Jenis Media: Otomotif

  • Jadwal MotoGP Catalunya 2025 Akhir Pekan Ini

    Jadwal MotoGP Catalunya 2025 Akhir Pekan Ini

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Catalunya 2025 bisa Anda simak di sini. Balapan MotoGP 2025 ke-15 tersaji di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Montmeló, Spanyol, pada 5-7 September 2025.

    Catalunya dikenal sebagai salah satu sirkuit yang penuh tantangan dengan kombinasi lintasan lurus panjang serta tikungan teknis, yang kerap melahirkan duel menegangkan. Legenda MotoGP Valentino Rossi menjadi pebalap paling sukses dengan enam kemenangan di kelas MotoGP Catalunya.

    Rangkaian balapan dimulai pada Jumat, 5 September 2025, dengan sesi latihan bebas dari seluruh kelas, mulai dari MotoGP, Moto2, Moto3, sampai MotoE. Sore hari, khusus MotoE akan langsung menjalani sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start.

    Memasuki Sabtu, 6 September 2025, tensi akan meningkat lewat kualifikasi Moto3, Moto2, terutama MotoGP yang akan menyelenggarakan balap sprint sebanyak 12 lap. Di hari ini juga digelar Race 1 dan Race 2 MotoE masing-masing tujuh lap.

    Puncaknya digelar pada Minggu, 7 September 2025, saat para rider kelas premier turun dalam balapan penuh MotoGP Catalunya 2025. Balap utama MootGP ini dilaksanakan di jam 19.00 WIB sebanyak 24 lap. Balapan di hari terakhir ini juga akan diramaikan dengan race Moto2 dan Moto3.

    Bagi penggemar MotoGP di Tanah Air, momen ini jelas sayang dilewatkan. Apalagi buat para penggemar Marc Marquez. Sebab jika Marquez berhasil sapu bersih kemenangan di Catalunya, maka sangat besar peluang Marquez buat juara dunia MotoGP 2025 di kampungnya Valentino Rossi.

    MotoGP Catalunya 2025 bisa Anda saksikan di stasiun televisi Trans7, maupun sejumlah aplikasi berbayar seperti Vidio dan SPOTV.

    Jadwal MotoGP Catalunya 2025

    Jumat (5/9/2025)

    1. 14:00 – 14:35 WIB: Moto3 Latihan Bebas 1
    2. 14:50 – 15:30 WIB: Moto2 Latihan Bebas 1
    3. 15:45 – 16:30 WIB: MotoGP Latihan Bebas 1
    4. 18:15 – 18:50 WIB: Moto3 Latihan
    5. 19:05 – 19:45 WIB: Moto2 Latihan
    6. 23:00 – 00:00 WIB: MotoGP Latihan

    Sabtu (6/9/2025)

    1. 13.40 – 14:10 WIB: Moto3 Latihan Bebas 2
    2. 14:25 – 14:55 WIB: Moto2 Latihan Bebas 2
    3. 15:10 – 15:40 WIB: MotoGP Latihan Bebas 2
    4. 15:50 – 16:05 WIB: MotoGP Kualifikasi 1
    5. 16:15 – 16:30 WIB: MotoGP Kualifikasi 2
    6. 17:10 WIB: MotoE Race 1 (7 lap)
    7. 17:45 – 18:00 WIB: Moto3 Kualifikasi 1
    8. 18:10 – 18:25 WIB: Moto2 Kualifikasi 1
    9. 18:40 – 18:55 WIB: Moto2 Kualifikasi 2
    10. 19:05 – 19:20 WIB: Moto2 Kualifikasi 2
    11. 20:00 WIB: MotoGP Tissot Sprint Race (12 lap)
    12. 12:10 WIB: MotoE Race 2 (7 lap)

    Minggu (7/9/2025)

    1. 16:00 WIB: Moto3 Race (18 lap)
    2. 17:15 WIB: Moto2 Race (21 lap)
    3. 19:00 WIB: MotoGP Race (24 lap)

    (lua/rgr)

  • Perusakan Halte Transjakarta-Rusak Stasiun MRT Dikecam, Ayo Jaga Bersama!

    Perusakan Halte Transjakarta-Rusak Stasiun MRT Dikecam, Ayo Jaga Bersama!

    Jakarta

    Inisiatif Strategis Transportasi (Instran) menyoroti kejadian perusakan sejumlah fasilitas angkutan umum pada akhir minggu keempat Agustus 2025. Pada aksi demonstrasi minggu kemarin, sejumlah fasum seperti halte Transjakarta hingga stasiun MRT dirusak sampai dibakar ludes. Itu adalah tindakan konyol dan tidak mempunyai hati nurani.

    “Instran mengutuk terjadinya pembakaran, perusakan, serta tindakan vandalisme, terhadap sejumlah fasilitas layanan transportasi publik, baik yang berdampak di berbagai halte Transjakarta (TJ) maupun stasiun Mass Rapid Transit (MRT) pada 29 Agustus 2025 bersamaan aksi massa yang bergulir sejak 25 Agustus 2025. Siapapun pelakunya, tindakan tersebut tidak dapat ditolerir karena mengganggu layanan publik. Masyarakat jadi pihak yang dirugikan dengan rusaknya fasilitas itu,” tulis Instran.

    Sejumlah halte TJ yang dibakar antara lain, halte Senen Toyota Rangga (Koridor 2), Sentral Senen (Koridor 5), Polda Metro Jaya, Senayan Bank DKI, Bundaran Senayan, dan Gerbang Pemuda, termasuk Koja. Pembakaran juga terjadi pada halte-halte biasa yang posisinya di kiri jalan terutama di sekitar Jl Sudirman dari samping Polda ke Bunderan Senayan di kedua sisi. Fasilitas lift yang ada di Halte Polda dan Senayan Bank DKI juga dibakar.

    Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI) dibakar massa. Padahal halte yang berada tepat di atas Stasiun MRT ini baru diresmikan tahun lalu. Foto: Antara Foto

    Selain itu terjadi perusakan atas akses stasiun MRT Istora Mandiri yang berada di kawasan Senayan dengan kerusakan sejumlah kaca pintu masuk dan coretan vandalisme. Pada Sabtu, 30 Agustus 2025, layanan TJ dihentikan, kecuali Koridor 3, 8, dan 10. Sedangkan operasional MRT Jakarta dibatasi hanya melayani rute dari Lebak Bulus hingga Blok M BCA.

    Sehubungan dengan peristiwa tersebut, Instran pun menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam aksi unjuk rasa di Jakarta, Makasar dan wilayah Indonesia lainnya.

    Instran juga mendorong kepekaan semua pihak untuk dapat saling menyampaikan dan mendengarkan tuntutan demokrasi secara damai dan tertib sehingga tidak berdampak pada fasilitas umum, khususnya transportasi publik sebagai dasar mobilitas warga dan perekonomian. Mengutuk sekeras-kerasnya tindakan pembakaran dan perilaku anarkisme terhadap fasilitas angkutan umum di Jakarta juga fasilitas umum lainnya di seluruh Indonesia.

    Instran juga meminta kepada semua pihak untuk tetap menjaga bersama fasilitas publik agar layanan publik tidak terganggu, baik pada pada saat ada aksi demo maupun pascademo. Dan terakhir, meminta kepada Polri dan TNI untuk tetap menjaga fasilitas layanan publik saat ada aksi demo sehingga jangan sampai ada lagi perusakan maupun pembakaran fasilitas publik bersamaan adanya aksi demo.

    “Fasilitas umum adalah representasi kehadiran negara terhadap kebutuhan publik. Tanggung jawab untuk merawat dan menjaga fasilitas umum dilakukan bersama oleh semua pihak agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Kepada para pelaku perusakan layanan publik dapat diterapkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum Pasal 16, bahwa pelaku atau peserta pelaksanaan penyampaian pendapat di muka umum yang melakukan perbuatan melanggar hukum dapat dikenakan sanksi hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tulis Instran.

    (lua/din)

  • Mobil China Perang Harga, Kualitas Jadi Taruhannya

    Mobil China Perang Harga, Kualitas Jadi Taruhannya

    Jakarta

    Kualitas mobil China jadi sorotan di tengah perang harga. Sebab, laporan akan kerusakan mobil tercatat mengalami kenaikan.

    Perang harga tengah dilakukan sejumlah produsen mobil China. Nggak cuma mobil listrik, mobil bensin pun ikutan perang harga untuk berlomba-lomba memikat konsumen. Namun kualitas mobil justru jadi taruhannya. Dalam pemberitaan China Daily, kualitas mobil bensin baru di China menurun secara berturut-turut dalam dua tahun terakhir lantaran persaingan harga.

    Menurut survei yang dilakukan J.D Power, soal kualitas menunjukkan bahwa masalah yang dilaporkan pemilik mobil meningkat menjadi 229 per 100 kendaraan, naik 17 kasus dibandingkan tahun 2024.

    Penurunan terjadi secara luas, merek domestik dan merek massal melaporkan masing-masing 18 kasus per 100 mobil. Merek premium juga mencatat penurunan kualitas seiring dengan kenaikan kerusakan 13 kasus.

    “Di tengah tekanan kompetitif yang beragam dalam hal teknologi, konfigurasi, dan harga, kinerja mobil berbahan bakar konvensional mengalami penurunan signifikan secara tahunan,” ungkap General Manager of Auto Product Practice di J.D Power China.

    Dia mengingatkan bahwa untuk mempertahankan pangsa pasar sembari meningkatkan kualitas akan menjadi tantangan utama bagi produsen berbahan bakar konvensional selama transisi ke kendaraan energi baru.

    Dalam laporan itu juga diketahui cacat desain dan cacat produksi pada beberapa produk mengalami kenaikan. Keluhan soal sistem hiburan, kursi, dan fungsi bantuan pengemudi menjadi yang paling sering. Keluhan itu juga menyoroti risiko yang ditimbulkan lantaran terburu-buru menambahkan fitur digital.

    Pemilik kendaraan menjelaskan permasalahan yang sering terjadi seperti pengenalan suara tidak akurat, layar sentuh tidak responsif, dan koneksi Bluetooth lemah dan lainnya.

    Dalam studi itu juga menyoroti kesenjangan yang makin lebar antara permintaan konsumen akan fitur canggih dan kemampuan produsen untuk memastikan produknya andal. Semua kategori yang dipantau, kecuali sistem transmisi, mencatat keluhan yang tinggi. Di ranah segmen premium, kerusakan yang dialami Land Rover tercatat paling banyak yakni 208 kasus per 100 mobil. Pada segmen kendaraan massal, ada GAC Honda dan merek domestik ada Chery dengan 220 kasus. Sementara merek-merek yang tak banyak bermasalah di antaranya Porsche, Cadillac, Dongfeng Honda, GAC Toyota, SAIC Volkswagen, GAC Trumpchi, dan Geely.

    Sementara itu, dibandingkan mobil bermesin konvensional, kualitas mobil hybrid cenderung lebih bagus. Ini menjadi senjata tersendiri bagi pabrikan yang ingin bersaing dengan startup kendaraan listrik.

    (dry/din)

  • Mutasi Motor dalam Satu Provinsi, Berapa Lama Selesai?

    Mutasi Motor dalam Satu Provinsi, Berapa Lama Selesai?

    Jakarta

    Mutasi motor bisa dilakukan dalam satu provinsi. Berapa lama selesainya ya?

    Buat kamu yang berpindah domisili, jangan lupa untuk melakukan mutasi pada kendaraan. Nah proses mutasi ini ada dua yaitu mutasi keluar dan mutasi masuk. Mutasi keluar adalah proses pencabutan berkas dari asal kendaraan untuk didaftarkan di Samsat sesuai dengan alamat baru pemilik kendaraan. Sementara, mutasi masuk yaitu proses pendaftaran kendaraan bermotor ke Samsat sesuai alamat kendaraan. Mutasi ini bisa dilakukan antar kota/kabupaten dalam satu provinsi.

    Mutasi Motor Berapa Lama?

    Proses mutasi motor ini cukup memakan waktu. Dikutip laman Instagram Bapenda Jawa Barat, dalam video terungkap pemilik kendaraan bisa kembali setelah 90 hari untuk mengambil berkas mutasi keluar. Namun di kolom komentar, admin Bapenda Jabar menyebut prosesnya paling lama delapan minggu.

    “Estimasi proses mutasi keluar di 4-8 minggu ya,” demikian tertulis di kolom komentar.

    Selanjutnya adalah proses mutasi masuk. Waktunya lebih singkat, dalam video pemilik kendaraan bisa kembali mengambil berkas dalam waktu enam hari dan selanjutnya dilakukan pembayaran BPKB. Tertulis juga BPKB akan selesai dalam 30 hari. Nah buat kamu yang mau mutasi motor antar kabupaten/kota dalam satu provinsi berikut ini langkahnya.

    Proses Mutasi Keluar

    1. Kunjungi Samsat asal dengan membawa kendaraan
    2. Langsung ke bagian cek fisik untuk melakukan cek fisik kendaraan
    3. Proses verifikasi kendaraan dilakukan oleh mitra kepolisian
    4. Proses verifikasi selesai lanjut ke bagian arsip
    5. Penyerahan berkas ke bagian arsip
    6. Arsip diserahkan oleh mitra kepolisian
    7. Arsip dibawa ke loket mutasi
    8. Lakukan pembayaran di loket BRI
    9. Menyerahkan bukti pembayaran
    10. Kembali lagi dalam waktu 90 hari
    11. Setelah 90 hari, mitra kepolisian menyerahkan berkas yang sudah divalidasi
    12. Menuju loket fiskal
    13. Menyerahkan arsip ke loket fiskal
    14. Menyelesaikan pembayaran (jika ada) di loket fiskal
    15. Berkas diserahkan untuk dimasukkan ke Samsat tujuan

    Proses Mutasi Masuk di Samsat Tujuan

    1. Bawa kendaraan ke Samsat tujuan untuk dilakukan cek fisik kendaraan
    2. Bawa arsip ke bagian pendaftaran. Lakukan cek fisik dan verifikasi kendaraan
    3. Arsip diverifikasi oleh mitra kepolisian
    4. Arsip diserahkan ke loket mutasi masuk untuk divalidasi
    5. Kembali dalam waktu 6 hari ke loket mutasi masuk
    6. Arsip diserahkan ke loket BRI untuk pembayaran BPKB
    7. Pembayaran pajak kendaraan di loket Bank BJB
    8. Penyerahan STNK dan SKKP di loket STNK
    9. Penyerahan TNKB di loket TNKB
    10. BPKB akan selesai sekitar 30 hari

    (dry/din)

  • Denza D9 Terbaru Meluncur, Harga Malah Turun

    Denza D9 Terbaru Meluncur, Harga Malah Turun

    Jakarta

    Merek mobil mewah di bawah naungan BYD, Denza, baru saja meluncurkan MPV mewah Denza D9 varian terbaru di China. Harga Denza D9 itu justru lebih murah dibanding Denza D9 sebelumnya.

    Diberitakan CNEV, Denza D9 varian terbaru meluncur di pameran otomotif Chendu 2025 baru-baru ini. Denza merilis harga perkenalan untuk varian baru tersebut.

    Denza meluncurkan empat varian baru untuk MPV mewah Denza D9. Itu termasuk tiga varian plug-in hybrid (PHEV) dan satu varian listrik murni (BEV).

    Varian Denza D9 PHEV dijual dengan harga mulai dari 309.800 yuan (Rp 716,4 juta), 329.800 yuan (Rp 762,6 juta) sampai 459.800 yuan (Rp 1 miliaran). Sedangkan varian BEV dijual dengan harga 319.800 yuan (Rp 739,5 juta).

    Sebagai perbandingan, ketika D9 baru diluncurkan pada Desember 2024, varian PHEV dibanderol mulai dari 339.800 yuan (Rp 785 jutaan)) dan varian BEV dibanderol mulai dari RMB 379.800 (Rp 878 jutaan).

    Denza D9 Foto: Dok. Denza

    Denza D9 versi PHEV yang terbaru ini mengusung teknologi DM generasi kelima BYD. Mobil itu menghadirkan powertrain yang terdiri dari mesin 1,5L dan motor listrik yang menghasilkan daya maksimum 115 kW.

    Varian PHEV dilengkapi dengan baterai 40 kWh, yang menawarkan jangkauan listrik murninya 200 km atau 190 km (CLTC), sesuai opsi. Dengan tangki penuh dan baterai terisi penuh, daya jangkau gabungan mencapai 1.100 km atau 1.020 km.

    Varian D9 BEV yang baru dilengkapi dengan Baterai BYD Blade 103 kWh. Sekali cas sampai penuh, mobil itu bisa menjangkau jarak hingga 620 km (CLTC).

    Untuk diketahui, di Indonesia Denza D9 saat ini ditawarkan dengan baterai Blade 103,36 kWh. Sekali cas sampai penuh, Denza D9 bisa menjangkau jarak 600 km (NEDC). Saat peluncuran, Denza D9 di Indonesia dijual dengan harga Rp 950 juta.

    (rgr/din)

  • Agar Indonesia Tetap Jadi Raja Otomotif ASEAN

    Agar Indonesia Tetap Jadi Raja Otomotif ASEAN

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia tahun ini anjlok. Jangan sampai Indonesia tergusur dari titel raja otomotif Asia Tenggara.

    Penjualan mobil di Malaysia hampir menyalip Indonesia. Asosiasi Otomotif Malaysia (MAA) merilis data penjualan kendaraan bulan Juli 2025. Data year to date atau penjualan kendaraan dari Januari sampai Juli 2025, Malaysia mencatatkan angka 443.777 unit. Angka itu turun 5 persen dibanding periode yang sama tahun 2024.

    Penjualan year to date atau Januari-Juli 2025 di Malaysia itu hampir mengalahkan Indonesia. Berdasarkan data retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) yang dicatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari sampai Juli 2025 sebanyak 453.278 unit mobil baru dikirim ke garasi konsumen Indonesia. Angka itu turun 10,8 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunannya lebih tajam dibanding Malaysia.

    Selama ini, Indonesia menjadi raja otomotif ASEAN dengan penjualan kendaraan domestik terbanyak di Asia Tenggara. Malaysia sudah berhasil menggeser Thailand di posisi dua. Indonesia harus mempertahankan posisinya sebagai raja otomotif ASEAN.

    “Untuk mempertahankan dominasi Indonesia dalam industri otomotif ASEAN di tengah persaingan ketat dari negara seperti Malaysia dan Thailand, strategi ekonomi harus difokuskan pada langkah-langkah taktis yang segera diterapkan untuk peningkatan daya beli masyarakat middle income class kita melalui perbaikian ekosistem ekonomi makro yang lebih pro pada kelompok ini,” kata akademisi dari ITB sekaligus pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu kepada detikOto.

    Selain itu, lanjut Yannes, upaya yang harus dilakukan adalah kebijakan belanja pemerintah yang pro pada stabilisasi pasar serta peningkatan daya saing harga jugal kendaraan. Misalnya mereformasi kebijakan fiskal dengan harmonisasi pajak daerah seperti Pajak Kendaraan Bermotor maksimal 10 persen, mengerem opsen dan berbagai retribusi lainnya pada kendaraan. Hal itu dapat mengurangi beban kepemilikan dan meningkatkan keterjangkauan bagi konsumen kelas menengah.

    “Sekaligus memperpanjang insentif LCGC untuk mendongkrak penjualan segmen entry-level hingga 15-20 persen per tahun, disertai subsidi agresif untuk infrastruktur BEV guna mempercepat adopsinya,” sebut Yannes.

    Lebih lanjut, Yannes menyebut juga diperlukan upaya peningkatan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang benar-benar memastikan pabrik milik lokal yang membuat komponennya.

    “Selanjutnya segera mempercepat investasi dalam diversifikasi rantai pasok dan lokalisasi untuk mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri 80 persen pada 2030, dengan membangun kemitraan global guna memperoleh transfer teknologi inti dan mengurangi ketergantungan impor, sambil mendorong kebijakan berorientasi ekspor untuk memanfaatkan pertumbuhan pasar otomotif ASEAN, Afrika, dan Timur Tengah, baik untuk ICE, HEV maupun BEV melalui pabrik-pabrik yang ada di Indonesia,” ujar Yannes.

    Hal itu dapat mengurangi risiko dari ketidakpastian geopolitik global dan memperkuat ketahanan terhadap lonjakan kendaraan listrik dari pesaing.

    “Terakhir, segerakan aturan yang mendorong industri mobil HEV hingga BEV yang berjualan di Indonesia menggunakan baterai produksi dalam negeri. Jika semua dijalankan dengan teliti dan konsisten dengan dukungan kontrol yang ketat serta kesiapan untuk segera memodifikasi setiap kebijakan begitu ada perubahan di pasar, diperkirakan pada akhirnya dapat memposisikan Indonesia sebagai basis mobilitas berkelanjutan regional dan mencegah hilangnya pangsa pasar yang dapat mengurangi aliran investasi langsung asing serta penciptaan lapangan kerja di sektor tersebut,” katanya.

    (rgr/din)

  • Volvo XC70 Baru Meluncur, SUV Hybrid Bisa Melaju 200 Km Tanpa Bensin!

    Volvo XC70 Baru Meluncur, SUV Hybrid Bisa Melaju 200 Km Tanpa Bensin!

    Jakarta

    Volvo resmi memperkenalkan XC70 terbaru. Beda dengan pendahulunya, SUV ini hadir sebagai plug-in hybrid (PHEV) jarak jauh pertama dari Volvo dan sanggup melaju lebih dari 200 kilometer tanpa isi bensin.

    Angka itu menjadikan XC70 sebagai mobil hybrid Volvo dengan jarak tempuh listrik terpanjang sejauh ini.

    Volvo XC70 PHEV Foto: dok. Volvo

    Dalam praktiknya, mobil PHEV bisa bekerja dengan minim emisi untuk kebutuhan harian dengan baterai dan motor listrik, sementara mesin bensin tetap tersedia untuk perjalanan jauh. Total jarak tempuhnya bahkan diklaim tembus 1.200 km dalam sekali pengisian penuh baterai dan tangki bensin.

    Volvo membangun XC70 di atas platform baru bernama Scalable Modular Architecture (SMA) yang dirancang khusus untuk PHEV jarak jauh.

    Tak cuma efisien, SUV ini juga dibekali fitur fast charging 0-80% hanya dalam 23 menit.

    Menariknya lagi, XC70 sudah mendukung teknologi bi-directional charging sehingga bisa dipakai layaknya power bank raksasa untuk alat elektronik atau perlengkapan camping.

    Dari sisi desain, nuansa Skandinavia kental terasa. Wajahnya kini menggunakan grille tertutup ala mobil listrik Volvo, sementara lampu belakang berbentuk C terintegrasi ke kaca belakang.

    Volvo XC70 PHEV Foto: dok. Volvo

    Interiornya dibuat lapang dengan material premium, layar sentral horizontal 15,4 inci, hingga opsi head-up display 92 inci berbasis augmented reality.

    Urusan keselamatan tentu tak ketinggalan. Volvo menyematkan paket teknologi Safe Space lengkap dengan radar, kamera, dan sensor untuk mencegah tabrakan.

    Fitur lain seperti Park Pilot Assist, lane change assist, sampai peringatan pintu agar tidak membahayakan pesepeda juga tersedia.

    Saat ini XC70 baru dipasarkan di China, dengan rencana menyusul ke Eropa. Belum ada kepastian soal pasar Asia Tenggara, apalagi Indonesia.

    Namun, bukan tak mungkin XC70 terbaru ini hadir di Indonesia. Terlihat dari bagaimana langkah Volvo di Tanah Air yang sudah menawarkan XC60 Recharge plug-in hybrid.

    (mhg/rgr)

  • Syarat Dapat Tarif Rp 1 Naik Transportasi Umum di Jakarta

    Syarat Dapat Tarif Rp 1 Naik Transportasi Umum di Jakarta

    Jakarta

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp 1 untuk naik transportasi publik. Program gratis naik angkutan umum di Jakarta ini berlaku sampai 7 September 2025. Bagaimana syaratnya?

    Gratis naik transportasi publik di Jakarta ini merupakan bentuk upaya Pemprov DKI Jakarta dalam memulihkan dan memperbaiki sejumlah fasilitas umum, termasuk stasiun MRT Jakarta dan halte Transjakarta. Selama perbaikan dilakukan, Pemprov DKI Jakarta menggratiskan tarif kedua transportasi publik tersebut selama sepekan terhitung sejak 31 Agustus-7 September 2025.

    “Berdasarkan pengamatan di lapangan, ada beberapa hal yang langsung kami tindaklanjuti bersama. Sampai dengan satu minggu ke depan, Pemprov DKI Jakarta akan menggratiskan layanan Transjakarta dan MRT,” kata Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (31/8/2025).

    Selain Transjakarta dan MRT, layanan LRT Jakarta (Velodrome-Pegangsaan Dua) juga diberlakukan tarif Rp 1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tarif khusus Rp1 untuk perjalanan LRT Jakarta pada 31 Agustus – 7 September 2025.

    Dikutip dari akun Instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, tarif transportasi publik Rp 1 bisa didapatkan di layanan Transjakarta (BRT, non-BRT, Transjabodetabek), LRT Jakarta dan MRT Jakarta.

    Semua warga pengguna Transjakarta, LRT Jakarta dan MRT Jakarta dapat menikmati tarif transportasi publik RP 1. Tarif Rp 1 ini bisa didapatkan dengan metode pembayaran kartu uang elektronik (Bank Mandiri E-Money, BCA Flazz, BNI Tap Cash, BRI Brizzi, kartu JakLingko, KMT, dan Jakcard) seerta aplikasi JakLingko dan MyMRTJ.

    “Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum di Jakarta,” demikian dikutip dari Instagram Dishub DKI Jakarta.

    Layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares (layanan penugasan Transportasi Jakarta lainnya) serta layanan gratis bagi masyarakat berdasarkan Pergub DKI Jakarta No. 133 Tahun 2018 tentang Pelayanan Transjakarta Gratis dan Bus Gratis bagi Masyarakat Tertentu yang sudah memiliki tarif Rp 0 tetap berlaku sesuai tarif awal (Rp 0).

    ====

    Catatan redaksi: Demonstrasi adalah hak konstitusional. Namun, tindakan anarkis tidak dibenarkan. Lakukan demonstrasi dengan damai, tidak melakukan penjarahan dan merusak fasilitas umum. Jangan mudah terprovokasi.

    (rgr/din)

  • 5 Alasan Mitsubishi Destinator Jadi Teman Perjalanan Keluarga Terbaik

    5 Alasan Mitsubishi Destinator Jadi Teman Perjalanan Keluarga Terbaik

    Jakarta

    Mitsubishi Destinator menjadi pilihan baru di segmen mobil SUV 7 penumpang. Mobil ini menawarkan banyak keunggulan buat keluarga Indonesia yang menginginkan mobil SUV premium nyaman dan canggih, baik untuk aktivitas harian maupun buat kebutuhan bertualang di akhir pekan.

    Di tengah ramainya pilihan mobil keluarga, Mitsubishi Destinator hadir membawa banyak hal menarik buat keluarga Indonesia. Statusnya sebagai 7-Seater Premium Family SUV menjadikan Mitsubishi Destinator mobil yang cocok untuk keluarga Indonesia, lantaran daya tampung yang besar, dan siap diajak road trip ke berbagai tujuan dengan beragam kondisi jalan.

    Enggak usah khawatir soal kenyamanan dan keamanan, Mitsubishi Motors menyematkan beragam teknologi tinggi pada jagoan terbarunya ini. Mitsubishi Destinator dibekali mesin 1.500cc turbo dengan Water Cooled Intercooler, yang menjanjikan tenaga besar dan efisiensi bahan bakar.

    Beberapa pilihan mode berkendara menjadikan Mitsubishi Motors sebagai 7-Seater Premium Family SUV yang serba bisa. Bisa untuk road trip jarak jauh, bisa jadi teman bertualang ke lokasi-lokasi sulit, dan yang tak kalah penting bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan seluruh anggota keluarga.

    1. Kabin Luas: Ruang Keluarga Kedua

    Begitu masuk ke dalam kabin, Mitsubishi Destinator langsung menyuguhkan aura premium. Ini impresi pertama yang kami rasakan ketika duduk di kursi baris pertama dan kedua. Ruang kaki lapang, kursi ergonomis, plus material kabin yang elegan bikin suasana jadi menyenangkan.

    Kabin Mitsubishi Destinator memiliki kesan yang lapang dan nyaman hingga tempat duduk di baris ketiga, seakan-akan jadi ruang keluarga kedua setelah di rumah. Pengalaman tester detikOto, dengan tinggi 175 cm masih cukup nyaman duduk di baris ketiga Mitsubishi Destinator. 7-Seater Premium Family SUV ini dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, yang menciptakan kabin terasa lapang dan mewah, serta menghadirkan pencahayaan alami dan pandangan yang luas ke lanskap kota maupun alam.

    Dari sisi akomodasi, dengan kursi baris ketiga yang digunakan, masih ada ruang untuk empat galon air. Dengan pembagian 40:20:40 di baris kedua serta kursi lipat individual 50:50 di baris ketiga.

    Beragam konfigurasi kursi tersedia dan kedua baris dapat dilipat rata untuk menciptakan ruang kargo yang lapang, sehingga ideal buat membawa barang-barang panjang dan beragam muatan lain.

    Kabin luas Mitsubishi Destinator Foto: Rifkianto Nugroho

    2. Mesin Turbo: Powerful

    Mitsubishi Destinator dilengkapi mesin turbo MIVEC 1,5 liter, turbo 4B40 yang telah terbukti. Memiliki fitur Water Cooled Intercooler dan juga sebuah siklus rasio ekspansi tinggi (Atkinson cycle) 6 dengan tenaga maksimum 120 kW (160 dk) dan torsi puncak 250 Nm.

    Transmisinya menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) yang diklaim memberikan akselerasi linear sesuai tekanan pedal gas, memastikan respons akurat yang mencerminkan keinginan pengemudi. Baik saat berkendara di jalan kota atau melaju di jalan tol, CVT memberikan performa yang halus dan senyap.

    Ketika tenaga lebih besar dibutuhkan, seperti saat menyalip di tanjakan atau masuk ke jalan bebas hambatan, sistem ini memberikan akselerasi langsung dan juga bertenaga, menawarkan pengalaman berkendara yang dinamis dan responsif. Ini terasa betul kami rasakan saat membawa Mitsubishi Destinator ini melewati jalanan menanjak yang panjang di jalan tol dari Jakarta menuju Bandung.

    3. Terbukti Irit

    Untuk ukuran mesin turbo, konsumsi bahan bakar Mitsubishi Destinator ini tergolong irit. Kami juga sempat menguji mobil ini dalam beberapa skenario. Di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam, konsumsi bensin yang tercatat di MID ada di angka 14,3 km per liter.

    Sementara ketika dibawa cruising di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam, SUV ini bisa lebih irit lagi dengan catatan 16,4 km per liter. Data tersebut kami ambil dari MID.

    Lalu kami juga melakukan tes perjalanan dari Jakarta ke Bandung menggunakan metode full to full. Dalam tes ini, mobil diisi penuh lebih dulu di Jakarta Selatan, lalu dipakai menempuh perjalanan sejauh 141,1 km dengan tiga orang penumpang dan bagasi terisi.

    Mitsubishi Destinator Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Di layar MID, konsumsi BBM rata-rata menunjukkan 15,6 km per liter dengan kecepatan rata-rata 66 km per jam. Namun hasil lebih akurat kami dapat setelah tangki kembali diisi penuh setibanya di Bandung.

    Dan dibutuhkan bensin 9,15 liter atau setara sekitar Rp 111 ribuan dengan BBM RON 92. Artinya, konsumsi bensin rata-rata Mitsubishi Destinator di rute Jakarta-Bandung adalah sekitar 15,45 km per liter. Tergolong irit untuk mobil yang memiliki body besar seperti Mitsubishi Destinator.

    4. Lima Mode Berkendara: Libas Semua Kondisi Jalan

    Mode berkendara juga menjadi salah satu fitur unggulan Mitsubishi Destinator. Pengemudi dapat memilih lima mode berkendara yang dirancang untuk lewati berbagai kondisi permukaan jalan.

    Dirancang untuk jalan hujan, Wet Mode memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, sementara mode Tarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.

    Mode Normal adalah keseimbangan untuk berkendara sehari-hari, mode Gravel mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspal, serta Mud mode memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    Mitsubishi Destinator juga memanfaatkan teknologi all-wheel control dari Mitsubishi Motors untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang aman, andal, dan nyaman. Teknologi ini menghadirkan pengendalian yang mantap khas SUV di berbagai permukaan jalan dan kondisi cuaca.

    Mitsubishi Destinator jadi makin mantap dan aman handlingnya lantaran punya sistem Active Yaw Control (AYC). Sederhananya, fitur ini berfungsi meningkatkan performa saat menikung. Ini membuat kendaraan bisa merespon sesuai keinginan pengemudi dan meningkatkan keamanan pengereman, terlebih saat bermanuver.

    Hasil tes Konsumsi BBM Mitsubishi Destinator Ultimate di rute tol Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    5. Sistem Keselamatan Komplet Tanpa Kompromi

    Mitsubishi Destinator juga dibekali seperangkat fitur keselamatan yang lengkap dan canggih. Dengan sistem keamanan Diamond Sense mulai dari sistem bantuan pengemudi yang canggih yang meliputi Adaptive Cruise Control (with Low-Speed Follow), Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Automatic High Beam (AHB), lalu ada Leading Car Departure Notification (LCDN), Multi Around Monitor, hingga Rain Sensing Wiper System, yang secara keseluruhan memberikan perlindungan preventif tingkat tinggi.

    Dilengkapi juga dengan enam SRS Airbag, Mitsubishi Destinator memastikan fitur keselamatan terhadap tabrakan atau benturan dengan menyerap energi dan meminimalkan deformasi kabin saat terjadi benturan.

    Wujud Mitsubishi Destinator Ultimate yang dites oleh redaksi detikOto Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Lebih jauh lagi, Mitsubishi Destinator juga menawarkan fitur MITSUBISHI CONNECT yang memudahkan pengendara mobil untuk memonitor kondisi kendaraan. Termasuk di antaranya remote control dimana pengguna dapat mengontrol mobil dari jarak jauh seperti menyalakan mesin dan AC, mengunci kendaraan, menyalakan lampu, hingga memantau posisi kendaraan dari jarak jauh. Tidak hanya itu, tersedia juga SOS/Emergency Assistance (eCall) untuk menghubungi bantuan darurat dengan satu sentuhan pada mobil. Juga Automatic Collision Notification, yakni sistem otomatis mengirimkan bantuan saat terdeteksi kecelakaan.

    Ada juga Roadside Assistance (bCall), di mana pengguna Mitsubishi Destinator bisa meminta bantuan teknis atau derek langsung dari layar infotainment atau melalui aplikasi. Hal ini menunjukkan keseriusan Mitsubishi Motors untuk menjawab kebutuhan keluarga di Indonesia yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh melalui teknologi terkini yang lengkap dan canggih.

    (lua/din)

  • Denza D9 Menyapa Orang Kaya Jawa Timur

    Denza D9 Menyapa Orang Kaya Jawa Timur

    Jakarta

    Setelah mencatat respon positif sejak peluncuran perdana awal tahun ini dan sukses menarik perhatian di ajang GIIAS Jakarta 2025, kini Denza resmi menandai debutnya di Jawa Timur melalui GIIAS Surabaya 2025. Mobil premium pesaing Toyota Alphard ini pun siap merayu konsumen di Jawa Timur.

    Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di Indonesia, Provinsi Jawa Timur dinilai memiliki potensi besar dalam perkembangan kendaraan listrik. Denza hadir bukan hanya menjual mobil listrik premium, tapi juga dibekali teknologi terkini, desain elegan, serta kenyamanan maksimal.

    “Debut Denza di Jawa Timur melalui GIIAS Surabaya 2025 merupakan langkah strategis kami untuk menghadirkan kendaraan listrik premium yang tidak hanya menawarkan teknologi terkini dan kemewahan, tetapi juga komitmen kuat terhadap keberlanjutan. Jawa Timur sebagai pasar otomotif yang besar dan dinamis sangat potensial untuk mempercepat adopsi mobil listrik, dan kami bangga dapat menjadi bagian dari transformasi ini,” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

    Hingga semester pertama 2025, BYD dan Denza mencatat penjualan lebih dari 22.600 unit kendaraan listrik di Indonesia. Dari jumlah itu, lebih dari 16.400 unit berasal dari BYD, sementara Denza berhasil membukukan penjualan lebih dari 6.200 unit. Khusus di Jawa Timur, keduanya telah mengantongi penjualan lebih dari 800 unit, memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar EV di kawasan tersebut.

    Selain fokus pada penjualan, Denza juga berkomitmen memperluas jaringan layanan. Showroom dan fasilitas purna jual akan segera hadir di Surabaya, melengkapi jaringan yang sebelumnya sudah ada di Jakarta, Tangerang, dan Bali.

    “Pembangunan jaringan dealer Denza akan terus diperluas untuk menghadirkan pengalaman dan kepemilikan kendaraan listrik premium yang lebih dekat dengan pelanggan,” kata Luther Panjaitan, Head of Public & Government Relations PT BYD Indonesia.

    Melalui ekspansi jaringan serta partisipasi aktif di berbagai pameran otomotif, Denza ingin semakin dekat dengan konsumen sekaligus memperkuat posisinya sebagai pilihan utama kendaraan listrik premium di Indonesia.

    (lua/din)