Jenis Media: Otomotif

  • Bensin Shell Super Sudah Tersedia, Segini Harganya

    Bensin Shell Super Sudah Tersedia, Segini Harganya

    Jakarta

    Bensin RON 92 Shell Super akhirnya sudah tersedia lagi. Segini harganya.

    Shell memastikan bensin RON 92, Shell Super, sudah tersedia kembali. Bahan bakar ini menggunakan base fuel atau bahan bakar minyak (BBM) murni yang dipasok Pertamina Patra Niaga.

    Dikutip detikFinance, Pertamina dan Shell Indonesia sepakat soal pasokan base fuel alias bahan bakar minyak (BBM) murni. Menurut keterangan Pertamina Patra Niaga, anak usaha Pertamina, BBM mulai dikirim ke SPBU Shell. Pasokan BBM tersebut mencapai 100 ribu barel.

    “Penyaluran kepada Shell Indonesia menegaskan bahwa Pertamina Patra Niaga tidak hanya siap memenuhi kebutuhan BBM untuk jaringan SPBU Pertamina, tetapi juga menjadi mitra strategis bagi operator SPBU swasta. Untuk Shell Indonesia penyaluran kali ini 100 MB,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Roberth MV Dumatubun.

    Pertamina Patra Niaga telah menyalurkan 430 ribu barel ke seluruh SPBU swasta. Sebelumnya Pertamina telah memasok BBM ke jaringan SPBU BP-AKR dan Vivo.

    “Sehingga total suplai kepada seluruh SPBU Swasta yakni BP-AKR, Vivo, dan Shell Indonesia mencapai 430 MB menunjukkan kapasitas suplai kami yang kuat, responsif, dan mampu menjawab kebutuhan energi nasional,” terang Roberth.

    Dikutip dari situs resmi Shell Indonesia, untuk BBM jenis bensin saat ini baru tersedia bensin RON 92 Shell Super. Sedangkan Shell V-Power dan V-Power Nitro+ belum tersedia.

    Bensin Shell Super itu sudah tersedia di Jakarta, Tangerang, Cilegon, Serang, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Cirebon dan Karawang. Bensin Shell Super saat ini dijual dengan harga Rp 13.000 untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

    (rgr/mhg)

  • Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Kok Bisa?

    Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Kok Bisa?

    Jakarta

    Di media sosial TikTok viral ban mobil Kijang Innova tiba-tiba pecah saat dikendarai. Dinarasikan, ban dalam kondisi bagus, tapi tetap pecah hingga terlihat hancur. Kok bisa?

    Video viral itu diunggah akun TikTok ratna.listy1. Dia menarasikan, ban mobil tersebut masih terlihat bagus. Umur ban juga belum tua. Tapi ban bisa pecah dan terlihat hancur.

    “Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah,” tulisnya di unggahan TikTok.

    Dalam video yang diunggah tersebut, terlihat ban Innova itu pecah di bagian dinding ban. Terlihat bagian dinding ban hancur. Pengendara Innova itu akhirnya menggantinya dengan ban serep.

    @ratna.listy1 Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah. 😢 #tolcipali #banmeletus #kecelakaantolcipali ♬ suara asli – Ratna Listy

    Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana bilang, memang tetap ada kemungkinan ban mobil pecah meski kondisinya masih bagus. Hal itu disebabkan karena faktor perawatan.

    “Ban bisa pecah karena banyak hal, terutama salah dalam perawatan sekalipun belum habis masa pakai sesuai dengan umur penggantian,” kata Sony kepada detikOto, Minggu (7/12/2025).

    Menurut Sony, dari semua bagian ban, dinding ban adalah yang paling rentan. Makanya, ban mobil kebanyakan pecah di bagian dinding ban.

    “Dari semua bagian ban, yang paling tipis adalah dinding ban, sehingga rata-rata pecah dan rusaknya di situ,” katanya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan dinding ban pecah saat dikendarai. Faktor-faktor seperti kurang dirawat kebanyakan menjadi pemicunya.

    “Biasanya rusak atau pecah karena sering kurang tekanan angin pada bannya, atau ban sering disemir oplosan, atau tertusuk benda tajam yang tidak terdeteksi, atau kemungkinan terkecil cacat produksi,” sebut Sony.

    Untuk itu, Sony menyarankan sebelum melakukan perjalanan biasakan mengecek kondisi ban, paling tidak secara visual. Kalau tekanan angin berkurang, segera tambahkan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Untuk berapa besar tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan, biasanya di bagian pintu pengemudi ada tabel spesifikasi tekanan ban yang sesuai.

    (rgr/din)

  • Jangan Dicari! Pebalap Ini Tak Lagi Balapan di MotoGP 2026

    Jangan Dicari! Pebalap Ini Tak Lagi Balapan di MotoGP 2026

    Jakarta

    Jangan dicari-cari lagi ya! Dua pebalap ini dipastikan tak lagi membalap di MotoGP musim 2026.

    Pertama ada Miguel Oliveira yang bakal berlaga di World Superbike musim depan. Karir Miguel Oliveira di MotoGP harus terhenti musim ini. Dia menjalani balapan terakhirnya di Valencia pada November lalu setelah enam tahun adu cepat di balapan motor kelas premier. Oliveira menjalani debutnya di MotoGP dengan Tech3 KTM tahun 2019. Sejatinya dia telah menandatangani kontrak untuk musim 2025-26 dengan tim satelit Yamaha. Namun terdapat klausul kerja untuk melepaskan Oliveira setelah satu musim.

    Masa depan Oliveira makin tidak pasti sejak Pramac mengumumkan bahwa bintang WSBK Toprak Razgatlioglu akan bergabung dengan tim musim 2026. Saat pengumuman muncul, garasi Pramac pun panas. Ini berarti antara Jack Miller ataupun Oliveira harus dilepas. Pada akhirnya Oliviera lah yang tak berlanjut pada musim depan. Ya, performa Oliveira sepanjang musim 2025 memang kurang cemerlang. Terlebih dirinya mengalami cedera bahu. Ini membuatnya makin sulit beradaptasi dengan motor. Mulai musim depan, Oliveira justru akan bertukar posisi dengan Toprak. Oliveira bakal menjalani membalap untuk WSBK musim 2026 bersama BMW.

    Selain Oliveira, nama Somkiat Chantra juga tak akan mengisi daftar pebalap MotoGP 2026. Honda LCR sudah mengkonfirmasi bahwa Somkiat tak lagi berlaga tahun depan di balap motor kelas premier tersebut. Somkiat mengalami dua cedera yang membuat perkembangannya jadi terbatas. Meski begitu, dia tetap memberikan kemampuan terbaiknya sepanjang musim 2025.

    Senada dengan Oliveira, Somkiat Chantra juga akan berlabuh ke WSBK. Dia bakal membela Honda HRC Team. Kursi kosong yang ditinggal Somkiat akan diganti oleh Diogo Moriera. Diogo naik kelas dari Moto2 dan akan membela LCR Honda di MotoGP 2026.

    Itu tadi dua pebalap yang tak bakal membalap di MotoGP tahun depan. Jadi jangan dicari-cari ya! Di luar dua pebalap tadi, berikut ini daftar pebalap yang bakal berlaga di MotoGP 2026.

    Daftar Pebalap MotoGP 2026

    Ducati Lenovo

    Marc MarquezFrancesco Bagnaia

    Red Bull KTM Factory Racing

    Aprilia Racing

    Jorge MartinMarco Bezzecchi

    Monster Energy Yamaha MotoGP

    Fabio QuartararoAlex Rins

    Honda HRC

    Pertamina Enduro VR46

    Fabio Di GiannantonioFranco Morbidelli

    Gresini Racing MotoGP

    Alex MarquezFermin Aldeguer

    Prima Pramac Racing

    Toprak RazgatliogluJack Miller

    LCR Honda Castrol

    LCR Honda Idemitsu

    Trackhouse MotoGP

    Redbull KTM Tech 3

    Maverick VinalesEnea Bastianini

    (dry/rgr)

  • Perpanjang STNK Tanpa KTP Pemilik Lama

    Perpanjang STNK Tanpa KTP Pemilik Lama

    Jakarta

    Balik nama mobil bekas bikin kamu untung. Khususnya saat mau perpanjang STNK tak perlu lagi meminjam KTP pemilik lama.

    Tidak semua pembeli mobil bekas langsung melakukan balik nama. Biaya menjadi salah satu alasannya. Ya, bagi yang belum tahu, saat balik nama mobil bekas kamu memang akan dibebankan sejumlah biaya. Tapi kini biaya yang dikeluarkan jadi sedikit lebih ringan. Sebab, bea balik nama mobil bekas sudah dihapus. Kebijakan penghapusan bea balik nama kendaraan bekas jadi Rp 0 ini berlaku di semua provinsi di Indonesia. Hal itu adalah amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

    Ini jadi keuntungan tersendiri buat kamu yang baru beli mobil bekas. Duit yang kamu keluarkan buat balik nama jadi lebih sedikit. Sebagai gambaran, di Jakarta bea balik nama yang dibebankan untuk mobil bekas adalah 1 persen dari NJKB. Kalau NJKB mobil bekas kamu Rp 100 juta, maka 1 persennya adalah Rp 1 juta. Artinya biaya yang kamu hemat sebesar Rp 1 juta dari keseluruhan biaya yang kamu keluarkan saat balik nama mobil bekas.

    Meski begitu, ada biaya lain yang dikeluarkan saat balik nama yaitu PKB dan Opsen PKB. PKB dan opsen tergantung dengan kendaraannya. Kamu bisa melihat/memperkirakan besaran PKB di lembar STNK. Jika ada keterlambatan pembayaran pajak sebelumnya, maka akan ada denda PKB.

    Kedua, adalah SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Untuk mobil, biasanya dikenakan tarif Rp 143.000. Ketiga ada biaya penerbitan STNK, Rp 200.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih. Keempat, ada biaya penerbitan pelat nomor alias TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    Kelima ada biaya penerbitan BPKB dengan tarif Rp 375.000 untuk mobil. Terakhir ada biaya mutasi bila mobil terdaftar di wilayah berbeda. Biaya penerbitan surat mutasi ke luar daerah Rp 250.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    Bukan cuma biaya yang lebih hemat, kalau sudah balik nama juga kamu bisa perpanjang STNK tanpa KTP pemilik lama. Tak perlu lagi kamu repot-repot meminjam KTP pemilik sebelumnya karena kendaraan sudah atas nama sendiri. Dengan demikian, untuk pembayaran pajak STNK tahunan juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke Samsat lagi.

    Mobil yang sudah dibalik nama juga memudahkan pencarian jika STNK atau BPKB hilang. Asuransi klaim kecelakaan juga mudah karena identitas kendaraan dan pemiliknya sama. Lebih lagi, balik nama juga bisa menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain.

    (dry/rgr)

  • Wuling Bikin Mobil Listrik Mungil Baru, Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

    Wuling Bikin Mobil Listrik Mungil Baru, Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Wuling, membuat mobil listrik terbaru untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut merupakan Hongguang Mini EV yang dimensinya mendapat sedikit revisi. Berapa harganya?

    Disitat dari Carnewschina, Sabtu (6/12), indikasi kemunculan Hongguang Mini EV versi revisi terlihat dari katalog kendaraan terbaru milik Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT).

    Dalam dokumen itu, model penyegaran tersebut terdaftar dalam enam varian berbeda. Wuling kini menstandarkan bahasa desain eksterior untuk dua pilihan bodi yang tersedia-dua pintu dan empat pintu.

    Wuling Hongguang Mini EV versi revisi. Foto: Doc. MIIT

    Foto dan data spesifikasi yang tercantum di MIIT menunjukkan perubahan paling mencolok ada pada lampu utama. Mini EV anyar kini menggunakan lampu depan berbentuk bulat, dipadukan dengan atap hitam bergaya floating roof.

    Pada varian empat pintu, Mini EV terbaru memiliki panjang 3.268 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.575 mm. Angka tersebut sedikit lebih panjang dan lebih lebar dibanding model yang ada sekarang (3.256 x 1.510 x 1.578 mm).

    Sementara versi dua pintu tercatat berukuran 3.043 mm x 1.520 mm x 1.590 mm. Dibandingkan model yang beredar sekarang (3.064 x 1.493 x 1.614 mm), varian terbaru sedikit lebih pendek, lebih lebar, dan sedikit lebih rendah. Wheelbase juga mengalami koreksi dari 2.010 mm menjadi 1.965 mm.

    Tak ada perubahan untuk urusan tenaga. Mini EV terbaru tetap memakai motor listrik 30 kW buatan Liuzhou Saike, sama seperti model empat pintu yang dipasarkan saat ini. Dokumen MIIT juga belum mencantumkan pembaruan kapasitas baterai maupun jarak tempuh.

    Harganya juga belum diumumkan. Namun, menurut informasi yang beredar, banderolnya tak sampai Rp 100 juta. Sebab, Mini EV yang saat ini dipasarkan di China hanya dibanderol mulai dari 38.800 yuan atau Rp 91 jutaan.

    (sfn/dry)

  • Barunya Tembus Rp 750 Juta, Segini Harga Pasaran BYD Seal Bekas

    Barunya Tembus Rp 750 Juta, Segini Harga Pasaran BYD Seal Bekas

    Jakarta

    Harga baru BYD Seal tembus Rp 750 juta untuk varian tertingginya. Bagaimana dengan harga bekasnya?

    Kehadiran BYD Seal di Indonesia sempat membetot perhatian. Terlebih, harga jualnya juga cukup menarik beserta fiturnya berlimpah. Sedan listrik dengan performa tinggi itu harganya tak sampai Rp 1 miliar. Harga BYD Seal saat ini paling murah Rp 639 juta sedangkan yang termahal tembus Rp 750 juta. Tapi bagaimana dengan harga bekasnya?

    Ditelusuri detikOto dalam laman jual mobil bekas online, harga BYD Seal bekas itu ditawarkan di kisaran harga Rp 450-500 jutaan. Padahal usianya baru setahun. Salah satu contohnya BYD Seal Premium yang telah menempuh jarak sekitar 13.000 km. Mobil ini ditawarkan dengan harga 439 juta. Artinya dalam kurun waktu satu tahun, harganya sudah turun Rp 200 juta.

    Ada juga BYD Seal Performance dengan kilometer rendah (di bawah 10.000 km) ditawarkan dengan banderol Rp 500 juta. Pun status pajaknya masih aktif hingga tahun 2026. Harganya turun Rp 250 juta dibandingkan versi barunya.

    Tak bisa dipungkiri kalau bicara mobil listrik, harga bekasnya juga ikut jadi sorotan. Sebab, banyak mobil listrik yang harga jual kembalinya anjlok jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Penurunan harga jual kembali mobil konvensional tetap ada, namun tak sebesar mobil listrik.

    Pakar Otomotif dan Akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, penyebab utama dan paling fundamental dari anjloknya resale value harga mobil listrik adalah karena risiko yang melekat pada baterai dan sangat pesatnya laju perkembangan teknologi baterai itu sendiri.

    “Baterai ini kan merupakan komponen termahal, mencakup 30-40% dari total harga kendaraan baru, juga sekaligus menjadi pusat kekhawatiran terbesar bagi calon pembeli mobil bekas,” kata Yannes beberapa waktu lalu.

    Kekhawatiran ini berakar pada degradasi kapasitas baterai yang tak terhindarkan seiring waktu pemakaian. Kata Yannes, sekitar 3.000 kali siklus pengecasan atau jika sudah mendekati sekitar 7-8 tahun, maka baterai akan kehilangan garansi pabrik.

    Direktur OLXMobbi Agung Iskandar punya penilaian tersendiri terkait penurunan harga mobil listrik bekas yang sangat signifikan. Agung menilai, banyaknya pendatang baru di segmen tersebut dengan harga jual lebih murah yang jadi pemicunya.

    “Harga jual mobil listrik bekas di pasaran saat ini terpantau mengalami tingginya depresiasi, bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil hybrid dan mobil konvensional atau non-listrik,” terang Agung.

    (dry/din)

  • Tampang Skutik Retro Terbaru Suzuki yang Harganya Rp 20 Jutaan

    Tampang Skutik Retro Terbaru Suzuki yang Harganya Rp 20 Jutaan

    FotoOto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Sabtu, 06 Des 2025 18:04 WIB

    Jakarta – Suzuki US125T meluncur di China. Skutik tersebut punya tampang retro dengan fitur yang terbilang canggih. Berikut kami tampilkan wujudnya dari berbagai sisi!

  • Diskon Motor Listrik Honda Ada Lagi, Segini Besarnya

    Diskon Motor Listrik Honda Ada Lagi, Segini Besarnya

    Jakarta

    Ada lagi diskon motor listrik Honda yang berlaku di penghujung tahun 2025. Simak rincian diskonnya.

    Ada diskon buat motor listrik Honda Icon e: dan CUV e: pada Desember 2025. Dilihat detikOto dalam laman Wahana Honda, untuk Honda Icon e:, potongan harganya hingga Rp 1 juta berupa diskon penjualan dan potong tenor.

    Potongan harga ini berlaku untuk konsumen retail dengan pembayaran kredit. Dengan harga OTR Rp 28 juta, maka ada potongan kredit maksimal Rp 1 juta dan tenornya dipotong sampai tiga kali.

    Selanjutnya, ada juga potongan harga Honda CUV e: hingga Rp 2,5 juta. Program penjualan itu juga berlaku untuk pembayaran kredit. Dengan demikian, pembeli Honda CUV e: mendapatkan potongan angsuran maksimal Rp 2,5 juta dan potongan tenor sampai tiga kali. Motor ini punya banderol OTR Rp 54,45 juta.

    CUV e: merupakan yang termahal. Punya banderol tembus Rp 50 jutaan, Honda CUV e: ditenagai motor listrik yang bisa menghasilkan power 6 kW. Motor listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 83 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km.

    Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger. Honda CUV e: dibekali baterai lithium-ion dengan voltase 50,26 V x 2 dan kapasitas 29,4 Ah x 2. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam dan 2,7 jam (160 menit) buat pengisian dari 25% ke 75%.

    Sementara Icon e: mengambil basis model EM1 e:, dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:. Komponen listrik utama, termasuk baterai telah diganti, dan juga eksteriornya telah didesain ulang sesuai selera konsumen Indonesia.

    Honda Icon e: hadir untuk konsumen yang mencari fleksibilitas mengendarai sepeda motor listrik, dengan menawarkan bodi yang ringan dan kelincahan di jalan raya. Honda ICON e: mengusung konsep Advance – Compact yang cocok untuk penggunaan harian. Konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%.

    (dry/din)

  • Merek Mobil yang Penjualannya Meroket di Indonesia: BYD Naik 178%

    Merek Mobil yang Penjualannya Meroket di Indonesia: BYD Naik 178%

    Jakarta

    Selama Januari-Oktober 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sejumlah merek mobil dengan growth penjualan tertinggi. Hasilnya tak mengejutkan, produsen China sukses memuncaki daftar tersebut.

    Secara umum, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 baru mencapai 630 ribuan unit atau turun 10,6 persen dibandingkan tahun lalu. Pada periode tersebut, banyak merek mengalami peningkatan penjualan, namun tak sedikit yang justru mengalami penurunan.

    Hasil terbaik datang dari merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Penjualan mobil di Indonesia turun Foto: Agung Pambudhy

    Selain itu, ada merek lain yang juga mengalami lonjakan penjualan, misalnya Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    Sementara lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Angka tersebut sebenarnya wajar. Sebab, merek-merek China cenderung masih baru di Indonesia. Bahkan, Denza baru mulai jualan mobil di Tanah Air tahun ini. Sehingga, secara persentase, pasti naik signifikan.

    Penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 780 ribu unit/tahun Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sementara merek-merek Jepang sudah ada sejak lama. Ketika penurunan penjualan secara akumulatif turun, maka mereka merupakan pihak yang benar-benar paling terdampak.

    Sebagai catatan, penjualan mobil di Indonesia sempat ditargetkan tembus 900 ribu unit selama 2025. Namun, Gaikindo melakukan revisi angka menjadi 780 ribu unit. Penentuan angka tersebut telah melalui banyak hitung-hitungan.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia.

    (sfn/dry)

  • Tampang Skutik Retro Terbaru Suzuki yang Harganya Rp 20 Jutaan

    Suzuki Jual Skutik Retro Terbaru, Harganya Segini

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Suzuki, resmi meluncurkan skuter matik (skutik) bertampang retro terbaru. Kendaraan tersebut bernama Suzuki US125T dan hanya dipasarkan di China. Berapa harganya?

    Disitat dari Greatbiker, Sabtu (6/12), Suzuki US125T mengingatkan kita dengan skutik-skutik buatan Lambretta. Hal tersebut bisa terlihat melalui tarikan garisnya, desain muka, hingga tampilannya.

    Secara tampilan, Suzuki US125T memang sangat berbeda dari Suzuki Saluto 125 yang menjadi ‘kembarannya’. Sebab, pabrikan memberikan detail tajam di beberapa bagian, termasuk muka dan sisi-sisi kendaraan.

    Suzuki US125T. Foto: Doc. Suzuki China.

    Headlamp atau lampu utama Suzuki US125T juga tak dibuat membulat, melainkan agak mengotak. Sementara logo Suzuki terlihat cukup dominan dan terpasang di bagian depan. Kemudian dudukannya dilaburi warna berbeda dibandingkan bodi utama, dan knalpotnya dilapisi pelindung khusus berkelir silver.

    Sederhananya, Suzuki US125T merupakan versi mewah dari Suzuki Saluto yang meluncur lebih dulu. Bahkan, untuk menambah kesan ‘mahal’, pabrikan memberikan sentuhan krom di beberapa bagian.

    Fiturnya tak main-main, motor matik tersebut sudah dibekali sejumlah teknologi standar, mulai dari pencahayaan full LED, panel instrumen full digital, port pengisian daya ponsel, dan bagasi super lega. Namun, sayangnya, kuncinya masih konvensional alias belum keyless.

    Suzuki US125T punya bobot kosong 110 kg dengan kapasitas bahan bakar 5,9 liter. Kemudian bannya berukuran 12 inch di depan dan 10 inch di belakang. Remnya menggunakan cakram tunggal yang terpasang di roda depan.

    Suzuki US125T menggunakan mesin 125cc bersilinder tunggal dengan sistem pembakaran injeksi. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 9,4 dk pada 7.000 rpm dan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm.

    Meski canggih dan punya tampilan ala skutik Italia, namun Suzuki US125T dibanderol cukup terjangkau di China, yakni sekira Rp 24,6 jutaan.

    (sfn/dry)