Jenis Media: Otomotif

  • Isi Garasi Menkeu Purbaya Yudhi Sadewa Pengganti Sri Mulyani

    Isi Garasi Menkeu Purbaya Yudhi Sadewa Pengganti Sri Mulyani

    Jakarta

    Purbaya Yudhi Sadewa resmi dilantik menjadi Menteri Keuangan RI menggantikan Sri Mulyani. Intip isi garasi Purbaya yang kini menjadi Menteri Keuangan RI.

    Pelantikan Purbaya sebagai Menkeu oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (8/9/2025), kemarin. Pelantikan tersebut sesuai Surat Keputusan Presiden RI tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet. Posisi Purbaya sebelumnya menjabat Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) sejak 2020.

    Menilik sisi otomotifnya, Purbaya memiliki koleksi beberapa kendaraan bermotor. Di garasinya, sesuai data di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), totalnya ada empat unit mobil dan dua unit sepeda motor.

    LHKPN Purbaya disampaikan terakhir kali pada 11 Maret 2025. Saat itu, Purbaya menyampaikan LHKPN sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    Di LHKPN itu, Purbaya memiliki harta total Rp 39,21 miliar. Kekayaan itu terbagi dalam beberapa kategori seperti tanah dan bangunan, kendaraan hingga kas.

    Khusus alat transportasi dan mesin, Purbaya total memiliki enam unit kendaraan. Total nilai kendaraan yang dimiliki Purbaya mencapai Rp 3,6 miliaran. Berikut isi garasi Purbaya sesuai LHKPN yang terakhir kali dia sampaikan:

    Sedan Mersedes-Benz tahun 2008, hasil sendiri senilai Rp 200 jutaSUV BMW tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 1,6 miliarToyota Alphard tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 1 miliarPeugeot 5008 tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 730 jutaYamaha XMAX BG6 AT tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 55 jutaHonda Vario 125 tahun 2021, hasil sendiri senilai Rp 21 juta.

    Selain kendaraan, Purbaya memiliki harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 30,5 miliar, harta bergerak lainnya senilai Rp 684 juta, surat berharga senilai Rp 220 juta, serta kas dan setara kas sebesar Rp 4,2 miliar. Purbaya tercatat tidak memiliki utang.

    (rgr/din)

  • Tarif Parkir di Jakarta Mau Naik, Segini Bedanya dengan Kota Lain

    Tarif Parkir di Jakarta Mau Naik, Segini Bedanya dengan Kota Lain

    Jakarta

    Tarif parkir di Jakarta bakal naik karena dianggap masih rendah. Segini perbandingan tarif parkir antara Jakarta dan kota-kota lainnya.

    Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana untuk mengerek tarif parkir. Kenaikan tarif parkir itu dilakukan dalam rangka pengendalian lalu lintas dan optimalisasi pelayanan perparkiran. Mengutip laman Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terakhir merevisi Peraturan Gubernur tentang Biaya dan Tarif Parkir 13 tahun lalu.

    Aturan tarif parkir itu diatur dalam Peraturan Gubernur nomor 120 tahun 2012 tentang Biaya Parkir pada penyelenggaraan fasilitas parkir untuk umum di luar badan jalan dan Peraturan Gubernur nomor 31 tahun 2017 tentang layanan tarif parkir.

    Perbandingan Tarif Jakarta dan Kota-kota Lain

    Tarif parkir di Jakarta itu dirasa masih minim. Khususnya untuk mendukung push dan pull strategy penanganan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Dishub DKI Jakarta juga menjabarkan perbedaan tarif parkir di beberapa kota lain di Tanah Air.

    Di Jakarta, tarif parkir mobil dikenakan Rp 5.000 untuk satu satu jam pertama. Tarif serupa juga berlaku di Tangerang dan Bandung. Sementara di Depok tarifnya Rp 5.500, Tangerang Selatan Rp 6.000, Bekasi Rp 7.500, dan Surabaya Rp 8.000.

    Motor parkir di Jakarta dikenai tarif Rp 2.000, lebih murah dibanding kota-kota lain yang sudah menerapkan tarif Rp 3.000-3.500. Selanjutnya tarif parkir bus di Jakarta sebesar Rp 8.000. Tarif parkir bus ini bukan yang terendah. Diketahui tarif parkir Tangerang, Bandung, dan Bekasi masing-masing Rp 5.000, Rp 7.000, dan Rp 7.500. Sedangkan di Surabaya bus parkir dikenakan tarif Rp 20.000. Tarif yang sama juga berlaku untuk truk. Di Jakarta, truk parkir kena tarif Rp 8.000.

    Untuk diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung memang sudah menyebut akan menaikan tarif parkir. Pramono menjelaskan, kebijakan tersebut tak hanya bertujuan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta, melainkan juga untuk memberikan subsidi kepada 15 golongan masyarakat agar bisa menikmati layanan transportasi umum secara gratis.

    “Mohon maaf bagi orang-orang yang mampu, nanti pelan-pelan (tarif) parkirnya saya mau naikkan,” ujar Pramono pada Juni lalu.

    (dry/din)

  • Transportasi Umum Jakarta Masuk 20 Besar Terbaik Dunia, Begini Kata Pramono

    Transportasi Umum Jakarta Masuk 20 Besar Terbaik Dunia, Begini Kata Pramono

    Jakarta

    Gubernur Jakarta, Pramono Anung, menanggapi hasil studi TimeOut yang menyebut Jakarta sebagai salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Meski membenarkan hasil riset tersebut, namun dia mengaku belum puas dan akan terus melakukan penyempurnaan.

    Pramono mengatakan, transportasi umum Jakarta hanya kalah dari Singapura di Asia Tenggara. Kota yang dipimpinnya itu masih lebih unggul dibandingkan Manila, Kuala Lumpur dan Bangkok.

    “Jakarta sekarang ini dari 50 kota, 18 ribu responden yang disurvei, kita berada di nomor 17. Di ASEAN kita hanya kalah dari Singapura, lebih baik dari Kuala Lumpur, Manila, maupun Bangkok,” kata Pramono di Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/9/2025).

    Transportasi umum di Jakarta. Foto: Andhika Prasetia

    Menurut Pramono, dikutip dari detikNews, capaian tersebut menjadi bukti Jakarta semakin diperhitungkan secara global dalam penyediaan sarana publik. Ia berharap peringkat tersebut bisa terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.

    “Mudah-mudahan dengan ini kita bisa lebih baik, bukan lagi ranking 17, tapi bisa lebih tinggi lagi,” kata dia.

    Diberitakan detikOto sebelumnya, menurut TimeOut, ada sejumlah alasan yang membuat Jakarta terpilih sebagai salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Misalnya, sistem terintegrasi yang menghubungkan antara kereta, MRT dan TransJakarta. Selain itu, jangkauan transportasi umum di Jakarta juga sangat luas.

    Studi tersebut mengungkap, ada 79 persen responden yang setuju Jakarta masuk salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Lebih lagi, sistem yang ada terbukti telah menekan kemacetan kronis yang kerap terjadi di kota berjuluk The Big Durian tersebut.

    Berikut 19 Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di DuniaHongkong, HongkongShanghai, ChinaBeijing, ChinaAbu Dhabi, UAETaipei, TaiwanLondon, InggrisVienna, AustriaSeoul, Korea SelatanMumbai, IndiaDoha, QatarDelhi, IndiaSingapura, SingapuraZurich, SwissBrighton, InggrisEdinburgh, SkotlandiaOslo, NorwegiaJakarta, IndonesiaWarsaw, PolandiaTallinn, Estonia.

    (sfn/din)

  • Ratusan Pebalap Adu Cepat di Pertamax Turbo Drag Fest Seri II Tasikmalaya

    Ratusan Pebalap Adu Cepat di Pertamax Turbo Drag Fest Seri II Tasikmalaya

    Jakarta

    Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 seri II yang digelar pada 30-31 Agustus 2025 dirasa sangat berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Bayangkan saja, ajang balap drag race dengan standar nasional ini digelar di lapangan udara Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya.

    Ajang balap yang menjadi wadahnya para pecinta adrenalin ini diikuti 457 starter drag bike dan 301 starter drag race, hal tersebut membuktikan bahwa Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 sebagai kompetisi berskala besar dengan dukungan lintasan dan fasilitas yang mumpuni, seperti tertulis dalam siaran resmi yang diterima detikOto.

    Dijelaskan, PTDF seri II menggunakan lintasan sepanjang 840 meter dengan lebar sekitar 20 meter, menjadikan Lanud Wiriadinata sebagai salah satu trek terbaik untuk drag race. Lintasan ini sangat ideal untuk menyelenggarakan kelas 201 meter maupun 402 meter, termasuk area pengereman (deselerasi) yang aman sesuai regulasi.

    Menurut Andi Wahyu, Komisi Drag Bike PP IMI yang bertugas sebagai juri, PTDF Tasikmalaya telah menorehkan standar baru. “Sudah memenuhi syarat balapan setingkat nasional. Trek dan aspal sangat ideal,” Andi menambahkan.

    Hal senada juga disampaikan Arief Budianto, anggota Komisi Drag Race yang juga menjadi juri. “Jujur inilah balapan yang belum balapan nasional, tapi sudah melebih balapan kejurnas,” kata Arief.

    Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025 seri II digelar di lapangan udara Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya. Foto: dok. Pertamax Turbo Drag Fest (PTDF) 2025

    Selain lintasan yang memiliki standar nasional, sistem keamanan penonton juga menjadi fokus salah satu ajang balap nasional ini. Jjuara pertama kelas FFA, Rifat Sungkar, mengakui kualitas lintasan Tasikmalaya. “Aspal lintasan sangat bagus. Wajar aspalnya bagus, karena ini bandara yang sangat terawat. Trek sangat panjang dan lebar,” ungkap Rifat.

    “Paddocknya aman dan enak dibanding balapan yang pernah saya ikuti,” tambah Heriyansyah, pembalap sekaligus pemilik Yukido Race Team, Tangerang.

    Demi keamanan penonton, PTDF menyiapkan pagar besi setinggi satu meter di sepanjang trek yang menjaga jarak aman antara lintasan dengan tribun. Hal ini menjadi salah satu bukti komitmen penyelenggara terhadap aspek keselamatan.

    Tak hanya fokus pada balapan, PTDF juga menghadirkan manajemen lingkungan yang terukur. Area paddock dilengkapi tempat merokok khusus, sementara area jajanan dikelola oleh 12 petugas kebersihan yang memisahkan sampah plastik daur ulang dan sampah non-organik lainnya.

    Langkah ini menjadi bagian dari kampanye keberlanjutan lingkungan yang wajib dijalankan setiap event di bawah naungan IMI, sesuai standar FIM (Federasi Balap Motor Dunia) dan FIA (Federasi Balap Mobil Dunia).

    PTDF 2025 seri II Tasikmalaya merupakan lanjutan dari seri I yang digelar di Wonosari, Yogyakarta pada Juli lalu. Ajang ini kembali akan segera berlanjut ke seri pamungkas yang kembali digelar di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, pada 13-14 September 2025. Sekaligus menjadi penutup rangkaian balap drag nasional yang dikemas Pertamina dengan nuansa festival rakyat.

    (lth/rgr)

  • Anggaran Transportasi Umum Terus Menyusut, Bisa Picu Dampak Sosial

    Anggaran Transportasi Umum Terus Menyusut, Bisa Picu Dampak Sosial

    Jakarta

    Anggaran transportasi umum di Indonesia terus menyusut setiap tahunnya. Jika terus dibiarkan, dampaknya bisa fatal. Selain bisa mengganggu mobilitas masyarakat, hal itu juga bisa menimbulkan banyak masalah sosial.

    Indonesia mempunyai peta jalan buat menuju target Indonesia Emas 2045. Saat 100 tahun kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa target capaian dalam berbagai bidang, antara lain pendidikan, kesehatan, budaya, dan ekonomi. Pada 2024, target-target tersebut resmi tertuang dalam Undang-Undang Nomor 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045.

    Dalam RAPBN Tahun Anggaran 2026, Program Makan Bergizi Gratis didapuk menjadi program utama dengan anggaran fantastis sebesar Rp 335 triliun. Program ini bersanding dengan ketahanan pangan (Rp 164,4 triliun), ketahanan energi (Rp 402,4 triliun), perumahan, serta pertahanan dan keamanan (Rp 425 triliun). Sementara itu, program pendukungnya hanya mencakup pendidikan (Rp 575,8 triliun) dan kesehatan (Rp 244 triliun).

    Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, penetapan anggaran yang sangat besar ini menunjukkan komitmen terhadap program itu. Namun sekaligus memunculkan kekhawatiran tentang prioritas.

    “Dengan dana sebesar itu, apakah program-program lain yang juga tidak kalah pentingnya–seperti keberlanjutan infrastruktur dan transportasi yang berkeselamatan–akan terabaikan?” bilang Djoko dalam keterangan resminya.

    Kata Djoko, untuk mencapai Indonesia Emas 2045, Indonesia perlu memandang infrastruktur serta transportasi sebagai kebutuhan dasar. Sama pentingnya dengan pangan, sandang, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kedua elemen ini adalah kunci utama untuk mendorong kemajuan suatu wilayah dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

    Anggaran Angkutan Umum Terus Dipangkas

    Pemerintah menargetkan pembenahan angkutan umum di 20 kota dalam RPJMN 2025-2029. Namun, program ini menghadapi tantangan serius. Anggaran stimulan skema buy the service (BTS) justru terus menyusut, membuat keberhasilan program ini diragukan. Setelah mencapai puncaknya di angka Rp 582,98 miliar pada 2023, alokasi anggaran terus menurun hingga direncanakan hanya sebesar Rp 80 miliar di tahun 2026. Tahun 2020 sebesar Rp 51,83 miliar, tahun 2021 (Rp 312,25 miliar), tahun 2022 (Rp 552,91 miliar), tahun 2024 (Rp 437,89 miliar), dan tahun 2025 (Rp 177,49 miliar).

    “Ketersediaan angkutan umum sejatinya berkaitan erat dengan isu kemiskinan, bukan semata-mata kemacetan. Daerah-daerah miskin sering kali terisolasi karena sulitnya akses transportasi. Sangat disayangkan jika anggaran untuk transportasi umum harus dikorbankan demi mendukung program lain, seperti Program Makan Bergizi Gratis. Sejatinya, angkutan umum harus dipandang sebagai alat untuk menjangkau dan memberdayakan kaum yang kurang beruntung,” ungkap Djoko.

    Djoko menambahkan, angkutan umum yang tidak dikelola dengan baik dapat memicu berbagai masalah sosial. Di beberapa wilayah Jawa Tengah misal, ketiadaan angkutan umum menyebabkan anak-anak putus sekolah. Fenomena ini tidak berhenti di situ, angka putus sekolah yang tinggi berkorelasi dengan peningkatan pernikahan dini, yang pada gilirannya berpotensi meningkatkan jumlah kelahiran bayi stunting.

    “Selain itu, penyediaan layanan angkutan umum di setiap kawasan perumahan dapat menjadi solusi untuk mengurangi banyaknya proyek perumahan mangkrak. Angkutan umum adalah kunci vital bagi aksesibilitas warga terhadap beragam kebutuhan, yang pada akhirnya mempengaruhi kesejahteraan mereka. Tanpa dukungan pemerintah dalam menyediakan angkutan umum, akses warga akan tersendat, dan upaya mencapai kesejahteraan akan terhambat,” tukasnya.

    (lua/rgr)

  • Isi Bensin Gak Perlu Buka Jok

    Isi Bensin Gak Perlu Buka Jok

    Jakarta

    Yamaha baru saja memperkenalkan skutik baru dengan dek rata buat pasar Taiwan. Dinamakan Yamaha Cygnus 155 XR, motor ini merupakan lawan bagi Honda Vario 160. Lalu seperti apa spesifikasi yang ditawarkan?

    Desain dan Dimensi

    Dari sisi tampilan, Yamaha Cygnus 155 berwajah garang. Lampu depannya menggunakan proyektor LED dengan desain yang mirip-mirip moge Italia Ducati Panigale. Lampu depan tersebut juga sudah dilengkapi DRL vertikal dan lampu sein yang terpisah di cover setang.

    Motor ini memiliki panjang 1.865 mm, lebar 715 mm, tinggi 1.125 mm, jarak sumbu roda 1.340 mm, tinggi jok 785 mm, dan bobotnya 129 kg. Yamaha Cygnus 155 memiliki kapasitas tangki bahan bakar 6,1 liter dan posisinya ada di tebeng depan, mirip seperti konsep Yamaha FreeGo, jadi isi bensin nggak perlu buka jok.

    Yamaha Cygnus 155 XR versi DX Foto: Dok. Yamaha TaiwanMesin dan Performa

    Yamaha Cygnus sejatinya sudah eksis di Taiwan sejak 2002. Kini saat memasuki generasi ketujuh, untuk pertama kalinya, kapasitas mesin ditingkatkan dari 125 cc, menjadi 155 cc. Mesin 155 cc berbasis platform yang sama dengan Nmax dan Aerox. Sayangnya, Yamaha Taiwan tidak memberikan informasi lebih detail soal tenaga dan torsinya.

    Fitur dan Safety

    Soal fitur, yang ditawarkan Yamaha Cygnus 155 ini cukup lengkap. Ada panel instrumen LCD berwarna yang bisa terkoneksi ke smartphone, sistem Smart Key, rem ABS, dan juga kontrol traksi (TCS). Oh iya, karena tangki bensinnya ada di depan, kapasitas bagasi bawah jok ini pun sangat besar mencapai 28 liter.

    Yamaha Cygnus 155 XR Foto: Dok. Yamaha TaiwanSuspensi dan Roda

    Suspensi belakang Yamaha Cygnus 155 memakai shock ganda dengan sub-tank yang dipasang terbalik, cukup jarang ditemui pada skutik di kelas ini. Sedangkan suspensi depan pakai model teleskopik biasa. Geser ke kaki-kaki, rodanya pakai velg alloy 12 inci dengan ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang.

    Harga dan Varian

    Soal harga dan varian, Yamaha Cygnus ditawarkan dalam dua, Cygnus 155 XR varian standar dijual 109.500 dolar Taiwan atau setara Rp 58,8 juta. Sementara Yamaha Cygnus 155 XR varian DX dijual 114.500 – 115.500 dolar Taiwan atau setara Rp 61,5 juta – Rp 62,1 juta. Varian DX memiliki pilihan warna yang lebih sporty.

    Yamaha Cygnus 155 XR versi DX Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    (lua/rgr)

  • Bakal Ada 1 Juta Unit Mobil BYD Beredar di Luar China pada Akhir 2025

    Bakal Ada 1 Juta Unit Mobil BYD Beredar di Luar China pada Akhir 2025

    Jakarta

    BYD menargetkan bisa menjual 1 juta mobil di luar China sepanjang tahun 2025. Diketahui selama semester pertama tahun ini, BYD sudah menjual nyaris 500 ribu unit.

    Mobil China BYD sudah dijual di banyak negara. Saat ini BYD diketahui sudah menjajakan mobilnya di lebih dari 100 negara di dunia. Pabrikan yang bermarkas di Shenzhen itu tidak hanya mengekspor mobil dari China, namun juga sudah ada pabrik beberapa negara seperti Uzbekistan dan Thailand.

    Perusahaan juga berencana membangun fasilitas produksi di Turki, Hungaria, Brasil, dan beberapa negara lain untuk mengatasi hambatan tarif. BYD juga tengah membangun pabrik di Indonesia di kawasan Subang. Langkah BYD membangun pabrik di berbagai negara itu juga dipercaya menjadi upaya perusahaan untuk mengakali tarif.

    Misalnya pada bulan lalu BYD mengapalkan lebih dari 900 unit mobil listrik buatan Thailand menuju ke Jerman, Belgia, dan Inggris untuk menghindari tarif tambahan sebesar 20,7 persen. Pabrik di luar China itu membuat BYD jadi lebih fleksibel sekaligus melebarkan sayapnya di mancanegara.

    Makin lebar sayap BYD itu membuat perusahaan cukup percaya diri bisa menjual 1 juta unit mobil pada tahun 2025. General Manager of Brand and PR BYD Li Yunfei mengungkap perusahaan punya ambisi memenuhi target tersebut. Diberitakan Car News China, penjualan pada tahun 2025 bisa naik dua kali lipat dibandingkan torehan sepanjang semester satu yang sudah menyentuh 472 ribu unit. Artinya bila target tersebut tercapai, BYD bakal menjual 944 ribu unit di luar China. Bila mencapai target tersebut, BYD menantang langsung SAIC dan Chery yang saat ini unggul dalam hal ekspor mobil.

    Penjualan BYD di luar negeri merupakan salah satu sumber pendapatan besar bagi perusahaan. Menurut laporan Rodium Group tahun lalu, BYD meraup keuntungan sebesar USD 5.000 per unit mobil yang dijual di Eropa sekalipun kena tarif tinggi.

    Ekspor juga menjadi poin penting bagi bisnis BYD seiring melambatnya penjualan di pasar domestik. Reuters melaporkan bahwa perusahaan juga sudah mengurangi produksi di China terkait stok yang menumpuk. Namun perusahaan membantah informasi yang beredar tersebut. Namun meningkatnya stok mobil di dealer menjadi masalah nyata seiring dengan diskon besar-besaran yang diberikan BYD untuk 22 model pada Mei tahun ini.

    (dry/rgr)

  • Sederet Produk Honda yang Dibawa ke Japan Mobility Show 2025

    Sederet Produk Honda yang Dibawa ke Japan Mobility Show 2025

    Jakarta

    Honda Motor Co. Ltd akan menghadirkan produk mobilitas masa depan di Japan Mobility Show atau JMS 2025 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, mulai 29 Oktober hingga 9 November mendatang.

    Bukan hanya mobil dan motor, Honda juga akan menampilkan Power Products, pesawat terbang, serta teknologi terbaru dan kendaraan konsep di pameran yang digelar setiap dua tahun tersebut.

    Hadir dengan semangat The Power of Dreams, booth Honda akan memamerkan Honda 0 Series EV yang siap dipasarkan secara global tahun depan. Dua model andalan, yakni Honda 0 Saloon Prototype dan Honda 0 SUV Prototype akan tampil perdana di kawasan Asia & Oseania setelah sebelumnya debut global di Amerika Serikat.

    Honda 0 Saloon dan Honda 0 SUV Foto: Dok. Honda

    Selain kendaraan listrik, Honda juga akan menampilkan mock-up interior penuh dari HondaJet Elite II, jet bisnis ringan yang memungkinkan pengunjung masuk dan merasakan langsung kenyamanan ruang kabinnya.

    Dari segmen roda dua, pengunjung dapat melihat Honda CUV e:, sepeda motor listrik kategori Class-2 dengan baterai Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar, serta Honda Rebel 1100 S Edition, model cruiser besar yang dilengkapi transmisi kopling ganda.

    Sedangkan untuk lini Power Products, Honda menghadirkan Miimo Series, robot pemotong rumput cerdas, serta UNI-ONE, perangkat mobilitas personal inovatif yang dapat bergerak ke segala arah hanya dengan menggeser berat badan pengguna.

    Sejak didirikan, Honda telah menjadi perusahaan mobilitas komprehensif yang digerakkan mimpi, teknologi, dan ide-ide kreatif, serta terus menantang diri untuk menciptakan solusi mobilitas yang memberi kemungkinan baru bagi masyarakat.

    Detail lengkap seluruh konten pameran Honda akan diumumkan selanjutnya pada akhir September 2025, serta dapat diakses melalui situs khusus Honda Japan Mobility Show 2025.

    (sfn/rgr)

  • Rilis iX3, Era Baru Mobil Listrik BMW Resmi Dimulai!

    Rilis iX3, Era Baru Mobil Listrik BMW Resmi Dimulai!

    Jakarta

    BMW akhirnya resmi memperkenalkan iX3 terbaru di ajang IAA Mobility 2025 Munich.

    Bukan sekadar model baru, SUV listrik ini jadi tonggak lahirnya Neue Klasse, generasi kendaraan masa depan BMW yang menggabungkan elektrifikasi, digitalisasi, dan keberlanjutan.

    BMW iX3 Foto: dok. Fabian Kirchbauer/BMW

    “Neue Klasse adalah proyek masa depan terbesar kami dan menjadi lompatan besar dalam hal teknologi, pengalaman berkendara, dan desain,” ujar Oliver Zipse, Chairman of the Board of Management BMW AG.

    “Praktis semuanya baru, namun juga lebih BMW dari sebelumnya. Seluruh lini produk kami akan mendapat manfaat dari inovasi Neue Klasse, tanpa memandang teknologi penggeraknya. Apa yang dulu hanya sebuah visi kini telah menjadi kenyataan: BMW iX3 adalah model Neue Klasse pertama yang masuk jalur produksi massal,” sambung Oliver.

    BMW iX3 tampil dengan bahasa desain baru yang lebih bersih, tegas, sekaligus futuristik.

    Grille ikonik kidney kini dibuat vertikal dengan cahaya menggantikan aksen krom, sementara bodinya yang kekar tetap mempertahankan karakter khas SUV BMW.

    Aerodinamika pun dioptimalkan sehingga mampu mencapai koefisien drag 0,24.

    BMW iX3 Foto: dok. Fabian Kirchbauer/BMW

    Adrian van Hooydonk, Head of BMW Group Design, menekankan bahwa iX3 adalah simbol langkah besar untuk merek asal Jerman ini.

    “Dengan bahasa desain baru ini, BMW iX3 terlihat berfokus ke masa depan, modern, dan abadi. Tapi di atas segalanya, lebih BMW dari sebelumnya,” kata Adrian.

    Terlihat dari gambar yang dibagikan BMW ke media, interior iX3 punya atmosfer yang terasa lapang dan modern. Interior minim tombol fisik, memberi ruang besar bagi sistem digital terbaru BMW Panoramic iDrive.

    Informasi penting diproyeksikan ke seluruh kaca depan lewat Panoramic Vision, dipadukan dengan layar sentral free-cut design dan head-up display 3D opsional.

    Semuanya dikemas untuk menjaga prinsip “hands on the wheel, eyes on the road” khas BMW. Penggunaan layar model baru ini membuatnya cukup tampil kontroversial sebab setir mobil ini menjadi palang empat.

    BMW iX3 Foto: dok. Fabian Kirchbauer/BMW

    Soal performa, iX3 dibekali teknologi BMW eDrive generasi ke-6 dengan dua motor listrik bertenaga total 469 hp dan torsi 645 Nm.

    Akselerasi 0-100 km/jam tuntas dalam 4,9 detik, dengan kecepatan puncak 210 km/jam. Yang lebih impresif, baterai 108,7 kWh memungkinkan jarak tempuh hingga 805 km (WLTP) dalam sekali pengisian.

    Tak hanya jauh jarak tempuhnya, pengisian ulangnya juga super cepat. Berkat arsitektur 800 volt, iX3 bisa menambah jarak 372 km hanya dengan ngecas 10 menit di stasiun pengisian cepat 400 kW. Waktu 10-80 persen pun cukup 21 menit.

    BMW juga menekankan faktor keberlanjutan. Diklaim, sekitar sepertiga material iX3 berasal dari bahan daur ulang, termasuk plastik laut untuk beberapa komponen. Jejak karbon selama siklus hidup mobil ini diklaim 34 persen lebih rendah dibanding pendahulunya

    iX3 rencananya diproduksi mulai akhir 2025 di pabrik baru BMW di Debrecen, Hungaria, sebelum dipasarkan di Eropa pada musim semi 2026 dan Amerika Serikat pada musim panas 2026.

    Yang menarik, untuk konsumen di China, BMW menyiapkan varian khusus yang dibuat di fasilitas Shenyang.

    (mhg/rgr)

  • Intip Garasi Menteri Keuangan Sri Mulyani yang Kena Reshuffle Sore Ini

    Intip Garasi Menteri Keuangan Sri Mulyani yang Kena Reshuffle Sore Ini

    Jakarta

    Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi salah satu pejabat yang terkena reshuffle sore ini, Senin (8/9). Bicara otomotif, ini garasi kendaraan di rumah Sri Mulyani. Ada motor-mobil merek apa saja ya?

    Mengutip website Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis KPK, Sri Mulyani mengalami peningkatan harta sebesar 16,3 persen atau sebesar Rp 13.013.107.535. Pada LHKPN 2023 yang disetor 2024, Sri Mulyani tercatat punya harta sebesar Rp 79.841.692.348. Kemudian pada LHKPN 2024 yang disetor tahun 2025, hartanya kini naik menjadi Rp 92.854.709.883.

    Ada sejumlah aset yang mengalami kenaikan, salah satunya di kategori alat transportasi dan mesin. Aset ini berisi deretan kendaraan milik Sri Mulyani. Khusus aset alat transportasi dan mesin nilainya naik Rp 578,082 juta atau sebesar 282,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Terpantau ada penambahan berupa satu unit mobil Toyota Innova Zenix lansiran 2024.

    Mobil itu berstatus hasil sendiri dengan nilai Rp 638,9 juta. Menariknya, Innova Zenix ini jadi satu-satunya mobil di garasi Sri Mulyani lantaran aset kendaraan lainnya adalah tiga motor. Untuk tahu lengkapnya berikut ini deretan kendaraan milik Sri Mulyani.

    Isi Garasi Sri Mulyani

    1. Motor Honda Rebel CMX500 tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 100 juta
    2. Motor Honda Scoopy tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 18 juta
    3. Motor Honda PCX tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 26 juta
    4. Mobil Toyota Innova Zenix tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 638,9 juta

    Selain aset alat transportasi dan mesin, aset berupa tanah dan bangunan juga nilainya naik dari sebelumnya Rp 48.985.882.232 jadi Rp 49.541.046.561. Peningkatan juga terjadi di aset surat berharga, bahkan kenaikannya mencapai 43,93 persen atau sekitar Rp 10.666.917.717. Berkat kenaikan itu, aset surat berharga Sri nilainya Rp 34.947.646.914.

    Aset lain yang juga nilainya naik adalah kas dan setara kas. Kini nilai aset tersebut Rp 16.502.936.584. Terakhir ada aset berupa harta bergerak lainnya yang nilainya turun Rp 54.820.000 menjadi Rp 391.700.000. Utang Sri Mulyani yang sebelumnya mencapai Rp 9.531.643.128 itu juga turun dan kini menjadi Rp 9.311.520.176.

    Sebelumnya Sri Mulyani sempat menjadi sorotan saat aksi demo merebak pada akhir Agustus lalu. Kebijakannya terkait pajak dan anggaran dinilai memberatkan masyarakat.

    Bahkan, rumah Sri Mulyani di Bintaro, Jakarta Selatan, menjadi sasaran aksi penjarahan oleh sekelompok orang tak dikenal pada Minggu (31/8/2025) lalu. Sebagai informasi, Sri Mulyani sendiri menjabat sebagai Menkeu sejak 2016, era Presiden Joko Widowo. Sri Mulyani juga pernah menjadi Menkeu di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2005-2010.

    Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengganti posisi Menteri Keuangan (Menkeu) dari Sri Mulyani menjadi Purbaya Yudhi Sadewa. Di sisi lain, ada kabar Sri Mulyani sebelumnya mundur.

    “Ya, bukan mundur, bukan dicopot. Bapak Presiden selaku kepala negara dan kepala pemerintahan, tentunya kita semua paham bahwa beliau memiliki hak prerogatif. Maka kemudian atas evaluasi, beliau memutuskan untuk melakukan perubahan formasi,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menjawab pertanyaan wartawan tentang kabar itu di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/9/2025).

    Prasetyo menyebutkan pertimbangan untuk melakukan reshuffle itu banyak. Dia meminta doa agar pergantian sejumlah menteri Prabowo ini menjadi keputusan yang tepat.

    Seperti diketahui, Presiden Prabowo Subianto melakukan perombakan atau reshuffle kabinet kedua. Prabowo pun resmi melantik menteri-menteri barunya di Istana sore ini.

    Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (8/9). Ada empat menteri dan seorang wakil menteri yang dilantik sore ini. Berikut ini daftarnya:

    1. Menteri Keuangan: Purbaya Yudhi Sadewa
    2. Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia: Mukhtarudin
    3. Menteri Koperasi: Ferry Juliantono
    4. Menteri Haji dan Umrah: Mochamad Irfan Yusuf
    5. Wakil Menteri Haji dan Umrah: Dahnil Anzar Simanjuntak.

    (lua/rgr)