Jenis Media: Otomotif

  • Ada ‘Mitsubishi Destinator’ di Pesawat Garuda Indonesia

    Ada ‘Mitsubishi Destinator’ di Pesawat Garuda Indonesia

    Jakarta

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melanjutkan kampanye Mitsubishi Destinator dengan menggandeng dua mitra lintas industri: maskapai nasional Garuda Indonesia dan kreator komik digital Tahilalats. Kolaborasi ini menghadirkan ‘Sky Explorer’ sebuah inisiatif kreatif yang merayakan semangat menjelajah, petualangan keluarga, dan kebahagiaan dalam perjalanan.

    “Kami melihat adanya potensi besar dalam kolaborasi ini, karena Mitsubishi Motors dan Garuda Indonesia memiliki kesamaan dalam profil konsumen, terutama dari sisi gaya hidup, aspirasi, dan semangat muda. Hal ini semakin diperkuat dengan kehadiran Tahilalats, yang mampu menyampaikan pesan brand kami dengan cara yang atraktif, kreatif, dan relevan dengan generasi saat ini. Kami percaya kolaborasi lintas industri seperti ini akan menghadirkan nilai tambah yang kuat, baik secara emosional maupun fungsional bagi keseluruh konsumen,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI dikutip dari siaran persnya.

    Saya pun berkesempatan merasakan langsung kolaborasi lintas sektor ini dalam penerbangan Garuda Indonesia menuju Bali pada hari Sabtu (23/8/2025). Saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, terlihat Experience Store Garuda Indonesia yang menampilkan aneka produk seperti totebag, tumbler, t-shirt, payung dan lainnya yang dihiasi kreator Tahilalat.

    Kami mendapatkan boarding pass sleeve dan luggage tag edisi khusus kolaborasi ini. Masuk ke dalam pesawat Garuda Indonesia, kamu bisa menemukan headrest cover di semua bangku pesawat.

    Mitsubishi Destinator X Garuda Indonesia-Tahilalats Foto: Syanti Mustika/detikcom

    Sebelum terbang, pramugari juga menyebutkan tentang Mitsubishi Destinator ini di sela announcement-nya.

    Perjalanan ke Bali dalam tajuk ‘Girls Trip’ ini juga salah satu langkah Mitsubishi Motors memperkenalkan mobil terbarunya ini. Berkolaborasi dengan GenFM, mereka mengajak 5 jurnalis perempuan dan 3 pemenang Mystery Box Challenge menjelajahi destinasi Bali dengan Mitsubishi Destinator.

    “Jadi, pada dasarnya, kolaborasi Mitsubishi Motors dengan GenFM (Genventure) dan Sky Explorer adalah dua kerja sama yang berbeda. Tapi memang disinergikan untuk menangkap audiens dan market kedua entitas tersebut yang juga merupakan potential customer untuk Mitsubishi Destinator,” kata Aditya Wardani – Head of PR & CSR Department PT MMKSI, Senin (25/8/2025).

    Mitsubishi Destinator X Garuda Indonesia-Tahilalats Foto: Syanti Mustika/detikcom

    “Kami mengajak pemenang ke grand destinations di Bali, seperti yang menjadi tagline campaign Destinator sendiri, yaitu #UncoverYourNextDestinations dan #GrandDestinationsAwait. Dan tentunya untuk menambah exposure/kemunculan Destinator di Bali, supaya semakin banyak orang melihat wujud mobil ini di jalan raya,” tambahnya.

    MMKSI menghadirkan Mitsubishi Destinator, premium family SUV terbaru yang resmi diperkenalkan secara global pada 17 Juli 2025 di Jakarta. Mobil terbaru ini dijual di kisaran Rp 385 juta – Rp 465 juta (OTR Jakarta) yang berlaku selama periode peluncuran.

    Mitsubishi Destinator hadir dengan konsep produk ‘Confidence Booster for Energetic Families’. Mengusung konfigurasi tiga baris kursi dengan kapasitas tujuh penumpang. Kendaraan ini memadukan desain SUV yang tangguh dan modern dengan interior premium yang lapang untuk menjamin kenyamanan seluruh penumpang.

    Model ini memiliki 3 varian yaitu GLS, Exceed dan Ultimate. Khusus varian Ultimate ada opsi tambahan dengan fitur premium dengan tambahan Rp 30.000.000. Fitur tambahan berupa penyematan Dynamic Sound Yamaha Premium, power tailgate, dan electric seat adjuster.

    Aditya menambahkan bahwa kehadiran mobil baru ini disambut positif oleh masyarakat Indonesia. Terbukti saat peluncuran, Mitsubishi Destinator menembus SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) 1.900 unit dan hingga kini sudah lebih dari 5.000 unit.

    “Allhamdulillah si Destinator ini sudah udah mendapatkan SPK yang cukup lumayan. Jadi, per minggu lalu itu sudah lebih dari 5.000 SPK sejak diluncurkan secara publik itu di GIIAS tanggal 23 Juli lalu dan selama GIIAS saja Destinator itu ada 1.900 SPK dan angka segitu memang cukup baik. Jadi, emang animo masyarakat dan ekspektasi orang memang cukup tinggi ke destinator ini,” tambahnya.

    Terkait target ke depannya, Aditya mengungkapkan, sesuai yang dikatakan Presiden Direktur PT MMKSI Atsushi Kurita, akhir bulan Maret tahun 2026 Mitsubishi Destinator bisa terjual sekitar 10.000 unit.

    (sym/rgr)

  • Produksi Mobil di RI Tembus 1,2 Juta Unit/Tahun, 40% Disumbang Daihatsu

    Produksi Mobil di RI Tembus 1,2 Juta Unit/Tahun, 40% Disumbang Daihatsu

    Jakarta

    Meski sedikit mengalami penurunan, namun produksi mobil di Indonesia masih tetap berada di atas 1 juta unit setahun. Menariknya, dari angka tersebut, 40 persennya disumbang Daihatsu.

    Setidaknya, hal itu yang disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, pekan lalu. Itulah mengapa, dia menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Daihatsu yang telah menjadi kontributor utama di industri mobil nasional.

    “Berdasarkan data kinerja industri otomotif 2024, total produksi nasional mencapai hampir 1,2 juta unit dan sekitar 40 persennya berasal dari fasilitas produksi Astra Daihatsu,” ujar Agus Gumiwang pada suatu seremoni Daihatsu yang digelar di Sunter, Jakarta Utara.

    Produksi 9 juta unit mobil Daihatsu Foto: (Septian Farhan Nurhuda/detikOto)

    Daihatsu, kata dia, turut berperan penting dalam mendukung kebijakan ekspor nasional. Bahkan, sekira 22 persen dari total ekspor kendaraan Indonesia berasal dari pabrik mereka dengan cakupan 60 negara di seluruh dunia.

    “Pencapaian ini tak lepas dari kinerja perseroan, termasuk kinerja dari pusat RnD yang terbesar, terlengkap dan didukung sepenuhnya oleh putra-putri bangsa Indonesia,” kata dia.

    Daihatsu Produksi 9 Juta Mobil di RI

    Sejak pertama masuk Indonesia pada 1978 atau 46 tahun lalu, Daihatsu telah memproduksi sembilan juta unit kendaraan. Menariknya, mereka hanya membutuhkan waktu dua tahun untuk meningkatkan penjualan dari delapan juta ke sembilan juta unit di Indonesia.

    “Kami menyambut akumulasi produksi ke 9 juta unit, kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, supplier dan seluruh pihak terkait. Seremoni ini kami dedikasikan kepada mitra kami juga,” kata Yasushi Kyoda selaku Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Sunter, Jakarta Utara.

    Pabrik Daihatsu. Foto: Doc. ADM.

    Kini, Daihatsu tumbuh sebagai salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia. Mereka punya 10 ribu karyawan dengan kapasitas produksi hingga 530 ribu unit setahun. Sementara fasilitas produksi mereka tersebar di sejumlah kawasan, seperti Sunter, Cibitung dan Karawang.

    Pabrik mereka tak hanya melayani penjualan domestik, melainkan juga ekspor ke 60 negara di dunia. Fasilitas mereka juga melibatkan 1.700 pemasok dan 700 UKM lokal. Sementara tingkat kandungan lokalnya telah mencapai 80 persen.

    (sfn/rgr)

  • Moge Murah Harley-Davidson Meluncur, Harganya Rp 70 Jutaan

    Moge Murah Harley-Davidson Meluncur, Harganya Rp 70 Jutaan

    Jakarta

    Harley-Davidson menambah line up murahnya di pasar global. Kini, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut meluncurkan Harley-Davidson X350 untuk konsumen di Jepang. Apa saja kelebihannya?

    Dilansir dari Greatbiker, Senin (25/8), Harley-Davidson X350 sebenarnya telah dikenalkan sejak dua bulan lalu. Namun, pengumuman harga resminya baru disampaikan sekarang. Kendaraan tersebut meluncur bersamaan dengan X500 yang berstatus sebagai kakak kandungnya.

    “X350 adalah model yang dirancang untuk menarik minat konsumen pemula atau mereka yang mencari moge ringan dengan identitas Harley-Davidson yang utuh. Produksi kendaraan bekerja sama dengan QJ Motor dari China dan didistribusikan di bawah merek resmi Harley,” demikian tulis sumber tersebut.

    Harley-Davidson X350. Foto: Doc. Harley-Davidson.

    X350 mengusung desain flat tracker dengan dimensi yang kompak. Kendaraan tersebut menggunakan bodi terbuka atau naked dengan konfigurasi dua penumpang. Menariknya, pabrikan sangat ‘mengeksploitasi’ bagian mesin, rangka dan suspensi belakang. Seluruhnya dibuat benar-benar telanjang.

    Harley-Davidson X350 tersedia dalam empat pilihan warna, yakni cosmic blue, dynamic orange, pearl white dan dramatic black. Kombinasinya mirip-mirip moge murah mereka yang dipasarkan di India.

    Pabrikan membekali moge tersebut dengan mesin parallel-twin 352cc berpendingin cairan dan sistem Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI). Pembekalan itu membuat motor mampu menghasilkan tenaga 36 dk pada 8.500 rpm dan torsi 31 Nm pada 7.000 rpm.

    Motor tersebut menggunakan suspensi teleskopik dan depan dan monoshock di belakang. Sementara sistem pengeremannya double cakram dengan teknologi antilock braking system (ABS) berkanal tunggal.

    Harley-Davidson X350 dibanderol cukup murah untuk model sekelasnya. Kendaraan tersebut di Jepang hanya ditawarkan 699.800 yen atau sekira Rp 77 juta. Kalau masuk Indonesia, kira-kira bakal laris manis tidak, ya?

    (sfn/rgr)

  • Start Posisi 16, Finis ke-4

    Start Posisi 16, Finis ke-4

    Jakarta

    Jorge Martin menjalani balapan MotoGP Hungaria yang impresif. Rider Aprilia itu start dari posisi 16, tetapi bisa finis urutan empat.

    Martinator melesat saat melakoni balapan di Sirkuit Balaton Park, Hungaria, Minggu (24/8/2025). Lap pembuka dan tikungan pertama benar-benar jadi loncatan besar, Martin mengawali balapan langsung menyalip 6 pebalap ketika start dimulai.

    Martin mulai unjuk gigi secara perlahan. Pada lap ke-3, dia mengasapi Luca Marini untuk berebut P6.

    Franco Morbidelli lalu menjadi buruan Martinator. Tepatnya pada lap 12, Martin berhasil menyalip Morbidelli untuk naik ke P5.

    Posisi semakin menguntungkan bagi Martin, berkat insiden di depannya hingga akhirnya dia bisa finis di urutan ke-4.

    Pebalap Spanyol ini berhasil naik 12 posisi, ini merupakan hasil terbaiknya bersama Aprilia Racing.

    “Memulai dari posisi 16 bukanlah situasi yang mudah, tetapi saya memiliki strategi start yang jelas, terutama untuk tikungan-tikungan awal. Setelah beberapa lap, saya sudah berada di posisi keenam dan dari sana saya hanya berusaha mempertahankan kecepatan yang baik. Hasilnya luar biasa, terutama bagi tim, yang benar-benar bahagia dan termotivasi. Kami telah mengambil langkah besar ke depan,” kata Jorge Martin dikutip dari siaran resmi Aprilia.

    Balaton Park terbukti sulit untuk menyalip bagi kebanyakan pebalap, tetapi Martin yakin sepanjang akhir pekan bahwa ia akan memiliki banyak kesempatan.

    “Saya melihat banyak tempat berbeda untuk menyalip,” ujar Martin dikutip dari Crash.

    “Tikungan pertama, saya menyalip tujuh pebalap. Dan setiap lap, saya terus menyalip banyak pebalap.”

    “Saya pikir tikungan empat, lima, dan sembilan adalah titik yang bagus. Jadi, saya selalu menggunakannya untuk melakukan manuver.”

    “Ini balapan yang fantastis, saya menikmatinya. Agak lama karena treknya cukup melelahkan secara fisik, tapi saya merasa baik-baik saja,” kata Martin.

    (riar/din)

  • Meluncur Bulan Lalu, SPK Daihatsu Rocky Hybrid Tembus Segini

    Meluncur Bulan Lalu, SPK Daihatsu Rocky Hybrid Tembus Segini

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan Daihatsu Rocky Hybrid pada akhir bulan lalu. Meski berstatus sebagai mobil hibrida pertama pabrikan, namun kendaraan tersebut langsung memikat konsumen di Indonesia.

    Direktur Pemasaran PT ADM, Sri Agung Handayani menegaskan, Rocky Hybrid telah menghasilkan ratusan surat pemesanan kendaraan (SPK). Nominal tersebut cukup baik untuk kendaraan yang benar-benar berstatus baru.

    “Saya belum dapat (data) yang terakhir. Tapi kalau saya tidak salah, SPK-nya sudah sekitar 200-an unit,” ujar Sri Agung Handayani saat ditemui di Sunter, Jakarta Utara.

    Segini SPK Daihatsu Rocky Hybrid di Indonesia Foto: Rifkianto Nugroho

    Agung secara tak langsung menegaskan, pihaknya tak terlalu mematok target tinggi untuk Rocky Hybrid di Indonesia. Sebab, menurutnya, kehadiran mobil tersebut mulanya bertujuan untuk menegaskan komitmen Daihatsu dalam menyongsong era elektrifikasi di dalam negeri.

    “Karena seperti yang disampaikan Kyoda-san (Presdir ADM), orientasi kami adalah komitmen di carbon neutral, bukan memaksakan kustomer untuk memakai apa yang kita punya, melainkan apa yang mereka butuhkan,” kata dia.

    Sebagai catatan, Daihatsu Rocky Hybrid meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Kendaraan tersebut sempat dibanderol Rp 293 jutaan, sebelum akhirnya naik menjadi Rp 299 jutaan. Nominal itu berstatus on the road Jakarta.

    Daihatsu Rocky Hybrid. Foto: Rifkianto Nugroho

    Rocky Hybrid dibekali mesin 1.2 liter yang dikawinkan transmisi khusus hybrid transaxle. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu menghasilkan tenaga maksimum 106 PS dan torsi 170 Nm.

    Kendaraan hibrida itu mampu melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 10,36 detik. Efisiensi bahan bakarnya mencapai 28 km/l (WLTC) atau 34,8 km/l (JC08 Jepang), dengan emisi hanya 83 g CO₂/km. Sementara baterainya lithium-ion berkapasitas 0,74 kWh untuk menggerakkan motor listrik.

    (sfn/din)

  • Macet Terus di TB Simatupang, Sudah Saatnya ERP dan Tarif Parkir Mahal Berlaku

    Macet Terus di TB Simatupang, Sudah Saatnya ERP dan Tarif Parkir Mahal Berlaku

    Jakarta

    Kemacetan di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, makin menjadi-jadi. Pembatasan kendaraan bermotor dengan skema jalan berbayar dan tarif parkir progresif sebaiknya segera diterapkan.

    Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan, seharusnya dengan kemacetan yang semakin parah di Jakarta, aturan disinsentif buat pengguna kendaraan pribadi segera diterapkan. Dengan begitu, diharapkan pengguna kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum.

    “Seharusnya kemacetan di-drive sebagai disincentive atas pilihannya bagi masyarakat para pengguna kendaraan pribadi, mobil maupun sepeda motor. Jadi biarkan saja sebagai push and pull policy sehingga masyarakat terdorong berpartisipasi mengurangi kemacetan lalu lintas dengan memanfaatkan angkutan umum masal, sepeda atau berjalan kaki,” kata pria yang akrab disapa Puput itu dalam keterangan tertulisnya.

    Menurut Puput, disinsentif bagi masyarakat pengguna kendaraan pribadi perlu ditambah dengan penerapan jalan berbayar (ERP/electronic road pricing) dan tarif parkir progresif untuk kawasan padat kendaraan, termasuk TB Simatupang; yang sudah dikaji pada 2009/2010.

    “Toh sudah disediakan angkutan umum masal yang lumayan baik di DKI Jakarta dan sekitarnya. Jadi salah sendiri apabila masyarakat tetap bertahan pada kemacetan dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor,” katanya.

    Namun, Puput dan Koordinator Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus menyayangkan rencana kebijakan Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung yang memangkas jalur pejalan kaki untuk memperlebar jalan.

    “Rencana penggusuran trotoar tersebut adalah merugikan (set back/kemunduran) atas proses pembangunan urban sustainable transport yang sudah dirintis dan dibangun oleh beberapa Gubernur DKI Jakarta sejak 2000,” kata Alfred Sitorus.

    (rgr/din)

  • Pemutihan Pajak Kendaraan di Jakarta Sebentar Lagi Habis, Catat Tanggalnya!

    Pemutihan Pajak Kendaraan di Jakarta Sebentar Lagi Habis, Catat Tanggalnya!

    Jakarta

    Program pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta masih berlangsung. Namun, program itu tinggal menghitung hari. Buat yang belum memanfaatkannya, segera ke Samsat biar dapat keringanan.

    Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor sejak Juni 2025. Namun perlu dicatat, yang dibebaskan dalam program pemutihan di Jakarta hanya sanksi denda keterlambatan. Artinya, pemilik kendaraan tetap harus membayarkan pokok pajak kendaraan bermotor (PKB)-nya yang belum dibayarkan.

    Pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta hanya berlaku sampai akhir bulan ini. Program pemutihan itu tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0046 Tahun 2025 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Secara Jabatan Untuk Jenis Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta berlaku sampai 31 Agustus 2025. Jadi, masih ada kurang lebih sepekan untuk menikmati pemutihan denda pajak di Jakarta.

    Adapun pemutihan di Jakarta hanya menghapus sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Pemutihan ini hanya menghapus sanksi administrasi berupa bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran pajak terutang dan/atau denda yang timbul akibat keterlambatan pendaftaran kendaraan bermotor. Sedangkan pajak tahun-tahun sebelumnya yang sudah lewat tetap harus dibayarkan.

    Syarat pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta gampang. Masyarakat tidak perlu mengajukan permohonan untuk mendapatkan kebijakan ini karena diberikan otomatis oleh sistem ketika mereka melakukan pembayaran.

    Syarat Perpanjang STNK TahunanSTNK asli dan fotokopi.Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi.KTP asli dan fotokopi pemilik yang sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan perorangan).Surat kuasa, jika memberi kuasa kepada pihak lain dalam melakukan pengurusan.Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

    Khusus untuk perpanjang STNK 5 tahunan, pelat nomor kendaraan dan lembar STNK akan diganti dengan yang baru. Dalam proses ini, kendaraan harus dihadirkan ke Samsat untuk dilakukan cek fisik. Berikut syarat perpanjang STNK 5 tahunan:

    STNK asli dan fotokopiBPKB asli dan fotokopiKTP asli pemilik motor dan fotokopi sesuai yang tercantum di data identitas kendaraanSurat kuasa, apabila pemilik kendaraan berhalangan hadir dan diwakilkan pihak lainMembawa kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya.

    (rgr/din)

  • Penjualan Mobil RI Sulit Tembus 800 Ribu Unit, Ini Biang Keroknya

    Penjualan Mobil RI Sulit Tembus 800 Ribu Unit, Ini Biang Keroknya

    Jakarta

    Pengamat otomotif, Yannes Pasaribu memprediksi penjualan mobil di Indonesia bisa sulit tercapai 800 ribu unit. Hal ini terjadi mengingat tren penjualan mobil di Indonesia yang terus turun.

    Berdasarkan data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gaikindo, pasar otomotif Indonesia sudah terdistribusi sebanyak 435.390 unit sepanjang Januari-Juli 2025, capaian itu menyusut 10,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Capaian retail sales juga mengalami tren negatif, yakni sebanyak 453.278 unit kendaraan yang dikirim ke garasi konsumen. Jumlah tersebut turun 10,8 persen dari tahun lalu yang mencatatkan angka 508.041 unit.

    Masih ada secercah harapan, penjualan mobil nasional pada bulan Juli 2025 lalu tercatat mencapai mencapai 60.552 unit. Naik 2.753 unit atau 4,8 % dibanding Juni 2025, yang sebanyak 57.799 unit.

    Sebagai catatan, ada sederet pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh setiap pihak terkait untuk mendongkrak penjualan mobil di Tanah Air.

    Menurut hitung-hitungan Yannes, industri otomotif masih membutuhkan tambahan penjualan sekitar 346 ribuan retail sales untuk bulan yang tersisa, supaya bisa tembus di angka 800 ribu unit.

    Sementara itu, data penjualan retail sales tertinggi di Indonesia itu terjadi pada Maret dengan angka 76.582 unit. Kemudian disusul Februari dengan capaian 69.872 unit. Selebiihnya tidak bisa tembus di angka 65 ribu unit.

    Artinya untuk bisa tembus 800 ribu hingga akhir tahun, butuh sekitar 69 ribu unit per bulannya.

    Menurut Yannes, penurunan daya beli masyarakat menjadi faktor utama yang menekan pasar otomotif. Inflasi yang masih tinggi ditambah kebijakan suku bunga yang belum turun membuat konsumen menunda pembelian kendaraan baru.

    “Selain itu, kenaikan harga segmen terbesar LCGC juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen,” kata Yannes.

    “Pemerintah Indonesia harus secara cepat mencari cara untuk meningkatkan daya beli kelas menengah ya, meskipun tantangan ekonomi global dan domestik tetap ada,” sebut Yannes Martinus Pasaribu, Pengamat Otomotif, kepada wartawan.

    (riar/din)

  • Klasemen Pebalap Usai MotoGP Hungaria 2025, Acosta Melejit

    Klasemen Pebalap Usai MotoGP Hungaria 2025, Acosta Melejit

    Jakarta

    MotoGP Hungaria 2025 menegaskan dominasi Marc Marquez di lintasan balap sepanjang musim ini. Marquez berhasil juara di Sirkuit Balaton Park, yang artinya kini Marquez telah menjuarai tujuh seri MotoGP 2025 secara berturut-turut. Pebalap asal Spanyol itu pun unggul jauh di klasemen sementara MotoGP 2025.

    Marquez yang tampil konsisten sejak awal musim benar-benar membuat perebutan gelar juara dunia MotoGP 2025 terasa berat sebelah. Dari 14 seri yang sudah digelar, The Baby Alien mengoleksi 455 poin, unggul 175 poin dari adiknya, Alex Marquez, yang berada di posisi kedua dengan 280 poin.

    Di urutan ketiga ada Francesco Bagnaia, rekan setim Marc di Ducati Lenovo, dengan 228 poin. Meski beberapa kali naik podium, Bagnaia tampaknya kesulitan bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia musim ini.

    Sementara itu, Marco Bezzecchi dari Aprilia Racing berada di posisi keempat dengan 197 poin. Rookie sensasional, Pedro Acosta, masih bertahan di lima besar dengan torehan 164 poin bersama Red Bull KTM Factory. Acosta naik dari peringkat tujuh ke peringkat lima usai finis kedua di MotoGP Hungaria 2025.

    Sementara itu persaingan di papan tengah cukup sengit. Ada Franco Morbidelli (161 poin) dan Fabio Di Giannantonio (154 poin) dari tim Pertamina Enduro VR46 Racing terus menunjukkan performa solid belakangan ini. Selain itu, nama Fermin Aldeguer yang berstatus rookie pun sukses menembus posisi delapan besar klasemen dengan 126 poin bersama Gresini Racing.

    Klasemen Pebalap MotoGP 2025 Usai Seri Hungaria

    1. Marc Marquez – Ducati Lenovo Team (GP25) 455
    2. Alex Marquez – BK8 Gresini Racing MotoGP (GP24) 280
    3. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team (GP25) 228
    4. Marco Bezzecchi – Aprilia Racing (RS-GP25) 197
    5. Pedro Acosta – Red Bull KTM Factory (RC16) 164
    6. Franco Morbidelli – Pertamina Enduro VR46 Racing (GP24) 161
    7. Fabio Di Giannantonio – Pertamina Enduro VR46 Racing (GP25) 154
    8. Fermin Aldeguer (rookie) – BK8 Gresini Racing MotoGP (GP24) 126
    9. Johann Zarco – Castrol Honda LCR (RC213V) 114
    10. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha MotoGP (YZR-M1) 109
    11. Brad Binder – Red Bull KTM Factory (RC16) 91
    12. Raul Fernandez – Trackhouse MotoGP (RS-GP25) 73
    13. Luca Marini – Honda HRC (RC213V) 72
    14. Maverick Vinales – Red Bull KTM Tech3 (RC16) 69
    15. Enea Bastianini – Red Bull KTM Tech3 (RC16) 63
    16. Ai Ogura (rookie) – Trackhouse MotoGP (RS-GP25) 58
    17. Jack Miller – Prima Pramac Yamaha (YZR-M1) 52
    18. Joan Mir – Honda HRC (RC213V) 46
    19. Alex Rins – Monster Energy Yamaha MotoGP (YZR-M1) 45
    20. Jorge Martin – Aprilia Racing (RS-GP25) 23
    21. Pol Espargaro (replacement) – Red Bull KTM Tech3 (RC16) 16
    22. Miguel Oliveira – Prima Pramac Yamaha (YZR-M1) 10
    23. Takaaki Nakagami (wild-card/replacement) – Honda Test Team/HRC Castrol Team (RC213V) 10
    24. Lorenzo Savadori (wild-card/replacement) – Aprilia Racing (RS-GP25) 8
    25. Augusto Fernandez (wild-card/replacement) – Pramac Yamaha MotoGP (YZR-M1) 6
    26. Somkiat Chantra (rookie) – Idemitsu Honda LCR (RC213V) 1

    (lua/din)

  • Biaya Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus: Tes Kesehatan-Psikotes Dobel

    Biaya Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus: Tes Kesehatan-Psikotes Dobel

    Jakarta

    Biaya tes kesehatan dan psikotes bila perpanjang dua SIM sekaligus maka akan dobel. Nah berikut ini rincian biaya yang bakal kamu keluarkan.

    SIM A dan SIM C bisa diperpanjang sekaligus secara bersamaan. Buat kamu yang baru mau perpanjang SIM A dan C bersamaan, terpenting menyiapkan syarat-syaratnya. Mulai dari fotokopi e-KTP, SIM A dan SIM C asli, surat keterangan sehat dari dokter, dann surat keterangan lulus tes psikologi.

    Bila kamu melakukan perpanjangan di SIM keliling, maka surat keterangan sehat dari dokter dan surat keterangan lulus tes psikologi bisa didapat di tempat. Berdasarkan pengalaman salah seorang pemohon SIM bernama Wanti, karena melakukan perpanjangan dua SIM sekaligus, maka tesnya pun dua kali.

    “(Keluar uang tes psikologi) Rp 200 ribu materi soalnya berbeda, motor lebih mudah yang menyambung-nyambung garis,” ungkap Wanti kepada detikOto baru-baru ini.

    Ya, biaya tes psikologi untuk satu kali pengujian itu memang Rp 100 ribu. Wanti menjalani tes psikologi untuk SIM A dan SIM C dengan soal yang berbeda. Maka biaya tes kesehatan Sementara tes kesehatan juga dilakukan dua kali dengan pertanyaan yang sama. Selanjutnya ada juga biaya untuk asuransi sebesar Rp 50 ribu.

    Khusus untuk perpanjang SIM, biaya per penerbitannya paling mahal Rp 80 ribu untuk SIM A, SIM B I, dan SIM BII.

    Berikut biaya penerbitan perpanjangan SIM 2025

    SIM A, SIM BI, SIM BII: Rp 80 ribu per penerbitan
    SIM C, SIM CI, dan SIM CII: Rp 75 ribu per penerbitan
    SIM D, SIM DI: Rp 30 ribu per penerbitan

    Biaya Perpanjang SIM A dan SIM C Sekaligus

    Bila ditotal secara keseluruhan, maka estimasi biaya yang kamu keluarkan untuk SIM A dan SIM C sekaligus sebesar Rp 525 ribu. Rinciannya berikut ini.

    SIM A:

    – Penerbitan : Rp 80 ribu
    – Tes kesehatan: Rp 35 ribu
    – Tes psikologi: Rp 100 ribu
    – Asuransi: Rp 50 ribu
    – Total: Rp 265 ribu

    SIM C:

    – Penerbitan : Rp 75 ribu
    – Tes kesehatan: Rp 35 ribu
    – Tes psikologi: Rp 100 ribu
    – Asuransi: Rp 50 ribu
    – Total: Rp 260 ribu

    (dry/din)