Jenis Media: Otomotif

  • Honda Step Wgn Hybrid Masih CBU Jepang, Mau Dibuat ‘Made in Indonesia’?

    Honda Step Wgn Hybrid Masih CBU Jepang, Mau Dibuat ‘Made in Indonesia’?

    Batang

    Honda mendatangkan MPV Step Wgn Hybrid langsung dari Negeri Sakura. Akankah Step Wgn Hybrid itu diproduksi lokal?

    Ada lima lini produk mobil hybrid Honda di Indonesia. Paling anyar diramaikan dengan kehadiran Step Wgn Hybrid. MPV pintu geser ini disajikan Honda untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia. Terlebih, Step Wgn Hybrid itu menawarkan kabin yang lega dan juga irit bahan bakar. Honda mendatangkan langsung Step Wgn Hybrid dari negara asalnya, Jepang. Akankah Step Wgn Hybrid itu diproduksi dalam negeri? Mengingat saat ini Honda memiliki fasilitas produksi dan telah melahirkan ragam model di Indonesia.

    “Dilihat marketnya ya, kalau sekarang kan segmen UMPV kan memang masih segmented, niche meskipun growing ya. Tapi ya nanti dilihat lah kalau memang trennya ke arah sana kan selalu dipertimbangkan, kalau kita mau produksi lokal kan ada ambang skala produksinya,” ungkap Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di sela-sela Electrify Your Journey Media Trip di Batang, Jawa Tengah, Selasa (26/8/2025).

    Soal penjualan, Honda menyebut Step Wgn Hybrid itu sudah sesuai dengan target yang dicanangkan. Pun distribusi ke garasi konsumen juga sudah mulai dilakukan sejak Agustus. Rencananya pengiriman akan berlanjut di bulan Oktober 2025.

    “Sudah sekitar 50 ya delivery ya. Sejauh ini bagus, target kan sekitar 2.000 unit lah setahun,” jelasnya lagi.

    Step Wgn Hybrid menjadi asa baru Honda untuk mengincar banyak keluarga di Tanah Air. Sebagai pemikat, Honda Step Wgn Hybrid dibekali dengan teknologi keselamatan canggih Honda SENSING. Mengusung sistem hybrid efisien khas Honda, model ini menawarkan performa bertenaga namun tetap hemat bahan bakar, serta pengalaman berkendara fun to drive ala Honda. Kombinasi unggulan ini menjadikan STEP WGN e:HEV pilihan ideal bagi keluarga modern yang mencari kendaraan serbaguna, nyaman, dan ramah lingkungan.

    Ditenagai oleh mesin 2.0L Atkinson Cycle yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga, Step Wgn Hybrid mengusung sistem hybrid electric first yang mengutamakan motor listrik sebagai penggerak utama, menghasilkan akselerasi halus dan efisiensi tinggi dalam berbagai kondisi berkendara.

    (dry/rgr)

  • Vespa Officina 8 Meluncur di Indonesia, Intip Harganya

    Vespa Officina 8 Meluncur di Indonesia, Intip Harganya

    Jakarta

    Vespa Officina 8 meluncur di Indonesia, tersedia aksen tambahan pada model Sprint dan GTV. Seperti apa bedanya? Berikut ulasannya.

    Officina 8 merupakan nama dari sebuah departemen eksperimental legendaris Piaggio di Pontedera, Italia. Pin eksklusif berwarna biru dan emas bertuliskan “Piaggio 8”, yang dikenakan di seragam kerja, menjadi simbol prestise bagi teknisi terpilih di departemen paling rahasia dan dikagumi di pabrik. Ruang kerja ini tertutup bagi siapa pun selain para insinyur pengembangan, mekanik, desainer, dan penguji.

    Bengkel Officina 8 telah melahirkan deretan karya legendaris: mulai dari Vespa yang mencatat 17 rekor dunia kecepatan dan ketahanan pada tahun 1950, rekor flying kilometer di tahun 1951, “98 Corsa” legendaris, hingga model tangguh penakluk balap off-road “Six Days” yang menantang. Bahkan, prototipe pertama Vespa pun berawal di sini.

    Vespa Officina 8 Sprint Foto: Dok. Piaggio

    Edisi eksklusif Officina 8 hadir pada model paling ikonik: Vespa Sprint dan GTV. Keduanya tampil menonjol dengan warna khas Blu Officina 8, yaitu biru industrial dengan sentuhan brass matte metallic finish.

    Aksen Logam: Bagian depan, bingkai lampu, dan pelek dihiasi warna aluminium. Gril penutup setang dan pelek juga dilapisi warna kuningan (brass), yang juga memiliki sentuhan akhir diamond-cut pada bagian pelek.Jok dan Emblem: Joknya dilapisi ganda dengan jahitan khusus dan paku keling berwarna kuningan. Terdapat juga emblem tiga dimensi di bagian belakang yang terinspirasi dari pin para teknisi di Officina 8.Detail Modern: Spion bar end dan berbagai detail lain berwarna hitam doff (matte black).Vespa Officina 8 GTV Foto: Dok. Piaggio

    Khusus pada Vespa Sprint Officina 8, tampilan sporty diperkuat melalui rear rack bergaya sporty berlapis matte black. Sementara itu, Vespa GTV Officina 8 menonjolkan karakter vintage melalui lampu depan rendah dan setang tubular metal terbuka, sekaligus memberikan kesan sporty di jalan.

    Model ini juga dilengkapi penutup jok rigid berwarna senada dengan bodi, terinspirasi dari fairing khas Vespa balap klasik, yang semakin menegaskan tampilan sporty-nya.

    Kedua model Vespa Officina 8 juga dilengkapi welcome kit eksklusif berupa kotak berwarna khas Officina 8, berisi Owner’s Book. Buku istimewa ini dilengkapi dokumen arsip asli, yang mengajak pengguna menelusuri kembali sejarah Departemen Eksperimental Officina 8.

    “Kami sangat antusias menghadirkan Vespa Officina 8 ke Indonesia, sebuah perayaan kreativitas dan passion yang telah membentuk Vespa sejak awal berdiri. Konsep desain dan craftsmanship yang benar-benar unik ini lahir dari penelusuran arsip kami, bukan sekadar bernostalgia, tetapi dengan sentuhan kreativitas modern yang menghormati warisan kami dengan penuh ketelitian dan keterampilan tinggi. Ini bukan hanya pencapaian penting bagi brand kami, tetapi juga wujud nyata dari nilai-nilai yang kami junjung tinggi:craftsmanship, authenticity, originality, dan freedom,” kata Marco Noto La Diega, Managing Director dan Country CEO PT Piaggio Indonesia.

    Menyoal harga, berikut ini banderolan Vespa Officina 8 on the road Jakarta seperti dimuat dalam website resmi:

    Vespa Officina 8 GTV: Rp 179.500.000Vespa Officina 8 Sprint: Rp 63.500.000

    (riar/rgr)

  • Tambah Ramai, Tiga Merek Mobil Baru Bakal Gabung Gaikindo

    Tambah Ramai, Tiga Merek Mobil Baru Bakal Gabung Gaikindo

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan saat ini ada tiga merek yang hendak mendaftar menjadi anggota.

    “Ini ada tiga yang lagi diproses. Sekarang 59, kalau ini masuk jadi 62,” kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara di Kemenperin, Senin (25/8/2025).

    Kukuh belum bisa menyebut siapa saja merek baru yang menjadi anggota Gaikindo. Termasuk apakah merek baru itu juga memasarkan model mobil listrik. Saat ini pendaftaran anggota masih dalam tahap verifikasi.

    “Saya belum baca, karena baru dikasih tahu mau ada yang daftar lagi tiga. Kemarin (minggu lalu),” kata Kukuh.

    “Datanya belum lengkap,” jelas dia lagi.

    Gaikindo saat ini menaungi berbagai merek kendaraan roda empat atau lebih. Ada sekitar 43 merek yang masih aktif melaporkan penjualannya di Indonesia. Merek-merek tersebut meliputi Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi Motors, Mitsubishi Fuso, Scania, GWM, Aion, VinFast, UD Trucks, Lexus, BMW, Mini, Peugeot, Polytron, Subaru, DFSK, Wuling, Mazda, Neta, Nissan, Ford, Chery, BYD, Jaecoo, Volkswagen, Audi, Maxus, Isuzu, Hyundai, Denza, Seres, Neta, Citroen, Hino, Geely, FAW, Mercedes-Benz, Volvo, Kia, Baic, VinFast, Jeep, Jetour dan Morris Garage.

    Ada beberapa merek China yang belum masuk Gaikindo namun bakal menjual mobil listrik di Indonesia. Pertama Changan Automobil melalui Indomobil. Merek lain yang belum gabung Gaikindo ialah Aletra. PT Aletra Mobil Nusantara resmi memperkenalkan dan mulai menjual mobil listrik Aletra L8 EV pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Jika melihat langkah Aletra di Indonesia, Aletra merupakan produk hasil kerjasama strategis antara Aletra dan Livan Auto, bagian dari Geely Auto Group.

    Selain itu, ada pula produsen roda empat asal China, JAC Motors, yang baru masuk Indonesia. Mereka menggandeng Indomobil Group untuk menjalankan bisnis dan produksi kendaraan di Tanah Air.

    Kemudian Lepas, ini merupakan sub-merek premium baru dari Chery yang meluncur pertama kali di Indonesia dalam ajang GIIAS 2025. Merek ini juga terpantau belum ada dalam data penjualan Gaikindo.

    (riar/rgr)

  • Spesifikasi Supercar Buatan Malaysia yang Siap Tantang Ferrari-McLaren

    Spesifikasi Supercar Buatan Malaysia yang Siap Tantang Ferrari-McLaren

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Malaysia, Bufori Motor Car Company, sedang menanti ‘kelahiran’ supercar pertamanya, yakni Bufori CS8. Kendaraan bertenaga monster tersebut digadang-gadang akan bersaing langsung dengan mobil-mobil buatan Ferrari, McLaren dan Lamborghini.

    Disitat dari Paultan, Kamis (28/8), Bufori CS8 bukan proyek asal-asalan. Karuan saja, supercar itu sudah dikembangkan sejak enam tahun lalu atau sebelum kemunculan pandemi. Pabrikan berkali-kali melakukan penyempurnaan sebelum benar-benar diluncurkan.

    Peluncuran dan pengumuman harga resmi Bufori CS8 kemungkinan besar akan digelar akhir bulan ini. Menariknya, meski masih ditutup stiker kamuflase, unitnya sudah muncul duluan saat acara track day yang digelar Affin Bank di Sirkuit Sepang, pekan lalu.

    Nah, dengan statusnya yang sebagai supercar buatan Malaysia, bagaimana spesifikasi Bufori CS8? Benarkah kendaraan tersebut layak disandingkan nama-nama besar asal Eropa?

    Spesifikasi Bufori CS8 Buatan MalaysiaBufori CS8. Foto: Doc. Paultan.

    Jika diperhatikan sekilas, Bufori CS8 punya ukuran lebih panjang dibandingkan model purwarupa yang muncul enam tahun lalu. Bahkan, desainnya bisa dibilang benar-benar berubah. Kendaraan yang disebut Ultra High Performance GT alias UHP GT itu terlihat lebih panjang dan eksotis.

    Jarak sumbu roda CS8 memanjang 350 mm dan overhang belakangnya juga dibuat lebih jenjang. Hasilnya? Proporsinya jadi lebih cakep, kabin lebih lega, dan secara keseluruhan mobil tersebut nampak lebih pas untuk sebuah grand tourer ketimbang sekadar sports car.

    Jantung mekanisnya juga tak main-main. Pabrikan membekalinya dengan mesin 6.4 liter V8 supercharged berbasis Hemi yang sudah di-blueprint dan pakai forged internals. Tenaganya? 810 hp dan torsi 973 Nm. Angka segila itu disalurkan ke roda belakang lewat transmisi otomatis 8-percepatan dengan LSD.

    Bufori CS8. Foto: Doc. Paultan.

    Hasilnya, akselerasi 0-100 km/jam cuma 3 detik sebelum kecepatan puncaknya mentok di 330 km/jam. Maka, dengan tenaga sebuas itu, Bufori CS8 bisa disandingkan dengan supercar buatan Eropa, seperti Ferrari, Lamborghini atau McLaren.

    Meski performanya monster, Bufori tetap memperhatikan sisi keselamatan. Remnya pakai Brembo dengan rotor floating 380 mm di depan dan 350 mm di belakang, lengkap dengan kaliper 6 piston di depan dan 4 piston di belakang. Sementara bannya menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 R.

    Kemudian fitur lainnya cukup lengkap, misalnya pencahayaan full LED, wiper otomatis, keyless entry dan remote start, spion tengah elektro-kromik, setelan kemudi elektrik, AC/pemanas dual-zone, rem parkir elektrik, ambient light, layar sentuh infotainment berformat potret 13,6 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, sistem audio 6.1, pengisi daya ponsel nirkabel dan masih banyak lagi.

    (sfn/rgr)

  • HR-V ‘Dikepung’ Rival-rival Baru, Honda Bilang Begini

    HR-V ‘Dikepung’ Rival-rival Baru, Honda Bilang Begini

    Jakarta

    Posisi Honda HR-V di segmen SUV kompak kian terhimpit dengan kehadiran para rival baru. Honda bilang begini soal posisi HR-V tersebut.

    Segmen SUV kompak Tanah Air makin menggemuk. Banyak pemain baru berdatangan di segmen yang dihuni Honda HR-V itu. Bukan cuma dari Jepang, rival-rival HR-V juga bermunculan dari China. Di segmen SUV kompak itu, HR-V kini bertarung dengan Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, Wuling Alvez, Mitsubishi Xforce, Suzuki Grand Vitara, hingga Chery Omoda 5.

    Walaupun dijegal banyak rival, nyatanya posisi Honda HR-V di segmen tersebut tetap kokoh. Penjualannya masih lebih banyak dibandingkan rival-rival tersebut. Pada periode Juli 2025 misalnya, berdasarkan data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) hanya HR-V yang berhasil tembus daftar mobil terlaris. Distribusi HR-V pada bulan ketujuh itu mencapai 1.949 unit.

    Kendati demikian, Honda tak menampik bahwa kehadiran para rival itu membuat HR-V sedikit terganggu. Penjualan pun jadi terbagi karenanya.

    “Sekarang kan memang makin banyak pilihan ya. Jadi memang ya ada sebagian konsumen yang sekarang memilih gitu kan. Nah itu normal aja menurut kami,” kata Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di sela-sela Media Test Drive Mobil Hybrid Honda dari Jakarta ke Surabaya.

    Menurut pria yang akrab disapa Arfi itu, konsumen yang meminang HR-V memang mereka yang menginginkan mobil dengan teknologi dan fitur seperti SUV kompak Honda tersebut. Lebih lagi, HR-V kini juga memiliki nilai tambah baru berkat kehadiran varian hybrid. Konsumsi BBM-nya lebih irit, dalam catatan Honda bahkan bisa tembus 25 km/liter. Teknologinya juga makin canggih dan tak kalah penting harganya jadi lebih terjangkau ketimbang model sebelumnya.

    “Jadi ya memang masing-masing sekarang kebutuhannya ya. Orang yang memilih HR-V karena dia memang membutuhkan mobil seperti HR-V gitu, bukan cuma kayak hemat tapi juga styel-nya dia udah cocok gitu kan, brandnya udah terpercaya,” beber Arfi.

    “Tapi ada juga yang kayak oke saya mau coba sesuatu yang baru ada juga, jadi memang sekarang kue itu makin kecil-kecil udah pasti. Dan nggak apa-apa sih menurut kita ya itu pilihan buat konsumen aja,” pungkas Arfi.

    (dry/rgr)

  • Unik! Ini Konsep Bus Terbaru Sumber Alam Buatan Laksana

    Unik! Ini Konsep Bus Terbaru Sumber Alam Buatan Laksana

    Jakarta

    PO Sumber Alam baru saja merilis armada terbarunya. Dibuat di karoseri Laksana, bus ini menggunakan tipe bodi Legacy SR3 Neo FE dan sasis Mercedes-Benz OF 1623 Air Suspension Euro 4. Jika diperhatikan bagian interiornya, bus ini memiliki konsep yang unik lho.

    Secara tampilan eksterior, bus terbaru PO Sumber Alam ini menggunakan warna dasar putih, dikombinasi grafis berwarna biru muda, biru tua, dan abu-abu khas PO Sumber Alam. Selain itu, bus ini juga sudah menggunakan logo baru yang lebih minimalis.

    Bus ini juga memiliki kaca depan tunggal dan tidak memiliki sekat yang memisah kabin pengemudi dan penumpang, sehingga pandangan penumpang depan jadi lebih luas.

    Menilik ke bagian kabin, karena bus ini menggunakan mesin depan, maka dek di area kabin pengemudi menjadi sejajar dengan dek di area penumpang. Bus ini punya kursi dengan konfigurasi 2-2. Warna kursinya serba biru dan sudah dilengkapi legrest. Untuk fitur hiburan, ada satu televisi berlayar besar di bagian depan.

    Nah, hal unik di bus ini ada di bagian belakangnya. Ya, bus PO Sumber Alam buatan Laksana ini memiliki bagian belakang dengan dek yang rendah. Di bagian belakang ini menjadi tempat bagi fasilitas toilet.

    Selain itu juga masih ada dua buah kursi tanpa legrest. Tak hanya dek yang lebih rendah, bagian belakang ini juga memiliki pintu yang lebih lebar dibanding biasanya, jadi sepertinya cocok buat para penumpang penyandang disabilitas yang ingin menggunakan bus ini.

    Kira-kira buat rute mana ya?

    (lua/rgr)

  • Tahun 2027 Uni Eropa Terapkan Paspor Baterai Mobil Listrik, Apa Maksudnya?

    Tahun 2027 Uni Eropa Terapkan Paspor Baterai Mobil Listrik, Apa Maksudnya?

    Jakarta

    Mulai Februari 2027, setiap kendaraan listrik yang dijual di Uni Eropa wajib dilengkapi dengan paspor baterai. Paspor baterai adalah dokumen digital yang akan memuat detail menyeluruh mengenai rantai pasokan, asal-usul bahan baku, hingga jejak karbon dari baterai yang digunakan di mobil listrik tersebut.

    Regulator Uni Eropa saat ini masih merumuskan daftar informasi yang akan dimasukkan dalam paspor tersebut. Untuk mempercepat penerapan, dibentuk Konsorsium Paspor Baterai dengan dukungan pendanaan dari Kementerian Federal Jerman untuk Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim.

    Mengutip Carscoops, sejumlah pabrikan besar seperti Audi serta BMW ikut serta dalam program ini, sementara Circulor ditunjuk sebagai pemimpin teknis proyek ini. Circulor didirikan pada 2017 dan memiliki misi untuk menjadikan rantai pasokan global lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan. Teknologi yang digunakan perusahaan tersebut memungkinkan pelacakan material, mengukur dampak lingkungan, dan memastikan praktik pengadaan barang yang bertanggung jawab.

    Dalam proposal awal, paspor baterai akan memuat sekira 90 poin informasi dalam tujuh kategori. Data tersebut mencakup informasi umum baterai dan produsen, kepatuhan dan sertifikasi, label, jejak karbon, rantai pasokan, komposisi bahan, hingga kinerja serta daya tahannya.

    Menurut Ellen Carey, kepala urusan eksternal Circulor, biaya pembuatan paspor ini diperkirakan hanya €7-€12,8 per unit baterai atau sekitar Rp 133 ribu-Rp 243 ribu. “Paspor ini bertujuan menciptakan akuntabilitas rantai pasokan tersebut–siapa yang menyentuh apa, kapan, dan di mana,” kata Carey kepada Autocar.

    Paspor baterai yang dikembangkan Circulor mampu melacak sumber bahan baku penting seperti kobalt, grafit, litium, mika, dan nikel. Sistem ini memanfaatkan data Internet of Things (IoT), API (Application Programming Interface), hingga sistem ERP perusahaan untuk membentuk ‘digital copy’ dari baterai.

    “Kami mengambil informasi yang kami ketahui tentang nikel itu dan membuat replika digitalnya,” jelas Carey. “Di mana nikel itu ditambang? Bagaimana geolokasinya? Berapa beratnya? Berapa lama waktu pemrosesannya? Lalu, semua informasi yang kami kumpulkan-di setiap langkah perjalanan tentang nikel yang sama itu-dapat kami kaitkan dengan VIN atau kode QR tersebut,” tegas dia.

    Tapi akses informasi akan dibedakan. Produsen bisa melihat detail lengkap, sedangkan pemilik kendaraan hanya mendapat data sederhana terkait baterainya. Dengan aturan ini, Uni Eropa ingin menghadirkan transparansi penuh dalam ekosistem kendaraan listrik, sekaligus mendorong praktik produksi baterai yang lebih berkelanjutan.

    (lua/rgr)

  • Sudah Berkali-kali Cedera, Marc Marquez Kok Masih Tetap Jago?

    Sudah Berkali-kali Cedera, Marc Marquez Kok Masih Tetap Jago?

    Jakarta

    Pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez, makin dekat dengan gelar juara kesembilan di semua kelas kompetisi. The Baby Alien sebentar lagi akan menyamai raihan mantan rivalnya di lintasan, Valentino Rossi.

    Kenyataan Marquez mampu tampil impresif musim ini tentu mengherankan. Sebab, dia pernah benar-benar terpuruk ketika mengalami cedera kambuhan dan harus bolak-balik ke meja operasi. Ketika itu, dia diprediksi akan pensiun muda.

    Bukannya menyerah dan pasrah dengan keadaan, Marquez terus bangkit dari keterpurukan. Dia rutin melakukan latihan fisik hingga kondisinya pelan-pelan membaik. Puncaknya, dia pindah dari Repsol Honda ke Gresini Racing untuk memulai tantangan baru.

    Marc Marquez dan Alex Marquez. Foto: Getty Images/Steve Wobser

    Hasilnya, dia finis ketiga di klasemen MotoGP musim lalu. Performanya makin membaik setelah Marquez memutuskan gabung ke tim pabrikan Ducati. Kini, dia memimpin klasemen sementara dan berpeluang mengunci gelar juara di dua seri mendatang.

    Lantas, mengapa Marquez yang sudah berulang kali cedera masih bisa tampil memukau di MotoGP? Adiknya, Alex Marquez punya jawabannya. Menurut Alex, kakaknya makin dewasa secara mental setelah mengalami cedera berjilid-jilid.

    Kini, kata Alex, pebalap 32 tahun itu lebih paham limit atau batasan tubuhnya. Marquez menjadi pebalap yang penuh perhitungan, terukur dan tak serampangan. Itulah mengapa, Marquez belakangan mulai tenang dan jarang mengalami crash.

    “Jika sebelum cedera Marc sangat baik dan hebat, maka sekarang dia justru lebih baik. Dia kini mampu menyeimbangkan segalanya lebih banyak lagi dengan keterbatasan yang mungkin masih dimiliki lengannya,” ujar Alex Marquez, dikutip dari GPOne, Kamis (28/8).

    Marc Marquez. Foto: Getty Images/Klaus Pressberger

    Alex percaya, cedera parah justru mengubah cara berpikir kakaknya menjadi lebih baik. Selain itu, meski masih ada sisa-sisa operasi, Marquez mulai terbiasa dengan kondisi tubuh yang sekarang.

    “Sekarang dia sudah terbiasa dengan itu. Sejak saat itu, dia menjadi lebih kuat, lebih menghargai banyak hal, memperhatikan detail kecil, tidak terbawa inersia kemenangan seperti saat di Honda. Saya tak bisa berkata apa-apa lagi tentangnya,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Duh! Penurunan Harga Mobil Listrik Bekas Bisa Capai 50 Persen

    Duh! Penurunan Harga Mobil Listrik Bekas Bisa Capai 50 Persen

    Jakarta

    Depresiasi harga mobil listrik bekas di Indonesia makin ‘mengkhawatirkan’. Bahkan, penurunan angkanya bisa mencapai 50 persen! Kok bisa, ya?

    Chief Operating Officer (COO) Focus Motor Group, Azka mengatakan, harga mobil listrik baru di Indonesia belakangan makin terjangkau. Itulah mengapa, untuk kendaraan lama, harganya mengalami penurunan.

    “Penjualan (mobil listrik bekas) laku ya di sini, tapi dengan depresiasi harga yang lumayan (besar), bisa 40-50 persen dari harga mobil baru. Karena kami ikut juga diskon dari ATPM,” ujar Azka, dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (28/8).

    Mobil listrik bekas. Foto: Andhika Prasetia

    Azka menjelaskan, depresiasi harga tersebut menjadi kabar baik untuk konsumen mobil listrik bekas. Sebab, mereka bisa menghemat banyak dana ketimbang membeli kendaraan baru.

    “Karena mobil kami habis terus. Seperti dua bulan lalu kami ada stok BYD Seal hampir 100 unit, itu habis karena harga sangat menarik,” kata Azka.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Direktur OLXMobbi Agung Iskandar tak menampik harga jual mobil listrik memang turun sangat tajam. Menurutnya, hal itu terjadi lantaran banyak mobil listrik baru bermunculan.

    “Menurut kami, hal ini menjadi tantangan bagi pemilik mobil listrik yang menjual kembali kendaraannya. Hal ini dikarenakan harga mobil listrik baru yang cenderung turun karena persaingan yang sangat kompetitif,” kata Agung kepada detikOto belum lama ini.

    Sebagai gambaran, harga baru BYD Seal Premium senilai Rp 639 juta dan Seal Performance AWD Rp 750 juta. Namun, satu tahun setelah peluncuran, harga kendaraan tersebut turun Rp 200 jutaan. Kemudian ada Wuling BinguoEV berumur satu tahun yang harga bekasnya Rp 200 jutaan. Padahal harga baru untuk varian tertinggi masih Rp 330 jutaan.

    Kondisi tersebut menurutnya tak seperti harga jual kembali mobil bermesin konvensional yang cenderung stabil. Misalnya untuk Avanza yang berumur satu tahun, harga bekasnya di rentang Rp 230-250 jutaan. Padahal harga barunya juga tak jauh berbeda yakni mulai Rp 240 hingga Rp 280 juta.

    “Harga jual mobil listrik bekas di pasaran saat ini terpantau mengalami tingginya depresiasi, bahkan lebih tinggi dibandingkan mobil hybrid dan mobil konvensional atau non-listrik,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Dulu Punya Freed-Odyssey, Kini Mobil Keluarga Honda Dihuni Step Wgn Hybrid

    Dulu Punya Freed-Odyssey, Kini Mobil Keluarga Honda Dihuni Step Wgn Hybrid

    Jakarta

    Honda Step Wgn Hybrid boleh dibilang menggantikan posisi mobil keluarga yang dulu diramaikan oleh Freed dan juga Odyssey. Sebab, pembeli Step Wgn Hybrid memang mereka yang mencari mobil keluarga.

    Lini produk Honda di Indonesia makin lengkap berkat hadirnya Step Wgn Hybrid. Mobil boxy berstatus CBU Jepang in disajikan Honda untuk memenuhi kebutuhan keluarga di Tanah Air. Keberadaan Step Wgn Hybrid juga sekaligus menggantikan posisi mobil keluarga Honda yang tengah kosong. Sebelumnya posisi tersebut dihuni oleh Freed dan Odyssey yang tak lagi dilanjut penjualannya di dalam negeri.

    Honda Freed 2012 Foto: File detikOto

    “Karena kita dulu kan punya Freed. Abis itu kan nggak ada, kita sempat punya Odyssey tapi Odyssey udah nggak ada. Jadi emang ada satu segmen itu,step up dari 7-seaters, 7-seaters kita yang SUV, untuk mobil yang lebih besar seperti itu, yang modelnya minivan,” jelas Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili.

    Dia menambahkan, Honda Step Wgn Hybrid ini memang diperuntukkan bagi keluarga konsumen Honda ingin ‘naik kelas’, namun bukan berasal dari pembeli mobil pertama. Adapun pembeli mobil pertama Honda, kebanyakan masih mengincar Brio Satya. Sementara profil konsumen Step Wgn Hybrid juga datang dari loyalis Honda.

    “Kadang-kadang kayak ada extended family datang, mertua tinggal bareng gitu kan butuh mobil yang lebih luas dan lebih nyaman, step up ke Step Wgn. Jadi memang kaya gitu ya, yang lebih mature,” tuturnya lagi.

    Honda Step Wgn e:HEV Foto: Dok. PT Honda Prospect Motor

    Sebagai informasi tambahan, Step Wgn memang identik dengan mobil keluarga. Sejak pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1996, Honda Step Wgn telah menjadi simbol kebebasan dan kenyamanan berkendara bagi keluarga. Dengan total penjualan global mendekati 2 juta unit, model ini kini hadir untuk pertama kalinya di Indonesia, membawa reputasi globalnya ke pasar lokal sebagai bagian dari lini elektrifikasi Honda yang terus berkembang.

    Lebih dari sekadar penambahan model baru, peluncuran ini menandai babak penting dalam strategi elektrifikasi Honda, memperluas teknologi hybrid ke segmen mobil keluarga kelas atas. Honda Step Wgn e:HEV hadir membawa warisan kenyamanan dan fleksibilitas khas MPV Honda, dipadukan dengan efisiensi bahan bakar dan performa menyenangkan dari sistem hybrid pintar Honda.

    Sebagai bagian dari komitmen elektrifikasi Honda, Honda Step Wgn e:HEV dibekali sistem strong hybrid canggih yang dirancang tidak hanya untuk efisiensi, tetapi juga untuk menghadirkan kesenangan berkendara khas Honda. Sistem ini memadukan mesin bensin 2.0L Atkinson-cycle DOHC i-VTEC dengan dua motor listrik, menghasilkan tenaga maksimal hingga 184 PS dan torsi 315 Nm, cukup untuk memberikan akselerasi halus namun bertenaga di berbagai kondisi jalan.

    (dry/rgr)