Jenis Media: Otomotif

  • 28 Mobil-motor Ahmad Sahroni yang Lapor Punya Harta Rp 328 Miliar

    28 Mobil-motor Ahmad Sahroni yang Lapor Punya Harta Rp 328 Miliar

    Jakarta

    Sahroni melapor memiliki 28 mobil dan motor sebagai aset kekayaannya. Nilainya fantastis, tembus Rp 38 miliar!

    Ahmad Sahroni diketahui memiliki puluhan kendaraan di garasi rumahnya. Bahkan jumlahnya nyaris 30 unit! Dilihat detikOto dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Sahroni pada 21 Februari 2025 untuk periodik 2024, dia melapor memiliki 23 mobil dan lima motor.

    Beberapa di antaranya pun merupakan model mewah dengan harga fantastis. Bahkan beberapa model ada yang nilai satuannya tembus miliaran. Keseluruhannya berstatus hasil sendiri. Lebih lengkapnya, berikut ini deretan mobil dan motor di garasi Ahmad Sahroni.

    Isi Garasi Ahmad Sahroni

    1. Mobil Toyota Fortuner 2.7 SRZ tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 485 juta
    2. Mobil Ferrari 366 tahun 2012, hasil sendiri senilai Rp 2,5 miliar
    3. Mobil BMW 1,8 tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 2,65 miliar
    4. Mobil Porsche 9E3 RS tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 6,6 miliar
    5. Motor Yamaha Sport tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 840 juta
    6. Mobil Honda Civic tahun 1989, hasil sendiri senilai Rp 45 juta
    7. Mobil Mercedes-Benz E320 tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 70 juta
    8. Mobil Tesla X75D tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 2,8 miliar
    9. Mobil Mercedes-Benz 280E tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 35 juta
    10. Mobil Honda Odyssey tahun 2007, hasil sendiri senilai Rp 120 juta
    11. Mobil Honda Civic LX tahun 1990, hasil sendiri senilai Rp 30 juta
    12. Mobil Mercedes-Benz 420 Eagle SEL tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 150 juta
    13. Mobil Toyota Crown Royal 3.0 AT tahun 2005, hasil sendiri senilai Rp 160 juta
    14. Mobil Mustang Sedan tahun 1967, hasil sendiri senilai Rp 150 juta
    15. Mobil Volkswagen Beetle tahun 1963 hasil sendiri senilai Rp 100 juta
    16. Mobil Mercedes-Benz SL 190B tahun 1957 hasil sendiri senilai Rp 250 juta
    17. Mobil Mercedes-Benz 560 SEL tahun 1990, hasil sendiri senilai Rp 250 juta
    18. Mobil Suzuki Jimny tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 325 juta
    19. Mobil Mustang Fastbach tahun 1967, hasil sendiri senilai Rp 190 juta
    20. Mobil Daewoo Cielo tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 125 juta
    21. Mobil Bentley tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 255 juta
    22. Motor Vespa Primavera tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 57 juta
    23. Motor Vespa Primavera tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 55 juta
    24. Motor Vespa Kongo 1963 hasil sendiri senilai Rp 30 juta
    25. Motor Harley Davidson Road Glide tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 1,66 miliar
    26. Mobil Honda Estilo tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 200 juta
    27. Mobil Porsce 911 Sport Classic tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 14 miliar
    28. Mobil Tesla Cyber Truck tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 4 miliar

    Secara keseluruhan, mobil dan motor yang masuk alat transportasi dan mesin itu nilainya mencapai Rp 38,132 miliar. Kendati demikian, mobil dan motor itu bukanlah aset terbesar. Aset terbesar Sahroni berupa tanah dan bangunan yang bernilai Rp 139.589.309.000 (139 miliaran). Kemudian ada juga aset harta bergerak lainnya sebesar Rp 107.733.500.000 (107 miliaran), kas dan setara kas Rp 78.357.375.541 (78 miliaran) dan surat berharga sebesar Rp 60 juta. Sahroni juga melapor memiliki utang sebesar Rp 34.957.400.269 (34 miliaran). Dengan demikian, total harta Sahroni itu mencapai Rp 328.914.784.272 (328 miliar).

    Sahroni Dicopot dari Pimpinan Komisi III DPR

    Di luar harta kekayaan, nama Sahroni tengah disorot saat bicara terkait gaji dan tunjangan anggota DPR.

    “Jadi jangan dilihat karena nilai uangnya, wow, fantastis. Nggak, itu biasa sebenarnya. Cuman kan ada orang yang nggak senang, wow gila DPR semau-maunya gitu. Dapet duit senang-enaknya ngelakuin hal. Nggak!” kata Sahroni.

    Terbaru, Fraksi Partai NasDem mengganti Ahmad Sahroni dari posisi pimpinan Komisi III DPR. Dikutip detikNews, Ahmad Sahroni tak lagi menjadi Wakil Ketua Komisi III DPR. Surat penggantian Sahroni dari pimpinan Komisi III DPR beredar di kalangan wartawan, Jumat (29/8/2025). Surat itu bernomor F.NasDem.758/DPR-RI/VIII/2025.

    Surat tersebut sudah ditandatangani oleh Ketua Fraksi Partai NasDem Viktor Bungtilu Laiskodat. Kemudian, Sahroni sendiri sebagai Sekretaris Fraksi Partai NasDem juga meneken surat itu.

    (dry/din)

  • Persembahan Terakhir Driver Ojol untuk Affan Kurniawan

    Persembahan Terakhir Driver Ojol untuk Affan Kurniawan

    Jakarta

    Driver ojek online (ojol) asal Menteng, Jakarta Pusat, Affan Kurniawan (21) tewas setelah dilindas mobil rantis Brimob di Pejompongan, Jakarta Selatan, Kamis malam (28/8). Sebagai persembahan terakhir, gabungan mitra driver se-Indonesia mengantar mendiang ke tempat peristirahatan terakhir.

    Kabarnya, ada ribuan ojol yang mengantar jenazah Affan Kurniawan ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (29/8). Pasukan hijau tersebut melakukan iring-iringan sebagai bentuk simpati ke rekan sesama profesi.

    Ribuan ojol itu datang dari berbagai daerah. Bahkan, beberapa dari mereka ikut menyalatkan jenazah Affan di Jalan Blora, Menteng. Mereka kemudian menemani perjalanan menuju pemakaman hingga membentuk ‘lautan hijau’.

    Massa ojol mengawal jenazah Affan Kurniawan, pengemudi ojek online (ojol) yang tewas dilindas rantis Brimob ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Foto: (Taufiq/detikcom)

    Lautan hijau tersebut lantas menjadi perhatian banyak orang. Sebab, tak biasanya pemakaman driver ojol ditemani massa sebanyak itu.

    Setelah tiba di lokasi, rekan-rekan driver tak langsung pulang. Sebagian ada yang terlibat dalam prosesi pemakaman, namun tak sedikit yang menunggu dan membantu mendoakan. Intinya, apapun itu, mereka berusaha memberikan persembahan terakhir untuk Affan Kurniawan.

    Ketua Umum asosiasi ojol Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menyampaikan rasa belasungkawanya atas kepergian Affan Kurniawan. Dia meminta seluruh mitra driver se-Indonesia melakukan doa bersama.

    “Kami menghimbau rekan-rekan ojek online seluruh Indonesia untuk mengadakan doa bersama di masing-masing daerah dan tabur bunga simbol berduka,” ujar Igun kepada detikOto, Jumat (29/8).

    “Untuk menghindari tragedi serupa tidak terjadi kami juga meminta rekan-rekan ojek online untuk menahan diri tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin membenturkan ojek online dengan sesama ojek online atau pihak lainnya karena adanya perbedaan pendapat atas tragedi tersebut,” kata dia menambahkan.

    Suasana haru bercampur amarah menyelimuti pemakaman Affan Kurniawan, pengemudi ojek online (ojol) yang tewas setelah terlindas kendaraan taktis (rantis) Brimob saat aksi demonstrasi di Jakarta. Ribuan pengemudi ojol dari berbagai wilayah memadati TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (29/8/2025), untuk mengantarkan rekan mereka ke peristirahatan terakhir. Foto: Grandyos Zafna

    Diberitakan sebelumnya, insiden ojol terlindas mobil rantis Brimob terekam kamera dan viral di media sosial. Kejadian tersebut membuat korban yang konon masih 21 tahun harus menemui ajalnya.

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyampaikan permintaan maaf atas peristiwa tersebut. Dia menegaskan, pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk segera mengambil langkah penanganan.

    “Saya sangat menyesali terhadap insiden yang terjadi, dan mohon maaf sebesar-besarnya atas peristiwa ini,” kata Sigit.

    (sfn/sfn)

  • Ini Fungsi Teknologi Toyota Safety Sense

    Ini Fungsi Teknologi Toyota Safety Sense

    Jakarta

    Toyota terus berupaya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada setiap konsumen. Berbagai inovasi pun telah dilahirkan, salah satunya yakni teknologi Toyota Safety Sense (TSS) di Yaris Cross.

    Teknologi pintar yang bekerja layaknya indera tambahan bagi pengemudi. Bayangkan sebuah perjalanan di mana mobil Anda tidak hanya merespons pedal dan kemudi, melainkan juga mampu berpikir.

    Bersama TSS pada Yaris Cross, pengalaman itu menjadi nyata. Mengandalkan kamera dan radar canggih, sistem ini mampu mendeteksi potensi bahaya, memberi peringatan dini, bahkan mengambil alih kendali jika diperlukan.

    Di Jepang, teknologi serupa terbukti mampu menurunkan potensi tabrakan dari belakang hingga 70%. Sebuah lompatan besar menuju masa depan berkendara yang lebih aman dan nyaman.

    (akd/akd)

  • Begini Pesan Khusus Ojol usai Affan Kurniawan Tewas Dilindas Rantis

    Begini Pesan Khusus Ojol usai Affan Kurniawan Tewas Dilindas Rantis

    Jakarta

    Sejumlah driver ojek online (ojol) mengantar jenazah Affan Kurniawan ke pemakaman di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (29/8). Namun, saat prosesi iring-iringan tersebut, ada satu pesan khusus yang mereka sampaikan untuk petugas kepolisian.

    Driver ojol dengan akun Instagram @ryan_nus membagikan momen kebersamaan saat ‘pasukan hijau’ ramai-ramai mengantar Affan ke peristirahatan terakhirnya. Menariknya, di video tersebut, ada satu pesan penting yang mau mereka titipkan ke petugas kepolisian.

    “Jangan lindas kami lagi, pak!” kata rombongan driver ojol tersebut yang disampaikan secara bergantian, dikutip Jumat (29/8).

    Kampanye dengan hashtag #janganlindaskamipak belakangan bergema di media sosial. Tak sedikit akun yang menyuarakan tagar tersebut untuk mengkritik sikap petugas yang dituding telah merenggut nyawa driver.

    “Selamat jalan, Mas Affan Kurniawan. Semoga ini korban terakhir,” tulis akun @ryan_nus.

    Diberitakan sebelumnya, kabarnya ada ribuan ojol yang mengantar jenazah Affan Kurniawan ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (29/8). Pasukan hijau tersebut melakukan iring-iringan sebagai bentuk simpati ke rekan sesama profesi.

    Ribuan ojol itu datang dari berbagai daerah. Bahkan, beberapa dari mereka ikut menyalatkan jenazah Affan di Jalan Blora, Menteng. Mereka kemudian menemani perjalanan menuju pemakaman hingga membentuk ‘lautan hijau’.

    Lautan hijau tersebut lantas menjadi perhatian banyak orang. Sebab, tak biasanya pemakaman driver ojol ditemani massa sebanyak itu.

    Massa ojol mengawal jenazah Affan Kurniawan, pengemudi ojek online (ojol) yang tewas dilindas rantis Brimob ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Foto: (Taufiq/detikcom)

    Setelah tiba di lokasi, rekan-rekan driver tak langsung pulang. Sebagian ada yang terlibat dalam prosesi pemakaman, namun tak sedikit yang menunggu dan membantu mendoakan. Intinya, apapun itu, mereka berusaha memberikan persembahan terakhir untuk Affan Kurniawan.

    Ketua Umum asosiasi ojol Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menyampaikan rasa belasungkawanya atas kepergian Affan Kurniawan. Dia meminta seluruh mitra driver se-Indonesia melakukan doa bersama.

    “Kami menghimbau rekan-rekan ojek online seluruh Indonesia untuk mengadakan doa bersama dimasing-masing daerah dan tabur bunga simbol berduka,” ujar Igun kepada detikOto.

    “Untuk menghindari tragedi serupa tidak terjadi kami juga meminta rekan-rekan ojek online untuk menahan diri tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin membenturkan ojek online dengan sesama ojek online atau pihak lainnya karena adanya perbedaan pendapat atas tragedi tersebut,” kata dia menambahkan.

    (sfn/din)

  • Mengenal Teknologi Toyota Safety Sense di Yaris Cross

    Mengenal Teknologi Toyota Safety Sense di Yaris Cross

    Jakarta

    Toyota terus berupaya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada setiap konsumen. Berbagai inovasi pun telah dilahirkan, salah satunya yakni teknologi Toyota Safety Sense (TSS) di Yaris Cross.

    Teknologi pintar yang bekerja layaknya indera tambahan bagi pengemudi. Bayangkan sebuah perjalanan di mana mobil Anda tidak hanya merespons pedal dan kemudi, melainkan juga mampu berpikir.

    Bersama TSS pada Yaris Cross, pengalaman itu menjadi nyata. Mengandalkan kamera dan radar canggih, sistem ini mampu mendeteksi potensi bahaya, memberi peringatan dini, bahkan mengambil alih kendali jika diperlukan.

    Di Jepang, teknologi serupa terbukti mampu menurunkan potensi tabrakan dari belakang hingga 70%. Sebuah lompatan besar menuju masa depan berkendara yang lebih aman.

    (akd/akd)

  • Brio Satya E CVT LCGC Termahal tapi Paling Laris, Kok Bisa?

    Brio Satya E CVT LCGC Termahal tapi Paling Laris, Kok Bisa?

    Jakarta

    Honda Brio Satya E CVT merupakan mobil LCGC termahal. Meski begitu, mobil ini malah justru laris manis. Kok bisa ya?

    Mobil-mobil LCGC (Low Cost Green Car) masih banyak diminati masyarakat Indonesia. Modelnya saat ini hanya ada lima yaitu Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio Satya.

    Dari kelima model itu, Honda Brio Satya varian tertinggi yang paling laris. Sebagaimana terlihat dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Brio Satya E CVT itu distribusinya sebanyak 14.473 unit. Honda Brio Satya E CVT itu dibuntuti Daihatsu Sigra yang mencatatkan distribusi 11.270 unit selama Januari-Juli 2025.

    Varian tertinggi di keluarga Brio Satya itu juga punya banderol paling mahal dibandingkan model lainnya. Saat ini, Honda Brio Satya E CVT itu ditawarkan seharga Rp 202,5 juta.

    “Karena itu first time buyersnya Honda itu adalah orang yang udah punya kemampuan untuk beli, tapi di segmen harga sekitar Rp 200 jutaan,” beber Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili.

    Menurut pria yang akrab disapa Arfi itu, di Honda, memang ada fenomena unik. Mobil-mobil varian tertinggi justru banyak diburu sekalipun harganya yang termahal di model tersebut.

    “Mobil Honda itu jarang sekali yang best sellingnya tuh yang kelas bawah, yang varian bawahnya. Dia biasanya tengah atau bahkan atas, hampir semuanya begitu. Dia udah punya kemampuan dan dia memilih. Makanya ya udahlah, saya emang mau ini sekalian aja,” lanjut Arfi.

    Kembali ke Brio Satya, hatchback mungil ini masih banyak diburu para pembeli mobil pertama. Terlebih khusus Brio Satya, hampir 80 persen adalah mereka yang baru membeli mobil pertama kali. Secara keseluruhan, Brio juga masih jadi tulang punggung dari pabrikan berlogo H tegak itu di Indonesia.

    (dry/din)

  • Penampakan Mobil Terbakar di Tengah Aksi Demo Markas Brimob Kwitang

    Penampakan Mobil Terbakar di Tengah Aksi Demo Markas Brimob Kwitang

    Penampakan Mobil Terbakar di Tengah Aksi Demo Markas Brimob Kwitang

  • Penjualan Mobil Turun, Segini Angka Paling Buruk yang Tercapai sampai Akhir Tahun

    Penjualan Mobil Turun, Segini Angka Paling Buruk yang Tercapai sampai Akhir Tahun

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia masih optimistis terhadap penjualan mobil di Indonesia. Semangat ini datang usai melihat capaian pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di BSD City, Tangerang.

    Momentum positif ini, disebut-sebut bisa menjadi dorongan untuk mencapai target penjualan tahun ini. Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, mengungkapkan bahwa ada indikasi kuat kenaikan penjualan setelah GIIAS 2025.

    “Indikasi setelah GIIAS, beberapa penjualan naik,” ujar Kukuh.

    Ia juga optimistis bahwa penjualan mobil akan membaik, terutama setelah melihat jumlah transaksi yang terjadi selama pameran.

    “Belum (revisi), mudah-mudahan ini membaik. Kalau dilihat dari jumlahnya transaksinya juga oke,” tambahnya.

    GIIAS 2025 di Tangerang berhasil catatkan transaksi total lebih dari 38 ribu unit kendaraan, lampaui hasil tahun lalu sebesar 12%.

    Hingga pertengahan tahun ini, penjualan mobil di Indonesia sudah mencapai 430 ribu unit. Dengan adanya GIIAS dan momentum positif lainnya, Gaikindo memproyeksikan penjualan tahunan paling buruk itu menyentuh angka 860 ribu unit bahkan lebih.

    “Sekarang kita 430 ribu unit. Ini separuh tahun, ya. Kalau worst case, volume tetap sama, masih 860 ribu. Kalau lihat GIIAS harusnya optimis, tinggal beberapa akhir lagi Agustus, harusnya datanya masuk,” papar Kukuh.

    Lebih lanjut, Gaikindo juga menaruh harapan besar pada pameran GIIAS The Series di kota lain, salah satunya GIIAS Surabaya yang akan digelar dalam waktu dekat. Kukuh berharap GIIAS Surabaya juga bisa menjadi “lumbung” atau sumber utama penjualan kendaraan bermotor di kawasan Jawa Timur.

    “Minggu ini GIIAS Surabaya, harapannya Surabaya juga lumbung untuk penjualan kendaraan bermotor,” tutup Kukuh.

    (riar/din)

  • Seluruh Model di Indonesia Berteknologi Elektrifikasi, Lexus Tegaskan Komitmen Hijau

    Seluruh Model di Indonesia Berteknologi Elektrifikasi, Lexus Tegaskan Komitmen Hijau

    Jakarta

    Lexus Indonesia menegaskan komitmennya terhadap elektrifikasi penuh di pasar otomotif Tanah Air. Mulai tahun ini, seluruh model yang dijual Lexus di Indonesia telah dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi. Pencapaian ini sekaligus menjadikan Lexus sebagai satu-satunya merek mobil mewah yang menghadirkan model elektrifikasi secara penuh di lini produknya.

    General Manager Lexus Indonesia, Ima Nurbani Rahmah, mengatakan langkah ini merupakan hasil perjalanan panjang Lexus dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

    “Target kami menghadirkan seluruh line-up dengan teknologi elektrifikasi pada 2025 akhirnya tercapai. Hal ini menegaskan posisi Lexus sebagai pionir elektrifikasi di segmen kendaraan mewah,” ujar Ima dikutip Jumat (29/8/2025).

    Menurut Lexus, strategi elektrifikasi bukan hanya sekadar tren, tetapi juga jawaban atas kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Dengan pilihan mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV), pelanggan dapat menyesuaikan kendaraan sesuai gaya hidup dan preferensi masing-masing.

    Upaya ini sejalan dengan misi global Lexus dalam menurunkan emisi karbon dan mendukung mobilitas berkelanjutan. Data penjualan 2024 mencatat, 97% kendaraan Lexus yang dipasarkan sudah mengusung teknologi elektrifikasi, yang berkontribusi menekan emisi karbon hingga hampir 50%.

    Tidak hanya pada sisi produk, Lexus juga melengkapi konsumennya dengan berbagai layanan eksklusif yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Di antaranya adalah fasilitas Parking & Charging Privilege di sejumlah kota besar, layanan Aero Concierge di bandara, hingga aktivitas komunitas seperti Lexus Feast untuk pecinta kuliner dan Lexus Cup untuk golfer.

    Dengan strategi ini, Lexus tidak hanya menghadirkan kendaraan mewah berbasis elektrifikasi, tetapi juga menawarkan pengalaman personal yang menjadi ciri khas merek. Melalui filosofi Making Luxury Personal, Lexus berupaya memastikan kemewahan dapat berjalan seiring dengan keberlanjutan, membuka jalan menuju masa depan otomotif yang lebih hijau di Indonesia.

    (prf/ega)

  • Seluruh Model Lexus di Indonesia Kini Hadir dengan Teknologi Elektrifikasi

    Seluruh Model Lexus di Indonesia Kini Hadir dengan Teknologi Elektrifikasi

    Jakarta

    Lexus Indonesia menegaskan komitmennya terhadap elektrifikasi penuh di pasar otomotif Tanah Air. Mulai tahun ini, seluruh model yang dijual Lexus di Indonesia telah dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi. Pencapaian ini sekaligus menjadikan Lexus sebagai satu-satunya merek mobil mewah yang menghadirkan model elektrifikasi secara penuh di lini produknya.

    General Manager Lexus Indonesia, Ima Nurbani Rahmah, mengatakan langkah ini merupakan hasil perjalanan panjang Lexus dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan.

    “Target kami menghadirkan seluruh line-up dengan teknologi elektrifikasi pada 2025 akhirnya tercapai. Hal ini menegaskan posisi Lexus sebagai pionir elektrifikasi di segmen kendaraan mewah,” ujar Ima dikutip Jumat (29/8/2025).

    Menurut Lexus, strategi elektrifikasi bukan hanya sekadar tren, tetapi juga jawaban atas kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Dengan pilihan mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV), pelanggan dapat menyesuaikan kendaraan sesuai gaya hidup dan preferensi masing-masing.

    Upaya ini sejalan dengan misi global Lexus dalam menurunkan emisi karbon dan mendukung mobilitas berkelanjutan. Data penjualan 2024 mencatat, 97% kendaraan Lexus yang dipasarkan sudah mengusung teknologi elektrifikasi, yang berkontribusi menekan emisi karbon hingga hampir 50%.

    Tidak hanya pada sisi produk, Lexus juga melengkapi konsumennya dengan berbagai layanan eksklusif yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Di antaranya adalah fasilitas Parking & Charging Privilege di sejumlah kota besar, layanan Aero Concierge di bandara, hingga aktivitas komunitas seperti Lexus Feast untuk pecinta kuliner dan Lexus Cup untuk golfer.

    Dengan strategi ini, Lexus tidak hanya menghadirkan kendaraan mewah berbasis elektrifikasi, tetapi juga menawarkan pengalaman personal yang menjadi ciri khas merek. Melalui filosofi Making Luxury Personal, Lexus berupaya memastikan kemewahan dapat berjalan seiring dengan keberlanjutan, membuka jalan menuju masa depan otomotif yang lebih hijau di Indonesia.

    (prf/ega)