Jenis Media: Otomotif

  • Vario 160 Street Segera Meluncur?

    Vario 160 Street Segera Meluncur?

    Jakarta

    Setelah sukses dengan BeAT Street yang legendaris dengan setang telanjangnya, kini giliran All New Honda Vario 125, yang resmi ikut-ikutan tampil gahar dengan varian Street. Akankah langkah berani PT Astra Honda Motor (AHM) menyasar Vario 160 juga?

    Ada dugaan Vario 160 juga akan mendapat pembaruan, baik itur konektivitas RoadSync atau juga mendapatkan sentuhan street edition yang kini sedang naik daun. Namun, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi belum mau memastikannya.

    “Tunggu aja ya. Saya nggak boleh ngomong dulu,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

    Kode ‘tunggu saja ya’ dari petinggi AHM ini memang multitafsir. Bisa jadi penegasan produknya sedang disiapkan.

    Jika menimbang tren pasar saat ini yang haus akan motor berkarakter unik dan berani, serta keberhasilan varian Street pada model lain, rasanya kecil kemungkinan AHM akan melewatkan ceruk pasar yang ‘seksi’ ini.

    Seperti diketahui Honda Vario 160 dirilis pada Februari 2022. Artinya sudah lebih dari tiga tahun skutik bongsor ini tidak mendapat penyegaran.

    Bayangkan, Vario 160 yang sudah memiliki mesin eSP+ 160cc bertenaga dan bodi bongsor, jika dipasangkan dengan setang telanjang khas street edition, tentu akan menciptakan siluet yang jauh lebih sporty, agresif, bahkan mirip motor sport naked dengan kepraktisan skutik.

    Rumor dari Thailand, di mana Vario dikenal sebagai Honda Click, juga santer menyebutkan versi Click 160 Street Edition yang menggunakan setang terbuka. Jika ini terwujud, Vario 160 Street akan menjadi magnet baru di segmen skutik 160cc dan menjadi penantang yang unik.

    (riar/rgr)

  • 7 Figur inspiratif di Mata VinFast

    7 Figur inspiratif di Mata VinFast

    Jakarta

    Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast tahu bagaimana cara mendorong kaula muda Indonesia untuk all out dalam mengejar passion yang diinginkan. Untuk itu sesuai dengan semangat VinFast ‘Drive Your Passion’, VinFast Indonesia menggelar acara untuk mengapresiasi tujuh figure inspiratif terpilih di The Langham Jakarta, Hampton Garden, 6th Floor, District 8 SCBD, pada Jumat, 5 Desember 2025.

    Dalam siaran resminya dijelaskan, acara bertajuk The Party in Mo7ion: Early New Year 7urn Up digelar untuk mengapresiasi 7 figure inspiratif yang telah menekuni passion mereka sepanjang 2025, sekaligus menegaskan visi VinFast yakni menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk mengejar impian dan passion mereka tanpa kompromi.

    “Kami ingin memberikan apresiasi kepada para individu yang telah all out mengejar passion mereka selama setahun terakhir. Filosofi Drive Your Passion tidak hanya menjadi semangat kami dalam menghadirkan VinFast VF 7, tetapi juga menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berani mengejar apa yang mereka cintai,” ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Chief Executive Officer VinFast Indonesia.

    Selanjutnya dijelaskan, tujuh persona yang mendapatkan apresiasi datang dari latar belakang yang berbeda. Mereka adalah musisi David Bayu, kreator konten Wendy Walters, pengusaha muda Giorgio Antonio, Darbotz, selebritas Anya Geraldine, pesepak bola Stefano Lilipaly, dan sutradara ternama Angga Dwimas Sasongko.

    Ketujuh persona tersebut dipilih karena semangat mereka yang sejalan dengan visi salah satu produk terbaru VinFast yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan energi baru yang ideal dan fungsional, VinFast VF 7.

    David Bayu, sebagai musisi yang sangat menekankan penampilan, selalu mencari cara agar performa dan gaya hidupnya terlihat selaras. VinFast VF 7 memberikan platform yang tepat untuk itu.

    The Party in Mo7ion: Early New Year 7urn Up digelar untuk mengapresiasi 7 figure inspiratif yang telah menekuni passion mereka sepanjang 2025 Foto: mxm/VinFast/Istimewa

    “VinFast VF 7 ini punya exterior body yang aerodynamic, sporty, dan futuristic,” ujar David, yang bahkan membuat jingle mobil Listrik untuk mengekspresikan pengalaman electrified-nya saat mengendarai VinFast VF 7.

    Bagi Wendy Walters, yang gemar melakukan aktivitas outdoor, kendaraan bukan hanya alat transportasi, tetapi partner untuk menjelajahi dunia. VF 7 menawarkan kombinasi fitur dan performa yang membuat setiap perjalanan lebih mulus, aman, nyaman, dan menyenangkan.

    “VF 7 memiliki 18 fitur ADAS dan sistem suspensi multi-link yang meningkatkan agility di trek perjalananku,” ungkap Wendy.

    Pengalaman yang sama juga dirasakan Giorgio Antonio, seorang entrepreneur muda. Dia menekankan bahwa beralih ke mobil listrik kadang menimbulkan kekhawatiran mengenai baterai dan nilai jual kembali. Setelah berkenalan lebih dekat dengan VinFast, ia meyakini VinFast VF 7 memberikan solusi inovatif untuk itu.

    “Beberapa benefit yang ditawarkan oleh VinFast VF 7, seperti opsi Battery Subscription dengan garansi seumur hidup untuk baterai yang health-nya di bawah 70%, Resale Value Guarantee sampai 90%, dan free charging hingga 1 Maret 2028, mengurangi kekhawatiran umum pembeli yang ingin berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik,” jelas Giorgio.

    The Party in Mo7ion: Early New Year 7urn Up digelar untuk mengapresiasi 7 figure inspiratif yang telah menekuni passion mereka sepanjang 2025 Foto: mxm/VinFast/Istimewa

    Sementara itu, seniman muda inspiratif Indonesia, Darbotz melihat kendaraan sebagai media kreatif. Hal ini yang ia rasakan saat menyentuh langsung VinFast VF7.
    Menurutnya, setiap detail desain VinFast VF 7 bisa menjadi sumber inspirasi untuk karyanya. “Body VinFast VF 7 bisa jadi sumber inspirasi sekaligus medium saya untuk berkreasi dengan seni,” kata Darbotz.

    Anya Geraldine, selebritas dan influencer dengan gaya hidup aktif, menekankan pentingnya kendaraan yang mendukung fleksibilitasnya. Dari tampilan sporty hingga elegan, VF 7 membuat aktivitasnya lebih mudah dan stylish.

    “Exterior VinFast VF 7 ini mendukung looks saya dari sporty sampai elegan. Virtual Assistant yang disebut Vivi juga memudahkan selama perjalananku,” ungkap Anya.

    Bagi Stefano Lilipaly, atlet sepak bola, performa mobil sangat penting untuk merepresentasikan diri dan gaya hidupnya. VF 7 dirancang untuk mencerminkan dinamika tersebut. “VF 7 itu bisa represent skill saya, mulai dari Quick Acceleration, Agility, dan 360° camera,” ujar Stefano.

    Sementara Angga Sasongko, sutradara film, melihat VF 7 sebagai kombinasi antara desain futuristik dan fungsi yang mendukung kegiatan profesionalnya. “Dari sisi visual, VF 7 punya Futuristic Design dan Stylish Interior. Secara fitur juga memiliki spacious trunk & seats, serta smart interface dan HUD, yang sangat mendukung aktivitas saya sehari-hari,” jelas Angga.

    VinFast VF 7 memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para persona yang aktivitas hariannya padat dan cepat. Setiap fitur mobil ini mendukung mereka tetap produktif dan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya 5,8 detik, fast charging 10-70% dalam 28 menit, tenaga maksimum 349 HP, torsi hingga 500 Nm, serta kapasitas bagasi luas 1.765 L, VF 7 memungkinkan para persona membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan tanpa mengorbankan kenyamanan maupun performa.

    Lebih dari itu, Battery Subscription dan Resale Value Guarantee memberikan ketenangan ekstra, sementara garansi kendaraan 10 tahun/200.000 km, jaringan showroom & workshop yang siap pakai, dan free charging hingga 1 Maret 2028 memastikan pengalaman berkendara yang efisien dan menyenangkan.

    “Kami berharap kolaborasi VF 7 bersama para 7 Personas ini bisa menjadi wake up call bagi setiap orang untuk all out mengejar passion mereka. Setelah mereka berhasil melakukannya, kami ingin mengingatkan bahwa mereka juga pantas memberi reward pada diri sendiri dengan memiliki VinFast VF 7-mobil listrik yang spirit-nya sepenuhnya passion driven,” tutup Kariyanto Hardjosoemarto.

    (lth/rgr)

  • New Vario 125 Meluncur, Honda Prediksi Penjualan Motor Tahun Ini Tembus Segini

    New Vario 125 Meluncur, Honda Prediksi Penjualan Motor Tahun Ini Tembus Segini

    Jakarta

    Honda Vario 125 menjadi salah satu tulang punggung penjualan PT Astra Honda Motor (AHM). Dengan peluncuran Vario 125 terbaru jelang akhir tahun, berapa kontribusi penjualan yang bakal diraih Vario 125?

    Executive Vice President (VP) PT AHM Thomas Wijaya mengungkap secara umum besaran persentase penjualan Vario 125 untuk pasar Indonesia.

    “15-17 persen (kontribusi penjualan Vario 125),” kata Thomas di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

    Jika dihitung-hitung, penjualan motor Honda di Indonesia tembus 4,9 juta unit pada 2024. Artinya jika Vario 125 menyumbang 15 persen, penjualan skutik 125 cc itu bisa berkontribusi sekitar 700 ribuan unit per tahunnya.

    Honda Vario 125 menjadi salah satu model terlaris di Indonesia. Motor ini sudah beredar sejak 2012, jadi tidak heran kalau populasinya sudah sangat banyak.

    Honda diketahui telah meluncurkan Vario di Indonesia sejak 2006 dengan mesin 110 cc. Motor ini terus berevolusi, bahkan kini tersedia juga pilihan mesin lebih besar 160 cc. Nah, jelang tutup akhir tahun Vario 125 menyandang status All New.

    “Vario 125 menjadi salah satu model populer. Terjual 9 juta unit dalam 13 tahun,” kata Thomas.

    Kondisi pasar tahun ini

    Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi menjelaskan kondisi pasar tahun ini diprediksi masih mirip seperti 2024.

    “Market kemungkinan akan mirip dengan tahun lalu,” kata Octa.

    “Honda pun akan merupakan mirip dengan tahun lalu. Kalau naik pun sedikit,” jelasnya lagi.

    Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor tahun ini sepanjang Januari-Oktober sudah tembus 5,4 juta unit. Octa menyebut ada tren pertumbuhan pada Oktober, tren kenaikan juga terjadi pada November. Jika sama seperti tahun lalu, maka penjualan sepeda motor tahun ini tembus 6,4 juta unit.

    “Pemerintah itu di kuartal ke-4 ini stimulusnya mulai digerakkan. Ada berasa tapi nggak gede,” kata Octa.

    “Kedua, para pemain ini kan memiliki optimisme kan. As long as finance company masih men-support. Rasanya kalau di segmen motor, market atau penjualan tuh masih akan terjadi. Karena 70% penjualan kita itu kan dari kredit,” jelasnya lagi.

    (riar/rgr)

  • Vinales Sempat Kepikiran Pensiun Dini

    Vinales Sempat Kepikiran Pensiun Dini

    Jakarta

    Pebalap KTM Maverick Vinales sempat kepikiran untuk pensiun dini dari ajang MotoGP. Pikiran itu menghantui Vinales setelah empat musim berlaga di kelas utama, setelah dia merasa kariernya mentok.

    Vinales debut di MotoGP bersama Suzuki sejak 2015. Setelah konsisten finis di 10 besar, Vinales meraih kemenangan perdananya pada tahun 2016 di Grand Prix Inggris. Kemenangan ini sontak mengantarkannya mendapatkan kursi panas di tim pabrikan Yamaha pada musim 2017, menggantikan Jorge Lorenzo.

    Kepindahannya ke Yamaha langsung membuahkan hasil manis. Vinales sukses memenangkan tiga dari lima balapan pertamanya!

    Namun, tren positif itu tidak berlangsung lama. Hasilnya mulai memburuk seiring dengan masalah yang dialami motor YZR-M1 dengan ban Michelin saat itu.

    Puncaknya, musim 2018 menjadi periode yang sulit. Vinales hanya mencatatkan satu podium dalam tujuh seri pembuka. Ia baru bisa kembali meraih kemenangan menjelang akhir musim, yakni di Grand Prix Australia.

    Vinales mengungkapkan dia kepikiran memilih pilih pensiun pada 2018.

    “Ya, pada 2018,” jawabnya ketika ditanya apakah ia pernah mempertimbangkan untuk pensiun.

    “Saya datang dari tahun di mana semuanya berjalan dengan baik, dan kemudian, tiba-tiba, tidak ada yang berhasil,” tambah Vinales.

    “Saya tidak punya motivasi lagi,” jelasnya lagi.

    Hubungan Vinales dengan Yamaha akhirnya memburuk total pada tahun 2021. Pembalap Spanyol itu meminta untuk memutus kontrak dua tahunnya lebih awal.

    Puncaknya, Vinales dikeluarkan dari tim setelah Grand Prix Styria. Ia dituduh sengaja berusaha merusak mesin motor M1-nya dalam insiden yang terjadi selama balapan tersebut.

    Namun itu Vinales yang dulu. Kini Vinales sudah mematok target tertinggi untuk musim 2026. Bukan hanya gelar, Vinales juga mengincar rekor yang belum pernah disentuh pembalap mana pun di MotoGP. Selain gelar juara, Vinales juga punya ambisi unik untuk mencatatkan namanya dalam buku sejarah balap motor sebagai pebalap yang pernah menang dengan empat pabrikan berbeda.

    “Itu tujuan utama saya. Saya akan menjadi satu-satunya yang memenangkan [balapan] dengan empat merek berbeda,” ungkap Vinales.

    Sejauh ini, Vinales telah memenangkan balapan di MotoGP bersama Suzuki (1 kemenangan), Yamaha (8 kemenangan), dan saat ini bersama Aprilia (1 kemenangan). Artinya, ia hanya membutuhkan kemenangan dengan satu merek lagi untuk mewujudkan rekor tersebut.

    “Jika saya bisa memberikan 100% dalam setiap aspek, itu akan mungkin (memenangkan gelar). Bakat dan kecepatan sering membantu saya, tetapi sekarang saya harus fokus pada detail untuk mengambil langkah terakhir,” pungkasnya.

    (riar/rgr)

  • Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Ini Pelajaran Pentingnya!

    Viral Ban Innova Masih Bagus Tiba-tiba Pecah, Ini Pelajaran Pentingnya!

    Jakarta

    Di media sosial viral ban mobil Innova tiba-tiba pecah saat dikendarai di tol. Padahal disebutkan, ban tersebut masih dalam kondisi bagus. Tapi, ban itu pecah di bagian dindingnya.

    Video viral itu diunggah akun TikTok ratna.listy1. Unggahan video itu menarasikan, ban mobil tersebut masih terlihat bagus. Umur ban juga belum tua. Tapi ban bisa pecah dan terlihat hancur.

    “Benar-benar kejadian di luar nalar. Ban masih bagus, umur belum tua, tiba2 pecah dan hancur seperti kerupuk begini. Ada petugas Derek dari Astra Tol Cipali @astratolcipali lewat dan ikut menjaga situasi agar insiden ini tidak sampai mengganggu lalu lintas jalan tol. Serem ya kalau lihat penampakan bannya. Sepertinya mustahil kita selamat jika bukan karena pertolongan Allah,” tulisnya di unggahan TikTok.

    Dalam video yang diunggah tersebut, terlihat ban Innova itu pecah di bagian dinding ban. Tampak bagian dinding ban hancur. Pengendara Innova itu akhirnya menggantinya dengan ban serep.

    Menurut praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, ban mobil meski terlihat bagus bisa saja mengalami pecah di tengah perjalanan. Hal itu biasanya terkait dengan perawatan ban.

    Sony bilang, dari semua bagian ban, dinding ban adalah yang paling rentan. Makanya, ban mobil kebanyakan pecah di bagian dinding ban.

    “Dari semua bagian ban, yang paling tipis adalah dinding ban, sehingga rata-rata pecah dan rusaknya di situ,” katanya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan dinding ban pecah saat dikendarai. Faktor-faktor seperti kurang dirawat kebanyakan menjadi pemicunya.

    “Biasanya rusak atau pecah karena sering kurang tekanan angin pada bannya, atau ban sering disemir oplosan, atau tertusuk benda tajam yang tidak terdeteksi, atau cacat produksi (kemungkinan terkecil),” sebut Sony.

    Pelajaran Penting

    Untuk itu, Sony menyarankan sebelum melakukan perjalanan biasakan mengecek kondisi ban, paling tidak secara visual. Kalau tekanan angin berkurang, langsung tambahkan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Untuk berapa besar tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan, biasanya di bagian pintu pengemudi ada tabel spesifikasi tekanan ban yang sesuai.

    “Pahami bahwa ban itu buatan pabrik yang bukan berarti tidak perlu perawatan. Dan di kendaraan, ban tersebut kerjanya paling berat,” ujar Sony.

    “Untuk menghindari kerusakan, biasakan dicek secara visual bannya dan tekanan anginnya setiap pagi hari. Kemudian jangan disemir dengan semir oplosan. Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan aturan lalu lintas (maksimal 80 km/jam) karena harapannya jika pecah pun kendaraan masih bisa dikontrol oleh pengemudi,” bebernya.

    (rgr/din)

  • Aksi Solidaritas Bikers Jakarta Galang Dana untuk Korban Bencana Sumatera

    Aksi Solidaritas Bikers Jakarta Galang Dana untuk Korban Bencana Sumatera

    Foto Oto

    Najmi Dhiaulhaq – detikOto

    Minggu, 07 Des 2025 16:00 WIB

    Jakarta – Komunitas motor di Jakarta menggalang dana untuk membantu korban banjir bandang dan longsor di Sumatra. Aksi ini jadi wujud kepedulian terhadap warga terdampak.

  • Auto2000 Punya Aplikasi Digiroom Terbaru, Janjikan Pelayanan Makin Mudah

    Auto2000 Punya Aplikasi Digiroom Terbaru, Janjikan Pelayanan Makin Mudah

    Jakarta

    AUTO2000 meresmikan Digiroom generasi terbaru di Astra Biz Center BSD, Tangerang, pada Sabtu (6/12/25) kemarin. Pembaruan aplikasi ini menegaskan langkah AUTO2000 dalam memberikan pelayanan yang kian memudahkan pelanggan.

    Digiroom kini hadir dengan pendekatan yang lebih personal dan terintegrasi. Aplikasi ini dirancang untuk menggabungkan proses online dan offline agar pengalaman pelanggan terasa lebih mulus dari tahap pembelian mobil hingga layanan purnajual.

    Chief Executive Auto2000 Bpk Anton Jimmi Suwandy sedang mengoperasikan platform Auto2000 Digiroom terbaru, di Booth Digiroom Astra Biz Center, BSD, Tangerang, Banten. Foto: dok. AUTO2000

    Seluruh fitur diramu agar pelanggan AUTO2000 bisa menyelesaikan urusan Toyota cukup dalam satu aplikasi.

    Salah satu peningkatan signifikan terlihat pada fitur pembelian mobil baru. Pelanggan dapat mengeksplorasi seluruh jajaran mobil Toyota lengkap dengan tampilan 360 derajat, komparasi spesifikasi, hingga simulasi kredit yang membantu pengambilan keputusan.

    Pengguna juga bisa berkomunikasi langsung dengan account executive untuk konsultasi lebih lanjut. Selain itu, layanan booking servis mendapat pembaruan agar pelanggan bisa mendapatkan kepastian jadwal.

    Pengguna dapat memilih bengkel Auto2000 yang sesuai, memeriksa status T-Care dan garansi, serta mengakses promo aftersales.

    Aplikasi ini juga terhubung dengan layanan THS Auto2000 Home Service sehingga teknisi dapat datang ke lokasi yang ditentukan pelanggan.

    Program loyalty menjadi area yang ikut diperkuat. Konsumen dapat mengumpulkan poin dari berbagai transaksi serta meningkatkan tier loyalty mulai dari white hingga platinum.

    Setiap level memberikan akses ke keuntungan dan layanan eksklusif yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan setia.

    Aplikasi Digiroom juga memudahkan pelanggan melakukan booking test drive secara online. Cukup pilih mobil dan cabang yang diinginkan lalu tentukan waktu kunjungan.

    Tidak hanya itu layanan trade in yang bekerja sama dengan OLXmobbi memungkinkan proses valuasi kendaraan lama dilakukan langsung di lokasi pelanggan.

    Peningkatan lain hadir melalui fitur tracking transaksi real time yang mempermudah pelanggan memantau pembelian mobil, status pengerjaan servis, hingga riwayat transaksi. Transparansi ini dihadirkan agar seluruh proses terasa lebih jelas dan mudah diikuti.

    (kiri ke kanan) Customer Experience Div. Head Auto2000 Bpk Riyanto, Chief Executive Auto2000 Bpk Anton Jimmi Suwandy, Direktur Astra Bpk Henry Tanoto, Chief Marketing Auto2000 Bpk Yagimin, saat meresmikan Auto2000 Digiroom terbaru, di Astra Biz Center, BSD, Tangerang, Banten. Foto: dok. AUTO2000

    Sejak pertama kali dikenalkan Digiroom telah diunduh lebih dari 500 ribu kali dengan pengguna aktif bulanan mencapai 22 ribu orang.

    Sepanjang 2025 lebih dari 41 ribu pelanggan melakukan booking servis lewat aplikasi yang menunjukkan penerimaan positif dari penggunanya.

    Peluncuran Digiroom terbaru dilakukan dalam rangkaian Astra Auto Fest 2025. Auto2000 menyediakan berbagai program promosi untuk pengguna baru mulai dari hadiah merchandise hingga keuntungan transaksi di aplikasi.

    Menariknya, pengunjung juga berkesempatan mencoba langsung kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk New Veloz Hybrid EV yang menjadi salah satu daya tarik utama acara.

    Chief Executive AUTO2000 Anton Jimmi Suwandy menjelaskan bahwa pengembangan Digiroom membawa semangat inovasi berkelanjutan.

    “AUTO2000 berkomitmen untuk senantiasa bisa dekat dengan pelanggan untuk, mewujudkan Life is Easy with AUTO2000 dengan value Dekat, Nyaman, Lengkap, salah satunya dengan terus membangun dan mengembangkan Aplikasi AUTO2000 Digiroom,” ujar Anton Jimmi.

    Ia menekankan komitmen AUTO2000 untuk selalu dekat dengan pelanggan melalui layanan yang cepat, responsif, dan mudah diakses. Simbol infinity di aplikasi menjadi representasi dari upaya AUTO2000 dalam menghadirkan pelayanan terbaik tanpa henti.

    (mhg/rgr)

  • Bocor! Begini Wujud Wuling Binguo Generasi Baru

    Bocor! Begini Wujud Wuling Binguo Generasi Baru

    Jakarta

    Wujud Wuling Binguo generasi baru muncul lebih cepat dari yang diperkirakan.

    Bukan dari teaser resmi, melainkan dari dokumen otoritas industri otomotif Cina yang mengungkap seluruh detail eksterior hingga spesifikasi awal model bernama Wuling Binguo Pro.

    Bocoran ini langsung menarik perhatian karena Binguo menjadi salah satu produk listrik Wuling yang dijual di Indonesia sehingga setiap pembaruan di China berpotensi dibawa ke pasar domestik.

    Dilansir dari CarNewsChina, nama Wuling Binguo Pro pertama kali terlihat pada katalog Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MIIT).

    Berkas tersebut mencantumkan gambar eksterior, ukuran bodi, bobot kendaraan, serta konfigurasi powertrain. Meski tidak ada penjelasan resmi dari pabrikan, penyertaan model dalam dokumen MIIT biasanya menjadi indikasi kuat bahwa peluncurannya sudah dekat.

    Berdasarkan data tersebut, Binguo Pro hadir dengan revisi dimensi yang kini tercatat 4.050 milimeter panjang, 1.758 milimeter lebar, dan 1.580 milimeter tinggi. Wheelbase tetap di angka 2.560 milimeter.

    Wuling Binguo EV Pro generasi baru sudah didaftarkan ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MIIT) Foto: dok. Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MIIT)

    Jika dibandingkan dengan Wuling Binguo yang beredar di Indonesia, model baru ini tampak sedikit lebih panjang dan lebar sehingga kemungkinan menghadirkan kabin yang lebih lega.

    Secara desain, terlihat Binguo Pro terbaru ini tetap mempertahankan karakter rounded khas Binguo. Namun terdapat sentuhan baru berupa lampu bulat yang lebih tegas, pelek menyerupai kelopak bunga, serta handle pintu semi tersembunyi.

    Pendekatan desain ini membuat Binguo Pro tampil lebih modern tanpa menghilangkan identitas retro futuristik yang menjadi daya tarik utamanya.

    Dari dokumen tersebut, terungkap pula bahwa Wuling Binguo Pro akan membawa motor listrik berdaya 65 kW atau sama dengan 87 HP.

    Sementara untuk baterainya, sayang tak ada keterangan spesifik di dokumen Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina tersebut. Justru di situ tertera kecepatan maksimalnya akan di angka 130 km/jam.

    Meski belum dapat dipastikan Wuling Binguo Pro di China ini akan masuk ke Indonesia, namun bukan tidak mungkin model tersebut dihadirkan oleh Wuling Indonesia ke pasar domestik.

    Per berita ini dimuat, Wuling Indonesia masih menjual New BinguoEV dengan harga mulai dari Rp 279 jutaan. Terdapat beberapa model yang dijual oleh Wuling, mulai dari New BinguoEV Lite hingga New BinguoEV Pro.

    (mhg/rgr)

  • Tentang Mobil Pikap Biru ‘Bonnie Blue’s Bangbus’ buat Produksi Film Porno

    Tentang Mobil Pikap Biru ‘Bonnie Blue’s Bangbus’ buat Produksi Film Porno

    Jakarta

    Sebuah mobil pikap Suzuki Carry jadul diamankan Polres Badung, Bali, terkait penggerebekan kasus video asusila artis porno asal Inggris, Bonnie Blue. Mobil pikap Carry Bagong berkelir biru itu ditempeli tulisan “Bonnie Blue’s Bangbus”.

    Pikap Carry Bagong tersebut diduga digunakan untuk produksi film porno Bornie Blue di Bali. Polisi melakukan penggerebekan setelah adanya laporan aktivitas mencurigakan dari masyarakat. Bonnie Blue diperiksa Polres Badung atas dugaan produksi dan penyebaran konten asusila tersebut.

    Kasus ini berawal dari laporan masyarakat mengenai aktivitas mencurigakan di sebuah studio di Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Polisi melakukan penggerebekan di lokasi dan mendapati tempat tersebut diduga digunakan untuk membuat video asusila.

    “Diduga tempat tersebut digunakan oleh terduga pelaku untuk memproduksi video asusila,” kata Kapolres Badung AKBP M. Arif Batubara dikutip detikBali.

    Polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Salah satunya mobil pikap Suzuki Carry Bagong bertuliskan “Bonnie Blue’s Bangbus”.

    “Penyidik juga menemukan beberapa kamera yang digunakan untuk merekam aksi mereka dan beberapa alat kontrasepsi,” katanya.

    Carry Bagong, Pikap Legendaris Suzuki

    Pelaku diduga menggunakan mobil pikap Carry Bagong berpelat nomor DK 8109 SX untuk membuat video asusila. Carry Bagong atau yang punya nama resmi Carry ST 100 adalah mobil pikap legendaris di Indonesia.

    Carry Bagong merupakan Suzuki Carry generasi ketiga di Indonesia. Mobil ini menjadi penerus Carry Truntung alias Carry ST20 yang mesin 2 tak dan dimensi yang lebih kecil.

    Carry awalnya lahir dengan ST10. Pikap tersebut menggunakan mesin 2 tak 3 silinder 539 cc berpendingin cairan. Kemudian pada 1977, generasi kedua Suzuki Carry yang dikenal sebagai Carry Truntung lahir dengan dimensi yang lebih besar.

    Tujuh tahun kemudian, Carry Bagong atau ST100 lahir. Dikutip dari situs Suzuki Makassar, julukan Bagong diberikan karena desain lampu depannya yang menyerupai mata tokoh wayang Bagong.

    Pikap Carry Bagong ini mengalami perubahan signifikan dari generasi sebelumnya. Pikap ini menggunakan mesin 4-tak 4 silinder berkapasitas 970 cc, berubah dari mesin 2 tak 539 cc pada generasi Suzuki Carry Truntung. Carry Bagong juga membawa perubahan pada bentuk headlamp.

    Carry ST100 atau Carry 1000 juga menjadi bahan karoseri untuk dijadikan angkutan penumpang atau minibus. Bahkan, mobil tersebut andal digunakan sebagai mobil angkot atau angkutan perkotaan.

    (rgr/mhg)

  • Mobil Nasional Bikinan RI Bakal Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Ini Rival-rivalnya

    Mobil Nasional Bikinan RI Bakal Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Ini Rival-rivalnya

    Jakarta

    Mobil nasional bikinan Indonesia bakal dijual di bawah Rp 300 juta. Berikut ini calon rival-rivalnya.

    Harga menjadi salah satu pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli mobil. Maka dari itu, penentuan harga yang dilakukan oleh pabrikan harus diperhitungkan dengan matang. Terlebih lagi, di Indonesia mobil-mobil yang banyak diburu kebanyakan punya harga di rentang Rp 200-300 juta. Hal ini pula yang jadi pertimbangan pemerintah dalam menggodok proyek mobil nasional bikinan Indonesia.

    “Kami sudah cek di lapangan dari Gaikindo memang sekarang terbesar, market terbesar pangsanya adalah mobil-mobil di bawah Rp 300 juta sehingga ini juga yang didorong oleh pemerintah sehingga affordability menjadi tantangan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Pembukaan Rapimnas Kadin belum lama ini.

    Daftar Mobil di Bawah Rp 300 Juta Calon Rival Mobil Nasional RI

    Adapun, opsi mobil di bawah Rp 300 juta cukup banyak, ada mobil LCGC, Low MPV, low SUV, bahkan mobil listrik pun tersedia. Misalnya ada Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, Honda Brio, dan beberapa model lainnya. Nah deretan mobil itulah yang bakal menjadi rival dari calon mobil nasional bikinan RI. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil di bawah Rp 300 juta yang bakalan menjadi rival mobil nasional Indonesia.

    1. Toyota

    Toyota Avanza dan Veloz Foto: Dok.Toyota Astra Motor

    Toyota memiliki beberapa model mobil yang dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Pertama ada Calya yang dibanderol dengan harga Rp 169,6 juta hingga yang termahal Rp 192,6 juta. Selanjutnya ada Toyota Avanza. Low MPV berjuluk mobil sejuta umat ini menjadi salah satu calon rival terberat karena harganya mulai Rp 243 juga hingga Rp 280,8 juta. Di segmen Low SUV, Toyota punya Rush dengan banderol di bawah Rp 300 juta. Tercatat ada dua varian Rush yang dibanderol di bawah Rp 300 juta yaitu 1.5 G M/T Rp 288,5 juta dan 1.5 G A/T Rp 299,5 juta. Selanjutnya ada beberapa varian Toyota Raize yang harganya Rp 242,2 juta hingga Rp 293,9 juta. Terbaru, Toyota juga punya mobil hybrid yang harganya di bawah Rp 300 juta yakni Veloz Hybrid varian terendah. Veloz hybrid termurah ini dibanderol Rp 299 juta.

    2. Honda

    Honda WR-V Foto: Honda Prospect Motor

    Honda juga punya sejumlah amunisi mobil dengan harga di bawah Rp 300 juta dan calon rival mobil nasional RI. Pertama ada Honda Brio dengan banderol Rp 170,4 juta hingga Rp 258,2 juta. Di segmen SUV kompak, Honda memiliki WR-V. SUV berkapasitas lima penumpang ini punya dua varian yang ditawarkan dengan harga Rp 280,7-290,7 juta. Di segmen mobil tujuh penumpang, ada BR-V varian terendah seharga Rp 297,3 juta.

    3. Daihatsu

    Daihatsu Xenia Foto: Andhika Prasetia

    Semua model mobil Daihatsu punya opsi harga di bawah Rp 300 juta. Mulai dari Ayla, Sigra, Rocky, Xenia, Sirion, Terios, Luxio, hingga Gran Max ditawarkan di rentang harga Rp 200-300 jutaan.

    4. Suzuki

    Pilihan mobil di bawah Rp 300 juta yang disajikan Suzuki juga ada beberapa. Mulai dari Suzuki S-Presso yang seluruh variannya dijual di bawah Rp 200 juta. Selanjutnya ada Ertiga yang bisa dimiliki mulai dari Rp 236,1 juta. Suzuki XL7 juga punya beberapa opsi varian dengan harga di bawah Rp 300 juta. Tak ketinggalan, ada Suzuki Fronx. Ada empat varian Suzuki Fronx yang dibanderol di bawah Rp 300 juta.

    5. Mitsubishi

    Mitsubishi Xpander Foto: Mitsubishi

    Mobil di bawah Rp 300 juta yang ditawarkan Mitsubishi adalah Xpander. Tercatat ada empat varian Xpander yang dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta yaitu GLS MT, GLS CVT, Exceed Tourer MT, dan Exceed Tourer CVT.

    6. Chery

    Chery Tiggo Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Chery juga punya opsi mobil-mobil di bawah Rp 300 juta. Ada Tiggo Cross seharga Rp 259,5 juta hingga Rp 299,9 juta.

    7. BYD

    BYD Atto 1. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Nggak cuma mobil bensin atau hybrid yang banderolnya di bawah Rp 300 juta. BYD juga punya mobil listrik di bawah Rp 300 juta lewat Atto 1. Harganya paling murah Rp 199 juta dan termahal Rp 235 juta.

    8. Wuling

    Amunisi mobil di bawah Rp 300 juta juga dimiliki Wuling. Opsinya ada beberapa mulai dari Formo, Confero S, Cortez S, dan Alvez. Di segmen mobil listrik, Wuling punya Air ev, dan juga satu varian BinguoEV.

    9. Hyundai

    Pabrikan asal Korea Selatan ini juga punya dua model yang dijual di bawah Rp 300 juta yaitu Cartenz X dan Creta.

    10. Jaecoo

    Jaecoo J5 Foto: Ridwan Arifin/detikoto

    Satu lagi mobil listrik punya harga di bawah Rp 300 juta. Adalah Jaecoo J5 yang banderolnya mulai Rp 249,9 juta hingga yang termahal Rp 299,9 juta.

    Nah itu tadi deretan mobil di bawah Rp 300 juta yang bakal jadi rival mobil nasional bikinan RI. Sebagai pendatang baru, tentunya mobil nasional bikinan RI harus punya daya tarik yang tak dimiliki rival selain harganya yang kompetitif.

    (dry/rgr)