Jenis Media: Otomotif

  • Ngeri! Taksi Otonom Tabrak Dua Pejalan Kaki, Ada yang Kejepit di Bawah Mobil

    Ngeri! Taksi Otonom Tabrak Dua Pejalan Kaki, Ada yang Kejepit di Bawah Mobil

    Jakarta

    Sebuah kendaraan otonom (mobil tanpa pengemudi) yang dioperasikan oleh perusahaan Hello, terlibat kecelakaan serius di Zhuzhou, Provinsi Hunan, Tiongkok.

    Dikutip dari Dafeng News, dua pejalan kaki dilarikan ke rumah sakit dan sedang dirawat di unit perawatan intensif (ICU).

    Menurut laporan saksi mata dan video yang dibagikan di media sosial, kendaraan tanpa sopir itu menabrak dua pejalan kaki sekitar pukul 9.00 pagi di Jalan Yanjiang. Satu korban terjebak di bawah kendaraan, sementara yang lain terluka di dekatnya. Rekaman video menunjukkan korban terjebak di bawah kendaraan, menggunakan helm dengan wajah yang berdarah. Hal ini terlihat saat orang-orang di sekitar berusaha mengangkat kendaraan untuk menyelamatkannya.

    Kedua korban–satu laki-laki dan satu perempuan–dibawa ke Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Provinsi Hunan, di mana mereka saat ini dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU). Pihak rumah sakit belum merilis rincian tentang sejauh mana cedera yang dialami korban.

    Otoritas setempat membenarkan bahwa mobil otonom yang mengalami kecelakaan itu punya tanda “Hello Autonomous Driving” dan memiliki nomor “3009”. Mobil itu sedang bergerak ke arah selatan tepat setelah melintasi penyeberangan pejalan kaki.

    Kejadian ini merupakan insiden serius yang melibatkan kendaraan otonom di Tiongkok dan telah menarik perhatian mengenai keamanan teknologi tanpa pengemudi.

    Seorang perwakilan layanan pelanggan Hello membenarkan perusahaan telah menerima informasi tentang insiden tersebut. Pernyataan saat ini menyebut, mereka secara aktif bekerja sama dengan departemen terkait dalam proses penyelidikan.

    Kendaraan otonom Hello baru mulai melakukan uji coba di jalan raya pada bulan Agustus tahun ini (2025) setelah mendapatkan persetujuan regulasi di Zhuzhou. Diperkirakan ada sekitar 20 hingga 30 kendaraan yang beroperasi di jalan-jalan yang diizinkan di seluruh kota tersebut.

    Hello baru saja meluncurkan kendaraan otonom L4 yang mereka kembangkan sendiri (disebut “HR1”) pada bulan September, namun mobil yang terlibat dalam kecelakaan diduga model Apollo RT6 yang dibeli dari Baidu.

    Hello, perusahaan yang berafiliasi dengan Alibaba telah berkembang ke layanan ride-hailing.

    Perusahaan ini memiliki rencana ambisius di sektor kendaraan otonom. Beberapa hari sebelum kecelakaan ini, Hello mengumumkan bahwa kendaraan otonom L4 pertama mereka dijadwalkan untuk produksi massal pada Juni 2026.

    Saat ini Hello baru melakukan uji coba di dua kota kecil saja, yaitu Zhuzhou dan Liyang. Layanan robotaxi mereka di Zhuzhou telah ditangguhkan setelah kecelakaan serius ini.

    (riar/rgr)

  • Potret Honda Lead 125 Terbaru yang Dijual Rp 37 Jutaan

    Potret Honda Lead 125 Terbaru yang Dijual Rp 37 Jutaan

    Dua warna anyar tersebut membawa nuansa berbeda. Candy Luster Red memberi kesan mewah yang mencolok tanpa berlebihan, sementara Vanilla White tampil bersih, serta premium, cocok bagi pengguna yang menginginkan skutik kecil dengan tampilan elegan. Meski hadir dengan pembaruan warna, Lead 125 tetap mempertahankan karakter  jadul yang sudah menjadi ciri khasnya, terutama dari desain fascia depan, hingga speedometer analog yang masih dipertahankan di era digital ini. Foto: Dok. Honda

  • Gak Cuma buat Usaha, Toyota Hilux Bisa Dimodifikasi untuk Balap Reli

    Gak Cuma buat Usaha, Toyota Hilux Bisa Dimodifikasi untuk Balap Reli

    Jakarta

    Toyota Hilux bukan sekadar kendaraan niaga yang andal diajak usaha. Tapi juga bisa dimodifikasi untuk kebutuhan balap reli. Contohnya seperti Toyota Hilux GR milik Julian Johan yang dimodifikasi untuk mengikuti kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 di Thailand dan Indonesia Rally Raid Adventure (IRRA) 2025.

    Secara teknis, Toyota Hilux GR Julian Johan ini sudah melakukan perombakan di beberapa bagian. Misal bagian suspensi, sudah menggunakan suspensi khusus balap untuk menghadapi medan ekstrem. Ban juga diganti menggunakan spek AT khusus kompetisi, besutan BFGoodrich. Velg pun diganti dengan yang lebih kuat, namun ringan.

    Selain itu, sasis mobil juga diperkuat dengan tambahan roll cage sesuai regulasi FIA untuk melindungi pengemudi dan navigator. Kemudian interior standar dilucuti dan lalu diganti dengan jok balap (bucket seat) dengan sabuk pengaman multi-titik, serta panel instrumen dan navigasi khusus reli.

    Gak cuma buat usaha, Toyota Hilux bisa dimodifikasi untuk balap reli Foto: Dok. Istimewa

    Meskipun model produksi massal Hilux GR Sport ditenagai mesin diesel 2.8 liter yang bertenaga 204 PS, versi reli mendapat peningkatan performa melalui tuning ulang ECU, sistem injeksi bahan bakar, serta perangkat turbo yang dimodifikasi untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar secara konsisten.

    Modifikasi lainnya mencakup peningkatan sistem pendingin mesin dan transmisi untuk menjaga suhu optimal selama balapan jarak jauh yang intens. Kemudian juga proteksi tambahan di eksterior, seperti penggunaan skid plate di seluruh bagian bawah mobil untuk melindungi komponen vital dari batu dan benturan.

    Tak hanya modifikasi yang berkaitan dengan performa, modifikasi yang berkaitan dengan visual pun diperhatikan. Sebab goresan yang dibiarkan bisa mengganggu identifikasi panel, mengurangi visibilitas marking, hingga mempersulit pengecekan pasca-etape. Maka itu diperlukan lapisan cat yang membantu melindungi bodi dari kerikil, lumpur, dan cuaca ekstrem yang terus menghantam selama balapan berlangsung.

    “IRRA bukan soal kecepatan saja. Ini juga soal ketangguhan, navigasi, dan fisik yang prima menghadapi beragam medan. Ditemani AXT EZ-USE dari Belkote, setiap goresan dan risiko balapan bisa diatasi dengan cepat,” ucap pereli nasional Julian Johan (Jejelogy) dalam keterangan resminya.

    Gak cuma buat usaha, Toyota Hilux bisa dimodifikasi untuk balap reli Foto: Dok. Istimewa

    “Dengan pengalaman luas di restorasi dan modifikasi, Jejelogy bakal menunjukkan langsung bagaimana cat premium Belkote bisa bikin kendaraan tampil makin standout dan fresh,” ujar Andrew Budi Kurniawan selaku Direktur Marketing PT Bintang Chemical Indonesia (produsen Belkote Paint).

    Jejelogy sendiri berhasil finis di posisi puncak setelah melewati medan ekstrem khas rally raid pada gelaran IRRA 2025 yang berlangsung 3-6 Desember 2025. Ini melanjutkan performa impresifnya yang sebelumnya sukses finis di posisi atas pada ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 di Thailand.

    Sebagai informasi, IRRA sendiri telah resmi diluncurkan dan sukses digelar 3-6 Desember 2025 di kawasan Subang, Majalengka, dan Kertajati. Mengusung konsep reli lintas alam, ajang ini memadukan balapan mobil 4×4 dan motor rally, terinspirasi dari Paris-Dakar namun dikemas dengan karakter medan tropis Indonesia.

    Kompetisi ini menuntut kemampuan navigasi, ketahanan kendaraan, serta konsistensi fisik dan mental peserta. Rutenya pun mencakupi jalan tanah yang berliku, jalur berbatu yang terjal, hingga melintasi sungai-sungai kecil, kombinasi medan yang merepresentasikan kondisi alam Indonesia.

    (lua/rgr)

  • Isi Garasi Bupati Aceh Selatan yang Umrah saat Warganya Dilanda Bencana

    Isi Garasi Bupati Aceh Selatan yang Umrah saat Warganya Dilanda Bencana

    Jakarta

    Bupati Aceh Selatan Mirwan MS tengah menjadi sorotan. Mirwan pergi umrah saat bencana banjir dan tanah longsor melanda wilayahnya. Perjalanan itu dilakukan tanpa izin pemerintah daerah maupun pusat.

    Presiden Prabowo Subianto sampai menyentil Bupati Aceh Selatan Mirwan MS yang pergi umrah tanpa izin saat wilayahnya terdampak bencana. Prabowo menyinggung Bupati Aceh Selatan Mirwan MS yang ‘lari’ saat bencana melanda wilayah Aceh Selatan.

    Isi Garasi Mirwan

    Mengintip sisi otomotif Mirwan, Bupati Aceh Selatan ini memiliki beberapa kendaraan bermotor Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Mirwan terakhir kali menyampaikan LHKPN pada 1 Oktober 2024 sebagai calon bupati.

    Berdasarkan LHKPN-nya, Mirwan memiliki beberapa kendaraan. Di antaranya:

    Toyota Fortuner 2017 Hasil Sendiri senilai Rp 435 jutaDaihatsu Pick Up Tahun 2013 Hasil Sendiri senilai Rp 72 jutaMitsubishi Colt Diesel Dump Truck FE 74 Tahun 2008 Hasil Sendiri senilai Rp 185 jutaMitsubishi Colt Diesel Dump Truck FE SHD Tahun 2009 Hasil Sendiri senilai Rp 195 jutaToyota Fortuner VRZ 4×2 Tahun 2021 Hasil Sendiri senilai Rp 450 jutaToyota Rush 1.5S AT Tahun 2020 Hasil Sendiri senilai Rp 200 jutaToyota Rush 1.5S AT Tahun 2020 Hasil Sendiri senilai Rp 200 jutaToyota Rush 1.5S AT Tahun 2020 Hasil Sendiri senilai Rp 200 jutaToyota Camry 2.5 V AT Tahun 2019 Hasil Sendiri senilai Rp 400 juta.

    Selain itu, Mirwan memiliki kendaraan alat berat yaitu Komatsu Hydroulic Excavator PC 200-6 tahun 2007 senilai Rp 450 juta dan Komatsu Excavator VC 200/5 Tahun 2004 senilai Rp 260 juta. Jadi, total harta berupa alat transportasi dan mesin yang dimiliki mencapai Rp 3.047.000.000 (Rp 3 miliaran).

    Harta kekayaan Mirwan paling banyak berasal dari lima tanah dan bangunan senilai Rp 21.882.555.000. Lokasinya ada yang terletak di Jakarta Timur dan Aceh Barat Daya yang disebut merupakan hasil sendiri. Tercatat harta bergerak lainnya senilai Rp 321.400.000, kas dan setara kas Rp 223.015.622, serta harta lainnya Rp 710.000.000.

    Total kekayaan Mirwan sebenarnya tercatat sebesar Rp 26.183.970.622, namun dikurangi kepemilikan utang Rp 225.000.000 sehingga menjadi Rp 25.958.970.622.

    Lihat Video ‘Sindiran Prabowo ke Bupati Aceh Selatan yang ‘Lari’ dari Bencana’:

    (rgr/din)

  • Hati-hati Penipuan SMS Tilang Elektronik, Jangan Asal Klik Link-nya!

    Hati-hati Penipuan SMS Tilang Elektronik, Jangan Asal Klik Link-nya!

    Jakarta

    Waspada! Marak modus penipuan tilang elektronik lewat SMS. Jika menerima SMS tersebut, jangan asal klik link-nya.

    Dikutip dari situs resmi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Andika Bayu Adhittama mengimbau masyarakat agar waspada terhadap modus penipuan pemberitahuan tilang elektronik (ETLE) melalui SMS. Ia menegaskan, pemberitahuan resmi ETLE tidak pernah dikirim lewat SMS.

    “Kalau ada pesan lewat SMS yang mengaku tilang elektronik, itu penipuan. Pemberitahuan ETLE resmi hanya melalui WhatsApp atau email,” kata Andika.

    Seorang warga bernama Syahri melapor ke polisi karena menerima SMS yang isinya mengenai denda tilang elektronik. Pesan itu dikirim dari nomor tidak dikenal dan berisi tautan pembayaran denda.

    Dalam SMS pertama, Syahri diminta segera membayar denda pelanggaran lalu lintas untuk menghindari sanksi tambahan. Pesan itu juga menyertakan link mencurigakan.

    Keesokan harinya, ia lagi-lagi mendapatkan SMS serupa dari nomor berbeda. Isi SMS-nya mengaku sebagai pemberitahuan terakhir sebelum dikenakan penalti ganda.

    Saat mencoba membuka tautan tersebut dan memasukkan nomor pelat kendaraannya, sebuah halaman muncul yang menampilkan informasi pembayaran denda sebesar Rp 100 ribu. Di dalamnya juga terdapat pilihan metode pembayaran yang mengarahkan pada penggunaan kartu kredit atau debit.

    “Kalau kita isi data, bisa langsung terkuras saldonya,” ujar Syahri.

    Setelah dicek ke Ditlantas Polda Kepri, petugas memastikan SMS tersebut merupakan modus penipuan dengan web phising. Polisi mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dan selalu mengecek kebenaran pesan yang mengatasnamakan ETLE.

    Menurut Peraturan Kakorlantas (Perkakor) Nomor 1 Tahun 2025, konfirmasi ETLE dikirimkan melalui dua jalur resmi: Kantor Pos serta media elektronik seperti email dan WhatsApp. Konfirmasi resmi dari Korlantas Polri akan muncul melalui chatbot ETLE Nasional yang sudah memiliki centang biru.

    Kalau meragukan, pemilik kendaraan bisa mengecek nomor referensi lewat situs resmi konfirmasi-etle.polri.go.id untuk memastikan data pelanggaran valid.

    (rgr/din)

  • Penjualan Daihatsu Naik 5 Persen, Ini Model Terlarisnya

    Penjualan Daihatsu Naik 5 Persen, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan angka penjualan positif pada November 2025. Penjualan retail (dealer ke konsumen) diklaim tembus 12.750 unit.

    Penjualan Daihatsu naik 5% dibandingkan Oktober 2025 yang tercatat sebanyak 12.196 unit. Kenaikan penjualan ini ditopang oleh kontribusi solid dari tiga segmen utama andalan Daihatsu. Model-model dari segmen Commercial Low (Gran Max Series), LCGC (Sigra dan Ayla), dan SUV Medium (Terios) secara kolektif menyumbang sekitar 92% dari total penjualan.

    Jagoan utama Daihatsu, Gran Max Series, kembali membuktikan diri sebagai tulang punggung bisnis. Gran Max Pick Up mencatat penjualan 4.468 unit, sementara Gran Max Mini Bus menyumbang 2.519 unit. Secara total, Gran Max Series menyumbang sekitar 55% dari total penjualan dan bahkan mencatatkan kenaikan 2% dibandingkan bulan Oktober.

    Sigra dan Ayla untuk segmen LCGC juga tak kalah mentereng. Total penjualan kedua model LCGC ini mencapai 3.394 unit, menyumbang 27% dari total penjualan. Menariknya, segmen ini menunjukkan pertumbuhan paling tinggi, yakni melonjak 9% dibandingkan bulan sebelumnya.

    Terios tak mau ketinggalan, SUV andalan Daihatsu, Terios, juga ikut meramaikan pesta penjualan. Terios terjual sebanyak 1.327 unit, berkontribusi 10% dari total penjualan, dan mencatat pertumbuhan tertinggi di angka 14% dibandingkan bulan Oktober.

    Direktur Marketing dan Corporate Communication PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani, menyampaikan hasil ini memantapkan posisi Daihatsu sebagai merek mobil terlaris nomor dua di Indonesia.

    “Kami mengucapkan terima kasih atas respon positif dari pelanggan Daihatsu khususnya segmen commercial low, LCGC, dan SUV. Hal ini tidak lepas dari kepercayaan pelanggan Daihatsu di seluruh Indonesia baik sebagai sahabat dalam beraktivitas sehari-hari maupun bisnis,” ujar Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Corporate
    Communication PT Astra Daihatsu Motor.

    “Capaian ini juga menjadi langkah penting kami dalam menuju 17 tahun berturut-turut di posisi nomor 2 penjualan otomotif Indonesia,” tambahnya lagi.

    (riar/rgr)

  • Mobil Pengantin Gratis Boyolali Diminati, Warga Bisa Pakai Mobil Dinas Bupati

    Mobil Pengantin Gratis Boyolali Diminati, Warga Bisa Pakai Mobil Dinas Bupati

    Mobil Pengantin Gratis Boyolali Diminati, Warga Bisa Pakai Mobil Dinas Bupati

  • BMW Indonesia Hadirkan M3 CS Touring, Apa Bedanya dengan M3 Touring Biasa?

    BMW Indonesia Hadirkan M3 CS Touring, Apa Bedanya dengan M3 Touring Biasa?

    Jakarta

    BMW Indonesia memperkenalkan M3 CS Touring yang hadir sebagai varian paling ekstrem dari keluarga Touring seri M.

    M3 CS Touring yang resmi diperkenalkan pada ajang Gaikindo Jakarta International Auto Week 2025 beberapa waktu lalu ini, mengambil basis M3 Competition Touring yang sudah pernah diperkenalkan oleh BMW Indonesia.

    Namun, embel-embel CS membuat M3 CS Touring mendapatkan peningkatan performa, reduksi bobot, dan menajamkan karakter berkendara hingga terasa seperti mobil balap yang diberi ruang bagasi besar.

    Perbedaan BMW M3 CS Touring dengan M3 Touring biasa. Foto: dok. BMW

    Di atas kertas, BMW masih menghadirkan mesin enam silinder segaris 3,0 liter untuk M3 CS Touring. Namun, mesin ini diklaim mendapatkan perbedaan tuning sehingga bisa menghasilkan tenaga 551 hp dan torsi 650 Nm.

    Tekanan boost turbo meningkat menjadi 2,1 bar yang membuat tenaga tersalur lebih agresif sejak putaran bawah hingga mendekati limiter pada 7.200 rpm.

    Di sisi lain, transmisi M Steptronic delapan percepatan tetap menjadi andalan, didukung Drivelogic dengan tiga karakter perpindahan gigi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

    Sistem penggerak M xDrive tetap mempertahankan rasa rear biased, lengkap dengan opsi 4WD Sport dan mode 2WD yang mematikan DSC bagi pengemudi yang ingin merasakan pengalaman lebih natural.

    Perbedaan BMW M3 CS Touring dengan M3 Touring biasa. Foto: dok. BMW

    Akselerasinya lebih cepat dari M3 Touring standar dengan catatan 0 hingga 100 km per jam dalam 3,5 detik dan 0 hingga 200 km per jam dalam 11,7 detik.

    Mobil ini juga menjadi model Touring tercepat yang pernah melaju di Nürburgring Nordschleife berkat waktu 7 menit 29,5 detik.

    Selain performa, perbedaan mencolok lain terlihat pada konstruksinya. BMW menggunakan carbon fibre reinforced plastic pada kap mesin, front splitter, air intake, cover spion, diffuser, hingga konsol tengah.

    Kursi M Carbon bucket dan paddle shifter CFRP juga mengurangi bobot secara signifikan. Total pengurangan bobot mencapai 15 kilogram yang ikut mendongkrak kelincahan mobil ini.

    Setiap elemen chassis mendapat kalibrasi baru agar sesuai dengan karakter mesin yang lebih agresif. Suspensi Adaptive M, kemudi M Servotronic, serta DSC dan M Dynamic Mode disetel ulang agar mampu menahan beban tinggi saat dipacu di sirkuit. Rem M Compound berkaliper merah menjadi standar untuk memastikan daya henti tetap konsisten.

    Perbedaan BMW M3 CS Touring dengan M3 Touring biasa. Foto: dok. BMW

    Secara visual, M3 CS Touring tampil lebih menonjol melalui kidney grille tanpa frame, badge model dengan aksen merah, dan lampu depan berwarna kuning yang terinspirasi mobil GT racing.

    Velg M Light Alloy Style 827 M berukuran 19 inci di depan dan 20 inci di belakang dipadukan dengan sport tyres sebagai standar.

    Masuk ke kabin, nuansa RS langsung terasa melalui kursi bucket ringan, setir Alcantara tiga palang, badge CS berwarna merah, dan panel interior dengan sentuhan CFRP.

    Sistem digital mengandalkan BMW Curved Display dengan OS 8.5 yang menyajikan tampilan M spesifik. M Drive Professional hadir sebagai standar dengan fitur M Drift Analyser, M Laptimer, dan M Traction Control dengan sepuluh tahap pengaturan.

    Sementara untuk akomodasi, layaknya M3 Competition Touring, versi CS ini juga tetap mempertahankan sisi fungsional yang menjadi ciri Touring. Bagasi berkapasitas 500 liter dapat diperluas hingga 1.510 liter, membuatnya tetap ideal untuk perjalanan jauh maupun aktivitas harian.

    Hadirnya M3 CS Touring menambah opsi bagi pencinta BMW M yang mencari kombinasi unik antara performa setara mobil balap dan kepraktisan sebuah wagon.

    Varian ini berdiri di atas M3 Touring biasa dengan peningkatan signifikan pada aspek tenaga, bobot, respons, serta kemampuan sirkuit tanpa menghilangkan kenyamanan penggunaan sehari hari.

    Untuk harganya, BMW Group Indonesia menjual BMW M3 CS Touring dengan harga mulai dari Rp 3,307 miliar off the road.

    (mhg/rgr)

  • Biaya Isi Full Tank Bensin Pertamax, Shell, BP, Vivo untuk Nmax-PCX

    Biaya Isi Full Tank Bensin Pertamax, Shell, BP, Vivo untuk Nmax-PCX

    Jakarta

    Pilihan bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin RON 92 kini sudah semakin lengkap. SPBU swasta mulai menjual bensin RON 92 lagi. Bensin jenis ini cocok untuk mesin Yamaha Nmax atau Honda PCX.

    Tiga perusahaan SPBU swasta kini sudah mulai menjual bensin lagi. Stok bensin RON 92 sudah tersedia di SPBU swasta.

    Shell memastikan bensin RON 92, Shell Super, sudah tersedia kembali. Bahan bakar ini menggunakan base fuel atau bahan bakar minyak (BBM) murni yang dipasok Pertamina Patra Niaga.

    Dikutip detikFinance, Pertamina dan Shell Indonesia sepakat soal pasokan base fuel alias bahan bakar minyak (BBM) murni. Menurut keterangan Pertamina Patra Niaga, anak usaha Pertamina, BBM mulai dikirim ke SPBU Shell. Pasokan BBM tersebut mencapai 100 ribu barel

    “Penyaluran kepada Shell Indonesia menegaskan bahwa Pertamina Patra Niaga tidak hanya siap memenuhi kebutuhan BBM untuk jaringan SPBU Pertamina, tetapi juga menjadi mitra strategis bagi operator SPBU swasta. Untuk Shell Indonesia penyaluran kali ini 100 MB,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Roberth MV Dumatubun.

    Sebelumnya, BP-AKR dan Vivo juga sepakat menggunakan pasokan base fuel dari Pertamina. Kini, bensin di SPBU swasta tersebut sudah ada lagi. Meski begitu, untuk BBM jenis bensin di SPBU swasta baru tersedia bensin RON 92.

    Harga Bensin RON 92

    Per Desember 2025 ini, harga bensin mengalami penyesuaian. Pertamax dari sebelumnya Rp 12.200 per liter kini dijual Rp 12.750 per liter.

    Sedangkan SPBU swasta seperti Shell, BP, dan Vivo, kompak mengenakan harga Rp 13.000 per liter untuk bensin RON 92.

    Biaya Isi Full Tank Nmax dan PCX

    Menurut laman resmi Astra Honda Motor (AHM), Honda PCX 160 dibekali tangki BBM dengan kapasitas 8,1 liter. Jika memilih mengisi bensin Pertamax, maka biaya yang harus dikeluarkan paling banyak adalah Rp 103.275. Kalau masih ada sisa bensin di tangki, berarti biaya untuk full tank lebih rendah dari itu.

    Sedangkan jika memilih bensin Shell Super, BP 92, atau Vivo Revvo 92 yang sama-sama dijual Rp 13.000 per liter, maka biaya yang dibutuhkan untuk full tank PCX adalah Rp 105.300. Sekali lagi, jika masih ada sisa bensin di tangki berarti biaya yang diperlukan bisa lebih murah.

    Sementara itu, menurut laporan di laman resmi Yamaha Motor Indonesia, NMax baru, baik Neo maupun Turbo, punya kapasitas tangki BBM sebesar 7,1 liter. Untuk mengisi bensin Pertamax, maka butuh biaya maksimal Rp 90.525. Sedangkan jika memilih Shell Super, BP 92, atau Vivo Revvo 92, maka untuk full tank Nmax maksimal Rp 92.300.

    Sebagai catatan, Honda PCX 160 punya kompresi mesin 12:1 dan Yamaha NMax baru 11,6:1. Sehingga, kedua motor matik gambot tersebut memang disarankan menggunakan BBM RON 92.

    (rgr/din)

  • Tampang Jadul, Harga Rp 37 Jutaan

    Tampang Jadul, Harga Rp 37 Jutaan

    Jakarta

    Honda resmi meluncurkan Lead 125 model 2026 di Jepang. Mempertahankan desain jadul dan fitur sederhana, skutik klasik itu kini tampil lebih segar berkat dua pilihan warna baru: Candy Luster Red dan Vanilla White. Kehadiran warna-warna ini melengkapi varian sebelumnya, Poseidon Black Metallic, sehingga total tersedia tiga warna untuk tahun ini. Lead 125 terbaru mulai dijual resmi pada 29 Januari 2026.

    Dua warna anyar tersebut membawa nuansa berbeda. Candy Luster Red memberi kesan mewah yang mencolok tanpa berlebihan, sementara Vanilla White tampil bersih, serta premium, cocok bagi pengguna yang menginginkan skutik kecil dengan tampilan elegan. Meski hadir dengan pembaruan warna, Lead 125 tetap mempertahankan karakter jadul yang sudah menjadi ciri khasnya, terutama dari desain fascia depan, hingga speedometer analog yang masih dipertahankan di era digital ini.

    Bagasi Honda Lead 125 2026 Foto: Dok. Honda

    Walau tampil sederhana, urusan fungsionalitas Lead 125 justru jadi daya tarik utama. Honda masih mengandalkan bagasi besar 37 liter di bawah jok, kapasitas yang tergolong sangat lega untuk skuter 125 cc. Volume ini cukup memuat helm full face, tas kerja, hingga perlengkapan harian lainnya. Selain itu, di bagian dek depan tersedia kompartemen tambahan lengkap dengan USB type C untuk mengisi daya smartphone.

    Di balik tampilannya yang klasik, Lead 125 model 2026 tetap mengusung teknologi modern khas Honda. Motor ini dibekali mesin eSP+ 4-katup 124 cc pendingin cairan dengan tenaga puncak 11 dk. Sistem Idling Stop juga hadir untuk memperbaiki efisiensi bahan bakar saat motor berhenti di lampu merah atau kemacetan.

    Speedometer Honda Lead 125 2026 Foto: Dok. Honda

    Untuk menunjang kenyamanan pengguna, Honda turut menyematkan Honda Smart Key, memungkinkan pengendara mengakses motor tanpa harus mengeluarkan remote dari saku.

    Di Jepang, Honda Lead 125 2026 dibanderol 352.000 yen (Rp 37,8 juta) dan akan tersedia di seluruh dealer Honda di Jepang mulai 29 Januari 2026. Dengan kombinasi desain jadul, fitur praktis, dan harga yang tetap kompetitif, Lead 125 terbaru ini semakin menarik untuk konsumen yang membutuhkan skutik harian yang simpel, namun fungsional.

    Sayangnya, model ini tidak dijual di Indonesia.

    Honda Lead 125 2026 Foto: Dok. Honda

    (lua/rgr)