Jenis Media: Otomotif

  • Daihatsu Kumpul Sahabat Malang Diserbu Pengunjung dari Komunitas hingga Pecinta UMKM

    Daihatsu Kumpul Sahabat Malang Diserbu Pengunjung dari Komunitas hingga Pecinta UMKM

    Jakarta

    Daihatsu kembali menyapa masyarakat Jawa Timur melalui gelaran Kumpul Sahabat di Lapangan Rampal Malang pada Minggu (7/12/25) ini.

    Acara ini menghadirkan aktivitas komunitas, UMKM lokal, hingga hiburan musik dalam satu rangkaian yang cukup padat.

    Antusias pengunjung yang menikmati aktivtas zumba di Daihatsu Kumpul Sahabat Malang Foto: dok. Astra Daihatsu Motor

    Budi Mahendra selaku Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor menyebut Kumpul Sahabat Malang digelar untuk mempererat hubungan dengan pelanggan setia sekaligus memberi ruang bagi masyarakat menikmati kegiatan komunitas yang inklusif.

    “Kami ingin menghadirkan pengalaman yang membawa kebahagiaan bagi masyarakat Malang dan sekitarnya sejalan dengan tema ‘Bahagia Sejak Pertama Karena Kamu Ada’ yang menegaskan bahwa setiap momen bahagia tercipta karena kehadiran para Sahabat Daihatsu mulai dari Sahabat komunitas, pelaku UMKM lokal, Sahabat Setia, hingga seluruh masyarakat Malang,” ujar Budi Mahendra.

    Malang dipilih karena memiliki ekosistem ekonomi kreatif yang berkembang pesat. Kota ini juga berada di tiga besar pasar otomotif terbesar Jawa Timur sehingga menjadi barometer mobilitas masyarakat.

    Melalui acara ini Daihatsu ingin mendorong UMKM lokal berkembang sembari memperkuat jejaring komunitas otomotif yang aktif di wilayah tersebut.

    Pameran Modifikasi Mobil Daihatsu oleh Komunitas juga meramaikan Daihatsu Kumpul Sahabat Malang Foto: dok. Astra Daihatsu Motor

    Rangkaian acara dibuka dengan sesi Zumba yang diikuti warga Malang dan sekitarnya. Daihatsu juga menghadirkan layanan cek kesehatan gratis yang meliputi pemeriksaan mata, gula darah, dan kolesterol.

    Layanan ini menjadi bagian dari program CSR Sehat Bersama Daihatsu yang diarahkan untuk mendorong gaya hidup sehat.

    Kegiatan komunitas turut mewarnai acara dari rolling thunder komunitas roda dua hingga pameran modifikasi mobil Daihatsu.

    Di area UMKM, pengunjung dapat menikmati berbagai pilihan kuliner lokal sekaligus berinteraksi dengan pelaku usaha kreatif. Beragam lomba interaktif serta doorprize dengan total hadiah puluhan juta rupiah ikut meramaikan suasana.

    Komunitas otomotif menjadi salah satu penopang utama acara. Puluhan komunitas mobil hadir mulai dari ZEC, T-ID, DXIC, TERUCI, MAXXIO, C2W, SICI, hingga komunitas Ayla dan Rocky. Kehadiran komunitas roda dua seperti CRF, Vespa, Aerox, dan PCX ikut memperluas keramaian di area acara.

    Daihatsu memberikan apresiasi kepada Sahabat Daihatsu asal Malang, yang telah setia menggunakan Daihatsu Terios selama 14 tahun melalui Program Bahagia Sejak Pertama Foto: dok. Astra Daihatsu Motor

    Daihatsu juga memberikan apresiasi kepada Daniel Supit, pengguna Terios asal Malang yang telah mengendarai mobilnya selama 14 tahun dengan jarak tempuh 392.450 kilometer.

    Daniel mengisahkan bahwa mobilnya tidak hanya menjadi alat transportasi tetapi juga bagian dari rutinitas dan momen keluarga.

    Keseruan berlanjut melalui talkshow otomotif dan penampilan musik lokal. Panggung acara kemudian ditutup oleh D’Masiv yang membawakan lagu Bahagia Sejak Pertama sebagai hasil kolaborasi bersama Daihatsu dan NMAA.

    Pada kesempatan yang sama Daihatsu juga menyerahkan unit Gran Max City Pop yang telah dimodifikasi kepada D’Masiv untuk mendukung perjalanan tur dan aktivitas kreatif mereka.

    Acara Kumpul Sahabat Malang mencerminkan kombinasi antara komunitas otomotif, ekonomi kreatif, dan konsumen loyal dalam satu momentum kebersamaan yang dirancang untuk memperkuat ekosistem pengguna Daihatsu di Jawa Timur.

    (mhg/rgr)

  • Yang Irit Banyak, yang Kencang Ada

    Yang Irit Banyak, yang Kencang Ada

    Jakarta

    Toyota mengundang puluhan media nasional untuk menguji jajaran komplet kendaraan mereka. Market leader kendaraan roda empat ini seakan mau membuktikan kalau mereka punya semua pilihan untuk masyarakat Indonesia: dari yang irit sampai yang kencang.

    Cuaca Lombok, Nusa Tenggara Barat, di awal Desember sebenarnya tidak bisa dibilang menyenangkan. Hujan deras, panas, dan gerimis seenaknya saja bergantian datang dan pergi. Tiga hari menjelajah Lombok mengendarai mobil-mobil hybrid Toyota dan line up GR-nya, kondisi cuaca seperti itu jadi menu tetap saya bersama puluhan wartawan lain.

    Test drive di Lombok ini digelar hanya sekitar dua pekan setelah Veloz Hybrid secara globol meluncur. Toyota memang menjadikan ajang test drive ini untuk lebih mengenalkan jagoan terbarunya ke khalayak banyak–meski sejatinya mereka tetap menurunkan banyak pilihan kendaraan hybrid lain.

    Toyota Veloz Hybrid Foto: Toyota Astra Motor

    Ada dua Veloz Hybrid yang diturunkan Toyota pada kesempatan test drive tiga hari ini. Sementara kendaraan elektrifikasi hybrid lainnya yang diturunkan adalah Yaris Cross HEV, Corolla Cross HEV, Innova Zenix HEV, Alphard HEV, Vellfire HEV, sampai Corolla Altis HEV, dan Camry HEV.

    Bandara Internasional Lombok menjadi titik start kami. Karakter jalanan Lombok yang berliku dan naik-turun membuat sesi test drive ini menjadi menyenangkan. Untungnya juga, jalanan di Lombok sangat minim volume kendaraan, ini membuat eksplorasi terhadap mobil jadi lebih optimal.

    Total ada tujuh mobil saya naikin sepanjang tiga hari test drive di Lombok ini. Mulai dari Corolla Cross hybrid, Veloz hybrid, Vellfire Hybrid, Alphard hybrid, Camry hybrid, Altis hybrid, serta Innova Zenix hybrid.

    Bergantian menjadi sopir dan penumpang, terasa betul bagaimana line up mobil-mobil hybrid Toyota bisa melibas jalur-jalur jalanan pusat kota Lombok sampai ke luar kota tanpa kendala sama sekali.

    Iring-iringan mobil hybrid Toyota saat digelar sesi test drive di Lombok. Foto: Toyota Astra Motor

    Sama sekali tidak ada masalah soal tenaga, Toyota menunjukkan kenapa mereka jadi produsen mobil hybrid paling laris di Indonesia. Termasuk ketika saya harus duduk di baris kedua Veloz hybrid yang baru saja launching. Sebagai pengguna lama Veloz, bangku baris kedua versi hybrid ini sungguh menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik.

    Menaklukkan GR Toyota di Sirkuit Mandalika

    Selain menjelajah jalan-jalan kota Lombok dan sekitarnya, kami juga sempat menghabiskan satu hari di Sirkuit Mandalika. Tentunya tidak lagi naik mobil-mobil hybrid. Toyota menyediakan kami line up terbuasnya yang dijual di Indonesia: Toyota GR.

    Ada lima unit GR yang disiapkan Toyota untuk disiksa di Sirkuit Mandalika, yakni New GR Yaris MT, GR Supra, GR Corolla serta GR86 MT dan AT.

    Ada dua mobil yang saya coba di atas lintasan, GR 86 AT dan GR Yaris MT. Meski masing-masing mobil hanya digeber dua lap, sungguh itu jadi pengalaman yang luar biasa.

    Dengan handling yang stabil dan penuh akurasi, GR 86 AT dan GR Yaris MT mampu mengikuti apa pun input driver dengan akurat. Kata Toyota, ini memang menjadi fokus pengembangan GAZOO Racing, yang mengutamakan keinginan driver begitu berada di balik kemudi, alias driver-first.

    GR86 dipersenjatai mesin 4-silinder 2.387 cc yang menghasilkan tenaga 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.700 rpm. Power sebesar itu didistribusikan ke roda belakang. Keberadaan Torsen limited-slip differential, memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.

    Mobil GR Toyota di Sirkuit Mandalika (Foto: Toyota Astra Motor)

    Toyota menyebut GR86 mengadopsi pengembangan yang dilakukan pada kompetisi motorsport global. Termasuk pengalaman berkendara yang responsif dan powerful, serta desain yang stylish. Sistem suspensi sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi untuk memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi.

    GR Yaris dibekali mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Dari konfigurasi itu dihasilkan tenaga maksimal 300 HP pada putaran mesin 6.500 rpm. Sedangkan torsinya 400 Nm pada putaran 3.250-4.600 rpm. Menariknya, ini merupakan salah satu mesin pabrikan dengan kubikasi kecil tapi punya tenaga paling besar di dunia.

    (din/rgr)

  • Daftar SPBU Shell yang Sudah Jual Bensin Shell Super

    Daftar SPBU Shell yang Sudah Jual Bensin Shell Super

    Jakarta

    Ketersediaan bensin Shell Super kini berangsur normal di banyak SPBU di area Jabodetabek dan Jawa Barat.

    Shell telah memastikan bahwa suplai kembali mengalir ke sejumlah titik strategis di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

    Kabar ini menjadi angin segar bagi pengendara yang beberapa waktu terakhir mencari Shell Super namun ketersediaannya terbatas.

    Shell memastikan bahwa layanan lain seperti Shell V-Power Diesel, toko Shell Select, bengkel SPBU Shell, serta Shell Recharge tetap beroperasi normal di seluruh jaringan.

    Informasi ketersediaan akan terus diperbarui karena pasokan dapat berubah sewaktu waktu.

    Berikut daftar SPBU Shell yang sudah kembali menyediakan Shell Super, disusun per wilayah agar lebih mudah dicari oleh pengendara.

    Jakarta

    Jakarta Barat

    SHELL Arjuna UtaraSHELL Daan MogotSHELL Imam BonjolSHELL JORRSHELL Kyai TapaSHELL LatumetenSHELL Meruya UtaraSHELL Peta SelatanSHELL Pos PengumbenSHELL PuriSHELL S ParmanSHELL West JORR

    Jakarta Pusat

    SHELL Gunung SahariSHELL MentengSHELL SalembaSHELL Suprapto

    Jakarta Selatan

    SHELL AntasariSHELL Arteri Pondok IndahSHELL Ciputat RayaSHELL FatmawatiSHELL Gatot SubrotoSHELL KahfiSHELL Kemang RayaSHELL Lapangan RosSHELL Lenteng AgungSHELL MampangSHELL PetukanganSHELL Radio DalamSHELL SatrioSHELL SoepomoSHELL TB SimatupangSHELL TendeanSHELL Tanjung Barat

    Jakarta Timur

    SHELL Basuki RahmatSHELL JGCSHELL MT HaryonoSHELL PemudaSHELL Raden Inten

    Jakarta Utara

    SHELL Kelapa GadingSHELL PIKSHELL Pluit SelatanSHELL SemperSHELL SunterSHELL Yos SudarsoBanten

    Tangerang dan Sekitarnya

    SHELL Alam SuteraSHELL BintaroSHELL BSD 1 sampai BSD 4SHELL Ceger RayaSHELL CikokolSHELL Citra RayaSHELL Gading SerpongSHELL Graha RayaSHELL Husein SastranegaraSHELL Karang TengahSHELL Lippo KarawaciSHELL Metland Cyber CitySHELL OtistaSHELL PamulangSHELL PIK 2SHELL Pondok CabeSHELL Serang BalarajaSHELL Serang CikupaSHELL Serpong KM8SHELL Soewarna SoettaSHELL Suvarna Sutera

    Cilegon dan Serang

    SHELL Ahmad Yani CilegonSHELL Serang BaratJawa Barat

    Bogor

    SHELL CibinongSHELL Jagorawi KM21SHELL Kota WisataSHELL PajajaranSHELL Pasir AnginSHELL Sentul CitySHELL Yasmin

    Depok

    SHELL CibuburSHELL Cinere RayaSHELL Margonda RayaSHELL Raya MuchtarSHELL Sawangan

    Bekasi

    SHELL Ahmad YaniSHELL Bekasi RayaSHELL Cut MeutiaSHELL DeltamasSHELL Grand WisataSHELL I Gusti Ngurah RaiSHELL JababekaSHELL JatimekarSHELL Lingkar UtaraSHELL Lippo CikarangSHELL MangunjayaSHELL Noer AliSHELL Pondok GedeSHELL Wibawa Mukti

    Bandung

    SHELL Kota Baru ParahyanganSHELL PasteurSHELL Pelajar PejuangSHELL RancaekekSHELL Buah Batu

    Cirebon

    SHELL CitralandSHELL Kesambi

    Karawang

    SHELL Karawang BaratSHELL Syekh Quro

    Shell menegaskan bahwa daftar ini dapat berubah mengikuti kondisi suplai. Pengendara disarankan untuk melakukan pengecekan berkala agar mendapatkan lokasi SPBU yang paling akurat.

    (mhg/rgr)

  • Polisi Amankan Carry Bagong ‘Bonnie Blue’s Bangbus’ buat Produksi Film Porno

    Polisi Amankan Carry Bagong ‘Bonnie Blue’s Bangbus’ buat Produksi Film Porno

    Jakarta

    Polres Badung mengamankan sejumlah barang bukti dalam penggerebekan kasus video asusila artis porno asal Inggris, Bonnie Blue, di Bali. Mobil pikap Cary Bagong berwarna biru dengan tulisan “Bonnie Blue’s Bangbus” diamankan.

    Dikutip detikBali, polisi membongkar dugaan produksi video pornografi yang melibatkan artis porno asal Inggris, Bonnie Blue, di Bali. Polisi melakukan penggerebekan setelah adanya laporan aktivitas mencurigakan dari masyarakat. Bonnie Blue diperiksa Polres Badung atas dugaan produksi dan penyebaran konten asusila tersebut.

    Kasus ini berawal dari laporan masyarakat mengenai aktivitas mencurigakan di sebuah studio di Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Polisi melakukan penggerebekan di lokasi dan mendapati tempat tersebut diduga digunakan untuk membuat video asusila.

    “Diduga tempat tersebut digunakan oleh terduga pelaku untuk memproduksi video asusila,” kata Kapolres Badung AKBP M. Arif Batubara.

    Polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Salah satunya mobil pikap Suzuki Carry Bagong bertuliskan “Bonnie Blue’s Bangbus”.

    “Penyidik juga menemukan beberapa kamera yang digunakan untuk merekam aksi mereka dan beberapa alat kontrasepsi,” kata

    Sebanyak 18 warga negara asing (WNA) diamankan dalam kasus tersebut. Polisi mencatat WN Australia yang diamankan sebanyak 15 orang. Mereka adalah JM (24), MT (27), BS (27), MP (40), PR (37), TL (25), BL (26), TR (25), AAG (20), BS (19), KM (22), MM (21), CC (19), KR (24), serta J.J.T.W. (28). J.J.T.W ditetapkan sebagai terduga pelaku.

    Sementara tiga adalah WN Inggris. Mereka adalah Tia Emma Billinger (26) yang merupakan sosok di balik nama Bonnie Blue, L.A.J (27), dan I.N.L. (27). Tia Emma Billinger, L.A.J, dan I.N.L juga ditetapkan sebagai terduga pelaku.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik terhadap keempat terduga dan para saksi, diketahui bahwa 14 WN Australia yang berada di dalam studio tersebut sebelumnya tidak mengenal keempat terduga dan baru pertama kali bertemu saat kejadian. Penyidik masih mendalami peran masing-masing pihak guna kepentingan proses hukum lebih lanjut.

    Tentang Pikap Suzuki Carry Bagong

    Pelaku diduga menggunakan mobil pikap Carry Bagong berpelat nomor DK 8109 SX untuk membuat video asusila. Carry Bagong atau yang punya nama resmi Carry ST 100 adalah mobil pikap penerus Carry Truntung (ST20) di Indonesia.

    Dikutip dari situs Suzuki Makassar, julukan Bagong diberikan karena desain lampu depannya yang menyerupai mata tokoh wayang Bagong.

    Pikap Carry Bagong ini mengalami perubahan signifikan dari generasi sebelumnya. Pikap ini menggunakan mesin 4-tak 4 silinder berkapasitas 970 cc, berubah dari mesin 2 tak 539 cc pada generasi Suzuki Carry Truntung (ST20).

    (rgr/din)

  • Kenapa Isuzu Panther Tangguh Lawan Banjir?

    Kenapa Isuzu Panther Tangguh Lawan Banjir?

    Jakarta

    Pernahkah kalian bertanya-tanya, mengapa Isuzu Panther dengan teknologi diesel lawasnya sangat tangguh menerjang banjir? Bahkan, kendaraan tersebut diklaim ‘kebal’ genangan air.

    Baru-baru ini, Isuzu Panther di Aceh menjadi perbincangan karena masih bisa menyala setelah terendam banjir 10 jam. Sebelumnya, kendaraan yang sama mampu menerjang genangan banjir tinggi di Bekasi, Jawa Barat. Padahal, ketika itu, banyak mobil lain yang terlihat menyerah.

    Jauh sebelum itu, Panther juga sempat tertangkap kamera menerobos banjir Magetan, Jawa Tengah, pada tujuh tahun silam. Ketika itu, banyak warga sekitar yang bersorak seakan tak percaya.

    Rentetan fenomena tersebut membuat sebagian orang bertanya-tanya, mengapa Panther bisa ‘kebal’ banjir?

    Panther terobos banjir Foto: Screenshot Instagram

    Pemilik bengkel MStar yang biasa mengerjakan perbaikan Panther, Mustar menjelaskan, Panther menggunakan teknologi konvensional yang sudah ada sejak era ‘majapahit’. Kendaraan tersebut minim kelistrikan, sehingga tak mudah bermasalah ketika menghadapi genangan banjir.

    “Karena Panther teknologinya bukan common rail, tidak ada kelistrikan. Nah, kan tidak ada kelistrikan, asal selang dan pipanya rapat semua, terus lubang udara rapat, otomatis kan air nggak bisa masuk ke mesin. Jadi mobil bisa dipastikan tetap hidup,” ujar Mustar kepada detikOto, Sabtu (6/12).

    Sementara menurut pakar otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Pasaribu, bukan hanya konstruksi kendaraan saja yang membuat Panther tangguh menghadapi banjir, melainkan juga karakter mesinnya yang badak. Jantung mekanis Panther, kata dia, memang dirancang demikian.

    “Setahu saya, banyak pemilik Panther lama yang berhasil menerobos banjir setinggi 70-80 cm tanpa mati. Mesin Isuzu 4JA1/4JB1 generasi mekanikal injection (1991-2005) memang salah satu diesel paling tahan rendaman yang pernah diproduksi massal di Indonesia,” tutur Yannes saat dihubungi detikOto.

    Bengkel Phanter di Bekasi Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Yannes tak setuju seandainya ketangguhan mesin Isuzu Panther dianggap sebagai suatu keberuntungan. Semuanya, kata dia, pasti telah melalui riset dan pengembangan yang panjang.

    “Ketahanan banjir luar biasa pada Isuzu 4JA1 Panther bukan coincidence ya, melainkan puncak evolusi desain diesel mekanikal untuk iklim tropis basah. Tetapi sayangnya, di era modern, regulasi emisi yang semakin ketat membuat mesin diesel beralih ke common-rail + ECU yang jauh lebih rentan banjir,” kata Yannes.

    (sfn/rgr)

  • Bensin Shell Super Sudah Tersedia, Segini Harganya

    Bensin Shell Super Sudah Tersedia, Segini Harganya

    Jakarta

    Bensin RON 92 Shell Super akhirnya sudah tersedia lagi. Segini harganya.

    Shell memastikan bensin RON 92, Shell Super, sudah tersedia kembali. Bahan bakar ini menggunakan base fuel atau bahan bakar minyak (BBM) murni yang dipasok Pertamina Patra Niaga.

    Dikutip detikFinance, Pertamina dan Shell Indonesia sepakat soal pasokan base fuel alias bahan bakar minyak (BBM) murni. Menurut keterangan Pertamina Patra Niaga, anak usaha Pertamina, BBM mulai dikirim ke SPBU Shell. Pasokan BBM tersebut mencapai 100 ribu barel.

    “Penyaluran kepada Shell Indonesia menegaskan bahwa Pertamina Patra Niaga tidak hanya siap memenuhi kebutuhan BBM untuk jaringan SPBU Pertamina, tetapi juga menjadi mitra strategis bagi operator SPBU swasta. Untuk Shell Indonesia penyaluran kali ini 100 MB,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Roberth MV Dumatubun.

    Pertamina Patra Niaga telah menyalurkan 430 ribu barel ke seluruh SPBU swasta. Sebelumnya Pertamina telah memasok BBM ke jaringan SPBU BP-AKR dan Vivo.

    “Sehingga total suplai kepada seluruh SPBU Swasta yakni BP-AKR, Vivo, dan Shell Indonesia mencapai 430 MB menunjukkan kapasitas suplai kami yang kuat, responsif, dan mampu menjawab kebutuhan energi nasional,” terang Roberth.

    Dikutip dari situs resmi Shell Indonesia, untuk BBM jenis bensin saat ini baru tersedia bensin RON 92 Shell Super. Sedangkan Shell V-Power dan V-Power Nitro+ belum tersedia.

    Bensin Shell Super itu sudah tersedia di Jakarta, Tangerang, Cilegon, Serang, Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, Cirebon dan Karawang. Bensin Shell Super saat ini dijual dengan harga Rp 13.000 untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

    (rgr/mhg)

  • Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Kok Bisa?

    Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Kok Bisa?

    Jakarta

    Di media sosial TikTok viral ban mobil Kijang Innova tiba-tiba pecah saat dikendarai. Dinarasikan, ban dalam kondisi bagus, tapi tetap pecah hingga terlihat hancur. Kok bisa?

    Video viral itu diunggah akun TikTok ratna.listy1. Dia menarasikan, ban mobil tersebut masih terlihat bagus. Umur ban juga belum tua. Tapi ban bisa pecah dan terlihat hancur.

    “Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah,” tulisnya di unggahan TikTok.

    Dalam video yang diunggah tersebut, terlihat ban Innova itu pecah di bagian dinding ban. Terlihat bagian dinding ban hancur. Pengendara Innova itu akhirnya menggantinya dengan ban serep.

    @ratna.listy1 Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah. 😢 #tolcipali #banmeletus #kecelakaantolcipali ♬ suara asli – Ratna Listy

    Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana bilang, memang tetap ada kemungkinan ban mobil pecah meski kondisinya masih bagus. Hal itu disebabkan karena faktor perawatan.

    “Ban bisa pecah karena banyak hal, terutama salah dalam perawatan sekalipun belum habis masa pakai sesuai dengan umur penggantian,” kata Sony kepada detikOto, Minggu (7/12/2025).

    Menurut Sony, dari semua bagian ban, dinding ban adalah yang paling rentan. Makanya, ban mobil kebanyakan pecah di bagian dinding ban.

    “Dari semua bagian ban, yang paling tipis adalah dinding ban, sehingga rata-rata pecah dan rusaknya di situ,” katanya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan dinding ban pecah saat dikendarai. Faktor-faktor seperti kurang dirawat kebanyakan menjadi pemicunya.

    “Biasanya rusak atau pecah karena sering kurang tekanan angin pada bannya, atau ban sering disemir oplosan, atau tertusuk benda tajam yang tidak terdeteksi, atau kemungkinan terkecil cacat produksi,” sebut Sony.

    Untuk itu, Sony menyarankan sebelum melakukan perjalanan biasakan mengecek kondisi ban, paling tidak secara visual. Kalau tekanan angin berkurang, segera tambahkan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Untuk berapa besar tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan, biasanya di bagian pintu pengemudi ada tabel spesifikasi tekanan ban yang sesuai.

    (rgr/din)

  • Jangan Dicari! Pebalap Ini Tak Lagi Balapan di MotoGP 2026

    Jangan Dicari! Pebalap Ini Tak Lagi Balapan di MotoGP 2026

    Jakarta

    Jangan dicari-cari lagi ya! Dua pebalap ini dipastikan tak lagi membalap di MotoGP musim 2026.

    Pertama ada Miguel Oliveira yang bakal berlaga di World Superbike musim depan. Karir Miguel Oliveira di MotoGP harus terhenti musim ini. Dia menjalani balapan terakhirnya di Valencia pada November lalu setelah enam tahun adu cepat di balapan motor kelas premier. Oliveira menjalani debutnya di MotoGP dengan Tech3 KTM tahun 2019. Sejatinya dia telah menandatangani kontrak untuk musim 2025-26 dengan tim satelit Yamaha. Namun terdapat klausul kerja untuk melepaskan Oliveira setelah satu musim.

    Masa depan Oliveira makin tidak pasti sejak Pramac mengumumkan bahwa bintang WSBK Toprak Razgatlioglu akan bergabung dengan tim musim 2026. Saat pengumuman muncul, garasi Pramac pun panas. Ini berarti antara Jack Miller ataupun Oliveira harus dilepas. Pada akhirnya Oliviera lah yang tak berlanjut pada musim depan. Ya, performa Oliveira sepanjang musim 2025 memang kurang cemerlang. Terlebih dirinya mengalami cedera bahu. Ini membuatnya makin sulit beradaptasi dengan motor. Mulai musim depan, Oliveira justru akan bertukar posisi dengan Toprak. Oliveira bakal menjalani membalap untuk WSBK musim 2026 bersama BMW.

    Selain Oliveira, nama Somkiat Chantra juga tak akan mengisi daftar pebalap MotoGP 2026. Honda LCR sudah mengkonfirmasi bahwa Somkiat tak lagi berlaga tahun depan di balap motor kelas premier tersebut. Somkiat mengalami dua cedera yang membuat perkembangannya jadi terbatas. Meski begitu, dia tetap memberikan kemampuan terbaiknya sepanjang musim 2025.

    Senada dengan Oliveira, Somkiat Chantra juga akan berlabuh ke WSBK. Dia bakal membela Honda HRC Team. Kursi kosong yang ditinggal Somkiat akan diganti oleh Diogo Moriera. Diogo naik kelas dari Moto2 dan akan membela LCR Honda di MotoGP 2026.

    Itu tadi dua pebalap yang tak bakal membalap di MotoGP tahun depan. Jadi jangan dicari-cari ya! Di luar dua pebalap tadi, berikut ini daftar pebalap yang bakal berlaga di MotoGP 2026.

    Daftar Pebalap MotoGP 2026

    Ducati Lenovo

    Marc MarquezFrancesco Bagnaia

    Red Bull KTM Factory Racing

    Aprilia Racing

    Jorge MartinMarco Bezzecchi

    Monster Energy Yamaha MotoGP

    Fabio QuartararoAlex Rins

    Honda HRC

    Pertamina Enduro VR46

    Fabio Di GiannantonioFranco Morbidelli

    Gresini Racing MotoGP

    Alex MarquezFermin Aldeguer

    Prima Pramac Racing

    Toprak RazgatliogluJack Miller

    LCR Honda Castrol

    LCR Honda Idemitsu

    Trackhouse MotoGP

    Redbull KTM Tech 3

    Maverick VinalesEnea Bastianini

    (dry/rgr)

  • Perpanjang STNK Tanpa KTP Pemilik Lama

    Perpanjang STNK Tanpa KTP Pemilik Lama

    Jakarta

    Balik nama mobil bekas bikin kamu untung. Khususnya saat mau perpanjang STNK tak perlu lagi meminjam KTP pemilik lama.

    Tidak semua pembeli mobil bekas langsung melakukan balik nama. Biaya menjadi salah satu alasannya. Ya, bagi yang belum tahu, saat balik nama mobil bekas kamu memang akan dibebankan sejumlah biaya. Tapi kini biaya yang dikeluarkan jadi sedikit lebih ringan. Sebab, bea balik nama mobil bekas sudah dihapus. Kebijakan penghapusan bea balik nama kendaraan bekas jadi Rp 0 ini berlaku di semua provinsi di Indonesia. Hal itu adalah amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

    Ini jadi keuntungan tersendiri buat kamu yang baru beli mobil bekas. Duit yang kamu keluarkan buat balik nama jadi lebih sedikit. Sebagai gambaran, di Jakarta bea balik nama yang dibebankan untuk mobil bekas adalah 1 persen dari NJKB. Kalau NJKB mobil bekas kamu Rp 100 juta, maka 1 persennya adalah Rp 1 juta. Artinya biaya yang kamu hemat sebesar Rp 1 juta dari keseluruhan biaya yang kamu keluarkan saat balik nama mobil bekas.

    Meski begitu, ada biaya lain yang dikeluarkan saat balik nama yaitu PKB dan Opsen PKB. PKB dan opsen tergantung dengan kendaraannya. Kamu bisa melihat/memperkirakan besaran PKB di lembar STNK. Jika ada keterlambatan pembayaran pajak sebelumnya, maka akan ada denda PKB.

    Kedua, adalah SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Untuk mobil, biasanya dikenakan tarif Rp 143.000. Ketiga ada biaya penerbitan STNK, Rp 200.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih. Keempat, ada biaya penerbitan pelat nomor alias TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    Kelima ada biaya penerbitan BPKB dengan tarif Rp 375.000 untuk mobil. Terakhir ada biaya mutasi bila mobil terdaftar di wilayah berbeda. Biaya penerbitan surat mutasi ke luar daerah Rp 250.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

    Bukan cuma biaya yang lebih hemat, kalau sudah balik nama juga kamu bisa perpanjang STNK tanpa KTP pemilik lama. Tak perlu lagi kamu repot-repot meminjam KTP pemilik sebelumnya karena kendaraan sudah atas nama sendiri. Dengan demikian, untuk pembayaran pajak STNK tahunan juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke Samsat lagi.

    Mobil yang sudah dibalik nama juga memudahkan pencarian jika STNK atau BPKB hilang. Asuransi klaim kecelakaan juga mudah karena identitas kendaraan dan pemiliknya sama. Lebih lagi, balik nama juga bisa menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain.

    (dry/rgr)

  • Wuling Bikin Mobil Listrik Mungil Baru, Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

    Wuling Bikin Mobil Listrik Mungil Baru, Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Wuling, membuat mobil listrik terbaru untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut merupakan Hongguang Mini EV yang dimensinya mendapat sedikit revisi. Berapa harganya?

    Disitat dari Carnewschina, Sabtu (6/12), indikasi kemunculan Hongguang Mini EV versi revisi terlihat dari katalog kendaraan terbaru milik Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT).

    Dalam dokumen itu, model penyegaran tersebut terdaftar dalam enam varian berbeda. Wuling kini menstandarkan bahasa desain eksterior untuk dua pilihan bodi yang tersedia-dua pintu dan empat pintu.

    Wuling Hongguang Mini EV versi revisi. Foto: Doc. MIIT

    Foto dan data spesifikasi yang tercantum di MIIT menunjukkan perubahan paling mencolok ada pada lampu utama. Mini EV anyar kini menggunakan lampu depan berbentuk bulat, dipadukan dengan atap hitam bergaya floating roof.

    Pada varian empat pintu, Mini EV terbaru memiliki panjang 3.268 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.575 mm. Angka tersebut sedikit lebih panjang dan lebih lebar dibanding model yang ada sekarang (3.256 x 1.510 x 1.578 mm).

    Sementara versi dua pintu tercatat berukuran 3.043 mm x 1.520 mm x 1.590 mm. Dibandingkan model yang beredar sekarang (3.064 x 1.493 x 1.614 mm), varian terbaru sedikit lebih pendek, lebih lebar, dan sedikit lebih rendah. Wheelbase juga mengalami koreksi dari 2.010 mm menjadi 1.965 mm.

    Tak ada perubahan untuk urusan tenaga. Mini EV terbaru tetap memakai motor listrik 30 kW buatan Liuzhou Saike, sama seperti model empat pintu yang dipasarkan saat ini. Dokumen MIIT juga belum mencantumkan pembaruan kapasitas baterai maupun jarak tempuh.

    Harganya juga belum diumumkan. Namun, menurut informasi yang beredar, banderolnya tak sampai Rp 100 juta. Sebab, Mini EV yang saat ini dipasarkan di China hanya dibanderol mulai dari 38.800 yuan atau Rp 91 jutaan.

    (sfn/dry)