Jenis Media: Otomotif

  • SUV Baru Suzuki Victoris Meluncur, Pakai Mesin Strong Hybrid

    SUV Baru Suzuki Victoris Meluncur, Pakai Mesin Strong Hybrid

    Jakarta

    Maruti Suzuki di India resmi meluncurkan SUV hybrid terbaru, Suzuki Victoris. Mobil Suzuki terbaru ini kini sudah ada yang mendapatkan pilihan strong hybrid.

    Dikutip dari siaran persnya, Suzuki Victoris memadukan teknologi hyper-connected, keamanan menyeluruh, desain futuristik dan ramping, serta performa memukau untuk sebuah SUV.

    Suzuki Victoris di India tersedia pilihan mesin Strong Hybrid, Allgrip Select (4×4), bahkan ada mesin berbahan bakar gas S-CNG.

    Dari segi desain, Suzuki Victoris tampak modern. Mobil ini menghadirkan profil yang dengan garis-garis tajam, memberikan karakter mencolok yang terinspirasi oleh performa. Velg alloy dengan desain aero memberikan sentuhan gaya pada tampilan ramping Victoris. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof dengan area bukaan besar dan mekanisme geser ganda sehingga memberikan kesan lapang di dalam kabin.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Tampilan depan yang progresif dan modern dilengkapi dengan lampu depan proyektor LED dengan DRL LED. Di bagian belakang tak kalah modern. Suzuki Victoris menghadirkan lampu belakang LED yang menyambung secara horizontal.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Beralih ke interior, Suzuki Victoris memiliki dasbor tiga lapis yang disempurnakan oleh tata letaknya yang lebar dan luas. Dasbornya dibuat dengan desain modern dan mewah. Tersedia interior dua warna, hitam dan ivory. Pelapis jok bertekstur dan aksen piano hitam yang elegan menambah pengalaman premium di dalam kabin.

    Suzuki Victoris menawarkan instrument cluster digital berukuran 10,25 inci. Sistem infotainment SmartPlay Pro X layar sentuh itu bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto secara nirkabel. Untuk memanjakan penumpangnya, Suzuki membenamkan 8 speaker premium Infinity by Harman, terintegrasi dengan Dolby Atmos 5.1 Surround Sound.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Kabin Suzuki Victoris dilengkapi sistem ambient light dengan lampu latar 64 warna yang dapat disesuaikan. Selain itu, ada Suzuki Connect generasi terbaru dengan lebih dari 60 fitur terhubung, termasuk E-Call, pemberitahuan perawatan, status rem parkir, Navigasi Suzuki dengan fitur ‘Kirim Perjalanan ke Mobil’. Konsol tengah memiliki desain ramping dengan layar AC yang terintegrasi ke dalam layar sentuh infotainment SmartPlay Pro X.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Suzuki Victoris memiliki fitur ADAS Level 2. Terdapat lebih dari 10 fitur bantuan pengemudi cerdas. Beberapa di antaranya adalah Automatic Emergency Brake, Adaptive Cruise Control with Curve Speed Reduction, Lane Keep Assist, High Beam Assist, Rear Cross traffic Alert, hingga Blind Spot Monitor with Lane Change Alert. Selain itu, tersedia juga enam buah airbag sebagai fitur standar.

    Fitur keamanan lainnya, Suzuki Victoris dilengkapi dengan rem cakram di semua rodanya. Ada juga Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Auto 360 view camera activation dengan sensor parkir depan-belakang, hingga electronic parking brake with brake hold.

    Suzuki menyediakan beberapa pilihan mesin buat Suzuki Victoris. Pertama adalah mesin K-Series 1.5L Dual Jet Dual VVT berkapasitas 1.462 cc. Mesin itu memiliki tenaga 103,06 PS @ 6.000 rpm dengan torsi maksimalnya 139 Nm @ 4.300 rpm. Tersedia pilihan transmisi manual, otomatis, Allgrip AT, dan manual S-CNG.

    Selain itu, Suzuki juga menyediakan pilihan mesin 1.5 Strong Hybrid. Suzuki Victoris dengan mesin hybrid itu memiliki kapasitas 1.490 cc dengan tenaga 92,45 PS @ 5.500 rpm dan torsi maksimal 122 Nm @ 3.800-4.800 rpm. Khusus tipe hybrid, Suzuki memasangkan mesinnya dengan transmisi e-CVT. Di dalamnya ada tiga mode berkendara, yaitu Eco, Power dan Normal.

    Suzuki belum merilis harga dari Victoris. Namun disebutkan, konsumen sudah bisa booking mobil ini dengan uang 11.000 rupee (Rp 2 jutaan).

    (rgr/dry)

  • Malaysia Sahkan UU Perlindungan Ojol, Indonesia Harusnya Bisa Tiru!

    Malaysia Sahkan UU Perlindungan Ojol, Indonesia Harusnya Bisa Tiru!

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia melalui Dewan Rakyat telah meresmikan Undang-undang (UU) Pekerja Gig yang memberikan perlindungan hukum kepada mitra perusahaan seperti driver ojol dan kurir. Lantas, kapan Indonesia mampu dan mau mengikuti jejak tersebut?

    Ketua Umum asosiasi ojol Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono menegaskan, keputusan Pemerintah Malaysia menerbitkan UU Pekerja Gig membuktikan kepedulian mereka terhadap pekerja lepas seperti ojol. Menurutnya, untuk hal ini, mereka lebih unggul dari Indonesia.

    “Artinya pihak pemerintah Malaysia lebih peduli terhadap perlindungan ojol ketimbang pemerintah Indonesia yang kami nilai lambat dan tidak responsif terhadap aspirasi atau keinginan driver ojol,” ujar Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, Kamis (4/9).

    Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia Igun Wicaksono Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom

    Berbeda dengan Malaysia, driver ojol di Indonesia telah melakukan aksi berjilid-jilid untuk mendapat kepastian hukum dari pemerintah. Namun, hingga sekarang, tuntutan tersebut belum benar-benar dikabulkan.

    Sebenarnya, penyelenggaraan bisnis transportasi online di Indonesia merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 117 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek sebagaimana telah diubah dengan Permenhub Nomor 16 Tahun 2019.

    Kemudian, Permenhub Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus sebagaimana telah diubah dengan Permenhub No. 17 Tahun 2019; dan Permenhub Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

    Meski begitu, landasan hukum transportasi online yang hanya diatur melalui Permenhub dianggap kurang memiliki kekuatan hukum, karena angkutan orang dan barang secara konvensional diatur melalui peraturan yang lebih tinggi, yakni UU LLAJ dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

    Itulah mengapa, Igun meminta pemerintah Indonesia mau meniru atau mencontoh langkah Malaysia. Hal tersebut untuk membuktikan kepedulian mereka terhadap ‘pasukan hijau’ di Tanah Air.

    “Kebijakan itu sepatutnya dicontoh Indonesia. Pertanyaannya, perusahaan Indonesia lebih pro terhadap perusahaan aplikasi atau lebih pro kepada rakyat Indonesia sebagai pengemudi ojol?” ungkapnya.

    Kurir Grab di Malaysia. Foto: Doc. The Star

    Diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia, Datuk Anwar Ibrahim mengumumkan pengesahan UU Gig yang memberikan perlindungan hukum terhadap driver ojol, kurir dan pekerja lepas lain.

    “Ini adalah kemenangan bagi pekerja lepas, sejalan dengan semangat kemerdekaan yang kita rayakan, membebaskan mereka dari tekanan dan memenuhi tuntutan mereka, yang telah kami janjikan untuk penuhi,” kata Anwar dalam keterangannya.

    “Meski proses legislasinya rumit dan menghadapi berbagai keberatan, saya bersyukur bahwa aspirasi para pekerja lepas, termasuk pengemudi online, pengantar makanan, dan mereka yang bekerja menggunakan platform digital tak hanya didengar, tapi juga ditindaklanjuti,” tambahnya.

    Dengan diterbitkannya aturan tersebut, pekerja lepas atau mitra perusahaan seperti ojol dan kurir mendapat perlindungan hukum. Bahkan, menurut CNN Indonesia, mereka mendapat sejumlah benefit atau manfaat yang sebelumnya tak pernah mereka terima.

    Benefit yang Diterima Ojol-Kurir Malaysia

    Penghasilan lebih jelas

    Dalam undang-undang itu, semua platform dan perusahaan yang melibatkan pekerja lepas termasuk Grab dan Foodpedia harus menyediakan kontrak secara jelas, merinci standar minimum pembayaran hingga pengaturan kerja.

    Dilarang ubah tarif

    Untuk mengekang praktik tak adil, UU tersebut melarang perubahan tarif sepihak, penonaktifan akun secara sewenang-wenang dan pembatasan pekerjaan multi platform.

    Asuransi hingga aturan PHK jelas

    Menurut UU itu pula, perusahaan yang melibatkan pekerja lepas seperti mereka harus memberi asuransi dan memiliki prosedur terkait pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Bentuk pengadilan pekerja gig

    Tak cuma itu, UU tersebut juga membentuk Pengadilan Pekerja Gig yang berwenang menyelesaikan perselisihan dan memerintahkan penyelesaian seperti pemulihan jabatan, kompensasi, atau pembayaran upah yang belum dibayar.

    Pengemudi ojol bisa ditangguhkan secara sepihak oleh platform jika dianggap melanggar aturan.

    “Untuk pertama kalinya, pekerja akan memiliki hak untuk didengar sebelum adanya penangguhan,” kata Steven Sim Chee Keong selaku Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia.

    “Jika terbukti tidak bersalah, mereka akan diberi kompensasi setengah dari pendapatan harian rata-rata mereka, sebuah perlindungan yang sebelumnya tidak tersedia,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Putin Semobil Bareng Kim Jong Un di China, Naik Limosin Mewah Ini

    Putin Semobil Bareng Kim Jong Un di China, Naik Limosin Mewah Ini

    Jakarta

    Vladimir Putin dan Kim Jong Un sempat semobil saat di China. Keduanya terlihat naik limosin mewah buatan Rusia bernama Aurus Senat.

    Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Petinggi Korea Utara Kim Jong Un usai menghadiri parade militer di China. Disela-sela pertemuan itu, keduanya sempat berada dalam satu mobil. Dalam video yang beredar di media sosial, baik Putin maupun Kim Jong Un saling mempersilakan untuk naik mobil lebih dahulu.

    Pada akhirnya Putin masuk ke mobil lebih dulu dari pintu kanan belakang. Kim Jong Un menyusul setelahnya, naik dari pintu belakang kiri. Terlihat mobil yang ditumpangi itu adalah Aurus Senat. Sebagaimana terlihat jelas emblem di bagian tengah bertuliskan ‘Aurus’ dan di sisi kanan bodi belakang mobil ada tulisan ‘Senat’.

    Bagi yang belum tahu, Aurus Senat merupakan mobil kepresidenan Rusia. Mobil ini kerap menemani Putin saat berdinas di dalam negeri ataupun di luar negeri. Kim Jong Un pun tampaknya sudah tak asing lagi dengan limosin mewah Rusia. Sebab, Kim Jong Un memiliki satu unit Aurus Senat hadiah dari Putin pada tahun 2024.

    Aurus, yang berkantor pusat di Moskow, telah memasok limosin lapis baja kepada Putin sejak 2018. Senat Aurus adalah proyek prestise bagi Kremlin, di tengah upaya untuk mengurangi ketergantungan impor barang produksi dan teknologi pada Barat setelah Rusia dikenai sanksi pada tahun 2014.

    Aurus Senat merupakan mobil yang digarap Rusia terinspirasi dari produsen mobil mewah asal Inggris Rolls-Royce. Bisa dilihat dari fascia depannya sangat identik dengan Rolls-Royce.

    Spesifikasi Aurus Senat

    Mobil ini juga biasa dijuluki ‘benteng berjalan’ berkat bobotnya yang diperkirakan mencapai tujuh ton dan panjang hampir tujuh meter. Beberapa fitur ‘benteng berjalan’ untuk melindungi Putin di antaranya dapat menahan ledakan, tembakan, dan serangan gas kimia. Senat Aurus juga dibekali komunikasi canggih, yang menjadikannya pusat komando di dalam mobil.

    Di balik bonetnya, Aurus Senat mengusung mesin 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid yang dikembangkan bekerja sama dengan Porsche, menghasilkan 590 HP dan torsi 649 lb-ft (880 Nm) yang disalurkan ke seluruh rodanya.

    Mesin itu dipasangkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan. Berkat mesin itu, akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 6 detik dan puncak kecepatan mencapai 250 km/jam.

    Adapun soal fitur, dipercaya mobil ini dapat menahan ledakan, tembakan, dan serangan gas kimia. Aurus Senat juga dibekali komunikasi canggih, yang menjadikannya pusat komando di dalam mobil.

    Akses keluar masuk juga lebih mudah karena ukuran pintu yang besar. Aurus Senat itu juga disebut memiliki pintu darurat di bagian belakang dan bisa digunakan penumpang keluar saat situasi genting.

    (dry/din)

  • Full Tank Bisa Tempuh Jakarta-Tegal

    Full Tank Bisa Tempuh Jakarta-Tegal

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Suzuki telah meluncurkan Suzuki Address 125 terbaru untuk konsumen domestik. Skuter matik (skutik) tersebut mengalami perubahan radikan dibandingkan model sebelumnya. Kini, tampangnya lebih retro dan mesinnya lebih irit bahan bakar!

    Disitat dari Greatbiker, Kamis (4/9), meski sudah meluncur, namun harga Suzuki Address 125 terbaru belum diumumkan. Kabarnya, pengumuman harga baru akan disampaikan pekan depan. Menurut informasi yang beredar, tunggangan tersebut lebih mahal 5.600 yen atau Rp 618 ribu dari model lama.

    Nah, biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi Suzuki Address 125 terbaru yang telah meluncur di Jepang.

    Spesifikasi Suzuki Address 125

    Desain

    Suzuki Address 125. Foto: Doc. Suzuki Japan

    Suzuki Address 125 terbaru mengusung tampilan yang benar-benar baru. Kendaraan tersebut sekarang tak mengadopsi desain konvensional seperti skutik entry level kebanyakan, melainkan lebih ke retro-modern selayaknya produk-produk Vespa.

    Meski masih berdimensi mungil, namun Suzuki Address 125 terbaru punya aksen yang lebih membulat dibandingkan model sebelumnya. Headlamp atau lampu utamanya terpasang di batok kepala, kemudian sepasang sein berbentuk vertical tersemat di bawahnya.

    Sementara dudukannya dibuat cukup tebal dengan pijakan kaki yang lebih lebar. Ekornya dirancang lebar dengan tambahan handle besi untuk mengangkut barang bawaan.

    Suzuki merancang ulang rangka atau platform motor menjadi lebih ringan dibandingkan model sebelumnya. Perubahan tersebut membuat kendaraan diklaim lebih nyaman dipakai di jalanan ramai.

    Di Jepang, Suzuki Address 125 terbaru hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Matt Stellar Blue Metallic, Pearl Grace White, Solid Ice Green dan Matt Black Metallic No.2.

    Fitur

    Suzuki Address 125. Foto: Doc. Suzuki Japan

    Sebagai skutik entry level, pabrikan telah membekalinya dengan sejumlah fitur standar, mulai dari pencahayaan LED, soket pengisian daya ponsel, gantungan tambahan di dasbor, bagasi dengan kapasitas 24,4 liter dan masih banyak lagi. Sayangnya, headunit kendaraan masih analog dan kuncinya masih konvensional.

    Mesin dan Konsumsi BBM

    Suzuki Address 125. Foto: Doc. Suzuki Japan

    Suzuki Address 125 terbaru juga melakukan revisi di bagian mesin dengan sistem starter baru yang lebih senyap dan camshaft yang dioptimalkan untuk meningkatkan torsi di kecepatan rendah hingga menengah. Sayangnya, mereka tak mengungkap detail spesifikasi, seperti tenaga atau kecepatan yang bisa dihasilkan kendaraan.

    Namun, intinya, motor tersebut menggunakan mesin SEP (Suzuki Eco Performance) punya konsumsi bahan bakar yang memukau, yakni tembus 53,4 km/liter. Sementara kapasitas tangkinya mencapai 5,3 liter. Maka, dalam kondisi full tank, kendaraan bisa melaju sejauh 283 km!

    Nah, dengan hitung-hitungan kasar, Suzuki Address 125 terbaru bisa menempuh perjalanan Jakarta-Tegal dalam kondisi tangki penuh. Sebab, kedua kota tersebut berjarak 270-280 km.

    Namun, perlu dicatat, angkanya bisa berbeda-beda, tergantung cara berkendara, bobot pengemudi hingga rute yang dilintasi selama proses pengetesan.

    (sfn/dry)

  • Kejadian Lagi, Gerbang Tol Ciawi Ringsek Ditabrak Truk Diduga Rem Blong

    Kejadian Lagi, Gerbang Tol Ciawi Ringsek Ditabrak Truk Diduga Rem Blong

    Jakarta

    Lagi-lagi truk diduga mengalami rem blong menjadi penyebab kecelakaan. Gerbang Tol Ciawi 2 kembali menjadi ‘korban’ usai ditabrak dua truk yang terlibat kecelakaan.

    Diberitakan detikNews, sebanyak tiga gardu tol di Gerbang Tol Ciawi 2 porak-poranda. Truk dalam posisi nyaris terguling miring ke kiri.

    Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Saat ini petugas masih menangani kecelakaan tersebut.

    Menurut Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Alvin Andituahta Singarimbun, dugaan sementara truk mengalami rem blong sehingga tidak terkendali. Truk kemudian menabrak Gerbang Tol Ciawi 2.

    “Akibat kecelakaan ini, tiga gardu mengalami kerusakan. sehingga hanya enam gardu yang masih beroperasi,” katanya.

    Kecelakaan Truk Rem Blong Terus Berulang

    Kecelakaan akibat truk yang mengalami rem blong sudah sering sekali terjadi. Tak jarang kecelakaan akibat rem blong itu sampai memakan korban jiwa.

    Plt Ketua Subkomite Lalu Lintas Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan beberapa waktu lalu mengatakan, faktor utama penyebabnya selalu ditengarai oleh human factor atau faktor manusia.

    “Kecelakaan selalu diawali oleh adanya hazard (bahaya). Adanya hazard atau bahaya inilah yang kemudian meningkatkan risiko orang celaka saat berlalu lintas di jalan,” kata Wildan belum lama ini.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan bus dan truk mengalami rem blong. Menurut Wildan, yang pertama kecelakaan rem blong terjadi pada jalan menurun dan memiliki pola yang sama yaitu pengemudi menggunakan gigi tinggi saat melalui jalan menurun, melakukan pengereman berulang, sehingga mengakibatkan rem tidak berfungsi, memindahkan gigi di jalan menurun saat rem tidak berfungsi sehingga menyebabkan gigi masuk ke posisi netral dan berakhir dengan tabrakan hebat karena kecepatan kendaraan bisa mencapai 100 km/jam bahkan lebih karena melaju pada jalan menurun dalam posisi gigi netral.

    “Kedua, kecelakaan rem blong yang dipicu rem tidak berfungsi karena mengalami malfunction pada sistem rem. Hal ini disebabkan karena pengemudi tidak melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum beroperasi (pre-trip inspection),” kata Wildan.

    Ketiga, lanjutnya, kecelakaan masuk jurang atau terguling akibat pengemudi tidak memahami jalan yang disebabkan minimnya informasi terkait kondisi jalan dan lingkungannya. Keempat, kecelakaan yang disebabkan pengemudi mengalami microsleep (tidur saat mengemudi) yang dipicu akibat mengemudi lebih dari 12 jam tanpa istirahat atau mengemudi dalam kondisi sakit dan mengkonsumsi obat.

    (rgr/dry)

  • SUV Baru Honda Elevate Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

    SUV Baru Honda Elevate Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    Honda menyegarkan SUV kompak Honda Elevate di India. SUV Honda tersebut menghadirkan tema interior baru dan sejumlah penambahan fitur.

    Honda Elevate merupakan kompak SUV andalan Honda di pasar India. Meluncur pertama kali dua tahun lalu, Honda Elevate kini mendapat pembaruan di bagian interiornya. Dikutip Cartoq, pembaruan yang paling menonjol adalah warna kabinnya.

    Honda Elevate tipe ZX sebagai trim tertinggi hadir dengan interior dua warna Ivory dan Black dengan jok kulit imitasi dan sisipan soft-touch, menggantikan opsi Tan sebelumnya. Tampilan yang lebih terang dirancang untuk menambah kesan premium. Sedangkan tipe di bawahnya hadir dengan jok kain hitam dengan sisipan ivory, menggantikan jok Shadow Beige.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Sementara itu, di bagian eksterior, Honda telah memperkenalkan “Alpha-Bold Plus Grille” opsional dengan desain yang lebih lebar untuk tampilan yang lebih tegas di jalan. Hal ini ditujukan bagi pembeli yang menginginkan gaya SUV yang lebih berani tanpa mengubah desain dasar Elevate.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Honda juga telah meluncurkan dua varian Black Edition. Versi standar memadukan cat gelap dengan detail krom dan silver, sementara Signature Black Edition hadir dengan sentuhan serba hitam, gril Alpha-Bold, dan pencahayaan ambient sebagai standar. Edisi-edisi ini ditujukan untuk pembeli muda yang lebih menyukai gaya yang lebih dramatis.

    Dari segi mekanis, Elevate tetap tidak berubah. Honda Elevate mengusung mesin 1.5 i-VTEC DOHC yang menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Honda Elevate menggunakan transmisi CVT dan juga memiliki versi transmisi manual dengan 6 percepatan. Powertrain tersebut telah dioptimalkan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan serta ramah lingkungan.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Honda Elevate telah dilengkapi teknologi Honda Connect serta teknologi keselamatan terdepan Honda SENSING. Teknologi ini merupakan teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang. Teknologi ini dapat memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

    Di India, Honda Elevate terbaru dijual dengan harga 1.239.000 rupee sampai 1.551.000 rupee. Kalau dirupiahkan, mobil ini setara dengan Rp 230,9 juta sampai Rp 289 jutaan.

    (rgr/dry)

  • Hilang dari Situs Resmi, Segini Harga Pasaran Suzuki Baleno Bekas

    Hilang dari Situs Resmi, Segini Harga Pasaran Suzuki Baleno Bekas

    Jakarta

    Suzuki nampaknya sudah menghabiskan stok Baleno, sebab model itu tidak nampak lagi dalam situs resmi. Mari kita intip harga bekasnya di pasaran.

    Suzuki Baleno terakhir kali meluncur dengan penyegaran pada 2019. Saat diperkenalkan harga resminya, Suzuki New Baleno versi M/T dibanderol Rp 221.000.000, sementara Suzuki New Baleno versi A/T Rp 233.500.000. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

    Enam tahun berselang, Suzuki Baleno terbaru sudah tidak lagi dipasarkan.

    Dalam situs marketplace Facebook, harga bekas Baleno tahun 2019 itu mulai dari Rp 157 juta hingga Rp 179 juta untuk tipe transmisi otomatis. Harga itu disesuaikan dengan kondisi mobil, jarak tempuh, dan pajak.

    Menilik situs jual-beli online seperti Caroline dan OLXAutos, harga yang ditawarkan untuk Baleno tranmsisi otomatis juga mirip-mirip. Semakin muda umur mobilnya, harganya makin tinggi.

    Lanjut ke Baleno tipe manual harganya dijual lebih murah. Tahun 2019 rata-rata dipasarkan mulai pada angka Rp 140 jutaan, kemudian tahun 2020 untuk transmisi manual masih dijual dengan harga mulai dari Rp 148 juta hingga Rp 150 jutaan.

    Sedangkan harga Baleno tahun 2024 ke atas itu masih berkisar di atas Rp 200 juta.

    Suzuki Baleno sudah beberapa kali diperkenalkan di Indonesia, terutama dalam bentuk facelift dan model baru. Momen penting terakhir ialah saat peluncuran Suzuki Baleno hatchback di penghujung 2019.

    Hatchback ini mampu memproduksi tenaga hingga 92,4 ps pada 6.000 rpm, dan torsinya 130 Nm pada 4.200 rpm. Selain tenaganya, Baleno ini hadir dengan desain bumper depan yang lebih sporty, grille yang lebih lebar, pelek berukuran 16 inci, penambahan LED projector headlamp, serta desain fog lamp yang lebih bergaya.

    (riar/dry)

  • Ojol Ancam Serbu Gedung DPR RI, Segini Jumlah Pesertanya

    Ojol Ancam Serbu Gedung DPR RI, Segini Jumlah Pesertanya

    Jakarta

    Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia akan menggelar demo di Gedung DPR RI, Minggu (7/9). Mereka hendak melakukan protes karena tuntutannya tak didengar dan dikabulkan pemerintah. Lantas, berapa jumlah peserta yang akan terlibat?

    Ketua Umum Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono mengatakan, pihaknya tak akan tinggal diam sampai lima tuntutan terkait kematian Affan Kurniawan dikabulkan pemerintah. Dia mengklaim, ada 2 ribu ojol yang akan terlibat dalam aksi protes tersebut.

    “Kami dari asosiasi tidak akan berhenti melakukan aksi sampai tuntutan kami diterima dengan baik dan dikabulkan pemerintah. Kurang lebih ada 2 ribuan ojol yang akan ikut aksi demo (di Gedung DPR RI),” ujar Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, dikutip Kamis (4/9).

    Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia Igun Wicaksono Foto: Shafira Cendra Arini/detikcom

    Menurut Igun, pemerintah hingga kini masih tutup mata dan telinga dalam menyikapi tuntutan yang dilayangkan Garda Indonesia. Kondisi tersebut yang membuat ‘pasukan hijau’ resah hingga terdorong melakukan protes.

    “Saat ini pemerintah masih tutup mulut, tutup telinga dan tutup mata. Sehingga kami akan melakukan aksi lagi pada 7 September 2025 nanti. Kami menyerukan aksi kepung aplikator di Gedung DPR RI,” kata Igun.

    Igun menjelaskan, di hari itu, sejumlah aplikator akan memenuhi undangan pemerintah untuk berdiskusi di Gedung DPR RI. Dia mengklaim, kondisi tersebut merupakan momentum terbaik untuk melakukan protes.

    Diberitakan sebelumnya, secara umum ada lima tuntutan yang dilayangkan Garda Indonesia atas insiden kematian Affan Kurniawan. Mulai dari permintaan membentuk tim gabungan pencari fakta, hingga menghukum para pelaku.

    Berikut 5 Tuntutan Asosiasi Ojol

    1. Membentuk tim gabungan pencari fakta dan independen untuk mengusut tuntas tindakan represif yang menyebabkan hilangnya nyawa saudara Affan Kurniawan, apapun alasannya. Aparat negara seharusnya melindungi rakyat, bukan justru menimbulkan korban jiwa.

    2. Menuntut transparansi dan akuntabilitas dari Kepolisian Republik Indonesia, terkait kronologi peristiwa yang menyebabkan saudara Affan Kurniawan meninggal dunia.

    3. Menghukum para pelaku yang lalai ataupun dengan sengaja melakukan pelindasan terhadap korban agar dapat dipertanggungjawabkan ke proses hukum secara transparan agar tragedi serupa tidak terulang kembali.

    4. Menyerukan solidaritas nasional dari seluruh pengemudi ojek online dan masyarakat sipil untuk mengawal kasus ini sampai tuntas, demi tegaknya keadilan bagi korban.

    5. Mendesak pemerintah untuk memastikan perlindungan dan jaminan keselamatan bagi seluruh pengemudi ojek online, yang setiap hari bekerja di jalanan dan rawan terjebak dalam konflik massa.

    (sfn/rgr)

  • Ini Bukti Penjualan Mobil Bekas Laris Manis

    Ini Bukti Penjualan Mobil Bekas Laris Manis

    Jakarta

    Penjualan mobil bekas laris manis. Buktinya perusahaan yang bergerak di bisnis tersebut, balai lelang JBA dan penjualan retail Caroline.id di bawah naungan PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) mengalami tren kenaikan.

    Dalam siaran persnya, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) menyebut kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang lebih terjangkau meningkat dibanding mobil baru lantaran daya beli masyarakat yang melemah.

    ASLC mencatat hingga kuartal dua 2025 mengalami pertumbuhan pendapatan 17,1% menjadi Rp 447,1 miliar dan membukukan laba bersih Rp 21,1 miliar. Dari total pendapatan itu, Caroline.id menjadi kontribusi terbesar dengan menyumbang Rp 313,4 miliar atau 70 persen dari total pendapatan.

    Di bisnis lelang, JBA hingga kuartal II tahun ini, mencatatkan pertumbuhan pendapatan 3,3% secara year on year. Sementara MotoGadai, unit bisnis baru yang diluncurkan tahun lalu, telah mencatatkan pendapatan Rp 3,6 miliar.

    “Dengan adanya dukungan ekosistem bisnis yang kuat, kami menargetkan tren positif kinerja ASLC ini dapat berlanjut hingga akhir tahun,” imbuh Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengamini adanya minat masyarakat terhadap mobil bekas. Bahkan, penjualan mobil bekas bisa lebih tinggi dibanding penjualan mobil baru.

    “Masyarakat yang nggak mampu beli mobil baru,akhirnya lari ke beli mobil bekas. Mobil bekas ini pasarnya sempat naik sampai lebih 2 juta (unit). Padahal mobil barunya nggak sampai 1 juta (unit),” kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh beberapa waktu yang lalu.

    (riar/rgr)

  • Ini Mercy Bekas BJ Habibie yang Dibeli Ridwan Kamil Rp 2,6 M tapi Belum Lunas

    Ini Mercy Bekas BJ Habibie yang Dibeli Ridwan Kamil Rp 2,6 M tapi Belum Lunas

    Jakarta

    Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disebut belum melunasi pembayaran mobil Mercedes-Benz eks BJ Habibie.

    Mercedes-Benz yang dibeli oleh Ridwan Kamil adalah 280 SL. RK membeli mobil tersebut dari putra Presiden ke-3 RI B. J. Habibie, Ilham Akbar Habibie (IAH).

    Ilham mengatakan mobil itu dibeli oleh RK dengan skema cicilan. Harganya Rp 2,6 miliar. Dia mengatakan mobil itu belum dilunasi oleh RK yang baru membayar Rp 1,3 miliar.

    “Mobil itu dibeli, dicicil tapi belum lunas. Jadi belum milik dia. Saya menyatakan, kalau ini tidak dilunasi dalam waktu dekat, saya tarik kembali dan dia (RK) setuju,” katanya.

    Ilham menyebut penjualan itu dimulai pada 2021. Namun, untuk detail penjualannya, dirinya tidak mengetahui karena tak terlibat langsung dalam transaksi.

    Kendati mobil belum lunas, RK sudah mengganti warna cat mobil tersebut.

    “Waktu sudah digunakan sama Pak RK, beliau rupanya di tahun berapa itu ganti warna. Terus terang tanpa pengetahuan kami,” kata Ilham.

    Mobil itu awalnya berwarna silver, lalu diganti oleh RK menjadi warna biru. Mobil itu kini berada di bengkel.

    Sekilas tentang Mercedes-Benz 280 SL

    Mercedes-Benz 280 SL merupakan bagian dari seri mobil W113. Mobil ini diperkenalkan di Geneva Motor Show pada Maret 1963.

    Keunikan dari mobil ini sampai berjuluk “Pagoda” karena bentuk atap hardtop-nya, yang melengkung ke dalam di bagian tengahnya, menyerupai atap kuil-kuil di Asia.

    Atap yang cekung sebenarnya bukan hanya elemen estetika, melainkan juga memiliki fungsi praktis: memudahkan masuk dan keluar mobil, serta meningkatkan stabilitas struktural dan keamanan.

    Mobil ini menjadi salah satu koleksi yang sangat dicari oleh para kolektor karena merupakan bagian dari seri W113 yang terkenal, memiliki desain ikonik, dan tentunya memiliki sejarah kepemilikan dari seorang tokoh penting seperti B.J. Habibie.

    “Yang menjadikannya bernilai, kalau tidak salah, STNK-nya (surat tanda nomor kendaraan) masih STNK atas nama papa-nya (ayah Ilham Akbar Habibie, atau B. J. Habibie, red.) ya,” ujar Pelaksana Tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta (25/8).

    (riar/rgr)