Lihat Lebih Dekat AION UT, Mobil Hatchback Listrik yang Dijual Mulai Rp 325 Juta
Jenis Media: Otomotif
-

Shaq Restorasi Mobil Kobe Bryant Semasa SMA
Jakarta –
Legenda NBA Shaquille O’Neal merestorasi Toyota Land Cruiser tahun 1996, SUV yang dikemudikan mendiang Kobe Bryant selama masa sekolah menengahnya.
Dikutip dari Autoevolution, Kobe muda mulai mengendarai Toyota Land Cruiser tahun 1996, sebuah kendaraan tangguh yang menemani seorang atlet muda itu naik daun.
Saat Kobe naik menjadi superstar bersama Los Angeles Lakers, menang lima kejuaraan NBA dan mendapatkan penghargaan MVP, Land Cruiser itu tetap berada di dalam keluarga, menjadi peninggalan dari masa lalu.
Faktanya, selama bertahun-tahun, SUV itu terparkir di garasi keluarga, jarang dikendarai, hingga akhirnya rusak.
Shaq kemudian memulai misi untuk mengembalikan mobil itu ke masa jaya. Dia menghubungi ahli mekanik dan ahli restorasi, yang dengan antusias setuju untuk bergabung dalam proyek tersebut.
Shaq mempercayakan mobil off-road itu kepada Effortless Motors, bengkel yang berlokasi di Riverside, California. Land Cruiser tersebut telah lama terbengkalai dalam kondisi rusak. Lapisan bodi hitamnya memudar, bodinya terlihat babak belur, karat menggerogoti rangkanya, dan kabinnya usang oleh teriknya matahari Las Vegas, tempat tinggal Pam, ibu Kobe Bryant.
Mereka dengan cermat memperbaiki eksterior, memperbarui cat yang pudar, memperbaiki penyok, dan mengembalikan krom. Di bagian dalam, mereka mengganti jok yang sobek, memperbaiki dasbor yang retak, dan membersihkan seluruh kabin, mengembalikannya ke kondisi aslinya saat Kobe masih di sekolah menengah.
Meskipun menghadapi tantangan ini, Effortless Motors menerima tugas tersebut, dengan tujuan mengembalikannya ke kejayaan aslinya. Mereka mengecatnya kembali dengan warna hijau zamrud gelap klasik, kemungkinan besar lapisan pabrik “6M1 Dark Emerald Pearl” asli yang dipakai SUV itu saat Bryant mengendarainya pada tahun 1990-an.
Ini bukanlah restorasi biasa. Effortless Motors dengan cermat memperbaiki SUV itu. Proyek restorasi ini memakan waktu berbulan-bulan. Biaya perbaikan diperkirakan mencapai sekitar $9.000 sekitar Rp 147,6 juta.
Hasilnya Land Cruiser itu tampak seolah-olah baru saja keluar dari jalur produksi, catnya berkilau, bodinya bersih.
Shaq secara pribadi menyerahkan Land Cruiser itu kepada ibu Kobe Bryant. Sebagai bentuk penghormatan, mobil itu dikembalikan kepada Pam Bryant tanpa disorot kamera.
(riar/rgr)
-

Pajak Tahunan Honda BeAT Street Keluaran 2025
Jakarta –
Pajak tahunan Honda BeAT Street ternyata Rp 200 ribuan. Berikut ini rincian pajaknya.
BeAT Street merupakan salah satu motor matic murah yang dijual Honda. Motor matic bergaya petualang itu dijual seharga Rp 19,851 juta. Dengan harga tak sampai Rp 20 juta, mungkin banyak yang penasaran berapa pajak tahunannya ya? Pajak tahunan Honda BeAT Street itu rupanya Rp 200 ribuan.
Pajak Tahunan Honda BeAT Street
Ditelusuri detikOto dalam Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berikut ini rincian pajak Honda BeAT Street.
PKB Pokok: Rp 234 ribuSWDKLLJ: Rp 35 ribuTotal: 269 ribu
Perlu dicatat, pajak tahunan di atas berlaku untuk Honda BeAT Street kepemilikan pertama keluaran tahun 2025 di Jakarta. Besar pajak bisa jadi berbeda tergantung dari jumlah kepemilikan dan juga wilayah tempat motor itu terdaftar.
Sebagai informasi tambahan, berbeda dengan varian BeAT lainnya, BeAT Street menyajikan kesan ‘jalanan’. Lebih lagi dengan kehadiran velg berukuran 12 inch dengan tapak ban yang lebih lebar. BeAT Street ini cocok buat generasi muda yang ingin tampil beda.
Spesifikasi Honda BeAT Street
Honda BeAT hadir dengan mesin yang lebih responsif pada putaran awal hingga menengah untuk memenuhi kebutuhan berkendara dengan mobilitas tinggi. Menggunakan mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Berbekal mesin tersebut, model ini mampu menghasilkan tenaga 6,6kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm @ 5.500 rpm namun tetap irit konsumsi bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.
Honda BeAT juga dibekali dengan teknologi terdepan yakni sensasi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter. Pada sisi keamanan, Honda BeAT ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor.
Keamanan berkendara juga dirasakan pada sistem pengereman yang menggunakan fitur Combi Brake System (CBS). Selain itu, model ini dilengkapi dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendaranya.
Honda BeAT telah dibekali dengan kapasitas pelumas sebesar 0,65L yang mampu menunjang kinerja mesin 110 cc dengan menghadirkan kinerja mesin optimal namun tetap irit bahan bakar. Melalui tes internal dengan metode Worldwide Motorcycle Test Cycle (WMTC), didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.
(dry/din)
-

Aspira Rayakan 25 Tahun Perjalanan dengan Mitra Distributor-Retailer di RI
Jakarta –
Brand suku cadang kendaraan milik PT Astra Otoparts Tbk (Aspira) genap berusia 25 tahun. Momen ini dirayakan bersama lebih dari 1.000 mitra dari 650 toko dan dealer roda dua maupun roda empat di seluruh Indonesia, 8-10 September.
Sebagai simbolisasi perjalanan 25 tahun, Aspira melepas 165 tukik laut Nusa Dua, Bali, berkolaborasi dengan Turtle Conservation & Education Centre Serangan Island.
Direktur Astra Otoparts, Martogi Siahaan menyampaikan kegiatan ini memiliki makna lebih dari sekadar pelestarian lingkungan. Ia menyebut momen itu sebagai refleksi perjalanan Aspira yang bermula dari langkah kecil hingga berkembang menjadi bagian penting industri otomotif nasional.
“Kegiatan ini bukan hanya simbol pelestarian lingkungan semata, tetapi juga pengingat bahwa 25 tahun yang lalu Aspira memulai perjalanannya dari langkah yang kecil, sama seperti para ‘tukik’ ini. Dari langkah kecil itu, Aspira terus tumbuh dan kini berkontribusi untuk industri otomotif Indonesia,” ujar Martogi dalam keterangannya, Kamis (11/9/2025).
Foto: Aspira
Perayaan ini dikemas dalam acara Aspira Mega Rewards 2025 dengan tema ‘Across the Star’ yang mencerminkan perjalanan Aspira bersama para mitra yang terus tumbuh bersama dan berkontribusi untuk industri otomotif Indonesia. Aspira Mega Rewards merupakan agenda yang secara konsisten digelar sebagai bentuk apresiasi Aspira terhadap para mitra selama ini.
Diketahui, Aspira telah melewati berbagai rintangan hingga perlahan membangun reputasi sebagai salah satu merek suku cadang terpercaya di Tanah Air. Selama 25 tahun perjalanannya, Aspira tidak hanya menghadirkan produk suku cadang berkualitas, tetapi juga mendukung mobilitas jutaan masyarakat melalui jaringan distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia, hingga mancanegara.
Kehadiran Aspira turut menghidupkan perekonomian daerah dan memperkuat ekosistem otomotif Tanah Air yang berdaya saing global. Setiap langkah kecil yang diambil hari ini diyakini akan menentukan masa depan yang lebih cerah.
Foto: Aspira
Dalam perayaan kali ini, Aspira juga menghadirkan momen kebersamaan untuk semakin dekat dengan para mitra, mulai dari jamuan makan malam, kunjungan ke ikon budaya Bali, hingga hiburan spesial yang semakin mempererat hubungan persaudaraan.
Melalui momen ini, Aspira berkomitmen memperkuat kolaborasi erat dengan para mitra di seluruh Indonesia, sekaligus menghadirkan produk suku cadang otomotif berkualitas, mulai dari ban, aki, oli, hingga berbagai komponen otomotif lainnya sesuai kebutuhan pelanggan.
Dengan semangat ‘Across the Star’, Aspira siap melanjutkan perjalanannya menuju masa depan yang lebih cerah, bersinergi bersama mitra, sekaligus turut menjaga keberlanjutan lingkungan.
(akd/akd)
-

Daripada Subsidi Motor Listrik, Mending Duitnya buat Subsidi Angkutan Umum
Jakarta –
Pemerintah menjanjikan akan memberikan subsidi untuk motor listrik. Namun ada anggapan lain, daripada memberikan insentif buat motor listrik, lebih baik anggarannya digunakan untuk subsidi angkutan umum biar bisa dinikmati lebih banyak masyarakat.
Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) meminta pemerintah untuk mengalihkan subsidi motor listrik ke angkutan umum. Menurut MTI, subsidi motor listrik salah sasaran, justru bukan menjawab krisis daya beli. Subsidi motor listrik itu dinilai kontra-produktif dan tidak menjawab masalah penurunan daya beli masyarakat.
“Di tengah tabungan masyarakat yang habis dan tekanan inflasi, pemerintah justru mendorong konsumsi baru melalui subsidi motor listrik. Ini malah akan memberi beban baru, bukan obat bagi rakyat yang butuh kebijakan untuk meringankan pengeluaran, dan menambah pendapatan,” kata Ketua Umum MTI Tory Damantoro dalam keterangan tertulis yang diterima detikOto, Rabu (10/9/2025).
Menurutnya, subsidi untuk produk konsumtif (motor) justru menciptakan liabilitas baru (cicilan, maintenance). Hal itu dianggap bukan menyelesaikan masalah pokok penurunan pendapatan.
“Harapan pemerintah sebagai stimulus ekonomi sangat meleset dari realita. Masyarakat memaknai stimulus sebagai cara untuk memperluas lapangan kerja dan menaikkan pendapatan, yang mana motor listrik tidak bisa menjawab itu. Subsidi justru menggerus APBN yang bisa dialokasikan untuk program yang lebih mendesak seperti pengentasan kemiskinan,” ujar Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Pembinaan Wilayah Djoko Setijowarno.
Di sisi lain, beban biaya transportasi di Indonesia sudah memberatkan. Data BPS menunjukkan, biaya transportasi menggerogoti 30-40 persen pendapatan warga miskin kota.
Untuk itu, MTI lebih mendorong pemberian subsidi untuk transportasi umum ketimbang subsidi motor listrik. Subsidi angkutan umum dianggap sebagai kebijakan real yang langsung meringankan beban masyarakat. Setiap penurunan tarif angkutan secara langsung menaikkan alokasi pendapatan yang siap dipakai (disposable income) untuk kebutuhan lain.
“Subsidi angkutan umum adalah cara paling efektif untuk pengentasan kemiskinan struktural. Biaya transportasi yang dihemat akan langsung bisa dialihkan untuk beli makan, sekolahkan anak, atau berobat. Ini stimulus ekonomi riil yang langsung dirasakan di tingkat akar rumput dan memiliki multiplier effect yang luas,” kata Tory.
Sayangnya, subsidi angkutan umum malah dipotong di sejumlah daerah. Memotong subsidi angkutan umum dinilai sebagai langkah mundur yang membunuh budaya penggunaan transportasi umum yang sudah mulai tumbuh.
“Kami prihatin, pemotongan subsidi angkutan umum justru sedang terjadi di beberapa daerah. Ini menggagalkan budaya baik yang sudah dibangun susah payah. Pemerintah pusat harus memimpin dengan contoh, mengalihkan subsidi motor listrik untuk memperkuat layanan angkutan umum, bukan melemahkannya,” tegas Djoko.
MTI merekomendasikan tiga langkah konkret kepada pemerintah. Pertama, hentikan subsidi motor listrik. Kedua, alihkan alokasi anggarannya menjadi subsidi angkutan umum nasional untuk pembangunan, penyelenggaraan, maupun pengelolaannya. Ketiga, jadikan subsidi angkutan umum sebagai program prioritas untuk pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial yang berdampak nyata pada pengentasan kemiskinan sesuai asta cita Presiden Prabowo Subianto.
“MTI siap berdialog dengan pemerintah dan DPR untuk mendorong kebijakan transportasi yang pro-rakyat dan pro pengentasan kemiskinan,” katanya.
(rgr/dry)
-

Penjualan Motor di Indonesia Ditargetkan Tembus 6,7 Juta Unit/Tahun
Jakarta –
Meski mengalami penurunan bulan lalu, namun penjualan motor di Indonesia diyakini akan gaspol di sisa empat bulan terakhir tahun ini. Bahkan, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan angkanya tembus 6,7 juta unit hingga akhir tahun!
Ketua Umum AISI, Johannes Loman mengatakan, pihaknya sejak awal memang sudah memasang target penjualan 6,4-6,7 juta unit setahun. Menurutnya, secara pergerakkan pasar, kondisinya masih mirip-mirip tahun lalu.
“AISI masih menetapkan target seperti yang ditetapkan akhir tahun lalu, yaitu 6,4 sampai 6,7 juta unit setahun. Dan kami tidak merubah, karena kami melihat sampai liat-liat Agustus itu angkanya kurang lebih sama dengan tahun lalu,” ujar Loman di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (10/9).
“Kami yakin biasanya secara historis semester dua itu lebih tinggi dari semester satu. Terus yang kedua juga kita melihat harga komoditi yang cukup stabil dan terlihat pertumbuhan market di luar Pulau Jawa,” tambahnya.
AISI targetkan penjualan motor di Indonesia tembus 6,7 juta unit/tahun. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com
Menurut data AISI, penjualan kendaraan roda dua sepanjang bulan lalu hanya 578.041 atau turun 1,53 persen dibandingkan Juli yang mencapai 587.048 unit.
Meski demikian, penjualan motor di Indonesia selama Agustus 2025 masih lebih baik dibandingkan Agustus 2024. Menurut data yang sama, jika dibandingkan bulan per bulan, ada kenaikan sekira 2,3 persen.
Dengan tambahan 578.041 unit, maka penjualan motor di Indonesia selama 2025 sudah mencapai 4.269.718 unit. Jika kita bandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni dari Januari-Agustus 2024, maka ada penurunan 1,7 persen.
“Harapan saya pemerintah akan melakukan spending yang lebih besar di semester dua, sehingga akan membuat ekonominya bergerak lebih positif. Dan itu akan berdampak bukan hanya ke motor, tapi kepada semua ekonomi,” kata dia.
Berikut Penjualan Domestik Motor di IndonesiaJanuari – 560.301 unitFebruari – 581.277 unutMaret – 541.684 unitApril – 406.691 unitMei – 505.350 unitJuni – 509.326 unitJuli – 587.048 unitAgustus – 578.041 unit.
(sfn/dry)
-

Laris Manis! Sudah Segini AION UT Dipesan Orang Indonesia
Jakarta –
AION UT resmi diperkenalkan di pameran GIIAS 2025 lalu. Mobil listrik asal China ini menjadi pendatang baru di segmen EV hatchback kapasitas lima penumpang. Seberapa banyak mobil ini terjual di Indonesia?
“AION UT sendiri saat ini collecting order-nya sudah lebih dari 2.500 SPK (surat pemesanan kendaraan) ya. Penyebarannya terbesar tentunya masih di kawasan Jabodetabek. Kemudian Pulau Jawa (secara keseluruhan) dan Pulau Sumatra dan sekitarnya,” bilang CEO of GAC Indonesia, Andry Ciu, di Jakarta, Rabu (10/9/2025).
Sebagai informasi, AION UT mengusung konsep mobil listrik urban yang dinamis. Model ini tersedia dalam dua varian, Standard dan Premium. AION UT resmi dijual dengan harga Rp 325 juta buat varian Standard dan Rp 363 juta untuk varian Premium. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.
Dari sisi desain, AION UT menghadirkan tampilan luar yang memperlihatkan desain streamline body, atap melayang (floating roof), dan lampu utama yang terinspirasi bentuk mata burung hantu. Matrix cube light pada lampu sein dan lampu belakang menguatkan aura mobil khas Milan.
Secara dimensi, AION UT memiliki panjang 4.270 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.575 dengan wheelbase 2.750 mm. Soal performa, varian Standard AION UT bisa tempuh jarak 400 km (NEDC) dan versi Premium AION UT sanggup menempuh jarak hingga 500 km (NEDC).
Proses pengisian daya mobil ini juga super cepat, ngecas dari 30 persen hingga 80 persen hanya butuh 24 menit dengan DC fast charging type CCS2.
AION UT akan dikirim ke konsumen mulai bulan Oktober 2025. Untuk menjamin kepuasan konsumen, GAC Indonesia memberi garansi seumur hidup buat komponen battery, motor, dan electronic control system. Selain itu juga ada garansi kendaraan selama 8 tahun atau 160 ribu km dan gratis biaya perawatan selama tiga tahun atau 40 ribu km.
(lua/dry)



