Jenis Media: Otomotif

  • Ketum IMI Bamsoet Dorong Dealer Mobil Bertransformasi ke Ekosistem Digital

    Ketum IMI Bamsoet Dorong Dealer Mobil Bertransformasi ke Ekosistem Digital

    Jakarta

    Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menuturkan denyut bisnis dealer mobil di Indonesia tengah memasuki babak baru. Pergeseran perilaku belanja, penetrasi teknologi finansial, dan munculnya pemain kendaraan listrik mendorong showroom konvensional bertransformasi menjadi ekosistem digital.

    Anggota DPR RI sekaligus Ketua MPR RI ke-15 ini mendorong dealer mobil memiliki ekosistem digital yang menyatukan penjualan, pembiayaan, tukar tambah, purna jual, hingga komunitas pelanggan dalam satu alur terintegrasi.

    “Dealer atau showroom tidak lagi sekadar etalase mobil. Mereka harus berevolusi dengan kemajuan teknologi dimana penjualan, simulasi cicilan, persetujuan kredit, sampai after sales semuanya bisa dilalukan secara digital menggunakan gadget atau ponsel. Ini peluang besar untuk industri otomotif, sekaligus tantangan agar jaringan dealer, pabrikan, dan pembiayaan bisa bergerak seirama,” ujar Bamsoet, Kamis (28/8/2025).

    Hal itu dikatakan saat menghadiri Grand Opening Focus Motor di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Hadir antara lain CEO Focus Motor Agustinus, COO Focus Motor Azka Maulana, CEO Prestige Motorcars Rudy Salim serta Komunikasi dan Media IMI Pusat Dwi Nugroho Marsudianto.

    Ketua DPR RI ke-20 dan Ketua Komisi III DPR RI ke-7 ini memaparkan, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa penjualan mobil bekas di Indonesia sepanjang tahun 2024 mencapai sekitar 1,8 juta unit. Angka ini jauh diatas penjualan mobil baru yang hanya tercatat sebanyak 865.723 unit. Kedepan, pasar mobil bekas di Indonesia diproyeksi tumbuh sekitar 5-6% per tahun, didorong penjualan online dan kebutuhan pembiayaan yang kian mudah diakses.

    “Pasar mobil bekas kini bukan sekadar alternatif, melainkan segmen yang kian strategis bagi perekonomian otomotif nasional. Faktor harga, ketersediaan unit, pembiayaan yang semakin mudah, hingga kanal digital yang transparan menjadikan pasar ini berkembang sangat pesat,” kata Bamsoet.

    Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menjelaskan, perubahan perilaku konsumen terlihat jelas dari meningkatnya kepercayaan terhadap transaksi digital. Platform jual-beli daring semakin diminati, karena menawarkan appraisal transparan, riwayat servis yang bisa diverifikasi, hingga opsi garansi.

    Data menunjukan lebih dari 60 persen konsumen memulai pencarian mobil bekas lewat kanal digital, sementara sekitar 30 persen sudah melakukan pemesanan dan pembayaran uang muka secara online.

    “Pasar mobil bekas yang sehat membutuhkan standar pemeriksaan unit, transparansi dokumen, serta perlindungan konsumen. Dengan ekosistem yang terjaga, industri mobil bekas bisa menjadi motor baru perekonomian otomotif Indonesia,” pungkas Bamsoet.

    (mpr/ega)

  • Harga BYD Atto 1 di Surabaya, Mulai Rp 209 Juta

    Harga BYD Atto 1 di Surabaya, Mulai Rp 209 Juta

    Jakarta

    BYD Atto 1 resmi meluncur di Jawa Timur melalui ajang GIIAS Surabaya 2025 yang digelar 27 Agustus-31 September di Grand City Convex. Harga BYD Atto 1 di Surabaya mulai Rp 209 juta untuk varian dynamic dan Rp 249 juta buat varian premium.

    Harga BYD Atto 1 di Surabaya lebih mahal dari harga BYD Atto 1 di Jakarta. BYD Atto 1, yang resmi diperkenalkan pada ajang GIIAS 2025 lalu di Tangerang, ICE-BSD City, dipasarkan mulai Rp 195 juta untuk versi dynamic dan Rp 235 juta buat versi premium. Artinya harga Atto 1 di Surabaya lebih mahal Rp 14 juta.

    “Peluncuran BYD Atto 1 di Indonesia menjadi salah satu langkah penting kami buat menyediakan solusi mobilitas yang sesuai dengan dinamika masyarakat urban saat ini. Sebagai city car listrik BYD, Atto 1 dirancang untuk mengutamakan efisiensi, kemudahan, dan desain modern, sekaligus menjawab kebutuhan akan kendaraan yang lebih berkelanjutan. Kami harap kehadiran model ini dapat memperluas akses terhadap kendaraan listrik di Indonesia dan mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Eagle Zhao selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, dalam keterangan resminya.

    BYD Atto 1 dibangun di atas platform canggih e-Platform 3.0 dan dilengkapi dengan Blade Battery menghadirkan pengalaman berkendara yang efisien, aman, dan relevan dengan kebutuhan mobilitas perkotaan. Desainnya yang ringkas dan modern dipadukan dengan interior ergonomis untuk memberikan kenyamanan optimal. Sejumlah fitur keselamatan seperti enam airbag, Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold, dan Cruise Control turut disematkan untuk mendukung pengalaman berkendara yang lebih aman dan praktis di lingkungan kota.

    BYD Atto 1 resmi diperkenalkan di Surabaya, Jawa Timur Foto: Dok. BYD Motor Indonesia

    BYD Atto 1 dirancang untuk mobilitas perkotaan yang dinamis dengan dimensi panjang 3.925 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.590 mm, dan wheelbase 2.500 mm. Desain aerodinamis dan ukuran kompak membuat manuver lincah di jalan sempit serta proses parkir lebih cepat dan efisien. LED headlamp dan DRL meningkatkan visibilitas, alloy wheel 16 inci menambah kesan sporty sekaligus menunjang handling, ground clearance 155 mm memberi fleksibilitas di berbagai permukaan jalan, dan rear fog lamp membantu visibilitas saat hujan atau berkabut.

    PT BYD Motor Indonesia terus memperkuat komitmennya menghadirkan mobilitas ramah lingkungan yang mudah dijangkau di berbagai wilayah Indonesia melalui kolaborasi erat dengan mitra lokal sebagai bagian dari strategi distribusi nasional. Hingga pertengahan 2025, BYD telah mengoperasikan 53 diler BYD dan 5 diler Denza di 31 kota yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Sebagai bagian dari rencana ekspansi nasional, BYD dan Denza di Indonesia menargetkan peningkatan jumlah diler menjadi lebih dari 100 unit hingga akhir tahun 2025. Jawa Timur menjadi salah satu wilayah prioritas dalam ekspansi ini, seiring dengan pertumbuhan signifikan permintaan kendaraan listrik di provinsi tersebut.

    Pada semester pertama 2025, BYD dan Denza mencatat penjualan lebih dari 22.600 unit kendaraan listrik di Indonesia, terdiri dari lebih dari 16.400 unit BYD dan lebih dari 6.200 unit Denza. Pencapaian ini berkontribusi pada pertumbuhan pasar kendaraan listrik nasional yang kini mencapai penetrasi 9,7% dari total pasar otomotif. Dalam ekosistem yang berkembang pesat tersebut, BYD dan Denza berhasil membukukan pangsa pasar EV di Indonesia sebesar 54%, menjadi brand EV terlengkap dengan memiliki 7 line-up EV produk.

    Sedangkan di Jawa Timur, BYD dan Denza berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 800 unit, mengukuhkan posisi sebagai pemimpin pasar EV pada kawasan ini. Pencapaian tersebut didukung oleh dua diler yang telah beroperasi yaitu:

    1. BYD Arista Kenjeran Surabaya di Jl. Kenjeran No.585, Kalijudan, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur 60134

    2. BYD Haka Suprapto Malang di Jl. Jaksa Agung Suprapto No.85, Rampal Celaket, Klojen, Malang City, Jawa Timur 65111.

    Menjawab antusiasme dan pertumbuhan permintaan di Jawa Timur, BYD berkomitmen untuk terus memperluas jaringan layanan di provinsi ini. Dari dua diler yang telah beroperasi di Surabaya dan Malang akan diperluas hingga mencapai 15 titik layanan di tahun depan, dengan prioritas kota-kota strategis seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Kediri, Jember, Banyuwangi, Madiun, Tulungagung, dan Bojonegoro. Ekspansi ini ditujukan untuk memastikan kemudahan akses terhadap produk, layanan purnajual yang andal, serta infrastruktur pengisian yang memadai sehingga adopsi kendaraan listrik dapat tumbuh lebih cepat dan merata di Jawa Timur.

    “Jawa Timur adalah salah satu wilayah strategis dalam penyebaran kendaraan listrik di tanah air. Dengan konektivitas antar kota yang kuat dan infrastruktur transportasi yang terus berkembang, wilayah ini menjadi titik tumpu penting bagi perluasan jaringan BYD. Dengan permintaan yang terus meningkat dan potensi pasar yang besar, kami berkomitmen memperluas jaringan hingga 15 titik layanan di kawasan ini sampai tahun depan untuk memastikan ketersediaan produk, layanan berkualitas, dan infrastruktur pengisian yang memadai,” ujar Luther Panjaitan selaku Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia.

    Seluruh jaringan telah mengadopsi layanan terpadu 3S, yaitu Sales, Service, dan Sparepart, didukung layanan towing siaga di wilayah jangkauan diler. Untuk kenyamanan pelanggan, BYD Indonesia menyediakan Call Center bebas pulsa 24 jam setiap hari di 0800 168 6868 untuk berbagai kebutuhan informasi produk dan layanan.

    (lua/din)

  • Knalpot Brong Dilarang Beredar di Jawa Barat, Dedi Mulyadi Bikin Aturannya

    Knalpot Brong Dilarang Beredar di Jawa Barat, Dedi Mulyadi Bikin Aturannya

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi Jawa Barat melarang penggunaan knalpot brong. Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi sudah menebar surat edaran ke daerah-daerah untuk mengatur penggunaan knalpot kendaraan.

    Dedi Mulyadi mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat terkait larangan penggunaan knalpot brong. Dedi juga melarang toko atau bengkel menjual knalpot brong.

    “Terhitung hari ini kami membuat surat edaran untuk seluruh wilayah di Provinsi Jawa Barat sampai pada tingkat desa dan kelurahan, RT dan RW. Isi edarannya adalah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melarang penggunaan dan penjualan knalpot brong yang menurut saya itu bertentangan dengan prinsip-prinsip kenyamanan dan keamanan berkendara. Karena setiap kendaraan itu sudah punya standarisasi knalpotnya masing-masing. Ketika dilakukan perubahan maka itu bertentangan dengan prinsip-prinsip pengelolaan ketertiban lalu lintas dan kenyamanan para pengguna jalan di mana pun berada,” kata Dedi dikutip dari Instagramnya.

    “Untuk itu semoga semua pihak bisa menyadari semua kekeliruan yang sudah dilakukan dan tidka melakukannya lagi,” katanya.

    “Mari kita ciptakan ketertiban, kenyamanan dalam berkendara dan berlalu lintas,” ucap Dedi.

    Salah satu isi surat edaran itu adalah meminta bupati dan walikota se-Jawa Barat untuk melaksanakan pembinaan kepada masyarakat, termasuk pemilik/pimpinan toko/bengkel untuk tidak memperdagangkan, mengedarkan, dan/atau menggunakan knalpot yang tidak memenuhi spesifikasi teknis standar pabrikan.

    Secara aturan, pengguna knalpot brong dianggap melanggar lalu lintas lantaran komponen kendaraan tak sesuai dengan spesifikasi sebagaimana tercantum dalam pasal 285 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    “Setiap orang yang mengemudikan motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3), dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” begitu bunyi pasal 285 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009.

    Lebih lanjut, suara knalpot juga diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 56 Tahun 2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Kendaraan Bermotor yang sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L.

    Dalam aturan itu disebutkan bahwa motor berkapasitas kurang dari 80 cc tingkat maksimal kebisingan 77 dB, motor berkubikasi 80-175 cc tingkat maksimal kebisingan 80 dB, dan untuk motor di atas 175 cc maksimal bising 83 dB.

    (rgr/din)

  • Penjualan Daihatsu di Jawa Timur, Ini Tiga Model yang Terlaris

    Penjualan Daihatsu di Jawa Timur, Ini Tiga Model yang Terlaris

    Jakarta

    Jawa Timur menjadi salah satu lumbung penjualan bagi Daihatsu. Secara nasional, Jawa Timur punya kontribusi mencapai 14 persen.

    Selama periode Januari hingga Juli 2025, Daihatsu mencatatkan penjualan ritel sebesar 78 ribu unit secara nasional, dengan pangsa pasar mencapai 17,2%. Kontribusi terbesar datang dari wilayah Jawa Timur, yang menjadi salah satu pilar utama penjualan Daihatsu.

    Kota Surabaya memegang peran penting sebagai kontributor terbesar penjualan otomotif di Jawa Timur. Alhasil, Daihatsu sukses menduduki peringkat kedua dalam penjualan di provinsi maupun kota tersebut.

    Pencapaian ini tidak lepas dari dominasi tiga model andalan Daihatsu. Gran Max series (Pick Up dan Mini Bus) memimpin segmen komersial dengan pangsa pasar 72%, diikuti Sigra yang menguasai 57% di segmen LCGC MPV, serta Ayla dengan kontribusi 26% di segmen LCGC Hatchback.

    “Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan setia Daihatsu, khususnya di Jawa Timur dan Surabaya. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan program dan layanan terbaik demi kemudahan masyarakat dalam memiliki mobil Daihatsu impian,” ujar Andrianto, Kepala Wilayah Jawa Timur PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

    Data penjualan per wilayah periode Januari-Juni 2025 menunjukkan bahwa Daihatsu berhasil menjual 4.679 unit di Jawa Timur. Angka ini menyumbang 14,3% dari total penjualan Daihatsu secara nasional, yang tercatat sekitar 60 ribu unit pada periode yang sama.

    GIIAS Surabaya 2025: Kesempatan Mencicipi Rocky Hybrid

    Di luar capaian penjualan, Daihatsu juga berpartisipasi dalam pameran otomotif GIIAS Surabaya 2025 yang berlangsung mulai 27-31 Agustus 2025. Dengan mengusung tema Bahagia Sejak Pertama, Daihatsu ingin menjadi bagian dari perjalanan hidup masyarakat sejak awal.

    Pada ajang GIIAS Surabaya 2025, Daihatsu tidak hanya menampilkan produk terbarunya, tetapi juga menyediakan fasilitas test drive khusus. Pengunjung bisa merasakan sensasi berkendara mobil Rocky Hybrid, yang merupakan mobil hybrid pertama Daihatsu di Indonesia. Sejak diluncurkan pada Juli lalu, Rocky Hybrid telah mendapat sambutan positif dari masyarakat.

    Daihatsu berharap dapat terus menyediakan solusi mobilitas yang menyenangkan dan sesuai kebutuhan masyarakat, khususnya bagi para pembeli mobil pertama di Surabaya dan sekitarnya.

    Bagi yang tertarik, bisa langsung mengunjungi booth Daihatsu di GIIAS Surabaya 2025, Grand City Convention, Hall G Floor, Booth Q. Tersedia berbagai promo menarik untuk pemesanan Rocky Hybrid dan model Daihatsu lainnya, mulai dari potongan harga, lucky dip, bunga spesial, hingga paket kredit ringan.

    (riar/din)

  • DP Rp 8 Juta, Cicilan Cuma Rp 1 Jutaan

    DP Rp 8 Juta, Cicilan Cuma Rp 1 Jutaan

    Jakarta

    Di Malaysia, masih ada mobil baru yang harganya di bawah Rp 100 juta. Modal Rp 8 juta buat DP sudah bisa beli mobil baru dengan cara kredit.

    Mobil termurah di Malaysia adalah Perodua Axia E. Itu adalah city car dari perusahaan otomotif lokal Malaysia, Perodua, sekaligus kembaran Daihatsu Ayla.

    Kehadiran Perodua Axia E bertujuan untuk menyediakan mobilitas yang terjangkau dan berkualitas bagi seluruh warga Malaysia. Model ini menggunakan basis Perodua Axia atau Daihatsu Ayla lawas yang pertama kali diperkenalkan pada 2017.

    Perodua Axia E itu masih menjadi mobil termurah di Malaysia. Dikutip dari situs resmi Perodua, Axia E saat ini masih dijual dengan harga 22.000 ringgit, sudah termasuk pajak penjualan tapi belum termasuk asuransi. Kalau dikonversi ke rupiah, Perodua Axia E di Malaysia dijual setara Rp 84,8 jutaan (kurs 1 ringgit = Rp 3.858).

    Presiden dan CEO Perodua, Dato’ Sri Zainal Abidin Ahmad, mengatakan mobil tersebut bisa dibeli masyarakat Malaysia yang ingin naik kelas dari sepeda motor ke mobil. Cicilannya pun sangat ringan.

    “Perodua Axia E telah teruji dan terbukti di pasaran selama bertahun-tahun, dan kami yakin varian ini akan memenuhi perannya saat ini, yaitu memberikan kesempatan kepada pemilik sepeda motor untuk memiliki mobil baru,” katanya dalam keterangan tertulis.

    “Berdasarkan diskusi kami dengan lembaga keuangan lokal, kami menemukan bahwa cicilan Axia E hanya sebesar RM300 per bulan. Biaya ini sama dengan biaya yang dikeluarkan seseorang untuk membeli sepeda motor baru dengan sistem kredit,” ujarnya.

    Dalam situs resmi Perodua, ada simulasi kredit untuk Perodua Axia. Axia 1.0 E MT yang harganya 22.000 ringgit atau Rp 84,8 jutaan itu bisa dicicil dengan DP 10 persen sekitar 2.200 ringgit (Rp 8,4 jutaan). Dengan bunga 3 persen dan tenor 5 tahun, cicilan per bulannya hanya 380 ringgit atau setara Rp 1,4 jutaan.

    Perodua Axia E menggendong mesin 1KR-VE DOHC VVT-i berkapasitas 998 cc (1.000 cc). Tenaga maksimalnya mencapai 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 91 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 22,5 km/liter (ECE mode).

    Sebagai mobil termurah, fitur-fiturnya tentu banyak yang ‘disunat’. Salah satunya adalah fitur radio yang tidak tersedia di Perodua Axia.

    Mobil ini tidak memiliki daytime running light atau bodykit. Pengaturan spion pun masih manual. Dan lampu utama menggunakan projector. Perodua Axia juga tidak dibekali fitur smart entry, audio, bahkan speaker pun tidak ada. Meski begitu, Perodua Axia sudah dibekali AC untuk kenyamanan penumpangnya serta telah terdapat power window.

    (rgr/din)

  • Pecinta Ducati di Indonesia Rayakan 24 Tahun Kebersamaan

    Pecinta Ducati di Indonesia Rayakan 24 Tahun Kebersamaan

    Jakarta

    Komunitas penggemar motor gede asal Italia, Ducati Official Club Indonesia (DOCI), baru saja merayakan hari jadinya yang ke-24. Mengusung tema “Brotherhood in Red, United in Passion”, acara ini menjadi ajang kumpul-kumpul bagi para Ducatisti dari berbagai daerah, sekaligus merayakan persaudaraan yang sudah terjalin sejak dua dekade lebih.

    Perayaan dimulai dengan konvoi meriah bertajuk Independence Riding. Puluhan motor Ducati, yang didominasi warna merah khasnya, memadati jalanan dari Senayan City menuju Rumah Sarwono di Jakarta Selatan.

    Kegiatan ini bukan cuma sekadar berkendara, tetapi juga menjadi cara unik DOCI untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemandangan barisan motor sport, naked, hingga cruiser yang gagah ini sontak menarik perhatian warga Jakarta.

    Setibanya di lokasi, suasana hangat dan kekeluargaan langsung terasa. Para anggota DOCI disuguhi beragam hiburan, mulai dari live music yang menambah semarak, hingga sesi doorprize yang ditunggu-tunggu.

    Stephanus Wibowo, PLT President DOCI, dalam sambutannya menekankan pentingnya acara ini sebagai penguat ikatan persaudaraan.

    “Mari kita jadikan momentum anniversary ini sebagai penguat ikatan persaudaraan dan sebagai pengingat bahwa kita satu warna, satu hati, dan satu semangat,” ujar Stephanus.

    Ducati Official Club Indonesia Foto: Dok. DOCI

    Didirikan pada tahun 2001, DOCI telah membuktikan eksistensinya sebagai salah satu klub motor paling solid di Tanah Air. Dengan mengedepankan safe riding dan passion terhadap dunia otomotif, komunitas ini tak hanya aktif menggelar touring, tetapi juga rutin mengadakan edukasi berkendara dan aksi sosial.

    Perayaan ulang tahun ke-24 ini menjadi bukti nyata komitmen DOCI untuk terus berkembang dan menjadi wadah positif bagi para pemilik Ducati di Indonesia, mempererat tali persaudaraan yang mereka sebut sebagai “Brotherhood in Red”.

    (riar/din)

  • Juara 1 Toyota Eco Youth ke-13 Lahirkan Inovasi Listrik dari Limbah Cangkang Kepiting

    Juara 1 Toyota Eco Youth ke-13 Lahirkan Inovasi Listrik dari Limbah Cangkang Kepiting

    Jakarta

    Ide brilian lahir dari tangan para pelajar Sumatera Utara. Dua siswa SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan berhasil mengubah limbah cangkang kepiting rajungan menjadi sumber energi listrik ramah lingkungan. Inovasi ini membawa mereka meraih Juara 1 Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dan berhak atas dana pengembangan sebesar Rp 100 juta.

    Adalah Fauzan Yudha Azhary Harahap dan Shadeq Fikri Nasution, dua remaja yang melihat persoalan lingkungan di daerah pesisir Pantai Barat Sumatera. Di wilayah itu limbah cangkang rajungan kerap dibuang begitu saja ke laut.

    “Di mana sisa dari hasil produksi tersebut, berupa limbah langsung dibuang ke laut. Menurut data yang kami dapat, mereka menghasilkan sebanyak 109,5 ton per tahunnya,” ujar Fauzan di Jakarta, Senin (25/8/2025).

    Juara 1 Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Untuk masyarakat nelayan setempat, lampu menjadi kebutuhan utama karena mereka mengandalkan metode penangkapan ikan bagan tancap. Selama ini, lampu dinyalakan dengan generator berbahan bakar fosil yang mahal, sekaligus mencemari lingkungan.

    “Setelah kami melakukan survei, para nelayan memulai kesehariannya menggunakan generator listrik. Bahan baku generator listrik tersebut memakai bahan bakar fosil yang bersifat mahal dan tidak ramah lingkungan,” jelas Fauzan.

    Berangkat dari situ, tim mengolah limbah cangkang rajungan menjadi bubuk kitosan, senyawa alami dari kitin yang bereaksi dengan air laut untuk hasilkan energi. Prosesnya dimulai dengan pembersihan, penjemuran, hingga pemanasan dalam oven. Cangkang lalu digerus, diayak, dan diproses menjadi kitosan.

    “Setelah kami jemur, masuklah pada tahap oven selama 2 jam, dia masuk 60 derajat Celcius. Setelah itu, kami gerus atau kami tumbuk, lalu kami ayak. Selanjutnya masuklah pada tahap penyederhanaan senyawa, setelah ini bisa menghasilkan suatu bubuk kitosan,” kata Fauzan.

    Dalam uji coba, kitosan dicampur air laut di dalam komponen bernama buksekat. Satu unit berisi 120 mililiter air laut dan 2 gram kitosan, mampu menghasilkan listrik 1,3 volt. Energi ini kemudian disimpan dalam baterai untuk menyalakan lampu nelayan. “Gak perlu lagi kita menggunakan generator sama bahan bakar Pertalite,” tambah Fauzan.

    Lewat inovasi ini, limbah laut yang semula tak bernilai kini justru menjadi sumber energi alternatif yang murah, ramah lingkungan, sekaligus berkelanjutan.

    (lua/rgr)

  • Perhatian! Pekan Depan Ada Pembatasan Kendaraan

    Perhatian! Pekan Depan Ada Pembatasan Kendaraan

    Jakarta

    Pekan depan ada libur panjang. Pemerintah akan menerapkan pembatasan kendaraan.

    Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan perjalanan selama masa libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2025 pekan depan. Salah satu strateginya adalah dengan membatasi kendaraan angkutan barang.

    Ditjen Hubdat bersama Ditjen Bina Marga Kementerian PU serta Korlantas Polri telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang tertuang dalam Keputusan Bersama Nomor KP-DRJD 3760, Kep/143/VIII/2025, 62/KPTS/Db/2025 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Libur Panjang Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2025.

    “Pemerintah akan melakukan pengaturan lalu lintas jalan. Ini komitmen kami dalam menjamin keselamatan hingga kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan, juga untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas di ruas jalan nasional,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Aan Suhanan dalam keterangan tertulisnya.

    Menurut Aan, pengaturan lalu lintas selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad dilakukan terhadap angkutan barang dan menerapkan sistem rekayasa lalu lintas. Pengaturan lalu lintas ini akan diterapkan di sejumlah ruas jalan nasional tol, mulai tanggal 4 hingga 7 September 2025.

    “Kami telah menetapkan sejumlah strategi pengaturan lalu lintas yang diatur di dalam SKB, di antaranya melalui pembatasan operasional angkutan barang dan sistem jalur/lajur pasang atau tidal flow (contra flow),” jelas Aan.

    Pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan dengan kereta gandeng. Begitu juga untuk mobil barang yang mengangkut hasil galian (tanah, pasir, dan/atau batu), hasil tambang, dan bahan bangunan.

    Pengaturan tersebut dilakukan pada sejumlah ruas jalan tol di kedua arahnya yakni jalan tol JORR 1, tol Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang, dan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi. Kemudian di jalan tol di wilayah Semarang yaitu Krapyak-Jatingaleh, Jatingaleh-Srondol, Jatingaleh-Muktiharjo, dan jalan tol Semarang-Solo.

    Adapun hari dan waktu pengaturan lalu lintas berupa pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan mulai:

    1. Kamis, 4 September 2025 pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat;
    2. Jumat, 5 September 2025 pukul 06.00 hingga 18.00 waktu setempat;
    3. Minggu, 7 September 2025 pukul 06.00 hingga 22.00 waktu setempat.

    Pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku bagi angkutan barang pengangkut BBM, hantaran uang, keperluan penanganan bencana, hewan ternak, pakan ternak, pupuk. Pembatasan juga tidak berlaku pada angkutan barang pangan atau kebutuhan pokok (beras, tepung, jagung, gula, sayur, buah, daging, ikan, daging unggas, minyak goreng dan mentega, susu, telur, kedelai, bawang, dan cabai).

    “Angkutan barang yang diperbolehkan melintas tetap harus mematuhi ketentuan untuk keamanan dan keselamatan di jalan. Tidak menggunakan kendaraan lebih dimensi dan lebih muatan, ini harus dibuktikan dengan dokumen perjanjian antara pemilik barang dengan pengusaha angkutan,” katanya.

    Selain itu, harus dilengkapi dengan surat muatan yang diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, surat muatan yang berisi keterangan jenis barang yang diangkut; tujuan pengiriman barang; dan nama dan alamat pemilik barang, serta ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang.

    (rgr/din)

  • Suzuki Carry Disegarkan, Dapat Pilihan Warna Abu-abu

    Suzuki Carry Disegarkan, Dapat Pilihan Warna Abu-abu

    Jakarta

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan penyegaran pada lini kendaraan komersial andalannya. Suzuki meluncurkan warna baru Prime Graphite Grey untuk New Carry yang resmi tersedia di seluruh jaringan penjualan Suzuki Indonesia mulai September 2025.

    Pengenalan warna baru New Carry berbarengan momentum pembukaan GIIAS Surabaya 2025. Penambahan sentuhan anyar ini berlaku buat varian New Carry Pick Up AC/PS baik tipe flat deck maupun wide deck.

    “Suzuki selalu berupaya mendengar kebutuhan konsumen, termasuk keinginan akan keberagaman warna pada New Carry. Kami memahami bahwa setiap pengusaha memiliki karakter dan identitas usahanya masing-masing. Karena itu, Suzuki menambahkan warna Prime Graphite Grey pada New Carry Pick Up untuk memberikan opsi baru. Lewat cara ini, konsumen dapat memilih kendaraan niaga yang lebih sesuai dengan citra bisnis mereka,” ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT SIS, dalam keterangan resminya.

    Warna baru Prime Graphite Grey hadir melengkapi pilihan sebelumnya yaitu White, Metallic Silky Silver, dan Real Black. Kehadirannya ditujukan untuk menjawab permintaan konsumen yang semakin beragam, khususnya para pelaku usaha yang membutuhkan kendaraan tidak hanya fungsional, tapi juga merepresentasikan karakter bisnis mereka.

    Harga jual New Carry Pick Up Prime Graphite Grey juga tak beda dengan varian warna lainnya, yakni mulai Rp 178.700.000 (on the road DKI Jakarta). Dengan nilai tersebut, konsumen akan mendapatkan kendaraan dengan spesifikasi tangguh, efisien, dan ekonomis. Dari sisi kemampuan, kendaraan niaga ringan ini tetap unggul dengan daya angkut mencapai 1 ton, mesin bertenaga dan irit bahan bakar. Selain itu, reputasi dari segi durabilitas juga sudah diakui oleh berbagai kalangan pengusaha di Indonesia.

    Selama hampir mencapai lima dekade, New Carry telah menjadi kendaraan penggerak ekonomi multi skala sekaligus berhasil membawa kesuksesan bisnis di Indonesia. Lewat kesesuaiannya terhadap kebutuhan pelaku usaha, New Carry menyediakan ruang bagi pengguna untuk selalu ada cerita menarik yang dapat diukir.

    Suzuki mempercayai lewat penambahan warna baru, pelanggan memiliki fleksibilitas lebih dalam memilih kendaraan. Tampilan mobil dapat disesuaikan identitas merek usaha mereka, baik untuk distribusi logistik, operasional harian, maupun kegiatan niaga lainnya.

    “Surabaya dan Jawa Timur memiliki kontribusi besar terhadap penjualan New Carry sekaligus menjadi basis pengguna terbanyak di Indonesia. Karena itu, Suzuki memilih momentum GIIAS Surabaya 2025 untuk memperkenalkan warna baru. Kami ingin para pengusaha di wilayah ini merasakan perhatian spesial dari Suzuki serta mendapatkan pilihan kendaraan niaga yang semakin sesuai dengan kebutuhan usaha mereka,” tutup Randy.

    (lua/rgr)

  • Kata Siapa Jorge Martin Lelet? Buktinya Bisa Salip 7 Pebalap dalam 1 Lap

    Kata Siapa Jorge Martin Lelet? Buktinya Bisa Salip 7 Pebalap dalam 1 Lap

    Jakarta

    Pebalap Aprilia asal Spanyol, Jorge Martin, ‘membungkam’ mulut haters yang menyebut dirinya lambat seperti keong. Sebab, pada balapan pekan lalu, The Martinator membuktikan diri mampu tampil kencang dan menyalip banyak kompetitor!

    Pada MotoGP Hungaria pekan lalu, Martin hanya memulai perlombaan dari posisi ke-17. Namun, dia mampu melakukan overtake berkali-kali hingga finis di urutan keempat. Bahkan, dia hanya butuh satu putaran untuk membalap tujuh-delapan pebalap sekaligus.

    “Semua orang bilang saya susah nyalip, tapi saya berhasil melewati tujuh pebalap hanya dalam satu lap,” ujar Jorge Martin, dikutip dari Motosan, Rabu (27/8).

    “Dari tikungan pertama saya sudah yakin bisa menyalip dua atau tiga. Lalu di tikungan ketiga saya lewati satu lagi, di tikungan kelima dua lagi, di tikungan kesembilan satu lagi, dan di tikungan ke-15 satu lagi. Jadi totalnya saya menyalip tujuh-delapan pebalap di lap pertama,” tambahnya.

    Jorge Martin tampil baik di MotoGP Hungaria 2025. Foto: Icon Sportswire via Getty Images/Icon Sportswire

    Martin mengklaim, hasil itu membuktikan dirinya masih mampu bersaing setelah sembuh dari cedera. Sebab, sebelumnya, banyak pihak yang meragukan pebalap 28 tahun tersebut.

    “Memang benar ini trek yang harus dipersiapkan dengan matang. Tidak bisa hanya mengandalkan slipstream lalu langsung menyalip, tapi harus dipikirkan dan disiapkan sebelumnya,” tuturnya.

    “Namun balapan ini menjadi ajang pembelajaran bagi saya, start dari belakang dengan tekanan di awal dan lain sebagainya. Hal itu akan membuat saya lebih kuat untuk ke depannya,” kata dia menambahkan.

    Finis keempat di MotoGP Hungaria merupakan hasil terbaik yang diraih Martin sepanjang musim ini. Pencapaian tersebut membuatnya mendapat tambahan 13 poin dan naik ke posisi ke-20 klasemen sementara.

    (sfn/rgr)