Jenis Media: Otomotif

  • Beda Harga New Innova Zenix di Thailand vs Indonesia, Lebih Murah Mana?

    Beda Harga New Innova Zenix di Thailand vs Indonesia, Lebih Murah Mana?

    Jakarta

    Toyota Motor Thailand merilis MPV andalan, Kijang Innova Zenix. Secara umum, mobil ini punya DNA yang sama dengan di Indonesia. Namun terdapat perbedaan, apa saja? simak ulasannya yuk!

    Toyota Innova Zenix di Thailand hanya tersedia dalam dua varian, yaitu 2.0 HEV Smart dan 2.0 HEV Premium. Dari segi varian Innova Zenix Hybrid di Indonesia, lebih banyak varian yang ditawarkan, antara lain G, V, V Modelista, Q, dan Q Modelista.

    Di Thailand, Innova Zenix secara eksklusif menggunakan mesin hybrid. Ini berarti konsumen di Thailand tidak memiliki pilihan untuk membeli varian mesin bensin.

    Berbeda dengan Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin dan hybrid, dengan total varian yang cukup beragam.

    Dari segi dimensi, versi Thailand memiliki sedikit perbedaan dengan versi Indonesia. Innova Zenix Hybrid di Thailand memiliki panjang 4.760 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.790 mm. Jarak sumbu roda masih sama.

    Toyota Kijang Innova Zenix di Indonesia memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.795 mm dengan wheelbase 2.850 mm.

    Selain itu, Toyota Safety Sense (TSS), paket fitur keselamatan aktif dari Toyota, sudah menjadi standar pada semua varian Innova Zenix yang dijual di Thailand. Sementara itu, di Indonesia, TSS hanya tersedia pada varian hybrid.

    Meskipun sama-sama menggunakan mesin hybrid, terdapat sedikit perbedaan pada output performa. Mesin bensin M20A-FXS 1.987 cc pada versi Thailand menghasilkan tenaga 152 PS dan torsi 188 Nm, yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 113 PS dan torsi 206 Nm.

    Sementara di Indonesia, output tenaganya 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm.

    Innova Zenix di Thailand dan Indonesia sama-sama memiliki tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Untuk konsumsi bahan bakar, Toyota Thailand menyebut dapat mencapai 20,6 km per liter. Selain itu Innova Zenix hybrid di Thailand sudah memenuhi standar emisi Euro 6.

    Tambahan lainnya seperti pengisi daya nirkabel untuk gawai penumpangnya, serta kamera perekam video (DVR) atau semacam dashcam di depan dan belakang. Perubahan lainnya di bagian interior yaitu warna kabin yang menjadi hitam pekat.

    Harga Innova Zenix di Thailand berkisar antara 1.379.000 Baht (tipe Smart) dan 1.489.000 Baht (tipe Premium), atau setara dengan sekitar Rp 703 juta hingga Rp 760 juta. Angka ini jauh di atas harga jual di Indonesia yang dimulai dari Rp 430 jutaan hingga Rp 628,2 jutaan untuk varian tertinggi.

    Bisa dibilang harga Innova Zenix di Indonesia hadir lebih kompetitif.

    (riar/lua)

  • 3 Tahun Motor Listrik Alva di Indonesia, Klaim Pangkas Emisi Karbon 2.766 Ton!

    3 Tahun Motor Listrik Alva di Indonesia, Klaim Pangkas Emisi Karbon 2.766 Ton!

    Jakarta

    Alva, merek motor listrik yang sudah berkiprah selama tiga tahun di Indonesia. Selama periode tersebut, Alva mengklaim sudah mengurangi emisi CO₂ (karbon dioksida) sebanyak 2.766 ton.

    Pencapaian tersebut diumumkan oleh CEO ALVA, Purbaja Pantja. Ia menyebut, kontribusi ini setara dengan aksi menanam lebih dari 127 ribu pohon dalam setahun, tepat umur Alva berusia tiga tahun.

    “Perjalanan ini baru permulaan, kami berkomitmen akan terus menghadirkan inovasi serta solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat,” jelas Purbaja dalam keterangan resminya dikutip Minggu (7/9/2025).

    Alva belum merinci metodologi penghitungan pengurangan emisi ini. Termasuk tidak menyebutkan berapa jumlah motor listrik Alva yang sudah terjual.

    Kendati demikian, angka 2.766 ton CO₂ terbilang melonjak jika dibandingkan dengan capaian 2024 lalu. Saat itu, Alva baru mencatatkan penghematan sekitar 749 ribu kilogram CO₂, atau setara dengan menanam 344 ribu pohon. Artinya, dalam waktu sekitar setahun, kontribusi pengurangan emisi dari motor listrik Alva meningkat hampir empat kali lipat.

    Saat ini Alva sudah membangun 110 konektor boost charging station di 50 lokasi seluruh Indonesia, menghadirkan lebih dari 10 Alva Experience Center, serta menggandeng 48 mitra layanan purna jual di 23 kota besar.

    3 tahun Alva di Indonesia Foto: Dok. Alva

    “Capaian ini bukan sekadar angka, tetapi bukti nyata bahwa komitmen kami direspons positif oleh pasar. Keberadaan boost charging station, Alva Experience Center, dan jaringan layanan purnajual yang luas adalah langkah konkret kami memastikan pelanggan merasakan kemudahan dan kenyamanan sejak awal hingga sepanjang perjalanan mereka bersama ALVA,” ujar Purbaja.

    Sebagai bagian dari perayaan tiga tahun, Alva menggelar RidEVolution Vol. 2, kegiatan riding serentak bersama Alva Owners Club (AOC) di lima kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Semarang. Kegiatan ini pun dilanjutkan dengan aksi sosial berupa santunan untuk anak yatim di panti asuhan masing-masing kota sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat.

    “Tiga tahun ini hanyalah permulaan. Kami akan terus memperkuat ekosistem, berinovasi, dan menghadirkan layanan terbaik. Karena bagi kami, mobilitas masa depan haruslah cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan, yang selaras dengan gaya hidup modern,” jelas dia.

    (riar/lua)

  • Harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio September 2025

    Harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio September 2025

    Jakarta

    Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio menjadi opsi menarik buat konsumen motor matic yang menginginkan tunggangan bergaya klasik, namun tetap fungsional digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Bagi yang berminat meminang salah satu model skuter retro entry level tersebut, berikut harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio September 2025.

    Model baru Honda Scoopy diperkenalkan pada akhir 2024 lalu. Secara garis besar, Scoopy terbaru masih membawa bahasa desain Scoopy generasi sebelumnya. Tapi ada beberapa ubahan kecil, seperti di headlamp atau lampu depan, lampu sein, lampu belakang, juga lubang udara di bagian depan.

    Fitur Scoopy terbaru juga lebih canggih dan kekinian, seperti pencahayaan full LED, soket pengisian daya ponsel, panel instrumen full digital, smart key, dan juga teknologi anti-maling.

    Honda Scoopy ditawarkan dalam empat varian, yakni Fashion, Energetic, Prestige, dan Stylish. Dalam catatan detikOto, harga Honda Scoopy September 2025 tidak mengalami kenaikan dari bulan lalu.

    Harga Honda Scoopy September 2025:

    1. Scoopy Fashion: Rp 22.876.000

    2. Scoopy Energetic: Rp 22.876.000

    3. Scoopy Prestige: Rp 23.681.000

    4. Scoopy Stylish: Rp 23.681.000

    Sementara itu Yamaha Fazzio baru saja mendapatkan penyegaran pada akhir Juni lalu. Generasi motor matic hybrid terbaru itu hadir dengan konsep two tone atau perpaduan antara dua warna pada satu motor, sehingga memiliki penampilan yang lebih eye catchy. Pilihan warna baru Fazzio terbaru meliputi Grayceful Pink dan Yolo Black.

    Berbeda dengan Scoopy yang masih pakai mesin 110 cc, Fazzio menawarkan kapasitas mesin lebih besar yakni 125 cc. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Model ini juga dibekali teknologi hybrid, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.

    Dalam catatan detikOto, harga Yamaha Fazzio September 2025 tak mengalami kenaikan dari harga bulan lalu. Fazzio ditawarkan dalam tiga varian, yakni versi standar, Neo, dan Lux.

    Harga Yamaha Fazzio September 2025:

    1. Fazzio Hybrid: Rp 21.920.000

    2. Fazzio Hybrid Neo: Rp 23.705.000

    3. Fazzio Hybrid Lux: Rp 24.395.000

    (lua/riar)

  • Jadwal MotoGP Catalunya 2025 Nanti Malam

    Jadwal MotoGP Catalunya 2025 Nanti Malam

    Jakarta

    Balap utama MotoGP Catalunya 2025 digelar nanti malam. Sebelumnya Marc Marquez sukses memenangi balap sprint MotoGP Catalunya 2025 yang digelar semalam (6/9). Berikut adalah jadwal MotoGP Catalunya 2025 nanti malam.

    Catalunya dikenal sebagai salah satu sirkuit yang penuh tantangan dengan kombinasi lintasan lurus panjang serta tikungan teknis. Legenda MotoGP, Valentino Rossi, jadi pebalap paling sukses di MotoGP Catalunya dengan enam kemenangan di kelas premier.

    Pada balap sprint MotoGP Catalunya 2025 semalam (6/9) Marc Marquez keluar sebagai juaranya, diikuti Fabio Quartararo, dan Fabio Di Giannantonio. Marquez dijagokan lagi naik podium tertinggi di Catalunya pada balap utama malam nanti.

    Pebalap-pebalap KTM juga lumayan kuat di Sirkuit Catalunya ini dengan Pedro Acosta, Enea Bastianini, dan Brad Binder, masing-masing menempati peringkat keempat, kelima, dan keenam.

    Balap utama MotoGP Catalunya 2025 dilaksanakan jam 19.00 WIB sebanyak 24 lap. Balapan di hari terakhir ini juga akan diramaikan dengan race Moto2 (21 lap) dan Moto3 (18 lap).

    Bagi penggemar MotoGP di Tanah Air, momen ini jelas sayang dilewatkan. Apalagi buat para penggemar Marc Marquez. Sebab andai Marquez berhasil sapu bersih kemenangan di Catalunya, maka sangat besar peluang Marquez buat juara dunia MotoGP 2025 di kampungnya Valentino Rossi, di Misano, Italia.

    MotoGP Catalunya 2025 bisa Anda saksikan di stasiun televisi Trans7, maupun sejumlah aplikasi berbayar seperti Vidio dan SPOTV.

    Jadwal Balap Utama MotoGP Catalunya 2025

    Minggu (7/9/2025)

    1. 16:00 WIB: Moto3 Race (18 lap)

    2. 17:15 WIB: Moto2 Race (21 lap)

    3. 19:00 WIB: MotoGP Race (24 lap)

    (lua/riar)

  • Bahagianya Quartararo Podium Lagi

    Bahagianya Quartararo Podium Lagi

    Jakarta

    Fabio Quartararo bahagia betul, rider pabrikan Yamaha ini akhirnya bisa merasakan podium sprint race.

    Quartararo meraih podium di Sprint Race MotoGP Catalunya 2025 dengan finis di posisi kedua. Ini podium keduanya untuk musim 2025, setelah sebelumnya pernah menjadi runner up balapan utama MotoGP Spanyol 2025.

    Quartararo sudah tampil impresif sejak sesi kualifikasi dengan mengamankan posisi kedua di starting grid, tepat di belakang Alex Márquez.

    Quartararo melakukan beberapa manuver heroik untuk melawan Marc Marquez dan Pedro Acosta di tikungan-tikungan awal. El Diablo berhasil mempertahankan posisinya sepanjang lap pertama, bertarung dengan sengit, namun disalip oleh para rival di lintasan lurus.

    Quartararo menggunakan kelincahan M1 di Tikungan 1 untuk menyalip kembali Acosta dan merebut posisi ketiga.

    Setelah itu, posisinya mulai stabil, dan tak lama kemudian El Diablo berhasil menjauh dari para pengejarnya sambil mengejar dua bersaudara Marquez.

    Saat Alex Marquez jatuh empat lap terakhir, Quartararo naik ke posisi kedua. Ia tetap tenang dan berhasil mempertahankan posisinya, finis 1,299 detik di belakang pemenang, Marc Marquez.

    Podium ini menjadi sangat penting bagi Quartararo dan tim Yamaha karena menunjukkan kemajuan signifikan dari motor YZR-M1.

    Yamaha sedang berjuang sepanjang musim. Hasil ini membuktikan M1 masih mampu bersaing di barisan depan.

    “Posisi kedua ini, hasil terbaik saya di balapan Sprint, sangat berarti. Bisa bertarung dengan kedua Marquez bersaudara dan juga dengan Acosta-itu adalah pertarungan yang luar biasa,” kata Quartararo.

    “Kami kembali ke Parc Fermé setelah beberapa balapan yang sulit. Mampu bertarung dengan para pebalap ini dan melihat kami tidak terlalu jauh dari mereka, itu sangat bagus! Saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar. Saya sangat senang!,” tambah dia lagi.

    Well, mampukah Quartararo tampil sip saat balapan utama nanti?

    (riar/lua)

  • Jajal Motor Listrik Maka Cavalry, Jakarta-Purwakarta Sanggup Sekali Isi Baterai

    Jajal Motor Listrik Maka Cavalry, Jakarta-Purwakarta Sanggup Sekali Isi Baterai

    Jakarta

    Maka Cavalry, motor listrik lokal yang dirancang untuk penggunaan harian dan perjalanan jarak menengah. Jarak tempuh motor listrik ini diklaim mencapai 160 km dalam sekali pengisian penuh. Mari kita uji dengan touring tipis-tipis ke Purwakarta.

    Rute Jakarta-Purwakarta yang berjarak sekitar 70-80 km, tergantung titik keberangkatan dan tujuan. Di atas kertas, rute tersebut semestinya bisa dilewati Maka Cavalry dalam sekali isi daya.

    Tim redaksi detikOto memulai dari titik pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur menuju Parang Gombong, Purwakarta, Jawa Barat. Estimasi perjalanan sekitar 2 jam 10 menit dengan jarak tempuh 75 kilometer.

    Maka Cavalry Foto: Dok. Hafizh/Detikoto

    Rute perjalanan kali ini melintasi jalur Jalan Raya Bogor-Jonggol-Cariu yang didominasi jalanan datar. Perjalanan makin seru hingga melewati jalanan khas perbukitan ketika mendekati Parang Gombong, Purwakarta.

    Jakarta-Purwakarta, baterai yang tersisa

    Berdasarkan klaim spesifikasi dan hasil uji coba tim redaksi detikOto, motor listrik Maka Cavalry sangat mampu untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Purwakarta dalam sekali pengisian baterai.

    Layar multi informasi display (MID) Maka Cavalry menunjukkan jarak tempuh dari titik keberangkatan hingga tempat tujuan itu 77 kilometer. Dari baterai 100 persen sejak awal, kondisinya jadi tersisa 32 persen.

    Tim redaksi detikOto yang membawa motor ini memiliki tinggi 168 cm dengan bobot 78 kilogram. Gaya berkendara cenderung santai, lebih sering memakai mode Hi-Regen. Namun sesekali menjajal Hi-Torque untuk merasakan akselerasi maksimal saat melibas tanjakan.

    Maka Cavalry Foto: Dok. Ridwan/Detikoto

    Perlu diingat bahwa jarak tempuh aktual dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

    Bobot pengendara dan barang bawaan.Kondisi jalan (menanjak atau datar).Gaya berkendara (agresif atau santai).Penggunaan fitur-fitur seperti mode berkendara.

    Yang menarik dari motor listrik ini, Maka Cavalry dilengkapi dengan mode berkendara “Hi-Regen” yang dapat membantu menghemat baterai, terutama saat menghadapi kemacetan atau ketika mengurangi kecepatan.

    Perlu diingat saat menggunakan Hi-Regen tidak ada torsi instan yang ditawarkan. Tenaga yang disalurkan cenderung perlahan.

    Sistem pengereman regeneratif dari Hi-Regen juga mengisi kembali daya baterai saat pengereman. Perlu diingat ketika menggunakan mode ini, laju motor bisa berkurang tanpa harus melakukan pengereman.

    Spek performa Maka Cavalry

    Secara performa, skuter listrik ini bisa menghasilkan tenaga puncak 12 dk dan torsi 242 Nm. Cavalry bisa mencapai kecepatan maksimal 105 km/jam dan berakselerasi dari 0-60 km/jam hanya dalam 4,8 detik. Cavalry juga mampu menanjak hingga kemiringan 30 derajat.

    Posisi berkendara

    Secara umum, posisi kaki pada Maka Cavalry tidak terlalu menekuk, membuat pengendara bisa lebih rileks. Ini juga mengurangi risiko kram atau kelelahan pada kaki saat perjalanan panjang.

    Untuk tangan, stang yang tidak terlalu lebar dan tidak terlalu rendah membuat posisi tangan tetap alami. Hal ini sangat membantu dalam menjaga kenyamanan dan mengurangi kelelahan pada bahu dan lengan.

    Desain jok pada Maka Cavalry juga berkontribusi pada posisi berkendara yang nyaman. Joknya empuk dan memiliki desain yang ergonomis, mendukung postur tubuh tegak.

    Manuver seperti saat melewati kemacetan atau parkir terbilang mudah. Stang yang lebar juga memberikan leverage yang baik untuk mengendalikan motor.

    Kesimpulan

    Motor listrik Maka Cavalry terbukti bisa diajak jalan dari Jakarta-Purwakarta untuk sekali pengisian. Motor ini cocok buat yang mencari kenyamanan perjalanan harian hingga jarak menengah.

    (riar/din)

  • Punya Mesin Strong Hybrid, Ini Dia SUV Baru Suzuki Victoris

    Punya Mesin Strong Hybrid, Ini Dia SUV Baru Suzuki Victoris

    Kabin Suzuki Victoris dilengkapi sistem ambient light dengan lampu latar 64 warna yang dapat disesuaikan. Selain itu, ada Suzuki Connect generasi terbaru dengan lebih dari 60 fitur terhubung, termasuk E-Call, pemberitahuan perawatan, status rem parkir, Navigasi Suzuki dengan fitur ‘Kirim Perjalanan ke Mobil’. Konsol tengah memiliki desain ramping dengan layar AC yang terintegrasi ke dalam layar sentuh infotainment SmartPlay Pro X. Foto: Dok. Maruti Suzuki

  • Seberapa Hemat Pengeluaran Pakai Mobil Listrik? Cukup Rp 9 Ribuan per Hari

    Seberapa Hemat Pengeluaran Pakai Mobil Listrik? Cukup Rp 9 Ribuan per Hari

    Jakarta

    Kendaraan listrik dikenal bisa memberi keuntungan signifikan dalam hal efisiensi biaya operasional sehari-hari. Seberapa hemat ya jika kita menggunakan mobil listrik untuk aktivitas harian?

    Sebagai gambaran, bagi masyarakat perkotaan umumnya rata-rata jarak tempuh sekitar 50 km per hari. Contohnya untuk mobil listrik AION UT, klaimnya hanya perlu biaya Rp 9.690 per hari, atau setara Rp290.760 per bulan.

    Jika dihitung sepanjang tahun, pengeluaran untuk kebutuhan energi menggunakan AION UT berkisar Rp 3.489.168. Angka tersebut diklaim jauh lebih hemat dibandingkan
    kendaraan konvensional yang rata-rata masih memerlukan belasan juta rupiah per tahun untuk mobilitas dengan jarak yang sama.

    Tidak hanya menawarkan efisiensi energi, mobil listrik seperti AION UT juga tawarkan keuntungan dalam perawatan yang murah. Mobil ini menawarkan perawatan gratis selama tiga tahun atau jarak tempuh 40.000 km.

    Selain itu, insentif pajak kendaraan berbasis energi terbaru ini turut memberikan keringanan tambahan. AION UT hanya memerlukan sekitar Rp 400.000 per tahun untuk
    pajak kendaraan.

    Total Penghematan Hingga 80%

    Secara keseluruhan, total biaya operasional AION UT hanya sekitar Rp 4.889.168 per tahun. Perhitungan ini mencakup biaya charge, perawatan, dan pajak. Jika dibanding rata-rata biaya hatchback lain dengan jarak tempuh serupa, penghematan yang bisa didapatkan mencapai hingga 80%.

    Lebih dari sekadar sarana transportasi, AION UT menjadi solusi mobilitas cerdas yang menggabungkan gaya hidup modern, kepedulian terhadap lingkungan, dan efisiensi
    finansial. Keuntungan ini menjadikan AION UT pilihan ideal bagi masyarakat perkotaan yang mengutamakan kenyamanan, teknologi, serta keberlanjutan.

    “Penghematan biaya operasional yang signifikan ini menunjukkan bahwa kendaraan listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan value for money yang
    nyata bagi konsumen. Inilah wujud mobilitas masa depan yang lebih cerdas, efisien, dan berkelanjutan,” ungkap Andry Ciu, CEO GAC Indonesia, dalam keterangannya.

    Ilustrasi biaya operasional menggunakan mobil listrik Foto: Dok. AION

    (lua/riar)

  • Jangan Abaikan Ban! Ini Tips Aman Berkendara di Arus Balik Libur Long Weekend

    Jangan Abaikan Ban! Ini Tips Aman Berkendara di Arus Balik Libur Long Weekend

    Jakarta

    Libur panjang Maulid Nabi sudah usai, kini saatnya berkendara pulang mengarungi arus balik libur long weekend.

    Arus balik umumnya membuat jalanan lebih padat dari biasanya. Karena itu, menjaga kondisi kendaraan jadi hal wajib agar perjalanan pulang tetap aman dan nyaman.

    Salah satu komponen yang sering diremehkan justru punya peran besar, yakni ban. PT Bridgestone Tire Indonesia mengingatkan pengendara untuk memastikan kondisi ban prima sebelum melaju.

    “Keselamatan selalu jadi prioritas utama. Melalui tips perawatan ban ini, kami ingin masyarakat lebih peduli agar perjalanan long weekend lebih nyaman dan aman,” ujar Head of Original Equipment Sales Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano, dalam keterangan resminya.

    Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan. Pertama, cek tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan.

    Ban kempis bikin cepat aus dan boros BBM, sementara ban terlalu keras mengurangi traksi dan kenyamanan. Lalu, pastikan ketebalan tapak ban minimal 1,6 mm. Jika sudah aus, risiko selip terutama di jalan basah bisa meningkat.

    Jangan abaikan retakan atau benjolan pada ban. Hal kecil seperti kerikil yang menempel di alur ban juga bisa berbahaya karena mengurangi daya cengkeram.

    Selain itu, lakukan rotasi setiap 8.000-10.000 km, balancing, dan spooring supaya kendaraan tetap stabil dan enak dikendarai.

    Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah ban cadangan. Pastikan kondisinya baik dan tekanannya ideal, bahkan sebaiknya 5-10 psi lebih tinggi dari standar.

    Hindari pula membawa muatan berlebih karena bisa membuat ban bekerja lebih keras, apalagi di jalur menanjak.

    Dengan ban yang sehat dan kendaraan siap jalan, perjalanan arus balik libur panjang bisa lebih tenang, nyaman, dan minim risiko.

    Jadi, sebelum berangkat, luangkan waktu sebentar untuk memeriksa kondisi ban. Itu investasi kecil untuk keselamatan detikers dan keluarga di perjalanan.

    (mhg/lua)

  • Yamaha Luncurkan Skutik Listrik Baru, Bisa Tempuh 83 Km

    Yamaha Luncurkan Skutik Listrik Baru, Bisa Tempuh 83 Km

    Jakarta

    Yamaha resmi memperkenalkan motor listrik terbarunya di Taiwan pada 4 September 2025. Skutik bernama CUXiE ini akan dipasarkan melalui jaringan Electric Vehicle Specialty Stores Yamaha di Taiwan, dan menjadi tonggak baru perjalanan pabrikan garpu tala di era mobilitas ramah lingkungan.

    CUXiE hadir sebagai skuter listrik pertama Yamaha yang mendukung sistem tukar baterai Gogoro Network. Model ini mewarisi desain mungil nan menawan dari CUXi klasik yang sejak 2006 dikenal sebagai pilihan favorit kaum muda dan wanita perkotaan. Mengusung filosofi ‘kelucuan klasik, tenaga maksimal’, CUXiE menggabungkan kepraktisan dengan sentuhan modern khas kendaraan listrik.

    Yamaha CUXiE Foto: Dok. Yamaha

    Secara tampilan, Yamaha tetap mempertahankan identitas desain ‘boxy dengan sentuhan bulat’ yang kini dipadukan dengan estetika modern bergaya CUBE. Hasilnya, sosok skutik tampak lebih ramping sekaligus stylish. Yamaha juga menyediakan enam pilihan warna baru yang terbagi dalam dua kategori.

    Pertama, seri Natural & Soft dengan baterai tunggal yang menawarkan warna abu-abu muda, putih, hijau muda, dan emas matte. Keempatnya dipadukan jok kulit cokelat lembut yang memberi kesan hangat. Kedua, seri Urban Vitality dengan baterai ganda tersedia dalam merah muda matte dan abu-abu tua. Varian ini dibekali jok kain antiselip abu-abu tua yang tampil sporty.

    Urusan performa, Yamaha CUXiE dipersenjatai motor listrik bertenaga 2,5 kW pada 700 rpm dengan torsi puncak 100 Nm sejak putaran awal. Ada dua pilihan konfigurasi baterai. Varian baterai tunggal mampu menempuh jarak hingga 39 km, sementara varian baterai ganda sanggup melaju sampai 83 km dalam sekali isi daya.

    Yamaha CUXiE Foto: Dok. Yamaha

    Untuk harga, Yamaha CUXiE versi baterai tunggal dibanderol 63.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp 33,8 juta, sedangkan versi baterai ganda dilepas 64.000 dolar Taiwan atau setara Rp 34,3 juta.

    Dengan kombinasi desain klasik, teknologi modern, serta kepraktisan sistem tukar baterai Gogoro, Yamaha CUXiE diposisikan sebagai skutik listrik stylish sekaligus ramah lingkungan yang cocok untuk kebutuhan mobilitas urban masa kini.

    (lua/riar)