Jenis Media: Otomotif

  • 10 Hari Ikut GJAW, SPK Mitsubishi Naik dari Tahun Lalu

    10 Hari Ikut GJAW, SPK Mitsubishi Naik dari Tahun Lalu

    Jakarta

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meraih hasil positif selama 10 hari pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. Surat pemesanan kendaraan (SPK) yang diraih Mitsubishi naik dibandingkan tahun lalu.

    Mitsubishi berhasil mengumpulkan 1.975 SPK, angka tersebut melampaui target yang ditetapkan. Mitsubishi mengalami kenaikan sebesar 21,46 persen dibandingkan tahun lalu. Pada periode 2024, Mitsubishi mencatatkan total 1.626 SPK.

    Pihak MMKSI belum merinci model mana yang menjadi kontributor terbesar terhadap angka SPK. Mitsubishi menyebut seluruh model kendaraan Mitsubishi Motors yang ditampilkan dalam GJAW berkontribusi dalam menarik perhatian pengunjung, maupun mendorong penjualan.

    Selama pameran GJAW, MMKSI menyediakan tujuh unit test drive, terdiri dari tiga Destinator, satu Xforce, satu Pajero Sport, dan dua Xpander. Sepanjang sepuluh hari penyelenggaraan, sekitar 500 pengunjung memanfaatkan kesempatan test drive untuk merasakan langsung performa model-model unggulan Mitsubishi Motors.

    “Hasil positif yang kami raih di GJAW 2025 mencerminkan tingginya penerimaan, apresiasi dan kepercayaan pelanggan pada momentum 55 tahun Mitsubishi Motors di Indonesia. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memilih produk kami-kendaraan yang kami kembangkan untuk menjawab kebutuhan dan aspirasi keluarga Indonesia saat ini,” ujar Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

    “Capaian penjualan ini bukan hanya angka, tetapi simbol bahwa apa yang kami hadirkan benar-benar memenuhi harapan dan menjadi bagian dari perjalanan hidup pelanggan. Selama lebih dari lima dekade, kami terus belajar dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia. Karena itu, kami akan tetap berkomitmen memberikan produk, layanan, dan pengalaman terbaik untuk menemani setiap langkah menuju kehidupan yang lebih baik,” tambah dia.

    (riar/din)

  • Tanggapan Grab Indonesia Usai Driver-nya Lawan Arah Hingga Adu Jatos

    Tanggapan Grab Indonesia Usai Driver-nya Lawan Arah Hingga Adu Jatos

    Jakarta

    Grab Indonesia buka suara soal mitra driver-nya yang viral usai lawan arah dan terlibat baku hantam di Cengkareng, Jawa Barat. Mereka mengaku masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap terduga pelaku.

    Pertama-tama, Grab Indonesia menyampaikan permintaan maaf secara resmi soal aksi semena-mena yang ditunjukkan driver-nya. Mereka mengaku sudah menghentikan mitra sementara.

    “Pertama-tama, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” kata Grab Indonesia dikutip dari detikNews, Jumat (5/12).

    “Sebagai informasi, mitra pengemudi yang bersangkutan telah kami nonaktifkan sementara sejak laporan diterima,” tambahnya.

    Menurut penjelasan Grab Indonesia, peristiwa itu terjadi pada Jumat malam (28/11). Namun, baru viral di media sosial dua-tiga hari terakhir. Saat ini pengemudi tengah menjalani pemeriksaan secara intensif.

    “Mitra pengemudi yang bersangkutan juga telah menjalani pemeriksaan internal dan proses investigasi masih terus berjalan,” jelasnya.

    Grab menegaskan tak menoleransi pelanggaran lalu lintas apapun, termasuk melawan arah di jalan raya. Mereka juga menolak keras aksi-aksi yang tak sesuai Kode Etik Mitra Grab.

    “Kami berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan keselamatan seluruh pengguna platform kami,” kata Grab.

    Diberitakan sebelumnya, media sosial dihebohkan aksi pengemudi ojek online (ojol) yang membuat huru-hara di Cengkareng, Jakarta Barat. Dia yang kedapatan melawan arah terlibat baku hantam dengan pengendara motor lain.

    Dilihat dari akun Instagram @lambe_ojol, pengunggah video menarasikan, driver ojol tersebut melaju kencang saat sedang melawan arah. Pelaku kemudian menabrak pengendara motor hingga berujung pada perkelahian di tengah-tengah jalan.

    “Kronologi ada yang lawan arah abang grab, si Grab nabrak pemotor baju hitam kencang. Terus yang baju hitam lompat langsung gelut dah di tengah jalan. Parahnya driver yang lawan arah malah maki-maka dan galakan dia,” tulis akun tersebut.

    Ketika perkelahian makin memanas, warga sekitar mendekat dan memisahkan keduanya. Driver ojol tersebut kemudian melanjutkan perjalanan dengan kembali melawan arah.

    (sfn/sfn)

  • Kijang Innova Reborn Diesel Masih Banyak yang Nyari

    Kijang Innova Reborn Diesel Masih Banyak yang Nyari

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn diesel masih banyak dicari orang Indonesia. Ini lantaran Innova Reborn diesel mengusung kombinasi RWD, platform ladder-frame, dan mesin diesel.

    Toyota belum lama ini menyegarkan tampilan Kijang Innova Reborn Diesel. Ada beberapa pembaruan yang disematkan pada bagian interior maupun eksterior. Setidaknya ada enam pembaruan pada Innova Reborn terbaru ini.

    Pertama, di bagian depan Innova Reborn mendapatkan sentuhan grill baru. Grille trapesium kini menampilkan tiga palang abu-abu yang dipadukan dengan bezel hitam ramping, menciptakan tampilan yang lebih mencolok dan percaya diri di jalan.

    Selanjutnya desain lampu depan yang baru. Lampu depannya dibuat dengan sudut tajam dan bentuk yang khas, tidak hanya memberikan visibilitas yang jelas tetapi juga tampilan yang bergengsi di jalan.

    Di bagian belakang juga ada penyegaran. Bagian belakang kini menampilkan emblem yang diposisikan ulang dan garnish hitam ramping, yang semakin mempercantik tampilannya.

    Lanjut, di bagian interior ada beberapa pembaruan. Kini, Kijang Innova Reborn mendapatkan layar head unit 9 inci terbaru dengan konektivitas smartphone. Layar yang lebih besar yang dilengkapi dengan integrasi ponsel pintar canggih.

    Kemudian ada ornamen panel kayu yang baru. Warna kayu yang elegan pada panel instrumen meningkatkan kesan mewah dan nyaman di dalam kabin.

    Terakhir penggunaan pola kain jok baru dan sandaran tangan berwarna hitam. Innova Reborn kini dilengkapi dengan jok berbahan kain halus dengan pola yang elegan, serta sandaran tangan berwarna gelap yang menciptakan kesan mewah sekaligus menjamin kenyamanan.

    Innova Reborn Diesel Masih Banyak Dicari

    Penyegaran itu memang sengaja dilakukan Toyota lantaran permintaan akan Innova Reborn Diesel masih cukup tinggi. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Jap Ernando Demily mengungkap penyegaran dilakukan agar Innova Reborn Diesel masih sesuai dengan perkembangan tren di Tanah Air.

    “Innova Reborn tetap menjadi ultimate MPV bagi pelanggan yang membutuhkan kenyamanan dan ketangguhan untuk menghadapi berbagai kondisi jalan, berkat konfigurasi RWD, platform ladder-frame, serta mesin diesel,” kata Ernando dilansir CNN Indonesia.

    Meski terhitung sebagai model lama, nyatanya Innova Reborn Diesel masih memberikan kontribusi signifikan terhadap keseluruhan penjualan Innova. Pun dengan Innova Zenix, penjualannya hanya berselisih tipis.

    “Porsi Reborn di sekitar 45 persen. Karena memang kami melihat masih ada kebutuhan yang cukup tinggi untuk model ini, terutama di luar Pulau Jawa seperti Sumatera, serta mostly rural area ya,” lanjut Ernando.

    (dry/din)

  • BYD M6 Mau Ada Versi Barunya, Jadi Mobil Hybrid?

    BYD M6 Mau Ada Versi Barunya, Jadi Mobil Hybrid?

    Jakarta

    BYD tampaknya tengah menyiapkan M6 versi terbaru. M6 dengan balutan stiker kamuflase itu terlihat tengah wara-wiri diuji jalan di China.

    BYD M6 bakal hadir dengan pembaruan. Baru-baru ini, MPV listrik BYD itu terlihat tengah menjalani uji jalan di China dengan pembaruan dari sisi eksterior maupun interior. Diberitakan Car News China dari foto yang dibagikan Autohome, BYD M6 terbaru itu hadir dengan grille depan serta lampu depan yang lebih besar. Lampu belakang kini juga terlihat terpisah. Selanjutnya, elemen krom tersemat di sisi samping, ada juga tulisan ‘Space’.

    Masuk ke dalam, tampilan konsol tengahnya baru disertai dua pad pengisian daya nirkabel untuk ponsel, dua cup holder, dan kompartemen kecil. Terdapat juga layar sentuh di konsol tengah dan kluster instrumen LCD. Selanjutnya ada tuas transmisi di tempat kemudi. Model anyar ini juga dilengkapi dengan setir menyerupai huruf ‘D’ disertai dengan emblem BYD.

    Baris kedua M6 versi baru yang terlihat ini memiliki tiga kursi, bukan versi captain seat. Pada kursi bagian depan terdapat jok berlapis dengan kain sedangkan kursi baris kedua dilapisi kulit sintetis. Dari sisi powetrain, belum ada informasi lebih lanjut soal jenis mesin yang bakal diusung BYD M6. Namun diduga kuat mobil ini akan dibekali dengan sistem plug-in hybrid 5.0 DM-i.

    Sistem tersebut mengusung mesin 1.5 L bertenaga 99 daya kuda dan motor listrik bertenaga 160 kW. Untuk diketahui, BYD M6 saat ini tersedia di berbagai negara dengan opsi baterai sebagai sumber tenaganya. Di Indonesia pun demikian, BYD M6 dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 150 kW dan pilihan baterai 55,4 kWh atau 71,8 kWh.

    Baterai 55,4 kWh menjanjikan jarak tempuh sejauh 420 km. Kemudian untuk baterai berkapasitas 71,8 kWh pada varian Superior Captain dan Superior, menjanjikan jarak tempuh sejauh 530 km. BYD M6 dilengkapi dengan 6 airbag untuk seluruh varian. Kemudian fitur tyre pressure monitoring system, isofix, ABS, electric parking brake, electronic stability control, traction control system, electronic brake-force distribution, vehicle dynamic control system, hill hold control, brake disc wiping system, coordinated regenerative braking system, roll movement intervention, brake override system, around vie monitor, rear 4 radars, auto hold juga tersedia di seluruh varian M6.

    Di varian Superior Captain dan Superior juga tersemat fitur adaptive cruise control, autonomous emergency braking, door open warning, intelligent cruise control, predictive collision warning, rear collision warning, blind spot detection, rear cross traffic alert, dan rear cross traffic brake.

    (dry/din)

  • Awas Penipuan! Hoax Info SIM Gratis di TikTok

    Awas Penipuan! Hoax Info SIM Gratis di TikTok

    Jakarta

    Hati-hati penipuan di media sosial yang menyebutkan penerbitan SIM baru dan perpanjangan SIM gratis. Faktanya, penerbitan SIM baik SIM baru maupun perpanjangan masih tetap dikenakan biaya.

    Akun Instagram Satpas Polda Metro Jaya mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap modus penipuan SIM gratis. Modus penipuan itu beredar di media sosial TikTok. Informasi hoax itu menuliskan bahwa buat SIM dan perpanjangan gratis hingga akhir tahun. Tapi ditegaskan informasi tersebut tidak benar.

    “Telah beredar informasi melalui Platform Media Sosial Tiktok tentang ‘Bantuan Pembuatan SIM Gratis’ dengan mengetik link di Bio Profile. Informasi yang beredar tersebut adalah HOAX atau TIDAK BENAR,” demikian dikutip dari akun Instagram Satpas Polda Metro Jaya.

    “SATPAS POLDA METRO JAYA menginformasikan, mekanisme penerbitan SIM baru dan Perpanjangan tetap dengan aturan yang berlaku,” katanya.

    Pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM masih dikenakan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Biaya bikin SIM diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Polri.

    Dalam aturan itu biaya SIM termurah mulai Rp 50 ribu hingga yang termahal Rp 120 ribu. Berikut ini biaya bikin SIM di Satpas mengacu pada aturan tersebut.

    Biaya Pembuatan SIM Baru:

    SIM A, SIM B I, SIM B II:Rp 120.000 per penerbitan.SIM C, SIM C I, SIM C II:Rp 100.000 per penerbitan.SIM D, SIM D I:Rp 50.000 per penerbitan.SIM Internasional:Rp 250.000 per penerbitan.

    Biaya Perpanjangan SIM:

    SIM A:Rp 80.000.SIM C:Rp 75.000.

    Biaya di atas bukan merupakan biaya final dari proses pengurusan SIM. Untuk bikin SIM atau perpanjang SIM perlu syarat tes kesehatan dan tes psikologi.

    Untuk tes kesehatan, dari beberapa pengalaman mengurus SIM biayanya sebesar Rp 35 ribu. Selanjutnya untuk psikotes, bila melakukannya secara online di platform mitra e-PPSi, biayanya Rp 57.500. Hasil tes psikologi di laman tersebut bisa digunakan untuk perpanjangan SIM online maupun offline. Atau kalau tes psikologi di lokasi perpanjang SIM ada juga yang dikenakan hingga Rp 100.000.

    Terakhir ada biaya asuransi yang sifatnya opsional. Biaya asuransi SIM ini sebesar Rp 50 ribu.

    (rgr/din)

  • Duh! Masih Ada Aja Innova-Pajero Gaya-gayaan Pakai Pelat Polisi Palsu dan Strobo

    Duh! Masih Ada Aja Innova-Pajero Gaya-gayaan Pakai Pelat Polisi Palsu dan Strobo

    Jakarta

    Kijang Innova dan Pajero Sport kedapatan menggunakan pelat dinas polisi palsu disertai dengan atribut strobo-sirene. Pemilik mobil pun ditindak sebagai upaya pemberian efek jera.

    Penggunaan lampu strobo dan sirene telah dibekukan Korlantas Polri. Nyatanya pembekuan itu tak serta merta bikin pengendara kapok. Buktinya, masih ada aja pengendara yang menggunakan atribut strobo dan sirene pada mobilnya. Lebih parahnya lagi, menggunakan pelat dinas polisi palsu! Ya, pelat polisi palsu itu nekat disematkan oleh pengendara Kijang Innova Reborn dan Mitsubishi Pajero Sport di Bandung.

    Dikutip dari Instagram tmcpolrestabesbandung, Satlantas Polrestabes Bandung mengamankan kendaraan yang menggunakan nopol dinas, strobo, dan sirene yang tidak sesuai peruntukannya. Diketahui pemilik kendaraan tersebut bukan merupakan anggota Polri dan menggunakan nopol dinas palsu untuk kepentingan pribadi dan gaya.

    Pertama Pajero Sport, terlihat memiliki empat pelat nomor. Dua di antaranya merupakan pelat khusus dengan akhiran ‘ZZP’. Kemudian satu sisanya adalah pelat dinas polri 1205-00. Satunya lagi adalah pelat nomor biasa D-44-ASA.

    Kemudian untuk Kijang Innova Reborn, tersemat pelat dinas Polri palsu 3030-01. Pelat aslinya adalah B 2621 KMF sebagaimana terlihat dalam video.

    “Satlantas Polrestabes Bandung menindak tegas dengan melepas semua atribut yang berhubungan dengan Instansi Polri yang menempel pada kendaraan tersebut, dan melepas Sirini serta Strobo yang terpasang di kendaraan tersebut,” demikian penjelasannya.

    Penindakan tersebut diharapkan bisa memberikan efek jera kepada siapapun yang sengaja menggunakan atribut Polri baik pelat nomor palsu, sirene, dan juga strobo. Apalagi penggunaannya hanya untuk bergaya.

    Strobo dan Sirene Dibekukan

    Sebagai pengingat, penggunaan strobo dan sirene telah dibekukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Korlantas telah mengambil langkah tegas soal penggunaan strobo dan sirene di jalan raya. Mereka membekukan pemakaian dua perangkat tersebut.

    “Kami menghentikan sementara penggunaan suara-suara itu, sembari dievaluasi secara menyeluruh. Pengawalan tetap bisa berjalan, hanya saja untuk penggunaan sirene dan strobo sifatnya dievaluasi. Kalau memang tidak prioritas, sebaiknya tidak dibunyikan,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho, beberapa pekan lalu.

    Lebih jauh, Agus menekankan, penggunaan sirene hanya boleh dilakukan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas. Bukan asal-asalan demi mengejar kecepatan.

    “Kalaupun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya imbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” tegasnya

    (dry/din)

  • Intip Garasi Menhut Raja Juli yang Diminta Mundur oleh Anggota DPR

    Intip Garasi Menhut Raja Juli yang Diminta Mundur oleh Anggota DPR

    Jakarta

    Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni diminta mundur oleh anggota DPR Usman Husin. Menilik sisi lain, intip isi garasi Raja Juli.

    Anggota Komisi IV DPR RI, Usman Husin meminta agar Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mundur dari posisinya. Usman menyebut Raja Juli tak paham dengan kondisi kehutanan berkaitan dengan bencana yang terjadi di Sumatra.

    “Mohon izin teman-teman Komisi IV, saya keras karena saya paling hatinya kasih sehingga saya saran Pak Menteri, kalau Pak Menteri nggak mampu, mundur aja. Pak Menteri nggak paham tentang kehutanan,” tegas Usman dikutip detikNews.

    Ia menyinggung kabar Kemenhut mengeluarkan izin di Tapanuli Selatan untuk pelepasan kawasan hutan. Usman lantas mempertanyakan kapan daerah yang gundul di Sumatera ditanami pohon-pohon lagi.

    “Kenapa saya katakan gitu? saya contoh di Tapanuli Selatan bulan Oktober Pak Menteri keluarkan izin, Bupati sudah katakan syukur-syukur izin ditutup. Ternyata Oktober, 30 November izinnya keluar sehingga apa yang disampaikan oleh Pak Menteri tidak sejalan semua Pak,” kata Usman.

    “Jadi seolah-olahnya kita nih ya bisa diakal-akalin semua Ini ruangan yang terhormat. Saya minta Pak Menteri sekali lagi tolong fokus tiga provinsi ini kapan bisa tanam kembali pohon untuk bisa hidup yang gundul itu,” tambahnya.

    Raja Juli mengatakan tak pernah mengeluarkan izin pelepasan kawasan hutan termasuk di tiga provinsi yang terdampak bencana banjir dan longsor saat ini. Ia menegaskan selalu mengikuti arahan Prabowo untuk hati-hati memberikan izin.

    “Saya bisa bersaksi, saya secara ketat seperti apa yang diperintahkan Pak Presiden Prabowo Subianto tidak pernah mengeluarkan atau menurunkan fungsi hutan,” ujar Raja Juli.

    “Termasuk Ketua, Pak Wakil Ketua, di 3 provinsi terdampak. Satu jengkal pun saya tidak pernah melakukan pelepasan kawasan di tempat tersebut,” tambahnya lagi.

    Raja Juli memang tengah jadi sorotan di tengah bencana Sumatra. Pun sebelum bencana Sumatra, dirinya juga pernah disorot lantaran kedapatan main domino bersama tersangka kasus pembalakan liar. Di luar hal itu, harta kekayaan Raja Juli jadi ikut disorot.

    Isi Garasi Raja Juli Antoni

    Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Raja Juli pada 16 Januari 2025, dia diketahui punya harta Rp 11 miliaran. Khusus isi garasi, ada empat kendaraan yang menjadi asetnya dengan rincian sebagai berikut.

    1. Mobil Nissan Xtrail tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 138 juta
    2. Mobil Ford Fiesta tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 86 juta
    3. Mobil Toyota Innova tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 309 juta
    4. Motor Honda Supra Fit tahun 2005, hasil sendiri senilai Rp 3,1 juta

    Bila ditotal, mobil dan motor yang masuk dalam aset alat transportasi dan mesin itu nilainya Rp 536,1 juta. Alat transportasi dan mesin itu merupakan aset terbesar keempat setelah tanah dan bangunan senilai Rp 8.729.585.000 (8 miliaran), kas dan setara kas senilai Rp 3.106.826.820 (3 miliaran), harta bergerak lainnya senilai Rp 681,75 juta, dan surat berharga Rp 86 juta. Raja Juli juga melapor memiliki utang sebesar Rp 1.880.788.000 (1,88 miliaran). Secara keseluruhan, harta kekayaan Raja Juli senilai Rp 11.259.473.820 (11 miliaran).

    (dry/din)

  • Malaysia Tolak Tawaran Bank Dunia, Harga Bensin RON 95 Tetap Rp 8.000!

    Malaysia Tolak Tawaran Bank Dunia, Harga Bensin RON 95 Tetap Rp 8.000!

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia menolak usulan Bank Dunia untuk membuat harga bensinnya mengikuti harga pasar. Harga bensin RON 95 di Malaysia tetap di angka Rp 8.000-an per liter.

    Diberitakan Kantor Berita Malaysia, Bernama, Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan, pemerintah Malaysia tetap berkomitmen pada program subsidi Budi Madani RON 95 (Budi95). Bensin RON 95 tetap dijual seharga 1,99 ringgit per liter atau setara Rp 8.020.

    “Usulan (Bank Dunia) adalah menaikkan harga menjadi RM 2,65 (Rp 10.680) per liter untuk semua jenis bensin, dan kemudian memberikan subsidi untuk kategori tertentu. Oleh karena itu, saya dan rekan-rekan anggota kabinet menolak usulan tersebut dan menurunkan harga RON 95 menjadi RM 1,99 (Rp 8.020) per liter untuk warga negara Malaysia dan RM 2,60 per liter untuk warga negara asing,” kata Anwar Ibrahim.

    Menurutnya, program subsidi Budi 95 it telah berhasil mengurangi pengeluaran pemerintah tanpa membebani rakyat.

    “Ini menunjukkan bahwa pendekatan kami (pemerintah) bijaksana dan kami mengambil tindakan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Alhamdulillah, subsidi RON 95 yang ditargetkan di seluruh Malaysia telah mendapat respons yang sangat baik dan positif,” kata Anwar.

    “Ketika pemerintah mengakhiri subsidi untuk ayam dan telur dan mempertahankan harganya, pemerintah memastikan harga tetap stabil, pasokan mencukupi, dan masyarakat tidak terdampak. Pemerintah Madani bertujuan untuk menargetkan subsidi dan mencapai penghematan sekitar RM 15,5 miliar per tahun melalui kebijakan mengambangkan harga ayam dan telur (mengikuti harga pasar), serta penargetan subsidi listrik, solar, dan RON 95,” kata Anwar.

    Menurut Anwar Ibrahim, subsidi yang tertarget ini juga memastikan bahwa mayoritas masyarakat menerima bantuan sekaligus memerangi kebocoran subsidi ke non-warga negara dan penggunaan bisnis.

    Program subsidi di Malaysia membuat harga bensin RON 95 jauh lebih murah dibanding bensin di Indonesia. Bahkan, bensin dengan RON 95 di Malaysia yang dijual Rp 8.000-an per liter jauh lebih murah dibanding Pertalite dengan RON 90 di Indonesia yang harganya Rp 10.000 per liter.

    Sejak September hingga 30 November 22025, 13,9 juta dari 16,55 juta penduduk Malaysia yang memenuhi syarat (84%) telah membeli 2,59 miliar liter bensin RON 95 dengan harga subsidi RM 1,99 per liter.

    (rgr/din)

  • Ini Sebabnya Mobil Nasional Bikinan RI Bakal Dijual di Bawah Rp 300 Juta

    Ini Sebabnya Mobil Nasional Bikinan RI Bakal Dijual di Bawah Rp 300 Juta

    Jakarta

    Mobil nasional bikinan Indonesia bakal dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Ini alasan di baliknya.

    Pemerintah tengah menggodok mobil nasional bikinan anak bangsa. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan menyebut akan ada anggaran tersendiri khusus untuk mengembangkan proyek mobil nasional. Sejauh ini belum dirinci lebih mendetail soal besar anggarannya. Namun yang jelas, proyek mobil nasional ini jadi perhatian khusus Presiden Prabowo Subianto.

    “Arahan bapak presiden kita perlu menyediakan anggaran untuk pengembangan mobil nasional, jadi ke depan kita dorong untuk mobil nasional,” ujar Airlangga dalam Pembukaan Rampinas Kadin dikutip dari tayangan Youtube Kadin Indonesia.

    Airlangga mengungkap lebih lanjut salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan mobil listrik nasional RI adalah keterjangkauan harga. Untuk bisa menyasar kalangan lebih luas, harga memang menjadi salah satu pertimbangan orang Indonesia dalam membeli mobil. Pun kalau mau bisa bersaing di pasar yang ‘kue’nya besar, maka harga mobil nasional juga tak bisa mahal-mahal. Paling tidak, harga mobil nasional harus di bawah Rp 300 juta. Sebab, mobil harga segitu paling banyak dipinang orang RI.

    “Kami sudah cek di lapangan dari Gaikindo memang sekarang terbesar, market terbesar pangsanya adalah mobil-mobil di bawah Rp 300 juta sehingga ini juga yang didorong oleh pemerintah sehingga affordability menjadi tantangan,” ujar Airlangga lagi.

    Proyek mobil nasional memang belum dijabarkan secara detail. Adapun kabarnya sudah ada perusahaan yang ditugaskan untuk menggarap proyek tersebut yaitu PT Teknologi Militer Indonesia (TMI) dan PT Pindad. i2C atau Indigenous Indonesian Car diduga menjadi salah satu calon mobil nasional pertama yang bakal diproduksi. Desain mobil konsep ini dikerjakan oleh PT TMI dengan panduan atau pengawasan langsung dari tim Italdesign asal Italia.

    “i2C adalah electric vehicle tipe SUV yang dikembangkan oleh PT TMI, untuk versi sipil sebagai bagian dari penugasan,” ungkap Perwakilan TMI, Verly Joshua dikutip CNBC Indonesia.

    “PT. Pindad memiliki versi militer yang bisa dikonversi menjadi sipil seperti brand Hummer, juga sebagai bagian dari penugasan,” jelas Verly.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu juga sudah mengungkap sudah ada merek yang bakal menggarap proyek mobil nasional RI. Wujud mobilnya juga kata dia sudah mejeng di GIIAS 2025. Mengacu pada pernyataan Agus tersebut, mobil nasional yang disiapkan itu diduga adalah i2C. Konsep mobil itu memang sudah dipamerkan di GIIAS 2025, tapi baru berbentuk clay model skala 1:1.

    (dry/din)

  • Polisi Gagalkan Debt Collector Tarik Paksa Mobil, Warga Bisa Lapor ke Sini

    Polisi Gagalkan Debt Collector Tarik Paksa Mobil, Warga Bisa Lapor ke Sini

    Jakarta

    Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyebut menerima laporan melalui Call Center 110 terkait penarikan paksa mobil oleh sejumlah penagih hutang. Namun setelah ditelusuri, rupanya pemilik mobil tersebut telah menyelesaikan kewajibannya.

    “Setiap pengaduan masyarakat melalui 110 akan kami tindaklanjuti secara cepat,” kata Susatyo di Jakarta, Kamis dikutip dari Antara.

    Menurut dia, laporan yang diterima petugas dari pelapor berinisial AP itu menyebutkan beberapa penagih hutang mencoba mengambil mobil miliknya secara paksa. Menindaklanjuti laporan tersebut, tim dari Polsek Johar Baru langsung mendatangi lokasi kejadian.

    Hanya dalam waktu delapan menit, petugas tiba dan menemukan enam orang debt collector dari sebuah perusahaan pembiayaan yang berniat menarik kendaraan milik pelapor.

    “Tidak boleh ada penarikan kendaraan secara paksa dan dengan cara-cara yang meresahkan. Masyarakat diimbau untuk segera melapor jika menghadapi ancaman atau tindakan yang meresahkan, agar petugas dapat hadir memberikan perlindungan,” ujar Susatyo.

    Kejadian itu terjadi pada Rabu (3/12) sekitar pukul 17.13 WIB.

    Guna memastikan penyelesaian yang adil, pemilik kendaraan, mobil, dan para penagih hutang itu dibawa ke Polsek Johar Baru untuk dilakukan mediasi.Dari hasil mediasi tersebut, diketahui pemilik kendaraan telah melunasi kewajibannya pada 4 November 2025 di kantor leasing. Kendaraan itu pun sah tetap menjadi hak pemilik, diperkuat dengan surat pernyataan dan kesepakatan bersama antara pihak kreditur, leasing, dan penasihat debt collector.

    “Penarikan kendaraan wajib dilakukan sesuai prosedur resmi dan tanpa intimidasi. Jika ada unsur paksaan, kami akan tindak tegas sesuai hukum,” ucap Susatyo.

    Lebih lanjut, polisi mengimbau masyarakat agar segera menghubungi Call Center110 jika menghadapi ancaman atau tindakan yang meresahkan, sehingga petugas dapat segera hadir untuk memberikan perlindungan.

    (riar/riar)