Jenis Media: Otomotif

  • Jonathan Rea Pensiun dari WSBK, Toprak Razgatlioglu Bilang Begini

    Jonathan Rea Pensiun dari WSBK, Toprak Razgatlioglu Bilang Begini

    Jakarta

    Juara dunia World Superbike (WSBK) enam kali, Jonathan Rea bakal pensiun pada akhir musim 2025. Lantas, bagaimana tanggapan Toprak Razgatlioglu yang menjadi rivalnya selama beberapa tahun terakhir?

    Toprak beberapa kali mengalahkan dan dikalahkan Rea di kejuaraan WSBK. Puncak rivalitas mereka terjadi di musim 2021 ketika Toprak meraih juara dunia dengan selisih 13 poin dari Rea.

    Setelah Rea mengumumkan pensiun, Toprak langsung membuat postingan khusus di Instagram resminya. Meski bertahun-tahun menjadi rival, dia mengaku bangga bisa ‘berbagi lintasan’ dengan pebalap asal Irlandia tersebut.

    “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat untuk kariermu yang luar biasa. Kita telah melalui waktu yang indah bersama-sama dan meraih banyak kesuksesan,” tulis Toprak, dikutip Selasa (26/8).

    “Meskipun kita pernah menjadi rival, kita selalu berusaha untuk menjaga respek satu sama lain. Saya merasa bahagia bisa mengenal kamu,” tambahnya.

    Jonathan Rea pensiun. Foto: Graeme Brown/Yamaha

    Toprak tak lupa mendoakan kebahagiaan Rea setelah gantung helm dari balap motor. Dia mengaku akan merindukan pebalap asal Irlandia tersebut.

    “Kamu telah membantu saya banyak hal. Saya selalu mengatakan ini berkali-kali dan saya tidak akan pernah lupa. Kami semua akan merindukanmu. Senang-senang lah bersama keluarga di hidupmu. Terima kasih untuk semuanya, legenda!” kata dia.

    Diberitakan sebelumnya, pengumuman pensiun Rea disampaikan melalui akun Instagram resminya. Dia akan berhenti sepenuhnya dari WSBK setelah musim ini berakhir.

    “Saya telah memikirkan hal ini sejak lama, dan pada akhirnya saya mantap memutuskan untuk berhenti balapan dan pensiun. Kejuaraan ini telah memberikan banyak hal untuk saya,” demikian tulis Rea.

    Selama 17 tahun berkarier di WSBK, Jonathan Rea telah meraih enam gelar juara. Dia juga sukses mengoleksi 119 kemenangan dan 264 podium. Catatan itu membuatnya dijuluki sebagai the greatest of all time atau GOAT di kejuaraan tersebut.

    Ketika usianya mulai menua, performanya memang perlahan menurun. Rea belakangan mulai jarang menang. Bahkan, untuk meraih podium saja, dia terlihat sangat kesulitan.

    Pada video yang sama, dia mengatakan, kondisi fisik dan instingnya saat ini memang tak sebaik dulu. Itulah mengapa, dia tak mau memaksakan diri untuk terus membalap. Rea janji, sekalipun sudah gantung helm, dia tetap akan mengikuti kejuaraan WSBK. Sebab, separuh hidupnya berada di sana.

    “Saya sangat bangga dengan apa yang telah saya capai selama karier panjang saya di WSBK,” kata Rea.

    (sfn/din)

  • Unik! Buah Pengusir Tikus Ini Disulap Siswa SMA Jadi Bahan Bakar

    Unik! Buah Pengusir Tikus Ini Disulap Siswa SMA Jadi Bahan Bakar

    Jakarta

    Sekelompok siswa SMAN 21 Makassar berhasil menyulap buah simpalak yang biasanya dikenal beracun dan hanya dipakai sebagai pengusir tikus, jadi bahan bakar biodiesel ramah lingkungan. Penemuan mereka itu dilombakan pada ajang Toyota Eco Youth (TEY) ke-13.

    Salah satu anggota tim, Fairuz Zacky Sadewa, menjelaskan proses panjang yang harus ditempuh untuk mengolah buah simpalak, hingga menjadi biodiesel. Prosesnya tidak sederhana, buah simpalak perlu dikeringkan dulu dan kemudian hingga sampai proses ekstraksi.

    Toyota Eco Youth ke-13 Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

    “Kami mulai dengan mengumpulkan buah simpalak kering lalu dibelah untuk mengambil bijinya. Biji kemudian dikeringkan, dihaluskan, dan diekstraksi hingga menghasilkan minyak nabati,” tutur Fairuz di Jakarta, Senin (25/8/2025).

    Tahap selanjutnya, kata Fairuz, adalah mengurangi kadar asam lemak bebas dalam minyak. “Harus di bawah 2 persen. Kalau lebih, saat pencucian, bisa terjadi penyabunan yang menurunkan kualitas biodiesel,” jelasnya.

    Setelah melalui proses transesterifikasi dan pencucian, barulah biodiesel siap dikemas. Dari sekitar 600 kilogram buah simpalak, tim ini hanya mampu menghasilkan sekitar 500 mililiter biodiesel. Walaupun jumlahnya kecil, hasil ini membuktikan potensi besar buah simpalak sebagai sumber energi alternatif.

    Siswa SMAN 21 Makassar peserta Toyota Eco Youth ke-13, bikin biodiesel dari buah simpalak Foto: Dok. Istimewa

    Meski begitu, pemanfaatannya belum bisa langsung diterapkan ke kendaraan bermotor. “Biodiesel ini sifatnya korosif, jadi kalau bersentuhan dengan logam di tangki bensin bisa menimbulkan karat. Perlu modifikasi mesin khusus agar aman digunakan,” ungkap Fairuz.

    Untuk sementara, tim menguji hasil olahan mereka melalui perbandingan dengan minyak sawit pada sumbu api. Hasilnya cukup menjanjikan. “Kalau minyak sawit ditaruh di sumbu, minyaknya tidak naik. Tapi biodiesel dari simpalak ini bisa naik karena mengandung etanol,” tambahnya.

    Inovasi ini menunjukkan bahwa energi terbarukan bisa lahir dari eksplorasi bahan-bahan lokal yang tak terduga. Lewat kompetisi Toyota Eco Youth, para siswa ini tak hanya berkreasi, tetapi juga memberi inspirasi bagi upaya mencari alternatif energi di masa depan.

    (lua/din)

  • Perdana! Sasis Bus Mercedes-Benz 1626L Euro 5 Rakitan Cikarang Diekspor

    Perdana! Sasis Bus Mercedes-Benz 1626L Euro 5 Rakitan Cikarang Diekspor

    Jakarta

    Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) resmi melakukan ekspor perdana sasis bus Mercedes-Benz 1626L Euro 5. Sasis ini diproduksi lokal di pabrik anyar mereka di Cikarang, Jawa Barat, yang resmi beroperasi pada 10 Juni 2025.

    “Saat peresmian, kami berjanji kepada Bapak (Menperin) Agus untuk membangun strategi ekspor dan kini kami memenuhi janji tersebut. Pelepasan unit ekspor pertama ini menjadi bukti nyata peran DCVMI dalam memperkuat rantai pasok lokal, mendorong pertumbuhan industri dalam negeri, serta memperluas kapabilitas ekspor Indonesia,” bilang Sankaranarayanan Ramamurthi selaku Presiden Direktur DCVMI dalam keterangan resminya.

    Berlokasi di atas lahan seluas 15 hektare, fasilitas Cikarang mempunyai kapasitas produksi tahunan hingga 5.000 unit sasis truk dan bus Mercedes-Benz. Pabrik ini dibangun dengan total investasi sebesar Rp 500 miliar, mengintegrasikan proses manufaktur mutakhir untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas produk, sekaligus mendukung pembangunan industri serta komunitas yang berkelanjutan.

    “Pelepasan unit perdana Mercedes-Benz 1626L Euro 5 untuk ekspor ini adalah pencapaian bersejarah bagi DCVMI dan DCVI, tak lama setelah peresmian pabrik baru kami di Cikarang. Visi kami buat memperkuat portofolio Indonesia dalam pasar global Daimler Truck kini dengan cepat menjadi kenyataan. Kami bangga dapat menghadirkan produk lokal berkualitas tinggi dengan harga kompetitif sebagai alternatif impor, memberikan nilai nyata bagi pelanggan di luar Indonesia. Pelepasan unit ekspor ini hanya awal dari upaya kami memperluas peran Indonesia dalam rantai pasok global Daimler dan jejak Asean. Selamat kepada seluruh tim yang telah mewujudkannya,” timpal Satyakam Arya selaku Managing Director & CEO Daimler India Commercial Vehicles (DICV).

    Mercedes-Benz 1626L Euro 5 bus chassis dirancang khusus untuk mendukung strategi ekspor dengan fokus utama pada negara-negara Asean. Sebagai model pertama yang diekspor dari pabrik ini, kendaraan tersebut dilengkapi teknologi emisi Euro 5, suspensi udara, konfigurasi mesin belakang, serta sasis rangka ruang (space frame). Kombinasi ini menghadirkan performa unggul sekaligus kepatuhan terhadap regulasi lingkungan yang ketat. Dengan target sekitar 60% kandungan lokal untuk bus lengkap, 1626L Euro 5 memberikan kontribusi signifikan bagi upaya Indonesia dalam meningkatkan nilai tambah domestik.

    Pelepasan perdana ini mencerminkan visi strategis Daimler Truck yang lebih luas untuk memposisikan Indonesia sebagai pusat manufaktur berkualitas tinggi, serta melayani kebutuhan domestik maupun ekspor. Dengan menggabungkan rekayasa maju dan keunggulan perdagangan regional, DCVMI menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan industri nasional sekaligus ketahanan rantai pasok internasional Daimler.

    (lua/din)

  • Pengumuman! Mesin V4 Yamaha Bakal Turun di MotoGP San Marino

    Pengumuman! Mesin V4 Yamaha Bakal Turun di MotoGP San Marino

    Jakarta

    Yamaha akhirnya mengonfirmasi bahwa prototipe mesin V4 yang sudah lama ditunggu-tunggu akan menjalani debut balapan di MotoGP 2025 bulan depan. Yamaha YZR-M1 dengan konfigurasi mesin V4 itu akan turun di MotoGP San Marino 2025, yang berlangsung di Sirkuit Misano, 12-14 September.

    Nantinya Yamaha YZR-M1 V4 akan digunakan pebalap penguji mereka, Augusto Fernandez, memanfaatkan jatah wildcard. Direktur pelaksana Yamaha Racing Paolo Pavesio menegaskan, langkah ini adalah bagian dari strategi besar pabrikan asal Jepang tersebut untuk kembali kompetitif di ajang MotoGP.

    “Akhirnya, saya punya beberapa berita penting buat dibagikan. Untuk Misano, kami menargetkan untuk melihat Augusto Fernandez membalap buat pertama kalinya dengan prototipe M1 baru kami yang bermesin V4. Ini adalah tanda nyata komitmen kami terhadap masa depan. Kami terus berjuang dengan tekad buat memberikan yang terbaik di setiap akhir pekan balapan. Terima kasih kepada semua orang yang terus mendukung kami dan kami berharap dapat bertemu Anda (di lain waktu), di Barcelona,” ujar Pavesio dikutip dari laman Crash.

    Debut V4 di Misano datang lebih cepat dari perkiraan banyak orang. Awalnya, publik menduga Yamaha baru akan menurunkan mesin ini saat MotoGP Jepang di Motegi, yang merupakan kandang mereka sendiri. Namun, Yamaha memilih Misano sebagai panggung perkenalan pertama, sekaligus menjadi ajang pembuktian arah pengembangan motor masa depan.

    Sementara itu, Fabio Quartararo juga sudah memastikan dirinya akan mencoba V4 anyar tersebut dalam sesi tes pasca-balapan di Misano pada Senin usai GP. Momen itu akan menjadi kesempatan perdana bagi juara dunia 2021 tersebut untuk merasakan langsung potensi motor baru Yamaha.

    Hingga kini, Yamaha belum merilis data catatan waktu resmi dari prototipe V4. Pabrikan hanya menyebut bahwa motor tersebut dirancang untuk menggantikan mesin inline-four saat ini dengan target penerapan penuh mulai musim 2026, jika performanya terbukti cukup cepat dan kompetitif.

    Dengan langkah besar ini, Yamaha menegaskan keseriusannya dalam menantang dominasi Ducati juga pabrikan lain yang telah lebih dulu sukses dengan mesin V4. MotoGP San Marino pun dipastikan akan menjadi sorotan utama, bukan hanya karena persaingan perebutan gelar, tetapi juga karena debut historis motor anyar Yamaha.

    Jika nantinya Yamaha resmi menggunakan mesin V4, maka sejarah mesin inline-four di MotoGP akan berakhir sudah.

    (lua/din)

  • Perhatian! Nissan GT-R ‘Gila’ Bertenaga 800 dk Ini Bakal Dibawa ke Indonesia

    Perhatian! Nissan GT-R ‘Gila’ Bertenaga 800 dk Ini Bakal Dibawa ke Indonesia

    Jakarta

    Indonesia akan kedatangan Nissan GT-R R32 ‘gila’ yang bisa menghasilkan tenaga hingga 800 dk. Mobil itu adalah milik legenda tuner Jepang, Kazuhiko ‘Smokey’ Nagata dari bengkel legendaris Top Secret. Smokey Nagata memilih pameran Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 sebagai lokasi world premiere untuk memperkenalkan karya terbarunya, Nissan R32.

    Menariknya, Nissan R32 ini belum pernah ditampilkan di Jepang sekalipun. Dengan demikian, artinya Indonesia menjadi negara terpilih pertama yang menyaksikan lahirnya masterpiece terbaru Smokey, sang ikon JDM dan legenda otomotif dunia.

    Mesin RB26 yang memiliki DNA top speed dibenamkan untuk mengejar kecepatan puncak. Smokey menjelaskan bahwa mesin ini mampu berputar hingga 8.000-9.000 rpm, dengan tenaga yang tidak habis meski gas dibuka penuh. Filosofi khas Top Secret-obsesi terhadap kecepatan ekstrem-tercermin dalam setup mesin yang sudah di-tuning sehingga bisa menghasilkan tenaga lebih dari 800 dk.

    Detail Emas, Karbon, dan Street Racing

    Secara visual, R32 tampil dengan balutan cat emas terbaru khas Top Secret, warna ini merupakan warna terkini berbeda dari warna sebelumnya yang menggunakan paduan warna metalik. Warna tersebut dipadukan dengan kap mesin serat karbon serta lips depan karbon dengan sentuhan merah. Bagian samping mendapat tambahan side skirt, sementara buritan diberi aksen karbon yang mempertegas aura street racing. Velg OZ Racing hitam edisi Top Secret melengkapi tampilan agresif mobil ini.

    Di bagian dalam, Smokey menyiapkan kabin bernuansa merah dan abu-abu, dibungkus material Alcantara untuk menegaskan fungsi dan performa. Konsep ini menghadirkan suasana street racing sekaligus mengingatkan bahwa R32 adalah ‘Godzilla’ pecinta top speed.

    Kazuhiko ‘Smokey’ Nagata Foto: Dok. NMAA

    Dua R32 di Booth Top Secret

    Booth Top Secret di IMX 2025 akan menghadirkan dua mobil sekaligus: R32 emas world premiere 800HP dan R32 event car dalam skala 1:1 yang juga akan dihadirkan dalam versi diecast 1:64 yang akan tersedia terbatas hanya di IMX, warna khusus serta nomor seri terbatas. Kehadiran keduanya diyakini akan menjadi magnet utama pameran, sekaligus collectible item bagi penggemar JDM dan diecast.

    Keputusan Smokey untuk membawa debut global R32 ke Indonesia mempertegas posisi IMX sebagai barometer otomotif Asia. Tidak hanya sekadar pameran, IMX kini menjadi ajang penting yang kini diakui para legenda dunia.

    “Bagi kami, ini sebuah kebanggaan besar. IMX bukan hanya tentang modifikasi lokal, tetapi juga pintu masuk karya internasional. Kehadiran Smokey Nagata sang legenda dengan world premiere R32 adalah bukti nyata bahwa Indonesia diperhitungkan dalam peta otomotif dunia, para pengunjung jangan melewatkan kesempatan bersejarah ini,” ujar Andre Mulyadi, Project Director IMX 2025. IMX 2025 akan digelar pada 10-12 Oktober 2025 di ICE BSD, Tangerang.

    (lua/din)

  • Murahnya Harga Mobil di Malaysia, Kembaran Daihatsu Ayla Cuma Rp 84 Juta

    Murahnya Harga Mobil di Malaysia, Kembaran Daihatsu Ayla Cuma Rp 84 Juta

    Jakarta

    Penjualan mobil Malaysia mengalahkan Indonesia di kuartal kedua tahun ini. Situasi tersebut menimbulkan satu pertanyaan besar: semurah apa harga kendaraan di sana? Sampai-sampai permintaannya mengalami kenaikan.

    Menurut laman Nikkei Asia, penjualan mobil Malaysia didominasi dua pabrikan setempat, yakni Proton dan Perodua sebagai ‘kembaran’ Daihatsu. Kedua merek tersebut menyumbang 63 persen dari total penjualan mobil di Malaysia selama semester I 2025.

    Penasaran dengan kedua produsen tersebut, kami lantas mencari tahu harga produk-produknya di Malaysia. Hasilnya, kami cukup terkejut, sebab nominalnya benar-benar terjangkau!

    Perodua Axia. Foto: Doc. Perodua

    Sebagai gambaran, Perodua Axia selaku kembaran Daihatsu Ayla hanya dibanderol mulai dari 22 ribu ringgit atau sekira Rp 84 jutaan. Padahal, di Indonesia kendaraan ‘sejenis’ ditawarkan mulai dari Rp 138 jutaan dengan status on the road Jakarta.

    Kemudian ada Perodua Bezza sebagai kembaran Toyota Vios yang hanya ditawarkan mulai 34.580 ringgit atau Rp 130 jutaan. Nominal tersebut jauh di bawah mobil-mobil sedan yang dipasarkan di Indonesia.

    Bergeser ke Proton yang berstatus sebagai produsen mobil nasional. Mereka punya satu produk yang menjadi model kendaraan terlaris di Malaysia, yakni Proton Saga. Kendaraan tersebut berjenis sedan dan hanya dibanderol mulai dari 34.800 ringgit atau sekira Rp 130 jutaan.

    Di Malaysia, Proton Saga banyak dipakai untuk taksi online seperti Grab. Sebab, mobil tersebut berstatus sebagai kendaraan entry level dan punya tingkat kenyamanan cukup baik.

    Harga mobil-mobil Proton di Malaysia sejatinya cukup menarik. Selain Saga, mereka juga menjual hatchback sporty bernama iRiZ. Kendaraan itu hanya dilego mulai dari 42.800 ringgit atau Rp 160 jutaan.

    Sementara untuk mobil-mobil populer buatan Toyota dan Honda, harganya kurang lebih mirip-mirip seperti di Indonesia. Namun, perlu dicatat, penjualan mereka di Tanah Melayu tak sebaik Perodua dan Proton di kuartal II tahun ini.

    ====

    Artikel ini merupakan rangkaian tulisan detikOto terkait fenomena tergusurnya Indonesia sebagai raja penjualan mobil di ASEA. Dalam beberapa bulan terakhir, RI digusur Malaysia – meski secara tahunan Indonesia masih unggul tipis di atas Malaysia.

    Baca artikel lainnya tentang topik ini:

    Enaknya Pemilik Mobil di Malaysia: Pajak Rendah-Bensin Murah, Jualan Mobil Bergairah

    Penjualan Mobil Malaysia Salip Indonesia? Gaikindo Bilang Begini

    BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Malaysia

    Penjualan Mobil Indonesia Anjlok, Malaysia Melesat Jadi Raja ASEAN! Kok Bisa?

    Murahnya Harga BBM di Malaysia, RON 95 Cuma Rp 7.900 per Liter

    (sfn/din)

  • End of an Era! Jonathan Rea Pensiun dari WSBK

    End of an Era! Jonathan Rea Pensiun dari WSBK

    Jakarta

    Pebalap fenomenal asal Irlandia, Jonathan Rea bakal pensiun dari World Superbike (WSBK) di akhir musim ini. Kabar itu menjadi pertanda berakhirnya era peraih enam juara dunia tersebut.

    Pengumuman pensiun yang cukup menggemparkan itu disampaikan langsung Jonathan Rea melalui akun Instagram resminya. Rea yang saat ini telah menginjak umur 38 tahun mengaku sudah lama memikirkan rencana tersebut.

    “Saya telah memikirkan hal ini sejak lama, dan pada akhirnya saya mantap memutuskan untuk berhenti balapan dan pensiun. Kejuaraan ini telah memberikan banyak hal untuk saya,” ujar Jonathan Rea, dikutip Selasa (26/8).

    Jonathan Rea pensiun dari WSBK. Foto: Graeme Brown/Pata Yamaha

    Selama 17 tahun berkarier di WSBK, Jonathan Rea telah meraih enam gelar juara. Dia juga sukses mengoleksi 119 kemenangan dan 264 podium. Catatan itu membuatnya dijuluki sebagai the greatest of all time atau GOAT di kejuaraan tersebut.

    Ketika usianya mulai menua, performanya memang perlahan menurun. Rea belakangan mulai jarang menang. Bahkan, untuk meraih podium saja, dia terlihat sangat kesulitan.

    Pada video yang sama, dia mengatakan, kondisi fisik dan instingnya saat ini memang tak sebaik dulu. Itulah mengapa, dia tak mau memaksakan diri untuk terus membalap. Rea janji, sekalipun sudah gantung helm, dia tetap akan mengikuti kejuaraan WSBK. Sebab, separuh hidupnya berada di sana.

    “Saya sangat bangga dengan apa yang telah saya capai selama karier panjang saya di WSBK,” kata dia.

    Keputusan Rea pensiun langsung mendapat respons dari para kompetitornya di WSBK, seperti Toprak Razgatlioglu dan Alex Lowes. Bahkan, sejumlah pebalap MotoGP juga turut memberikan ucapan, di antaranya Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Joan Mir dan masih banyak lagi.

    (sfn/din)

  • Toyota bZ4X Dirakit di RI Tahun Ini, Segini Persentase Kandungan Lokalnya

    Toyota bZ4X Dirakit di RI Tahun Ini, Segini Persentase Kandungan Lokalnya

    Jakarta

    Toyota dipastikan merakit mobil listrik bZ4X di Indonesia tahun ini. Toyota Indonesia juga akan berupaya memenuhi aturan pemerintah yang mensyaratkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40% untuk mendorong industri komponen dan ekonomi lokal, juga sebagai persyaratan mendapatkan insentif PPN DTP dari pemerintah.

    “Jadi bZ4X (dirakit) tahun ini. Untuk Veloz (hybrid) nanti kasih kabar kepastiannya,” bilang Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto kepada wartawan di Jakarta, Senin (25/8/2025).

    Sebagai informasi, wujud Toyota bZ4X rakitan lokal sudah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 yang berakhir belum lama ini. Toyota Indonesia pun berharap produksi mobil listrik pertamanya itu bisa menimbulkan efek domino terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    Nandi juga menjelaskan jika bZ4X rakitan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini akan menyesuaikan regulasi dari pemerintah, khususnya terkait batasan TKDN yang mensyaratkan minimal 40%.

    “Kalau kita bicara sekarang ini, lokal konten itu kan nyebutnya dengan hitungan lokal konten yang menurut hitungan dari (program) LCEV (low carbon emission vehicle) itu, ya LCEV itu 40% (TKDN-nya),” sambung Nandi.

    Soal spesifikasi bZ4X lokal, Toyota belum mengungkapnya. Namun dijelaskan akan sama dengan versi global. Sebagai informasi tambahan, bZ4X secara keseluruhan memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.600 mm, jarak sumbu roda 2.850 mm, serta radius putar 6,3 m.

    Toyota bZ4X dipasok baterai Lithium-ion kapasitas 71,4 kWh dengan voltase 355 Volt. Saat baterai terisi penuh, mobil penggerak roda depan (FWD) tersebut bisa menempuh jarak hingga 500 km.

    Baterai bZ4X diklaim dapat dicas dari 0-80% dalam 9-10 jam dengan metode normal charging, pakai charging AC dengan output 6,6 kW. Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit, menggunakan charging DC dengan output 150 kW.

    Untuk diketahui, saat ini Toyota bZ4X dijual Rp 1.200.700.000 (one tone color) dan Rp 1.208.800.000 (two tone color). Ketika nanti sudah dirakit lokal, harga bZ4X bisa turun.

    “InsyaAllah turun (harga bZ4X),” ujar Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Jap Ernando Demily di arena GIIAS 2025, ICE-BSD City, Tangerang, belum lama ini.

    (lua/din)

  • Kendaraan yang Nunggak Pajak dan Belum Uji Emisi Bisa Diawasi Kamera Ini

    Kendaraan yang Nunggak Pajak dan Belum Uji Emisi Bisa Diawasi Kamera Ini

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan sistem lalu lintas pintar untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Dengan sistem ini, kendaraan yang menunggak pajak dan belum melakukan uji emisi bisa dipantau langsung.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan menerapkan lampu merah pintar dengan teknologi artificial intelligence (AI). Teknologi bernama Intelligent Traffic Control System (ITCS) itu akan mengatur lamanya lampu hijau dan lampu merah menyala, sesuai dengan kepadatan lalu lintas.

    Jadi, jalan yang lalu lintasnya lebih padat di sebuah persimpangan akan diberikan lampu hijau lebih lama dibanding lalu lintas yang lebih sedikit. Dengan ITCS ini, harapannya kepadatan lalu lintas di persimpangan jalan bisa teratasi.

    Tak cuma itu, ITCS ini juga mengandalkan kamera ANPR atau automatic number plate recognition (kamera pengenal pelat nomor kendaraan otomatis). Kamera ANPR itu akan terintegrasi dengan sistem tilang elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement).

    “Kami sudah koordinasi dengan Pak Dirlantas, kita akan memanfaatkan ini sehingga tidak hanya di ruas jalan terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam berkendara, tapi juga di setiap simpang nantinya, masyarakat akan aware. Jika kita menggunakan Waze, misalnya, akan diumumkan di depan ada kamera ETLE, sehingga masyarakat yang berkendara akan sangat disiplin. Ini juga akan kita terapkan,” kata Syafrin dalam sebuah diskusi yang ditayangkan kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta.

    Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta untuk menjaring kendaraan yang belum melakukan uji emisi. Mengandalkan kamera ANPR, kendaraan yang belum uji emisi bakal ketahuan.

    “Mereka (DLH) akan memanfaatkan data yang ada, kemudian menetapkan target di mana ruas jalan atau titik-titik yang potensial harus dilakukan penegakan hukum terkait dengan pelanggaran uji emisi,” ujar Syafrin.

    “Itu akan bisa teridentifikasi dengan mudah. Karena sistem sudah berdasarkan pelat nomor kendaraan. Jadi pergerakannya itu akan mudah diidentifikasi, tinggal diintegrasikan dengan data e-uji emisi Dinas Lingkungan Hidup, akan mendapatkan hasil di ruas jalan mana saja kendaraan yang lewat dan belum melakukan uji emisi,” jelasnya.

    Kemudian, kamera ANPR itu juga bisa mendeteksi kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. Jadi, tim Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bisa melakukan tindakan yang dibutuhkan.

    “Ini juga mudah bisa diidentifikasi dengan ITCS. Karena di setiap ruas jalan yang sudah dipasang ITCS, kendaraannya bisa di-detect, tinggal diintegrasikan dengan data Bapenda, di ruas jalan mana kendaraan belum bayar pajak. Dan kita bisa sama-sama melakukan pemeriksaan di sana, bahkan menyiapkan mungkin tempat untuk kemudian mereka bisa langsung bayar pajak,” ucap Syafrin.

    (rgr/din)

  • Duh! PHK Mulai Melanda Rantai Pasok Komponen Mobil di Indonesia

    Duh! PHK Mulai Melanda Rantai Pasok Komponen Mobil di Indonesia

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) mulai melanda perusahaan komponen yang menjadi rantai pasok pabrikan mobil di Indonesia. Sebabnya penjualan mobil di Indonesia terus turun, di sisi lain mendapat tekanan impor mobil listrik.

    Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengatakan mobil listrik saat ini sudah mengambil pangsa pasar hampir 10 persen.

    “Sampai Juli 2025, itu market share BEV sudah 10 persen, 9,7 atau 9,8 persen, tepatnya,” kata Kukuh saat diskusi dalam forum yang bertajuk “Polemik Insentif BEV Impor” di Kemenperin, Jakarta, Senin (25/8/2025).

    Hanya saja, mobil listrik yang dijual di Indonesia itu mayoritas statusnya masih diimpor utuh. Dengan catatan, pabrikan yang mengimpor mobil di Indonesia memiliki komitmen investasi.

    Kukuh menegaskan lonjakan impor mobil listrik saat ini mengancam rantai pasok komponen lokal, terutama jika pemerintah tidak seimbang dalam upaya proteksi industri dalam negeri.

    “Kaitannya dengan kandungan lokal tinggi itu tertekan, volume menurun, sementara muncul kendaraan listrik muncul, TKDN rendah, volume meningkat, ini yang akan mengganggu keseimbangan industri dalam negeri kita,” kata Kukuh.

    Kebijakan pemerintah yang memberikan insentif untuk impor mobil listrik menuai polemik. Di satu sisi, langkah ini diyakini bisa mempercepat penetrasi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Namun, di sisi lain, pelaku industri menilai insentif justru berpotensi menggerus daya saing industri otomotif lokal yang selama ini telah berinvestasi besar di Tanah Air.

    “Ini dampaknya, jadi kandungan lokal ini berperan banyak untuk industri kendaraan bermotor kita. Karena ada tier 1 dan tier 2, dan sebagainya, pembuat komponen ini banyak sekali,” kata Kukuh.

    Kukuh mengungkapkan dampak penurunan penjualan ini sudah terasa pada rantai pemasok. Angka penjualan terus menurun, ditambah impor mobil listrik dengan harga kompetitif, kini dampaknya mulai terlihat di lapangan.

    “Kami mendapat banyak pertanyaan, walaupun ini bukan lingkupnya Gaikindo, karena komponen,” kata Kukuh.

    “Perusahaan mengeluhkan, pak kalau terus-terusan volume-nya seperti ini. Kita berat. Karena supply semakin menurun,”

    “Saya belum mengkonfirmasi angkanya, ada perusahaan yang mereka melakukan pemutusan hubungan kerja, karena volume penjual turun dalam negeri, supply mereka juga menurun,” terang dia lagi.

    “Mereka masih tertolong karena masih mampu ekspor,” kata Kukuh.

    Berdasarkan data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gaikindo, pasar otomotif Indonesia sudah terdistribusi sebanyak 435.390 unit sepanjang Januari-Juli 2025, capaian itu menyusut 10,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    “Kalau kita lihat tahun 2024, total penjualan hanya 865 (ribu). Ini harus hati-hati jangan dibiarkan terus menurun,” kata Kukuh.

    (riar/din)