Jenis Media: Otomotif

  • Quartararo Ungkap Syarat Yamaha M1 Bermesin V4 Bisa Digunakan di MotoGP

    Quartararo Ungkap Syarat Yamaha M1 Bermesin V4 Bisa Digunakan di MotoGP

    Jakarta

    Fabio Quartararo menaruh harapan besar pada prototipe Yamaha M1 bermesin V4 yang tengah disiapkan untuk menggantikan M1 bermesin inline-4 di MotoGP. Rider Prancis menyebut ada syarat utama sebelum motor anyar tersebut bisa benar-benar siap dipakai di lintasan balap.

    Quartararo mengatakan dirinya akan menilai motor V4 di tes resmi Misano bulan depan. Menurutnya, motor itu setidaknya harus bisa mendekati performa M1 saat ini, yang sudah mendapatkan banyak improvisasi.

    “Saya rasa jika saya mencobanya dan selisih waktu putaran saya kurang dari setengah detik (dari M1 saat ini), saya rasa itu langkah yang bagus,” kata Quartararo saat akhir pekan MotoGP Hungaria, dikutip dari Crash. “Karena ini pertama kalinya saya menggunakannya,” sambung dia.

    Fabio Quartararo Foto: REUTERS/Jon Nazca

    Yamaha memang belum merilis catatan resmi dari uji coba privat V4. Namun pabrikan Jepang itu menegaskan motor anyar ini harus ‘setidaknya sama bagusnya’ dengan M1 mesin inline-4 sebelum benar-benar dipakai pada musim 2026.

    Proyek V4 sendiri masih dalam tahap awal, sementara M1 dengan konfigurasi inline sudah terbukti menjadi motor juara dunia sejak debut pada 2002.

    Tes Misano digelar tepat setelah MotoGP San Marino, 12-14 September. Pada momen itu, rider penguji Augusto Fernandez akan menjajal V4 dalam debut balapan publiknya sebagai wild card. Quartararo sendiri tak menutup kemungkinan ikut mengendarainya di balapan musim ini.

    “Tergantung seberapa bagus motor (V4) kami, tapi bagi saya kami butuh perubahan,” ucapnya.

    Juara dunia MotoGP 2021 itu bahkan mengaku sedikit terkejut karena baru mendapat kesempatan mencoba motor tersebut. “Menurut saya, harusnya saya menguji (mesin V4) sebelumnya, tetapi saya bukanlah orang yang memutuskan,” katanya.

    Meski Yamaha menargetkan peningkatan pada sektor pengereman, Quartararo menegaskan performa mesin adalah kunci. “Kalau mesinnya tidak siap untuk menyalip, Anda tidak akan bisa melakukannya,” tegasnya.

    “Jadi, sekalipun motornya kencang, saya butuh motor yang mampu bersaing saat balapan. Jika saya tidak memiliki tenaga maksimal, itu tidak akan menjadi motor tempur,” sambung juara MotoGP 2021.

    Saat ini Quartararo masih mengandalkan M1 generasi terakhir dengan catatan empat kali start dari posisi depan dan sekali podium, menempati urutan kesepuluh klasemen sementara. Jika semua berjalan sesuai rencana, Yamaha V4 1.000cc akan turun tahun depan, meski hanya semusim sebelum diganti versi 850cc pada 2027.

    (lua/rgr)

  • Honda HR-V Hybrid Harganya Makin Terjangkau, Siapa Pembelinya?

    Honda HR-V Hybrid Harganya Makin Terjangkau, Siapa Pembelinya?

    Jakarta

    Honda HR-V Hybrid belum lama ini mengaspal di Indonesia. Ditawarkan dengan banderol lebih terjangkau, siapa konsumen HR-V Hybrid?

    Amunisi mobil hybrid Honda bertambah dengan kehadiran HR-V Hybrid baru-baru ini. Lebih menariknya lagi, dengan teknologi yang lebih canggih, harga HR-V hybrid justru makin kompetitif. Kalau sebelumnya HR-V RS non-hybrid harganya tembus Rp 500 jutaan, kini HR-V hybrid paling mahal Rp 480 juta.

    Meski harganya mengalami penyesuaian, nyatanya konsumen HR-V masih tetap sama. Kebanyakan merupakan loyalis Honda yang menginginkan mobil yang sudah terbukti keandalannya. Pun layanan purnajual mudah didapat.

    “Kalau ngelihat HR-V itu kalau data yang sebelumnya ya emang loyalis gitu, jadi mengganti mobil dari Honda yang dulu ya ke gen yang ini, yang sebelum hybrid,” tutur Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di sela-sela Electrify Your Journey Media Trip, Senin (26/8/2025).

    Di sisi lain, mereka yang meminang HR-V Hybrid sudah tak lagi ragu dengan fitur-fitur yang disajikan. Tak kalah penting, konsumsi BBM-nya juga makin irit.

    “Jadi ya memang masing-masing sekarang kebutuhannya masing-masing ya. Orang yang memilih HR-V karena dia memang membutuhkan mobil seperti HR-V gitu, bukan cuman kayak hemat tapi juga stylenya dia udah cocok gitu kan, brandnya udah percaya,” lanjut Arfi.

    Bicara penjualan, Arfi menyebut 80 persen konsumen Honda HR-V kini memilih varian hybrid yang tertinggi.

    Sebagai informasi tambahan, HR-V versi teranyar ini mengusung mesin 1.5L DOHC I-VTEC (Hybrid) dengan muntahan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan torsi 127 Nm @ 4.500-5.000 rpm. Sedangkan tenaga motor listriknya 131 PS. Torsi motor listrik mencapai 253 Nm. Khusus varian e:HEV ini terdapat logo hybrid yang menunjukkan mobil ini sudah berteknologi elektrifikasi.

    Seluruh sistem ini dikendalikan secara otomatis melalui Electronic CVT, Power Control Unit, dan Intelligent Power Unit, yang memungkinkan transisi mulus antara tiga mode berkendara: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

    Berbeda dari sistem hybrid yang diusung beberapa model lain di pasaran, system e:HEV menggunakan pendekatan “electric-first”, di mana motor listrik menjadi sumber tenaga utama saat berkendara. Sementara mesin bensin akan bekerja pada kecepatan tinggi dan konstan, untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi tanpa mengurangi kesenangan berkendara. Selain itu, tersedia juga pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport untuk menyesuaikan performa dengan berbagai gaya dan kebutuhan berkendara.

    (dry/rgr)

  • Satu Merek Keluar dari Gaikindo

    Satu Merek Keluar dari Gaikindo

    Jakarta

    Tata Motors, brand otomotif asal India, dikabarkan cabut dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    “Sudah keluar itu Tata. Sudah lama kalau nggak salah,” kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara saat ditemui di Jakarta, Senin (25/8/2025).

    Kukuh bilang Tata Motors sudah tidak pernah melaporkan penjualan lagi di Indonesia. Brand yang pernah dianggap keluar dari keanggotaan lantaran melakukan hal tersebut ialah Mercedes-Benz. Brand tersebut tidak melaporkan penjualan sehingga keanggotaannya juga dianggap berakhir.

    “Kalau nggak salah, prosesnya sama seperti itu (Mercedes-Benz tidak melaporkan penjualan). Tetapi lebih jelasnya saya cek lagi,” kata Kukuh.

    Belum diketahui apakah kiprah Tata Motors juga sudah usai di Indonesia. Tata Motors tidak melaporkan data ke Gaikindo sejak Maret tahun lalu. Angka wholesales (distribusi pabrik ke dealer) pada periode Januari-Juli 2025 tercatat nol.

    Penjualan Tata Motors makin terasa kecil sejak tahun lalu. Tata Motors terakhir kali melaporkan penjualan pada Maret 2024. Totalnya cuma satu unit untuk model pikap.

    Tata Motors pertama kali masuk Indonesia pada tahun 2016 lewat PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku agen pemegang merek. Merek ini masuk ke segmen kendaraan niaga lewat model Tata Xenon XT, Tata EX2, Tata Super Ace, truk Tata Ultra 1012 hingga tractor Head Prima 4023S.

    Pertama kali meluncur di Indonesia, Tata Motors mendistribusikan sebanyak 976 unit.

    Selanjutnya Tata Motors mengalami kenaikan penjualan hingga tahun 2018. Namun penjualannya terus menyusut setelahnya dari tahun ke tahun.

    Data penjualan Tata Motors

    2016: 976 unit
    2017: 1,065 unit
    2018: 1,111 unit
    2019: 810 unit
    2020: 235 unit
    2021: 173 unit
    2022: 205 unit
    2023: 31 unit
    2024: 1 unit
    2025: 0 unit (Januari-Juli)

    (riar/rgr)

  • Suzuki e Vitara Resmi Diproduksi, Bakal Diekspor ke 100 Negara

    Suzuki e Vitara Resmi Diproduksi, Bakal Diekspor ke 100 Negara

    Jakarta

    Suzuki resmi memulai produksi kendaraan listrik baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) pertamanya, e Vitara, di fasilitas Suzuki Motor Gujarat (SMG), India. Tak hanya buat memenuhi kebutuhan domestik, e Vitara rakitan dalam negeri itu juga bakal diekspor ke sejumlah negara.

    Peresmian produksi Suzuki e Vitara menjadi tonggak penting dalam perjalanan elektrifikasi Suzuki. Acara peresmian itu turut dihadiri Perdana Menteri India Narendra Modi, bersama pejabat penting lainnya, termasuk Menteri Utama Gujarat Bhupendra Patel, Presiden Suzuki Motor Corporation Toshihiro Suzuki, dan Chairman Maruti Suzuki RC Bhargava.

    Suzuki e Vitara resmi diproduksi, bakal diekspor ke 100 negara Foto: Indianautosblog

    e Vitara hadir bukan sebagai model konversi dari mesin bensin, melainkan dikembangkan di atas platform khusus EV. Dengan pendekatan ini Suzuki memastikan tidak ada kompromi dari sisi desain maupun performa. Menariknya, SUV listrik ini langsung disiapkan buat pasar global dengan rencana ekspor ke lebih dari 100 negara. Beberapa di antaranya adalah pasar utama Eropa seperti Inggris, Jerman, Prancis, Italia, hingga Norwegia.

    Sebelumnya, e Vitara sudah lebih dulu diperkenalkan di Milan dan dalam ajang Bharat Mobility Global Expo di New Delhi. Suzuki menyebut, kehadiran mobil ini menjadi bukti kolaborasi manufaktur India dengan teknologi global Suzuki, sekaligus memperkuat semangat ‘Make in India, Make for the World’.

    Tidak hanya produksi mobil, pencapaian lain yang diraih Suzuki di India adalah dimulainya produksi lokal sel dan elektroda baterai lithium-ion oleh TDS Lithium-Ion Battery Gujarat (TDSG), anak perusahaan Maruti Suzuki. TDSG menjadi perusahaan pertama di India yang berhasil melakukan lokalisasi hingga tingkat elektroda (katoda dan anoda). Hal ini diharapkan memperkuat rantai pasok kendaraan elektrifikasi, termasuk untuk model hybrid seperti Grand Vitara yang sudah lebih dulu populer.

    Suzuki menegaskan, dua pencapaian besar ini akan mendukung visi Aatmanirbhar Bharat dengan mendorong kemandirian India dalam teknologi kendaraan listrik dan hybrid.

    Batch pertama Suzuki e Vitara untuk pasar ekspor akan dikirim dari Pelabuhan Pipavav menuju Eropa. Dengan begitu, SUV listrik ini diproyeksikan menjadi duta global baru yang menunjukkan kemampuan India dalam memproduksi kendaraan listrik berskala besar.

    (lua/din)

  • Jangan Dilakukan! Ini 5 Kesalahan saat Membeli Mobil Baru Pertama Kali

    Jangan Dilakukan! Ini 5 Kesalahan saat Membeli Mobil Baru Pertama Kali

    Jakarta

    Membeli mobil tentu jadi momen spesial dan menyenangkan bagi siapa saja, khususnya pembeli mobil pertama. Tapi hati-hati, euforia saat membeli mobil baru ini sering bikin orang salah langkah dan berujung penyesalan.

    Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, setidaknya ada lima kesalahan umum yang kerap dilakukan konsumen saat membeli mobil baru pertama kali. Apa saja?

    1. Terlalu Fokus pada Harga Beli

    Banyak orang hanya melihat harga mobil di awal, tanpa memperhitungkan biaya lain selama kepemilikan. Padahal, ada ongkos servis, asuransi, bahan bakar, parkir, hingga tol yang kalau ditotal bisa puluhan juta rupiah. Jadi jangan asal pilih karena tergiur harga murah.

    2. Tidak Melakukan Riset

    Sebelum beli, pastikan mobil sesuai kebutuhan. Kalau mobil dipakai harian dengan 1-2 penumpang, hatchback atau sedan sudah cukup. Tapi kalau sering bepergian bersama keluarga besar, pilih MPV 7-seater. Kalau sering road trip, SUV bisa jadi opsi lebih tepat.

    3. Salah Hitung Cicilan

    Kesalahan lain adalah tidak cermat menghitung cicilan. Aturannya sederhana, cicilan mobil sebaiknya hanya 20-30% dari penghasilan bulanan. Misalnya gaji Rp 10 juta, cicilan idealnya sekitar Rp 2-3 juta. Kalau tidak diperhitungkan matang, keuangan bisa berantakan.

    Kalau pendapatan masih sanggup berkembang, bisa pilih tenor 5 tahun supaya ringan. Nah, andai pendapatan sudah lebih baik, silakan pilih DP lebih besar karena imbasnya cicilan akan lebih ringan untuk menjaga keuangan keluarga.

    4. Lupa Memikirkan Nilai Jual Kembali

    Mobil memang barang konsumtif, tapi resale value tetap penting. Kalau mobil punya nilai jual tinggi, Anda tidak akan rugi besar saat ingin ganti mobil baru di kemudian hari. Mobil dari merek dengan layanan purna jual bagus biasanya lebih terjamin harga bekasnya.

    5. Tidak Beli di Dealer Resmi

    Terakhir, jangan tergoda membeli mobil di tempat yang tidak jelas. Dealer resmi menawarkan keamanan transaksi, layanan purna jual, hingga jaringan bengkel yang lebih luas. Dengan begitu, mobil Anda lebih terjamin perawatan dan nilainya.

    Membeli mobil pertama kali memang seru, tapi jangan sampai buru-buru. Dengan riset dan perhitungan matang, Anda bisa mendapatkan mobil yang tepat, nyaman dikendarai, sekaligus aman dipakai buat jangka panjang.

    (lua/din)

  • Begini Spesifikasi Mobil SUV Eropa yang Harganya Mulai Rp 116 Jutaan

    Begini Spesifikasi Mobil SUV Eropa yang Harganya Mulai Rp 116 Jutaan

    Jakarta

    Renault Kiger terbaru telah meluncur dengan sejumlah pembaruan. Meski dibanderol sangat terjangkau, namun mobil SUV yang berstatus sebagai produk Eropa tersebut punya spesifikasi yang cukup mumpuni.

    Dilansir dari Gaadiwaadi, Rabu (27/8), Renault Kiger terbaru bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Namun, mengingat statusnya sebagai produk global, maka kendaraan tersebut berpeluang dipasarkan ke negara lain.

    “Kiger telah menjadi produk unik di kelasnya, dan melalui evolusi terbaru ini, kami menegaskan kembali komitmen kami untuk menghadirkan desain ekspresif, rekayasa cerdas, serta performa nyata yang dapat diakses oleh konsumen India,” kata Venkatram Mamillapalle selaku MD dan CEO Renault India.

    Di India, Renault Kiger terbaru hadir dalam beberapa varian berbeda, yakni Authentic, Evolution, Techno, Emotion dan Turbo. Sementara harganya mulai dari 629.995 rupee atau Rp 116 jutaan untuk versi manual. Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan?

    Spesifikasi Renault Kiger Terbaru

    Tampang

    Renault Kiger 2025. Foto: Doc. Renault India.

    Bicara desain, Renault Kiger 2025 hadir dengan pembaruan visual berupa grafis anyar pada pilar C, pelek alloy two-tone berukuran 16 inci, serta logo Renault dengan desain terbaru. Selain itu, ada penyegaran di area bumper depan dengan aksen perak, ditambah lampu utama LED dan rumah lampu kabut.

    Mobil tersebut kini juga hadir dengan pilihan kelir Oasis Yellow. Warna itu terlihat menonjol berkat grille depan berwarna hitam dan skid plate abu-abu metalik. Selain Oasis Yellow, kendaraan juga ditawarkan dalam enam opsi lain, yakni Shadow Grey, Radiant Red, Caspian Blue, Ice Cool White, Moonlight Silver dan Stealth Black.

    Di luar itu, tampilan Renault Kiger terbaru masih sama seperti model sebelumnya. Mobil tersebut mengusung desain kompak dengan konfigurasi lima-penumpang. Dimensi panjangnya 3.991 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.605 mm dan jarak sumbu roda 2.500 mm.

    Mesin

    Renault Kiger 2025. Foto: Doc. Renault India.

    Di balik kap mesin, Renault Kiger tetap mengandalkan dua pilihan mesin bensin, yakni 1.0L naturally aspirated dan 1.0L turbocharged. Mesin NA menghasilkan tenaga puncak 71 bhp dengan torsi maksimum 96 Nm, sementara versi turbo menyemburkan tenaga 98,5 bhp dan torsi 160 Nm.

    Kendaraan tersebut punya tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal dan Sport. Sedangkan menurut sumber lain, konsumsi bahan bakarnya berkisar 19-20 km/liter.

    Fitur

    Renault Kiger 2025. Foto: Doc. Gaadiwaadi.

    Pabrikan membekalinya dengan sejumlah fitur unggulan, seperti kamera multi-view, lampu utama otomatis, wiper dengan sensor hujan, konektivitas smartphone nirkabel, layar sentuh hiburan berukuran 8 inci, serta sistem audio premium 3D ARKAMYS surround.

    Selain itu, seluruh varian mobil sudah dilengkapi 21 fitur keselamatan canggih, termasuk 6 airbags, ESP, kontrol traksi, Hill Start Assist, ISOFIX dan masih banyak lagi.

    Harga Renault Kiger

    Authentic Energy Manual – Rs. 629.995 (Rp 116 jutaan)Evolution Energy Manual – Rs. 709.995 (Rp 131 jutaan)Techno Energy Manual – Rs. 819.995 (Rp 152 jutaan)Emotion Energy Manual – Rs. 914.995 (Rp 169 jutaan)Evolution Easy-R AMT – Rs. 759.995 (Rp 141 jutaan)Techno Easy-R AMT – Rs. 869.995 (Rp 161 jutaan)Turbo Manual – Rs. 999.995 (Rp 185 jutaan)Turbo X-Tronic CVT Techno – Rs. 999.995 (Rp 185 jutaan)Turbo X-Tronic CVT Emotion – Rs. 1.129.995 (Rp 209 jutaan).

    (sfn/din)

  • Mau Beli Mobil SUV Keluarga? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

    Mau Beli Mobil SUV Keluarga? Pertimbangkan Hal Ini Dulu

    Jakarta

    Kamu mau membeli mobil jenis SUV keluarga? Mitsubishi Destinator bisa menjadi pilihannya. Mulai dari ukuran hingga fitur-fitur pendukung mobil ini bisa menunjang kamu berkendara.

    “Mitsubishi itu punya Xpander, punya Pajero. Nah, di antara Xpander dan Pajero itu ada kekosongan. Mereka yang punya market di Xpander ingin upgrade ke Pajero mungkin masih kejauhan. Jadi kita ciptakan medium size SUV ini, Destinator,” kata Rifat Sungkar, pereli nasional yang juga duta merek Mitsubishi Motors Indonesia, Minggu (24/8/2025).

    Rifat mengungkapkan beberapa hal yang jadi pertimbangan bila ingin membeli mobil Destinator ini.

    “Satu, ground clearance itu pasti. Dua, kapasitas. Ketiga, posisi duduk. Keempat, teknologi yang paling menarik di Destinator adalah mesinnya karena dia 1.500 cc turbo. Kalau mobilnya lagi berkendara pelan, mesinnya 1.500 cc, tapi kalau lagi dipancing emosinya dengan gas yang lebih dalam, keluarlah tenaga turbonya. Di sini kita bisa dapetin efisiensi bahan bakar plus tenaga yang besar,” kata Rifat.

    Rifat Sungkar Foto: Syanti Mustika/detikcom

    Poin penting lainnya yang bisa juga dipertimbangkan dalam membeli mobil adalah pajak kendaraannya. Destinator punya kapasitas mesinn tidak terlalu besar dan harganya menarik.

    “Jadi memilih Destinator sebagai pilihan SUV keluarga menurut saya is a very good option. Karena opsi mobilnya sendiri pun juga sangat banyak dan harganya sangat menarik,” kata Rifat.

    Menariknya lagi, Destinator yang punya kesan ‘ganteng’ di jalanan ini didesain ramah untuk driver perempuan lho. Mulai dari fitur keamanan, penyimpanan hingga kenyamanan di dalam mobil juga ada andil perempuan dalam mendesain mobil ini.

    “Jadi waktu mobil ini didesain ya, udah cukup lama kita ngelibatin banyak banget perempuan karena kita menganggap perempuan itu adalah decision maker. Dan apa sih yang dibutuhin ketika kita desain mobil? Salah satunya adalah kompartemen, tempat nyimpan. Dan mobil ini tempat nyimpannya tuh ada 25 tempat mulai nyimpen botol, nyimpen sepatu, nyimpen handphone, tablet, charger, dan lain-lain. Semuanya ada di mobil Destinator,” ujar Rifat.

    “Dan ini sebagai contoh bahwa kapasitas SUV 7 penumpang itu so easy going. Cewek-cewek yang menyetir segala macam no problem karena it’s very lightweight,” tambahnya.

    Destinator dirancang untuk kenyamanan semua penumpang di dalamnya. Desain dari posisi duduk Destinator berkonsep theater seat, semakin ke belakang semakin tinggi.

    “Kita juga tahu market Indonesia itu suka posisi duduk yang tinggi. Kenapa? Karena di semua jalan di posisi duduk tinggi itu semua merasa akan lebih percaya diri. Lebih mudah juga lihat jalanan kiri-kanan. Dan ini mobil posisi duduknya pun dia punya konsep namanya theater seat. Jadi dari depan, tengah, belakang semakin naik semakin tinggi. Artinya semua tuh dapat pandangan,” jelas Rifat.

    Kabin mobil juga didesain membuat nyaman berinteraksi sesama penumpang. Jadi kamu yang duduk di barisan belakang tak perlu berteriak untuk didengar kursi paling depan.

    “Ketika kita memiliki kendaraan specially untuk 7 penumpang, komunikasi dalam mobil juga harus baik. Nggak ada guna mobilnya besar tapi kalau ngomong paling belakang ke depan teriak-teriak. Nah Mitsubishi Destinator ini punya kekedapan kabin yang sangat baik. Ngomong yang paling belakang ke depan pun kedengeran dan nggak usah pakai intonasi yang tinggi,” tutupnya.

    (sym/rgr)

  • Nasib! Hyundai Palisade Pelat ZZH Diamuk Massa Demo, Bisa Klaim Asuransi?

    Nasib! Hyundai Palisade Pelat ZZH Diamuk Massa Demo, Bisa Klaim Asuransi?

    Jakarta

    Sebuah mobil Hyundai Palisade dengan pelat nomor ZZH rusak diamuk massa. Mobil itu dilempari batu, dipukul dengan bambu bahkan ada yang sampai memukul kaca dengan tangan kosong.

    Dalam video yang beredar di media sosial, Hyundai Palisade itu menjadi sasaran amuk massa saat demo yang terjadi di DPR RI kemarin. Dalam rekaman video yang beredar, tampak mobil berpelat ‘ZZH’ itu awalnya melintas di kolong flyover. Saat itu kondisi lalu lintas tengah macet imbas adanya demo.

    Tiba-tiba sekelompok massa merusak dan menimpuki mobil tersebut dengan batu hingga bambu. Pengemudi mobil ‘ZZH’ terlihat panik hingga tancap gas menghindari kerumunan.

    Massa mengira, Hyundai Palisade dengan pelat nomor ZZH itu milik anggota DPR. Kebetulan, mobil tersebut meninggalkan gedung DPR RI.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, mobil tersebut bukan milik anggota DPR melainkan milik ASN dari sebuah kementerian.

    “Pelapor selaku kuasa korban menerangkan bahwa pada tanggal 25 Agustus 2025 sekitar pukul 15.00 WIB korban pergi dari gedung DPR RI menuju ke kantornya di salah satu kementerian,” ujarnya dikutip detikNews.

    “Korban dihadang oleh para pendemo dan melakukan perusakan secara bersama-sama terhadap mobil korban dengan memukul mobil menggunakan kayu dan melempari mobil dengan batu,” jelasnya.

    Kerusakan Mobil Ditanggung Asuransi?

    Pemilik mobil yang mengasuransikan kendaraannya mungkin bisa tenang jika kendaraannya rusak. Tapi ternyata, tidak semua kerusakan mobil bisa ditanggung asuransi.

    Polis asuransi standar saja tidak bisa meng-cover kerusakan kendaraan karena huru-hara. Dalam polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia, pertanggungan asuransi tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas Kendaraan Bermotor yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh sejumlah faktor. Beberapa hal di antaranya dalam polis standar yang tidak bisa di-cover kerusakannya adalah akibat kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasaan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan.

    Namun, pemilik kendaraan bisa melakukan perluasan polis asuransi. Kerusakan kendaraan akibat faktor-faktor tersebut bisa ditanggung asuransi kalau ada perluasan jaminan.

    Dalam jenis asuransi Comprehensive pemilik kendaraan bisa menambahkan perluasan jaminan perlindungan agar terhindar dari risiko kerusakan seperti dalam kerusuhan, seperti mobil penyok, spion patah, kaca pecah, dan lain-lain. Adapun jenis-jenis perluasan jaminan tersebut adalah kerusuhan, huru-hara, angin topan, badai, banjir & tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan Tanggung Jawab Hukum Pihak ketiga.

    Tentunya, perluasan jaminan asuransi itu ada biaya tambahan. Adapun besaran biaya perluasan jaminan itu tergantung dengan mobil yang diasuransikan. Rata-rata, paket perluasan jaminan asuransi berupa bencana alam, kerusakan hingga aksi terorisme berkisar 0,3% dari harga pertanggungan.

    (rgr/din)

  • Jonathan Rea Pensiun dari WSBK, Toprak Razgatlioglu Bilang Begini

    Jonathan Rea Pensiun dari WSBK, Toprak Razgatlioglu Bilang Begini

    Jakarta

    Juara dunia World Superbike (WSBK) enam kali, Jonathan Rea bakal pensiun pada akhir musim 2025. Lantas, bagaimana tanggapan Toprak Razgatlioglu yang menjadi rivalnya selama beberapa tahun terakhir?

    Toprak beberapa kali mengalahkan dan dikalahkan Rea di kejuaraan WSBK. Puncak rivalitas mereka terjadi di musim 2021 ketika Toprak meraih juara dunia dengan selisih 13 poin dari Rea.

    Setelah Rea mengumumkan pensiun, Toprak langsung membuat postingan khusus di Instagram resminya. Meski bertahun-tahun menjadi rival, dia mengaku bangga bisa ‘berbagi lintasan’ dengan pebalap asal Irlandia tersebut.

    “Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat untuk kariermu yang luar biasa. Kita telah melalui waktu yang indah bersama-sama dan meraih banyak kesuksesan,” tulis Toprak, dikutip Selasa (26/8).

    “Meskipun kita pernah menjadi rival, kita selalu berusaha untuk menjaga respek satu sama lain. Saya merasa bahagia bisa mengenal kamu,” tambahnya.

    Jonathan Rea pensiun. Foto: Graeme Brown/Yamaha

    Toprak tak lupa mendoakan kebahagiaan Rea setelah gantung helm dari balap motor. Dia mengaku akan merindukan pebalap asal Irlandia tersebut.

    “Kamu telah membantu saya banyak hal. Saya selalu mengatakan ini berkali-kali dan saya tidak akan pernah lupa. Kami semua akan merindukanmu. Senang-senang lah bersama keluarga di hidupmu. Terima kasih untuk semuanya, legenda!” kata dia.

    Diberitakan sebelumnya, pengumuman pensiun Rea disampaikan melalui akun Instagram resminya. Dia akan berhenti sepenuhnya dari WSBK setelah musim ini berakhir.

    “Saya telah memikirkan hal ini sejak lama, dan pada akhirnya saya mantap memutuskan untuk berhenti balapan dan pensiun. Kejuaraan ini telah memberikan banyak hal untuk saya,” demikian tulis Rea.

    Selama 17 tahun berkarier di WSBK, Jonathan Rea telah meraih enam gelar juara. Dia juga sukses mengoleksi 119 kemenangan dan 264 podium. Catatan itu membuatnya dijuluki sebagai the greatest of all time atau GOAT di kejuaraan tersebut.

    Ketika usianya mulai menua, performanya memang perlahan menurun. Rea belakangan mulai jarang menang. Bahkan, untuk meraih podium saja, dia terlihat sangat kesulitan.

    Pada video yang sama, dia mengatakan, kondisi fisik dan instingnya saat ini memang tak sebaik dulu. Itulah mengapa, dia tak mau memaksakan diri untuk terus membalap. Rea janji, sekalipun sudah gantung helm, dia tetap akan mengikuti kejuaraan WSBK. Sebab, separuh hidupnya berada di sana.

    “Saya sangat bangga dengan apa yang telah saya capai selama karier panjang saya di WSBK,” kata Rea.

    (sfn/din)

  • Unik! Buah Pengusir Tikus Ini Disulap Siswa SMA Jadi Bahan Bakar

    Unik! Buah Pengusir Tikus Ini Disulap Siswa SMA Jadi Bahan Bakar

    Jakarta

    Sekelompok siswa SMAN 21 Makassar berhasil menyulap buah simpalak yang biasanya dikenal beracun dan hanya dipakai sebagai pengusir tikus, jadi bahan bakar biodiesel ramah lingkungan. Penemuan mereka itu dilombakan pada ajang Toyota Eco Youth (TEY) ke-13.

    Salah satu anggota tim, Fairuz Zacky Sadewa, menjelaskan proses panjang yang harus ditempuh untuk mengolah buah simpalak, hingga menjadi biodiesel. Prosesnya tidak sederhana, buah simpalak perlu dikeringkan dulu dan kemudian hingga sampai proses ekstraksi.

    Toyota Eco Youth ke-13 Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

    “Kami mulai dengan mengumpulkan buah simpalak kering lalu dibelah untuk mengambil bijinya. Biji kemudian dikeringkan, dihaluskan, dan diekstraksi hingga menghasilkan minyak nabati,” tutur Fairuz di Jakarta, Senin (25/8/2025).

    Tahap selanjutnya, kata Fairuz, adalah mengurangi kadar asam lemak bebas dalam minyak. “Harus di bawah 2 persen. Kalau lebih, saat pencucian, bisa terjadi penyabunan yang menurunkan kualitas biodiesel,” jelasnya.

    Setelah melalui proses transesterifikasi dan pencucian, barulah biodiesel siap dikemas. Dari sekitar 600 kilogram buah simpalak, tim ini hanya mampu menghasilkan sekitar 500 mililiter biodiesel. Walaupun jumlahnya kecil, hasil ini membuktikan potensi besar buah simpalak sebagai sumber energi alternatif.

    Siswa SMAN 21 Makassar peserta Toyota Eco Youth ke-13, bikin biodiesel dari buah simpalak Foto: Dok. Istimewa

    Meski begitu, pemanfaatannya belum bisa langsung diterapkan ke kendaraan bermotor. “Biodiesel ini sifatnya korosif, jadi kalau bersentuhan dengan logam di tangki bensin bisa menimbulkan karat. Perlu modifikasi mesin khusus agar aman digunakan,” ungkap Fairuz.

    Untuk sementara, tim menguji hasil olahan mereka melalui perbandingan dengan minyak sawit pada sumbu api. Hasilnya cukup menjanjikan. “Kalau minyak sawit ditaruh di sumbu, minyaknya tidak naik. Tapi biodiesel dari simpalak ini bisa naik karena mengandung etanol,” tambahnya.

    Inovasi ini menunjukkan bahwa energi terbarukan bisa lahir dari eksplorasi bahan-bahan lokal yang tak terduga. Lewat kompetisi Toyota Eco Youth, para siswa ini tak hanya berkreasi, tetapi juga memberi inspirasi bagi upaya mencari alternatif energi di masa depan.

    (lua/din)