Jenis Media: Otomotif

  • Ternyata Begini Cara Kerja Airbag di Baju Balap MotoGP

    Ternyata Begini Cara Kerja Airbag di Baju Balap MotoGP

    Jakarta

    Teknologi keselamatan untuk pebalap MotoGP semakin canggih. Kini, pebalap MotoGP menggunakan baju balap yang dibekali perangkat keselamatan kantung udara atau airbag.

    Jika seorang pembalap MotoGP mengalami kecelakaan, sistem kantung udara di tubuhnya akan segera mengembang untuk melindunginya. Airbag itu menjadi sistem keselamatan yang telah diwajibkan di MotoGP sejak 2018.

    Dikutip Speedweek, benjolan bundar di punggung atas merupakan bagian penting dari sistem airbag yang melindungi pebalap jika terjadi kecelakaan. Benjolan di punggung itu berisi perangkat elektronik dengan sensor dan giroskop serta satu atau dua kartrid gas yang mengaktifkan airbag dalam keadaan darurat.

    Prinsip airbag ini mirip dengan perangkat yang ada di mobil. Airbag memberikan perlindungan jika terjadi benturan. Bedanya, dengan dua kartrid airbag, secara teoritis airbag di baju balap dapat mengembang dua kali dalam sesi yang sama. Namun, di MotoGP, pabrikan seperti Alpinestars lebih memilih untuk bermain aman dan mengganti airbag lebih awal. Selain itu, pebalap biasanya hanya membawa satu kartrid untuk menghemat berat.

    Cara kerja airbag sebelum mengembang, giroskop yang dipasang di bagian belakang merekam gerakan, dan sensor mendeteksi gerakan tersebut. Menggunakan algoritma yang kompleks, sistem dapat menghitung apakah pebalap bakal mengalami kecelakaan. Jika terdeteksi akan terjatuh, sistem akan aktif, memompa gas argon dari kartrid ke airbag dalam waktu 40 milidetik, yang kemudian mengembang dalam waktu 25 milidetik di bagian dalam baju balap.

    ‘Ledakan’ airbag itu biasanya menimbulkan suara keras, tapi penonton tidak akan mendengar karena kebisingan lain di sekitar sirkuit. Penonton hanya bisa melihat pebalap tampak agak menggembung saat terjadi benturan.

    Tiga area utama yang dilindungi oleh airbag MotoGP antara lain bahu, tulang rusuk, dan pinggul. Setelah 20 hingga 30 detik, airbag akan mengempis lagi, sebab rangkaian kecelakaan di MotoGP kebanyakan berlangsung tidak lebih dari 5 detik. Setelah itu, pebalap dapat melanjutkan balapan asalkan tidak cedera akibat kecelakaan tersebut.

    Untuk memastikan airbag mengembang dengan benar dan tidak terlalu meremukkan badan pebalap, penting agar baju balap dan airbag dirancang agar dapat bekerja sama. Baju balap itu juga dilengkapi area elastis yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

    (rgr/dry)

  • Honda BeAT Edisi One Piece Bisa Didapat Gratis, Berapa Harganya?

    Honda BeAT Edisi One Piece Bisa Didapat Gratis, Berapa Harganya?

    Jakarta

    Honda kembali menggelar program giveaway motor gratis. Honda BeAT edisi One Piece bisa didapatkan secara cuma-cuma. Setara berapa harga motor itu?

    Dalam rangka merayakan 25 tahun One Piece, Honda BeAT berkolaborasi dengan One Piece dan kreator komik lokal Tahilalats. Honda membuat lima model BeAT edisi One Piece. Pertama, satu unit BeAT modifikasi One Piece edisi Luffy. Dari segi warna didominasi warna merah-biru yang merupakan ciri khas warna Luffy. Selanjutnya ada Honda BeAT dengan gambar Roronoa Zoro. Namun, Honda BeAT edisi Luffy dan Roronoa Zoro sudah sold out alias sudah didapatkan oleh dua pemenangnya.

    Kali ini, Honda kembali membuka kesempatan buat yang belum beruntung mendapatkan motor gratis tersebut. Masih dalam edisi One Piece, Honda mengeluarkan Honda BeAT edisi Nami, Ussop dan Sanji. Dikutip dari akun Instagram Welovehonda, Honda menyajikan tiga unit BeAT One Piece itu untuk diperebutkan sampai 5 September 2025.

    Honda BeAT versi Nami mengambil basis Honda BeAT Street dengan setang telanjang. Tampilannya khas karakter Nami di serial One Piece. Motor itu mengusung dominasi warna putih dan oranye dengan sentuhan lis warna biru. Disematkan pula gambar karakter Nami di bagian kanan-kiri depan.

    Selanjutnya Honda BeAT Usopp Edition juga menggunakan basis Honda BeAT Street. Motor BeAT edisi Usopp ini mengadopsi warna krem. Terdapat gambar karakter Usopp di bagian kanan-kiri depan.

    Terakhir ada Honda BeAT Sanji Edition dengan basis Honda BeAT Deluxe Smart Key. Motor itu mengusung dominasi warna hitam yang dipadukan dengan warna kuning emas. Gambar karakter Sanji juga tercetak di bagian depan motor.

    Motor Honda BeAT yang dijadikan One Piece Edition itu adalah BeAT tahun 2024. Motor-motor tersebut telah dimodifikasi sesuai karakter One Piece. Berapa harganya? Honda tidak merilis daftar harga BeAT One Piece Edition. Sebab, motor itu bisa didapatkan secara gratis dengan syarat-syarat tertentu.

    Namun, kalau melihat daftar harga di situs resmi Astra Honda Motor, Honda BeAT saat ini dijual dengan harga Rp 18-20 jutaan. Honda BeAT Deluxe Smart Key yang menjadi basis BeAT versi Sanji saat ini dijual dengan harga Rp 20.381.000. Sedangkan Honda BeAT Street yang menjadi basis BeAT edisi Nami dan Ussop harganya Rp 19.851.000.

    PT AHM masih membenamkan mesin berkapasitas 110 cc SOHC sistem pembakaran injeksi PGM-FI berteknologi eSP. Performa yang dihasilkan mencapai 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm di 5.500 rpm.

    (rgr/dry)

  • Ada Diskon hingga Rp 15 Juta

    Ada Diskon hingga Rp 15 Juta

    Jakarta

    Memasuki bulan September, PT Piaggio Indonesia menghadirkan program spesial bertajuk ‘Stop Dreaming, Start Living’. Program ini menawarkan promo menarik buat empat lini produk premium, yaitu Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi.

    Selama periode promo, konsumen bisa mendapat penawaran eksklusif untuk skuter-skuter andalan Piaggio Group. Piaggio Medley ditawarkan dengan potongan harga hingga Rp 11 juta, begitu juga dengan lini Vespa yang terkenal dengan desain ikonik dan ekspresif. Sementara Aprilia SR GT mendapatkan diskon lebih besar, mencapai Rp 15 juta. Seluruh program berlaku dengan syarat dan ketentuan tertentu.

    Aprilia SR-GT 200 Foto: Andhika Prasetia/detikcom

    Piaggio Indonesia menekankan bahwa setiap produknya punya karakter berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan pengendara. Piaggio hadir dengan mobilitas efisien dan juga kenyamanan, Vespa identik dengan gaya autentik dan ekspresi diri, Aprilia mencerminkan semangat sporty penuh determinasi, sementara Moto Guzzi ditujukan buat mereka yang gemar menjelajah lebih jauh.

    “Bagi kami, bulan September adalah momen yang tepat untuk menghadirkan semangat baru bagi masyarakat Indonesia melalui gaya berkendara yang lebih fresh dan penuh karakter,” ujar Ayu Hapsari, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia.

    “Melalui program Stop Dreaming, Start Living, kami ingin setiap pengendara dengan mobilitas tinggi merasakan pengalaman berkendara yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menjadi bagian dari identitas mereka yang fresh dan penuh energi,” sambung dia.

    Bagi yang tertarik, promo ini bisa dinikmati dengan mengunjungi dealer Motoplex terdekat atau mengakses informasi lebih lanjut melalui situs resmi Piaggio, Vespa, Aprilia, serta Moto Guzzi.

    (lua/dry)

  • Sempat Komplain, Kini Pemilik Sealion 7 Puji Habis-habisan Dealer BYD

    Sempat Komplain, Kini Pemilik Sealion 7 Puji Habis-habisan Dealer BYD

    Jakarta

    Pemilik mobil listrik Sealion 7 yang sempat viral bulan lalu memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk pelayanan dealer BYD Puri dan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. Padahal, sebelumnya, dia sempat komplain di media sosial.

    Sebagai pengingat, pemilik BYD Sealion 7 dengan nama akun @jamjamanshop itu komplain soal kendaraannya yang bermasalah. Namun, ketika itu dia mengklaim, dealer terkait tak memberikan jalan keluar.

    Faktanya, BYD Sealion yang sempat dikomplain itu kini sudah diurus dealer BYD dengan tuntas. Bahkan, kendaraan tersebut diklaim sudah kembali normal. Kondisi itu membuat pandangannya terhadap dealer terkait berubah dari negatif menjadi positif.

    “Hubungan saya dengan BYD Arista sangat baik. BYD Arista sangat baik, sangat ramah dan sangat mendampingi. Nah, dari sekarang sampai ada kasus itu viral, mereka tetap mendampingi saya dengan senyuman, keramahan dan kekeluargaan,” ujar pemilik BYD Sealion 7 melalui akun media sosial resminya, dikutip Selasa (2/9).

    “Jadi hubungan saya dengan BYD Arista baik. Saya yakin jikalau penerima unit normal, akan sangat senang dan happy kalau belanja di BYD Arista. Saya jamin, saya nggak dibayar buat ngomong kayak begini,” tambahnya.

    Mobil listrik BYD Sealion 7. Foto: Dok. BYD Indonesia

    Dia menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk dealer BYD yang dengan sungguh-sungguh mengurus kendaraannya. Dia juga memastikan, kasus tersebut sudah sepenuhnya selesai.

    “Untuk masalah mobil saya, sudah ada penyelesaian dari BYD Arista PIK dan Puri. Saya apresiasi yang sebesar-besarnya untuk mereka,” tuturnya.

    “Kita dalam kehidupan, belajar kebijaksanaan. Kali ini dalam hubungan antara penjual dan pembeli tidak selalu sempurna. Nah dalam kasus ini, BYD Arista PIK dan Puri sudah sangat bertanggung jawab,” tambahnya lagi.

    @tokojamjaman Penyelesaian pengalaman pembelian BYD. Terima kasih banyak warganet Indonesia atas semua perhatiannya dan kebaikannya. Terima kasih BYD Arista PIK, BYD Arista Puri dan BYD Indonesia. Semoga sehat dan berkah selalu #BYD #Sangatbertanggungjawab #Terimakasihindonesia #IloveIndonesia @byd_indonesia @bydarista.pik ♬ original sound – jamjamanshop

    Soal testimoni pemilik Sealion 7 tersebut, Luther Pandjaitan selaku Head of Marketing, PR & Government Relations BYD Indonesia menegaskan, pihaknya memang berkomitmen memberikan kenyamanan dan kepuasan untuk konsumen di Tanah Air.

    “Kami mengapresiasi bahwa testimoni dari konsumen tersebut juga telah diperbaharui dengan klarifikasi bahwa permasalahan telah diselesaikan team dealer dengan baik,” ujarnya kepada detikOto melalui pesan singkat.

    “Sesuai komitmen, Kami akan terus mengutamakan keselamatan, kenyamanan, serta kepuasan pelanggan dengan memperkuat quality assurance, meningkatkan terus kecepatan respons dan pelatihan bagi teknisi,” kata Luther menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Paling Murah Rp 29 Jutaan

    Paling Murah Rp 29 Jutaan

    Jakarta

    Honda Stylo 160 dijual mulai Rp 29 jutaan. Dengan harga segitu, pajak tahunnya ternyata Rp 300 ribuan. Berikut rincian harga dan pajak Honda Stylo 160.

    Lagi cari skutik bergaya retro? Honda Stylo 160 bisa jadi salah satu opsinya. Honda menyajikan Stylo 160 dengan gaya retro yang dipadukan dengan mesin 160 cc. Soal harga, Honda Stylo 160 per September 2025 bisa dibawa pulang mulai Rp 29 jutaan.

    Honda Stylo 160 disajikan dalam dua opsi yaitu CBS dan ABS. Kalau mau menginginkan varian CBS, harganya sedikit lebih mahal yakni Rp 32 jutaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini harga Honda Stylo 160 dikutip dari laman resmi Astra Honda Motor.

    Harga Honda Stylo 160Honda Stylo CBS: Rp 29,17 jutaHonda Stylo ABS: Rp 32,161 jutaPajak Tahunan Honda Stylo 160

    Itu tadi harga terbaru Honda Stylo 160. Menyoal pajak, per tahun pemilik Honda Stylo 160 harus membayar Rp 300 ribuan. Ditelusuri detikOto dalam laman Bapenda Jawa Barat, pajak tahunan Stylo itu sebesar Rp 329 ribu. Rincian pajaknya sebagai berikut:

    PKB Pokok: Rp 177.100Opsen PKB Pokok: Rp 116.900SWDKLLJ: Rp 35.000Total: Rp 329.000

    Pajak itu berlaku di wilayah Jawa Barat untuk motor kepemilikan pertama dan merujuk pada versi CBS. Besar pajak bisa jadi berbeda untuk varian dan wilayah lainnya.

    Honda Stylo 160. Foto: Rifkianto Nugroho

    Honda Stylo dibekali mesin 160 cc, 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm/7.000 rpm. Model ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 5 liter dan ruang penyimpanan di bawah jok sebesar 16,5 liter.

    Pada sistem pengereman, skutik bagi penggemar fashion ini hadir dengan fitur Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel yang dilengkapi disc brake pada bagian depan dan belakang berukuran 220 mm – 220mm di tipe ABS dan memberikan keamanan ekstra. Velg berukuran 12 diselimuti ban berukuran 110/90 pada bagian depan dan 130/80 pada bagian belakang.

    (dry/rgr)

  • LM 350h & Lexus LM 500h Pelengkap Line-up Elektrifikasi Lexus, Ini Speknya

    LM 350h & Lexus LM 500h Pelengkap Line-up Elektrifikasi Lexus, Ini Speknya

    Jakarta

    Lexus secara konsisten mewujudkan visi Lexus Electrified melalui berbagai peluncuran kendaraan elektrifikasi. Beberapa lineup dari Lexus pun sudah dielektrifikasi, mulai dari Lexus RZ hingga Lexus LM.

    Khusus untuk Lexus LM, Lexus mengembangkannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di segmen luxury yang semakin beragam dengan fokus untuk menciptakan kenyamanan yang optimal, dan kemewahan yang personal, namun juga turut berkontribusi pada carbon-neutral society.

    Di tahun 2023, Lexus meluncurkan The All New Lexus LM yang merupakan The First-Ever Hybrid Electric Luxury Mover. The All New Lexus LM memakai powertrain Hybrid Electric dan tersedia dalam dua varian flagship yaitu Lexus LM 350h 4-Seater dan Lexus LM 350h 7-Seater.

    Selang 1 tahun kemudian, Lexus melengkapi line up elektrifikasinya dengan LM 500h. Lalu apa perbedaan dari kedua SUV elektrik ‘murni’ dari Lexus ini? Berikut perbedaannya

    Lexus LM 350H

    The All New Lexus LM hadir dengan powertrain 2,5 liter self-charging hybrid electric. Powertrain ini sebelumnya telah disematkan pada Lexus NX 350h dan Lexus RX 350h, yang terbukti memberikan performa berkendara yang nyaman dan efisien.

    The All New Lexus LM menggunakan platform TNGA-K yang semakin menunjang performa dan kedinamisan berkendara. Mode berkendara Rear Seat Comfort pertama dari Lexus juga tersedia yang dapat menyesuaikan performa suspensi dan distribusi torsi sehingga membantu mempertahankan postur saat berkendara.

    Beberapa fitur seperti Automatic Smart Stop braking control, Pitch Control, dan Adaptive Variable Suspension (AVS) juga ditingkatkan sehingga memberikan pengalaman berkendara yang semakin nyaman.

    Lexus LM 250h juga menawarkan First Class Comfort dan Convenience. Interior LM generasi kedua ini telah dikembangkan agar sesuai bagi mereka yang ingin bersantai selayaknya di sebuah first class, maupun yang membutuhkan privasi untuk bekerja atau berbisnis.

    Dari segi desain, The All New Lexus LM merealisasikan evolusi desain Lexus ‘Next Chapter’ yang dikembangkan dengan konsep ‘Dignified Elegancy’. Pada bagian depan eksterior The All New Lexus LM, kini logo ‘L’ Lexus berada di bagian depan engine hood dan garis yang menegaskan konsep spindle body.

    Grillenya menggunakan teknik painting Satin-Effect Hot Stamping dan dilengkapi dengan Slim Triple-Beam LED. Ini menghasilkan tampilan LM yang mewah, elegan, dan unik dengan tetap berorientasi pada aerodinamika.

    Di bagian samping, The All New Lexus LM dilengkapi dengan 19-inch Distinctive Luxury Wheels yang menggunakan finishing Physical Vapor Deposition (PVD) semakin menambah kemewahan eksteriornya.

    Kemudian pada bagian belakang, The All New Lexus LM semakin terlihat modern dan ‘intelligent’ berkat Limitless L-shaped Light Bar dan Unified Lexus Logo yang semakin mempertegas identitas desain khas Lexus.

    Kenyamanan menjadi fokus utama pada interior The All New Lexus LM yang salah satunya diimplementasikan pada jok nya yang menggunakan material L-Aniline Leather berkualitas tinggi, kemudian penggunaan dua jenis material berbeda pada bantalan jok belakang yang membuat permukaannya lebih halus, serta dilengkapi dengan power adjustment, heating, ventilasi, dan air lumbar support system yang berguna untuk menyerap getaran.

    Bagian kabinnya pun dirancang agar kedap suara sehingga perjalanan menjadi semakin personal dan menenangkan. Hal ini tidak hanya ditunjang oleh material yang digunakan pada model ini, tetapi juga didukung oleh fitur-fitur canggih seperti Active Noise Control yang mampu mengurangi kebisingan saat berkendara.

    Kemudian pada varian 4-Seater juga terdapat fitur non-sound-absorbing five-layer headlining dan partisi yang membuat bagian kabin belakang semakin kondusif sehingga memungkinkan untuk melakukan bekerja, berbisnis ataupun berdiskusi.

    General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma mengatakan menjadi luxury MPV terfavorit sejak diperkenalkan pertama kali pada gelaran GIIAS 2023, kehadiran The All New Lexus LM yang dilengkapi dengan powertrain Hybrid Electric tidak hanya menandai tinta perjalanan Lexus menuju realisasi visi Lexus Electrified, tetapi juga meredefinisikan kemewahan sebuah ultra-luxury MPV yang menawarkan first-class comfort dan convenience.

    “Tidak hanya melalui teknologi dan fiturnya yang advanced, kemewahan paripurna The All New Lexus LM juga ditingkatkan melalui kualitas dan kenyamanan interior yang kini semakin personal. Terutama pada varian flagshipnya, yaitu tipe LM 350h 4-seater,” tutur Bansar dalam keterangan tertulis, Selasa (2/9/2025).

    Lexus LM 500h

    Lexus LM 500h jadi seri terbaru dari seri LM. Lexus LM 500h tersedia dalam 1 versi yaitu LM 500h 4-Seater hadir dengan powertrain baru Turbo-Hybrid Electric. Dengan mesin 2.4L Turbocharged Four-Cylinder, LM 500h 4-Seater mampu memberikan performa yang responsif, sekaligus efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Selain itu, akselerasi menjadi lebih halus dan pengendalian lebih presisi, sehingga menjadikan LM500h sebagai Luxury Mover dengan performa tertinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan performa lebih dalam mobilitasnya.

    LM 500h 4-Seater juga dilengkapi dengan teknologi DIRECT4 dengan eAxle yang bertenaga, dengan menghadirkan sistem penggerak semua roda (all-wheel drive) yang dinamis sehingga akselerasi lebih cepat dan stabilitas pengendalian yang optimal. Pelanggan akan menikmati perpaduan sempurna antara performa dan kendali dalam segala kondisi berkendara, dengan kenyamanan di setiap perjalanan.

    Bansar mengatakan kehadiran Lexus LM 500h 4-Seater menjadi terobosan baru lainnya dari Lexus yang mampu mengkombinasikan antara kemewahan, kenyamanan, sustainability, dan mobility experience.

    Ia mengatakan kehadiran LM 500h 4-seater tidak hanya menegaskan realisasi visi Lexus Electrified dan Making Luxury Personal, tetapi juga menegaskan konsep YET philosophy.

    “Lexus menghadirkan MPV ‘Luxury Mover’ dengan kemewahan dan kenyamanan layaknya sebuah first class, tetapi juga dilengkapi dengan performa berkendara yang dinamis, namun tetap berkontribusi positif terhadap lingkungan melalui konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih sedikit dari mesin konvensional murni,” ungkap Bansar.

    (anl/ega)

  • Motor Listrik Maka Cavalry Bisa Disewa untuk Ojol, Biaya Rp 70 Ribu/Hari

    Motor Listrik Maka Cavalry Bisa Disewa untuk Ojol, Biaya Rp 70 Ribu/Hari

    Jakarta

    Sejak beberapa bulan terakhir, motor listrik Maka Cavalry mulai banyak dipakai armada ojek online (ojol) di Indonesia. Karuan saja, selain pengalaman berkendara dan jarak tempuh, kendaraan tersebut menjadi pilihan karena ditawarkan juga melalui skema sewa.

    Raditya Wibowo selaku CEO & Founder Maka Motors mengatakan, meski termasuk produk baru, namun motor listriknya sudah mendapat kepercayaan konsumen, termasuk dari kalangan ojek online.

    “Meski Maka Cavalry tergolong pendatang baru, penggunaan motor ini sudah meluas ke berbagai segmen dan jadi andalan bagi banyak orang-mulai dari masyarakat umum, perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, sampai pengemudi ojek online,” ujar Raditya melalui rilis resmi yang diterima detikOto, Selasa (2/9).

    “Adopsi yang luas ini memperlihatkan bahwa motor listrik buatan Indonesia ini berhasil memenuhi kebutuhan pasar yang paling mendasar, seperti jarak tempuh, performa, ketangguhan, dan kenyamanan,” tambahnya.

    Maka Cavalry dipakai ojol. Foto: Doc. Maka Motors

    Maka Motors menghadirkan program kepemilikan motor listrik dengan skema yang dirancang khusus untuk ojol. Dengan biaya sewa Rp 70 ribu/hari, pengemudi bisa memiliki Maka Cavalry serta menikmati beragam keuntungan, seperti fasilitas fast charging gratis, perawatan rutin gratis selama tiga tahun, layanan darurat 24 jam selama satu tahun dan perlindungan asuransi.

    Pengemudi ojol yang mau melakukan pendaftaran, cukup melengkapi dokumen yang diperlukan seperti KTP dan SIM C aktif, serta mengikuti proses verifikasi.

    Sebagai catatan, Maka Cavalry merupakan motor listrik yang dirancang akomodatif. Kendaraan tersebut menggunakan baterai yang dalam kondisi penuh bisa menempuh jarak 160 km. Sementara kapasitas bagasinya mencapai 20 liter. Menariknya lagi, motor listrik itu punya kecepatan maksimum hingga 105 km/jam.

    Sejak diluncurkan pertengahan Januari lalu, Cavalry terus menyedot perhatian publik dan mendapatkan respons positif dari pasar. Meski pendatang baru, Cavalry sukses menarik perhatian konsumen dengan jargon uniknya: ‘motor listrik paling enak’.

    Kepopuleran Maka Cavalry menunjukkan penerimaan yang baik dari pasar. Bukan hanya masyarakat umum, tunggangan tersebut juga banyak dipakai driver ojol di Indonesia. Pilihan itu semakin memperkuat posisi Cavalry sebagai motor listrik tangguh dan mampu menjawab kebutuhan konsumen.

    (sfn/rgr)

  • Segini Harga Pasaran Kijang Innova Zenix Hybrid Bekas Tahun 2023

    Segini Harga Pasaran Kijang Innova Zenix Hybrid Bekas Tahun 2023

    Jakarta

    Kijang Innova Zenix hybrid bekas bisa didapatkan mulai Rp 350 jutaan. Berikut ini harga pasaran Kijang Innova Zenix hybrid keluaran tahun 2023.

    Kijang Innova Zenix masih jadi salah satu model terpopuler di Tanah Air. Mobil barunya laris, harga mobil bekasnya pun masih terbilang cukup tinggi. Kisaran harganya mulai Rp 300 juta ke atas bahkan ada yang menawarkan Rp 500 jutaan. Namun kebanyakan menawarkan pada rentang harga Rp 450-500 jutaan. Harga itu tentu tergantung dari tipe dan juga jarak tempuhnya.

    Kisaran Harga Kijang Innova Zenix Hybrid bekas tahun 2023

    Dikutip laman jual mobil bekas online, ada Kijang Innova Zenix G Hybrid dengan jarak tempuh 61.000 km. Mobil ini ditawarkan seharga Rp 350 juta. Dengan harga segitu, status pajaknya masih aktif hingga tahun 2026. Bila jarak tempuhnya lebih rendah, harganya juga lebih tinggi. Untuk model yang sama, dengan jarak tempuh 38.000 km, Innova Zenix G Hybrid ditawarkan seharga Rp 375 juta.

    Kalau mau yang tipenya lebih tinggi lagi, ada Innova Zenix Q Hybrid TSS dengan jarak tempuh 35.000 km. Kondisinya diklaim masih mulus dan dibuka dengan harga Rp 460 juta. Pajaknya pun masih aktif hingga Juli 2026. Meski tipenya sama, ada juga yang menawarkan model serupa dengan harga lebih tinggi yaitu Rp 488 juta. Dengan harga segitu, jarak tempuh mobil baru 20.000 km.

    Ada juga Innova Zenix Hybrid seken tahun 2023 dibanderol Rp 500 jutaan. Kondisinya disebut masih mulus dan odometernya baru sekitar 30.000 km. Model serupa dengan odometer 21.000 km juga ditawarkan dengan harga Rp 500 jutaan. Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix Hybrid paling murah untuk tipe G Hybrid dijual seharga Rp 473,4 juta. Sementara itu, tipe tertinggi berupa Q CVT TSS harga barunya Rp 620 jutaan.

    Nah itu tadi kisaran harga Innova Zenix Hybrid seken. Kalau mau tahu lebih pastinya, kamu bisa mengunjungi dealer mobil bekas terdekat.

    Kijang Innova Masih Banyak Diburu

    Untuk diketahui, di pasar mobil bekas, Kijang Innova merupakan salah satu model yang masih dicari. Direktur OLXMobbi Agung Iskandar mengungkap model mobil MPV memang masih banyak digandrungi orang Indonesia. Sebab mobil cocok untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia baik untuk mobilitas sehari-hari ataupun dipakai perjalanan jauh.

    “Karakteristik kabin yang luas dan nyaman tidak hanya menawarkan fungsionalitas, tetapi juga mampu memenuhi aspek emosional kekeluargaan dan kebersamaan saat bepergian,” jelas Agung belum lama ini.

    (dry/rgr)

  • Makin Mirip Pesawat Terbang, Ini Inovasi Terbaru PO Juragan 99 Trans

    Makin Mirip Pesawat Terbang, Ini Inovasi Terbaru PO Juragan 99 Trans

    Jakarta

    PO Juragan 99 Trans menghadirkan inovasi terbaru di layanan bus antar kotanya. Perusahaan otobus asal Malang ini memperkuat diri dengan teknologi modern berupa ETA Board (Estimated Time of Arrival Board). ETA Board merupakan fasilitas yang biasanya ada di layanan transportasi pesawat terbang.

    “Sangat bangga bersyukur sekaligus terharu. Perusahaan yang saya bangun dengan sepenuh hati dan jiwa ini kini telah berusia tujuh tahun, Alhamdulillah. Perjalanan yang tidak mudah, penuh dinamika, namun kita buktikan bahwa Juragan 99 Trans mampu bertahan, menghadapi tantangan, bahkan terus berkembang, melakukan improvement dari waktu ke waktu,” ungkap Gilang W. Pramana, founder J99 Corp., dalam keterangan resminya.

    PO Juragan 99 Trans hadirkan beragam inovasi di ulang tahun ketujuh Foto: Dok. Juragan 99 Trans

    Sebagai wujud rasa syukur sekaligus apresiasi kepada para pelanggan setia, pada perayaan kali ini perusahaan meluncurkan 7 Wonders of Our Journey, deretan inovasi yang menjadi simbol energi, keberanian, dan semangat pembaruan. Logo baru yang lebih modern diresmikan sebagai identitas baru J99 Trans. Dengan huruf ‘J’ yang didesain tegas dan modern.

    Seragam baru untuk kru dan customer service diperkenalkan untuk merefleksikan profesionalisme dan pelayanan yang semakin prima. Dengan identitas baru ini Juragan 99 Trans ingin menegaskan posisi sebagai ikon luxury transport di Indonesia. Lebih dari sekedar sarana transportasi yang mengantarkan penumpang, tapi juga menghadirkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan. Inovasi lainnya adalah InRoad Magazine, majalah cetak eksklusif yang terbit setiap enam bulan sekali, menyajikan inspirasi seputar perjalanan dan rute bus bagi penumpang.

    PO Juragan 99 Trans juga menghadirkan layanan ETA Board (Estimated Time of Arrival Board). ETA Board kini hadir di titik keberangkatan utama untuk memberikan informasi real-time tentang kedatangan dan keberangkatan armada, menghadirkan kepastian waktu dan kenyamanan ekstra bagi penumpang.

    PO Juragan 99 Trans Foto: Yohan Setiawan/Adiputro

    Melengkapi itu, Online Passenger Board memungkinkan pelanggan memantau perjalanan langsung dari perangkat mereka, termasuk fitur memanggil crew selama perjalanan untuk bantuan, sementara Membership & Loyalty Program memberi penghargaan lebih bagi pelanggan setia.

    Sebelumnya PO Juragan 99 Trans dikenal memiliki berbagai layanan kelas satu yang mirip seperti pesawat terbang, seperti kabin first class, hingga fasilitas toilet yang bisa dipakai untuk buang air kecil dan buang air besar.

    “Tujuh inovasi terbaru yang kami hadirkan adalah bentuk nyata dari komitmen kami untuk selalu memberikan perjalanan yang aman, nyaman, dan bermakna bagi pelanggan. Kami percaya, dengan semangat melaju bersama, kita akan terus tumbuh luar biasa,” ujar Suluk Waseso Segoro, selaku Direktur Juragan 99 Trans.

    (lua/rgr)

  • Orang Indonesia Beli Mobil Emang Masih Mikirin Harga Jual Kembali?

    Orang Indonesia Beli Mobil Emang Masih Mikirin Harga Jual Kembali?

    Jakarta

    Ada ragam pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli. Apakah harga jual kembali masih jadi salah satu pertimbangan utama?

    Membeli mobil baru bukan perkara mudah. Salah-salah pilih yang ada malah menyesal di kemudian hari. Maka dari itu, ada banyak faktor yang dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Mulai dari model, harga, dan tak kalah penting harga jual kembali.

    Dijelaskan Pengamat Otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung Yannes Pasaribu, harga jual kembali masih menjadi faktor krusial sebelum orang RI membeli mobil baru.

    Yannes mengungkap berdasarkan riset tim kendaraan listrik ITB, dalam perbandingan generasi antara pembeli, generasi baby boomers dan Gen X (usia 40 tahun ke atas) cenderung lebih memprioritaskan resale value sebagai aset investasi, dengan 65-75 persen responden dalam survei nasional memasukkannya sebagai kriteria utama untuk ICE dan HEV karena pertimbangan finansial jangka panjang.

    “Kelompok konsumen yang secara dominan mempertimbangkan nilai jual kembali (resale value) mobil sebagai bagian dari investasi mencakup generasi baby boomers dan Gen X (usia di atas 40 tahun), merekalah yang sering kali melihat pembelian kendaraan sebagai aset finansial jangka panjang untuk menjaga stabilitas ekonomi keluarganya,” terang Yannes kepada detikOto belum lama ini.

    Yannes menyebut beberapa kendaraan bermesin konvensional harga jual kembalinya masih stabil bahkan 70-80 persen setelah digunakan tiga tahun. Sebut saja merek-merek seperti Daihatsu, Suzuki, Toyota, hingga Honda, harga jual kembalinya masih kompetitif.

    Kondisi ini justru berbeda dengan generasi milenial dan gen Z dengan usia 40 tahun ke bawah yang mulai mengesampingkan faktor tersebut. Hanya sekitar 40-50 persen yang menjadikan resale value itu prioritas sebelum membeli mobil. Bahkan mereka lebih menyoroti faktor lingkungan sekaligus teknologi canggih yang mengarah ke mobil listrik.

    “Semakin tinggi income-nya, generasi muda ini semakin tidak memperhatikan resale value. Generasi muda lebih menekankan keberlanjutan lingkungan, teknologi, dan biaya operasional rendah,” lanjut Yannes.

    Seiring berjalannya waktu, menurut Yannes tak menutup kemungkinan harga jual kembali itu makin tak dilihat. Ini beriringan dengan pergantian generasi kelompok pembeli dari baby boomers ke gen millenial ataupun gen Z.

    (dry/rgr)