Jenis Media: Otomotif

  • Dampak Perang Harga Mobil di China: Kualitas Turun!

    Dampak Perang Harga Mobil di China: Kualitas Turun!

    Jakarta

    Pabrikan mobil di China menerapkan strategi ‘perang harga’. Pabrikan otomotif di sana melakukan penurunan harga gila-gilaan. Bahkan, harga mobil baru bisa jauh lebih murah dibanding harga mobil yang dirilis sebelumnya. Namun, ada dampak negatif yang muncul dari strategi perang harga itu.

    Berdasarkan survei J.D. Power, kualitas mobil berbahan bakar bensin di China menurun selama dua tahun berturut-turut. Hal itu dipercaya karena dipicu persaingan harga yang semakin ketat memaksa produsen mobil mengambil jalan pintas.

    Studi China Initial Quality (IQS) 2025 yang diterbitkan J.D. Power menunjukkan, masalah yang dilaporkan pemilik kendaraan meningkat menjadi 229 masalah per 100 kendaraan. Angka itu naik 17 masalah dari tahun 2024.

    Diberitakan China Daily, meningkatnya masalah pada kendaraan itu terjadi secara luas. Tak cuma mobil massal, bahkan mobil premium pun dilaporkan memburuk dengan mencatatkan lebih banyak 13 masalah per 100 kendaraan dibanding tahun sebelumnya.

    “Dengan latar belakang berbagai tekanan persaingan dalam hal teknologi, konfigurasi, dan harga, kinerja IQS kendaraan berbahan bakar konvensional telah mengalami penurunan yang signifikan dari tahun ke tahun,” kata Elvis Yang, manajer umum praktik produk otomotif di J.D. Power China.

    Laporan tersebut menyoroti bahwa cacat desain dan cacat produksi meningkat tajam sejak tahun 2024. Keluhan tentang sistem infotainment, kursi, dan fungsi bantuan pengemudi adalah yang paling menonjol. Hal itu menggarisbawahi risiko yang ditimbulkan oleh terburu-burunya penambahan fitur digital.

    Para pemilik menyebutkan pengenalan suara yang salah, layar sentuh yang tidak responsif, dan konektivitas Bluetooth yang lemah sebagai masalah yang sering terjadi.

    Studi ini juga menunjukkan kesenjangan yang semakin lebar antara permintaan konsumen akan fitur-fitur berteknologi tinggi dan kemampuan produsen untuk memastikan keandalan.

    Survei ini mencakup tanggapan dari hampir 20.000 pembeli dari 148 model di 39 merek antara Juli 2024 dan Maret 2025. Survei di China ini sudah memasuki tahun ke-26.

    (rgr/din)

  • KPK Sita 15 Mobil Milik Anggota DPR Satori, Intip Isi Garasinya

    KPK Sita 15 Mobil Milik Anggota DPR Satori, Intip Isi Garasinya

    Jakarta

    Anggota DPR RI Satori telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebanyak 15 unit mobil milik Anggota DPR RI itu disita.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita 15 unit mobil milik satori. Mobil itu disita di kawasan Cirebon, Jawa Barat.

    “Bahwa sejak hari kemarin dan hari ini, penyidik telah melakukan penyitaan terhadap 15 kendaraan roda empat berbagai jenis milik saudara S (Satori). Penyitaan dilakukan di beberapa lokasi, sebagian dari showroom yang telah dipindahkan ke tempat lain,” ujar Juru Bicara KPK Budi Prasetyo seperti dikutip detikNews.

    “Penyidik masih akan terus menelusuri aset-aset lain yang diduga terkait atau merupakan hasil dari dugaan tindak pidana korupsi ini yang tentunya dibutuhkan dalam proses pembuktian maupun langkah awal untuk optimalisasi asset recovery,” sebutnya.

    Adapun 15 mobil yang disita KPK antara lain:

    – Fortuner 3 unit
    – Pajero 2 unit
    – Camry 1 unit
    – Brio 2 unit
    – Innova 3 unit
    – Yaris 1 unit
    – Expander 1 unit
    – HR-V 1 unit
    – Alphard 1 unit

    Isi Garasi Satori

    Di sisi lain, isi garasi Satori yang disampaikan ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tidak sampai 15 unit. Berdasarkan LHKPN yang disampaikan Satori terakhir kali pada 19 Maret 2025 untuk laporan periodik 2024, Satori hanya memiliki dua unit mobil.

    LHKPN Satori hanya mendata dua mobil, yaitu Innova dan Pajero. Nilainya tercatat hanya Rp 525 juta. Berikut isi garasi Satori berdasarkan LHKPN:

    Toyota Innova Tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 200 jutaMitsubishi Pajero Tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 325 juta.

    Total harta kekayaan Satori mencapai Rp 9.424.064.612 (Rp 9 miliaran). Itu terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, serta kas dan setara kas.

    Kasus Penyaluran Dana CSR BI dan OJK

    KPK mengumumkan tersangka dalam kasus penyaluran dana CSR BI dan (OJK). Anggota DPR RI Satori menjadi salah satu tersangka.

    Disebutkan, Komisi XI DPR memiliki kewenangan terkait penetapan anggaran untuk BI dan OJK. BI dan OJK sepakat memberikan dana program sosial kepada masing-masing anggota Komisi XI DPR RI untuk 10 kegiatan per tahun dari BI dan 18 sampai 24 kegiatan dari OJK per tahun.

    Kesepakatan itu disebut dibuat seusai rapat kerja Komisi XI DPR bersama pimpinan BI dan OJK pada November 2020, 2021, dan 2022. Rapat itu digelar tertutup.

    Dana itu diberikan kepada anggota Komisi XI DPR untuk dikelola lewat yayasan masing-masing anggota Komisi XI DPR saat itu. Penyaluran itu dibahas lebih lanjut oleh tenaga ahli masing-masing anggota Komisi XI DPR dan pelaksana dari OJK dan BI.

    Singkat cerita, uang tersebut dicairkan. KPK menduga Heri Gunawan dan Satori tidak menggunakan uang itu sesuai ketentuan.

    (rgr/din)

  • Kisah Ojol Ketemu Gibran di Istana: Dituding Rekayasa, Dibantah Aplikator

    Kisah Ojol Ketemu Gibran di Istana: Dituding Rekayasa, Dibantah Aplikator

    Jakarta

    Pertemuan delapan orang berjaket ojek online (ojol) dengan Wakil Presiden (Wapres RI) Gibran Rakabuming Raka di Istana Wapres, Jakarta Pusat sempat memicu huru-hara. Karuan saja, setelah sempat dituding rekayasa, sejumlah perusahaan aplikasi kemudian ramai-ramai meluruskan.

    Pertemuan itu digelar setelah kasus kematian Affan Kurniawan saat aksi unjuk rasa di Pejompongan, Jakarta Pusat, pekan lalu. Mitra driver yang bertemu Gibran berasal dari berbagai aplikator, mulai dari Gojek, Grab, hingga Maxim.

    Beberapa hari setelah pertemuan itu, muncul pandangan beragam dari masyarakat di Indonesia. Bahkan, perdebatan makin ramai setelah asosiasi ojol mengaku tak kenal delapan driver tersebut.

    Wapres Gibran dan perwakilan ojol Foto: Antara

    Biar lebih mudah dirunut dan dipahami, kami telah merangkum fakta-fakta mengenai pertemuan driver ojol dengan Gibran tersebut. Berikut hasil rangkumannya!

    Rangkuman 8 Ojol Ketemu Gibran

    Dituding Rekayasa

    Ketua Umum (Ketum) Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menegaskan, pertemuan delapan mitra driver dengan Gibran tak mewakili siapa-siapa, termasuk drive ojol di Indonesia. Bahkan, menurutnya, pertemuan janggal tersebut menyimpan sejumlah kecurigaan.

    “Kami dari asosiasi patut curiga, apakah pertemuan orang-orang yang menggunakan atribut ojek online dengan Wapres itu merupakan rekayasa? Apakah aspirasi (datang) dari perusahaan aplikasi, bukan dari pengemudi ojol? Itu yang kami tidak mendapat informasi dari presiden maupun wapres,” ujar Igun kepada detikOto, Selasa (2/9).

    Igun tak yakin, benarkah delapan orang yang bertemu dengan Gibran di Istana Wapres tersebut benar-benar ojol atau bukan. Sebab, dia mengaku tak pernah melihat mereka secara langsung.

    “Kami nggak tau mereka ojol atau bukan, setidaknya selama ini yang menyampaikan aspriasi kepada pemerintah kan asosiasi, namun tiba-tiba ada sekelompok ojol yang seakan-akan telah menyampaikan aspirasi. Ya mungkin itu aspirasi mereka sendiri, ntah itu pribadi atau kelompok,” tuturnya.

    Asosiasi Tak Kenal 8 Driver Ojol

    Garda Indonesia mengaku tak kenal dengan delapan mitra driver yang diundang Gibran Rakabuming Raka ke Istana Wapres. Itulah mengapa, mereka diklaim tak mewakili aspirasi ‘pasukan hijau’ di Tanah Air.

    “Tidak, Garda Indonesia tidak mengenal siapa mereka. Mereka bukan anggota kami juga,” kata Igun.

    Aplikator Klarifikasi

    Setelah muncul tudingan macam-macam, aplikator seperti Gojek dan Grab akhirnya buka suara. Mereka menegaskan, perwakilan mereka yang bertemu Gibran memang benar-benar ojol.

    “Kami ingin menegaskan bahwa Mohamad Rahman Tohir atau yang akrab disapa Cang Rahman, salah satu peserta dialog yang ramai menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini adalah benar mitra aktif Gojek sejak 2015,” demikian respons Direktur Public Affairs & Communications PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Ade Mulya.

    Senada dengan Gojek, Grab juga menegaskan, pihaknya memang mengutus perwakilan driver untuk bertemu Gibran di Istana. Sehingga, tudingan soal driver rekayasa sama sekali tak benar.

    “Kami memandang undangan ini sebagai kesempatan penting bagi para Mitra Pengemudi untuk menyampaikan pengalaman dan harapan mereka secara langsung. Kami menyadari bahwa perhatian publik terhadap pertemuan ini sangat besar, dan tidak sedikit yang mempertanyakan apakah para Mitra Pengemudi yang hadir benar-benar mewakili komunitas ojol,” kata Tirza Munusamy selaku Chief of Public Affairs, Grab Indonesia.

    (sfn/din)

  • Bayar Pajak Yamaha Nmax Neo Tahun Pertama, Kena Opsen Berapa?

    Bayar Pajak Yamaha Nmax Neo Tahun Pertama, Kena Opsen Berapa?

    Jakarta

    Yamaha Nmax Neo sudah berusia satu tahun, jangan lupa untuk membayar pajak. Ada dua komponen pajak yang dikenakan, yakni pajak kendaraan bermotor (PKB) dan juga opsen. Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak tahunan Yamaha Nmax Neo?

    Pengalaman detikOto membayar pajak tahunan Yamaha Nmax Neo, dikenakan biaya Rp 385.000. Dengan rincian besaran biaya PKB Rp 210.800 dan tarif opsen PKB yakni Rp 139.200. Selain itu ada biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ yang dikenakan, yaitu sebesar Rp 35.000.

    Oh iya, karena proses pembayaran dan pengesahannya dilakukan secara online melalui aplikasi Signal, maka ada tambahan biaya sekitar Rp 22.500 untuk pengiriman TBPKP alias tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran. Kemudian ada tambahan biaya admin sebesar Rp 10.000 untuk pembayaran melalui aplikasi Tokopedia. Jadi, total biaya yang dikeluarkan untuk membayar pajak tahun pertama Yamaha Nmax Neo adalah Rp 417.500.

    Catatan lainnya, Yamaha Nmax Neo yang dimiliki statusnya merupakan kepemilikan kendaraan pertama, jadi tidak dikenakan pajak progresif. Selain itu, plat nomor terdaftar di Kota Bekasi, Jawa Barat.

    Oh iya, sedikit mengulas opsen, merupakan skema pajak kendaraan bermotor baru yang diterapkan mulai 5 Januari tahun ini. Sederhananya, opsen adalah pungutan daerah. Opsen menggantikan mekanisme bagi hasil pajak provinsi (PKB dan BBNKB) kepada kabupaten/kota.

    Penerapan opsen ini bertujuan agar, saat wajib pajak membayar pajak provinsi kepada Pemerintah Provinsi untuk PKB dan BBNKB, seketika bagian kabupaten/kota atas pajak provinsi tersebut dapat diterima oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

    Metode pembayaran atas pajak tersebut melalui mekanisme setoran yang dipisahkan (split payment) secara langsung atau otomatis ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) provinsi untuk PKB dan BBNKB serta RKUD kabupaten/kota untuk Opsen PKB dan Opsen BBNKB-nya.

    Selain mempercepat penerimaan kabupaten/kota, penerapan skema opsen pajak daerah ini dapat meningkatkan sinergi pemungutan dan pengawasan antara Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota serta diharapkan bisa memperbaiki postur APBD kabupaten/kota yang selama ini diterima sebagai pendapatan transfer (bagi hasil pajak provinsi) dan akan menjadi PAD.

    Aturan opsen tercantum dalam Undang-undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Dalam UU tersebut, tarif opsen ditetapkan sebesar 66% dari PKB dan BBNKB terutang. Namun perlu digarisbawahi, tarif pajak induk harus diturunkan. PKB ditetapkan maksimal 1,2% untuk kendaraan pertama dan maksimal 6% untuk pajak progresif. Sementara tarif BBNKB ditetapkan paling tinggi sebesar 12%.

    (lua/din)

  • Morbidelli Perpanjang Kontrak di Pertamina Enduro VR46

    Morbidelli Perpanjang Kontrak di Pertamina Enduro VR46

    Jakarta

    Franco Morbidelli resmi memperpanjang kontrak dengan Pertamina Enduro VR46 Racing Team untuk musim MotoGP 2026. Tim asal Tavullia itu masih mempercayai Morbidelli di balik kendali Ducati Desmosedici.

    Morbidelli merupakan pebalap pertama dari VR46 Riders Academy, sekaligus pebalap pertama dari proyek tersebut yang meraih gelar Juara Dunia (Moto2 pada 2017). Setelah tujuh musim di MotoGP dengan catatan tiga kemenangan, enam podium, dan satu runner-up pada 2020, ia bergabung dengan Pertamina Enduro VR46 Racing Team di 2025.

    Bersama Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Morbidelli berhasil raih dua podium (Argentina dan Qatar) di balapan utama dan dua podium Sprint (Qatar dan Hungaria). Saat ini, Morbidelli menempati posisi keenam klasemen dunia dengan 161 poin, dengan delapan Grand Prix tersisa dalam musim ini.

    “Kami senang dapat mengonfirmasi Franco untuk musim selanjutnya. Ia langsung beradaptasi dengan tim sejak awal, membangun hubungan pribadi dan profesional sangat baik hingga menghasilkan pencapaian-pencapaian penting. Franco telah menjadi bagian dari VR46 Riders Academy sejak awal, dan melihatnya menggunakan Pertamina Enduro VR46 Racing Team memiliki makna khusus bagi kami, seolah menutup lingkaran perjalanan ini. Tahun ini, dengan dua podium di balapan utama dan dua podium lagi di Sprint, kami telah menunjukkan kemampuan kami. Pada akhir setengah musim ini dan musim berikutnya, target kami adalah tampil lebih baik lagi. Pengalamannya menjadi nilai tambah, dan bersama dengan keahlian tim serta dukungan Ducati, kami bersemangat untuk melanjutkan perjalanan ini hingga 2026,” tutur Direktur Tim Alessio Salucci.

    “Rasa cinta saya terhadap tim ini sangat dalam. Saya merasa sangat nyaman di sini dan memiliki hubungan yang luar biasa dengan setiap anggota tim. Akan menjadi sebuah kebahagiaan bisa tetap membalap bersama Pertamina Enduro VR46 Racing Team tahun depan. Ini adalah kabar istimewa yang luar biasa untuk diumumkan. Saya berharap dapat merasakan banyak momen indah lagi seperti yang sudah kami jalani tahun ini, karena kami benar-benar pantas mendapatkannya. Kami masih memiliki hampir satu setengah tahun ke depan untuk terus menunjukkan potensi besar kami. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim, kepada Vale, Uccio, dan Pablo sebagai pemimpin, para mitra, VR46 Riders Academy, dan tim saya,” timpal Morbidelli.

    Werry Prayogi selaku Direktur Utama Pertamina Lubricants menjelaskan, MotoGP bukan sekadar ajang balap, tapi panggung untuk menunjukkan semangat tangguh Indonesia di level dunia.

    “Franco Morbidelli sudah membuktikan dirinya sebagai pebalap yang konsisten dan penuh determinasi. Melihat Morbidelli kembali membela Pertamina Enduro VR46 Racing Team di musim 2026 adalah sebuah kebanggaan besar. Kami percaya bersama Franco, Diggia, dan tim VR46, kami bisa melangkah lebih jauh lagi, meraih podium demi podium, dan membawa nama Pertamina Enduro semakin dikenal di lintasan dunia,” ujar Werry.

    (lua/din)

  • Biang Kerok Polusi: Kualitas BBM di Indonesia

    Biang Kerok Polusi: Kualitas BBM di Indonesia

    Jakarta

    Polusi udara di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti di Jakarta masih tinggi. Menteri Lingkungan Hidup (LH) mengungkap biang kerok polusi udara yang tinggi.

    Menteri Lingkungan Hidup Hanif Faisol Nurofiq mengatakan, sumber polusi udara di Jakarta disumbang dari sektor transportasi, sekitar 32 persen sampai 41 persen. Sumbangan polusi udara dari sektor transportasi bahkan bisa meningkat hingga 57 persen pada musim kemarau.

    Menurut Hanif, kontribusi terbesar dari masalah polusi udara ini adalah kualitas bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Soalnya, BBM di Indonesia masih memiliki sulfur yang tinggi.

    “Dari udara yang tidak sehat di Jakarta, maka kontribusi utamanya ada di bahan bakar minyak kita. Hampir 90 persen BBM kita memiliki kandungan sulfur di atas 1.500 ppm. Padahal Euro IV hanya membolehkan 50 parts per million (ppm),” kata Hanif seperti dikutip CNBC Indonesia.

    BBM dengan sulfur rendah di Indonesia saat ini masih terbatas. Belum banyak penggunaan BBM yang rendah sulfur.

    “Apa yang memiliki kandunga sulfur yang rendah? Di antaranya untuk gasoil adalah Pertamina Dex. Ini boleh kita lihat kalau kita kemudian lihat jumlahnya itu hanya sedikit dari semua yang ada di pom-pom kita,” ujarnya.

    “Jadi BBM kita, kandungan sulfurnya di atas 1.500 ppm yang kemudian pada BBM setara Euro IV itu hanya boleh 50 ppm. Itu (BBM dengan sulfur rendah) ada di Pertamina Dex, kemudian Pertamax Turbo sama Pertamax (Green) RON 95. Di luar itu semua di atas 1.000 ppm kandungan sulufnrnya,” ungkap Hanif.

    Penggunaan BBM tinggi sulfur itu, lanjut Hanif, berdampak pada penurunan kualitas udara di Jakarta. Makanya, Hanif mendorong untuk konversi ke BBM rendah sulfur.

    “Ini kita sudah berkali-kali menuntut keberanian kita untuk mengkonversi BBM yang tinggi sulfur menjadi BBM yang rendah sulfur,” katanya.

    (rgr/din)

  • Suzuki Siapkan Mobil Serba Hitam, Diduga XL7 Terbaru

    Suzuki Siapkan Mobil Serba Hitam, Diduga XL7 Terbaru

    Jakarta

    Suzuki menyiapkan mobil baru lagi buat pasar Indonesia. Di akun media sosialnya, Suzuki Indonesia menebar teaser mobil baru yang diduga Suzuki XL7 serba hitam.

    Video teaser yang diunggah di media sosial Suzuki memperlihatkan nuansa serba gelap. Suzuki juga menuliskan keterangan video yang mengindikasikan mobil tersebut adalah edisi spesial dengan warna serba hitam.

    “The kind of black that makes you want to go b(l)ack,” tulisnya di dalam video teaser tersebut.

    Di video itu kemudian tergambar lampu belakang atau stoplamp dari mobil tersebut. Bentuk stoplamp-nya identik dengan Suzuki XL7 atau Ertiga. Namun, ada yang baru dari lampu belakang tersebut.

    Stoplamp itu mirip dengan stoplamp Maruti Suzuki XL6 facelift yang sudah meluncur lebih dulu di India. Bagian warna merah dari stoplamp hanya mengalir secara vertikal. Berbeda dengan stoplamp XL7 atau Ertiga saat ini yang bagian warna merahnya mengalir secara vertikal dan diteruskan secara horizontal di bagian bawah. Tampaknya stoplamp di mobil baru ini mengusung tampilan smoke.

    Suzuki juga menggambarkan tulisan ‘Kuro’ di video teaser tersebut. Kuro dalam bahasa Jepang berarti hitam atau gelap. Di beberapa mobil Jepang yang mendapatkan titel Kuro Edition, berarti mobil tersebut menjadi edisi khusus dengan sentuhan hitam baik di eksterior maupun interiornya.

    Selain dugaan tampilan serba hitam, sejauh ini tidak ada informasi detail mengenai mobil baru yang sedang disiapkan Suzuki tersebut. Termasuk detail mengenai tanggal peluncurannya juga belum disebutkan. Mungkin Suzuki menyiapkan edisi khusus buat XL7 atau sekalian memberikan sentuhan facelift buat mobil tersebut? Kita tunggu saja gebrakan baru dari Suzuki.

    (rgr/din)

  • Daftar Harga Mitsubishi Destinator, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Mitsubishi Destinator, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Harga Mitsubishi Destinator di awal bulan September 2025 belum berubah. Ini daftar harga Mitsubsihi Destinator terbaru.

    Memasuki awal September 2025, harga Mitsubishi Destinator masih sama dengan awal peluncuran. Dilihat detikOto dalam laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, tertulis harganya masih sama seperti pertama kali diluncurkan.

    Harga Mitsubishi Destinator September 2025

    Destinator GLS dibanderol Rp 385 juta, Exceed Rp 405 juta, dan Ultimate Rp 465 juta. Namun demikian, kalau diperhatikan, ada catatan kecil di bawah tertulis untuk harga reguler OTR Jabodetabek berbeda dengan harga di atas. Ada kenaikan sebesar Rp 10-15 juta dari harga sebelumnya.

    Harga Mitsubsihi Destinator GLS misalnya tertulis ‘Harga reguler OTR Jabodetabek Rp 395 juta’. Artinya ada perbedaan Rp 10 juta dari harga yang tertera di situs tersebut. Mitsubishi Destinator Exceed pun demikian, tertulis harga reguler OTR Jabodetabek Rp 415 juta atau selisih Rp 10 juta dibandingkan sebelumnya. Terakhir Destinator Ultimate tertulis harga reguler OTR Jabodetabeknya Rp 480 juta, selisih Rp 15 juta dari harga peluncuran.

    Harga Mitsubishi Destinator Exceed Foto: Dok. Mitsubishi MotorsHarga Mitsubishi Destinator GLS Foto: Dok. Mitsubishi MotorsHarga Mitsubishi Destinator Ultimate Foto: Dok. Mitsubishi Motors

    Saat dikonfirmasi, Mitsubishi menegaskan harga Destinator masih sama seperti peluncuran. Belum ada kenaikan sebagaimana tertulis sebagai harga OTR Jabodetabek di situs resminya.

    “Silakan mengacu di harga utama yg tertera di website karena belum ada kenaikan harga Destinator hingga saat ini,” Intan Vidiasari, GM of Marketing Communication & PR Division PT MMKSI kepada detikOto, Selasa (3/9/2025) malam.

    Sebelumnya, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Atsushi Kurita memang sudah mengungkap pihaknya bakal melakukan penyesuaian harga pada bulan September 2025. Pun di laman resmi Mitsubishi itu juga tertulis harganya hanya berlaku hingga September tanpa menyebutkan tanggal pastinya.

    “Harga ini berlaku bagi konsumen yang melakukan SPK hingga akhir September. Setelah itu akan direvisi, cuma berapanya belum bisa kita bilang karena harus melihat performa penjualan kendaraan ini hingga akhir September mendatang. Jadi ditunggu ya,” jelas Atsushi Kurita disela-sela pameran GIIAS 2025.

    Wujud Mitsubishi Destinator Ultimate yang dites oleh redaksi detikOto Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

    Mitsubishi Destinator merupakan midsize SUV terbaru dari Mitsubishi Motors yang diluncurkan secara global di Indonesia pada 17 Juli 2025. Mobil ini dikembangkan untuk pasar ASEAN termasuk Vietnam, Filipina, serta untuk Kawasan Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika. Di Indonesia, ada tiga varian Mitsubishi Destinator yang ditawarkan yaitu GLS, Exceed, dan Ultimate. Masing-masing varian memiliki keunggulan. Pertama ada varian GLS yang dilengkapi dengan fitur esensial sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari.

    Selanjutnya varian Exceed menawarkan kenyamanan dengan teknologi pintar. Destinator varian Exceed ini diklaim ideal bagi yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Terakhir ada varian Ultimate yang ditujukan bagi mereka yang mengutamakan kemewahan. Varian Ultimate ini juga dilengkapi dengan teknologi tinggi dan diklaim sebagai varian terbaik dari Destinator.

    (dry/din)

  • Bridgestone Punya Ban Truk Tangguh, Bikin Ongkos Operasional Lebih Ringan

    Bridgestone Punya Ban Truk Tangguh, Bikin Ongkos Operasional Lebih Ringan

    Jakarta

    Bridgestone Indonesia menghadirkan ban radial terbaru untuk kendaraan niaga, M858. Ban ini diklaim memiliki ketangguhan ekstra di berbagai kondisi jalan sekaligus memberikan efisiensi biaya operasional bagi pengusaha truk.

    Produk berukuran 7.50R16 123/119L ini dirancang dengan sejumlah penyempurnaan. Casing yang lebih kokoh membuat ban lebih tahan terhadap benturan, sedangkan bead konstruksi kuat menjaga stabilitas meski membawa muatan berat.

    Bridgestone Tire Indonesia luncurkan ban untuk mobil komersial, M858 Foto: dok. Bridgestone Tire Indonesia

    Tak hanya itu, umur telapak ban disebut 7% lebih panjang dibanding kompetitor, sehingga usia pakai lebih awet. Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, menyebut M858 sebagai ban yang dirancang untuk performa sekaligus efisiensi.

    “Dengan M858, kami tidak hanya menghadirkan produk dengan performa unggul dan teknologi yang dirancang untuk memastikan kelancaran operasional bisnis, tetapi juga melengkapinya dengan dukungan jaringan layanan yang luas, termasuk 26 Bridgestone Truck Tire Center (BTTC),” ujar Mukiat.

    Selain itu, Bridgestone M858 juga fleksibel digunakan di berbagai medan. Tidak hanya cocok untuk jalan beraspal, ban ini juga bisa diandalkan saat melintasi jalan tanah maupun pasir. Fleksibilitas ini membuatnya relevan untuk beragam kebutuhan usaha, dari distribusi logistik hingga transportasi komoditas di daerah.

    Keunggulan lain yang ditawarkan adalah kemampuan vulkanisir yang lebih baik. Hal ini dapat menambah masa pakai dan membantu menghemat biaya perawatan armada. Bagi pengusaha transportasi, faktor ini menjadi nilai tambah yang signifikan.

    Dengan kombinasi ketangguhan, umur pakai yang lebih panjang, serta kemampuan adaptif di berbagai medan, Bridgestone M858 diposisikan sebagai solusi praktis bagi sektor niaga yang membutuhkan ban andal namun tetap efisien dari sisi biaya operasional.

    “Sinergi antara produk berkualitas dan layanan terpercaya inilah yang menghadirkan nilai lebih bagi pelanggan dalam hal kualitas, kenyamanan, dan keselamatan,” tutup Mukiat.

    (mhg/dry)

  • Honda Mau Bikin Skutik Baru, Calon ‘Pembunuh’ Yamaha Aerox?

    Honda Mau Bikin Skutik Baru, Calon ‘Pembunuh’ Yamaha Aerox?

    Jakarta

    Honda dikabarkan sedang menyiapkan skutik baru di segmen 150 cc ke atas. Disebut-sebut, model baru ini bukan sekadar pembaruan dari lini lama, melainkan skutik sport anyar yang diproyeksikan sebagai ‘pembunuh’ Yamaha Aerox.

    Mengutip Greatbiker, ditemukan kode mesin misterius yang mirip dengan mesin 160 cc 4-katup milik Honda Click atau Vario. Tapi menariknya, mesin tersebut menggunakan kode baru yang berbeda dari kode K2S yang biasa dipakai pada Click atau ADV.

    Yamaha Aerox Alpha yang baru meluncur di Indonesia Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Bocoran lain mengungkap, skutik baru ini tak akan memakai dek rata seperti PCX atau Click, melainkan mengadopsi desain ala skutik sporty seperti Air Blade. Artinya, rangka dan strukturnya dibuat lebih kokoh, dengan roda besar, full fairing, serta posisi duduk rendah layaknya sportbike.

    Dengan mesin 160 cc yang disetel untuk tenaga maksimal dan akselerasi tinggi, banyak yang meyakini Honda tengah menyiapkan senjata baru buat melawan dominasi Aerox di segmen skutik sport.

    Honda Air Blade Foto: Dok. Honda Vietnam.

    Honda sejatinya sudah memiliki model bermesin 160 cc, seperti Click, PCX, ADV, hingga Stylo 160 yang menargetkan ceruk pasar berbeda. Tapi belum ada yang benar-benar mampu menyaingi Aerox dalam hal gaya yang full sporty. Karena itu, rumor ini menjadi masuk akal.

    Jika benar hadir dengan konsep full fairing, layar digital, roda besar, mode berkendara, serta posisi riding yang agresif, skutik anyar Honda ini bisa jadi penantang serius dan mengubah peta persaingan di kelas skutik sport 150-160 cc. Dan Yamaha Aerox pun harus bersiap-siap menyambutnya.

    (lua/dry)