Jenis Media: Otomotif

  • Tuntutan Dicuekin Pemerintah, Ojol Bakal Demo di Gedung DPR!

    Tuntutan Dicuekin Pemerintah, Ojol Bakal Demo di Gedung DPR!

    Jakarta

    Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia mengancam akan melakukan demo di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Minggu (7/9). Mereka mau protes lantaran lima tuntutan utama terkait kematian Affan Kurniawan belum digubris pemerintah!

    Ketua Umum Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono mengatakan, pemerintah belum memberikan respons soal lima tuntutan yang telah dilayangkan pekan lalu. Hal tersebut yang akhirnya memicu reaksi ‘pasukan hijau’ untuk mengepung Gedung DPR RI.

    “Saat ini pemerintah masih tutup mulut, tutup telinga dan tutup mata. Sehingga kami akan melakukan aksi lagi pada 7 September 2025 nanti. Kami menyerukan aksi kepung aplikator di Gedung DPR RI,” ujar Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, Rabu (3/9).

    Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia Igun Wicaksono Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom

    Igun menjelaskan, di hari itu, sejumlah aplikator akan memenuhi undangan pemerintah untuk berdiskusi di Gedung DPR RI. Dia mengklaim, kondisi tersebut merupakan momentum terbaik untuk melakukan protes.

    “Kami dari asosiasi tidak akan berhenti melakukan aksi sampai tuntutan kami diterima dengan baik dan dikabulkan pemerintah. Kurang ada 2 ribuan ojol yang ikut aksi demo,” ungkapnya.

    Diberitakan sebelumnya, secara umum ada lima tuntutan yang dilayangkan Garda Indonesia atas insiden kematian Affan Kurniawan. Mulai dari permintaan membentuk tim gabungan pencari fakta, hingga menghukum para pelaku.

    Berikut 5 Tuntutan Asosiasi Ojol

    1. Membentuk tim gabungan pencari fakta dan independen untuk mengusut tuntas tindakan represif yang menyebabkan hilangnya nyawa saudara Affan Kurniawan, apa pun alasannya. Aparat negara seharusnya melindungi rakyat, bukan justru menimbulkan korban jiwa.

    2. Menuntut transparansi dan akuntabilitas dari Kepolisian Republik Indonesia, terkait kronologi peristiwa yang menyebabkan saudara Affan Kurniawan meninggal dunia.

    3. Menghukum para pelaku yang lalai ataupun dengan sengaja melakukan pelindasan terhadap korban agar dapat dipertanggungjawabkan ke proses hukum secara transparan agar tragedi serupa tidak terulang kembali.

    4. Menyerukan solidaritas nasional dari seluruh pengemudi ojek online dan masyarakat sipil untuk mengawal kasus ini sampai tuntas, demi tegaknya keadilan bagi korban.

    5. Mendesak pemerintah untuk memastikan perlindungan dan jaminan keselamatan bagi seluruh pengemudi ojek online, yang setiap hari bekerja di jalanan dan rawan terjebak dalam konflik massa.

    (sfn/rgr)

  • Nggak Nyangka! Bertampang Moge, Motor Ini Cuma Punya Mesin 125 cc

    Nggak Nyangka! Bertampang Moge, Motor Ini Cuma Punya Mesin 125 cc

    Jakarta

    Pasar roda dua Malaysia kedatangan motor baru dengan tampilan ala moge, tapi ternyata hanya dibekali mesin kecil 125 cc. Motor tersebut adalah Hanway Bob125S 2025, yang resmi dijual dengan banderol RM 14.800 atau sekitar Rp 57 jutaan. Seperti apa speknya?

    Sekilas, desain Bob125S ini mirip dengan sang kakak yang bermesin moge, Hanway HD400. Bob125S mengusung gaya cruiser bobber, dilengkapi jok tunggal serta spatbor belakang yang dipangkas pendek. Secara visual, motor ini memang tampil gagah layaknya motor gede, padahal kapasitas mesinnya hanya 124 cc, atau dibulatkan jadi 125 cc.

    Hanway Bob125S Foto: Paultan

    Dikutip dari Paultan, jantung pacu Bob125S berupa mesin DOHC satu silinder, pendingin cairan, dengan empat katup. Tenaganya diklaim tembus 14,75 dk di putaran 10.000 rpm dan torsi puncak 14 Nm pada 8.000 rpm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi 6 percepatan dan sistem penggerak rantai.

    Untuk kaki-kaki, Bob125S menggunakan pelek 16 inci di depan dan belakang, dibalut ban gambot ukuran 130/90 dan 150/80. Suspensinya memakai garpu teleskopik di bagian depan dan shock ganda di belakang yang bisa diatur preload-nya.

    Hanway Bob125S Foto: Paultan

    Sektor pengereman dilengkapi cakram 300 mm di roda depan dengan kaliper piston ganda, serta cakram 255 mm di roda belakang dengan kaliper piston tunggal. Fitur modern juga sudah disematkan, mulai dari pencahayaan full LED hingga panel instrumen kombinasi analog-digital berbentuk bulat yang memuat informasi dasar berkendara.

    Bob125S memiliki bobot 165 kg. Sayangnya, Hanway tidak merilis detail mengenai kapasitas tangki bahan bakar maupun tinggi jok motor ini. Meski begitu, dengan tampilan moge dan karakter bobber, Bob125S bisa jadi opsi menarik bagi pengendara yang ingin tampil beda, namun tetap ramah untuk pemula berkat mesin yang mungil.

    (lua/rgr)

  • Penjualan Mobil China Ini Meroket 316 Persen

    Penjualan Mobil China Ini Meroket 316 Persen

    Jakarta

    Merek asal China sudah menarik perhatian orang Indonesia. Great Wall Motor (GWM), merek mobil asal China yang tergolong baru berjualan di sini, sudah bisa meningkatkan penjualan hingga 316 persen.

    GWM Indonesia menyebut pada Agustus 2025 berhasil membukukan 241 unit wholesales (distribusi pabrik ke dealer). GWM Indonesia mengklaim angka tersebut meningkat 316 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Sebagai pembanding, berdasarkan data Gaikindo periode Agustus, GWM mendistribusikan Tank sebanyak 51 unit, Haval sejumlah 7 unit.

    Sementara untuk retail sales (distribusi dealer ke konsumen) mencatatkan angka 210 unit. GWM Indonesia menyebut capaian itu tumbuh 218 persen secara year on year.

    Pencapaian ini menjadi kelanjutan dari kesuksesan GWM saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 pada 24 Juli hingga 3 Agustus 2025 lalu, di mana GWM membukukan 578 pemesanan kendaraan, atau tumbuh 225% dibanding pameran sama tahun sebelumnya. Dua model terbaru, SUV Tank 300 Diesel Turbo dan Mobil Listrik ORA 03, menjadi kontributor utama pemesanan tersebut.

    “Terlepas dari berbagai tantangan, kami senang telah membangun momentum kuat di Indonesia. Kesuksesan Mobil Listrik ORA 03 dan SUV Tank 300 Diesel Turbo menunjukkan sambutan yang positif dari konsumen Tanah Air,” kata Bagus Susanto, CEO GWM Indonesia dalam keterangannya, Rabu (3/8/2025).

    Spek mobil yang jadi kontribusi utama GWM

    SUV Tank 300 Diesel Turbo ditenagai mesin 2.4L Diesel Turbo berteknologi Variable Geometry Turbocharger (VGT) elektronik yang menghasilkan 135 kW pada 3.600 RPM serta torsi puncak 480 Nm pada 1.500-2.500 RPM. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 9-percepatan hasil pengembangan GWM, yang memberikan efisiensi maksimal dengan konsumsi bahan bakar 8 liter per 100 km (berdasarkan uji internal di jalanan Indonesia). Harga SUV Tank 300 Diesel Turbo (OTR Jakarta):

    Rp 658.000.000 untuk varian 4x4Rp598.000.000 untuk varian 4×2

    Sementara itu, mobil listrik berdesain retro-futuristik ORA 03 memadukan gaya ekspresif dengan teknologi berkendara cerdas. Tampilan ikoniknya diperkuat dengan siluet membulat dan detail khas seperti Cat’s Eye Headlights, Flowing Water Light Curtain Taillights, automatic sunroof dan sporty alloy wheel 18 inches.

    Dengan jarak tempuh hingga 410 km per pengisian daya dan konsumsi listrik hanya 13,1 kWh/100 km, hanya membutuhkan biaya operasional di kisaran Rp22.000-Rp39.000 per 100 km – lebih hemat hingga 58% dibanding kendaraan konvensional sekelasnya. Mobil Listrik ORA 03 dipasarkan dengan harga Rp379.000.000 (OTR Jakarta).

    (riar/rgr)

  • Honda Umumkan Masa Depan Luca Marini

    Honda Umumkan Masa Depan Luca Marini

    Jakarta

    Honda Racing Corporation (HRC) mengumumkan masa depan Luca Marini. Adik tiri Valentino Rossi itu dipastikan masih akan menggeber Honda RC213V hingga 2026.

    HRC secara resmi mengumumkan bahwa Luca Marini akan tetap menjadi pembalap tim pabrikan Honda HRC Castrol untuk kejuaraan dunia MotoGP musim 2026. Keputusan ini datang setelah performa impresif pembalap asal Italia tersebut sepanjang musim 2025.

    Musim ini, Marini telah menunjukkan kemajuan signifikan di atas motor Honda RC213V. Marini berhasil mencetak poin di setiap Grand Prix yang diikutinya. Perolehan poinnya pun meningkat drastis, lebih dari tiga kali lipat dari total poin yang ia kumpulkan sepanjang musim 2024.

    Saat ini Marini mengemas 72 poin dari 14 balapan yang sudah berjalan pada musim 2025. Sementara tahun lalu, sepanjang 2024 dia cuma bisa mengumpulkan 14 poin.

    Pencapaian terbaiknya hingga saat ini adalah finis di posisi kelima pada Grand Prix Hungaria, hasil yang menjadi bukti nyata dari perkembangan tim dan pebalap. Performa positif ini menjadi alasan kuat bagi HRC untuk melanjutkan kerja sama dengan Marini.

    “Saya sangat gembira mengumumkan hal ini dan tetap bersama Honda HRC. Kami baru saja menyelesaikan beberapa detail terakhir, dan baik manajemen HRC maupun saya sudah sepakat mengenai masa depan sejak beberapa waktu lalu. Saya sepenuhnya berinvestasi dalam proyek ini dan bertekad untuk membantu Honda kembali ke barisan depan di Kejuaraan Dunia MotoGP,” kata Marini dari keterangan resmi HRC.

    “Kami senang bisa melanjutkan kerja sama dengan Luca untuk satu tahun lagi. Dia telah menunjukkan tingkat profesionalisme dan dedikasi yang tinggi. Luca dikenal sebagai pebalap yang analitis dan pekerja keras luar biasa, sebuah aset berharga bagi setiap proyek MotoGP. Umpan balik dari Luca sangat jelas dan tepat, dan telah sangat berguna bagi para insinyur Honda HRC dalam melanjutkan pengembangan Honda RC213V selama satu setengah musim terakhir,” ujar General Manager HRC, Taichi Honda.

    (riar/rgr)

  • Johann Zarco Jadi Pebalap MotoGP Pertama yang Dipastikan Ikut Era Mesin 850 cc

    Johann Zarco Jadi Pebalap MotoGP Pertama yang Dipastikan Ikut Era Mesin 850 cc

    Jakarta

    Johann Zarco menjadi pebalap MotoGP pertama yang dipastikan ikut era mesin baru MotoGP 850 cc. Diketahui Zarco baru saja memperpanjang kontrak dengan tim satelit Honda LCR hingga 2027. Dan tahun 2027 merupakan masa di mana regulasi MotoGP berubah secara besar-besaran, termasuk kapasitas mesin yang makin menyusut.

    “Jika Anda adalah pabrikan yang sedang berkembang dan memasuki era baru, Anda akan memerlukan stabilitas. Dan saya pikir, Honda bakal menggunakan Zarco sebagai jangkar untuk menyegarkan kedua sisinya,” ungkap pengamat MotoGP, Lewis Duncan, dikutip dari Crash.

    Sebagian besar kontrak pebalap MotoGP habis di akhir musim 2025 atau di akhir musim 2026. Sampai berita ini ditulis, Zarco menjadi satu-satunya pebalap yang memiliki kontrak hingga tahun 2027. Artinya, Zarco jadi pebalap pertama MotoGP yang memastikan diri mengikuti era baru MotoGP 2027 dengan banyaknya perubahan regulasi.

    Sebagai informasi, pada 2024 lalu Dorna telah mengumumkan regulasi anyar yang akan hadir di MotoGP 2027. Salah satunya adalah kapasitas mesin yang diturunkan dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

    Tujuan pengurangan kapasitas mesin itu adalah untuk membuat olahraga otomotif ini aman buat para pebalapnya. Jadi pengurangan kapasitas mesin itu akan membuat top speed motor berkurang. Selain menjadikan motor lebih aman, jarak tempuh motor juga bisa meningkat, sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.

    Tak hanya kapasitas mesin yang dikurangi, jumlah maksimal mesin satu tim untuk satu musim juga dikurangi, dari tujuh menjadi enam. Kemudian bahan bakar yang dipakai juga 100% non-fosil. Angka itu meningkat dari jumlah minimal 40% sejak 2024.

    Berbarengan dengan perubahan bahan bakar, kapasitas tangki bahan bakar juga akan dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pebalap diperbolehkan memakai 11 liter selama balap sprint.

    Hal lain yang diubah adalah sistem aerodinamika. Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol lebih ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan meminimalkan dampak negatifnya.

    Dalam aturan baru, lebar bagian atas fairing depan akan lebih sempit 50 mm dan hidung akan didorong ke belakang 50 mm, sehingga mengurangi efek aero di area penting, terutama di jalan lurus dan area pengereman. Perubahan ini diyakini akan menciptakan balapan yang lebih ketat, dengan lebih banyak aksi menyalip.

    Sementara di bagian belakang, aero belakang atau lazim disebut sebagai Stegosaurus akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim.

    (lua/rgr)

  • Tampang Supercar Buatan Malaysia yang Harganya Rp 8,5 Miliar

    Tampang Supercar Buatan Malaysia yang Harganya Rp 8,5 Miliar

    FotoOto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Rabu, 03 Sep 2025 12:34 WIB

    Jakarta – Setelah dinantikan sejak lama, supercar Malaysia bernama Bufori CS8 akhirnya meluncur. Kendaraan itu dibanderol 2,18 juta ringgit atau sekira Rp 8,5 miliar!

  • Dampak Perang Harga Mobil di China: Kualitas Turun!

    Dampak Perang Harga Mobil di China: Kualitas Turun!

    Jakarta

    Pabrikan mobil di China menerapkan strategi ‘perang harga’. Pabrikan otomotif di sana melakukan penurunan harga gila-gilaan. Bahkan, harga mobil baru bisa jauh lebih murah dibanding harga mobil yang dirilis sebelumnya. Namun, ada dampak negatif yang muncul dari strategi perang harga itu.

    Berdasarkan survei J.D. Power, kualitas mobil berbahan bakar bensin di China menurun selama dua tahun berturut-turut. Hal itu dipercaya karena dipicu persaingan harga yang semakin ketat memaksa produsen mobil mengambil jalan pintas.

    Studi China Initial Quality (IQS) 2025 yang diterbitkan J.D. Power menunjukkan, masalah yang dilaporkan pemilik kendaraan meningkat menjadi 229 masalah per 100 kendaraan. Angka itu naik 17 masalah dari tahun 2024.

    Diberitakan China Daily, meningkatnya masalah pada kendaraan itu terjadi secara luas. Tak cuma mobil massal, bahkan mobil premium pun dilaporkan memburuk dengan mencatatkan lebih banyak 13 masalah per 100 kendaraan dibanding tahun sebelumnya.

    “Dengan latar belakang berbagai tekanan persaingan dalam hal teknologi, konfigurasi, dan harga, kinerja IQS kendaraan berbahan bakar konvensional telah mengalami penurunan yang signifikan dari tahun ke tahun,” kata Elvis Yang, manajer umum praktik produk otomotif di J.D. Power China.

    Laporan tersebut menyoroti bahwa cacat desain dan cacat produksi meningkat tajam sejak tahun 2024. Keluhan tentang sistem infotainment, kursi, dan fungsi bantuan pengemudi adalah yang paling menonjol. Hal itu menggarisbawahi risiko yang ditimbulkan oleh terburu-burunya penambahan fitur digital.

    Para pemilik menyebutkan pengenalan suara yang salah, layar sentuh yang tidak responsif, dan konektivitas Bluetooth yang lemah sebagai masalah yang sering terjadi.

    Studi ini juga menunjukkan kesenjangan yang semakin lebar antara permintaan konsumen akan fitur-fitur berteknologi tinggi dan kemampuan produsen untuk memastikan keandalan.

    Survei ini mencakup tanggapan dari hampir 20.000 pembeli dari 148 model di 39 merek antara Juli 2024 dan Maret 2025. Survei di China ini sudah memasuki tahun ke-26.

    (rgr/din)

  • KPK Sita 15 Mobil Milik Anggota DPR Satori, Intip Isi Garasinya

    KPK Sita 15 Mobil Milik Anggota DPR Satori, Intip Isi Garasinya

    Jakarta

    Anggota DPR RI Satori telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebanyak 15 unit mobil milik Anggota DPR RI itu disita.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita 15 unit mobil milik satori. Mobil itu disita di kawasan Cirebon, Jawa Barat.

    “Bahwa sejak hari kemarin dan hari ini, penyidik telah melakukan penyitaan terhadap 15 kendaraan roda empat berbagai jenis milik saudara S (Satori). Penyitaan dilakukan di beberapa lokasi, sebagian dari showroom yang telah dipindahkan ke tempat lain,” ujar Juru Bicara KPK Budi Prasetyo seperti dikutip detikNews.

    “Penyidik masih akan terus menelusuri aset-aset lain yang diduga terkait atau merupakan hasil dari dugaan tindak pidana korupsi ini yang tentunya dibutuhkan dalam proses pembuktian maupun langkah awal untuk optimalisasi asset recovery,” sebutnya.

    Adapun 15 mobil yang disita KPK antara lain:

    – Fortuner 3 unit
    – Pajero 2 unit
    – Camry 1 unit
    – Brio 2 unit
    – Innova 3 unit
    – Yaris 1 unit
    – Expander 1 unit
    – HR-V 1 unit
    – Alphard 1 unit

    Isi Garasi Satori

    Di sisi lain, isi garasi Satori yang disampaikan ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tidak sampai 15 unit. Berdasarkan LHKPN yang disampaikan Satori terakhir kali pada 19 Maret 2025 untuk laporan periodik 2024, Satori hanya memiliki dua unit mobil.

    LHKPN Satori hanya mendata dua mobil, yaitu Innova dan Pajero. Nilainya tercatat hanya Rp 525 juta. Berikut isi garasi Satori berdasarkan LHKPN:

    Toyota Innova Tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 200 jutaMitsubishi Pajero Tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 325 juta.

    Total harta kekayaan Satori mencapai Rp 9.424.064.612 (Rp 9 miliaran). Itu terdiri dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, serta kas dan setara kas.

    Kasus Penyaluran Dana CSR BI dan OJK

    KPK mengumumkan tersangka dalam kasus penyaluran dana CSR BI dan (OJK). Anggota DPR RI Satori menjadi salah satu tersangka.

    Disebutkan, Komisi XI DPR memiliki kewenangan terkait penetapan anggaran untuk BI dan OJK. BI dan OJK sepakat memberikan dana program sosial kepada masing-masing anggota Komisi XI DPR RI untuk 10 kegiatan per tahun dari BI dan 18 sampai 24 kegiatan dari OJK per tahun.

    Kesepakatan itu disebut dibuat seusai rapat kerja Komisi XI DPR bersama pimpinan BI dan OJK pada November 2020, 2021, dan 2022. Rapat itu digelar tertutup.

    Dana itu diberikan kepada anggota Komisi XI DPR untuk dikelola lewat yayasan masing-masing anggota Komisi XI DPR saat itu. Penyaluran itu dibahas lebih lanjut oleh tenaga ahli masing-masing anggota Komisi XI DPR dan pelaksana dari OJK dan BI.

    Singkat cerita, uang tersebut dicairkan. KPK menduga Heri Gunawan dan Satori tidak menggunakan uang itu sesuai ketentuan.

    (rgr/din)

  • Kisah Ojol Ketemu Gibran di Istana: Dituding Rekayasa, Dibantah Aplikator

    Kisah Ojol Ketemu Gibran di Istana: Dituding Rekayasa, Dibantah Aplikator

    Jakarta

    Pertemuan delapan orang berjaket ojek online (ojol) dengan Wakil Presiden (Wapres RI) Gibran Rakabuming Raka di Istana Wapres, Jakarta Pusat sempat memicu huru-hara. Karuan saja, setelah sempat dituding rekayasa, sejumlah perusahaan aplikasi kemudian ramai-ramai meluruskan.

    Pertemuan itu digelar setelah kasus kematian Affan Kurniawan saat aksi unjuk rasa di Pejompongan, Jakarta Pusat, pekan lalu. Mitra driver yang bertemu Gibran berasal dari berbagai aplikator, mulai dari Gojek, Grab, hingga Maxim.

    Beberapa hari setelah pertemuan itu, muncul pandangan beragam dari masyarakat di Indonesia. Bahkan, perdebatan makin ramai setelah asosiasi ojol mengaku tak kenal delapan driver tersebut.

    Wapres Gibran dan perwakilan ojol Foto: Antara

    Biar lebih mudah dirunut dan dipahami, kami telah merangkum fakta-fakta mengenai pertemuan driver ojol dengan Gibran tersebut. Berikut hasil rangkumannya!

    Rangkuman 8 Ojol Ketemu Gibran

    Dituding Rekayasa

    Ketua Umum (Ketum) Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menegaskan, pertemuan delapan mitra driver dengan Gibran tak mewakili siapa-siapa, termasuk drive ojol di Indonesia. Bahkan, menurutnya, pertemuan janggal tersebut menyimpan sejumlah kecurigaan.

    “Kami dari asosiasi patut curiga, apakah pertemuan orang-orang yang menggunakan atribut ojek online dengan Wapres itu merupakan rekayasa? Apakah aspirasi (datang) dari perusahaan aplikasi, bukan dari pengemudi ojol? Itu yang kami tidak mendapat informasi dari presiden maupun wapres,” ujar Igun kepada detikOto, Selasa (2/9).

    Igun tak yakin, benarkah delapan orang yang bertemu dengan Gibran di Istana Wapres tersebut benar-benar ojol atau bukan. Sebab, dia mengaku tak pernah melihat mereka secara langsung.

    “Kami nggak tau mereka ojol atau bukan, setidaknya selama ini yang menyampaikan aspriasi kepada pemerintah kan asosiasi, namun tiba-tiba ada sekelompok ojol yang seakan-akan telah menyampaikan aspirasi. Ya mungkin itu aspirasi mereka sendiri, ntah itu pribadi atau kelompok,” tuturnya.

    Asosiasi Tak Kenal 8 Driver Ojol

    Garda Indonesia mengaku tak kenal dengan delapan mitra driver yang diundang Gibran Rakabuming Raka ke Istana Wapres. Itulah mengapa, mereka diklaim tak mewakili aspirasi ‘pasukan hijau’ di Tanah Air.

    “Tidak, Garda Indonesia tidak mengenal siapa mereka. Mereka bukan anggota kami juga,” kata Igun.

    Aplikator Klarifikasi

    Setelah muncul tudingan macam-macam, aplikator seperti Gojek dan Grab akhirnya buka suara. Mereka menegaskan, perwakilan mereka yang bertemu Gibran memang benar-benar ojol.

    “Kami ingin menegaskan bahwa Mohamad Rahman Tohir atau yang akrab disapa Cang Rahman, salah satu peserta dialog yang ramai menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini adalah benar mitra aktif Gojek sejak 2015,” demikian respons Direktur Public Affairs & Communications PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Ade Mulya.

    Senada dengan Gojek, Grab juga menegaskan, pihaknya memang mengutus perwakilan driver untuk bertemu Gibran di Istana. Sehingga, tudingan soal driver rekayasa sama sekali tak benar.

    “Kami memandang undangan ini sebagai kesempatan penting bagi para Mitra Pengemudi untuk menyampaikan pengalaman dan harapan mereka secara langsung. Kami menyadari bahwa perhatian publik terhadap pertemuan ini sangat besar, dan tidak sedikit yang mempertanyakan apakah para Mitra Pengemudi yang hadir benar-benar mewakili komunitas ojol,” kata Tirza Munusamy selaku Chief of Public Affairs, Grab Indonesia.

    (sfn/din)

  • Bayar Pajak Yamaha Nmax Neo Tahun Pertama, Kena Opsen Berapa?

    Bayar Pajak Yamaha Nmax Neo Tahun Pertama, Kena Opsen Berapa?

    Jakarta

    Yamaha Nmax Neo sudah berusia satu tahun, jangan lupa untuk membayar pajak. Ada dua komponen pajak yang dikenakan, yakni pajak kendaraan bermotor (PKB) dan juga opsen. Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak tahunan Yamaha Nmax Neo?

    Pengalaman detikOto membayar pajak tahunan Yamaha Nmax Neo, dikenakan biaya Rp 385.000. Dengan rincian besaran biaya PKB Rp 210.800 dan tarif opsen PKB yakni Rp 139.200. Selain itu ada biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ yang dikenakan, yaitu sebesar Rp 35.000.

    Oh iya, karena proses pembayaran dan pengesahannya dilakukan secara online melalui aplikasi Signal, maka ada tambahan biaya sekitar Rp 22.500 untuk pengiriman TBPKP alias tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran. Kemudian ada tambahan biaya admin sebesar Rp 10.000 untuk pembayaran melalui aplikasi Tokopedia. Jadi, total biaya yang dikeluarkan untuk membayar pajak tahun pertama Yamaha Nmax Neo adalah Rp 417.500.

    Catatan lainnya, Yamaha Nmax Neo yang dimiliki statusnya merupakan kepemilikan kendaraan pertama, jadi tidak dikenakan pajak progresif. Selain itu, plat nomor terdaftar di Kota Bekasi, Jawa Barat.

    Oh iya, sedikit mengulas opsen, merupakan skema pajak kendaraan bermotor baru yang diterapkan mulai 5 Januari tahun ini. Sederhananya, opsen adalah pungutan daerah. Opsen menggantikan mekanisme bagi hasil pajak provinsi (PKB dan BBNKB) kepada kabupaten/kota.

    Penerapan opsen ini bertujuan agar, saat wajib pajak membayar pajak provinsi kepada Pemerintah Provinsi untuk PKB dan BBNKB, seketika bagian kabupaten/kota atas pajak provinsi tersebut dapat diterima oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

    Metode pembayaran atas pajak tersebut melalui mekanisme setoran yang dipisahkan (split payment) secara langsung atau otomatis ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) provinsi untuk PKB dan BBNKB serta RKUD kabupaten/kota untuk Opsen PKB dan Opsen BBNKB-nya.

    Selain mempercepat penerimaan kabupaten/kota, penerapan skema opsen pajak daerah ini dapat meningkatkan sinergi pemungutan dan pengawasan antara Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota serta diharapkan bisa memperbaiki postur APBD kabupaten/kota yang selama ini diterima sebagai pendapatan transfer (bagi hasil pajak provinsi) dan akan menjadi PAD.

    Aturan opsen tercantum dalam Undang-undang No. 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Dalam UU tersebut, tarif opsen ditetapkan sebesar 66% dari PKB dan BBNKB terutang. Namun perlu digarisbawahi, tarif pajak induk harus diturunkan. PKB ditetapkan maksimal 1,2% untuk kendaraan pertama dan maksimal 6% untuk pajak progresif. Sementara tarif BBNKB ditetapkan paling tinggi sebesar 12%.

    (lua/din)