Jenis Media: Otomotif

  • Status Uji KIR Truk yang Tabrak Gerbang Tol Ciawi

    Status Uji KIR Truk yang Tabrak Gerbang Tol Ciawi

    Jakarta

    Gerbang Tol Ciawi 2 kembali menjadi ‘korban’ kecelakaan yang diakibatkan truk diduga mengalami rem blong. Begini status uji KIR truk yang menabrak Gerbang Tol Ciawi 2.

    Kecelakaan tersebut terjadi pada Kamis (4/9/2025) dini hari di Gerbang Tol Ciawi 2, Bogor, Jawa Barat. Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, Alvin Andituahta Singarimbun, dalam keterangan persnya menyebutkan kecelakaan terjadi diduga akibat truk yang mengalami rem blong.

    “Dugaan sementara, truk mengalami rem blong sehingga tidak terkendali dan menabrak Gerbang Tol Ciawi 2,” ujar Alvin dikutip detikNews.

    Kepala Induk PJR Tol Jagorawi Kompol Akhmad Jazuli juga menduga hal yang sama. Masalah pengereman diduga menjadi pemicu kecelakaan tersebut.

    “Kronologi kejadian, kendaraan 1 (light truk) sedang transaksi di gardu 11 Gerbang Tol Ciawi 2. Datang kendaraan 2 (truk kontainer) diduga pengeremannya kurang berfungsi dengan baik, lanjut menabrak gardu nomor 9 yang peruntukannya untuk kendaraan kecil,” kata Kompol Akhmad.

    Lantas bagaimana status uji KIR truk yang diduga mengalami rem blong itu? Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengungkap, status uji berkala kedua truk yang terlibat kecelakaan masih berlaku.

    Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, kecelakaan bermula saat truk kontainer bernomor polisi B 9647 UEL melaju dari arah Jakarta menuju Gerbang Tol Ciawi 2. Kemudian, truk menabrak beton pembatas jalur dan terdorong ke depan, hingga menghantam truk lainnya bernomor polisi F 8643 VE yang sedang melakukan transaksi di gardu.

    “Kami cek melalui aplikasi Mitra Darat, kendaraan truk B 9647 UEL telah melakukan uji berkala pada tanggal 15 Maret 2025 dan berlaku hingga 15 September 2025,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Aan Suhanan.

    Sementara, truk bernomor polisi F 8643 VE status uji berkala masih berlaku hingga tanggal 15 Februari 2026.

    Aan menekankan kepada seluruh perusahaan angkutan barang dan para pemilik barang agar dapat berperan dalam memastikan kondisi pengemudi dan kondisi kendaraan dalam keadaan memenuhi aspek persyaratan teknis laik jalan dan tidak melebihi kapasitas muatan yang telah ditetapkan sebelum dioperasikan di jalan umum sehingga dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan.

    (rgr/lth)

  • Sudah Ada di Dealer, Harga Mobil Eropa Ini Cuma Rp 140 Jutaan

    Sudah Ada di Dealer, Harga Mobil Eropa Ini Cuma Rp 140 Jutaan

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Prancis, Citroen resmi meluncurkan Citroen Basalt X. Meski dibekali banyak fitur mumpuni, namun kendaraan tersebut dibanderol selayaknya mobil pemula atau entry level.

    Disitat dari Gaadiwaadi, Citroen Basalt X bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Menurut CEO & Direktur Utama Stellantis India, Shailesh Hazela, pasar India masih sangat menjanjikan untuk mobil-mobil Eropa seperti Citroen.

    “India merupakan inti dari visi global Stellantis, dan peluncuran hari ini menandai momen penting bagi Citroën India 2.0. Jadi, melalui Basalt X, kami bangga memperkenalkan CARA, pendamping dalam mobil pintar pertama di India-dirancang, direkayasa, dan diluncurkan di India,” ujar Hazela, dikutip Sabtu (6/9).

    “Basalt X Range merupakan langkah maju yang berani, memperkuat portofolio kami dengan eksklusivitas dan kenyamanan. Inovasi-inovasi ini merupakan bagian dari pergeseran jangka panjang kami untuk menjadikan mobilitas lebih terhubung, lebih manusiawi, dan lebih aspiratif,” tambahnya.

    Citroen Basalt X di India. Foto: Doc. Citroen India

    Secara tampilan, Citroen Basalt X mengusung desain SUV Crossover dengan sentuhan coupe. Kendaraan tersebut menggabungkan tampilan kekar khas SUV di bagian depan dengan siluet melandai di bagian belakang.

    Pabrikan merancang Basalt X sebagi mobil yang kompak namun bermuka garang. Kendaraan itu disematkan lampu utama (headlamp) memicing yang terhubung langsung dengan logo perusahaan. Kemudian grilnya dirancang dominan dengan desain yang cukup radikal.

    Selain mengusung desain coupe-SUV yang sudah dikenal, pabrikan asal Prancis ini memberikan sentuhan premium pada Citroen Basalt, seperti penggunaan trim kulit sintetis lembut dengan aksen emas, jok depan yang sudah dilengkapi ventilasi, pencahayaan ambient yang menambah kesan mewah, serta layar sentuh tanpa bingkai berukuran 26 cm yang dipadukan dengan panel instrumen digital berukuran serupa.

    Dari sisi keselamatan, mobil ini dibekali enam airbag, Electronic Stability Program (ESP), sistem pemantau tekanan ban (TPMS), dudukan ISOFIX untuk kursi anak, hill-hold assist, dan alarm perimeter. Semua fitur keselamatan ini sudah menjadi standar di seluruh varian. Selain itu, tersedia juga kamera 360 derajat dengan tujuh mode tampilan dan cruise control yang dilengkapi pembatas kecepatan.

    Citroen Basalt X di India. Foto: Doc. Citroen India

    Citroen masih mempertahankan dua pilihan mesin bensin 1.2L. Mesin turbo menghasilkan tenaga maksimal 110 PS dan torsi 205 Nm, sedangkan versi tanpa turbo atau naturally aspirated juga tetap tersedia. Pilihan transmisinya mencakup manual lima percepatan, manual enam percepatan, dan otomatis torque converter enam percepatan.

    Menariknya, mobil tersebut punya fitur bernama CARA yang diklaim sebagai asisten pintar pertama di India. CARA bukan sekadar sistem perintah suara biasa, melainkan mampu memahami nada suara dan konteks pembicaraan. Misalnya, saat pengemudi mengatakan “Saya lelah”, sistem akan langsung menyarankan tempat istirahat terdekat.

    CARA terintegrasi penuh dengan sistem mobil, termasuk memantau tekanan ban, mengontrol fitur seperti AC dan kunci pintu, serta mengatur navigasi, panggilan telepon, pengingat, dan pemutaran musik.

    Bahkan, CARA mampu memberikan informasi secara real-time mengenai jadwal penerbangan, pasar saham, cuaca, hingga skor pertandingan kriket. Dari sisi keselamatan, sistem ini juga mendukung perintah suara untuk SOS, peringatan darurat, dan respon saat terjadi kecelakaan.

    CARA mendukung 52 bahasa, baik lokal maupun internasional, dan bisa berganti bahasa di tengah percakapan. Fitur ini tersedia secara gratis untuk varian MAX Automatic, khusus untuk pemesanan awal.

    Menariknya, meski canggih, namun Citroen Basalt X dibanderol cukup murah di India, yakni mulai dari 7.95 lakh rupee atau Rp 140 jutaan. Menarik sekali, bukan?

    (sfn/lth)

  • Gak Cuma Mobil Baru, di PIK Kini Juga Bisa Berburu Mobil Bekas

    Gak Cuma Mobil Baru, di PIK Kini Juga Bisa Berburu Mobil Bekas

    Jakarta

    Mobil bekas tetap seksi di mata pecinta otomotif. Wajar, selain menawarkan harga yang relatif lebih terjangkau, jika tepat memilih mobil bekas bisa menguntungkan masyarakat yang hendak memiliki mobil.

    Nah bagi detikers yang ingin memiliki mobil bekas dan tinggal di kawasan PIK, bisa langsung menyambangi Bursa Otomotif Buana (BOB) yang berada di POIN PIK 2, Tangerang. Soalnya berbeda dengan showroom mobil bekas lainnya, Showroom mobil bekas BOB menawarkan konsep yang lebih modern dan terintegrasi. Sehingga kehadirannya diharapkan menjadi pilihan strategis bagi masyarakat, yang mencari kendaraan berkualitas dengan proses transaksi yang aman dan nyaman.

    Dijelaskan dalam siaran resmi yang diterima detikOto, BOB menghadirkan lebih dari sekedar deretan showroom mobil bekas. Dengan mengusung prinsip kelengkapan, transparansi, dan kenyamanan, kawasan ini menawarkan berbagai pilihan, mulai dari mobil harian hingga segmen premium, dalam satu lokasi terpadu. Konsep ini memudahkan konsumen untuk membandingkan berbagai opsi kendaraan secara praktis tanpa harus berpindah tempat.

    Selain itu, konsumen juga dapat menikmati kenyamanan ekstra saat bertransaksi di Bursa Otomotif Buana. Setiap pembelian dilengkapi dengan perlindungan menyeluruh, mulai dari asuransi kendaraan, garansi mesin, hingga layanan road side assistance. Dengan dukungan ini, pengalaman pembiayaan menjadi lebih praktis, aman, terlindungi, dan bebas khawatir.

    “Saya mau menjadikan BOB ini satu bursa yang punya warna berbeda. Beda dari bursa-bursa yang ada di Jakarta atau di luar Jakarta. Kita mau menghadirkan bursa yang menguntungkan buat customer, dari sisi kecepatan proses, unit yang berkualitas dan harga yang kompetitif,” jelas President Director Buana Finance, Yannuar Alin.

    Bursa Otomotif Buana (BOB) resmi berdiri di PIK 2, Tangerang. Foto: Dok. Bursa Otomotif Buana (BOB)

    Pada Grand Opening BOB, Ketua AMBI Tjung Subianto mengapresiasi langkah Buana Finance yang dinilainya berani, dan menjadi terobosan di tengah situasi menantang. Ia menyebut BOB sebagai bukti ketangguhan pengusaha yang bisa menginspirasi anggota AMBI untuk berani menciptakan peluang.

    “PIK ini semua orang tahu, bahkan saya yang orang Bekasi pun sering ke sini. Promosinya luar biasa, terlihat jelas keseriusan Buana Finance mendukung BOB, ditambah isi showroom mayoritas anggota AMBI yang sudah teruji,” ujar Tjung.

    Sebagai bagian dari grand Opening, konsumen berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan langsung, seperti Gratis Asuransi Kendaraan, Oli Pertamina Fastron, serta Souvenir menarik.

    Bursa Otomotif Buana (BOB) resmi berdiri di PIK 2, Tangerang. Foto: Dok. Bursa Otomotif Buana (BOB)

    Selain itu dijelaskan, Kawasan POIN PIK 2 dinilai akan menjadi sebagai pusat otomotif terbaru di sekitaran Jakarta dan Tangerang. BOB diharapkan jadi magnet baru bagi para pencari mobil bekas. Mengusung slogan “Beli mobil bekas tanpa cemas” menjadi jawaban atas keresahan umum pembeli, yakni bisa mendapatkan unit berkualitas, pembiayaan jelas, dan transaksi yang lebih tenang.

    (lth/din)

  • Spesifikasi Mobil BJ Habibie yang Diduga Dibeli RK Pakai Duit Korupsi

    Spesifikasi Mobil BJ Habibie yang Diduga Dibeli RK Pakai Duit Korupsi

    Jakarta

    Mobil Mercedes-Benz milik mantan Presiden RI, BJ Habibie, yang dibeli mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sedang menjadi perbincangan di mana-mana. Sebab, selain transaksinya belum lunas, kendaraan tersebut konon ditebus menggunakan uang hasil korupsi.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan, Ridwan Kamil alias RK membeli mobil buatan Jerman tersebut dari putra BJ Habibie, yakni Ilham Akbar Habibie. Namun, ada dugaan kendaraan itu dibeli menggunakan uang korupsi.

    “Dalam pemeriksaan hari ini, penyidik mendalami terkait penjualan aset miliknya (Ilham Habibie) kepada Saudara RK, yang diduga pembeliannya tersebut berasal dari hasil dugaan tindak pidana korupsi ini,” ujar Jubir KPK Budi Prasetyo, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (6/9).

    Mercedes-Benz 280 SL Foto: Dok. RM Sotheby’s

    Sebagai kanal otomotif, detikOto tak mau membahas kasus tersebut lebih jauh. Kami justru ingin fokus ke mobil Mercedes-Benz milik BJ Habibie yang punya nilai sejarah cukup tinggi.

    Disitat dari sejumlah catatan literasi, mobil tersebut merupakan Mercedes-Benz 280 SL. Kendaraan itu merupakan bagian dari seri W113 dan pertama kali dikenalkan di Geneva Motor Show, Swiss, pada 1963.

    Mercedes-Benz 280 SL punya tampilan unik dan ikonik. Bahkan sampai dijuluki ‘Pagoda’ karena bentuk atap hardtop-nya yang melengkung ke dalam di bagian tengah, menyerupai atap kuil-kuil di Asia.

    Atap yang cekung sebenarnya bukan hanya elemen estetika, melainkan juga memiliki fungsi praktis: memudahkan masuk dan keluar mobil, serta meningkatkan stabilitas struktural dan keamanan

    Bicara soal jantung mekanis, Mercedes-Benz 280 SL telah dibenamkan mesin 2.800 cc 6 silinder segaris bertenaga 170 hp. Kubikasi itu jelas membuat 280 SL lebih bertenaga dari dua saudara terdekatnya, yakni 230 SL dan 250 SL.

    Sebagai catatan, Ridwan Kamil membeli mobil tersebut dengan harga Rp 2,6 miliar, namun keduanya bersepakat bila pembayaran bisa dicicil. RK disebut-sebut baru membayar setengah atau Rp 1,3 miliar.

    “Mobil itu dibeli, dicicil tapi belum lunas. Jadi belum milik dia. Saya menyatakan, kalau ini tidak dilunasi dalam waktu dekat, saya tarik kembali dan dia (RK) setuju,” kata Ilham.

    (sfn/lth)

  • Jadwal MotoGP Catalunya 2025, Sprint Race Digelar Malam Ini

    Jadwal MotoGP Catalunya 2025, Sprint Race Digelar Malam Ini

    Jakarta

    Tak terasa, MotoGP musim ini sudah memasuki seri ke-15. Setelah libur dua pekan, balapan akan kembali digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Nah, biar tak ketinggalan serunya sesi kualifikasi, Sprint Race hingga balapan inti, kami bakal rangkum jadwal MotoGP Catalunya 2025 sejak sekarang!

    Rangkaian jadwal MotoGP Catalunya 2025 akan dimulai melalui latihan bebas pertama yang dihelat Jumat (5/9). Kemudian perlombaan dilanjutkan ke sesi kualifikasi pada Sabtu sore dan Sprint Race di Sabtu malam (6/9). Setelah itu, perlombaan ditutup dengan Race atau balapan inti, Minggu malam (7/9).

    Pada tahun lalu, MotoGP Catalunya digelar dua kali, yakni di pertengahan dan akhir musim. Khusus di akhir musim, balapan tersebut bertajuk ‘solidarity race’ setelah menggantikan MotoGP Valencia yang batal digelar akibat banjir.

    Jadwal MotoGP Catalunya 2025. Jangan lupa, Sprint Race digelar malam ini. Foto: dok. Aprilia

    MotoGP Catalunya 2024 yang pertama dimenangkan Francesco Bagnaia yang mampu mengalahkan Jorge Martin dan Marc Marquez. Sementara balapan kedua juga dimenangkan Bagnaia dengan mengalahkan dua musuh yang sama.

    Bagnaia agaknya susah mengulang keberhasilan yang sama musim ini. Sebab, pebalap Ducati asal Italia itu sedang berada dalam periode terburuknya di MotoGP. Sementara Marquez yang tak pernah menang di Catalunya sejak musim 2019, diprediksi akan tampil gemilang di balapan pekan depan.

    Berikut Jadwal MotoGP Catalunya 2025

    Jumat (5/9)

    13:30 – 13:45 | MotoE – Free Practice14:00 – 14:35 | Moto3 – Free Practice Nr. 114:50 – 15:30 | Moto2 – Free Practice Nr. 115:45 – 16:30 | MotoGP – Free Practice Nr. 117:35 – 17:50 | MotoE – Practice18:15 – 18:50 | Moto3 – Practice19:05 – 19:45 | Moto2 – Practice20:00 – 21:00 | MotoGP – Practice21:20 – 21:30 | MotoE – Qualifying Nr. 121:40 – 21:50 | MotoE – Qualifying Nr. 2

    Sabtu (6/9)

    13:40 – 14:10 | Moto3 – Free Practice Nr. 214:25 – 14:55 | Moto2 – Free Practice Nr. 215:10 – 15:40 | MotoGP – Free Practice Nr. 215:50 – 16:05 | MotoGP – Qualifying Nr. 116:15 – 16:30 | MotoGP – Qualifying Nr. 217:10 | MotoE – 7 Laps, Race Nr. 117:45 – 18:00 | Moto3 – Qualifying Nr. 118:10 – 18:25 | Moto3 – Qualifying Nr. 218:40 – 18:55 | Moto2 – Qualifying Nr. 119:05 – 19:20 | Moto2 – Qualifying Nr. 220:00 | MotoGP – 12 Laps, Tissot Sprint21:10 | MotoE – 7 Laps, Race Nr. 2

    Minggu (7/9)

    14:40 – 14:50 | MotoGP – Warm Up15:00 – 15:40 | MotoGP – Rider Parade16:00 | Moto3 – 18 Laps, Race17:15 | Moto2 – 21 Laps, Race19:00 | MotoGP – 24 Laps, Grand Prix.

    (sfn/lth)

  • Ternyata Orang Indonesia yang Beli Honda Brio Banyak dari Kalangan Ini

    Ternyata Orang Indonesia yang Beli Honda Brio Banyak dari Kalangan Ini

    Jakarta

    Brio masih jadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Pembelinya kebanyakan berasal dari kalangan ini.

    Honda Brio kerap wara-wiri meramaikan daftar mobil terlaris di Indonesia. Beberapa kali bahkan Brio berada di puncak mobil paling banyak diburu di dalam negeri. Di tubuh Honda, Brio memang jadi tulang punggung ketimbang model lainnya. Usut punya usut, Brio cukup banyak diminati para pembeli mobil pertama. Bahkan 80 persen keseluruhan pembeli Brio adalah pembeli mobil pertama.

    “60-70 persen mungkin pembeli Brio tuh first time buyers, yang Satya apalagi, 80 persen mungkin first time buyers,” ungkap Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor Yulian Karfili belum lama ini.

    Di jajaran keluarga Honda, Brio adalah mobil paling murah. Meski begitu kata pria yang akrab disapa Arfi tersebut, konsumen Brio yang merupakan pembeli mobil pertama itu punya karakter unik. Mereka justru membeli varian yang paling mahal, khususnya untuk Brio Satya penghuni segmen Low Cost Green Car (LCGC).

    “Karena itu first time buyersnya Honda itu adalah orang yang udah punya kemampuan untuk beli, tapi di segmen harga sekitar Rp 200 jutaan,” jelas Arfi.

    Soal harga, Honda Brio saat ini ditawarkan dalam dua versi ada yang LCGC dan non-LCGC. Versi LCGC dihadirkan lewat Brio satya sedangkan non-LCGC Brio RS. Brio Satya dijual mulai Rp 170 jutaan hingga yang termahal Rp 202,5 juta. Sementara Brio RS ada dua varian yaitu manual dan matic. Versi manual dibanderol Rp 248,2 juta dan matic Rp 258,2 juta.

    Sebagai informasi tambahan, di balik kapnya, Brio mengandalkan 1.199 cc, SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW (Drive by Wire), dengan sistem injeksi PGM-FI. Mesin itu memiliki diameter x langkah 73,0 mm x 71,6 mm dengan rasio kompresi 10,1:1.

    Di atas kertas, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 90 PS (88,7 dk) pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi otomatis CVT dan transmisi manual.

    Honda Brio sudah dibekali fitur dual airbag di depan, side impact beam, seatbelt reminder, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan sensor parkir. Tentunya juga ada fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

    (dry/lth)

  • Si Legendarsis All New Honda Prelude Resmi Dijual

    Si Legendarsis All New Honda Prelude Resmi Dijual

    Si Legendarsis All New Honda Prelude Resmi Dijual

  • Toyota Thailand Luncurkan Innova Zenix Terbaru Bikinan Karawang, Apa Bedanya?

    Toyota Thailand Luncurkan Innova Zenix Terbaru Bikinan Karawang, Apa Bedanya?

    Jakarta

    Toyota Thailand resmi meluncurkan Innova Zenix terbaru. Mobil terbaru itu diimpor Toyota Thailand dari pabrik Toyota Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Apa saja pembaruannya?

    Toyota Innova Zenix Hybrid model tahun 2025 resmi meluncur di Thailand. Dikutip dari media lokal Thailand Autolifethailand, Innova zenix Hybrid terbaru itu diimpor Toyota Thailand dari Indonesia. Diketahui, Innova Zenix memang diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

    Toyota Innova Zenix 2025 di Thailand Foto: Dok. Toyota Thailand

    Toyota Thailand meluncurkan dua varian baru Zenix Hybrid, yaitu 2.0 HEV Smart dan 2.0 HEV Premium. Mobil ini mendapatkan pembaruan berupa tambahan body kit lengkap di bagian depan, samping dan belakang. Selain itu, Zenix Hybrid terbaru di Thailand mendapatkan ujung knalpot stainless steel.

    Toyota Innova Zenix 2025 di Thailand Foto: Dok. Toyota Thailand

    Tambahan lainnya seperti pengisi daya nirkabel untuk gawai penumpangnya, serta kamera perekam video (DVR) atau semacam dashcam di depan dan belakang. Perubahan lainnya di bagian interior yaitu warna kabin yang menjadi hitam pekat.

    Toyota Innova Zenix 2025 di Thailand Foto: Dok. Toyota Thailand

    Di Thailand, Innova Zenix Hybrid sudah menggunakan standar emisi Euro 6. Mobil ini dibekali mesin berkode M20A-FXS, kapasitas 2,0 liter, 1.987 cc. Tenaga maksimum 152 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 188 Newton meter pada 4.400 – 5.200 rpm. Mesin bensin itu bekerja dengan motor listrik bertenaga 113 daya kuda dan torsi 206 Nm.

    Toyota Innova Zenix 2025 di Thailand Foto: Dok. Toyota Thailand

    Ketika mesin bekerja sama dengan motor listrik, daya maksimumnya adalah 186 daya kuda dengan torsi 206 Nm. Mesin dipasangkan dengan transmisi otomatis e-CVT, berpenggerak roda depan, baterai Ni-MH 1,3 kWh. Toyota Thailand menyebut, mobil ini mendukung bahan bakar ethanol E10 dengan standar EURO 6. Toyota mengklaim, Innova Zenix ini memiliki konsumsi bahan bakar hingga 20,6 km/liter.

    Toyota Innova Zenix hadir dengan platform baru, yaitu sasis monokok TNGA-C. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

    Di Thailand, Innova Zenix 2.0 HEV Smart dijual dengan harga 1.379.000 baht (Rp 703 juta) dan Innova Zenix 2.0 HEV Premium seharga 1.489.000 baht (Rp 759 juta).

    (rgr/lth)

  • Honda Prelude Lahir Kembali

    Honda Prelude Lahir Kembali

    Jakarta

    Mobil legendaris Honda Prelude dilahirkan kembali. Honda Motor Co., Ltd. di Jepang resmi menjual All New Honda Prelude. Mobil coupe sport legendaris itu kini hadir dengan sistem hybrid pintar Honda e:HEV.

    Honda Prelude memiliki sejarah panjang sebagai coupe legendaris yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1978. Mobil itu dikenal sebagai coupe futuristis dengan inovasi teknologi di masanya.

    Setelah lima generasi, kini melalui generasi keenam, Honda membangkitkan kembali nama Prelude sebagai ikon masa depan yang menggabungkan warisan emosional dengan visi elektrifikasi Honda.

    Honda Prelude terbaru mengusung konsep Ulimited Glide. Desain Prelude terbaru terinspirasi dari gerakan glider yang melayang bebas di udara. Bagian depan mobil dirancang rendah dan tajam, sementara garis bodi yang halus berpadu dengan postur rendah dan lebar, menegaskan karakter sporty.

    Lampu depan Honda Prelude dilengkapi multifunction lights dengan garis menyerupai kepakan sayap, dipadukan dengan Adaptive Driving Beams dan Active Cornering Lights untuk visibilitas optimal saat malam. Teknologi laser brazing membuat atap terlihat mulus tanpa molding, sementara antena dengan glass-printing mempertegas kesan bersih. Detail seperti flush door handle, grille berlapis black chrome, serta aksen biru di fascia depan-belakang melengkapi nuansa premium.

    Honda Prelude Foto: Dok. Honda

    Beralih ke interior, Honda Prelude menawarkan kabin dua-tone Blue & White yang kontras dan elegan. Kursi pengemudi dirancang untuk pengalaman berkendara sporty, sementara kursi penumpang menawarkan kenyamanan. Logo Prelude bordir pada headrest serta desain door lining yang ergonomis menciptakan kebanggaan kepemilikan. Fitur interior lainnya meliputi setir D-shaped, paddle shift berbahan metal, serta full-graphic meter cluster eksklusif yang memperkuat nuansa sporty.

    Honda Prelude Foto: Dok. Honda

    Prelude dilengkapi layar sentuh 9 inci dengan Honda CONNECT berbasis Google built-in. Di dalamnya tersedia Google Maps, Google Play, dan Google Assistant. Sistem audio Bose Premium 8-speaker dengan fitur Dynamic Speed Compensation menyesuaikan kualitas suara sesuai kecepatan, memberikan pengalaman layaknya konser.

    Untuk pertama kalinya, Honda memperkenalkan teknologi Honda S+ Shift pada sistem hybrid e:HEV. Sistem ini menghadirkan virtual 8-speed transmission yang menciptakan sensasi perpindahan gigi nyata meskipun mobil digerakkan motor listrik.

    Honda menghadirkan Active Sound Control, yang menghasilkan suara mesin bertenaga sinkron dengan putaran RPM melalui sistem audio. Fitur baru Coasting Control memungkinkan mobil melambat seperti dalam posisi netral, memberikan sensasi meluncur bebas layaknya glider. Pengemudi dapat memilih mode berkendara Sport, GT, Comfort, atau Individual yang dapat disesuaikan hingga enam aspek berbeda, termasuk suspensi, suara mesin, hingga adaptive cruise control.

    Menggunakan chassis yang sama dengan Honda Civic Type R, Prelude terbaru menggunakan suspensi depan Dual-Axis Strut,Adaptive Damper System, sistem kemudi dengan Variable Gear Ratio (VGR), drive shaft rigid, serta rem cakram depan Brembo. Velg 19 inci dengan desain rigid meredam kebisingan sekaligus menjaga stabilitas.

    Dari sisi keselamatan, All New Honda Prelude dilengkapi standar dengan teknologi keselamatan canggih Honda SENSING, yang telah disesuaikan khusus untuk model ini agar memberikan kontrol lebih natural dan kenyamanan berkendara sehingga menghadirkan ketenangan pikiran dan rasa aman bagi pengemudi maupun penumpang.

    Sistem ini mencakup lebih dari 15 fitur, di antaranya Collision Mitigation Braking System, Collision Mitigation Throttle Control dan Rear Collision Mitigation Throttle Control,Low Speed Brake Function,Pedestrian Collision Mitigation Steering System,Road Departure Mitigation System,Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow dan Traffic Jam Assist,Lane Keeping Assist System, Traffic Sign Recognition,Adaptive Driving Beam Headlights,Blind Spot Information System dan Cross Traffic Monitor,Parking Sensor System serta Unintended Acceleration Mitigation.

    (rgr/lth)

  • Potret Skutik Terbaru Yamaha Penantang Honda Vario 150

    Potret Skutik Terbaru Yamaha Penantang Honda Vario 150

    Potret Skutik Terbaru Yamaha Penantang Honda Vario 150