FotoOto
Septian Farhan Nurhuda – detikOto
Rabu, 10 Sep 2025 10:05 WIB
Jakarta – Yamaha Aerox terbaru telah meluncur di Thailand. Skuter matik (skutik) bongsor tersebut dibanderol sekira Rp 44 jutaan. Begini tampangnya dari berbagai sisi!

FotoOto
Septian Farhan Nurhuda – detikOto
Rabu, 10 Sep 2025 10:05 WIB
Jakarta – Yamaha Aerox terbaru telah meluncur di Thailand. Skuter matik (skutik) bongsor tersebut dibanderol sekira Rp 44 jutaan. Begini tampangnya dari berbagai sisi!

Jakarta –
BYD lewat subbrand Fang Cheng Bao baru saja merilis SUV baru bernama Tai 7. SUV off-road ini ditawarkan mulai Rp 400 jutaan.
BYD kembali menggebrak pasar otomotif China dengan SUV anyarnya. SUV anyar itu dihadirkan oleh subbrand mewah di bawah BYD, Fang Cheng Bao. Fang Cheng Bao baru saja meluncurkan SUV off road plug in hybrid yang diberi nama Tai 7. Dikutip Car News China, FCB Tai 7 memiliki dimensi panjang 4.999 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.865 mm. Jarak sumbu rodanya 2.920 mm dan kedalaman air maksimum 600 mm.
Secara struktur, FCB Tai 7 menggunakan sistem suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang five-link. FCB Tai 7 juga sudah mengusung BYD DiSus-C serta sistem kontrol stabilitas ban. Sistem kontrol itu memungkinkan mobil tetap stabil saat ada salah satu ban yang pecah sehingga roda lain tetap bisa berputar secara independen. Ini memungkinkan mobil tetap bisa melaju pada kecepatan 80 km/jam hingga jarak 30 km.
Konfigurasi tempat duduknya cukup untuk mengangkut lima orang. Soal bagasi, volume maksimalnya mencapai 1.880 liter saat baris kedua dilipat. Kompartemen penyimpanan barang juga cukup lengkap ada 45.
Di balik kapnya, BYD menyematkan teknologi hybrid dengan perpaduan mesin 1.5 turbo dan motor listrik. Mesinnya memiliki tenaga maksimal 154 daya kuda. Ada dua opsi tenaga penggerak yang ditawarkan yaitu RWD (Rear Wheel Drive) dan AWD (All-wheel Drive). Versi RWD, mesinnya dipasangkan dengan motor listrik 200 kW, serta opsi baterai 26.6 kWh dan 35,6 kWh. Masing-masing baterai itu menjanjikan jarak tempuh 135 km dan 200 km.
Sedangkan varian AWD mengusung motor listrik 160 kW dan baterai 35,6 kWG dan menjanjikan jarak tempuh 190 km. Bila kondisi tangki terisi penuh bensin dan baterai, maka mobil ini bisa menjelajah sejauh 1.300 km. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 detik. Konsumsi BBM-nya per 100 km adalah 4,9 liter. Kalau dikonversi ke km/liter, maka tiap satu liter bisa menempuh jarak 20,4 km.
FCB Tai 7 juga sudah dilengkapi fitur ‘Mata Tuhan’ alias DiPilot 300 yang menjanjikan bantuan berkendara. Ada sekitar 30 fungsi bantuan berkendara di dalam FCB Tai 7 varian tertinggi.
Di dalam kabin total ada tujuh layar berupa 15,6 inch pusat kontrol, instrumen panel berukuran 12,3 inch, 26 inch W-Head up Display, dua layar pengontrol AC, dan dua layar berukuran 13 inch di baris belakang.
Soal harga, di China mobil ini bisa dibawa pulang mulai 179.800 yuan atau setara Rp 400 jutaan (1 yuan = Rp 2.310). Berikut ini rincian harga SUV off road anyar BYD ini.
135 KM RWD Pro: 179.800 yuan (setara Rp 415 jutaan)200 KM RWD Max: 189.800 yuan (setara Rp 438 jutaan)190 KM AWD Max: 206.800 yuan (setara Rp 477 jutaan)190 KM AWD Ultra: 219.800 yuan (setara 507 jutaan)
(dry/din)

Jakarta –
Sri Mulyani di-reshuffle dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan Kabinet Merah Putih. Sri Mulyani pernah mengungkapkan merek dan tipe mobil pertama yang akan dibeli setelah pensiun dari jabatan menteri.
Menteri Keuangan Sri Mulyani dicopot dari posisinya dan digantikan oleh Purbaya Yudhi Sadewa yang sebelumnya menjabat Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) sejak 2020.
Mobil impian Sri Mulyani setelah pensiun dari jabatan menteri Foto: Andhika Akbarayansyah
Pelantikan Purbaya sebagai Menteri Keuangan baru dilakukan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Senin (8/9/2025) sore kemarin. Pelantikan Purbaya juga dibarengi dengan pelantikan Menteri Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Menteri Koperasi, Menteri Haji dan Umroh, dan Wakil Menteri Haji dan Umroh.
Kembali ke Sri Mulyani, sosok perempuan yang pernah menjabat Menteri Keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo itu pernah mengungkapkan kendaraan yang ingin dibelinya setelah tak lagi menjabat sebagai menteri.
Keinginan tersebut pernah disampaikan Sri Mulyani ketika mengunjung booth Toyota-Astra Motor di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE, BSD, di Tangerang (24/7/2019).
Sri Mulyani mengaku akan membeli Toyota Prius PHEV setelah dia tak lagi jadi pejabat negara. “Boleh entar, kalau saya pensiun menteri naik ini (Prius Hybrid). Keren, ini mobil saya sesudah jadi menteri,” ungkap Sri.
Saat itu, Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) menjadi salah satu model baru Toyota yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2019. Prius PHEV mempunyai daya jelajah mode Electric Vehicle (EV) sepanjang 68,2 km.
Mobil ini juga dilengkapi alat quick charger dan hanya membutuhkan charger AC 100 V (6A) sehingga meningkatkan tingkat kenyamanan karena pengisian listrik mobil ini tidak memerlukan instalasi sirkuit khusus.
Toyota Prius PHEV generasi terbaru Foto: Dok. Toyota
Sri Mulyani pada saat memberi sambutan di seminar internasional bertajuk ‘Indonesia Automotive Industry Readiness Towards Industry 4.0’, mengatakan bahwa Toyota Prius Hybrid menjadi tunggangannya saat tinggal di negeri Paman Sam.
“Dulu waktu 6 tahun di Amerika Serikat, saya pakai Prius Hybrid,” ungkap Sri.
Sebagai informasi, Sri Mulyani menjabat sebagai menkeu sejak 2016, era Presiden Joko Widowo. Sri Mulyani juga pernah menjadi menkeu di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2005-2010.
(lua/din)

Jakarta –
Mitsubishi Destinator bisa dicicil Rp 2 jutaan per bulan. Berikut ini skemanya.
Cicilan mobil bisa disesuaikan dengan kondisi finansial kamu. Kalau mau cicilannya rendah tiap bulan, sudah pasti risikonya adalah uang mukanya harus besar. Contohnya bila kamu ingin membawa pulang Mitsubishi Destinator, bisa dengan skema kredit cicilannya Rp 2 jutaan per bulan. Namun demikian besar uang mukanya mencapai 80 persen dari harga. Tenornya juga panjang yakni mulai 48 bulan. Nah berikut ini skema kredit Mitsubishi Destinator dengan cicilan Rp 2 jutaan per bulan dikutip detikOto dari salah satu laman lembaga pembiayaan.
Skema Cicilan Mitsubishi Destinator Rp 2 Jutaan per BulanMitsubishi Destinator GLS
Harga: Rp 385 juta
DP 80 persen: Rp 308 juta
Tenor: 48 bulan
Total pembayaran pertama: Rp 315.906.579
Cicilan: Rp 2,504 juta per bulanTenor: 60 bulan
Total pembayaran pertama: Rp 315.611.089
Cicilan: Rp 2,199 juta per bulanMitsubishi Destinator Exceed
Harga: Rp 405 juta
DP 80 persen: Rp 324 juta
Tenor: 48 bulan
Total pembayaran pertama: Rp 331.947.047
Cicilan: Rp 2,534 juta per bulanTenor: 60 bulan
Total pembayaran pertama: Rp 331.649.051
Cicilan: Rp 2,226 juta per bulanMitsubishi Destinator Ultimate
Harga: 465 juta
DP 80 persen: Rp 372 juta
Tenor: 48 bulan
Total pembayaran pertama: Rp 380.455.091
Cicilan: Rp 2,909 juta per bulanTenor: 60 bulan
Total pembayaran pertama: Rp 380.112.577
Cicilan: Rp 2,555 juta per bulan
Nah itu tadi skema cicilan Mitsubishi Destinator Rp 2 jutaan per bulan. Kalau dirasa berat, kamu bisa menyesuaikan besar uang mukanya. Namun cicilan akan lebih besar tiap bulannya. Terpenting sebelum mencicil pastikan kondisi finansial kamu mencukupi.
Spesifikasi Mitsubishi Destinator
Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Destinator mengandalkan desain SUV modern dengan interior premium. Dari bagian depan, Mitsubishi Destinator menampilkan konsep desain Dynamic Shield. Grille depannya terintegrasi mulus dengan bumper kiri dan kanan untuk menciptakan kesan mendalam. Bagian grille, lampu-lampu, dan bumper dirancang dengan elemen horizontal dan vertikal. Secara dimensi, Mitsubishi Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, 1.780 mm. Ground clearance-nya sekitar 244 mm.
Mitsubishi Destinator mengandalkan mesin berkode 4B40 1.500 cc MIVEC Turbo. Tenaganya mencapai 163 PS (120 kW) dengan torsi maksimal 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT. Tidak ada pilihan transmisi manual untuk Mitsubishi Destinator.
Destinator punya lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan, antara lain:
Wet, memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal, keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel, mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud, memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar (dry/din)

Jakarta –
Truk bermuatan tanah di Jakarta Barat nyaris berubah jadi transformers. Diduga karena muatan berlebih, truk dalam posisi berdiri dan tanah yang dimuat berceceran ke jalan.
Truk bermuatan tanah bikin macet jalan di fly over di kawasan Tomang Raya. Sebab, truk itu dalam posisi melintang dan muatan tanah yang diangkut berceceran ke jalan. Dua jalur itu pun tak bisa dilewati lantaran ada truk yang menghalangi.
Posisi truk juga berdiri, bagian depan terangkat sepenuhnya, seperti Transformers yang hendak berubah bentuk. Muatan tanah yang diangkut pun tumpah ruah ke jalan. Diduga truk berkelir hijau itu mengangkut muatan tanah yang melebihi kapasitasnya, hingga bagian depan terangkat dan dalam posisi menggantung.
Truk berlebihan muatan atau sering disebut Over Dimension Over Loading (ODOL) memang masih menjadi masalah yang belum teratasi. Belum lagi truk ODOL juga seringkali memakan korban jiwa.
Pemerintah saat ini tengah menyiapkan aturan Zero ODOL untuk diterapkan pada tahun 2027. Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (IPK), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meyakini bahwa kebijakan penertiban kendaraan ODOL atau Zero ODOL tak akan membawa dampak buruk bagi perekonomian RI.
Keyakinan tersebut berdasarkan pada hasil hitung-hitungan Kemenko IPK atas dampak penertiban kendaraan obesitas itu.
“Kita menghitung juga apakah benar jika ditertibkan akan ada dampak yang buruk pada ekonomi. Nah kita hitung dan ternyata ada hasil yang baik,” kata AHY dikutip detikFinance belum lama ini.
Dari hasil perhitungan tersebut, didapatkan bahwa langkah penertiban kendaraan ODOL tidak akan berdampak signifikan hingga membuat perekonomian Indonesia memburuk. Meski begitu, AHY meminta Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi untuk melengkapi kajian tersebut dalam rangka penguatan hasil perhitungan.
Langkah penertiban kendaraan ODOL, menurut AHY, sangat penting. Hal ini mengingat maraknya kasus kecelakaan yang melibatkan ODOL hingga memakan banyak korban jiwa. Selain itu, puluhan triliun anggaran juga harus dikucurkan demi memperbaiki jalan-jalan rusak yang terdampak kendaraan obesitas ini.
“Jika kita membiarkan ODOL yang jelas korban berjatuhan, banyak yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas, bukan hanya pengemudi truk, tapi juga masyarakat yang tidak berdosa. Kerusakan jalan puluhan triliun harus dikeluarkan setiap tahunnya untuk memperbaiki jalan-jalan yang hancur dan rusak akibat kendaraan ODOL tadi,” jelasnya.
Lihat juga Video ‘Gerbang Tol Ciawi 2 Porak Poranda Ditabrak Truk Kontainer dan Tronton’:
(dry/din)

Jakarta –
BYD resmi meluncurkan mobil plug-in hybrid (PHEV) BYD Seal 6 DM-i Touring di Eropa. Mobil wagon pertama dari BYD ini menawarkan jarak tempuh hingga lebih dari 1.300 km.
Dikutip Carnewschina, BYD Seal 6 DM-i Touring adalah mobil station wagon pertama BYD. Menurut BYD, Seal 6 DM-i Touring menawarkan jangkauan gabungan mesin bensin dan listrik lebih dari 1.300 km. Itu artinya, jarak Jakarta-Bali bisa ditempuh tanpa harus mengisi bensin atau mengecas baterai di tengah perjalanan. Perlu diketahui, berdasarkan perkiraan Google Maps, jarak Jakarta-Bali sekitar 1.180 km.
BYD belum mengungkapkan spesifikasi lengkap dari mobil wagon hybrid ini untuk pasar Eropa. Namun, tampilannya identik dengan BYD Seal 06 DM-i Travel Edition yang sudah meluncur lebih dulu di China. Mobil ini punya lampu depan LED tipis dan gril trapesium terbalik. Mobil ini juga memiliki gagang pintu tersembunyi, pilar hitam, dan satu unit lampu belakang.
BYD Seal 6 DM-i Touring memiliki dimensi panjang 4,850 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.505 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2.790 mm. Mobil ini menawarkan bagasi berkapasitas 670 liter. Dengan kursi belakang dilipat rata, bagasinya meningkat menjadi 1.535 L. Mobil ini juga memiliki lemari es dengan fungsi pemanas.
Di bagian dalam, BYD Seal 6 DM-i Touring dilengkapi layar 12,8 inci, kluster instrumen LCD 8,8 inci, enam speaker, enam kantung udara, lampu pencahayaan LED, dan kursi depan berpemanas & berventilasi. Mobil ini juga dilengkapi sistem bantuan pengemudi DiPilot 100 (“God’s Eye C”) yang melaju secara autopilot di jalan raya.
Di China, mobil wagon hybrid ini mengadopsi sistem plug-in hybrid generasi kelima. Varian entry-level-nya menggunakan mesin 1,5 liter naturally aspirated bertenaga 74 kW yang dipadukan dengan motor listrik 120 kW. Varian ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam 8,7 detik. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 3,15 liter per 100 km. Sistem ini ditenagai oleh baterai LFP 10,08 kWh buatan FinDreams, yang menghasilkan jangkauan EV hingga 80 km (CLTC).
Varian powertrain kedua memiliki mesin yang sama dan motor listrik yang lebih bertenaga, yaitu 160 kW. Peningkatan daya ini mempersingkat akselerasi mobil dari nol hingga 100 km/jam menjadi 7,7 detik. Mobil ini juga mengadopsi paket LFP berkapasitas 18,71 kWh, dengan daya jangkau listrik 150 km (CLTC).
(rgr/din)

Jakarta –
Senator Malaysia, Datuk Ahmad Ibrahim, mengatakan produk-produk mobil buatan lokal di Malaysia harganya mahal. Padahal mobil-mobil buatan lokal Malaysia mempunyai harga yang sangat kompetitif di kawasan, bahkan mobil kembaran Daihatsu Ayla, Perodua Axia, harganya dijual mulai Rp 86 jutaan.
Seperti dikutip laman Berita Harian, Senator Malaysia, Datuk Ahmad Ibrahim, meminta kementerian terkait di Malaysia untuk meninjau kembali harga mobil buatan Malaysia. Ibrahim menilai, mobil-mobil buatan Malaysia harganya mahal, sampai-sampai orang terpaksa mengambil pinjaman angsuran yang berlangsung bertahun-tahun, meskipun mobil lokal tidak memiliki tarif bea masuk. Diketahui, tenor angsuran kredit kendaraan di Malaysia memang sangat panjang, bisa sampai sembilan tahun lamanya.
Permintaan senator tersebut pun langsung direspons Kementerian Investasi, Perdagangan, dan Industri (MITI) Malaysia. Dalam keterangannya dikatakan, pemerintah melalui Kementerian Keuangan memberikan berbagai insentif dan pembebasan pajak kepada kendaraan yang dirakit di Malaysia, termasuk kepada perusahaan manufaktur kendaraan nasional.
“Di antara tujuan insentif yang diberikan kepada produsen adalah untuk mendorong penggunaan komponen yang diproduksi oleh vendor lokal, melakukan investasi berkualitas, dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) di Malaysia,” tulis Kementerian MITI.
“Melalui insentif dan pembebasan pajak ini, produsen kendaraan dapat menawarkan harga kompetitif untuk pasar lokal, dibandingkan dengan kendaraan impor sepenuhnya,” sambungnya.
MITI pun menjelaskan bahwa merek-merek lokal di Malaysia memiliki harga yang terjangkau. Contohnya Perodua Axia–yang merupakan kembaran Daihatsu Ayla dan Toyota Agya–dijual dengan harga mulai RM 22.000 (Rp 86 jutaan) tanpa asuransi.
Selain itu juga ada model Proton Saga yang harganya kurang dari RM 40.000 (Rp 156,7 juta. Pemerintah Malaysia berharap dengan cara ini, masyarakat dapat memilih mobil yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing, sehingga tidak terbebani biaya yang besar.
(lua/din)

Jakarta –
Ducati resmi kembali meraih gelar juara konstruktor MotoGP 2025. Ini menjadi kali keenam Ducati secara berturut-turut meraih gelar konstuktor di MotoGP, sekaligus gelar ketujuh dalam sejarah pabrikan asal Borgo Panigale.
Prestasi ini diraih meskipun masih ada tujuh putaran tersisa. Ducati meraih gelar konstruktor musim ini berkat performa gemilang dari Marc Márquez, Francesco Bagnaia, dan Alex Márquez.
Berkat hasil ini, Ducati mencetak rekor untuk rentetan gelar Juara Konstruktor terpanjang yang pernah diraih secara berturut-turut di MotoGP.
Gelar Konstruktor pertama Ducati diraih pada tahun 2007. Sejak 2020, Ducati terus menunjukkan dominasinya musim demi musim, dan menjadi juara konstruktor hingga kini.
Musim ini, Ducati telah meraih 27 kejuaraan dari total 29 balapan, dengan perolehan podium yang konsisten serta performa solid dari tim pabrikan maupun tim satelit. Kesuksesan ini merupakan hasil dari kerja kolektif yang memadukan visi teknis Ducati dengan bakat para pebalap, juga membuktikan kekuatan proyek teknis Borgo Panigale yang terus berkembang tanpa kompromi.
“Enam gelar Konstruktor MotoGP secara beruntun: sebuah pencapaian yang beberapa tahun lalu tampak mustahil untuk diwujudkan, dan pada hari ini sekali lagi membuktikan bahwa dengan metode, visi, dan tekad, tidak ada yang mustahil bagi Ducati. Ini adalah keberhasilan balapan yang jauh melampaui performa di trek, karena ini mencerminkan siapa kami sebagai perusahaan dan bagaimana cara kami bekerja-yang tercermin secara langsung dalam desain dan konstruksi motor yang kami hadirkan untuk para pencinta Ducati di seluruh dunia,” kata CEO Ducati Claudio Domenicali.
“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Gigi, para pembalap kami, seluruh anggota Ducati Corse, serta tim Ducati Lenovo dan Gresini Racing. Bersama-sama, kami mampu mentransformasikan pengalaman, semangat, dan talenta menjadi hasil nyata. Kekuatan kami terletak pada kemampuan menjaga konsistensi dan keberlanjutan dari waktu ke waktu, ketangguhan yang telah memungkinkan kita mencapai hasil luar biasa, hampir ‘membosankan’ di mata mereka yang menonton kita. Kenyataannya, menang sekali itu sulit, menang kedua kali lagi lebih sulit lagi, dan menang berturut-turut secara beruntun sehingga membuatnya terlihat seperti hal yang biasa… itu adalah hal yang luar biasa,” sebut Domenicali.
“Kami menyadari bahwa para pesaing terus berkembang dan setiap musim MotoGP menghadirkan tantangan baru, namun hari ini kami ingin menikmati rasa puas karena telah menulis satu halaman tak terlupakan lainnya dalam sejarah kami maupun balap motor.”
Ducati menilai, lintasan balap adalah laboratorium paling penting untuk pengembangan motor produksi. Pengalaman yang didapat di sirkuit dialihkan ke pengembangan model untuk para penggemar.
(rgr/dry)

Jakarta –
Bukan hanya domestik, penjualan ekspor motor ‘buatan’ Indonesia selama Agustus 2025 juga mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya. Kondisi tersebut seakan menjadi pertanda, pasar roda dua di Tanah Air sedang tidak baik-baik saja.
Disitat dari laman resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Selasa (9/9), ekspor motor CBU (completely built up) selama Agustus 2025 hanya 47.446 unit atau turun 5,19 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 50.042 unit.
Bahkan, jika dibandingkan Agustus 2024, penurunannya mencapai 16,3 persen! Secara umum, selama Januari-Agustus 2025, penjualan motor CBU baru tembus 366.231 unit. Menariknya, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ada peningkatan 5,2 persen.
Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, penjualan ekspor kendaraan roda dua selama Agustus 2025 mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya. Foto: Doc. AHM.
Bukan hanya CBU, penjualan ekspor lain juga mengalami penurunan. Misalnya, penjualan ekspor CKD yang turun 10,3 persen dan ekspor komponen yang drop 2,04 persen.
Biar tak penasaran, berikut kami rangkum data ekspor sepeda motor Indonesia selama Januari-Agustus 2025 dan Januari-Agustus 2024.
Ekspor CBU Motor Indonesia
Januari-Agustus 2025
Januari – 40.878 unitFebruari – 43.899 unitMaret – 49.998 unitApril – 38.254 unitMei – 49.618 unitJuni – 46.096 unitJuli – 50.042 unit.Agustus – 47.446 unit.
Januari-Agustus 2024
Januari – 34.991 unitFebruari – 38.375 unitMaret – 43.839 unitApril – 32.725 unitMei – 47.449 unitJuni – 42.939 unitJuli – 51.012 unitAgustus – 56.715 unit.
(sfn/dry)