Jenis Media: Otomotif

  • Terjebak Dikeramaian saat Berkendara, Ini Tips Agar Bisa Selamat

    Terjebak Dikeramaian saat Berkendara, Ini Tips Agar Bisa Selamat

    Jakarta

    Dalam kondisi maraknya terjadi demo, bukan tidak mungkin bagi detikers terjebak dalam keramaian saat berkendara. Agar terhindar hal tersebut, Auto2000 memberikan tips.

    Seperti yang disampaikan Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000. Dirinya menjelaskan beberapa langkah bisa dilakukan pengendara agar bisa terhindar, serta tetap tenang dan nyaman saat berkendara.

    Berikut beberapa tips, agar pengendara lebih tenang dan nyaman di jalan serta melindungi diri dari kemungkinan bahaya:

    1. Pantau Perkembangan via Media Sosial

    Cara paling mudah untuk memantau situasi terkini adalah lewat media sosial. Tapi jangan sembarangan media, pilih akun yang dapat dipercaya. Seperti media berita skala nasional, akun resmi pemerintah seperti Dinas Perhubungan, Kepolisian, Jasa Marga, dan lainnya.

    Pastikan untuk menghindari daerah yang berpotensi terdapat keramaian. AutoFamily tetap harus mencari informasi terkini yang berkembang lewat siaran radio dan social media saat berkendara. Pastikan sumber informasinya valid, segera ambil rute alternatif jika ragu.

    2. Pelajari Rute via Peta Digital

    Pelajari rute yang akan dilalui lewat peta digital. Pastikan rute yang dilalui aman dan jika tampak terdapat gangguan, tentukan pula jalur alternatif supaya dapat dengan lancar sampai ke tujuan, atau kembali pulang.

    3. Siapkan Makanan dan Minuman Ringan

    Ketika sudah terbaca adanya potensi hambatan di jalan, kemacetan atau hal lainnya, pengendara bisa menyiapkan makanan dan minuman ringan buat jaga-jaga, khususnya air mineral supaya tidak dehidrasi.

    Andai membawa anak, pastikan ada pakaian pengganti yang cukup. Termasuk mengisi bensin untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Jangan lupa pergi ke toilet sebelum mengemudi mobil.

    4. Kendalikan Emosi

    Pengendara harus mengendalikan emosi agar dapat berkendara dengan tenang dan nyaman. Fokus dan waspada pada situasi dan kondisi jalan, jangan terpengaruh oleh pihak yang tidak bertanggung jawab meskipun berada di posisi yang benar.

    5. Jangan Panik Ketika Ada Hambatan di Jalan

    Ketika ditemukan ada keramaian, kemacetan atau hambatan di jalan, jangan panik agar tetap mengambil keputusan dengan sehat. Tutup seluruh kaca dan pastikan semua pintu mobil terkunci, letakkan barang berharga di laci yang tidak terlihat dari luar.

    Mengingat sebelumnya terdapat pemberitaan terkait dengan upaya tindak kejahatan dari oknum yang tak bertanggung jawab, saat kondisi jalan macet atau tersendar.

    Jangan perlihatkan wajah tegang atau terdistraksi hal lain seperti main ponsel yang membuat AutoFamily lengah dan memancing orang jahil untuk melakukan kejahatan. Jaga kewaspadaan dengan memperhatikan spion luar dan tengah.

    Berbagi lokasi terkini (share live locatoin) ke keluarga atau teman dekat sehingga mereka bisa memantau dan membantu jika ada masalah..

    6. Pastikan Mobil Dalam Kondisi Prima

    Meskipun sepele, tapi detikers pasti tidak mau mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan yang macet, atau bahkan di tengah-tengah keramaian. Karena itu, menjaga kondisi mobil agar tetap prima adalah wajib dilakukan meskipun dalam kondisi normal.

    detikers yang memiliki mobil Toyota, dapat servis berkala dengan berkunjung ke bengkel Auto2000 atau memesan layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala dan perbaikan ringan kendaraan kurang dari 2 jam di rumah. Sehingga, mobil selalu siap untuk mendukung mobilitas kemanapun tujuannya.

    (lth/rgr)

  • Yamaha Luncurkan Skutik Dek Rata Penantang Honda Vario

    Yamaha Luncurkan Skutik Dek Rata Penantang Honda Vario

    Jakarta

    Yamaha resmi memperkenalkan Cygnus XR 155 DX 2025 di Taiwan. Skutik anyar ini tampil sporty layaknya Yamaha Aerox, namun memiliki keunggulan berupa dek rata yang fungsional untuk membawa barang. Jika dipasarkan di Indonesia, motor ini bakal cocok melawan Honda Vario 160.

    Cygnus XR sendiri bukan pemain baru. Skutik ini sudah eksis di Taiwan sejak 2002 dan kini memasuki generasi ketujuh. Untuk pertama kalinya, kapasitas mesin ditingkatkan dari 125 cc menjadi 155 cc, berbasis platform yang sama dengan Nmax dan Aerox.

    Yamaha Cygnus XR 155 Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    Mesin tersebut sudah dibekali teknologi katup variabel VVA, tetapi masih pakai transmisi CVT konvensional, tanpa mode Turbo ataupun YECVT seperti di Nmax Turbo maupun Aerox Alpha.

    Dari sisi tampilan, Cygnus XR 155 DX tampil garang. Lampu depannya menggunakan proyektor LED dengan desain yang mirip-mirip moge Italia Ducati Panigale. Lampu depan tersebut juga sudah dilengkapi DRL vertikal dan lampu sein yang terpisah di cover setang.

    Fitur yang ditawarkan motor ini pun cukup lengkap. Ada panel instrumen LCD berwarna yang bisa terkoneksi ke smartphone, sistem Smart Key, rem ABS, hingga kontrol traksi (TCS). Yamaha juga menempatkan tangki bahan bakar di depan, mirip seperti konsep Yamaha FreeGo.

    Yamaha Cygnus XR 155 Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    Suspensi belakangnya memakai shock ganda dengan sub-tank yang dipasang terbalik, cukup jarang ditemui pada skutik di kelas ini. Sementara rodanya pakai velg alloy 12 inci dengan ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang. Walau dimensinya terlihat berisi, proporsi keseluruhannya tetap ramping dan tajam.

    Belum ada kepastian apakah Cygnus XR 155 DX bakal dipasarkan di luar Taiwan. Namun, dengan desain agresif, dek rata yang praktis, dan fitur premium, skutik ini sangat bisa menjadi pesaing serius Honda Vario di segmen skutik 150 cc ke atas.

    Soal harga, Yamaha Cygnus XR 155 dijual 109.500 dolar Taiwan atau setara Rp 58,8 juta. Sementara Yamaha Cygnus XR 155 DX dijual 114.500 – 115.500 dolar Taiwan atau setara Rp 61,5 juta – Rp 62,1 juta.

    Yamaha Cygnus XR 155 Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    (lua/lth)

  • Ini Sebabnya Pajak Mobil dan Motor di Malaysia Murah

    Ini Sebabnya Pajak Mobil dan Motor di Malaysia Murah

    Jakarta

    Pajak mobil dan motor di Malaysia termasuk paling murah di kawasan Asia Tenggara. Apa yang bikin pajak kendaraan bermotor di negeri jiran lebih murah dibanding negara lain di Asia Tenggara?

    Disitat dari berbagai sumber, pajak mobil dan sepeda motor di Malaysia bisa murah karena penghitungan pajak berdasarkan kapasitas mesin kendaraan. Ini berbeda dengan penghitungan pajak kendaraan bermotor di Indonesia yang menggunakan dasar NJKB (nilai jual kendaraan bermotor).

    Contohnya untuk mobil bermesin di bawah 1.000 cc, di Malaysia pajak per tahunnya hanya RM 20 atau setara Rp 77 ribu. Contoh lain mobil bermesin di atas 1.401 cc hingga 1.600 cc pajak per tahunnya sebesar RM 90 atau setara Rp 350.000.

    Jadi, Toyota Avanza bermesin 1.500 cc di Malaysia, pajak per tahunnya hanya Rp 350.000. Bandingkan dengan pajak tahunan Toyota Avanza di Indonesia yang mencapai Rp 4.000.000-an, ditambah biaya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) sebesar Rp 143.000.

    Pajak kendaraan berdasarkan kapasitas mesin juga berlaku di sepeda motor. Contoh motor bermesin 150 cc, pajaknya cuma RM 2 alias Rp 7.000. Kemudian motor di atas 151 cc sampai 200 cc, pajaknya cuma RM 30 atau sekitar Rp 116.000.

    Jadi pajak Yamaha Nmax di Malaysia, per tahunnya hanya Rp 116.000. Sementara di Indonesia, pajak Yamaha Nmax per tahun bisa Rp 350.000, ditambah biaya SWDKLLJ Rp 35.000.

    Malah pajak Yamaha Nmax di Malaysia bagian timur seperti Sabah dan Sarawak bisa lebih murah lagi, cuma RM 9 atau setara Rp 35.000.

    Selengkapnya, berikut penerapan pajak kendaraan di Malaysia berdasarkan kapasitas mesin.

    Pajak Mobil 1.000 cc – 1.600 cc di Malaysia

    1. 1.000 cc ke bawah: RM 20 (Rp 77.000)
    2. 1.001 cc – 1.200 cc: RM 55 (Rp 213.000)
    3. 1.201 cc – 1.400 cc: RM 70 (Rp 272.000)
    4. 1.401 cc – 1.600 cc: RM 90 (Rp 350.000)

    Pajak Mobil di Atas 1.600 cc – di Atas 3.000 cc di Malaysia (Skema Progresif)

    1. 1.601 cc – 1.800 cc: RM 200 (Rp 777.000) -> RM 0,40 (Rp 1.500) untuk setiap cc setelah 1.600 cc
    2. 1.801 cc – 2.000 cc: RM 280 (Rp 1.000.000) -> RM 0,50 (Rp 1.900) untuk setiap cc setelah 1.800 cc
    3. 2.001 cc – 2.500 cc: RM 380 (Rp 1.400.000) -> RM 1 (Rp 3.800) untuk setiap cc setelah 2.000 cc
    4. 2.501 cc – 3.000 cc: RM 880 (Rp 3.400.000) -> RM 2,50 (Rp 9.700) untuk setiap cc setelah 2.500 cc
    5. 3.000 cc ke atas: RM 2.130 (Rp 8.200.000) -> RM 4,50 (Rp 17.400) untuk setiap cc setelah 3.000 cc

    Pajak Motor di Malaysia Bagian Barat

    1. Di bawah 150 cc: RM 2 (Rp 7.000)
    2. 151 cc – 200 cc: RM 30 (Rp 116.000)
    3. 201 cc – 250 cc: RM 50 (Rp 194.300)
    4. 251 cc – 500 cc: RM 100 (Rp 388.000)
    5. 501 cc – 800 cc: RM 250 (Rp 971.000)
    6. 801 cc ke atas: RM 350 (Rp 1.300.000)

    Pajak Motor di Malaysia Bagian Timur

    1. Di bawah 150 cc: RM 2 (Rp 7.000)
    2. 151 cc – 200 cc: RM 9 (Rp 34.000)
    3. 201 cc – 250 cc: RM 12 (Rp 46.000)
    4. 251 cc – 500 cc: RM 30 (Rp 116.000)
    5. 501 cc – 800 cc: RM 40 (Rp 155.000)
    6. 801 cc ke atas: RM 42 (Rp 163.000)

    (lua/lth)

  • Ini Ciri-ciri Suku Cadang Motor Palsu, Jangan Sampai Kena Tipu!

    Ini Ciri-ciri Suku Cadang Motor Palsu, Jangan Sampai Kena Tipu!

    Jakarta

    Banyaknya suku cadang atau sparepart palsu yang beredar di Indonesia dinilai cukup meresahkan. Soalnya dengan menggunakan suku cadang palsu tidak hanya bisa merugikan para pelaku usaha, keselamatan pengendara juga dipertaruhkan.

    Tapi bagaimana caranya untuk mengetahui bahwa suku cadang motor yang hendak kita beli palsu atau original? Rupanya untuk mengetahui suku cadang palsu atau original bisa dilihat secara mata telanjang. Seperti tertulis dalam situs resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

    Dalam situs AISI dijelaskan penggunaan suku cadang palsu pada sepeda motor merupakan salah satu masalah serius yang dapat membahayakan keselamatan pengendara sekaligus merugikan dari sisi teknis maupun ekonomi. Walaupun tampilan luarnya seringkali mirip dengan produk asli, kualitas dan fungsinya sangat berbeda, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada kendaraan.

    Berikut contoh ciri-ciri suku cadang palsu dan dampak saat menggunakannya:

    1. Cakram Rem Palsu

    * Memiliki ciri-ciri, Permukaan piringan tidak rata dan jumlah lubang pendingin lebih sedikit.
    * Risiko/Dampak:Hal ini menyebabkan pengereman tidak maksimal, bahkan dapat membuat roda terkunci secara tiba-tiba. Akibatnya, risiko kecelakaan saat berkendara meningkat secara signifikan.

    2. Saringan Oli Palsu

    * Saringan oli palsu memiliki ciri: Tidak dilengkapi dengan katup pengaman.
    * Risiko/Dampak:Bila terjadi penyumbatan, sirkulasi oli bisa terhenti, sehingga mesin macet atau bahkan mati mendadak. Oli juga dapat menyembur keluar, membahayakan mesin maupun pengendara.

    3. Oli Palsu

    * Kualitas aditif sangat rendah, sehingga menyebabkan mesin overheat.
    * Risiko/Dampak:Menggunakan oli palsu menyebabkan mesin bekerja lebih berat, menimbulkan kebisingan dan getaran berlebihan, serta meningkatkan konsumsi bahan bakar. Dalam jangka panjang, pengguna akan mengeluarkan biaya perawatan yang lebih tinggi untuk mengganti komponen yang rusak.

    4. Piston Palsu

    * Jika menggunakan piston palsu, pengendara akan mengalami kerugian, karena tidak memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi akibat pembakaran.
    * Permukaan silinder piston palsu memiliki resistansi gesekan yang tinggi, sehingga efisiensi bahan bakar menurun. Hal ini membuat mesin menjadi lebih mudah macet, dan umur pakai kendaraan menjadi jauh lebih singkat.

    5. V-Belt Palsu

    * V-Belt Palsu terbuat dari bahan dengan kualitas rendah, daya rekat buruk, dan ketahanan rendah terhadap pengelupasan.
    * Selain itu presisi dimensi tidak akurat, dengan bentuk gigi yang tidak rata dan melengkung.
    * Sehingga saat menggunakan V-Belt palsu, Akibatnya, daya tahan sabuk menjadi pendek dan kemampuan pengendalian kendaraan dapat berkurang tiba-tiba.

    6. Kampas Rem dan Rem Tromol Palsu

    * Bahan material kampas rem dan rem tromol Palsu tidak dilapisi krom sehingga mudah berkarat.
    * Dimensi tidak presisi, braket tidak stabil, serta kemampuan pengereman rendah.
    * Sangat berisiko menyebabkan roda terkunci saat pengereman.

    Dengan berbagai contoh yang diberikan, AISI mengingatkan untuk seluruh pengendara motor agar tidak mudah tertipu, dan berani mengatakan tidak pada suku cadang palsu, karena bisa merugikan.

    (lth/rgr)

  • Ada Diskon Motor Listrik Honda, Harga Jadi Segini

    Ada Diskon Motor Listrik Honda, Harga Jadi Segini

    Jakarta

    Ada diskon buat kamu yang mau membeli motor listrik Honda. Diskonnya pun beragam, dan membuat harganya jadi sedikit lebih murah.

    Motor listrik Honda bisa dimiliki dengan harga lebih rendah. Sebab, ada promo diskon yang kamu bisa manfaatkan sepanjang September 2025. Dilihat detikOto dalam laman resmi dealer sekaligus distributor resmi motor Honda untuk wilayah Jakarta serta Tangerang, Wahana Honda, ada diskon untuk motor listrik CUV e:, EM1 e:, dan Icon E.

    Honda CUV e: misalnya, ada potongan hingga Rp 2 juta. Potongan itu berlaku untuk potongan angsuran maksimal Rp 2 juta dan juga potongan tenor sampai dengan tiga kali. Adapun motor listrik CUV e: itu harganya Rp 54,45 juta.

    Selanjutnya, ada juga potongan harga sebesar Rp 17,76 juta yang ditawarkan untuk pembelian EM1 e:. Dari harga Rp 40 juta, berkat potongan tersebut EM1 e: bisa dimiliki mulai Rp 22 jutaan.

    Terakhir ada potongan harga untuk Honda Icon e:. Promonya berupa potongan hingga Rp 1 juta yakni potongan angsuran maksimal Rp 1 juta dan potongan tenor sampai dengan tiga kali. Icon e: merupakan motor listrik termurah Honda dengan banderol Rp 28 juta.

    Dari ketiga motor listrik Honda yang dijual, CUV e: merupakan yang termahal. Punya banderol tembus Rp 50 jutaan, Honda CUV e: ditenagai motor listrik yang bisa menghasilkan power 6 kW. Motor listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 83 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km.

    Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger. Honda CUV e: dibekali baterai lithium-ion dengan voltase 50,26 V x 2 dan kapasitas 29,4 Ah x 2. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam dan 2,7 jam (160 menit) buat pengisian dari 25% ke 75%.

    Sementara Icon e: mengambil basis model EM1 e:, dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:. Komponen listrik utama, termasuk baterai telah diganti, dan juga eksteriornya telah didesain ulang sesuai selera konsumen Indonesia.

    Honda Icon e: hadir untuk konsumen yang mencari fleksibilitas mengendarai sepeda motor listrik, dengan menawarkan bodi yang ringan dan kelincahan di jalan raya. Honda ICON e: mengusung konsep Advance – Compact yang cocok untuk penggunaan harian. Konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%. Dijual mulai dari Rp 5 juta. Harga itu di luar dari pembelian motor.

    (dry/rgr)

  • Jack Miller Resmi Bertahan di Yamaha

    Jack Miller Resmi Bertahan di Yamaha

    Jakarta

    Jack Miller resmi bertahan di Yamaha. Yamaha Motor Co., Ltd. dan Prima Pramac Yamaha MotoGP mengumumkan perpanjangan kontrak Miller untuk musim 2026. Miller akan tandem dengan pebalap baru Pramac Yamaha, Toprak Razgatlioglu, yang baru direkrut dari WSBK.

    “Saya sangat senang dan antusias bisa tetap bersama Yamaha dan Prima Pramac Yamaha MotoGP Team. Tahun ini merupakan tahun yang luar biasa buat kembali ke Pramac Racing. Saya menantikan bekerja keras bersama Yamaha guna membantu mengembangkan motor dan memperkecil jarak dengan pabrikan lain,” kata Miller dikutip dari situs MotoGP.

    “Saya yakin yang terbaik masih akan datang. Yang terpenting, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yamaha, Pramac Racing, dan juga kepada kedua Paolo: Pavesio dan Campinoti, atas kepercayaan mereka yang berkelanjutan atas kontribusi saya terhadap proyek ini,” sambung dia.

    Dipertahankannya Miller, maka artinya Pramac Yamaha harus melepas Miguel Oliveira. Sejak awal, pebalap Portugal itu telah menunjukkan profesionalisme yang luar biasa dan semangat tim yang kuat, juga bekerja secara intensif dalam pengembangan Yamaha YZR-M1, tapi kemudian dia mengalami kesulitan akibat cedera yang dialaminya di MotoGP Argentina yang memaksanya absen dalam empat Grand Prix dan mempengaruhi kinerjanya hingga paruh pertama MotoGP 2025.

    “Tidak ada yang rahasia bahwa saya memiliki rasa sayang yang besar terhadap Jack, seorang pebalap yang mengalami tahap penting dalam perkembangan kariernya bersama Pramac Racing dan kembalinya dia musim ini disambut dengan sukacita besar oleh seluruh tim,” bilang Paolo Campinoti selaku Team Principal Prima Pramac Yamaha MotoGP.

    “Kontribusi Jack sangat krusial dalam mendukung Yamaha dalam pengembangan YZR-M1. Konfirmasi Jack sebagai pebalap resmi Yamaha bersama Prima Pramac Yamaha buat 2026 sangat penting dan berharga,” tambah dia.

    “Saya dengan tulus juga mengucapkan terima kasih kepada Miguel atas komitmen dan profesionalisme yang dia tunjukkan selama beberapa bulan terakhir, serta kemudahan yang ditunjukkannya dalam berintegrasi ke dalam tim kami. Merupakan suatu kehormatan memilikinya di tim kami dan menemukan tidak hanya seorang profesional yang hebat tetapi juga seorang individu luar biasa,” tukasnya.

    (lua/rgr)

  • SUV Baru Suzuki Victoris Pakai Strong Hybrid, Konsumsi BBM Tembus Segini

    SUV Baru Suzuki Victoris Pakai Strong Hybrid, Konsumsi BBM Tembus Segini

    Jakarta

    Suzuki resmi meluncurkan SUV berteknologi hybrid terbaru. Kali ini bukan sekadar hybrid ringan atau mild hybrid, SUV terbaru Suzuki itu mengusung teknologi strong hybrid.

    Mobil baru Suzuki itu adalah Suzuki Victoris. Mobil tersebut meluncur di India.

    Suzuki Victoris dijual dengan pilihan mesin bensin, gas dan strong hybrid. Pilihan pertama adalah mesin K-Series 1.5L Dual Jet Dual VVT berkapasitas 1.462 cc. Mesin itu memiliki tenaga 103,06 PS @ 6.000 rpm dengan torsi maksimalnya 139 Nm @ 4.300 rpm. Tersedia pilihan transmisi manual, otomatis, Allgrip AT, dan manual S-CNG.

    Selain itu, Suzuki juga menyediakan pilihan mesin 1.5 Strong Hybrid. Suzuki Victoris dengan mesin hybrid itu memiliki kapasitas 1.490 cc dengan tenaga 92,45 PS @ 5.500 rpm dan torsi maksimal 122 Nm @ 3.800-4.800 rpm. Khusus tipe hybrid, Suzuki memasangkan mesinnya dengan transmisi e-CVT. Di dalamnya ada tiga mode berkendara, yaitu Eco, Power dan Normal.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Konsumsi BBM-nya tergolong irit. Suzuki mengklaim, konsumsi bahan bakar rata-rata SUV ini bisa di atas 20 km/liter. Berikut detailnya:

    21,18 km/liter (MT)21,06 km/liter (AT)19,07 km/liter (Allgrip AT)27,02 km/lh (MT S-CNG)28,65 km/liter (Strong Hybrid eCVT).Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Suzuki Victoris memiliki fitur ADAS Level 2. Terdapat lebih dari 10 fitur bantuan pengemudi cerdas. Beberapa di antaranya adalah Automatic Emergency Brake, Adaptive Cruise Control with Curve Speed Reduction, Lane Keep Assist, High Beam Assist, Rear Cross traffic Alert, hingga Blind Spot Monitor with Lane Change Alert. Selain itu, tersedia juga enam buah airbag sebagai fitur standar.

    Fitur keamanan lainnya, Suzuki Victoris dilengkapi dengan rem cakram di semua rodanya. Ada juga Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Auto 360 view camera activation dengan sensor parkir depan-belakang, hingga electronic parking brake with brake hold.

    (rgr/lth)

  • Awas Kaget, Setelah 2 Tahun Harga Mobil Listrik Turun Segini!

    Awas Kaget, Setelah 2 Tahun Harga Mobil Listrik Turun Segini!

    Jakarta

    Harga jual kembali mobil listrik turun drastis sekalipun baru dua tahun. Bahkan penurunannya cukup tajam.

    Harga mobil listrik bekas anjlok. Ini menjadi salah satu sorotan bagi mereka yang mau membeli mobil dan mempertimbangkan harga jual kembali sebagai faktor utama. Bukan rahasia lagi, harga jual kembali masih menjadi faktor krusial bagi orang RI sebelum membeli mobil. Penurunan harga mobil listrik bekas itu cukup drastis. Bahkan baru dua tahun pemakaian, penurunannya bisa mencapai 70 persen.

    “Untuk BEV (Battery Electric Vehicle), resale value sering kali lebih rendah, rata-rata nilainya tinggal 50-70 persen setelah dua tahun,” ungkap Pengamat Otomotif sekaligus Akademisi Institut Teknologi Bandung Yannes Pasaribu saat dihubungi detikOto belum lama ini.

    Dijelaskan Yannes, depresiasi harga mobil listrik bekas itu bukan tanpa alasan. Kekhawatiran akan penurunan fungsi baterai menjadi salah satu faktor utamanya. Tak cuma itu, infrastruktur pengecasan yang masih terbatas juga dinilai jadi faktor lainnya.

    “Dan ketidakpastian teknologi akibat teknologi baterai yang begitu cepat berubah–daya simpan makin besar yang artinya daya jangkau makin jauh, tetapi harga baterai semakin murah,” lanjut Yannes.

    Meski begitu, tidak semua orang Indonesia menyorot soal harga bekas mobil listrik yang anjlok. Menurut Yannes, ada juga kalangan yang tak menjadikan resale value mobil listrik itu jadi pertimbangan. Mereka adalah generasi milenial dan juga generasi Z (gen Z).

    “Generasi muda lebih menekankan keberlanjutan lingkungan, teknologi, dan biaya operasional rendah. Situasi minat Gen Z terhadap kendaraan listrik meski resale value-nya rendah memperlihatkan pergeseran paradigma ini,” ujar Yannes.

    Situasi ini berbeda dengan generasi baby boomers dan generasi X yang menjadikan harga jual kembali faktor utama sebelum membeli mobil. Sebab, mereka menganggap bahwa pembelian kendaraan adalah aset finansial jangka panjang untuk stabilitas ekonomi keluarganya.

    (dry/rgr)

  • Aksen Hitam Eksklusif, Segini Harganya

    Aksen Hitam Eksklusif, Segini Harganya

    Jakarta

    Suzuki meluncurkan XL7 Hybrid Alpha Kuro sebagai varian tertinggi. Mobil yang hadir dengan sentuhan aksen hitam eksklusif itu akan diperkenalkan secara resmi pada 19 September 2025.

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro mengusung konsep desain elegan dengan aksen warna hitam yang melambangkan kemewahan, ketangguhan, serta ekspresi bagi pribadi pengendara.

    “Melihat antusiasme terhadap New XL7 Hybrid Alpha sebagai varian paling diminati, kini kami hadirkan NEW XL7 HYBRID ALPHA KURO. Tiga pilihan warna kendaraan dengan aksen hitam eksklusif ini menjadi persembahan spesial untuk konsumen setia Suzuki,” kata Donny Ismi Saputra, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam siaran persnya, dikutip Jumat (5/9/2025).

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro menghadirkan sentuhan warna hitam yang mendominasi eksterior. Aksen hitam itu menciptakan aura eksklusif untuk mobil tersebut. Suzuki sendiri belum merilis foto-foto dari XL7 Hybrid Alpha Kuro. Tapi, Suzuki memamerkan teaser berupa lampu belakang mobil itu.

    Mobil ini bisa dilihat langsung di jaringan dealer Suzuki. Kini, Suzuki sudah mulai mendistribusikan XL7 Hybrid Alpha Kuro ke semua jaringan penjualan Suzuki di Indonesia.

    Disebutkan, XL7 Hybrid Alpha Kuro memiliki head lamp dan rear lamp dengan balutan warna hitam. Selain itu, terdapat garnish bumper front and rear, roof rail, door handle set, serta garnish side sill splash dengan lapisan hitam. Kemudian ada pula black tailgate garnish, rear upper spoiler, dan emblem Alpha yang serba hitam.

    Tersedia tiga pilihan warna, yaitu Cool Black, Savana Ivory-Black-Two Tone, dan Snow White Pearl-Black-Two Tone. Berikut daftar harganya:

    1. Cool Black: Rp 312.200.000
    2. Savanna Ivory-Black – Two Tone: Rp 314.200.000
    3. Snow White Pearl-Black – Two Tone: Rp 314.200.000.

    (Harga on-the road DKI Jakarta, transmisi otomatis).

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro tetap mempertahankan keunggulan XL7 Hybrid sebelumnya. Mobil ini dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), Ground Clearance 200 mm, dan kabin 7 penumpang dengan material interior berkualitas tinggi untuk kenyamanan maksimal.

    “Sebagai varian tertinggi, New XL7 Hybrid Alpha Kuro melengkapi jajaran XL7 yang sudah lebih dulu hadir (Zeta, Beta, Alpha). Berbagai varian ini memberi kebebasan bagi konsumen memilih SUV 3 baris yang paling sesuai dengan gaya hidup mereka,” tutup Donny.

    (rgr/lth)

  • SIM Mati Hari Ini Bisa Diperpanjang Tanpa Bikin Baru, Catat Syaratnya

    SIM Mati Hari Ini Bisa Diperpanjang Tanpa Bikin Baru, Catat Syaratnya

    Jakarta

    Surat izin mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku selama lima tahun. Sebelum masa berlakunya terlewat, SIM harus diperpanjang masa berlakunya. Sebab, kalau lewat satu hari saja, maka SIM tidak berlaku dan pemiliknya harus membuat baru.

    Tapi, kini ada pengecualian. SIM yang mati hari ini tetap bisa diperpanjang tanpa harus bikin baru.

    Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi pasal 4 ayat 3, sejatinya jika SIM lewat dari masa berlakunya, maka harus diajukan penerbitan SIM baru. Itu berarti pemilik SIM harus ikut ujian teori dan praktik lagi.

    Namun, dilanjutkan pada pasal 4 ayat 4, SIM yang lewat dari masa berlakunya karena kahar dapat dikecualikan terhadap ketentuan tersebut dan bisa dilakukan perpanjangan SIM berdasarkan Keputusan Kakorlantas Polri atas laporan dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah.

    Lebih lanjut pada pasal 4 ayat 5, perpanjangan SIM yang sudah lewat masa berlaku itu dilaksanakan sesuai waktu dan tempat pelayanan pada Satpas yang ditetapkan Kakorlantas Polri.

    Pada hari ini, Jumat (5/9/2025), pelayanan SIM tutup dalam rangka libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari akun media sosial TMC Polda Metro Jaya, pelayanan Satpas Daan Mogot, Unit Satpas DKI Jakarta, Unit Gerai SIM DKI Jakarta dan Unit SIM Keliling diliburkan hari ini. Pelayanan penerbitan SIM dibuka kembali pada tanggal 6 September 2025.

    “Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 5 September 2025, dapat melaksanakan perpanjangan SIM pada tanggal 6 September 2025 dengan mekanisme perpanjangan,” demikian dikutip dari akun media sosial TMC Polda Metro Jaya.

    Jadi perlu dicatat, tidak semua SIM mati bisa diperpanjang tanpa harus bikin baru. Syarat utamanya adalah SIM tersebut masa berlakunya habis di hari ini, 5 September 2025, tepat saat pelayanan penerbitan SIM diliburkan. Kemudian, SIM tersebut harus diperpanjang besok, 6 September 2025. Di luar tanggal-tanggal itu, perpanjangan SIM mati tidak bisa dilakukan, alias harus bikin SIM baru dengan mekanisme ujian teori dan praktik lagi.

    Syarat Perpanjang SIM

    Adapun perpanjang SIM harus melampirkan syarat-syarat berikut:

    KTP asli dan dua lembar fotokopi.SIM asli yang hendak diperpanjang dan 2 lembar fotokopi.Surat keterangan kesehatan. Bisa dibuat di lokasi perpanjang SIMHasil keterangan lulus tes psikologi. Tes ini juga bisa dilakukan secara online melalui situs ePPsi SIM atau aplikasi ePPSi SIMFormulir pengajuan perpanjangan SIM yang telah diisi lengkap.Biaya Perpanjang SIM

    Untuk biaya perpanjang SIM tak ada perbedaan dengan perpanjangan SIM pada umumnya. Khusus untuk perpanjang SIM, biaya per penerbitannya paling mahal Rp 80 ribu untuk SIM A, SIM B I, dan SIM BII. Untuk tahu lebih rinci, berikut biaya penerbitan perpanjangan SIM:

    SIM A, SIM BI, SIM BII: Rp 80 ribu per penerbitanSIM C, SIM CI, dan SIM CII: Rp 75 ribu per penerbitanSIM D, SIM DI: Rp 30 ribu per penerbitan

    Biaya di atas bukan merupakan biaya final dari proses pengurusan perpanjang SIM. Untuk mengurus perpanjang SIM, ada biaya lain yang juga harus dikeluarkan yaitu tes kesehatan, tes psikologi, dan asuransi.

    (rgr/lth)