Jenis Media: Otomotif

  • Bukan Main! VinFast Luncurkan Mobil Antipeluru Lac Hong 900 LX buat Kepala Negara

    Bukan Main! VinFast Luncurkan Mobil Antipeluru Lac Hong 900 LX buat Kepala Negara

    Jakarta

    Industri otomotif Vietnam terus berkembang pesat. Bahkan Negeri Naga Biru ini sekarang sudah bisa membuat mobil flagship dengan spesifikasi antipeluru yang cocok dipakai pejabat setingkat kepala negara. Mobil tersebut adalah VinFast Lac Hong 900 LX.

    VinFast secara resmi menyerahkan armada khusus Lac Hong 900 LX, yang dirancang secara istimewa untuk mengantar para kepala negara sedunia, kepada Kementerian Luar Negeri Vietnam, pada acara peringatan 80 tahun Hari Nasional Vietnam yang jatuh pada tanggal 2 September 2025.

    Lac Hong 900 LX merupakan model kendaraan flagship edisi terbatas yang merepresentasikan warisan budaya dan kebanggaan nasional Vietnam sekaligus menjadi simbol dari ‘Semangat Tangguh Bangsa Vietnam’. Model ini tersedia dalam dua varian, termasuk edisi lapis baja yang memiliki sertifikat standar VPAM VR7, level perlindungan paling ketat sedunia untuk kendaraan para kepala negara.

    VinFast Lac Hong 900 LX Foto: Dok. VinFast

    Terinspirasi dari legenda Vietnam ‘Con Lạc cháu Hồng’ (keturunan Naga dan Peri), Lac Hong 900 LX mencerminkan kemampuan, kecerdasan, juga aspirasi bangsa Vietnam di era baru. Setiap detail desainnya memadukan nilai budaya dengan standar global.

    Kedua varian, standar dan lapis baja, tampil berwibawa dengan dimensi jarak sumbu roda 3.349 mm, dipadu dengan detail eksterior yang sarat warisan budaya Vietnam: logo burung mitos Lac berlapis emas, grill yang terinspirasi motif genderang perunggu Dong Son, serta jajaran grill depan yang melambangkan hutan bambu ikonik Vietnam.

    Interior kendaraan dipahat dengan menggunakan bahan kelas premium seperti kayu Golden Nanmu, kulit Nappa, dan sentuhan emas asli. Setiap elemen berlapis emas, baik di dalam maupun luar kabin, merupakan seni kerajinan tangan yang dibuat dengan ketelitian tinggi.

    Bagian dalam kabin menawarkan kenyamanan kelas dunia melalui kursi eksekutif ekstra lebar, sandaran kaki premium, sekat kaca kedap suara, tirai elektrik, hingga sistem interkom canggih antara kabin depan dan belakang.

    VinFast Lac Hong 900 LX Foto: Dok. VinFast

    Varian lapis baja dikembangkan bersama INKAS Armored Vehicle Manufacturing asal Kanada, produsen kendaraan lapis baja terkemuka dunia. Mobil dilengkapi bodi berlapis baja penuh, kaca antipeluru, serta sekat lapis baja di bagian belakang dan telah melalui pengujian ketat yang dilakukan di Beschussamt Ulm, Jerman, menahan 440 tembakan peluru tajam serta 11 ledakan dari atas maupun bawah kendaraan. Dengan sertifikasi VPAM VR7, kendaraan ini mampu menahan peluru NATO Ball M80 dan granat DM51.

    Fitur keselamatan tambahan mencakup ban run-flat yang masih bisa melaju sejauh 80-100 km setelah tertusuk, opsi suplai oksigen darurat, sistem pemadam api terintegrasi, telepon satelit, lampu peringatan, hingga sirene, yang disesuaikan dengan kebutuhan misi. Dua unit lapis baja dan sepuluh unit standar Lac Hong 900 LX perdana diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri Vietnam.

    “Setelah delapan tahun berkarya di industri otomotif, VinFast bangga menjadi merek pionir Vietnam yang menghadirkan keterampilan, kecerdasan, dan teknologi ke panggung dunia, yang berhasil meraih kepercayaan dan pengakuan dari konsumen di berbagai negara. Melalui peluncuran Lac Hong 900 LX, kami menegaskan peran VinFast sebagai merek nasional yang membawa Vietnam di kancah global. Kami berharap, melalui model ini, dunia akan melihat wajah Vietnam yang modern dan maju setelah perjalanan luar biasa selama 80 tahun terakhir,” bilang Nguyễn Việt Quang selaku Vice Chairman dan CEO Vingroup, dalam keterangan resminya.

    VinFast Lac Hong 900 LX Foto: Dok. VinFast

    Lac Hong 900 LX bukan hanya mobil semata. Peluncuran perdana kendaraan flagship bernuansa budaya pada perayaan bersejarah HUT Vietnam yang ke-80 ini menjadi simbol pencapaian teknologi dan industri Vietnam sekaligus deklarasi kebanggaan serta jati diri bangsa. Kehadiran lini kendaraan istimewa yang kaya akan identitas nasional ini pada perayaan bersejarah Vietnam menandakan pernyataan kuat tentang semangat, kecerdasan, dan kelas bangsa Vietnam. Setiap gerakan Lac Hong 900 LX tidak hanya menjadi bukti pencapaian industri dan teknologi setelah 80 tahun merdeka, tetapi juga hadir sebagai simbol nasional yang turut membentuk posisi baru Vietnam di kancah dunia.

    Unit Lac Hong 900 LX ditampilkan dalam pameran ’80 Tahun Kemerdekaan – Kebebasan – Kebahagiaan’ yang diselenggarakan dari tanggal 28 Agustus hingga 5 September 2025 di National Exhibition Fair Center, Đông Anh, Hanoi. Pengunjung dapat melihat langsung unit lapis baja yang telah diuji di area luar ruangan (West Square), sementara varian standar dipamerkan di dalam ruang pameran hall H3, Paviliun Kim Quy.

    VinFast Lac Hong 900 LX Foto: Dok. VinFast

    (lua/din)

  • Perkawinan Dunia Balap dengan Festival Rakyat

    Perkawinan Dunia Balap dengan Festival Rakyat

    Jakarta

    Dunia balap Indonesia masih bisa terus berkembang, untuk itu dukungan penuh dari berbagai pihak sangat diperlukan. Sadar akan hal tersebut, PT Pertamina (Persero) coba memberi dukungan dengan kembali menggelar Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 Seri II di Tasikmalaya. Ajang ini diharapkan menjadi satu ajang yang mampu melahirkan talenta atlet balap muda Indonesia, sekaligus bisa meningkatkan perekonomian daerah.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 pertama kali digelar di Lanud Gading, Wonosari. Melanjutkan kisah sukses sebelumnya, ajang balap seri kedua ini digelar Sabtu-Minggu 30-31 Agustus 2025 di Tasikmalaya.

    Sebagai event berseri, PTDF dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar kompetisi drag race. Ajang ini menghadirkan suasana festival rakyat, di mana pembalap, penonton, hingga UMKM lokal bisa saling terlibat. Mulai dari biaya pendaftaran yang lebih terjangkau, akses penonton gratis, sampai peluang pelaku usaha kecil untuk menjajakan produk mereka di area sirkuit, PTDF membuktikan bahwa motorsport bisa dekat dengan masyarakat.

    “Event ini keren banget. Pembalap lokal bisa tampil di ajang nasional. Semoga bisa terus berjalan dan lebih sering diadakan di Yogyakarta,” ungkap Adha Zulfan, pemenang salah satu kelas Drag Bike di PTDF 2025 Wonosari dari tim PMT Garage, Bantul.

    Sejak seri perdana, PTDF sudah menerapkan sistem pendaftaran early bird. Peserta yang mendaftar dua minggu sebelum lomba cukup membayar Rp 350 ribu per kelas, lebih murah Rp 150 ribu dibanding biaya pendaftaran balap lurus motor kejurnas sesuai regulasi PP IMI yang dipatok Rp 500 ribu.

    Meski demikian, dipastikan standar penyelenggaraan tetap dijaga sesuai regulasi nasional, mulai dari lintasan, fasilitas lampu start, hingga aspek keamanan penonton.

    Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 Seri II di Tasikmalaya. Foto: dok. Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025.

    “Alhamdulillah hasilnya maksimal dan mudah-mudahan di seri selanjutnya bisa lebih maksimal lagi. Masyarakat di Gunung Kidul sangat semangat sekali, sangat antusias. Sangat support sekali untuk Pertamax Turbo Drag Fest,” ujar drag racer asal Karawang, Denny Donat.

    Bagi penonton, PTDF menawarkan akses gratis dengan cara mudah. Cukup menunjukkan aplikasi MyPertamina di pintu masuk, pengunjung bisa langsung menikmati seluruh rangkaian acara. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk bertransaksi di tenda-tenda UMKM binaan Pertamina yang hadir menjajakan makanan, minuman, maupun produk lokal.

    Tak hanya itu, Pertamax Turbo Drag Fest juga memberikan kejutan menarik bagi penonton dan peserta, mulai dari kesempatan mendapatkan tiket gratis menyaksikan MotoGP Mandalika hingga promo diskon langsung 25% untuk pembelian oli Pertamina Fastron dan Pertamina Enduro selama acara berlangsung.

    Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 Seri II di Tasikmalaya. Foto: dok. Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025.

    Mengusung konsep pesta rakyat, PTDF tidak hanya menjadi ajang adu cepat di lintasan lurus, tetapi juga wadah yang memberdayakan masyarakat lokal, membuka peluang ekonomi, sekaligus memperkuat budaya motorsport di Indonesia. Tasikmalaya pun siap menjadi saksi bagaimana drag race nasional dapat dinikmati sebagai festival rakyat yang inklusif.

    (lth/dry)

  • Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima September 2025

    Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima September 2025

    Jakarta

    Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima menjadi dua model skutik entry level yang bisa dipilih konsumen untuk kendaraan harian. Dua skutik ini memiliki dimensi mungil, yang sangat pas untuk digunakan selap-selip di jalanan perkotaan, namun tetap bisa membawa barang banyak. Ini harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima September 2025.

    Honda BeAT hingga kini masih jadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Skutik mungil ini bahkan kerap disebut ‘motor sejuta umat’ lantaran angka penjualannya yang terus mendominasi pasar roda dua nasional. Di sisi lain, Yamaha menghadirkan Gear Ultima sebagai generasi terbaru dari lini Gear, yang tampil lebih modern untuk menantang hegemoni BeAT di kelas entry level.

    Secara harga, Honda BeAT tetap menawarkan daya tarik utama. Skutik ini dibanderol mulai Rp 18 jutaan hingga Rp 20 jutaan. Menariknya harga BeAT pada September 2025 tercatat stabil, tanpa ada revisi dari bulan sebelumnya. Selain varian standar, Honda juga menghadirkan BeAT Street dengan gaya lebih adventure yang menyasar konsumen muda pencinta tampilan motor petualang.

    Berikut daftar harga Honda BeAT September 2025 (OTR Jakarta):

    1. BeAT CBS: Rp 18.980.000
    2. BeAT Deluxe: Rp 19.851.000
    3. BeAT Deluxe Smart Key: Rp 20.381.000
    4. BeAT Street: Rp 19.851.000

    Sementara Yamaha Gear Ultima hadir dengan banderol sedikit lebih tinggi. Model ini ditawarkan dalam varian reguler, Hybrid, hingga Hybrid S yang menjadi varian tertinggi dengan fitur lebih lengkap. Sama seperti BeAT, harga Gear Ultima pada September 2025 juga masih stabil. Yamaha pun tetap memasarkan versi lama dari Gear untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen.

    Daftar harga Yamaha Gear Ultima September 2025 (OTR Jakarta):

    1. Gear: Rp 19.045.000
    2. Gear Ultima Hybrid: Rp 19.990.000
    3. Gear Ultima Hybrid S: Rp 21.500.000

    Dari sisi spesifikasi, BeAT dibekali mesin eSP 110 cc yang hemat bahan bakar, bagasi praktis, dan opsi varian smart key system. Sedang Yamaha Gear Ultima mengandalkan mesin 125 cc dengan opsi hybrid yang diklaim lebih responsif serta dilengkapi fitur stop & start system. Untuk gaya, BeAT tampil simpel dan ringkas, sementara Gear Ultima lebih sporty dengan pilihan varian Hybrid S yang punya kelengkapan lebih modern.

    Sebagai catatan, harga di atas merupakan harga on the road (OTR) Jakarta per September 2025. Perbedaan harga bisa terjadi di setiap kota atau daerah. Buat informasi lebih detail, calon pembeli disarankan mendatangi dealer resmi Honda dan Yamaha terdekat.

    (lua/dry)

  • Belum Semusim Balapan di MotoGP, Aldeguer Ngebet Pakai Ducati Spek Pabrikan

    Belum Semusim Balapan di MotoGP, Aldeguer Ngebet Pakai Ducati Spek Pabrikan

    Jakarta

    Rookie MotoGP, Fermin Aldeguer, mengungkapkan keinginannya menggunakan motor Ducati spek pabrikan. Menurut pebalap asal Spanyol itu, motor spek factory memberikan kestabilan dan kekonsistenan sepanjang balapan.

    Fermin Aldeguer telah menjadi bintang di musim MotoGP 2025 sejauh ini. Rider Gresini Racing tersebut berhasil menarik perhatian publik, lewat performa impresif di sejumlah balapan. Ia sudah meraih podium sprint dan podium MotoGP di Prancis. Kemudian di Spielberg, Austria, Aldeguer menggila dan berhasil raih podium kedua.

    Penampilan impresifnya pun membuat namanya semakin diperhitungkan di MotoGP. Setelah itu, Aldeguer juga mampu finis kelima dalam sprint di Sirkuit Balaton Park, dalam MotoGP Hungaria 2025.

    Meski sudah kompetitif dengan Desmosedici GP24 miliknya, Aldeguer mengaku masih penasaran dengan motor spek pabrikan. Untungnya, Aldeguer tercatat sebagai pebalap dengan kontrak langsung dari prinsipal Ducati, sehingga kans untuk menjajal motor spek pabrikan, bahkan peluang naik ke tim utama, sangat terbuka.

    “Saya harap mereka memberi saya motor official (pabrikan), karena ada hal-hal kecil yang–bukan sekadar membuat lebih cepat–tapi juga memberi konsistensi,” bilang rider berusia 20 tahun itu kepada media Spanyol, AS. “Kadang di satu balapan motor (saat ini) terasa lebih stabil, tetapi di balapan lain sebaliknya. Itu bisa bikin kesal,” tambah Aldeguer.

    Aldeguer menyebut, meski ada pembekuan mesin untuk musim depan, tetap ada perbedaan mencolok antara motor pabrikan dan satelit. Perangkat holeshot, kemudian paket aerodinamika, hingga beberapa komponen baru, lebih dulu digunakan pebalap tim utama, sementara rider satelit dengan motor spek satelit, harus menunggu.

    Saat ditanya peluangnya gabung ke tim pabrikan Ducati Lenovo di masa depan, Aldeguer mengaku masih fokus menjalani musim debutnya sebaik mungkin. Saat ini, Aldeguer menghuni peringkat delapan klasemen sementara dengan 126 poin. Kalau dia akhirnya direkrut tim pabrikan Ducati Lenovo, maka dia akan berada satu paddock bersama sang idolanya, Mar Marquez.

    “Paruh pertama musim ini berjalan bagus, tapi saya yakin bisa lebih baik. Mari kita lihat apakah di paruh kedua musim ini, kami bisa mengeluarkan semaksimal mungkin dan secara teratur berada di posisi depan. Soal masa depan, menyenangkan dan keren (jika bisa satu paddock dengan Marc), tapi menurutku pasti akan sangat menyebalkan berbagi kotak dengannya,” ucapnya.

    (lua/dry)

  • Denza D9 Terbaru, Harga Lebih Murah

    Denza D9 Terbaru, Harga Lebih Murah

    Denza D9 Terbaru, Harga Lebih Murah

  • Loris Capirossi Yakin Marquez dan Rossi Bakal Damai

    Loris Capirossi Yakin Marquez dan Rossi Bakal Damai

    Jakarta

    Sudah 10 tahunan hubungan Marc Marquez dan Valentino Rossi retak. Saling sapa pun tidak. Namun, kedua rider MotoGP itu diyakini akan berdamai.

    Legenda MotoGP Loris Capirossi yakin perseteruan sengit antara Rossi dan Marquez pada akhirnya akan mereda. Hal itu sama seperti hubungan Capirossi dengan Tetsuya Harada lebih akrab sekarang.

    Diberitakan Crash, pada Moto2 musim 1998, Capirossi, Harada dan Rossi membalap untuk Aprilia. Capirossi memimpin dengan selisih empat poin memasuki putaran terakhir musim itu di Argentina.

    Di balapan itu, Capirossi memulai balapan di depan. Tapi dia melakukan kesalahan yang membuatnya turun ke posisi tiga di belakang Rossi dan Harada.

    Menjelang tikungan terakhir, Harada membiarkan pintu terbuka untuk Capirossi. Namun, Capirossi tidak dapat melakukan gerakan yang bersih dan langsung menabrak rivalnya. Benturan tersebut membuat Harada tersungkur ke tanah, sementara Capirossi berhasil tetap di atas motor dan finis kedua di belakang Rossi untuk meraih gelar pertamanya.

    FIM awalnya mencabut poin yang ia raih di Argentina, tetapi hal itu tidak mempengaruhi urutan kejuaraan akhir dan Capirossi bahkan berhasil membatalkan putusan tersebut di pengadilan.

    Aprilia pun tidak senang dengan tindakannya dan memutuskan kontraknya tahun 1999. Namun, Capirossi membalikkan keadaan lagi dengan mengambil tindakan hukum, mengamankan ganti rugi sebesar €2 juta.

    Mengenang insiden tersebut, pria berusia 52 tahun itu mengatakan, meski kecelakaan itu telah merenggangkan hubungannya dengan Harada, ia kini menganggap pebalap Jepang itu sebagai sahabatnya.

    “Tentu saja begitu saya naik ke atas jok (motor), saya langsung berfoto dan mengirimkannya kepada Tetsuya,” ujarnya kepada MOW.

    “Hari ini kami berteman baik. Ada persaingan yang kuat dan kisahnya sudah diketahui banyak orang, tetapi waktu selalu mengembalikan semuanya ke tempatnya ketika Anda berhenti balapan dan Anda bukan lagi lawan, melainkan mantan rekan,” sebutnya.

    Atas pengalamannya itu, Capirossi yakin Marquez dan Rossi pada akhirnya akan meninggalkan rivalitas mereka. Ia juga menyoroti hubungan Rossi yang membaik dengan mantan rivalnya yang lain setelah mereka pensiun. Contohnya, Rossi baru-baru ini menyapa dan berpelukan dengan mantan rivalnya, Casey Stoner, di Austria. Rossi juga kini lebih akrab dengan Jorge Lorenzo.

    “Saya pikir mereka (Rossi dan Marquez) juga akan menghentikannya (perseteruan) seiring waktu. Cepat atau lambat mereka harus berhenti, atau setidaknya saya harap begitu,” ujar Capirossi.

    “Lihatlah Casey Stoner atau Jorge Lorenzo. Valentino juga telah mengundang mereka ke Ranch (kandang Rossi) dan sekarang semuanya telah berlalu. Ada rasa hormat, ada persahabatan, dan ada kenangan yang membanggakan tentang masa lalu.”

    “Begitu pula dengan Max Biaggi, kini keduanya bercanda tentang rivalitas mereka dalam berbagai wawancara yang mereka berikan. Waktu selalu membuat segalanya benar ketika kita tidak lagi membalap, dan saya pikir, bahkan saya berharap demikian, hal yang sama akan terjadi antara Vale dan Marc,” harap Capirossi.

    (rgr/dry)

  • BMW Sudah Jual 3 Juta Kendaraan Elektrifikasi, Separuhnya Mobil Listrik!

    BMW Sudah Jual 3 Juta Kendaraan Elektrifikasi, Separuhnya Mobil Listrik!

    Jakarta

    BMW Group resmi menorehkan pencapaian bersejarah. Produsen asal Jerman ini baru saja melakukan pengiriman mobil elektrifikasi ke-3 juta kepada konsumen, dengan setengahnya sudah berupa mobil listrik murni.

    Tonggak baru ini diraih lewat penyerahan BMW Seri 3 plug-in hybrid dari pabrik Munich, Jerman. Angka tersebut tercapai berkat meningkatnya penjualan mobil listrik penuh dan plug-in hybrid pada paruh pertama 2025.

    “Dengan tercapainya tiga juta kendaraan elektrifikasi, BMW Group menunjukkan bahwa mobil listrik dan plug-in hybrid sudah menjadi pilar utama dalam portofolio produk kami,” ujar Jochen Goller, Member of the Board of Management of BMW AG Customer, Brands, Sales.

    Tampang BMW iX M70 xDrive 2025 Foto: (dok. BMW/Fabian Kirchbauer)

    Saat ini, lebih dari satu dari empat kendaraan BMW Group yang terjual sudah menggunakan teknologi elektrifikasi,” lanjut Goller.

    Dari total penjualan, Eropa menyumbang porsi terbesar. Lebih dari 60% kendaraan elektrifikasi BMW Group mengalir ke konsumen di Benua Biru.

    Bahkan, di kawasan ini, pangsa kendaraan elektrifikasi dalam total penjualan BMW sudah melampaui 40%.

    Menariknya, bukan hanya mobil listrik penuh yang mencatat lonjakan penjualan. Model plug-in hybrid BMW juga semakin diminati, dengan pertumbuhan signifikan sepanjang paruh pertama 2025 dibandingkan periode tahun sebelumnya.

    BMW Group sebelumnya juga sudah merayakan pencapaian 1,5 juta unit mobil listrik murni. Momen itu ditandai dengan penyerahan MINI Countryman listrik dari pabrik Leipzig, Jerman kepada konsumen di Portugal pada Juli lalu.

    Fakta menariknya, BMW menggambarkan, jika seluruh mobil listrik yang dijual BMW sejak era i3 hingga sekarang disusun berbaris, panjangnya bisa mencapai 6.500 kilometer atau setara jarak dari markas mereka di Jerman ke New York, Amerika Serikat.

    Strategi BMW Group ke depan tetap berfokus pada mobilitas elektrik, digital, dan berkelanjutan. Saat ini, konsumen bisa memilih lebih dari 15 model mobil listrik penuh dari berbagai merek di bawah BMW Group, ditambah lebih dari 10 model plug-in hybrid.

    Salah satu yang jadi sorotan adalah BMW iX terbaru, yang kini menawarkan jarak tempuh lebih jauh ketimbang versi sebelumnya. Perlu diingat, model iX terbaru ini sudah dijual oleh BMW Indonesia per GIIAS 2025 lalu.

    Kehadiran model-model baru ini sekaligus menunjukkan konsistensi BMW dalam menghadirkan inovasi elektrifikasi yang praktis dan relevan untuk kebutuhan konsumen global.

    Lebih dari setengah abad BMW sudah bereksperimen dengan teknologi elektrifikasi. Dari pionir lewat BMW i3, hingga kini menjadi salah satu pemain kunci dengan 3 juta unit kendaraan elektrifikasi di tangan konsumen, perjalanan panjang ini seolah jadi bukti bahwa masa depan mobilitas memang tak bisa dilepaskan dari listrik.

    (mhg/dry)

  • Derasnya Truk Impor dari China Jadi Ancaman, Kini Rambah Pasar Jawa

    Derasnya Truk Impor dari China Jadi Ancaman, Kini Rambah Pasar Jawa

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia melaporkan adanya aktivitas impor truk untuk kebutuhan tambang. Impor truk itu dinilai makin meresahkan.

    “Ada isu terkait kendaraan-kendaraan komersial yang ada di daerah di luar Jawa, bahkan di Jawa juga ada. Itu angkanya mengkhawatirkan,” kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara di Jakarta, belum lama ini.

    Aktivitas distribusi truk yang diimpor utuh itu tidak terdata oleh Gaikindo, karena bukan anggota.

    “Sampai Juli ini diperkirakan, kami tidak punya data yang cukup resmi, itu hampir 7 ribu, sampai akhir tahun bisa sampai 14 ribuan kendaraan komersial,” ungkapnya lagi.

    Truk impor ini bisa mengancam industri dalam negeri, apalagi buat pabrikan yang sudah berinvestasi besar.

    “Ini yang mengganggu produksi kendaraan bermotor di Indonesia. Pelaku lokal ini memenuhi ketentuan yang ada di Indonesia, namun dikalahkan kendaraan-kendaraan impor yang dapat dengan mudah masuk Indonesia. Kalau lokal harus ikut SRUT, mereka (impor) nggak. Ini cukup mengganggu karena volume-nya cukup besar,” kata dia.

    Truk impor tidak wajib SRUT?

    Direktur Sarana dan Keselamatan Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Yusuf Nugroho menyebut, truk tersebut tidak mengikuti uji tipe karena hanya digunakan di area pertambangan.

    “Terkait dengan kendaraan khususnya truk CBU yang kami sudah identifikasi bahwa truk-truk tersebut memang diperuntukkan untuk operasional perusahaan pertambangan. Operasionalnya itu bukan di jalan umum,” ujar Yusuf.

    “Kendaraan-kendaraan tersebut memang tidak dilakukan pengujian tipe maupun pengujian berkala, kalau memang dioperasikan di luar jalan umum,” sebut Yusuf.

    Kendaraan yang beroperasi di area terbatas seperti kawasan industri, pertambangan, atau perkebunan disebut tidak diwajibkan melalui uji tersebut.

    “Kami ingin pastikan bahwa kendaraan tersebut juga mendukung agar bisa memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan sesuai dengan desainnya dari kendaraannya yang memang bukan diperuntukkan untuk dioperasikan di jalan umum,” ujarnya.

    Apalagi truk tersebut tidak dituntut untuk memenuhi syarat sertifikasi Euro4. Sementara pabrikan dalam negeri harus memenuhi aturan pemerintah itu.

    “Kenapa mereka mengimpor? Karena pada waktu lokasi area (pertambangan), itu mereka punya kesulitan, pakai truk Indonesia, buatan Indonesia harus Euro4, bahan bakarnya tidak ada,” kata Kukuh.

    Otomotif, khususnya segmen komersial, merupakan industri padat karya yang banyak melibatkan pekerja dan turut berkontribusi kepada perekonomian negara.

    “Itu membuat total pasar tergerus lebih dari 38 persen. Dan dengan sangat terpaksa beberapa industri komponen atau part yang tidak bisa ekspor mengurangi karyawannya,” ucap Rachmat Basuki, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM).

    Dalam website data Badan Pusat Statistik Ekspor Impor tahun 2024, kode HS 87042369 merupakan pengelompokan untuk kendaraan bermotor selain pendingin, pengumpul sampah, tanker, lapis baja, hooklift, dumper; untuk pengangkutan barang, hanya dengan mesin diesel atau semi diesel; g.v.w. > 24 ton & ≤ 45 ton; bukan CKD.

    Tertulis dalam nomenklatur Harmonized System (HS) 87042369 yang di dalamnya juga memuat impor truk dari China. Barang-barang itu dikirim ke proyek produksi nikel seperti Morowali, Weda, Pulau Obi.

    Truk merek Jepang mungkin mendominasi di jalan-jalan Indonesia. Tetapi jika bicara di tambang nikel di Morowali (Sulawesi Tengah) dan Halmahera (Maluku Utara) yang paling populer adalah truk warna merah asal China merek Shacman.

    Motor Sights International (MSI), distributor Shacman menjelaskan sudah menjual lebih dari 6.000 truk di Indonesia sejak 2016 yang 95 persen penjualannya digunakan di Morowali dan Halmahera.

    Bahkan di situs global Shacman, disebutkan proyek nikel di Indonesia merupakan keberhasilan Shacman di Asia Pasifik.

    (riar/rgr)

  • Terungkap! Alasan Honda Rajin Rilis SUV di Indonesia

    Terungkap! Alasan Honda Rajin Rilis SUV di Indonesia

    Jakarta

    Honda memiliki lima SUV yang dijual di Indonesia, lebih banyak ketimbang model lainnya. Ini sebabnya Honda lebih rajin merilis SUV di Tanah Air.

    Honda paling banyak punya SUV di Indonesia. Dalam laman Honda Indonesia, ada lima SUV yang dijual saat ini, termasuk satu mobil listrik. Kelima SUV itu adalah HR-V, CR-V, BR-V N7x, WR-V, dan e:N1. Honda punya alasan tersendiri di baliknya. Menurut Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili, dominasi SUV di Honda itu lantaran mengikuti kebutuhan konsumen di Indonesia.

    “Kenapa kita fokus ke SUV karena memang pertama kan SUV cocok buat segala medan karena kan Indonesia bervariasi jalanannya dan tren SUV itu meningkat jadi artinya ada permintaan konsumen untuk mobil-mobil SUV,” ujar Arfi.

    Dia menambahkan, lima model SUV Honda itu sudah sesuai dengan keinginan dan karakter konsumen di dalam negeri. Tak berhenti sampai di situ, menurut Arfi, pihaknya bakal terus menghadirkan mobil yang memang diminati masyarakat dalam negeri. Terbaru, Honda kembali merambah ke segmen MPV medium dengan menyajikan Step Wgn Hybrid.

    Meski kebutuhan akan mobil 7-seater sudah bisa dipenuhi dengan keberadaan BR-V, namun Step Wgn Hybrid itu memang mengisi segmen kosong yang ditinggalkan Freed dan Odyssey.

    “Ada satu segmen lagi yang Pak Wendy (Direktur Honda Surabaya Center) tadi sampaikan ke keluarga yang membutuhkan mobil yang lebih lapang, nyaman, dan lebih besar dan segmen upper MPV kita lihat ada kenaikan penjualan dari tahun ke tahun masih segmented kecil tapi growing dan Honda punya produknya yang kami rasa bisa tepat ditawarkan konsumen di segmen itu,” tutur Arfi.

    “Jadi mungkin nanti ke depannya ada segmen baru yang growing sesuai dengan permintaan konsumen dan kita punya produknya, tidak menutup kemungkinan kita akan produk-produk di sini,” pungkas Arfi.

    (dry/rgr)

  • KTM Diduga Uji Motor Baru, Pakai Mesin 450 cc Buatan China

    KTM Diduga Uji Motor Baru, Pakai Mesin 450 cc Buatan China

    Jakarta

    KTM diduga sedang mengembangkan motor sport fairing baru. Dalam sebuah bocoran gambar, terungkap prototipe yang disebut-sebut sebagai KTM RC 490 tengah diuji di jalan raya Eropa. Motor sport ini diyakini menggunakan basis mesin 450 cc buatan pabrikan China, CFMOTO.

    Dikutip website Mekanika, rencana pengembangan model 490 sejatinya sudah bergulir sejak 2019. Saat itu, KTM bersama Bajaj sempat menyiapkan lima model baru, mulai dari 490 Adventure, 490 SMC R, 490 SMT, 450 Duke, hingga RC 490. Bahkan, Husqvarna yang masih di bawah naungan KTM AG juga menyiapkan lini model 501 seperti Norden, Svartpilen, hingga Vitpilen.

    KTM diduga sedang menguji coba motor sport fairing baru menggunakan basis motor China CFMoto Foto: Dok. Istimewa

    Namun, rencana tersebut tertunda lantaran biaya pengembangan dianggap terlalu besar. Padahal, motor 490 cc awalnya dijadwalkan meluncur tahun 2022. Kini, rumor itu kembali berembus setelah wujud RC 490 tertangkap kamera saat uji jalan.

    Yang menarik, proyek anyar ini disebut bisa terwujud berkat kerja sama erat KTM dengan CFMOTO. Pabrikan China itu sebelumnya sudah dipercaya memproduksi KTM 790 Duke dan 790 Adventure, bahkan mereka juga memanfaatkan mesin LC8c 799 cc untuk model mereka sendiri seperti 800MT dan 800NK.

    Kali ini, perusahaan asal Austria itu tampaknya meminjam platform 450 cc parallel-twin dengan konfigurasi crank 270 derajat yang lebih dulu dipakai CFMOTO di model 450SR, 450NK, dan 450MT. Konfigurasi tersebut memberi karakter mesin mirip V-Twin, dengan tenaga mencapai 50 dk dan torsi 39 Nm.

    Dari foto spyshot yang beredar, sosok RC 490 kental dengan desain ala RC 990, meski ada sejumlah komponen yang diduga berasal dari CFMOTO 450SR. Misalnya swingarm single-sided, footpeg, tuas transmisi, hingga standar samping yang terlihat identik.

    Jika benar meluncur, RC 490 akan menjadi opsi motor sport menengah yang mengisi celah di bawah RC 990. Kehadiran mesin 450 cc ini juga bisa bikin KTM lebih kompetitif di segmen entry-level premium, sekaligus menghadirkan lawan baru bagi motor sport Jepang dan Eropa lainnya.

    (lua/rgr)