Jenis Media: Otomotif

  • Awas Kelewat! Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta Berakhir Besok

    Awas Kelewat! Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta Berakhir Besok

    Jakarta

    Pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta berakhir besok. Jangan sampai kamu terlewat ya!

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar pemutihan denda pajak kendaraan sejak 14 Juni 2025. Buat kamu yang mau ikutan pemutihan denda pajak kendaraan, jangan sampai terlewat karena berakhir besok, Minggu (31/8/2025).

    Kebijakan ini diterbitkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-498 Kota Jakarta dan menyambut Hari Ulang Tahun ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, kebijakan ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah dan berkeadilan. Pada program pemutihan kali ini, yang dihapus hanya sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

    Artinya, pemutihan ini hanya menghapus sanksi administrasi berupa bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran pajak terutang dan/atau denda yang timbul akibat keterlambatan pendaftaran kendaraan bermotor. Sedangkan pajak tahun-tahun sebelumnya yang sudah lewat tetap harus dibayarkan.

    Bila tunggakan pajak kendaraan kamu kurang dari 12 bulan, pembayaran pajaknya bisa dilakukan melalui berbagai kanal seperti gerai Samsat, Samsat keliling, dan Samsat Induk. Kalau mau lebih praktis tanpa harus antre di kantor Samsat, maka bisa menggunakan aplikasi Signal. Sedangkan bila tunggakan pajaknya lebih dari satu tahun, maka wajib datang ke Samsat induk.

    Adapun untuk mengikuti program pemutihan denda pajak kendaraan ini syaratnya sama seperti perpanjangan STNK. Berikut ini syaratnya.

    Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

    Khusus untuk perpanjang STNK 5 tahunan, pelat nomor kendaraan dan lembar STNK akan diganti dengan yang baru. Dalam proses ini, kendaraan harus dihadirkan ke Samsat untuk dilakukan cek fisik. Berikut syarat perpanjang STNK 5 tahunan:

    STNK asli dan fotokopiBPKB asli dan fotokopiKTP asli pemilik motor dan fotokopi sesuai yang tercantum di data identitas kendaraanSurat kuasa, apabila pemilik kendaraan berhalangan hadir dan diwakilkan pihak lainMembawa kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nyaSyarat Perpanjang STNK TahunanSTNK asli dan fotokopi.Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi.KTP asli dan fotokopi pemilik yang sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan perorangan).Surat kuasa, jika memberi kuasa kepada pihak lain dalam melakukan pengurusan

    (dry/din)

  • Jangan Kaget Masih Banyak Tombol Fisik di Honda HR-V Hybrid, Ini Sebabnya

    Jangan Kaget Masih Banyak Tombol Fisik di Honda HR-V Hybrid, Ini Sebabnya

    Surabaya

    Honda HR-V Hybrid masih banyak terdapat tombol fisik. Ternyata Honda punya alasan tersendiri di baliknya.

    Honda HR-V Hybrid sudah menyapa masyarakat Indonesia. Menariknya lagi, Honda juga menyematkan teknologi hybrid yang bikin SUV kompak lima penumpang itu makin irit. Tampilan interiornya juga makin modern, kendati demikian Honda masih menyematkan beberapa tombol fisik di dalam HR-V Hybrid.

    Interior Honda HR-V Hybrid Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

    Misalnya di sistem hiburan, di bagian head unit ada tombol fisik yang terletak di sisi kanan layar. Kemudian pengaturan AC juga dilakukan dengan tombol knop putar. Hal unik lainnya berupa tombol khusus brightness layar MID di dashboard. Tombol brightness itu terletak di dashboard sisi kiri layar MID. Pengaturan ventilasi AC di sisi kiri dan kanan dashboard juga menggunakan tombol knop putar. Rupanya Honda punya alasan tersendiri di balik penyematan tombol fisik dan knop putar itu. Alasannya berkaitan dengan keselamatan pengendara sepanjang perjalanan.

    Tombol brightness Honda HR-V Hybrid. Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

    “Kalau diperhatikan kan button fisik masih banyak sih. Itu kan juga dipertimbangkan secara desain karena kemudahan mengendalikan pengaturan tuh tetap aja ya, waktu nyetir,” ungkap Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili di Surabaya.

    Dia tak menampik di zaman sekarang makin banyak mobil dengan pengaturan di layar sentuh. Meski begitu, bagi Honda untuk kemudahan saat menyetir tanpa harus mengganggu konsentrasi, maka lebih baik menggunakan tombol fisik. Sebab, saat melakukan pengaturan melalui layar sentuh, konsentrasi pengemudi jadi terbelah.

    “Jadi kalau misalkan di Honda kita berpikirnya kemudahan untuk pengemudi ya. Bukan hanya sekedar kayak kemajuan teknologi aja gitu. Layar sentuuh bagus, tapi untuk situasi menyetir kadang-kadang nggak terlalu tepat,” lanjut Arfi.

    Ada tombol fisik di head unit Honda HR-V Hybrid Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

    “Ya insting manusia tuh pasti kan kita maunya selalu fokus pada jalanan kan. Kalau kita meleng dikit kayak seperti sekian detik tiba-tiba ada mobil ngerem di depan kan bahaya. Jadi emang kemudahan sih,” ujar Arfi lagi.

    Dengan segala fitur yang tersedia, termasuk dengan kehadiran tombol fisik, Honda HR-V masih cukup diminati. Bicara penjualan, Arfi menyebut 80 persen konsumen Honda HR-V kini memilih varian hybrid yang tertinggi. Sebagai informasi tambahan, HR-V versi teranyar ini mengusung mesin 1.5L DOHC I-VTEC (Hybrid) dengan muntahan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan Mesin: 127 Nm @ 4.500-5.000 rpm. Sedangkan tenaga motor listriknya 131 PS. Torsi Motor Listrik mencapai 253 Nm.

    Seluruh sistem ini dikendalikan secara otomatis melalui Electronic CVT, Power Control Unit, dan Intelligent Power Unit, yang memungkinkan transisi mulus antara tiga mode berkendara: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

    Berbeda dari sistem hybrid yang diusung beberapa model lain di pasaran, system e:HEV menggunakan pendekatan “electric-first”, di mana motor listrik menjadi sumber tenaga utama saat berkendara. Sementara mesin bensin akan bekerja pada kecepatan tinggi dan konstan, untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi tanpa mengurangi kesenangan berkendara. Selain itu, tersedia juga pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport untuk menyesuaikan performa dengan berbagai gaya dan kebutuhan berkendara.

    (dry/din)

  • Deretan Mobil Bernilai Miliaran Ahmad Sahroni: Ferrari-Tesla Cybertruck!

    Deretan Mobil Bernilai Miliaran Ahmad Sahroni: Ferrari-Tesla Cybertruck!

    Jakarta

    Ahmad Sahroni punya puluhan kendaraan. Beberapa di antaranya tergolong mewah dengan nilai satuan menyentuh miliaran. Berikut ini deretan kendaraan Sahroni yang nilainya miliaran.

    Ada 28 mobil dan motor milik Ahmad Sahroni. Hal itu diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Sahroni pada 21 Februari 2025 untuk periodik 2024 sebagai Bendahara Fraksi Partai Nasdem. Dari 28 mobil dan motor itu, beberapa di antaranya ada yang nilainya miliaran.

    Pertama ada mobil Ferrari 366 tahun 2012 yang ditaksir punya nilai Rp 2,5 miliar. Selanjutnya ada BMW 1,8 (tak disebutkan modelnya detail) lansiran tahun 2017 dengan nilai Rp 2,65 miliar. Belum habis sampai di situ, ada juga Porsche 9E3 RS tahun 2016 bernilai Rp 6,6 miliar. Ada juga Tesla X75D tahun 2018 dengan nilai Rp 2,8 miliar.

    Porsceh 911 Sport Classic tahun 2016 Sahroni juga nilainya fantastis yakni menyentuh Rp 14 miliar. Kemudian ada Tesla Cyber Truck dengan taksiran nilai Rp 4 miliar. Nggak melulu mobil, satu motor Sahroni juga ada yang nilainya tembus miliaran yaitu Harley-Davidson Road Glide tahun 2022. Moge Amerika itu ditaksir punya nilai Rp 1,66 miliar. Adapun kendaraan yang nilainya paling kecil di garasi Sahroni adalah Honda Civic LX tahun 1990 senilai Rp 30 juta. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar keseluruhan kendaraan milik Ahmad Sahroni.

    Isi Garasi Ahmad Sahroni

    1. Mobil Toyota Fortuner 2.7 SRZ tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 485 juta
    2. Mobil Ferrari 366 tahun 2012, hasil sendiri senilai Rp 2,5 miliar
    3. Mobil BMW 1,8 tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 2,65 miliar
    4. Mobil Porsche 9E3 RS tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 6,6 miliar
    5. Motor Yamaha Sport tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 840 juta
    6. Mobil Honda Civic tahun 1989, hasil sendiri senilai Rp 45 juta
    7. Mobil Mercedes-Benz E320 tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 70 juta
    8. Mobil Tesla X75D tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 2,8 miliar
    9. Mobil Mercedes-Benz 280E tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 35 juta
    10. Mobil Honda Odyssey tahun 2007, hasil sendiri senilai Rp 120 juta
    11. Mobil Honda Civic LX tahun 1990, hasil sendiri senilai Rp 30 juta
    12. Mobil Mercedes-Benz 420 Eagle SEL tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 150 juta
    13. Mobil Toyota Crown Royal 3.0 AT tahun 2005, hasil sendiri senilai Rp 160 juta
    14. Mobil Mustang Sedan tahun 1967, hasil sendiri senilai Rp 150 juta
    15. Mobil Volkswagen Beetle tahun 1963 hasil sendiri senilai Rp 100 juta
    16. Mobil Mercedes-Benz SL 190B tahun 1957 hasil sendiri senilai Rp 250 juta
    17. Mobil Mercedes-Benz 560 SEL tahun 1990, hasil sendiri senilai Rp 250 juta
    18. Mobil Suzuki Jimny tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 325 juta
    19. Mobil Mustang Fastbach tahun 1967, hasil sendiri senilai Rp 190 juta
    20. Mobil Daewoo Cielo tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 125 juta
    21. Mobil Bentley tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 255 juta
    22. Motor Vespa Primavera tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 57 juta
    23. Motor Vespa Primavera tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 55 juta
    24. Motor Vespa Kongo 1963 hasil sendiri senilai Rp 30 juta
    25. Motor Harley Davidson Road Glide tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 1,66 miliar
    26. Mobil Honda Estilo tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 200 juta
    27. Mobil Porsce 911 Sport Classic tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 14 miliar
    28. Mobil Tesla Cyber Truck tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 4 miliar

    Secara keseluruhan, mobil dan motor yang masuk alat transportasi dan mesin itu nilainya mencapai Rp 38,132 miliar. Angkanya naik Rp 4 miliar dibandingkan LHKPN tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, aset berupa mobil dan motor Sahroni pada LHKPN untuk periodik 2023 nilainya Rp 34,132 miliar. Kendati demikian, mobil dan motor itu bukanlah aset terbesar. Aset terbesar Sahroni berupa tanah dan bangunan yang bernilai Rp 139.589.309.000 (139 miliaran). Kemudian ada juga aset harta bergerak lainnya sebesar Rp 107.733.500.000 (107 miliaran), kas dan setara kas Rp 78.357.375.541 (78 miliaran) dan surat berharga sebesar Rp 60 juta. Sahroni juga melapor memiliki utang sebesar Rp 34.957.400.269 (34 miliaran). Dengan demikian, total harta Sahroni itu mencapai Rp 328.914.784.272 (328 miliar).

    (dry/din)

  • Mobil Listrik Impor Lagi Bulan Madu di Indonesia, Awalnya Cuma Nyicipin

    Mobil Listrik Impor Lagi Bulan Madu di Indonesia, Awalnya Cuma Nyicipin

    Jakarta

    Penjualan mobil listrik impor diibaratkan sedang menjalani masa “bulan madu”. Produsen yang mengimpor memiliki beragam kemudahan imbas kebijakan insentif mobil listrik CBU.

    Keringanan pajak untuk mobil listrik impor itu berdampak positif dari penjualan pasar. Ragam pabrikan yang memiliki komitmen investasi berbondong-bondong masuk ke Indonesia.

    “BEV (battery electric vehicles) CBU itu BEV honey moon, sebenarnya tujuannya nyicip-nyicip dulu,” kata Peneliti Senior dari LPEM FEB UI, Riyanto belum lama ini di Kantor Kemenperin.

    “Akhirnya sampai dicicipin sudah enak kan, harusnya diproduksi di sini,” kata dia.

    “Sehingga dengan demikian sebenarnya kalau kita lihat sebenarnya harusnya sudah harus 2025 berakhir, nyicipin sudah dikasih waktu, sudah kelihatan pasarnya, sudah bisa meraba,” jelasnya lagi.

    “Kalau tidak salah ngetes pasar juga ini. Ngetes bagaimana konsumen Indonesia dalam memilih kendaraan, sudah terlihat,” kata dia.

    Berdasarkan data Gaikindo yang dipaparkan, penjualan dari merek peserta program insentif CBU menunjukkan bahwa BYD mencatat penjualan terbanyak dengan total 16 ribu unit, diikuti oleh Denza sebanyak 6 ribu unit, AION sebanyak 3 ribu unit, Geely sebanyak 1.500 unit, Citroën sebanyak 839 unit, Xpeng sebanyak 75 unit, dan Maxus sebanyak 66 unit. Semuanya memiliki komitmen untuk melokalisasi produknya di Indonesia.

    Dalam paparan Kemenperin, perusahaan yang memanfaatkan fasilitas insentif impor CBU antara lain Citroen, Aion, Maxus, VW, BYD, Geely, VinFast, Xpeng, hingga Great Wall Motors (GWM).

    Aturan singkat insentif impor mobil listrik CBU

    Menyoal aturan insentif mobil listrik tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 12 Tahun 2025 (PMK 12/2025), yang diterbitkan dan mulai berlaku tanggal 4 Februari 2025. Melalui beleid tersebut, insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) yaitu PPN DTP 10 persen dari harga jual untuk mobil listrik dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) paling rendah 40 persen dan 5 persen untuk bus hingga Desember 2025.

    Kemudian Peraturan Menteri Investasi Nomor 6 Tahun 2023 junto Nomor 1 Tahun 2024, sejak Februari 2024 pemerintah menerapkan insentif berupa pembebasan bea masuk dan PPnBM untuk impor mobil listrik berbasis baterai dalam bentuk utuh.

    Namun terdapat ketentuan bank garansi bagi setiap unit impor yang masuk Indonesia. Masa berlaku insentif ini akan berakhir hingga Desember 2025.

    Selanjutnya produsen yang memanfaatkan fasilitas terkait diwajibkan berkomitmen memproduksi kendaraan di dalam negeri setelah impor dengan rasio 1:1. Nah, komitmen ini perlu dilakukan para pengimpor mulai tahun depan.

    Pasar mobil listrik pun melonjak dari tahun 2021 mencapai 0,08% menjadi 9,70% pada periode Juli 2025. Sebaliknya, kendaraan berbasis Internal Combustion Engine (ICE) saat ini turun dari 99,64 persen menjadi 82,2 persen.

    Mobil listrik sekarang harganya yang kompetitif meskipun statusnya impor utuh alias Completely Built Up (CBU). Hal ini berkat insentif yang diberikan pemerintah Indonesia.

    Dia menjelaskan populasi meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang tercatat hanya mencapai 116.439 unit.

    “Total populasi dari tahun lalu mencapai 207.478 unit menjadi 274.802 unit,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kemenperin, Mahardi Tunggul Wicaksono.

    Lebih rinci, kendaraan roda empat berpenumpang merupakan kontributor terbanyak yaitu mencapai 77.277 unit. Kemudian diikuti kendaraan roda dua sebanyak 15.064 unit, kendaraan roda tiga 617 unit, sisanya komersial dan lain-lain. Data ini diambil dari SRUT Kementerian Perhubungan per 24 Juni 2025.

    “Yang ikut program itu penjualannya jauh di atas yang tidak ikut program, karena itu wajar, pemerintah mau dorong ekosistem, memperbanyak kendaraan listrik di jalan, yang impor diberikan insentif,” kata Riyanto.

    (riar/dry)

  • Fasilitas Umum yang Dibakar saat Demonstrasi: Halte TJ-Gerbang Tol

    Fasilitas Umum yang Dibakar saat Demonstrasi: Halte TJ-Gerbang Tol

    Jakarta

    Demonstrasi massa pecah di Jakarta semalam, Jumat (29/8). Bahkan, sejumlah oknum yang belum diketahui identitasnya melakukan perusakan terhadap beberapa fasilitas umum, misalnya seperti halte TransJakarta dan gerbang tol.

    Disitat dari detikNews, Gerbang Tol Pejompongan arah Cawang, Jakarta Selatan dibakar hingga hangus dan tak tersisa. Gerbang tol itu terletak di dekat kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

    Meski Gerbang Tol Pejompongan terbakar hingga hangus, namun menurut informasi yang kami terima, tak ada korban jiwa. Petugas yang berjaga juga sudah diamankan sebelum kejadian.

    Penampakan Gerbang Tol Pejompongan yang dibakar saat aksi di Jakarta, Jumat (29/8/2025). ANTARA FOTO/Putra M. Akbar/rwa. Foto: ANTARA FOTO/Putra M. Akbar

    Bukan hanya gerbang tol, halte TransJakarta juga menjadi sasaran amukan oknum tak bertanggung jawab. PT Transportasi Jakarta memastikan, ada tujuh halte yang dibakar selama demonstrasi semalam.

    “Hingga Sabtu pagi, ada tujuh halte yang dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Ayu Wardhani di Jakarta, dikutip dari Antaranews, Sabtu (30/8).

    Halte-halte tersebut kebanyakan masih terletak di pusat kota Jakarta. Berikut kami rangkum tujuh halte TJ yang hangus saat demonstrasi semalam.

    Halte Bundaran SenayanHalte Pemuda PramukaHalte Polda Metro JayaHalte SenenHalte Sentral SenenHalte SenayanHalte Gerbang Pemuda.

    Selain dibakar, dia menambahkan, beberapa halte TransJakarta juga menjadi sasaran tindakan vandalisme dan perusakan fasilitas.

    Halte TransJakarta Senen, Jakarta Pusat Foto: Devi Puspitasari/detikcom

    Pihak TransJakarta menyayangkan perusakan tersebut dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas publik sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan banyak orang.

    “TransJakarta mengajak masyarakat untuk bersama-sama saling jaga fasilitas publik, agar manfaatnya bisa terus digunakan oleh banyak orang. Transjakarta berterima kasih atas dukungan semua pihak,” kata Ayu.

    Sebagai catatan, massa menggelar demo untuk meminta keadilan atas meninggalnya pengemudi ojek online, Affan Kurniawan (21) usai dilindas mobil rantis Brimob. Hingga Sabtu pagi, massa tak kunjung bubar meski berulang kali ditembaki gas air mata.

    (sfn/dry)

  • Macet Jabodetabek Bikin Rugi Rp 100 Triliun, Setara 6 Kali Bangun MRT

    Macet Jabodetabek Bikin Rugi Rp 100 Triliun, Setara 6 Kali Bangun MRT

    Jakarta

    Kemacetan di Jakarta masih menjadi tantangan serius. Akibat kemacetan ini, kerugian yang dialami cukup besar. Bahkan kerugiannya setara dengan enam kali biaya pembangunan MRT fase pertama.

    Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Rano Karno mengungkapkan, Jakarta punya tantangan serius dalam hal mobilitas, yatu kemacetan. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan kemacetan, mulai dari kualitas hidup bahkan rugi materi.

    “Hal ini menunjukkan pentingnya mendorong peralihan moda ke transportasi publik sebagai solusi jangka panjang. Kemacetan juga berdampak besar bagi kualitas hidup. Sektor transportasi menjadi penyumbang polusi udara terbesar. Kemacetan tidak hanya menghambat mobilitas, tapi juga mempengaruhi perekonomian, pariwisata, dunia usaha, bahkan kesehatan masyarakat,” kata Rano dikutip dari keterangan tertulisnya.

    Dari sisi ekonomi, Rano mengatakan, berdasarkan studi Bappenas dan Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration (JUTPI) II pada 2019, kerugian akibat kemacetan di Jabodetabek mencapai Rp 100 triliun rupiah per tahun. Angka itu setara dengan empat persen Produk Domestik Bruto (PDB) Jabodetabek atau enam kali biaya pembangunan MRT fase pertama.

    Karena itu, ia menekankan, kolaborasi semua pihak sangat diperlukan sebagai upaya pengendalian kemacetan, serta didukung transformasi berbasis teknologi. Kini, Pemprov DKI Jakarta tengah mengembangkan Intelligent Traffic Control System (ITCS) berbasis AI yang sudah diterapkan di 65 titik dari total 321 persimpangan.

    “Sistem ini membuktikan mampu menurunkan waktu tunggu kendaraan hingga 15-20 persen, sekaligus menjadi basis pengawasan pajak kendaraan dan emisi. Selain itu, kami berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya melalui Mandala Quick Response yang memungkinkan pemantauan lalu lintas secara real-time berbasis GEI atau Geographic Information System yang terintegrasi dengan CCTV milik Dinas Perhubungan. Ke depan, sistem ini akan diperluas agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya,” jelasnya.

    Kolaborasi dengan daerah penyangga Jakarta juga akan terus diperkuat melalui kehadiran Transjabodetabek. Rano mengajak seluruh masyarakat untuk lebih disiplin berlalu lintas dan beralih menggunakan transportasi publik.

    “Itulah kenapa kami membuat program Transjabodetabek. Berusaha mengurangi kepadatan lalu lintas dan mempermudah mobilitas. Kalau kita ingin membuka jalur Transjabodetabek, artinya wilayah setempat harus dibuka juga jalurnya, inilah saatnya kita berkolaborasi. Saya percaya dengan kerja keras, kolaborasi, serta partisipasi aktif dari seluruh elemen, Jakarta mampu membangun sistem transportasi yang aman, nyaman, berkelanjutan, dan inklusif demi mewujudkan kota global yang membanggakan,” pungkasnya.

    (rgr/dry)

  • Begini Pengakuan Polisi Sopir Rantis yang Lindas Affan Kurniawan

    Begini Pengakuan Polisi Sopir Rantis yang Lindas Affan Kurniawan

    Jakarta

    Sopir rantis Brimob yang melindas Affan Kurniwan mengungkap hanya terpikir menyelamatkan orang yang berada di kendaraannya. Begini pengakuannya.

    Propam telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh anggota yang berada di kendaraan taktis (rantis) Brimob saat melindas pengemudi ojol Affan Kurniawan. Pemeriksaan itu pun ditayangkan secara langsung di akun Instagram @divpropampolri. Pada pemeriksaan itu, terungkap rantis itu dikemudikan Bripka R. Di samping Bripka R duduk anggota lainnya, sementara lima lainnya duduk di belakang.

    Dalam siaran langsung itu, diketahui Bripka R mengungkap alasannya terus menerobos jalan sekalipun melindas Affan. Menurutnya saat kejadian, kondisi jalan sangat penuh dengan massa.

    “Itu mobil kalau saya berhentikan habis, Pak karena mereka sudah nyerang pakai batu, pakai bom molotov, nah saya sebagai sebagai driver, saya harus mampu menyelamatkan orang dalam kendaraan saya. Kalau saya berhenti habis pokoknya,” terang Bripka R saat pemeriksaan.

    Dia mengungkap saat itu tak bisa melihat posisi orang dengan jelas, sebab tak memperhatikan kondisi kanan dan kiri. Ditambah lagi, Bripka R mengatakan kaca rantis tersebut gelap sehingga membuat pandangannya jadi terbatas.

    “Saat itu jalanan sudah banyak batu Pak, jadi saya tidak mengerti apa itu terus pecahan apa itu, jadi saya hantam saja karena kalau nggak saya terobos itu selesai Pak, udah, massa penuh,” ungkapnya.

    “Mobil saya tinggi, kaca saya pakai ram pak. mobil saya pakai ram gelap nah di saat itu asap kan penuh saya pakai lampu tembak saya fokus ke depan pak,” lanjut Bripka R.

    Praktisi keselamatan berkendara Sony Susmana mengomentari terkait berkendara rantis yang tidak bisa sembarangan. Apalagi, rantis itu punya spesifikasi khusus terlebih bobotnya juga berat.

    Perlu diketahui, rantis yang menabrak dan melindas driver ojol itu diduga adalah rantis Rimueng. Rantis itu mengusung mesin 3.200 cc. Mengandalkan mesin besar, rantis tersebut tentu punya performa yang mumpuni. Di jalan perkotaan, mobil ini diklaim bisa melaju dengan kecepatan 100 km/jam. Rantis ini juga dapat bergerak di medan ekstrem. Tanjakan ekstrem dengan kemiringan hingga 60 derajat dapat ditaklukkan. Di medan ekstrem, rantis ini bisa melaju hingga 60 km/jam.

    “Dengan spek tersebut, SOP escape dikemudikan harus dengan penuh perhitungan. Tidak main gaspol, toh full spec taktis dan blindspot-nya besar. Yang dihadapi juga harus dilihat, kan bukan musuh cuma rakyat. Kasarnya: senjata mereka cuma kayu, besi, helm yang boro-boro mematikan, ngerusak kendaraan rantis juga nggak,” sebut Sony.

    (dry/din)

  • 7 Halte TransJakarta Dibakar saat Demonstrasi, Ini Daftarnya

    7 Halte TransJakarta Dibakar saat Demonstrasi, Ini Daftarnya

    Jakarta

    Demonstrasi massa pecah di sejumlah titik di Jakarta semalam, Jumat (29/8). Bahkan, ada sejumlah oknum tak bertanggung jawab yang merusak fasilitas umum seperti halte TransJakarta (TJ).

    Bukan hanya satu-dua halte, menurut informasi yang kami terima, sudah ada tujuh halte TJ yang dibakar hingga Sabtu pagi (30/8).

    “Hingga Sabtu pagi, ada tujuh halte yang dibakar oleh oknum tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Ayu Wardhani di Jakarta, dikutip dari Antaranews, Sabtu (30/8).

    Halte TransJakarta depan Polda Metro Jaya dibakar massa, Jumat (29/8/2025) malam. Foto: Halte TransJakarta depan Polda Metro Jaya dibakar massa, Jumat (29/8/2025) malam. (Wildan Noviansah/detikcom)

    Halte-halte tersebut kebanyakan masih terletak di pusat kota Jakarta. Berikut kami rangkum tujuh halte TJ yang hangus saat demonstrasi semalam.

    Halte Bundaran SenayanHalte Pemuda PramukaHalte Polda Metro JayaHalte SenenHalte Sentral SenenHalte SenayanHalte Gerbang Pemuda.

    Selain dibakar, dia menambahkan, beberapa halte TransJakarta juga menjadi sasaran tindakan vandalisme dan perusakan fasilitas.

    Pihak TransJakarta menyayangkan perusakan tersebut dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas publik sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan banyak orang.

    “TransJakarta mengajak masyarakat untuk bersama-sama saling jaga fasilitas publik, agar manfaatnya bisa terus digunakan oleh banyak orang. Transjakarta berterima kasih atas dukungan semua pihak,” kata Ayu.

    Sementara menurut pengumuman resmi TJ, layanan mereka sementara dihentikan sepanjang Sabtu pagi. Mereka belum mengumumkan, kapan operasional kendaraan kembali normal.

    “Mengingat situasi yang tidak kondusif, seluruh layanan TransJakarta hingga saat ini masih tidak dapat melayani pelanggan,” tulis TransJakarta melalui akun media sosial resmi.

    Sebagai catatan, massa menggelar demo untuk meminta keadilan atas meninggalnya pengemudi ojek online, Affan Kurniawan (21) usai dilindas mobil rantis Brimob. Hingga Sabtu pagi, massa tak kunjung bubar meski berulang kali ditembaki gas air mata.

    (sfn/dry)

  • Pesan Ayah Affan Kurniawan untuk Driver Ojol se-Indonesia

    Pesan Ayah Affan Kurniawan untuk Driver Ojol se-Indonesia

    Jakarta

    Ayah Affan Kurniawan, Zulkifli, menyampaikan pesan khusus untuk driver ojek online (ojol) se-Indonesia. Dia berharap, kejadian tragis yang menimpa anaknya tak dialami ‘pasukan hijau’ lainnya.

    “Saya minta kepada mitra-mitra (ojek) online, cukup anak saya yang menjadi korban,” ujar Zulkifli kepada awak media, dikutip dari detikNews, Sabtu (30/8).

    Zulkifli juga menegaskan, pihaknya telah menyerahkan semuanya ke penegak hukum dan pihak-pihak terkait. Dia mengaku telah menerima kepergian putranya. Dia sekali lagi menyampaikan pesan ke driver ojol untuk selalu berhati-hati.

    “Saya sudah serahkan kepada penegak hukum, saya sudah pasrah masalah kepergian anak saya. Saya mohon kepada rekan-rekan ojol jangan sampai kejadian seperti anak saya. Itu saja yang saya sampaikan,” ungkapnya.

    Pesan ayah Affan Kurniawan untuk para driver ojol di Indonesia. Foto: Ari Saputra

    Selain kepada driver ojol, Zulkifli juga menyampaikan pesan khusus kepada rekan-rekan yang melakukan demonstrasi di lapangan. Dia mengingatkan, polisi telah menangkap anggota Brimob yang telah melindas anaknya hingga meninggal dunia.

    “Dan mohon juga kepada adik-adikku, mahasiswa-mahasiswa di Tanah Air, baik dari Sabang sampai Merauke, tolong percayakan kepada aparat kepolisian. Saya sudah serahkan kepada kepolisian, sudah ada mereka menangkap yang berbuat kepada anak saya,” kata dia.

    Diberitakan sebelumnya, Affan Kurniawan meninggal dunia setelah dilindas mobil rantis Brimob di Pejompongan, Jakarta Selatan, Kamis malam (28/8). Kini, jasadnya telah dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

    Ayah dan Ibu dari Affan Kurniawan Foto: dok. Istimewa

    Ketua Umum asosiasi ojol Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menyampaikan rasa belasungkawanya atas kepergian Affan Kurniawan. Dia meminta seluruh mitra driver se-Indonesia melakukan doa bersama.

    “Kami menghimbau rekan-rekan ojek online seluruh Indonesia untuk mengadakan doa bersama dimasing-masing daerah dan tabur bunga simbol berduka,” ujar Igun kepada detikOto.

    “Untuk menghindari tragedi serupa tidak terjadi kami juga meminta rekan-rekan ojek online untuk menahan diri tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin membenturkan ojek online dengan sesama ojek online atau pihak lainnya karena adanya perbedaan pendapat atas tragedi tersebut,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Pajak Motor Nmax di Malaysia Rp 117 Ribu, di Indonesia Nyaris Rp 500 Ribu

    Pajak Motor Nmax di Malaysia Rp 117 Ribu, di Indonesia Nyaris Rp 500 Ribu

    Jakarta

    Pajak kendaraan di Malaysia lebih murah dibanding pajak kendaraan di Indonesia. Untuk motor sekelas Yamaha Nmax misalnya, pajak tahunannya berkisar Rp 117 ribu. Coba bandingkan dengan pajak tahunan Yamaha Nmax di Indonesia yang nyaris menyentuh angka Rp 500 ribu.

    Ketimpangan perbedaan pajak kendaraan di Malaysia dan Indonesia lantaran ada perbedaan dasar pengenaan pajak. Jika di Malaysia, pengenaan pajak berdasarkan kapasitas mesin. Sementara di Indonesia, dasar pengenaan pajak berdasarkan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah).

    Seperti dikutip situs kalkulator roadtax kendaraan di Malaysia, gambaran pajak tahunan Yamaha Nmax keluaran 2025 di Malaysia bagian barat atau semenanjung, kisarannya RM 30 atau setara Rp 117 ribu. Menariknya, di Malaysia bagian daerah, pajaknya lebih kecil.

    Contohnya seperti di negara bagian Sabah dan Sarawak, pajak tahunan Yamaha Nmax 2025 cuma RM 9 atau setara Rp 35 ribu. Terus di wilayah federal Labuan, pajak Yamaha Nmax 2025 per tahunnya cuma dikenakan 4,50 RM atau setara Rp 17 ribuan. Kemudian di Pulau Pangkor dan Langkawi, cuma RM 15 atau setara Rp 58 ribu.

    Di Indonesia, pajak Yamaha Nmax bisa berkali-kali lipat jauh lebih mahal. Contohnya seperti Yamaha Nmax terbaru produksi tahun 2024, pajaknya bisa mencapai Rp 450 ribu, itu pun harus ditambah dengan bayar biaya SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan sebesar Rp 35 ribu, sehingga total pajak tahunannya bisa mencapai Rp 485 ribu. Belum ada lagi tambahan opsen yang beda-beda di setiap daerahnya.

    Selain perbedaan pajak tahunan, kendaraan di Malaysia juga tidak memerlukan perpanjangan STNK lima tahunan atau ganti pelat nomor. Sementara di Indonesia masih harus melakukan prosedur tersebut dan dikenakan biaya penerbitan STNK baru, pembuatan plat nomor baru, biaya administrasi, juga biaya cek fisik kendaraan.

    (lua/dry)