Foto Oto
Najmi Dhiaulhaq – detikOto
Minggu, 07 Des 2025 16:00 WIB
Jakarta – Komunitas motor di Jakarta menggalang dana untuk membantu korban banjir bandang dan longsor di Sumatra. Aksi ini jadi wujud kepedulian terhadap warga terdampak.

Foto Oto
Najmi Dhiaulhaq – detikOto
Minggu, 07 Des 2025 16:00 WIB
Jakarta – Komunitas motor di Jakarta menggalang dana untuk membantu korban banjir bandang dan longsor di Sumatra. Aksi ini jadi wujud kepedulian terhadap warga terdampak.

Jakarta –
AUTO2000 meresmikan Digiroom generasi terbaru di Astra Biz Center BSD, Tangerang, pada Sabtu (6/12/25) kemarin. Pembaruan aplikasi ini menegaskan langkah AUTO2000 dalam memberikan pelayanan yang kian memudahkan pelanggan.
Digiroom kini hadir dengan pendekatan yang lebih personal dan terintegrasi. Aplikasi ini dirancang untuk menggabungkan proses online dan offline agar pengalaman pelanggan terasa lebih mulus dari tahap pembelian mobil hingga layanan purnajual.
Chief Executive Auto2000 Bpk Anton Jimmi Suwandy sedang mengoperasikan platform Auto2000 Digiroom terbaru, di Booth Digiroom Astra Biz Center, BSD, Tangerang, Banten. Foto: dok. AUTO2000
Seluruh fitur diramu agar pelanggan AUTO2000 bisa menyelesaikan urusan Toyota cukup dalam satu aplikasi.
Salah satu peningkatan signifikan terlihat pada fitur pembelian mobil baru. Pelanggan dapat mengeksplorasi seluruh jajaran mobil Toyota lengkap dengan tampilan 360 derajat, komparasi spesifikasi, hingga simulasi kredit yang membantu pengambilan keputusan.
Pengguna juga bisa berkomunikasi langsung dengan account executive untuk konsultasi lebih lanjut. Selain itu, layanan booking servis mendapat pembaruan agar pelanggan bisa mendapatkan kepastian jadwal.
Pengguna dapat memilih bengkel Auto2000 yang sesuai, memeriksa status T-Care dan garansi, serta mengakses promo aftersales.
Aplikasi ini juga terhubung dengan layanan THS Auto2000 Home Service sehingga teknisi dapat datang ke lokasi yang ditentukan pelanggan.
Program loyalty menjadi area yang ikut diperkuat. Konsumen dapat mengumpulkan poin dari berbagai transaksi serta meningkatkan tier loyalty mulai dari white hingga platinum.
Setiap level memberikan akses ke keuntungan dan layanan eksklusif yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan setia.
Aplikasi Digiroom juga memudahkan pelanggan melakukan booking test drive secara online. Cukup pilih mobil dan cabang yang diinginkan lalu tentukan waktu kunjungan.
Tidak hanya itu layanan trade in yang bekerja sama dengan OLXmobbi memungkinkan proses valuasi kendaraan lama dilakukan langsung di lokasi pelanggan.
Peningkatan lain hadir melalui fitur tracking transaksi real time yang mempermudah pelanggan memantau pembelian mobil, status pengerjaan servis, hingga riwayat transaksi. Transparansi ini dihadirkan agar seluruh proses terasa lebih jelas dan mudah diikuti.
(kiri ke kanan) Customer Experience Div. Head Auto2000 Bpk Riyanto, Chief Executive Auto2000 Bpk Anton Jimmi Suwandy, Direktur Astra Bpk Henry Tanoto, Chief Marketing Auto2000 Bpk Yagimin, saat meresmikan Auto2000 Digiroom terbaru, di Astra Biz Center, BSD, Tangerang, Banten. Foto: dok. AUTO2000
Sejak pertama kali dikenalkan Digiroom telah diunduh lebih dari 500 ribu kali dengan pengguna aktif bulanan mencapai 22 ribu orang.
Sepanjang 2025 lebih dari 41 ribu pelanggan melakukan booking servis lewat aplikasi yang menunjukkan penerimaan positif dari penggunanya.
Peluncuran Digiroom terbaru dilakukan dalam rangkaian Astra Auto Fest 2025. Auto2000 menyediakan berbagai program promosi untuk pengguna baru mulai dari hadiah merchandise hingga keuntungan transaksi di aplikasi.
Menariknya, pengunjung juga berkesempatan mencoba langsung kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk New Veloz Hybrid EV yang menjadi salah satu daya tarik utama acara.
Chief Executive AUTO2000 Anton Jimmi Suwandy menjelaskan bahwa pengembangan Digiroom membawa semangat inovasi berkelanjutan.
“AUTO2000 berkomitmen untuk senantiasa bisa dekat dengan pelanggan untuk, mewujudkan Life is Easy with AUTO2000 dengan value Dekat, Nyaman, Lengkap, salah satunya dengan terus membangun dan mengembangkan Aplikasi AUTO2000 Digiroom,” ujar Anton Jimmi.
Ia menekankan komitmen AUTO2000 untuk selalu dekat dengan pelanggan melalui layanan yang cepat, responsif, dan mudah diakses. Simbol infinity di aplikasi menjadi representasi dari upaya AUTO2000 dalam menghadirkan pelayanan terbaik tanpa henti.
(mhg/rgr)

Jakarta –
Wujud Wuling Binguo generasi baru muncul lebih cepat dari yang diperkirakan.
Bukan dari teaser resmi, melainkan dari dokumen otoritas industri otomotif Cina yang mengungkap seluruh detail eksterior hingga spesifikasi awal model bernama Wuling Binguo Pro.
Bocoran ini langsung menarik perhatian karena Binguo menjadi salah satu produk listrik Wuling yang dijual di Indonesia sehingga setiap pembaruan di China berpotensi dibawa ke pasar domestik.
Dilansir dari CarNewsChina, nama Wuling Binguo Pro pertama kali terlihat pada katalog Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MIIT).
Berkas tersebut mencantumkan gambar eksterior, ukuran bodi, bobot kendaraan, serta konfigurasi powertrain. Meski tidak ada penjelasan resmi dari pabrikan, penyertaan model dalam dokumen MIIT biasanya menjadi indikasi kuat bahwa peluncurannya sudah dekat.
Berdasarkan data tersebut, Binguo Pro hadir dengan revisi dimensi yang kini tercatat 4.050 milimeter panjang, 1.758 milimeter lebar, dan 1.580 milimeter tinggi. Wheelbase tetap di angka 2.560 milimeter.
Wuling Binguo EV Pro generasi baru sudah didaftarkan ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MIIT) Foto: dok. Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MIIT)
Jika dibandingkan dengan Wuling Binguo yang beredar di Indonesia, model baru ini tampak sedikit lebih panjang dan lebar sehingga kemungkinan menghadirkan kabin yang lebih lega.
Secara desain, terlihat Binguo Pro terbaru ini tetap mempertahankan karakter rounded khas Binguo. Namun terdapat sentuhan baru berupa lampu bulat yang lebih tegas, pelek menyerupai kelopak bunga, serta handle pintu semi tersembunyi.
Pendekatan desain ini membuat Binguo Pro tampil lebih modern tanpa menghilangkan identitas retro futuristik yang menjadi daya tarik utamanya.
Dari dokumen tersebut, terungkap pula bahwa Wuling Binguo Pro akan membawa motor listrik berdaya 65 kW atau sama dengan 87 HP.
Sementara untuk baterainya, sayang tak ada keterangan spesifik di dokumen Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina tersebut. Justru di situ tertera kecepatan maksimalnya akan di angka 130 km/jam.
Meski belum dapat dipastikan Wuling Binguo Pro di China ini akan masuk ke Indonesia, namun bukan tidak mungkin model tersebut dihadirkan oleh Wuling Indonesia ke pasar domestik.
Per berita ini dimuat, Wuling Indonesia masih menjual New BinguoEV dengan harga mulai dari Rp 279 jutaan. Terdapat beberapa model yang dijual oleh Wuling, mulai dari New BinguoEV Lite hingga New BinguoEV Pro.
(mhg/rgr)

Jakarta –
Mobil nasional bikinan Indonesia bakal dijual di bawah Rp 300 juta. Berikut ini calon rival-rivalnya.
Harga menjadi salah satu pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli mobil. Maka dari itu, penentuan harga yang dilakukan oleh pabrikan harus diperhitungkan dengan matang. Terlebih lagi, di Indonesia mobil-mobil yang banyak diburu kebanyakan punya harga di rentang Rp 200-300 juta. Hal ini pula yang jadi pertimbangan pemerintah dalam menggodok proyek mobil nasional bikinan Indonesia.
“Kami sudah cek di lapangan dari Gaikindo memang sekarang terbesar, market terbesar pangsanya adalah mobil-mobil di bawah Rp 300 juta sehingga ini juga yang didorong oleh pemerintah sehingga affordability menjadi tantangan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Pembukaan Rapimnas Kadin belum lama ini.
Daftar Mobil di Bawah Rp 300 Juta Calon Rival Mobil Nasional RI
Adapun, opsi mobil di bawah Rp 300 juta cukup banyak, ada mobil LCGC, Low MPV, low SUV, bahkan mobil listrik pun tersedia. Misalnya ada Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, Honda Brio, dan beberapa model lainnya. Nah deretan mobil itulah yang bakal menjadi rival dari calon mobil nasional bikinan RI. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil di bawah Rp 300 juta yang bakalan menjadi rival mobil nasional Indonesia.
Toyota Avanza dan Veloz Foto: Dok.Toyota Astra Motor
Toyota memiliki beberapa model mobil yang dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Pertama ada Calya yang dibanderol dengan harga Rp 169,6 juta hingga yang termahal Rp 192,6 juta. Selanjutnya ada Toyota Avanza. Low MPV berjuluk mobil sejuta umat ini menjadi salah satu calon rival terberat karena harganya mulai Rp 243 juga hingga Rp 280,8 juta. Di segmen Low SUV, Toyota punya Rush dengan banderol di bawah Rp 300 juta. Tercatat ada dua varian Rush yang dibanderol di bawah Rp 300 juta yaitu 1.5 G M/T Rp 288,5 juta dan 1.5 G A/T Rp 299,5 juta. Selanjutnya ada beberapa varian Toyota Raize yang harganya Rp 242,2 juta hingga Rp 293,9 juta. Terbaru, Toyota juga punya mobil hybrid yang harganya di bawah Rp 300 juta yakni Veloz Hybrid varian terendah. Veloz hybrid termurah ini dibanderol Rp 299 juta.
Honda WR-V Foto: Honda Prospect Motor
Honda juga punya sejumlah amunisi mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta dan calon rival mobil nasional RI. Pertama ada Honda Brio dengan banderol Rp 170,4 juta hingga Rp 258,2 juta. Di segmen SUV kompak, Honda memiliki WR-V. SUV berkapasitas lima penumpang ini punya dua varian yang ditawarkan dengan harga Rp 280,7-290,7 juta. Di segmen mobil tujuh penumpang, ada BR-V varian terendah seharga Rp 297,3 juta.
Daihatsu Xenia Foto: Andhika Prasetia
Semua model mobil Daihatsu punya opsi harga di bawah Rp 300 juta. Mulai dari Ayla, Sigra, Rocky, Xenia, Sirion, Terios, Luxio, hingga Gran Max ditawarkan di rentang harga Rp 200-300 jutaan.
Pilihan mobil di bawah Rp 300 juta yang disajikan Suzuki juga ada beberapa. Mulai dari Suzuki S-Presso yang seluruh variannya dijual di bawah Rp 200 juta. Selanjutnya ada Ertiga yang bisa dimiliki mulai dari Rp 236,1 juta. Suzuki XL7 juga punya beberapa opsi varian dengan harga di bawah Rp 300 juta. Tak ketinggalan, ada Suzuki Fronx. Ada empat varian Suzuki Fronx yang dibanderol di bawah Rp 300 juta.
Mitsubishi Xpander Foto: Mitsubishi
Mobil di bawah Rp 300 juta yang ditawarkan Mitsubishi adalah Xpander. Tercatat ada empat varian Xpander yang dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta yaitu GLS MT, GLS CVT, Exceed Tourer MT, dan Exceed Tourer CVT.
Chery Tiggo Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar
Chery juga punya opsi mobil-mobil di bawah Rp 300 juta. Ada Tiggo Cross seharga Rp 259,5 juta hingga Rp 299,9 juta.
BYD Atto 1. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Nggak cuma mobil bensin atau hybrid yang banderolnya di bawah Rp 300 juta. BYD juga punya mobil listrik di bawah Rp 300 juta lewat Atto 1. Harganya paling murah Rp 199 juta dan termahal Rp 235 juta.
Amunisi mobil di bawah Rp 300 juta juga dimiliki Wuling. Opsinya ada beberapa mulai dari Formo, Confero S, Cortez S, dan Alvez. Di segmen mobil listrik, Wuling punya Air ev, dan juga satu varian BinguoEV.
Pabrikan asal Korea Selatan ini juga punya dua model yang dijual di bawah Rp 300 juta yaitu Cartenz X dan Creta.
Jaecoo J5 Foto: Ridwan Arifin/detikoto
Satu lagi mobil listrik punya harga di bawah Rp 300 juta. Adalah Jaecoo J5 yang banderolnya mulai Rp 249,9 juta hingga yang termahal Rp 299,9 juta.
Nah itu tadi deretan mobil di bawah Rp 300 juta yang bakal jadi rival mobil nasional bikinan RI. Sebagai pendatang baru, tentunya mobil nasional bikinan RI harus punya daya tarik yang tak dimiliki rival selain harganya yang kompetitif.
(dry/rgr)

Jakarta –
Daihatsu kembali menyapa masyarakat Jawa Timur melalui gelaran Kumpul Sahabat di Lapangan Rampal Malang pada Minggu (7/12/25) ini.
Acara ini menghadirkan aktivitas komunitas, UMKM lokal, hingga hiburan musik dalam satu rangkaian yang cukup padat.
Antusias pengunjung yang menikmati aktivtas zumba di Daihatsu Kumpul Sahabat Malang Foto: dok. Astra Daihatsu Motor
Budi Mahendra selaku Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor menyebut Kumpul Sahabat Malang digelar untuk mempererat hubungan dengan pelanggan setia sekaligus memberi ruang bagi masyarakat menikmati kegiatan komunitas yang inklusif.
“Kami ingin menghadirkan pengalaman yang membawa kebahagiaan bagi masyarakat Malang dan sekitarnya sejalan dengan tema ‘Bahagia Sejak Pertama Karena Kamu Ada’ yang menegaskan bahwa setiap momen bahagia tercipta karena kehadiran para Sahabat Daihatsu mulai dari Sahabat komunitas, pelaku UMKM lokal, Sahabat Setia, hingga seluruh masyarakat Malang,” ujar Budi Mahendra.
Malang dipilih karena memiliki ekosistem ekonomi kreatif yang berkembang pesat. Kota ini juga berada di tiga besar pasar otomotif terbesar Jawa Timur sehingga menjadi barometer mobilitas masyarakat.
Melalui acara ini Daihatsu ingin mendorong UMKM lokal berkembang sembari memperkuat jejaring komunitas otomotif yang aktif di wilayah tersebut.
Pameran Modifikasi Mobil Daihatsu oleh Komunitas juga meramaikan Daihatsu Kumpul Sahabat Malang Foto: dok. Astra Daihatsu Motor
Rangkaian acara dibuka dengan sesi Zumba yang diikuti warga Malang dan sekitarnya. Daihatsu juga menghadirkan layanan cek kesehatan gratis yang meliputi pemeriksaan mata, gula darah, dan kolesterol.
Layanan ini menjadi bagian dari program CSR Sehat Bersama Daihatsu yang diarahkan untuk mendorong gaya hidup sehat.
Kegiatan komunitas turut mewarnai acara dari rolling thunder komunitas roda dua hingga pameran modifikasi mobil Daihatsu.
Di area UMKM, pengunjung dapat menikmati berbagai pilihan kuliner lokal sekaligus berinteraksi dengan pelaku usaha kreatif. Beragam lomba interaktif serta doorprize dengan total hadiah puluhan juta rupiah ikut meramaikan suasana.
Komunitas otomotif menjadi salah satu penopang utama acara. Puluhan komunitas mobil hadir mulai dari ZEC, T-ID, DXIC, TERUCI, MAXXIO, C2W, SICI, hingga komunitas Ayla dan Rocky. Kehadiran komunitas roda dua seperti CRF, Vespa, Aerox, dan PCX ikut memperluas keramaian di area acara.
Daihatsu memberikan apresiasi kepada Sahabat Daihatsu asal Malang, yang telah setia menggunakan Daihatsu Terios selama 14 tahun melalui Program Bahagia Sejak Pertama Foto: dok. Astra Daihatsu Motor
Daihatsu juga memberikan apresiasi kepada Daniel Supit, pengguna Terios asal Malang yang telah mengendarai mobilnya selama 14 tahun dengan jarak tempuh 392.450 kilometer.
Daniel mengisahkan bahwa mobilnya tidak hanya menjadi alat transportasi tetapi juga bagian dari rutinitas dan momen keluarga.
Keseruan berlanjut melalui talkshow otomotif dan penampilan musik lokal. Panggung acara kemudian ditutup oleh D’Masiv yang membawakan lagu Bahagia Sejak Pertama sebagai hasil kolaborasi bersama Daihatsu dan NMAA.
Pada kesempatan yang sama Daihatsu juga menyerahkan unit Gran Max City Pop yang telah dimodifikasi kepada D’Masiv untuk mendukung perjalanan tur dan aktivitas kreatif mereka.
Acara Kumpul Sahabat Malang mencerminkan kombinasi antara komunitas otomotif, ekonomi kreatif, dan konsumen loyal dalam satu momentum kebersamaan yang dirancang untuk memperkuat ekosistem pengguna Daihatsu di Jawa Timur.
(mhg/rgr)