Jenis Media: Otomotif

  • Transportasi Umum Jakarta Lebih Baik dari Kuala Lumpur!

    Transportasi Umum Jakarta Lebih Baik dari Kuala Lumpur!

    Jakarta

    Sebagai negara serumpun, fasilitas publik di Indonesia dan Malaysia kerap kali dibanding-bandingkan. Namun, tahukah detikers, menurut studi terbaru, transportasi umum di Jakarta diklaim lebih baik dibandingkan Kuala Lumpur?

    Baru-baru ini, kanal gaya hidup asal Inggris, TimeOut, merilis daftar 19 negara dengan transportasi umum terbaik di dunia. Posisi dalam daftar tersebut menentukan peringkat suatu kota: makin atas, makin baik kualitasnya.

    Studi tersebut tak dikerjakan asal-asalan, melainkan melibatkan 18.500 responden dari 50 negara di seluruh dunia. Penelitian itu mencari tahu soal keragaman transportasi umum di suatu kota (seperti bus, kereta dan trem), kemudian sejauh mana kelayakan unitnya dan integrasi perjalanannya.

    Bus di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto: Doc. KL Insider.

    Menariknya, dalam daftar tersebut, Jakarta menempati urutan ke-17 sebagai kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Sementara Kuala Lumpur sama sekali tak masuk daftar. Riset itu membuktikan, Jakarta masih lebih unggul dibandingkan Ibu Kota Malaysia.

    Menurut keterangan TimeOut, ada sejumlah alasan yang membuat Jakarta terpilih sebagai salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Misalnya, sistem terintegrasi yang menghubungkan antara kereta, MRT dan TransJakarta. Selain itu, jangkauan transportasi umum di Jakarta juga sangat luas.

    Studi tersebut mengungkap, ada 79 persen responden yang setuju Jakarta masuk salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Lebih lagi, sistem yang ada terbukti telah menekan kemacetan kronis yang kerap terjadi di kota berjuluk The Big Durian tersebut.

    Disitat dari laman Jakarta Property Institute (JPI), Senin (8/9), transportasi umum di Jakarta dalam beberapa sektor memang lebih baik dari KL. Menurut data yang mereka himpun dari Public Transit Index dan Moovit Insight, transum Jakarta lebih baik dalam hal masa tunggu, jangkauan rute dan daya tampung penumpang.

    Data tersebut umumnya diambil di rentang tahun 2019-2021. Namun, satu yang perlu dicatat, Transjakarta masih menjadi salah satu BRT dengan jangkauan terpanjang di dunia, yakni 251,2 km dengan 269 halte yang tersebar di seluruh kawasan Jakarta dan sekitarnya.

    Berikut 19 Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di DuniaHongkong, HongkongShanghai, ChinaBeijing, ChinaAbu Dhabi, UAETaipei, TaiwanLondon, InggrisVienna, AustriaSeoul, Korea SelatanMumbai, IndiaDoha, QatarDelhi, IndiaSingapura, SingapuraZurich, SwissBrighton, InggrisEdinburgh, SkotlandiaOslo, NorwegiaJakarta, IndonesiaWarsaw, PolandiaTallinn, Estonia.

    (sfn/dry)

  • Mobil Nasional Malaysia Punya Pabrik Mobil Listrik Sendiri

    Mobil Nasional Malaysia Punya Pabrik Mobil Listrik Sendiri

    Jakarta

    Merek mobil nasional Malaysia, Proton, punya pabrik mobil listrik sendiri. Dalam setahun, pabrik itu bisa memproduksi 20 ribu unit.

    Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim meresmikan pabrik perakitan pertama khusus untuk memproduksi kendaraan listrik Proton. Pabrik itu berlokasi di Automotive High Tech Valley (AHTV) di Tanjong Malim.

    Pabrik mobil listrik pertama Proton akan mulai memproduksi mobil listrik Proton e.Mas 7. Selanjutnya, Proton juga akan memproduksi mobil listrik keduanya, Poron e.Mas 5. Selain itu, kemitraan Proton dengan Zhejiang Geely Holding Ltd (Geely) juga akan memungkinkan merek-merek premium lainnya, seperti Zeekr, dirakit secara lokal pabrik baru tersebut.

    Pabrik mobil listrik pertama buat merek mobil nasional Malaysia itu berdiri di lahan seluas 5,57 hektar. Tak tanggung-tanggung, pabrik perakitan itu menghabiskan investasi 82 juta ringgit (Rp 318,1 miliar).

    Untuk tahap pertama, pabrik tersebut bisa memproduksi 20 ribu unit mobil listrik per tahun. Produksinya dapat ditingkatkan hingga maksimal 45 ribu unit per tahun.

    Pabrik pertama mobil listrik Malaysia itu dirancang dan dibangun melalui kerja sama dengan Geely. Fasilitas perakitan EV pertama yang dibangun khusus oleh Proton dan Malaysia ini menggabungkan operator produksi yang terotomatisasi dan sangat terlatih.

    “Peluncuran pabrik kendaraan listrik canggih ini menandai tonggak bersejarah bagi Proton dan industri otomotif Malaysia. Fasilitas ini, yang dibangun dengan teknologi canggih dan berfokus pada skalabilitas, akan menjadi tulang punggung komitmen kami untuk memproduksi kendaraan listrik kelas dunia. Proton e.MAS 7, yang telah diterima oleh konsumen Malaysia, hanyalah awal dari perjalanan kami menuju masa depan yang berkelanjutan,” ujar Dr. Li Chunrong, CEO Proton.

    Mobil listrik Proton sebenarnya adalah model Geely. Pabrikan mobil asal China itu memberikan panduan teknis mengenai sistem produksi, membantu pemilihan peralatan, dan mengerahkan para ahli untuk membantu instalasi dan uji coba. Geely juga memfasilitasi pelatihan di luar negeri bagi staf Proton dan memastikan pabriknya selaras dengan standar manufaktur kendaraan listrik global.

    (rgr/dry)

  • Bersahabat dan Lincah buat Main di Kota!

    Bersahabat dan Lincah buat Main di Kota!

    Jakarta

    Royal Enfield selama ini identik dengan motor klasik bergaya retro. Namun kali ini mereka mencoba sesuatu yang berbeda lewat Guerrilla 450.

    Tampang motor ini dirancang bergaya modern dengan sentuhan roadster dan scrambler yang terasa lebih segar. Apalagi motor tes yang dipinjamkan ke redaksi detikOto hadir dengan kelir warna silver-biru yang segar dipandang.

    Guerilla 450 ini ternyata cukup ramah di kantong. Sebagai moge 450 cc, saat diuji di rute perkotaan dengan jarak tempuh 151 kilometer, konsumsi bahan bakarnya tercatat cukup impresif.

    Dari metode full to full, motor ini menelan bensin sebanyak 5,14 liter sehingga hasilnya setara dengan 29,3 km per liter. Sementara rata-rata yang terekam di panel instrumen juga berada di kisaran 28 km per liter.

    Kendati demikian, angka segitu harusnya bisa lebih asyik lagi jika mendapat mesin yang sangar. Nyatanya, Guerilla 450 ini punya karakter mesinnya yang tidak eksplosif dan cenderung malu-malu.

    Mesin 452 cc berpendingin cair ini menghasilkan tenaga sekitar 40 PS dan torsi 40 Nm, dengan respon yang terasa padat di putaran bawah. Khas mesin silinder tunggal.

    Tarikan awalnya cukup berisi sehingga motor ini nyaman dipakai di jalan perkotaan yang sering menuntut stop and go. Terlebih handling Guerrilla 450 terbilang lincah.

    Royal Enfield Guerilla 450 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Sasis twin-spar dipadukan dengan suspensi depan teleskopik 43 mm dan monoshock belakang membuat motor ini mudah diajak bermanuver. Steering terasa ringan dan stabil saat berpindah jalur maupun melibas tikungan.

    Selain cocok untuk lalu lintas kota, Guerrilla 450 juga harusnya siap dibawa ke jalanan yang kurang bersahabat. Travel suspensi yang panjang serta ground clearance tinggi membuatnya cukup fleksibel diajak melewati jalan rusak atau sesekali keluar dari aspal.

    Soal kenyamanan, mesin terasa minim getaran dan tidak menghasilkan panas berlebihan. Kondisi ini jelas membantu ketika dipakai dalam kemacetan panjang.

    Dengan harga jual di kisaran Rp 150 jutaan, Guerrilla 450 bisa jadi pilihan menarik untuk konsumen muda yang menginginkan Royal Enfield dengan tampilan lebih modern namun tetap fungsional.

    (mhg/riar)

  • Viral Ban Mobil Bocor Massal di Tol Cipularang

    Viral Ban Mobil Bocor Massal di Tol Cipularang

    Jakarta

    Viral video dengan ban bocor massal di Tol Cipularang. Penyebab kejadian tersebut dari tumpahan besi pengait baja ringan yang diduga jatuh dari kendaraan pengangkutnya.

    Video yang viral itu diunggah oleh akun TikTok @jareeee00. Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan mobil yang sedang berjejer di bahu jalan. “Bocor massal”, begitu bunyi narasi dalam video itu. Videonya sudah lebih dari 812 ribu kali diputar.

    DetikOto menghubungi pemilik akun, dia menceritakan peristiwa ini terjadi di Tol Cipularang sekitar KM 111-112, tepatnya di jalur menuju Bandung sekitar pukul 15.30 WIB. Dia mengungkapkan banyak pengemudi terpaksa menepikan kendaraan mereka untuk memeriksa atau mengganti ban yang kempes.

    “Kejadian tol Cipularang arah Bandung KM 111-112, dari KM 110, saya di jalur 2, di depan kelihatan bening-bening, nggak terlalu jelas benda apa, intinya lancip,” ujarnya.

    Untuk menghindarinya, pengendara tersebut segera pindah ke jalur 3. Namun, di depannya sudah banyak mobil yang berhenti, beberapa di antaranya sudah mulai mengganti ban.

    “Saya ambil jalur tiga untuk menghindari benda itu, terus banyak orang yang berhenti, cek ban, ada juga yang ganti ban,” katanya lagi.

    Pengendara tersebut juga memutuskan untuk menepi di bahu jalan untuk memeriksa bannya, karena khawatir terkena dampak.

    Saat berhenti, ia melihat lebih banyak lagi kendaraan lain yang juga menepi dengan alasan yang sama.

    Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat peristiwa tersebut.

    Pihak Jasa Marga menemukan tumpahan besi pengait baja ringan yang diduga jatuh dari kendaraan pengangkutnya. Tumpahan itu menyebabkan kerusakan pada ban kendaran yang melintas. Tumpahan ditemukan di KM 109+800 Ruas Tol Cipularang arah Bandung.

    “Sesaat setelah mendapat laporan, petugas Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) bersama Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) segera melakukan pembersihan dan membantu pengguna jalan yang mengalami gangguan pecah ban, tepatnya di KM 110+600 dan 113+600,” kata Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Pasteur, Bandung, Agni Mayvinna dalam keterangannya.

    “Jasa Marga akan menelusuri dan melakukan teguran kepada angkutan yang membawa muatan tersebut. Saat ini muatan dipastikan telah dibersihkan dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi aman untuk dilintasi,” tambahnya lagi.

    (riar/din)

  • Cuma Dia Pebalap Ducati yang Bisa Ngalahin Saya!

    Cuma Dia Pebalap Ducati yang Bisa Ngalahin Saya!

    Jakarta

    Menurut Marc Marquez, hanya Alex Marquez pebalap Ducati yang bisa mengalahkannya. Begini kata Marquez soal adiknya itu.

    Kemenangan beruntun Marc Marquez di balapan utama akhirnya dipatahkan sang adik Alex Marquez. Di MotoGP Barcelona, Alex Marquez berhasil menjadi jawaranya. Marc memang mengatakan dia tahu tidak selalu bisa menang di setiap balapan. Cepat atau lambat, akan ada yang mematahkan dominasinya tersebut. Kali ini giliran Alex Marquez yang mengganggu kemenangan beruntun kakaknya dalam beberapa seri terakhir.

    Alex yang sempat gagal finis saat Sprint Race, akhirnya meraih sempurna di balapan hari Minggu. Marquez justru harus puas hanya membawa pulang 32 poin berkat juara di Sprint Race dan berada di podium kedua saat balapan utama. Raihan itu sekaligus juga membuat Marquez memuji sang adik. Menurutnya, hanya Alex lah pebalap Ducati yang bisa mengalahkannya di beberapa seri, termasuk di Barcelona.

    “Tidak pernah mudah saat harus kalah, ini adalah balapan dan saya ingin selalu menang. Tapi Alex berhak mendapatkannya, dia datang dari balapan yang aneh setelah mencederai tangannya,” tutur Marquez dilansir GPOne.

    “Hanya dia pebalap Ducati yang bisa mengalahkan saya di Sprint Race Silverstone, dan dia mengalahkan lagi saya hari ini dan kemarin dia juga yang tercepat. Karena kekuatannya adalah kelemahan saya. Kami bersaudara tapi kami memiliki gaya membalap yang sepenuhnya berbeda,” lanjut dia.

    Menurut Marquez, selama bertumbuh bersama Alex, dia selalu lebih unggul, tapi itu karena usianya yang lebih tua. Mereka berlatih bersama namun seringkali Alex justru kesulitan karena usianya yang lebih muda.

    “Kini hubungan kami sangat baik, sangat dekat. Dengan tersisa beberapa balapan di kejuaraan dunia, kami bisa finis pertama dan kedua. Ini tak pernah terjadi dan saya pikir akan sulit terjadi di masa depan,” lanjutnya lagi.

    Ucapan Marquez memang akan menjadi kenyataan. Di klasemen sementara, Marc Marquez berada di puncak dengan torehan 487 poin atau unggul 182 poin dari Alex Marquez yang bertengger di posisi kedua. Jalan Marquez untuk merebut titel juara dunia kesembilannya pun sangat terbuka lebar.

    (dry/din)

  • Jakarta Masuk Daftar Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia!

    Jakarta Masuk Daftar Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia!

    Jakarta

    Kanal gaya hidup asal Inggris, TimeOut, baru saja melakukan riset atau studi mengenai transportasi umum terbaik di dunia. Hasilnya, Jakarta mengungguli kota-kota besar di kawasan Eropa, seperti Polandia dan Estonia.

    Disitat dari laman TimeOut, Senin (8/9), studi tersebut melibatkan 18.500 informan dari 50 negara di dunia. Penelitian tersebut mencari tahu soal keragaman transportasi umum di suatu kota (seperti bus, kereta dan trem), kemudian sejauh mana kelayakan unitnya dan integrasi perjalanannya.

    Tahun ini, kawasan di Asia justru mendominasi daftar kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Menariknya, jaringan transportasi umum ikonik, seperti kereta bawah tanah New York dan feri lintas benua Istanbul, tak mampu bersaing dengan sistem kendaraan massal di Benua Kuning.

    Transportasi umum di Eropa. Foto: Doc. Timeout.

    Namun, dari Edinburgh hingga Abu Dhabi, Brighton hingga Beijing, semuanya berhasil masuk daftar prestisius tersebut. Uniknya, dari 19 kota yang dirilis, Jakarta menempati urutan ke-17!

    Menurut keterangan TimeOut, ada sejumlah alasan yang membuat Jakarta terpilih sebagai salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Misalnya, sistem terintegrasi yang menghubungkan antara kereta, MRT dan TransJakarta. Selain itu, jangkauan transportasi umum di Jakarta juga sangat luas.

    Studi tersebut mengungkap, ada 79 persen responden yang setuju Jakarta masuk salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Lebih lagi, sistem yang ada terbukti telah menekan kemacetan kronis yang kerap terjadi di kota berjuluk The Big Durian tersebut.

    Berikut 19 Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di DuniaHongkong, HongkongShanghai, ChinaBeijing, ChinaAbu Dhabi, UAETaipei, TaiwanLondon, InggrisVienna, AustriaSeoul, Korea SelatanMumbai, IndiaDoha, QatarDelhi, IndiaSingapura, SingapuraZurich, SwissBrighton, InggrisEdinburgh, SkotlandiaOslo, NorwegiaJakarta, IndonesiaWarsaw, PolandiaTallinn, Estonia.

    (sfn/din)

  • Peringatan buat Pengendara! Awas Pembatas Busway Sering Makan Korban

    Peringatan buat Pengendara! Awas Pembatas Busway Sering Makan Korban

    Jakarta

    Separator atau pembatas jalan untuk jalur bus Transjakarta (busway) kerap memakan korban. Beberapa kecelakaan terjadi saat kendaraan menabrak pembatas jalur busway tersebut. Ini pelajaran pentingnya.

    Pagi ini, terjadi kecelakaan mobil menabrak pembatas jalur bus Transjakarta di Jl Gatot Subroto arah Semanggi, Jakarta Selatan. Akibatnya, lalu lintas mengalami kepadatan.

    “Kecelakaan mobil menabrak pembatas Busway sebelum pertigaan Kampus Paramadina Jl. Gatot Subroto Jaksel arah Semanggi ada kepadatan arus lalu lintas,” demikian dikutip dari akun X TMC Polda Metro Jaya, Senin (8/9/2025).

    Kecelakaan seperti ini tidak hanya sekali-dua kali terjadi. Sudah banyak kejadian kecelakaan kendaraan menabrak jalur busway. Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, yang menjadi penyebab kecelakaan semacam itu bukan karena pembatas jalannya, tapi pengemudi yang kerap kehilangan fokus berkendara.

    “Nggak bisa disalahkan pembatasnya seolah-olah membahayakan, padahal hanya karena nyetirnya nggak fokus,” kata Sony kepada detikOto, Senin (8/9/2025).

    Menurut Sony, pembatas jalan yang dipasang di beberapa titik jenisnya macam-macam. Perlu dicatat juga bahwa pembatas jalan itu tidak hanya dipasang di pinggir jalan.

    “Pembatas jalan bermacam-macam ya. Ada yg kecil (kanstin), ada yang sedang dan lembut (water barrier), ada yang keras (beton). Fisiknya terbuat dari material yang berbeda-beda dan diletakkan serta diperuntukkan sebagai pemisah/pembatas jalan. Jadi nggak cuma di pinggir jalan, tapi kadang-kadang di marka jalan,” ujar Sony.

    Sony bilang, sering kali pembatas jalan ini ditabrak oleh pengemudi karena faktor kebiasaan pengemudi yang salah. Kadang, pengemudi tidak membaca marka dan sering berkendara tidak di lajurnya.

    “Jika berkendara dengan kecepatan yang sesuai, fokus dan tertib, pasti kecelakaan tersebut tidak akan terjadi,” ucap Sony.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo juga pernah menyatakan bahwa kebanyakan kecelakaan yang menabrak separator Transjakarta diakibatkan oleh human error. Itu karena sopir kelelahan dan mengantuk.

    Untuk mencegah kecelakaan, Dishub dan Transjakarta memasang tujuh rambu Chevron di sejumlah titik. Seperti di Gerbang Tol Semanggi, MT Haryono Signature Park, RS Dharmais, DPR RI, Halte Gerbang Pemuda, Exit Tol Cawang Halim, dan Halte Pancoran.

    Selain itu, Dishub juga memasang paku marka jalan berbasis tenaga surya (solar cell) di ujung separator dekat RS Tebet.

    “Kami imbau kepada para pengendara agar selalu mematuhi rambu lalu lintas, menjaga jarak aman, fokus berkendara, menyesuaikan kecepatan, dan memahami karakteristik jalan agar terhindar dari kecelakaan,” kata Syafrin dikutip Antara beberapa waktu lalu.

    (rgr/din)

  • Canggih Banget! Begini Spesifikasi Mobil Eropa Seharga Rp 140 Jutaan

    Canggih Banget! Begini Spesifikasi Mobil Eropa Seharga Rp 140 Jutaan

    Jakarta

    Perusahaan roda empat asal Eropa, Citroen telah meluncurkan produk terbaru bernama Citroen Basalt X. Kendaraan berjenis SUV crossover tersebut punya sejumlah keunggulan, mulai dari fiturnya yang canggih hingga harganya yang terjangkau.

    Disitat dari Gaadiwaadi, Senin (8/9), Citroen Basalt X bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Mobil tersebut hanya dibanderol mulai dari 7.95 lakh atau Rp 140 jutaan.

    Tak heran jika harganya sangat terjangkau, sebab Citroen Basalt X memang menyasar kalangan pemula atau entry level. Meski murah, namun spesifikasi kendaraan tersebut tak murahan.

    “Jadi, melalui Basalt X, kami bangga memperkenalkan CARA, fitur pendamping pertama di mobil pintar India-dirancang, direkayasa, dan diluncurkan di India,” ujar CEO & Direktur Utama Stellantis India, Shailesh Hazela.

    “Basalt X Range merupakan langkah maju yang berani, memperkuat portofolio kami dengan eksklusivitas dan kenyamanan. Inovasi-inovasi ini merupakan bagian dari pergeseran jangka panjang kami untuk menjadikan mobilitas lebih terhubung, lebih manusiawi, dan lebih aspiratif,” tambahnya.

    Berikut Spesifikasi Citroen Basalt X

    Desain

    Citroen Basalt X di India. Foto: Doc. Citroen India

    Secara tampilan, Citroen Basalt X mengusung desain SUV Crossover dengan sentuhan coupe. Kendaraan tersebut menggabungkan tampilan kekar khas SUV di bagian depan dengan siluet melandai di bagian belakang.

    Pabrikan merancang Basalt X sebagi mobil yang kompak namun bermuka garang. Kendaraan itu disematkan lampu utama (headlamp) memicing yang terhubung langsung dengan logo perusahaan. Kemudian grilnya dirancang dominan dengan desain yang cukup radikal.

    Selain mengusung desain coupe, pabrikan asal Prancis itu memberikan sentuhan premium pada Basalt X, seperti penggunaan trim kulit sintetis lembut dengan aksen emas, jok depan yang sudah dilengkapi ventilasi, pencahayaan ambient yang menambah kesan mewah, serta layar sentuh tanpa bingkai berukuran 26 cm yang dipadukan dengan panel instrumen digital berukuran serupa.

    Mesin

    Citroen Basalt X di India. Foto: Doc. Citroen India

    Citroen masih mempertahankan dua pilihan mesin bensin 1.2L. Mesin turbo menghasilkan tenaga maksimal 110 PS dan torsi 205 Nm, sedangkan versi tanpa turbo atau naturally aspirated juga tetap tersedia. Pilihan transmisinya mencakup manual lima percepatan, manual enam percepatan, dan otomatis torque converter enam percepatan.

    Fitur

    Citroen Basalt X di India. Foto: Doc. Citroen India

    Dari sisi keselamatan, mobil tersebut dibekali enam airbag, Electronic Stability Program (ESP), sistem pemantau tekanan ban (TPMS), dudukan ISOFIX untuk kursi anak, hill-hold assist, dan alarm perimeter. Semua fitur keselamatan tersebut sudah menjadi standar di seluruh varian. Selain itu, tersedia juga kamera 360 derajat dengan tujuh mode tampilan dan cruise control yang dilengkapi pembatas kecepatan.

    Menariknya, Basalt X punya fitur bernama CARA yang diklaim sebagai asisten pintar pertama di India. CARA bukan sekadar sistem perintah suara biasa, melainkan mampu memahami nada suara dan konteks pembicaraan. Misalnya, saat pengemudi mengatakan “Saya lelah”, sistem akan langsung menyarankan tempat istirahat terdekat.

    CARA terintegrasi penuh dengan sistem mobil, termasuk memantau tekanan ban, mengontrol fitur seperti AC dan kunci pintu, serta mengatur navigasi, panggilan telepon, pengingat, dan pemutaran musik.

    Bahkan, CARA mampu memberikan informasi secara real-time mengenai jadwal penerbangan, pasar saham, cuaca, hingga skor pertandingan kriket. Dari sisi keselamatan, sistem ini juga mendukung perintah suara untuk SOS, peringatan darurat, dan respon saat terjadi kecelakaan.

    CARA mendukung 52 bahasa, baik lokal maupun internasional, dan bisa berganti bahasa di tengah percakapan. Fitur itu tersedia secara gratis untuk varian MAX Automatic, khusus untuk pemesanan awal.

    (sfn/din)

  • Penggerebekan Pabrik Hyundai di AS, Ada WNI Ikut Diciduk

    Penggerebekan Pabrik Hyundai di AS, Ada WNI Ikut Diciduk

    Jakarta

    Ada WNI ikut diciduk dalam penggerebekan pabrik Hyundai di AS. WNI berinisial CHT itu ditangkap bersama dengan ratusan orang lainnya.

    Pabrik Hyundai di AS digerebek otoritas setempat. Saat penggerebekan tersebut, ada ratusan pekerja yang ditangkap. Salah satu di antaranya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berinisial CHT.

    Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menjelaskan WNI tersebut ada di Pabrik Hyundai Metaplant untuk kunjungan bisnis. Dia berencana menemui pihak Hyundai saat pabrik yang masih dalam pembangunan tersebut.

    “CHT memiliki rencana business trip selama satu bulan di AS dan dilengkapi dengan dokumen paspor, visa, dan undangan dari perusahaan,” ujar Judha dilansir Antara.

    Terkait dengan penangkapan CHT, KJRI Houston juga telah berkomunikasi dengan Folkston ICE Processing Center di Georgia. CHT diketahui ikut ditahan bersama dengan ratusan orang lain yang sebagian besar merupakan warga negara Korea Selatan. Namun belum ada info lanjutan terkait penangkapan CHT.

    “KJRI akan memberikan pendampingan kekonsuleran untuk CHT,” lanjut dia.

    Penggerebekan itu juga disebut sebagai operasi penegakan hukum terbesar di satu lokasi dalam sejarah Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) AS. Operasi penggerebekan yang diberi nama ‘Operation Low Voltage’ ini melibatkan lebih dari 400 petugas penegak hukum setelah melakukan penyelidikan berbulan-bulan. Adapun fasilitas pabrik tersebut merupakan usaha patungan antara LGES (LG Energy Solution) dan Hyundai Motor. Rencananya pabrik beroperasi pada akhir tahun ini.

    “Ini bukan operasi imigrasi di mana agen masuk ke lokasi, mengumpulkan orang-orang dan menempatkan mereka di bus,” ungkap Steven Schrank, agen khusus yang memimpin penyelidikan di Georgia.

    Mengutip pemberitaan The New York Times, mayoritas pekerja yang ditangkap bukanlah karyawan Hyundai atau LG, melainkan kontraktor. Hyundai memastikan tidak ada pekerjanya yang ditangkap.

    Sedangkan LG Energy Solution menyebut 47 pekerjanya ditangkap dari penggerebekan tersebut. Pekerja LG yang ditangkap berperan membantu mengawasi pembangunan pabrik dan datang ke AS dengan visa atau melalui program pembebasan visa.

    Baik Hyundai maupun LG Energy Solution menolak untuk berkomentar. Namun pejabat dari kedua perusahaan itu sepakat mereka memprioritaskan keselamatan para karyawan dan melakukan penyelidikan internal, termasuk terhadap praktik-praktik kontraktor.

    LG juga mengatakan telah membatasi perjalanan karyawannya di AS. Sedangkan para karyawan yang sudah berada di Negeri Paman Sam untuk perjalanan bisnis diminta untuk tetap tinggal di tempat atau kembali ke Korea Selatan.

    (dry/din)

  • Pajak Suzuki Fronx Tipe Termahal, Setahun Bayar Segini

    Pajak Suzuki Fronx Tipe Termahal, Setahun Bayar Segini

    Jakarta

    Suzuki Fronx menjadi andalan baru dari Suzuki untuk pasar otomotif Indonesia. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 259 juta sampai Rp 321,9 juta. Berapa pajak tahunannya?

    Suzuki Fronx terbaru sudah dilengkapi mesin berteknologi hybrid ringan (mild hybrid) atau disebut Suzuki Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Tak cuma itu, Suzuki Fronx juga menjadi mobil pertama Suzuki yang mendapatkan fitur ADAS atau (Advanced Driver Assistance System).

    Lantas berapa pajak tahunannya? Berdasarkan penelusuran detikOto, berikut detail pajak tahunan Suzuki Fronx tipe SGX atas nama perusahaan.

    Pajak Suzuki Fronx tipe SGX

    Pajak Kendaraan Bermotor (PKB): Rp 3.633.000

    SWDKLLJ: Rp 143.000Total pajak tahunan: Rp 3.776.000.

    Pajak tersebut berlaku untuk Suzuki Fronx tipe SGX yang terdaftar atas nama perusahaan di Jakarta. Adapun tarif pajak atas nama perusahaan di Jakarta dikenakan sebesar 2 persen. Itu sama dengan kendaraan pribadi pertama tanpa dikenakan pajak progresif.

    Perlu dicatat, angka pajak itu mungkin berbeda karena menyesuaikan NJKB mobilnya. Di daerah lain, juga kemungkinan berbeda karena beberapa wilayah sudah menerapkan opsen pajak kendaraan bermotor dan tarif pajak yang berbeda dengan Jakarta.

    Suzuki Fronx Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOtoSpesifikasi Suzuki Fronx

    Secara eksterior, Suzuki Fronx mengadopsi konsep desain Dynamic Coupe-Style SUV. Suzuki mengklaim, Fronx menjadi kendaraan yang menonjolkan keunikannya bahkan di kota yang penuh dengan mobil. Desain mobil ini menggabungkan kekuatan, kualitas, dan kecanggihan.

    Suzuki menawarkan dua pilihan mesin untuk Fronx. Khusus untuk tipe terendah GL, Suzuki Fronx menggunakan mesin berkode K15B 1.500 cc dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk tipe GX dan SGX hadir dengan mesin K15C 1.500 cc mild hybrid dengan pilihan transmisi otomatis 6 percepatan (6AT).

    Suzuki Fronx Hybrid. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Mesin K15B pada Fronx tipe GL memiliki tenaga maksimal hingga 104,7 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm / 4.400 rpm. Sedangkan mesin K15C mild hybrid pada tipe GX dan SGX memiliki tenaga maksimal 100,6 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 135 Nm / 4.400 rpm.

    Suzuki Fronx juga telah dibekali fitur ADAS. ADAS di Suzuki Fronx disebut Suzuki Safety Support. Fitur ADAS itu tersedia di tipe tertinggi Suzuki Fronx.

    Suzuki Fronx Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Berikut fitur-fitur ADAS pada Suzuki Fronx:

    Adaptive Cruise ControlLane Keep AssistAutonomous Emergency Braking (DSBS II)Head Up DisplayLane Departure PreventionLane Departure WarningRear Cross Traffic Alert360 View CameraVehicle Swaying WarningBlind Spot MonitorHigh Beam AssistParking Sensor.

    (rgr/din)