bagian dinding. Yang istimewa ada di bagian kursi depan, yang menggunakan kursi ala sleeper.

    Dua kursi spesial tersebut memanfaatkan ruang atas area pengemudi dan kru. Selain mendapatkan kursi sleeper, dua penumpang di bagian paling depan ini juga mendapatkan visibilitas luas. Tapi imbasnya, ruang kabin pengemudi dan kru jadi terasa sempit. Kemudian penumpang di belakang dua kursi sleeper tersebut, visibilitasnya kurang baik.

    Belum diketahui bakal digunakan buat rute manakah bus ini. Namun yang pasti, bus anyar Borlindo ini akan digunakan di Pulau Sulawesi. Borlindo punya markas di Makassar, Sulawesi Selatan.

    (lua/dry)

  • Kecelakaan Maut di Cipularang Lagi-lagi Dipicu Rem Blong, Peringatan buat Sopir!

    Kecelakaan Maut di Cipularang Lagi-lagi Dipicu Rem Blong, Peringatan buat Sopir!

    Jakarta

    Kecelakaan maut terjadi lagi di Tol Cipularang. Kendaraan barang yang mengalami rem blong menjadi pemicu kecelakaan yang menewaskan satu orang tersebut.

    Insiden tersebut terjadi pada Selasa (2/12/2025) sekitar pukul 13.40 WIB. Nahas akibat kecelakaan beruntun itu, 1 orang meninggal dan 5 orang lainnya luka-luka.

    Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut tersebut yakni delapan minibus dan satu unit truk boks. Pemicu kecelakaan tersebut yakni truk boks yang dikemudikan oleh Rian Hidayat. Truk boks itu mengalami rem blong. Pengemudi mengakui remnya sudah bermasalah sebelum terjadi kecelakaan maut.

    “Mobilnya nggak bisa ngerem, jadi memang penyebabnya ya mobil yang saya bawa,” kata Rian Hidayat, Selasa (2/12/2025).

    Ia mengatakan truk yang ia kemudikan tak membawa muatan apa pun. Saat itu ia melakukan perjalanan dari Bandung menuju Jakarta. Ia mengaku sudah merasakan adanya hal yang tak beres pada kendaraannya.

    “Truk kosong, enggak bawa muatan. Jadi saya dari KM 116 itu memang sudah enggak bisa ngerem. Saya langsung buang ke kiri, tadi di jalur memang enggak ada tempat pembuangan yang di tol itu makanya langsung nabrak mobil di depannya,” kata Rian.

    Peringatan buat Sopir!

    Penyelidik Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan sudah lama mewanti-wanti pengemudi truk untuk memperhatikan kondisi kendaraan dan dirinya. Menurut Wildan, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh pengemudi truk agar tak lagi menjadi penyebab kecelakaan maut di jalan raya.

    “Pertama, pastikan kondisi fisik dalam keadaan bugar dan sehat serta tidak minum obat apa pun. Kedua, jangan melampaui batas waktu mengemudi, maksimal 12 jam dan harus tidur sekurang-kurangnya lima jam sebelum mengemudi kembali. Ketiga, lakukan pemeriksaan kendaraan sebelum mengemudi untuk memastikan kendaraan dalam keadaan baik,” beber Wildan beberapa waktu lalu.

    Selain itu, pengemudi harus memahami teknik berkendara di jalan menurun untuk menghindari peristiwa rem blong. Pengemudi juga harus mengenali jalan yang akan dilaluinya, kurangi kecepatan dan hati-hati saat melalui jalan yang tidak dikenali.

    “Pastikan kesegaran dan kebugaran diri. Pastikan dalam kondisi cukup tidur dan tidak dalam kondisi sakit atau mengkonsumsi obat-obatan. Lakukan stretching (peregangan) tubuh sebelum mengemudi. Hindari makan berlebihan atau makanan yang mengandung karbo yang dapat menimbulkan kantuk perbanyak makan sayur, buah, telur dan air putih,” sebut Wildan.

    Periksa Kendaraan Sebelum Jalan!

    Wildan mewanti-wanti agar sopir truk melakukan pemeriksaan sebelum perjalanan (pre-trip inspection). Ada beberapa komponen yang harus diperiksa sebelum berangkat.

    Pemeriksaan kondisi kendaraan berupa dashboard instrumentation, spion, kursi dan safety belt, kondisi ban dan tekanan anginnya, lampu-lampu dan wiper. Pemeriksaan level minyak rem, berupa perhatikan batas minimal-maksimal keterisian minyak rem, periksa adanya kebocoran minyak rem pada bagian roda jika minyak rem turun, periksa kandungan air dalam minyak rem untuk menghindari angin palsu (vapour lock), ganti minyak rem secara berkala.

    Kemudian pemeriksaan tromol, celah dan ketebalan kampas rem. Injak pedal rem secara penuh, turunnya tekanan angin pada indikator tidak boleh melebihi 0,5 bar. Jika turunnya tekanan angin 1 bar atau lebih, minta mekanik memeriksa celah kampas atau kondisi kampas rem.

    Periksa kebocoran angin. Parkir kendaraan di tempat yang datar dan diganjal rodanya. Pastikan tekanan angin dalam tabung penuh. Turunkan rem parkir. Putar kunci kontak ke posisi “ON” agar indikator pada dashboard menyala, kemudian injak pedal rem secara dalam dan tahan selama 2 menit. Jika dalam 2 menit tekanan angin turun, maka ada kebocoran. Mekanik harus memeriksa lebih lanjut.

    (rgr/dry)

  • Jenis Mobil yang Diusulkan Dapat Insentif biar Harganya Lebih Murah

    Jenis Mobil yang Diusulkan Dapat Insentif biar Harganya Lebih Murah

    Jakarta

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai industri otomotif masih butuh suntikan insentif. Sebab, kondisi saat ini industri otomotif sedang tidak baik-baik saja. Jika tidak diselamatkan, dikhawatirkan dampaknya bisa sampai PHK di industri ini.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai industri otomotif saat ini sangat membutuhkan insentif guna memperkuat ekosistem industrinya dari hulu-hilir. Insentif tersebut diperlukan untuk mempertahankan utilisasi produksi, melindungi investasi dan pekerja industrinya dari PHK, serta meningkatkan daya saing produk otomotif dalam negeri.

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) hanya sebanyak 634.844 unit. Angka itu turun 10,6 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 711.064 unit. Sedangkan secara retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) tercatat sebanyak 660.659 unit pada Januari-Oktober 2025. Angka itu turun 9,6 persen dari tahun lalu yang mencapai 731.113 unit.

    Data yang dihimpun Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) menunjukkan produksi kendaraan juga mengalami penurunan menjadi 957.293 unit dari 996.741 unit pada 2024.

    Penurunan paling dalam terjadi pada segmen kendaraan yang justru menjadi tulang punggung industri otomotif nasional, yaitu segmen entry dengan harga di bawah Rp 200 juta. Segmen itu anjlok hingga 40 persen. Selain itu, segmen low dengan harga Rp 200-400 juta juga merosot 36 persen, serta segmen kendaraan komersial turun 23%. Ketiga segmen tersebut selama ini menyasar konsumen domestik, terutama kelompok masyarakat kelas menengah, serta menjadi basis produksi terbesar di dalam negeri.

    Kemenperin menegaskan, insentif otomotif menjadi instrumen krusial dalam upaya memulihkan pasar kendaraan bermotor sekaligus menjaga keberlangsungan industri otomotif nasional.

    “Kami memandang bahwa dibutuhkan insentif untuk membalikkan keadaan tersebut,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief dalam keterangan tertulis.

    Febri menyatakan, kebijakan insentif tidak hanya penting bagi pelaku industri, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sebagai konsumen. Menurutnya, insentif akan menciptakan ruang bagi penurunan harga kendaraan, memperbaiki sentimen pasar, serta mempertahankan daya beli masyarakat, khususnya kelompok kelas menengah dan pembeli mobil pertama yang sangat sensitif terhadap perubahan harga.

    Adapun jenis mobil yang diusulkan mendapatkan insentif adalah mobil di segmen menengah-bawah. Selain itu, mobil produksi lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi juga diutamakan.

    “Walaupun Kemenperin belum merumuskan jenis, bentuk dan target insentif/stimulus, tapi usulannya akan mengarah ke segmen kelas menengah-bawah dan didasarkan pada nilai TKDN.,” ungkap Febri.

    (rgr/dry)

  • Harga Beda Tipis, Pilih Honda Vario 125 Termahal atau Yamaha Lexi LX 155 Termurah?

    Harga Beda Tipis, Pilih Honda Vario 125 Termahal atau Yamaha Lexi LX 155 Termurah?

    Jakarta

    New Honda Vario 125 resmi meluncur di Indonesia. Honda Vario 125 dijual mulai Rp 24,4 juta hingga Rp 26 jutaan. Tapi dengan uang Rp 26 jutaan, konsumen punya alternatif lain yang kapasitas mesinnya lebih besar, yakni Yamaha Lexi LX 155. Jadi sebaiknya pilih yang mana?

    Sebagai informasi, Yamaha Lexi LX 155 dijual mulai Rp 26,8 juta hingga Rp 31,4 juta. Harga Lexi LX varian termurah, beda tipis dengan harga Vario 125 varian tertinggi. Tentu dari segi desain, Vario 125 yang paling fresh karena merupakan versi paling baru. Sementara Lexi LX 155 umurnya sudah dua tahun di Indonesia.

    Tapi kalau bicara mesin, Lexi LX 155 punya keunggulan, sebab sudah pakai mesin 155 cc VVA sama seperti yang digunakan di Nmax dan Aerox terbaru. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm. Jadi secara performa, mesin Lexi LX 155 ini lebih unggul.

    Sedangkan New Honda Vario 125. Kendati desain bodinya baru, namun mesinnya masih mengandalkan spek lawas, 125 cc eSP yang bisa menghasilkan tenaga 8,2 kW dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Meski mesinnya lebih kecil, tapi soal konsumsi bahan bakar sangat irit, mencapai 51,7 km/liter.

    Kemudian soal kapasitas dan akomodasi, Vario 125 terbaru juga cukup unggul karena punya bagasi 18 liter dan kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter. Sementara Lexi LX 155 tangki bahan bakarnya cuma 4,2 liter dan bagasi hanya bisa menampung volume 12,8 liter.

    Jadi mana yang sebaiknya dipilih? Kalau kamu mau menggunakan motor buat harian yang irit bahan bakar dan punya akomodasi lebih baik, maka Honda Vario 125 terbaru jadi opsi terbaik. Tapi kalau kamu ingin motor yang lebih bertenaga untuk perjalanan jauh, maka Lexi LX 155 layak dilirik.

    (lua/dry)

  • Terjadi Lagi di Cipularang, Mau Sampai Kapan Rem Blong Jadi Pemicu Kecelakaan Maut?

    Terjadi Lagi di Cipularang, Mau Sampai Kapan Rem Blong Jadi Pemicu Kecelakaan Maut?

    Jakarta

    Kecelakaan maut lagi-lagi terjadi di Tol Cipularang. Kecelakaan ini dipicu oleh kendaraan barang yang mengalami rem blong. Lagi-lagi rem blong menjadi pemicu kecelakaan maut.

    Insiden tersebut terjadi pada Selasa (2/12/2025) sekitar pukul 13.40 WIB. Nahas akibat kecelakaan beruntun itu, 1 orang meninggal dan 5 orang lainnya luka-luka.

    Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut tersebut yakni delapan minibus dan satu unit truk boks. Pemicu kecelakaan tersebut yakni truk boks yang dikemudikan oleh Rian Hidayat. Truk boks itu mengalami rem blong. Pengemudi mengakui remnya sudah bermasalah sebelum terjadi kecelakaan maut.

    “Mobilnya nggak bisa ngerem, jadi memang penyebabnya ya mobil yang saya bawa,” kata Rian Hidayat dikutip detikJabar, Selasa (2/12/2025).

    Ia mengatakan truk yang ia kemudikan tak membawa muatan apa pun. Saat itu ia melakukan perjalanan dari Bandung menuju Jakarta. Ia mengaku sudah merasakan adanya hal yang tak beres pada kendaraannya.

    “Truk kosong, nggak bawa muatan. Jadi saya dari KM 116 itu memang sudah nggak bisa ngerem. Saya langsung buang ke kiri, tadi di jalur memang enggak ada tempat pembuangan yang di tol itu makanya langsung nabrak mobil di depannya,” kata Rian.

    Kecelakaan Maut Akibat Rem Blong Terjadi Berulang Kali

    Kecelakaan maut akibat rem blong sudah sering sekali terjadi. Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, kecelakaan maut akibat truk rem blong bakal terus terjadi kalau permasalahan intinya tidak diselesaikan.

    “Kecelakaan truk di jalan raya kerap dinilai terjadi akibat kelalaian dalam persiapan kendaraan. Selain kompetensi pengemudi, kondisi kendaraan yang kurang terawat membuat kecelakaan yang melibatkan angkutan barang terus terjadi. Kejadian-kejadian ini mencerminkan lemahnya tata kelola dan kurangnya upaya perbaikan yang seharusnya dilakukan pemerintah,” kata Djoko beberapa waktu lalu.

    Djoko menilai, permasalahan tabrakan beruntun yang berulang tidak pernah mendapatkan solusi dari negara. Kejadian seperti ini merupakan akumulasi karut marut penyelenggaraan atau tata kelola angkutan logistik di Indonesia.

    “Pemerintah harus segera mengambil langkah nyata dan terukur dalam meningkatkan keselamatan transportasi darat. Jika masalah ini terus diabaikan, masyarakat akan terus hidup dalam kecemasan dan harus mempertaruhkan nyawa setiap kali menggunakan moda transportasi darat. Kita tidak harus menunggu ada pejabat atau keluarga pejabat yang menjadi korban, sudah banyak nyawa hilang, sehingga harus segera dibenahi,” kata Djoko.

    Penyelidik Senior Komite KNKT Ahmad Wildan mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan kendaraan mengalami rem blong. Menurut Wildan, yang pertama kecelakaan rem blong terjadi pada jalan menurun dan memiliki pola yang sama yaitu pengemudi menggunakan gigi tinggi saat melalui jalan menurun, melakukan pengereman berulang, sehingga mengakibatkan rem tidak berfungsi, memindahkan gigi di jalan menurun saat rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan gigi masuk ke posisi netral dan berakhir dengan tabrakan hebat karena kecepatan kendaraan bisa mencapai 100 km/jam bahkan lebih karena melaju pada jalan menurun dalam posisi gigi netral.

    “Kedua, kecelakaan rem blong yang dipicu rem tidak berfungsi karena mengalami malfunction pada sistem rem. Hal ini disebabkan karena pengemudi tidak melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum beroperasi (pre-trip inspection),” kata Wildan.

    Wildan mewanti-wanti agar sopir melakukan pemeriksaan sebelum perjalanan (pre-trip inspection).

    (rgr/dry)

  • Beckham Putra Kepincut VinFast VF6

    Beckham Putra Kepincut VinFast VF6

    Jakarta

    VinFast VF 6 jadi mobil pilihan pemain Persib Bandung Beckham Putra untuk menunjang mobilitas sehari-sehari. Pesepakbola berumur 24 tahun itu butuh kendaraan praktis, juga modern untuk menunjang profesinya sebagai atlet.

    “VF 6 ini merupakan EV pilihan saya, karena sekarang mobil listrik bukan hanya tren, tapi bagian dari mobilitas baru untuk masa depan Indonesia. Sebagai atlet dan kepala keluarga muda, saya butuh kendaraan yang praktis untuk aktivitas harian. VF 6 punya ruang yang cukup, fitur cerdas, dan tetap ramah lingkungan, pas dengan gaya hidup saya,” ujar Beckham dalam keterangannya.

    VinFast VF 6 jadi mobil pilihan pemain Persib Bandung Beckham Putra Foto: Dok. VinFast

    Dalam kesehariannya, Beckham membutuhkan kendaraan yang dapat mengikuti mobilitasnya, mulai dari latihan hingga aktivitas bersama keluarga. VF 6 menawarkan kabin senyap yang membantu menjaga fokus, desain compact yang lincah untuk mobilitas perkotaan, serta interior yang lapang untuk perlengkapan latihan. Teknologi pintar di
    dalamnya menjadikan perjalanan lebih efisien dan responsif.

    “VF 6 ini cocok banget untuk kendaraan harian. Mobilnya nyaman, compact, tapi modern dan stylish. Fiturnya juga cukup canggih dengan kabin yang luas-pas buat aktivitas saya. Untuk charging juga praktis dan mudah,” tambahnya.

    Pengalaman Beckham bersama VF 6 mencerminkan cara generasi muda Indonesia memandang mobilitas hari ini-lebih modern, peduli lingkungan, dan sejalan dengan nilai
    keberlanjutan. Bagi sebagian besar anak muda, kendaraan bukan lagi sekadar alat transportasi, tetapi bagian dari identitas dan gaya hidup yang cerdas.

    VinFast memahami bahwa transisi menuju kendaraan listrik bukan sekadar soal teknologi, tetapi tentang masa depan mobilitas Indonesia-yang lebih inklusif bagi generasi
    mendatang. Karena itu, VinFast terus memperkuat fondasi ekosistem EV nasional, mulai dari pembangunan fasilitas perakitan lokal, perluasan jaringan charging, program Battery Subscription yang meringankan biaya kepemilikan, hingga layanan purna jual yang terintegrasi.

    Sebagai bagian ekosistem tersebut, jaringan pengisian daya V-Green terus diperluas di berbagai kota, memungkinkan pengguna, termasuk mereka dengan mobilitas tinggi
    seperti Beckham, untuk melakukan pengisian daya dengan lebih mudah dan tanpa hambatan.

    (lua/dry)