Jenis Media: Otomotif

  • Cara AISI Antisipasi Rohana-Rojali di Pameran IMOS 2025

    Cara AISI Antisipasi Rohana-Rojali di Pameran IMOS 2025

    Jakarta

    Pameran otomotif nasional masih ‘dihantui’ rohana (rombongan hanya nanya) dan rojali (rombongan jarang beli). Lantas, bagaimana Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengantisipasi tren tersebut saat pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2025?

    Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala tak menampik, pameran otomotif nasional masih dihantui rohana dan rojali. Itulah mengapa, pihaknya sudah menyiapkan langkah khusus untuk mengantisipasi tren tersebut.

    “Ya nanti kita lihat lah, karena kami sudah mensiasati hal itu dengan teman-teman agen pemegang merek. Harapannya dengan berbagai banyak program ini bisa menggairahkan penjualan dan menarik minat konsumen,” ujar Sigit Kumala di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (10/9).

    Pameran IMOS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Pameran roda dua tentu berbeda dengan roda empat. Sebab, harga kendaraannya jauh lebih terjangkau. Menurut Sigit, dengan tambahan promo dan program lain yang dihadirkan produsen, maka tren rohana dan rojali tak akan terjadi di IMOS 2025.

    “Untuk tahun ini kami berharap jumlah pengunjungnya akan lebih besar daripada tahun lalu. Karena banyak promo yang kami tampilkan di acara IMOS tahun ini. Kemudian transaksinya Rp 68 miliar kurang lebih,” kata dia.

    IMOS 2025 diramaikan 60 merek otomotif dari berbagai lini bisnis, mulai dari produsen motor, pelumas, helm, aksesori kendaraan dan masih banyak lagi. Sementara merek roda yang terlibat ada 14 nama, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, TVS, ALVA, Benda, Harley-Davidson, Italjet, Keeway, Kupprum, Morbidelli, Polytron, Royal Enfield dan Scomadi.

    Selain pameran roda dua, IMOS 2025 juga menghadirkan sejumlah kegiatan lain, mulai dari test ride, sunmori, diskusi edukatif, games dan masih banyak lagi. Pameran tersebut masih akan menggunakan dua hall di ICE BSD Tangerang, yakni hall 9 dan 10.

    Meski diklaim lebih meriah dibandingkan pameran sebelumnya, namun harga tiket IMOS 2025 tak berubah. Nah, bagi kalian yang mau hadir, berikut kami rangkum daftar harganya!

    Harga Tiket IMOS 2025

    Online

    Weekday – Rp 25 ribu

    Weekend – Rp 40 ribu

    Offline

    Weekday – Rp 35 ribu

    Weekend – Rp 50 ribu.

    (sfn/dry)

  • Viral Kecelakaan Maut Honda Jazz Ngebut Berujung Nabrak Bokong Truk

    Viral Kecelakaan Maut Honda Jazz Ngebut Berujung Nabrak Bokong Truk

    Jakarta

    Viral di media sosial video yang menampilkan kecelakaan maut Honda Jazz vs truk boks. Mobil Honda Jazz berwarna putih itu menabrak bagian belakang truk.

    Dikutip dari keterangan video yang beredar di media sosial, peristiwa kecelakaan itu terjadi di Tol Cipularang Km 111 arah Jakarta. Kecelakaan tersebut terjadi pada 8 September 2025. Disebutkan, mobil Honda Jazz tancap gas setelah menyalip truk di dalam video. Tak lama berselang, mobil itu sudah dalam kondisi menabrak bagian belakang truk boks.

    Posisinya sudah berada di bahu jalan. Tampak Honda Jazz berwarna putih itu ringsek bagian depan hingga tengahnya. Dilaporkan, dua orang meninggal dunia akibat kecelakaan maut ini.

    Dikutip detikJabar, insiden itu terjadi pada Senin (8/9/2025) sekitar pukul 10.15 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan dua kendaraan, yakni minibus jenis Honda Jazz nomor polisi F 1264 GZ dengan kendaraan jenis truk boks nomor polisi W 8292 UQ.

    “Betul kejadiannya hari Senin di ruas Tol Cipularang KM 111+200, Kampung Cikuda, RT 02/04, Desa Nyalindung, Kecamatan Cipatat,” kata Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Sat Lantas Polres Cimahi, Ipda Yusup Gustiana.

    Yusup mengatakan kecelakaan itu berawal saat mobil Honda Jazz yang dikemudikan Anisa Nadya Sukma (25) melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Sementara di arah yang sama, melaju truk boks yang dikemudikan Basuki.

    “Kendaraan ini melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Sementara truk melaju di jalur pelan,” kata Yusup.

    Tiba-tiba minibus berwarna putih itu menabrak bagian belakang truk yang ada di jalur pelan. Akibat kejadian itu, 2 dari 3 penumpang Honda Jazz tersebut meninggal dunia.

    “Korban meninggal yakni ANS dan S (27). Sementara 1 korban lainnya B (28) selamat dan masih menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Yusup.

    Praktisi keselamatan berkendara praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) SonySusmana menduga Honda Jazz itu melaju dengan kecepatan tinggi. Padahal, ngebut di jalan raya dengan lalu lintas dinamis itu tidak sepenuhnya aman.

    “Pengemudi yang ngebut terutama di jalan tol itu skala emosionalnya naik dan celakanya (tingkat) rasionalnya turun,” kata Sony kepada detikOto, Kamis (11/9/2025).

    Lanjut Sony menjelaskan, saat mindset pengemudi hanya gaspol, yang terjadi adalah mobil melaju kencang. Pada tahap ini visibilitas pengemudi menyempit.

    “Kombinasi dari ngebut tersebut adalah berzigzag mencari celah/ruang blindspot besar dan ditambah dengan sedikit memanfaatkan rem. Ini bahaya! Jika ada hambatan maka dia tidak mampu mengambil keputusan yang benar,” ujar Sony.

    (rgr/dry)

  • Kata Pramono soal Rencana Kenaikan Tarif Parkir di Jakarta

    Kata Pramono soal Rencana Kenaikan Tarif Parkir di Jakarta

    Jakarta

    Pramono Anung buka suara soal rencana kenaikan tarif parkir di Jakarta. Begini katanya.

    Tarif parkir di Provinsi DKI Jakarta dirasa masih rendah. Dikutip dari laman Instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, disebutkan tarif parkir Jakarta itu dirasa masih minim untuk mendukung push and pull strategy penanganan kecelakaan lalu lintas di Provinsi DKI Jakarta. Atas dasar hal itu, ada rencana untuk menaikkan tarif parkir di Jakarta. Terlebih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terakhir merevisi Pergub tentang Biaya dan Tarif Parkir adalah 13 tahun lalu.

    Di Jakarta, tarif parkir mobil dikenakan Rp 5.000 untuk satu satu jam pertama. Tarif serupa juga berlaku di Tangerang dan Bandung. Sementara di Depok tarifnya Rp 5.500, Tangerang Selatan Rp 6.000, Bekasi Rp 7.500, dan Surabaya Rp 8.000.

    Motor parkir di Jakarta dikenai tarif Rp 2.000, lebih murah dibanding kota-kota lain yang sudah menerapkan tarif Rp 3.000-3.500. Selanjutnya tarif parkir bus di Jakarta sebesar Rp 8.000. Tarif parkir bus ini bukan yang terendah. Diketahui tarif parkir Tangerang, Bandung, dan Bekasi masing-masing Rp 5.000, Rp 7.000, dan Rp 7.500. Sedangkan di Surabaya bus parkir dikenakan tarif Rp 20.000. Tarif yang sama juga berlaku untuk truk. Di Jakarta, truk parkir kena tarif Rp 8.000.

    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung buka suara soal wacana kenaikan tarif parkir tersebut. Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta hingga saat ini belum memiliki rencana mengerek tarif parkir.

    “Jadi sampai hari ini belum ada rencana kenaikan tarif parkir sehingga apa yang disampaikan, saya enggak tahu siapa yang menyampaikan itu, itu tidak benar,” kata Pramono dikutip detikNews.

    Adapun, Pemprov DKI Jakarta justru tengah mengkaji sistem pembayaran parkir nontunai dan pengaturan ulang sistem perparkiran.

    “Untuk mengatur perparkiran, iya. Tapi belum pernah ada keputusan apa pun,” terangnya lagi.

    Sebelumnya pada Juni lalu, Pramono sempat menyebut akan menaikkan tarif parkir di Jakarta. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta. Tak cuma itu, langkah ini juga dilakukan untuk memberikan subsidi kepada 15 golongan masyarakat agar bisa menikmati layanan transportasi umum secara gratis.

    “Mohon maaf bagi orang-orang yang mampu, nanti pelan-pelan (tarif) parkirnya saya mau naikkan,” ucap Pramono saat itu.

    Tak cuma itu, Koordinator Staf Khusus Gubernur DKI Jakarta Firdaus Ali menyebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta berencana menaikkan tarif dasar parkir. Diharapkan, cara itu bisa menghambat masyarakat Jakarta menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum.

    “Kita hambat orang tidak pakai kendaraan pribadi secara bersamaan ke kendaraan umum. Parkir akan dimahalkan untuk komitmen yang strong,” kata Firdaus.

    (dry/rgr)

  • 14 Merek Motor Ikut Pameran IMOS 2025, Kawasaki Absen!

    14 Merek Motor Ikut Pameran IMOS 2025, Kawasaki Absen!

    Jakarta

    Pameran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2025 akan kembali digelar di ICE BSD, Tangerang, pada 24-28 September 2025. Acara tahunan tersebut akan diramaikan 14 merek motor dari berbagai belahan dunia. Apa saja daftarnya?

    Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan, pameran IMOS 2025 akan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, ada 60 merek otomotif yang terlibat, termasuk 14 agen pemegang merek (APM).

    “AISI kembali mengadakan IMOS 2025 sebagai sarana untuk mewujudkan industri otomotif nasional dan memberikan dorongan atau peningkatan terhadap pasar otomotif nasional,” ujar Sigit Kumala di kawasan Jakarta Selatan, Rabu sore (10/9).

    Pameran IMOS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Selain pameran roda dua, IMOS 2025 juga menghadirkan sejumlah kegiatan lain, mulai dari test ride, sunmori, diskusi edukatif, games dan masih banyak lagi. Pameran tersebut masih akan menggunakan dua hall di ICE BSD, yakni hall 9 dan 10.

    Dari 14 merek motor yang hadir, ada beberapa nama baru seperti Kupprum dan Morbidelli. Sementara, menariknya, Kawasaki justru absen dari pameran tersebut.

    Berikut 14 Merek Motor di IMOS 2025HondaYamahaSuzukiTVSALVABendaHarley-DavidsonItaljetKeewayKupprumMorbidelliPolytronRoyal EnfieldScomadi

    Sebagai catatan, IMOS 2025 ditargetkan mampu menjerat 100 ribu pengunjung. Nominal tersebut naik sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 98 ribu pengunjung. Sementara transaksinya diharapkan bisa tembus Rp 68 miliar.

    Meski diklaim lebih meriah dibandingkan pameran sebelumnya, namun harga tiket IMOS 2025 tak berubah. Nah, bagi kalian yang mau hadir, berikut kami rangkum daftar harganya!

    Harga Tiket IMOS 2025

    Online

    Weekday – Rp 25 ribuWeekend – Rp 40 ribu

    Offline

    Weekday – Rp 35 ribuWeekend – Rp 50 ribu.

    (sfn/rgr)

  • Dijual Mulai Rp 325 Juta, AION UT Sudah Dirakit di Cikampek

    Dijual Mulai Rp 325 Juta, AION UT Sudah Dirakit di Cikampek

    Jakarta

    GAC Indonesia resmi meluncurkan harga AION UT di Tanah Air. Dijual mulai Rp 325 juta, AION UT sudah dirakit secara lokal di Cikampek, Jawa Barat.

    “Jadi AION UT kita sudah start melakukan trial production (percobaan produksi) di bulan (September) ini. Jadi kendaraan ini sudah ada di Cikampek,” bilang CEO of GAC Indonesia, Andry Ciu, di Jakarta, Rabu (10/9/2025).

    Diketahui fasilitas pabrik GAC Indonesia di Cikampek sudah beroperasi sejak awal tahun ini. Fasilitas produksi ini mampu merakit hingga 50 ribu unit mobil dalam setahun. Bahkan, angka ini bisa bertambah sesuai dengan permintaan.

    AION Indonesia juga menegaskan komitmennya untuk merakit mobil listrik dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi. Mulanya, diklaim, mereka akan fokus memenuhi TKDN 40 persen dan meningkat di tahun berikutnya.

    Diberitakan sebelumnya, AION UT resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 325 juta buat varian Standard dan Rp 363 juta untuk varian Premium. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

    Soal performa, varian Standard AION UT bisa tempuh jarak 400 km (NEDC) dan versi Premium AION UT sanggup menempuh jarak hingga 500 km (NEDC). Proses pengisian daya mobil ini juga super cepat, ngecas dari 30 persen hingga 80 persen hanya butuh 24 menit dengan DC fast charging type CCS2.

    AION UT akan dikirim ke konsumen mulai bulan Oktober 2025. Untuk menjamin kepuasan konsumen, GAC Indonesia memberikan garansi seumur hidup untuk battery, motor, dan electronic control system. Selain itu juga ada garansi kendaraan selama 8 tahun atau 160 ribu km dan gratis biaya perawatan selama tiga tahun atau 40 ribu km.

    (lua/rgr)

  • 17 Kendaraan Gagal Lulus Uji Emisi, Pemiliknya Terancam Denda Rp 50 Juta!

    17 Kendaraan Gagal Lulus Uji Emisi, Pemiliknya Terancam Denda Rp 50 Juta!

    Jakarta

    Setidaknya 17 unit kendaraan berat terjaring dalam operasi uji emisi di kawasan industri PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Rabu (10/9). Pemilik kendaraan tersebut terancam denda hingga Rp 50 juta.

    Kendaraan berat yang terjaring operasi uji emisi itu kebanyakan truk pengangkut barang. Pemilik kendaraan yang gagal uji tersebut terancam sanksi pidana kurungan hingga enam bulan atau denda maksimal Rp 50 juta.

    Operasi gabungan ini digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bersama Satpol PP, Dishub, dan Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Ini merupakan bentuk penegakan Perda Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, menegaskan pemilihan kawasan industri seperti JIEP sangat strategis. Sebab, di kawasan tersebut banyak kendaraan truk yang menyumbang polusi udara.

    “Heavy duty vehicles adalah salah satu penyumbang terbesar polusi udara di Jakarta. Penegakan hukum ini adalah bentuk keseriusan Pemprov DKI dalam menekan polusi dan mendorong kepatuhan, khususnya di sektor industri dan logistik,” kata Asep dalam keterangan tertulis yang diterima detikOto.

    Uji emisi kendaraan truk Foto: Dok. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

    Dari total 50 kendaraan yang diperiksa, hasilnya menunjukkan 33 kendaraan dinyatakan lulus. Sedangkan 17 lainnya gagal memenuhi baku mutu emisi.

    “Mayoritas kendaraan yang tidak lulus adalah kendaraan barang, seperti truk kontainer, truk bak tertutup, hingga truk tangki, sesuai karakteristik kawasan industri ini,” jelas R.M. Tamo Sijabat, Kepala Bidang PPNS Satpol PP DKI Jakarta.

    Seluruh pengemudi dan pemilik kendaraan yang melanggar akan langsung menjalani proses hukum. “Seluruh pelanggar akan menjalani Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Kamis, 9 Oktober,” kata Tamo Sijabat.

    Sementara itu, Asep Kuswanto juga mengingatkan pentingnya perawatan kendaraan. Dengan perawatan kendaraan, emisi yang dikeluarkan tidak akan melebihi batas.

    “Penting untuk selalu merawat kendaraan sehingga tidak melebihi baku mutu emisi. Ini bukan hanya tentang menghindari hukuman, tetapi juga tentang kepedulian terhadap kualitas udara kita bersama,” sebut Asep.

    (rgr/din)

  • Yamaha Indonesia Mulai Studi Sistem Tukar Baterai Motor Listrik, Belum Dijual

    Yamaha Indonesia Mulai Studi Sistem Tukar Baterai Motor Listrik, Belum Dijual

    Jakarta

    Yamaha belum memulai penjualan motor listrik di Indonesia. Di sisi lain, pabrikan berlambang garpu tala itu masih melakukan proses studi. Terbaru, Yamaha memasuki fase studi kedua dengan model motor listrik yang menggunakan sistem tukar baterai alias swap battery.

    Satoshi Takagi, Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., mengatakan bahwa proyek ini adalah kelanjutan dari visi perusahaan untuk menghadirkan solusi mobilitas terbaik.

    “Setelah sukses melakukan uji kendara dengan EV model E01 yang memiliki mekanisme fix battery beberapa waktu lalu, saat ini Yamaha memasuki fase kedua pengujian EV dengan menggunakan model swap battery,” ujar Satoshi dalam keterangan resminya dikutip Kamis (11/9/2025).

    Yamaha sudah merampungkan uji kendara dengan model E01 dengan fix battery yang dilakukan di 4 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Bali dan juga Medan.

    Satoshi melanjutkan, Yamaha saat ini bekerja sama dengan salah satu penyedia jasa layanan ride sharing untuk pengujian sistem tukar baterai.

    “Melalui proyek ini kami akan melihat bagaimana efektivitas kendaraan EV Yamaha dalam mendukung mobilitas masyarakat perkotaan dan juga potensi bisnisnya,” kata dia.

    “Harapan kami ke depan, dengan berbagai studi komprehensif yang kami lakukan, Yamaha akan benar-benar bisa menghadirkan kendaraan ramah lingkungan terbaik untuk menjawab kebutuhan mobilitas dan gaya hidup konsumen Indonesia,” ungkap Satoshi.

    Sebagai pendukung utama proyek ini, Yamaha telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan stasiun tukar baterai mandiri yang tersebar di berbagai lokasi strategis di wilayah Jabodetabek. Melalui stasiun-stasiun ini, Yamaha juga akan mempelajari secara mendalam ekosistem penanganan baterai, mulai dari sisi hulu hingga hilir.

    Dari foto yang dibagikan Yamaha Indonesia, desainnya mirip dengan Yamaha Neo. Meski begitu, tidak ada spesifikasi motor listrik yang disampaikan Yamaha.

    Jika melirik Yamaha Neo yang sudah dijual di Vietnam. Motor listrik itu dibekali penggerak motor listrik yang memiliki kapasitas 2,3 kW dan torsi maksimum 138,3 Nm pada 40 rpm. Sementara baterainya menggunakan kapasitas baterai 51,1 V, 23,2 Ah berjenis Lithium-ion/BFM1. Baterai tersebut bisa diisi penuh dalam waktu 8 jam. Menariknya, baterai ini bisa dilepas-pasang dengan mudah.

    Soal performa, baterai ini bisa menempuh jarak hingga 72 km, dengan catatan kecepatannya konstan 30 km/jam dan bobot pengemudinya 75 kg. Jarak tempuh tersebut nantinya bisa diperpanjang lagi karena skutik ini bisa dibekali opsi dua baterai tambahan yang dipasang secara portabel di bawah jok.

    Yamaha serius mendukung program Carbon Neutral, bahkan telah diakui oleh pemerintah Indonesia. Yamaha menyebut menjadi produsen motor yang meraih GREEN PROPER Award 2025 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

    (riar/rgr)

  • Harga BBM Shell Super Hari Ini, Tersedia di SPBU Mana Saja?

    Harga BBM Shell Super Hari Ini, Tersedia di SPBU Mana Saja?

    Jakarta

    Harga BBM Shell Super hari ini masih Rp 12.580 per liter. Berikut ini daftar SPBU yang menyediakan Shell Super di kawasan Jabodetabek.

    Harga BBM Shell Super belum berubah. Per September 2025, harga BBM Shell Super per liternya Rp 12.580. Namun, ketersediaan bensin Super itu tak tersedia di seluruh SPBU Shell. Nah buat kamu pengguna BBM Shell Super, berikut ini daftar SPBU yang menyediakan BBM RON 92 tersebut di Jabodetabek per tanggal 10 September 2025 pagi.

    SPBU Shell yang Menyediakan Bensin Super

    Jakarta Barat:

    Shell Arjuna Utara-1Shell Daan Mogot-2Shell JORR-1Shell Kedoya-1Shell Kyai Tapa-1Shell Latumenten-2Shell Meruya Utara-1Shell Peta Selatan-1Shell Puri-1Shell West JORR-2

    Jakarta Utara:

    Shell Artha Gading-1Shell Kelapa Gading-1Shell PIK-1Shell Pluit Selatan-1Shell Semper-1Shell Sunter Utara-1Shell Yos Sudarso-1

    Jakarta Selatan

    Shell Antasari-1Shell Antasari-2Shell Ciputat Raya-1Shell Fatmawati-1Shell Gatot Subroto-1Shell Lapangan Ros-1Shell Mampang-1Shell M Kahfi-1Shell Petukangan-1Shell Radio Dalam-1Shell Satrio-1Shell Soepomo-1Shell TB Simatupang-1Shell Tj BaratShell Warung Jati Barat

    Jakarta Pusat

    Shell Ayani-1Shell Gn Sahari-1Shell Hasyim Ashari-1Shell Menteng-1Shell RP Soeroso-1Shell Salemba-1

    Jakarta Timur

    Shell Bekasi Raya-1Shell Cipinang-1Shell MT Haryono-1Shell Pemuda-1Shell Raden Inten

    Tangerang

    Shell Alam Sutera-1Shell Bintaro-1Shell BSD2Shell BSD3Shell BSD4Shell Cipondoh-1Shell CO Citra Raya-1Shell Graha Raya-1Shell JombangShell Karang Tengah-1Shell Lippo Karawaci-1Shell Metland PuriShell Otista-1Shell Pamulang-1Shell PIK-2Shell Serang Cikupa-1Shell Serpong-1 KM8Shell Soewarna Soetta-1Shell Suvarna Sutera-1

    Depok

    Shell Cibubur-1Shell Cinere Raya-1Shell Raya Muchtar-1Shell Sawangan-1Shell Siliwangi

    Bogor

    Shell Ciawi-1Shell Cibinong-1Shell DR Semeru-1Shell Jagorawi Tol KM 21Shell Kota Wisata-1Shell Pasir AnginShell Sentul City-1

    Bekasi

    Shell Agus SalimShell Ahmad Yani-1Shell Cibarusah-1Shell Cut Meutia-1Shell Cut Meutia-2Shell Deltamas 1Shell Diponegoro TambunShell Grand Wisata-1Shell I Gusti Ngurah Rai-1Shell Jatibening-1Shell JatimekarShell Lingkar Utara-1Shell Lippo Cikarang-1Shell Mangunjaya-1Shell Noer Ali-2Shell Pondok Gede-1Shell Raya Perjuangan-1Shell Wibawa Mukti-1

    Itu tadi deretan SPBU Shell yang menyediakan BBM Super. Untuk mengetahui pastinya, kamu bisa mengakses laman Shell Indonesia. Shell mengungkap belum mengetahui sampai kapan kekosongan stok BBM Super di sejumlah SPBU-nya.

    “Shell Indonesia ingin menginformasikan bahwa produk bahan bakar minyak (BBM) Shell Super, Shell V-Power, dan Shell V-Power Nitro+ tidak tersedia di beberapa jaringan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Shell hingga waktu yang belum dapat dipastikan,” ungkap President Director & Managing Director Mobility Shell Indonesia, Ingrid Siburian belum lama ini.

    (dry/rgr)

  • Penjualan Mobil di Indonesia Agustus 2025 Naik, Pameran GIIAS Jadi Penolong

    Penjualan Mobil di Indonesia Agustus 2025 Naik, Pameran GIIAS Jadi Penolong

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia periode Agustus 2025 terpantau naik. Pameran GIIAS 2025 menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kenaikan tersebut.

    Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 sukses mengerek angka penjualan mobil di Tanah Air. Buktinya berkat pameran yang digelar pada 24 Juli hingga 3 Agustus 2025 itu, penjualan mobil di Indonesia naik. Dalam data yang dihimpun Gaikindo, penjualan wholesales pada Agustus naik 1,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara penjualan secara retail naik 5,7 persen kalau dibandingkan periode Juli 2025.

    “Iya betul (kenaikan penjualan karena GIIAS),” ungkap Sekretaris Gaikindo Kukuh Kumara saat dikonfirmasi detikOto, Rabu (10/9/2025).

    Kendati demikian, bila dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu, justru mengalami penurunan yang signifikan. Secara wholesales bila pada Agustus 2024 ada 76.302 unit mobil terdistribusi, maka pada Agustus 2025 hanya 61.780 unit. Begitu pun dengan penjualan retail sales yang sebelumnya 76.806 unit kini hanya 66.478 unit atau turun 13,4 persen.

    Demikian pula bila dihitung akumulatif dari Januari-Agustus 2025, penjualan secara wholesales baru mencapai 500.951 unit atau turun 10,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara penjualan secara retail turun 10,7 persen sepanjang delapan bulan tahun 2025 dari 584.847 unit menjadi 522.162 unit.

    Penjualan mobil di Tanah Air memang tengah lesu. Kendati demikian, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta agar pabrikan tidak melakukan PHK terhadap tenaga kerja di sektor otomotif. Selain itu, pabrikan juga diminta agar tak menaikkan harga jual kendaraan.

    “Maka itu, saya secara khusus meminta agar tidak ada kenaikan harga mobil dan tidak ada PHK di Indonesia. Ini penting demi menjaga daya beli masyarakat dan menjaga lapangan kerja di sektor otomotif, yang merupakan salah satu penopang industri nasional,” kata Agus beberapa waktu lalu.

    (dry/rgr)

  • Buat Amal, Lihat Lebih Dekat Moge BMW Paus Leo XIV

    Buat Amal, Lihat Lebih Dekat Moge BMW Paus Leo XIV

    Buat Amal, Lihat Lebih Dekat Moge BMW Paus Leo XIV