Jenis Media: Otomotif

  • Denda Kambing Buat yang Pakai Knalpot Brong

    Denda Kambing Buat yang Pakai Knalpot Brong

    Jakarta

    Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah mengapresiasi langkah masyarakat bersama lembaga Adat di Kelurahan Talise Valangguni, Kota Palu, dalam menerapkan sanksi sosial berupa denda seekor kambing bagi pengendara yang kedapatan menggunakan knalpot brong.

    Dirlantas Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol. Atot Irawan mengatakan aturan berbasis kearifan lokal ini menjadi bentuk partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban sekaligus memberi efek jera kepada pelanggar lalu lintas di Palu, Sulawesi Tengah.

    “Harapan pihak kepolisian, khususnya direktorat lalu lintas mengajak semua lapisan masyarakat untuk berperan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas,” kata Atot dikutip dari Antara.

    “Ini menjadi kerarifan lokal yang perlu kita support,” tambah dia.

    Diwartakan Antara, kambing yang dijadikan denda, kemudian diolah, dan dimakan bersama warga. Aturan adat ini sejatinya sudah dibuat sejak 2022, meliputi 12 pelanggaran dan 7 kewajiban sosial, penggunaan knalpot brong merupakan yang masuk dalam salah satu item tersebut.

    Lebih lanjut, meski sanksi adat diberikan, pelanggar tetap dikenakan denda berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 1999 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    “Setiap orang yang mengemudikan motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3), dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” begitu bunyi pasal 285.

    Selain itu, menyoal suara knalpot juga diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 56 tahun 2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan kendaraan Bermotor yang sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L.

    Dalam aturan itu disebutkan bahwa motor berkapasitas kurang dari 80 cc tingkat maksimal kebisingan 77 dB, motor berkubikasi 80-175 cc tingkat maksimal kebisingan 80 dB, dan untuk motor di atas 175 cc maksimal bising 83 dB.

    (riar/dry)

  • Harga Rp 300 Jutaan, Jarak Tempuh 295 Km

    Harga Rp 300 Jutaan, Jarak Tempuh 295 Km

    Jakarta

    Honda menjual mobil listrik mungil dengan jarak tempuh 295 km. Mobil listrik bernama N-One e: itu dijual seharga Rp 300 jutaan.

    Mobil listrik mungil Honda N-One e: mulai dipasarkan di Jepang. Mobil yang memiliki kapasitas empat orang dewasa ini mewarisi filosofi Honda yaitu Man Maximum, Machine Minimum yang sudah menjadi dasar sejak era Honda N360 pada tahun 1960-an. Honda N-One e: cocok untuk digunakan sehari-hari dengan kelengkapan pasokan daya dan V2h (Vehicle to Home).

    Baterainya ditempatkan di bawah lantai sehingga membuat kabin jadi lebih lega. Fleksibilitas khas Honda N-One dipertahankan melalui mekanisme dive-down yang memungkinkan kursi belakang dilipat rata sejajar bagasi, serta mekanisme tip-up untuk memuat barang tinggi. Tata letak fleksibel ini memberikan kepraktisan tinggi dalam berbagai situasi.

    Untuk menghadirkan posisi berkendara lebih baik, setir kini disesuaikan lebih dekat ke pengemudi tanpa mengubah posisi duduk. Kap depan dengan desain inovatif meningkatkan visibilitas dan memudahkan manuver di perkotaan. Dimensi tinggi mobil dibuat sama dengan N-ONE, sehingga mudah diparkir di gedung parkir bertingkat serta efisien berkat hambatan udara yang rendah.

    Eksterior tampil ringan namun stabil dengan fender depan tegas serta pintu belakang melengkung tiga dimensi. Port pengisian ditempatkan di gril depan, serupa dengan Honda N-VAN e:, untuk memudahkan akses saat mengisi daya.

    Honda N-ONE e: dilengkapi compact electric powertrain dengan baterai tipis berkapasitas besar, yaitu 29.6 kWh. Berbekal baterai itu, Honda N-One e: menjanjikan jarak tempuh sejauh 295 km dalam satu kali pengecasan baterai. Waktu pengisian daya sekitar 30 menit untuk pengisian cepat dan sekitar 4,5 jam untuk pengisian standar.

    Semua varian N-One e: telah dilengkapi fitur keselamatan canggih Honda SENSING. Model ini juga menjadi minicar pertama Honda dengan Traffic Jam Assist, bantuan berkendara di kemacetan. Mobil ini juga dilengkapi dengan Post-Collision Braking System untuk mengurangi risiko kerusakan lanjutan setelah tabrakan. Soal harga, Honda N-One e: bisa dibawa pulang dengan banderol mulai 2,7 juta yen atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 301 jutaan. (1 yen = Rp 111,54).

    (dry/din)

  • Sebelum Tarif Parkir Naik, Benahi Dulu Parkir Liar

    Sebelum Tarif Parkir Naik, Benahi Dulu Parkir Liar

    Jakarta

    Tarif parkir di Jakarta disebut bakal naik. Namun, ada kekhawatiran pemilik kendaraan memanfaatkan parkir liar karena semakin tingginya tarif parkir.

    Memang, di antara kota-kota besar lain di dunia, tarif parkir di Jakarta dianggap masih sangat rendah. Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya menyebutkan tarif parkir itu masih minim.

    “Tarif parkir Provinsi DKI Jakarta dirasa masih minim untuk mendukung push and pull strategy penanganan kemacetan lalu lintas di Provinsi DKI Jakarta,” demikian keterangannya.

    Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menegaskan hingga saat ini memang belum ada rencana kenaikan tarif parkir di Ibu Kota. Pramono menjelaskan, yang saat ini tengah dikaji Pemprov DKI adalah penerapan sistem pembayaran parkir nontunai atau cashless serta pengaturan ulang sistem perparkiran. Namun dia menegaskan belum ada keputusan resmi soal tarif parkir.

    “Jadi sampai hari ini belum ada rencana kenaikan tarif parkir sehingga apa yang disampaikan, saya enggak tahu siapa yang menyampaikan itu, itu tidak benar,” kata Pramono dikutip detikNews.

    Menurut Ketua Umum Indonesia Parking Association (IPA) Rio Octaviano, sebelum mengerek tarif parkir sebaiknya pemerintah menyelesaikan permasalahan parkir liar. Dikhawatirkan, ketika tarif parkir naik nantinya, pemilik kendaraan justru memilih parkir liar.

    “Misalnya di mall A tarifnya Rp 5.000, ternyata besok jadi Rp 6 ribu. Akhirnya orang akan mencari alternatif, alternatifnya dengan parkir di parkir liar. Penanganan parkir liar ini sendiri sekarang gimana? Itu jadi pertanyaan,” ujar Rio kepada detikOto.

    “Jadi kesimpulannya, apabila tarif parkir naik berdasarkan dari keputusan pemerintah, maka pemerintah harus segera menjawab atau membuat peta mitigasi (terkait penanganan parkir liar). Itu yang harus segera disosialisasikan,” sambungnya.

    (rgr/dry)

  • Jangan Lakukan 3 Hal Ini saat Perpanjang SIM Online, Pokoknya Jangan!

    Jangan Lakukan 3 Hal Ini saat Perpanjang SIM Online, Pokoknya Jangan!

    Jakarta

    Ada tiga hal yang harus dihindari saat perpanjang SIM online. Berikut ini penjelasannya.

    Perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa dilakukan secara online. Kamu nggak perlu lagi datang ke Satpas pagi-pagi, antre, bahkan sampai harus cuti kerja lantaran SIM bisa diperpanjang secara online. Terpenting kamu punya ponsel dan sudah mengunduh aplikasi Digital Korlantas. Perpanjangan SIM secara online pun bisa dilakukan dengan mudah.

    3 Hal yang Harus Dihindari saat Perpanjang SIM Online

    Namun demikian, ada beberapa hal yang harus dihindari saat memperpanjang SIM secara online. Berikut ini tiga hal yang tak boleh dilakukan saat perpanjang SIM online dikutip dari laman Instagram Digital Korlantas.

    1. Jangan melakukan pengajuan perpanjangan terlalu mepet dengan batas masa aktif SIM.
    2. Submit pas foto asal-asalan dan tidak sesuai ketentuan
    3. Foto tanda tangan di kertas bergaris dan menggunakan tinta selain hitam

    Untuk diketahui, proses perpanjangan SIM memerlukan waktu 3-7 hari kerja, itu pun tergantung dari antrean. Bila antrean di Satpas mengalami lonjakan, maka butuh waktu yang lebih panjang. Kamu yang mau perpanjang SIM secara online, setidaknya bisa melakukan perpanjangan 90 hari sebelum masa berlaku habis. Atau bisa juga melakukan perpanjangan 30 hari sebelumnya.

    Urusan mengunggah foto saat perpanjang SIM online juga tak bisa sembarangan. Foto yang terlihat gigi, foto menggunakan aksesori, foto menggunakan hijab berwarna biru, foto menggunakan background selain biru, foto fisik yang difoto ulang, foto menggunakan kacamata, serta foto dengan background biru editan adalah contoh-contoh yang bikin proses perpanjangan SIM online kamu jadi gagal. Pastikan kamu mengunggah foto sesuai dengan ketentuan serta tak melakukan kesalahan di atas serta resolusinya 480 x 640 pixel.

    Selanjutnya, foto tanda angan juga tidak bisa asal. Untuk tanda tangan difoto di atas kertas putih. Foto tanda tangan yang tak sesuai bisa menggagalkan proses perpanjangan SIM online. Beberapa kegagalan yang kerap ditemukan saat foto tanda tangan di atas kertas putih yaitu:

    – Foto tanda tangan di atas kertas bergaris
    – Foto tanda tangan menggunakan tinta selain hitam
    – Foto tanda tangan berbayang

    (dry/din)

  • Pecco Bagnaia Curhat ke Marc Marquez: Percaya Diri Mulai Hilang

    Pecco Bagnaia Curhat ke Marc Marquez: Percaya Diri Mulai Hilang

    Jakarta

    Francesco Bagnaia tertangkap kamera mengungkapkan dirinya kehilangan kepercayaan diri ke Marc Marquez. Performa Bagnaia begitu jeblok saat menjalani MotoGP Catalunya 2025.

    Bagnaia finis di luar 10 besar saat sprint race MotoGP Catalunya 2025. Awal yang berat bagi Bagnaia, sebab dia perlu memulai urutan ke 21.

    Tahun lalu, Bagnaia selalu tampil gemilang dan Márquez lebih kesulitan, Itulah sebabnya, pada hari Sabtu setelah Sprint, ketika Ducati memastikan gelar konstruktornya, keduanya membahas situasi tersebut.

    “Motornya terkunci dan tidak bisa berbelok. Sulit dipercaya betapa cepatnya saya melaju tahun lalu dan betapa lambatnya saya melaju sekarang. Dan saya kehilangan kepercayaan diri, kepercayaan diri, dan semakin kehilangan percaya diri,” kata Pecco kepada Marc dalam percakapan yang diungkap dalam film dokumenter Ducati Inside dalam perjalanan kembali ke paddock.

    Marquez mendengar curhatan Bagnaia. Dia memberikan sedikit petuah supaya pebalap itu bisa tokcer lagi.

    “Kamu harus kembali ke trek dan mengatur ulang… Misano itu bagus. Ketika para jurnalis berhenti bertanya (tentang situasi kritis), semuanya akan lebih baik. Lihat saja nanti,” jawab Marc.

    “Masalahnya, ini terus-menerus terjadi; Kamis, Jumat, Sabtu… Selangkah demi selangkah, semuanya akan membaik,” pungkas pria kelahiran Cervera itu.

    Marc Márquez sedang menjalani tahun bersejarah dengan 14 kemenangan Sprint dari 16kemenangan yang mungkin diraih, dan 10 kemenangan lainnya di balapan hari Minggu.

    Pecco justru mengalami tahun yang buruk, hanya meraih satu kemenangan, dan itu karena Marc mengalami kecelakaan di Austin saat memimpin. Selisih poin antara keduanya adalah 250. Angka yang sangat sulit dikejar Bagnaia.

    (riar/dry)

  • Tak Ada Lagi Insentif Mobil Listrik Impor BYD dkk Tahun Depan

    Tak Ada Lagi Insentif Mobil Listrik Impor BYD dkk Tahun Depan

    Jakarta

    Insentif buat mobil listrik impor seperti didapatkan BYD cs tak lanjut tahun depan. Pabrikan yang sudah menikmati insentif tersebut harus memproduksi mobil di Indonesia.

    Keputusan pemerintah untuk memberikan insentif bagi mobil listrik berstatus CBU (Completely Build Up) terbukti bisa meningkatkan penjualan mobil tanpa asap di Tanah Air. Sebab, berkat insentif tersebut harga mobil listrik berstatus impor itu jadi kompetitif. Walhasil, pangsa pasar mobil listrik di Indonesia pun nyaris 10 persen, sedangkan sisanya mobil bermesin konvensional.

    Namun demikian, insentif untuk mobil listrik CBU itu dipastikan tak lanjut tahun depan. Insentif yang saat ini dinikmati BYD cs itu berakhir pada Desember 2025.

    “Tahun ini insyaAllah tidak akan lagi kami keluarkan izin CBU. Izin CBU dalam konteks skema investasi dengan mendapatkan manfaat,” ungkap Agus dikutip detikFinance.

    Saat ini ada beberapa merek yang menikmati insentif tersebut yakni BYD, AION, VinFast, Geely, Citroen, GWM, hingga Xpeng. Lewat skema importasi, mobil listrik CBU harusnya dikenakan bea masuk sebesar 50 persen namun berkat insentif jadi 0 persen. Begitu juga dengan PPnBM tak dikenakan tarif sama sekali.

    “CBU, lewat beberapa merek, brand kayak BYD, ada beberapa brand lagi yang mereka akan investasi di sini, bangun pabrik, berproduksi di sini, tapi untuk komitmen investasi mereka deposit uang di sini kan, itu yang akan berhenti,” terang Direktur Jenderal Industri Logam Kementerian Perindustrian, Setia Diarta.

    Pabrikan yang menikmati insentif tersebut harus memenuhi ketentuan bank garansi bagi setiap unit impor yang masuk ke Indonesia. Produsen yang memanfaatkan fasilitas terkait diwajibkan berkomitmen memproduksi kendaraan di dalam negeri setelah impor dengan rasio 1:1.

    Dengan demikian, mulai 1 Januari 2026 hingga 31 Desember 2027 para produsen wajib memproduksi mobil listrik di Indonesia dengan jumlah setara kuota impor CBU. Produksi ini harus menyesuaikan aturan TKDN yang sudah ditetapkan.

    Bagi pabrikan yang tidak memenuhi ketentuan impor dan lokalisasi, maka pemerintah bisa mengambil uang ‘ganti rugi’ dari bank garansi.

    Bank garansi ini menjadi jaminan bagi pemerintah. Jika produsen gagal memenuhi komitmen produksinya sesuai target yang ditetapkan, maka bank garansi tersebut akan dicairkan atau hangus untuk mengembalikan insentif yang telah diberikan oleh pemerintah.

    (dry/din)

  • Komunitas Terios Rush Rayakan Ultah Ke-18 Sambil Jajal Mobil Hybrid

    Komunitas Terios Rush Rayakan Ultah Ke-18 Sambil Jajal Mobil Hybrid

    Jakarta

    Komunitas pengguna Daihatsu Terios dan Toyota Rush yang tergabung dalam Terios Rush Club Indonesia (TeRuCI) kini menginjak usia yang ke-18 tahun. TeRuCI merayakan ultah ke-18 tahun di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 4-8 September lalu.

    Perayaan ultah TeRuCI ini cukup meriah. Bahkan, anggota komunitas diberi kesempatan menjajal mobil hybrid andalan Toyota.

    Mengusung tema “Saroha Hita Di Tao Toba”, rangkaian kegiatan dirancang untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota sekaligus memberikan edukasi dan kesempatan merasakan langsung teknologi Hybrid. Perayaan akbar ini dihadiri sekitar 250 anggota dan 120 unit kendaraan dari 32 Chapter TeRuCI yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Acara diawali di Auto2000 Gatot Subroto Kota Medan. Di sana, anggota diberikan kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan mencoba langsung teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) melalui unit Toyota Innova Zenix HEV. Untuk memastikan kelancaran perjalanan, anggota melaksanakan servis bersama sebelum bertolak menuju Danau Toba.

    Komandan Pusat TeRuCI Budhy Prihantoro menyampaikan apresiasinya atas partisipasi para anggota dalam meramaikan acara ini.

    Komunitas TeRuCi Foto: Dok. TeRuCi

    “Hadirnya kendaraan Hybrid pada kegiatan kali ini mencerminkan antusiasme para anggota yang mulai tertarik untuk memilikinya. Menurut kami, Hybrid menjadi pilihan tepat untuk mobilitas masyarakat Indonesia saat ini. Antusiasme tersebut semakin terasa ketika para member berkesempatan merasakan kenyamanan sekaligus efisiensi bahan bakar Innova Zenix HEV selama perjalanan dari Medan menuju Toba, berkat dukungan dari Auto 2000 Gatot Subroto Medan,” ujar Budhy.

    Sejak berdiri hampir 2 dekade lalu, TeRuCI telah berkembang menjadi salah satu komunitas otomotif terbesar di Indonesia. Pencinta Terios dan Rush itu kini memiliki 4.139 anggota resmi yang tersebar di berbagai daerah. Perayaan ulang tahun ini menjadi bukti solidnya kebersamaan dan komitmen komunitas terhadap nilai sosial dan lingkungan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh undangan dari Pemerintah Kabupaten Dairi yang diwakilkan oleh Kadis Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga serta para tokoh adat setempat.

    (rgr/dry)

  • Mobil Buatan Amerika Bakal Jejali Jalanan Jepang

    Mobil Buatan Amerika Bakal Jejali Jalanan Jepang

    Jakarta

    Mobil-mobil buatan Amerika bakal meramaikan jalanan Jepang. Kok bisa?

    Mobil Jepang yang diproduksi di Amerika bakal pulang kampung. Ya, merek Jepang itu diramal bakal mengimpor mobil yang diproduksi di Amerika untuk dijual di Jepang. Mobil sekelas Toyota Tundra, Nissan Frontier, hingga Honda Ridgeline disebut-sebut akan diimpor ke negara asalnya. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meredakan ketegangan perdagangan dengan AS.

    Upaya itu juga semakin mendapat dukungan setelah perjanjian perdagangan antara kedua negara menurunkan tarif impor jadi 15 persen, demikian diberitakan Carscoops.

    Chairman Toyota Motor Akio Toyoda sudah menunjukkan kesediaannya untuk mengimpor mobil buatan Amerika ke Jepang, termasuk Tundra. Langkah ini dipercaya bisa meredakan tekanan politik dari Presiden AS Donald Trump yang mendesak akses pasar lebih besar ke Jepang untuk mobil dan truk Amerika.

    Di sisi lain, pabrikan Amerika memang memiliki catatan buruk di Jepang. Mobil dari Negeri Paman Sam itu tak diminati warga Jepang. Sebab, kebanyakan mobil Amerika itu berukuran besar untuk digunakan di jalanan Jepang. Nggak heran kalau di Jepang mobil ultra kompak yang sering disebut kei car laris manis di sana. Kei car memang didesain khusus untuk jalanan Jepang. Mobil yang ingin menghuni segmen kei car juga harus memenuhi ketentuan yang berlaku. Kalaupun diimpor ke Jepang, belum tentu mobil buatan Amerika itu bisa laku dijual.

    “Kami tidak dapat menjualnya kecuali konsumen ingin membelinya, tetapi jika ada mobil yang menarik bagi konsumen, itu bukanlah ide yang buruk (mengimpor mobil buatan Amerika),” ungkap Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang Masanori Katayama dalam wawancara dengan Nikkei Asia.

    Pada periode Januari-Juli 2025, lebih dari 60.000 unit mobil merek Jepang diproduksi di negara lain. Kebanyakan berasal dari India, misalnya Suzuki Fronx dan Jimny Nomade. Honda juga diketahui mengimpor SUV-nya dari India.

    Tak cuma itu, mengimpor mobil buatan Amerika ke Jepang juga akan terkendala harga. Analis dari S&P Global Mobility Yoshiaki Kawano mencatat bahwa biaya produksi yang lebih tinggi dan fluktuasi nilai tukar mata uang berpotensi bikin harga mobil buatan Amerika itu jadi mahal. Melihat kondisi itu, sulit rasanya mobil buatan Amerika mencapai volume penjualan seperti mobil yang diimpor dari India.

    “Mobil yang diproduksi di AS sangat mahal karena biaya produksi yang tinggi dan nilai tukar. Jadi tak bisa dibandingkan dengan penjualan mobil yang diproduksi di India. Tidak benar kalau tak ada permintaan di Jepang untuk kendaraan besar yang populer di AS. Jika mereka dapat menonjolkan citra Amerika, mobil itu bisa dijual dengan harga tinggi,” ucap Yoshiaki.

    (dry/rgr)

  • Lihat Lebih Dekat AION UT, Mobil Hatchback Listrik yang Dijual Mulai Rp 325 Juta

    Lihat Lebih Dekat AION UT, Mobil Hatchback Listrik yang Dijual Mulai Rp 325 Juta

    Lihat Lebih Dekat AION UT, Mobil Hatchback Listrik yang Dijual Mulai Rp 325 Juta

  • Shaq Restorasi Mobil Kobe Bryant Semasa SMA

    Shaq Restorasi Mobil Kobe Bryant Semasa SMA

    Jakarta

    Legenda NBA Shaquille O’Neal merestorasi Toyota Land Cruiser tahun 1996, SUV yang dikemudikan mendiang Kobe Bryant selama masa sekolah menengahnya.

    Dikutip dari Autoevolution, Kobe muda mulai mengendarai Toyota Land Cruiser tahun 1996, sebuah kendaraan tangguh yang menemani seorang atlet muda itu naik daun.

    Saat Kobe naik menjadi superstar bersama Los Angeles Lakers, menang lima kejuaraan NBA dan mendapatkan penghargaan MVP, Land Cruiser itu tetap berada di dalam keluarga, menjadi peninggalan dari masa lalu.

    Faktanya, selama bertahun-tahun, SUV itu terparkir di garasi keluarga, jarang dikendarai, hingga akhirnya rusak.

    Shaq kemudian memulai misi untuk mengembalikan mobil itu ke masa jaya. Dia menghubungi ahli mekanik dan ahli restorasi, yang dengan antusias setuju untuk bergabung dalam proyek tersebut.

    Shaq mempercayakan mobil off-road itu kepada Effortless Motors, bengkel yang berlokasi di Riverside, California. Land Cruiser tersebut telah lama terbengkalai dalam kondisi rusak. Lapisan bodi hitamnya memudar, bodinya terlihat babak belur, karat menggerogoti rangkanya, dan kabinnya usang oleh teriknya matahari Las Vegas, tempat tinggal Pam, ibu Kobe Bryant.

    Mereka dengan cermat memperbaiki eksterior, memperbarui cat yang pudar, memperbaiki penyok, dan mengembalikan krom. Di bagian dalam, mereka mengganti jok yang sobek, memperbaiki dasbor yang retak, dan membersihkan seluruh kabin, mengembalikannya ke kondisi aslinya saat Kobe masih di sekolah menengah.

    Meskipun menghadapi tantangan ini, Effortless Motors menerima tugas tersebut, dengan tujuan mengembalikannya ke kejayaan aslinya. Mereka mengecatnya kembali dengan warna hijau zamrud gelap klasik, kemungkinan besar lapisan pabrik “6M1 Dark Emerald Pearl” asli yang dipakai SUV itu saat Bryant mengendarainya pada tahun 1990-an.

    Ini bukanlah restorasi biasa. Effortless Motors dengan cermat memperbaiki SUV itu. Proyek restorasi ini memakan waktu berbulan-bulan. Biaya perbaikan diperkirakan mencapai sekitar $9.000 sekitar Rp 147,6 juta.

    Hasilnya Land Cruiser itu tampak seolah-olah baru saja keluar dari jalur produksi, catnya berkilau, bodinya bersih.

    Shaq secara pribadi menyerahkan Land Cruiser itu kepada ibu Kobe Bryant. Sebagai bentuk penghormatan, mobil itu dikembalikan kepada Pam Bryant tanpa disorot kamera.

    (riar/rgr)