Jenis Media: Otomotif

  • Intip Garasi Menpora Erick Thohir, Ada Motor Honda hingga Mobil Mercedes-Benz

    Intip Garasi Menpora Erick Thohir, Ada Motor Honda hingga Mobil Mercedes-Benz

    Jakarta

    Erick Thohir resmi dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru dalam Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto. Ada sejumlah kendaraan di garasi rumah Erick Thohir. Dari motor bebek Honda, hingga mobil Mercedes-Benz.

    Diketahui sebelumnya Erick Thohir menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mengutip website LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) yang dirilis KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Erick memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 2.414.314.196.710 dan utang Rp 129.662.084.147. Data harta dan utang tersebut dilaporkan pada 27 Maret 2025/Periodik – 2024 dengan jabatan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

    Dari total kekayaan itu, senilai Rp 466.922.160.071 berbentuk tanah dan bangunan. Kemudian harta bergerak lainnya Rp 33.577.250.000, surat berharga yang nilainya Rp 1.722.549.424.100, kas dan setara kas Rp 125.650.244.910, serta harta lainnya Rp 190.308.201.776.

    Sementara untuk harta dari kategori alat transportasi dan mesin, nilainya adalah Rp 4.969.000.000. Berikut rinciannya:

    1. Mercedes-Benz, W108280S, tahun 1969, hibah tanpa akta, Rp 110.000.000
    2. Honda NF125TR, tahun 2011, hasil sendiri, Rp 6.500.000
    3. Hyundai Ioniq 5 EV, tahun 2022, hasil sendiri, Rp 862.500.000
    4. Hyundai Genesis G80 EV, tahun 2022, hasil sendiri, Rp 3.990.000.000.

    Diberitakan sebelumnya, pelantikan Erick Thohir berlangsung kemarin Rabu (17/9/2025) oleh Presiden Prabowo Subianto. Selain Menpora, Prabowo juga melantik Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polkam) baru, yaitu Djamari Chaniago.

    Nama Erick Thohir sebelumnya dikenal telah mengisi jabatan yang cukup strategis di lingkup pemerintahan maupun dunia olahraga. Selain pernah menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir juga diberi amanah untuk menjadi presiden klub dan ketua ajang olahraga bergengsi, termasuk Ketua PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

    (lua/din)

  • SIM Mati Apakah Bisa Diperpanjang? Begini Penjelasannya

    SIM Mati Apakah Bisa Diperpanjang? Begini Penjelasannya

    Jakarta

    SIM mati apakah bisa diperpanjang? Mungkin banyak yang bertanya-tanya soal perpanjangan SIM mati itu. Berikut ini penjelasannya.

    Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib diperpanjang setiap lima tahun sekali. Sebab, masa berlaku SIM itu memang lima tahun. Untuk perpanjangan, harus dilakukan sebelum masa berlakunya habis.

    Kewajiban memperpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis itu diatur dalam Peraturan Polri nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

    “SIM ranmor perseorangan dan SIM ranmor umum sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 ayat 1 huruf a dan huruf b, berlaku selama lima tahun terhitung mulai tanggal penerbitan dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya,” demikian tertulis pada pasal 4 ayat 1 Perpol tersebut.

    SIM Mati Apakah Bisa Diperpanjang?

    Ya, sejak tahun 2019, masa berlaku SIM memang bukan lagi berdasarkan tanggal lahir pemohon. Maka dari itu, kamu wajib memperhatikan masa berlaku SIM ya jangan sampai terlewat. Soalnya, pada pasal 4 ayat 3 ditegaskan bahwa SIM yang lewat dari masa berlakunya harus diajukan penerbitan SIM baru. Berdasarkan pasal tersebut, artinya SIM mati tidak bisa diperpanjang. Sekalipun baru lewat sehari, kamu harus mengajukan pembuatan SIM baru.

    Kendati demikian, ternyata ada pengecualian untuk memperpanjang SIM mati sebagaimana diatur dalam pasal 4 ayat 4, dengan bunyi sebagai berikut.

    “SIM yang lewat dari masa berlakunya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) karena keadaan kahar dapat:
    a. dikecualikan terhadap ketentuan ayat 3 (harus mengajukan penerbitan baru)
    b. dilakukan perpanjangan SIM berdasarkan Keputusan Kakorlantas Polri atas laporan dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah,” demikian bunyi aturannya.

    Jadi SIM mati bisa diperpanjang namun pada tanggal tertentu yang ditentukan berdasarkan Keputusan Kakorlantas Polri. Biasanya, kesempatan perpanjang SIM mati ini bertepatan dengan hari libur nasional ataupun cuti bersama. Sebab, pada hari libur nasional dan cuti bersama, pelayanan SIM tutup. Maka dari itu, pemilik SIM yang masa berlakunya habis bertepatan dengan hari libur nasional atau saat pelayanan SIM tutup, tetap bisa melakukan perpanjangan sekalipun masa berlakunya sudah lewat.

    Demikian penjelasan soal SIM mati apakah bisa diperpanjang. Pastikan kamu melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya habis supaya nggak bikin baru karena prosedurnya lebih panjang ketimbang perpanjang. Kalau bikin baru, kamu harus ujian teori dan praktik lagi. Sementara saat perpanjangan hal itu tak perlu dilakukan. Tak cuma itu, perpanjangan juga bisa dilakukan secara online tanpa harus ke kantor Satpas atau gerai SIM keliling. Berbeda dengan pembuatan SIM baru, kamu harus datang ke Satpas.

    (dry/din)

  • Pajak Tahunan Mitsubishi Destinator, Tiap Tahun Bayar Segini

    Pajak Tahunan Mitsubishi Destinator, Tiap Tahun Bayar Segini

    Jakarta

    Pajak tahunan Mitsubishi Destinator terungkap. Ternyata tiap tahun, pemilik Destinator harus bayar segini.

    Mitsubishi Destinator jadi opsi baru bagi kamu yang lagi cari SUV berkapasitas tujuh penumpang. Harganya juga cukup menarik, Destinator paling murah dibanderol Rp 385 juta sedangkan yang termahal Rp 465 juta. Kalau harganya menarik, bagaimana dengan pajak tahunannya? Berapa pajak yang harus dibayar pemilik Mitsubishi Destinator setiap tahun?

    Ditelusuri detikOto dalam laman Bapenda Jabar, Mitsubishi DST 1.5 H (4×2) pajak tahunannya sebesar Rp 4 jutaan. Rincian pajak tahunannya sebagai berikut.

    Pajak Tahunan Mitsubishi DestinatorPKB Pokok: Rp 2.346.800SWDKLLJ: Rp 143.000Opsen PKB Pokok: Rp 1.548.900Total: Rp 4.038.700

    Sebagai catatan, pajak tahunan tersebut berlaku untuk Destinator yang terdaftar di wilayah Jawa Barat untuk kendaraan pertama keluaran tahun 2025. Besar pajak bisa jadi berbeda untuk daerah dan varian lainnya.

    Bila merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2025 tentang Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2025, ada empat tipe Mitsubishi DST yang terdaftar. Untuk DST 1.5 H memiliki NJKB Rp 222,6 juta. Bila melihat urutannya, diduga DST 1.5 H adalah varian Exceed. Adapun Destinator Exceed nilai jualnya Rp 405 juta.

    Spesifikasi Mitsubishi Destinator

    Sebagai informasi tambahan, Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, 1.780 mm. Sementara itu ground clearance-nya sekitar 244 mm. Destinator memakai jantung 1.5L MIVEC Turbo Engine dengan tenaga yang keluar 163 PS (120 kW) dan torsi 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT.

    Destinator punya lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan. Antara lain:

    Wet, memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal, keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud, memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar. (dry/din)

  • BYD Pamer Platform Bus Listrik Baru, Ban Kempis Masih Bisa Jalan 100 Km/Jam

    BYD Pamer Platform Bus Listrik Baru, Ban Kempis Masih Bisa Jalan 100 Km/Jam

    Jakarta

    BYD baru saja mengenalkan generasi ketiga dari platform bus listrik yang akan diproduksi secara massal. Platform bus listrik ini akan dipadukan dengan baterai dan menjanjikan jarak tempuh hingga 700 km.

    Untuk pertama kalinya di dunia, BYD bakal memproduksi massal platform bus listrik generasi ketiga yang dilengkapi arsitektur sistem 1.000 Volt. Diberi nama e-Bus Platform 3.0, sistem penggerak, pengisian daya, distribusi daya, dan pendingin udara sepenuhnya telah ditingkatkan agar bisa beroperasi pada tegangan 1.000 Volt.

    Dikutip Paultan, BYD juga mengungkap telah mengembangkan chip daya silikon karbida 1.500 Volt pertama di dunia dan poros penggerak listrik 1.000 Volt pertama di industri bus. Dipadukan dengan sistem termal 7 in 1, platform ini diklaim bikin konsumsi energi lebih hemat 18 persen. Tak cuma itu, jarak tempuh yang dijanjikan juga lebih jauh 50-80 km pada suhu udara rendah -15 derajat celcius.

    Hal yang tak kalah penting dari platform ini adalah teknologi cell-to-chassis (CTC) yang bisa menempatkan baterai lithium iron phosphate (LFP) Blade BYD dalam sasis. Hal itu dipercaya bisa meningkatkan kekakuan dan memaksimalkan ruang bagasi. BYD menyebut paket baterai ini dilengkapi dengan sepuluh lapisan perlindungan dan dapat menahan tekanan dari truk bermuatan 50 ton.

    Teknologi lainnya berupa sistem kontrol DiSus dan stabilitas saat ban kempis di kecepatan tinggi. BYD mengklaim, meski kondisi ban kempis, bus akan tetap stabil melaju di kecepatan 100 km/jam.

    Untuk keamanan, terdapat sistem bantuan disabilitas yang memungkinkan penumpang untuk mengaktifkan penghentian kendaraan otomatis dan aman hanya dengan sentuhan tombol, jika pengemudi dalam keadaan darurat.

    Platform e-Bus 3.0 ini akan melakoni debut di bus C11 yang memiliki panjang 11 meter dan menawarkan jarak tempuh 400 km bila terisi penuh dan kondisi AC menyala. Kabarnya akan ada lima pilihan baterai dengan kapasitas 184 kWh, 257 kWh, 311 kWh, 425 kWh, dan 593 kWh dengan jarak tempuh antara 220 km dan 730 km.

    (dry/rgr)

  • Dealer Motor Suzuki Berbenah, Bisa Jual 650 Unit per Bulan

    Dealer Motor Suzuki Berbenah, Bisa Jual 650 Unit per Bulan

    Jakarta

    Suzuki bukan anak kemarin sore di industri otomotif Indonesia. Sepak terjang produsen asal Jepang ini tidak perlu diragukan, dan transformasi untuk bisa lebih baik terus dilakukan termasuk dalam industri roda dua atau sepeda motor. Kini Suzuki menunjuk PT Indo SunMotor Gemilang (ISG) sebagai subsidiaries dari PT Suzuki Indomobil Sales.

    Sebagai main dealer sepeda motor Suzuki paling besar dengan jangkauan terluas, PT ISG saat ini telah memiliki total 11 lokasi di Indonesia. Fasilitas serta layanan lengkap meliputi sales, service, dan spare parts (3S). Melalui wajah baru, Suzuki memberi pengalaman menyenangkan dan selalu memuaskan pelanggan.

    “Kantor pusat kami ada di Semarang, Jawa Tengah. Kami memiliki seluruh cabang Suzuki wilayah Jawa dan Sumatera Utara tepatnya di Medan. Tidak menutup kemungkinan kami juga akan memegang wilayah lainnya,” kata Direktur Operasional PT Indo SunMotor Gemilang, Ellya Masula, saat presentasi.

    Saat ini 11 dealer Suzuki motor di bawah PT ISG tersebar di beberapa wilayah:

    Jakarta & Jawa Barat: 4 cabang, termasuk di Sunter Jakarta Utara, Parung, Tajur Bogor, dan Tambun Bekasi.Jawa Tengah & Yogyakarta: 3 cabang, berlokasi di Semarang, Solo, dan Yogyakarta.Jawa Timur: 2 cabang, yaitu di Surabaya dan Malang.Sumatera Utara: 2 cabang, di Medan Adam Malik dan Medan SM Raja.

    “Sebagai salah satu penunjang utama operasional Suzuki Indonesia, ISG berfokus pada pembangunan bisnis sepeda motor yang terpercaya. Caranya dengan memberi kualitas layanan penjualan, servis, dan suku cadang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misi tersebut bertujuan agar kami bisa mewujudkan visi sebagai perusahaan terkemuka di bidang otomotif sepeda motor,” Elliya menambahkan.

    PT ISG Main dealer Suzuki motor. Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    Menjadi wajah baru dealer Suzuki motor, ISG memastikan ketersediaan stok semua tipe sepeda motor Suzuki dan melayani pembelian tunai maupun kredit di seluruh wilayah Indonesia. Calon konsumen juga dapat melakukan test ride untuk meyakinkan diri terhadap kenyamanan serta kualitas produk. Penjualan juga dilayani secara daring melalui situs web resmi, berbagai platform media sosial (Facebook, Instagram, TikTok) dan WhatsApp setiap cabang.

    “Total penjualan PT Indo Sunmotor Gemilang dengan 11 cabang rata-rata 650 unit per bulan. Kami memiliki team penjualan di mana produktivitas penjualan sales digital 15 unit per orang per bulan,” terang Elliya.

    Tidak hanya terbatas pada penjualan ke calon konsumen pribadi, ISG juga melayani pembelian dalam jumlah besar baik atas nama perusahaan maupun instansi. Program promo menarik selalu tersedia setiap bulan dengan tema berbeda.

    Pada sisi layanan perawatan kendaraan didukung oleh mekanik dan teknisi bersertifikat global melalui Suzuki Service Qualification System (SSQS). Bengkel resmi berstandar modern telah dilengkapi dengan peralatan lengkap beserta sistem diagnosa canggih seperti Suzuki Diagnostic System II (SDS II) untuk menjamin kualitas servis secara optimal.

    PT ISG Main dealer Suzuki motor. Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    Aktivitas servis pun lebih lengkap dengan menyediakan berbagai layanan penunjang. Sebut saja seperti service booking, service contract, dan service kunjung demi kemudahan pelanggan. Menariknya, ISG menjalankan Suzuki Emergency Road Assistant (SERA) yang bekerja sama dengan Halo Suzuki guna memberi layanan towing bagi unit sepeda motor yang sedang mengalami gangguan berat.

    Seluruh outlet ISG menyediakan suku cadang asli (Suzuki Genuine Parts), oli resmi Suzuki Ecstar, serta berbagai aksesori dan souvenir baik untuk unit sepeda motor maupun pengendara. Selain di tempat, pembelian suku cadang juga dapat dilakukan secara daring melalui website resmi ISG ataupun aplikasi MySuzuki.

    “Perluasan jaringan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Suzuki dan memperkuat posisi PT Indo Sunmotor Gemilang sebagai dealer terdepan di Indonesia,” ujar Ellya.

    Sebagai catatan, dealer Suzuki motor atau Suzuki roda dua saat ini mencapai 73 dealer. Dengan pembagian wilayah sebagai berikut:

    – Jabodetabek: 15
    – Jawa Barat: 7
    – Jawa Tengah: 10
    – Jawa Timur: 7
    – Bali: 1
    – Indonesia Timur: 2
    – Kalimantan: 15
    – Sulawesi: 7
    – Sumatera: 9

    Penjualan Wholesales roda 2 Suzuki Januari-Agustus 2025:

    – Underbone 150: 4.558 unit.
    – Scooter 110: 2.384 unit.
    – Scooter 125: 2.403 unit.
    – Sport 150: 266 uni.
    – Sport >150: 150 unit.

    (lth/rgr)

  • Aksi Pemotor Lawan Arah di Patal Senayan, Bikin Resah dan Bahaya

    Aksi Pemotor Lawan Arah di Patal Senayan, Bikin Resah dan Bahaya

    Aksi Pemotor Lawan Arah di Patal Senayan, Bikin Resah dan Bahaya

  • Penjualan Mobil Listrik Lesu, Ford PHK 1.000 Karyawan di Jerman

    Penjualan Mobil Listrik Lesu, Ford PHK 1.000 Karyawan di Jerman

    Jakarta

    Ford mengumumkan akan mengurangi karyawan hingga 1.000 orang mulai Januari 2026. Hal itu dilakukan lantaran rendahnya permintaan mobil listrik di Eropa. Maka merek asal Amerika Serikat itu harus melakukan efisiensi sumber daya manusia.

    “Di Eropa, permintaan mobil listrik masih jauh di bawah perkiraan industri. Karena itu, Ford bakal mengalihkan produksi mereka di pabrik Cologne, ke operasi satu shift mulai Januari 2026 yang mengakibatkan hilangnya pekerjaan,” kata sebuah pernyataan dikutip dari laman Reuters.

    Pabrik Ford di Cologne, Jerman, akan mengurangi jumlah shift kerja dari dua shift menjadi satu shift karena rendahnya permintaan kendaraan listrik di Eropa, di mana 1.000 karyawan bakal dirumahkan gara-gara kebijakan ini. Ford akan menawarkan pesangon sukarela buat mereka yang terdampak.

    Langkah ini merupakan bagian dari restrukturisasi yang sedang dilakukan produsen mobil tersebut di Eropa yang juga akan mengakibatkan penutupan pabriknya di Saarlouis.

    Pada bulan November, Ford mengumumkan akan mengurangi tenaga kerjanya di Eropa (sebagian besar di Jerman dan Inggris) sebanyak 4.000 orang pada akhir tahun 2027, untuk menciptakan struktur perusahaan yang lebih kompetitif dari segi biaya dan memastikan keberlanjutan serta pertumbuhan jangka panjang bisnisnya di Eropa.

    Ford memutuskan menghentikan memproduksi Fiesta dan Focus dan berinvestasi USD 2 miliar (Rp 32,8 triliun) untuk mengubah Cologne menjadi pusat manufaktur kendaraan listrik. Pabrik tersebut memproduksi Explorer dan Capri EV (keduanya berbasis platform MEB Volkswagen). Namun, keputusan itu belum membuahkan hasil di pasar Eropa.

    Meski sedang mengalami krisis di Eropa, di negara asalnya Amerika Serikat, penjualan Ford baik-baik saja. Pada 2024 misalnya, Ford menjual 2,08 juta unit kendaraan di sana, meningkat 4,2% dari tahun 2023, dan merupakan kinerja terbaiknya sejak 2019.

    Kemudian Ford juga masih bisa meluncurkan produk mobil listrik baru. Bulan lalu contohnya, perusahaan itu meluncurkan Universal EV Platform, yang akan digunakan di truk pikap kabin ganda ukuran sedang pada tahun 2027 mendatang.

    (lua/rgr)

  • Tampang Daihatsu Rocky Terbaru yang Meluncur di RI, Mukanya Berubah!

    Tampang Daihatsu Rocky Terbaru yang Meluncur di RI, Mukanya Berubah!

    Tampang Daihatsu Rocky Terbaru yang Meluncur di RI, Mukanya Berubah!

  • Terungkap, Ternyata Segini Nilai Jual Mobil Listrik Pertama Honda di Indonesia

    Terungkap, Ternyata Segini Nilai Jual Mobil Listrik Pertama Honda di Indonesia

    Jakarta

    Nilai jual mobil listrik pertama Honda di Indonesia tembus Rp 700 jutaan. Mobil itu bisa dimiliki dengan skema sewa.

    Honda ikut meramaikan pasar mobil listrik Indonesia dengan menghadirkan e:N1 pada Februari tahun ini. Kehadiran Honda e:N1 ini merupakan upaya dari perusahaan untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik di dalam negeri. e:N1 merupakan mobil listrik pertama di Indonesia.

    Nilai Jual Mobil Listrik Honda e:N1

    Mobil ini dihadirkan dalam jumlah terbatas, hanya ada 300 unit. Bagi yang tertarik, wajib tahu bahwa mobil listrik ini hanya bisa dipinang dengan skema sewa. Konsumen harus membayar Rp 22 juta per bulan selama lima tahun. Honda juga menawarkan opsi kepemilikan di akhir masa berlangganan. Dalam kurun waktu berlangganan, akan ada sejumlah fasilitas yang didapatkan konsumen, terutama berkaitan dengan kepemilikan Honda e:N1.

    Pertama, konsumen akan mendapatkan perangkat pengisian daya baik itu di rumah (home charger) maupun portable charger. Selain itu, konsumen tak perlu khawatir akan perawatan mobilnya. Biaya langganan Rp 22 juta per bulan tersebut, sudah termasuk perawatan berkala.

    Asuransi kendaraan juga termasuk di dalamnya. Konsumen juga tak perlu khawatir soal bayar pajak tahunan karena masuk dalam paket berlangganan. Honda juga memberikan layanan yang responsif.

    Dengan skema sewa, mungkin banyak yang penasaran kalau dijual berapa harganya? Sayang, Honda memang tak membuka opsi pembelian tanpa skema sewa. Jadi tak ada harga pastinya. Namun ditelusuri detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, nilai jual mobil listrik perdana Honda itu, sebesar Rp 745 juta. Nilai jual tentu bukan patokan harga, sebab ada komponen pajak lain hingga akhirnya pabrikan bisa memutuskan harga final.

    Adapun bila tertarik dengan skema sewa tersebut, maka biaya total yang dikeluarkan sebesar Rp 1,32 miliar. Tapi itu bukan harga, melainkan biaya kepemilikan selama lima tahun.

    Spesifikasi Mobil Listrik Pertama Honda di Indonesia

    Sebagai informasi tambahan, Honda e:N1 dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 204 PS. Sementara torsinya sebesar 310 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui roda depan. Honda e:N1 menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 68,8 kWh yang menawarkan daya jelajah sejauh 500 km (dalam pengujian NEDC).

    Untuk mendukung kenyamanan pengisian daya, Honda e:N1 dilengkapi dengan DC Fast Charging, yang memungkinkan baterai terisi dari 30-80% hanya dalam waktu 50 menit. Selain itu, Honda e:N1 menawarkan fleksibilitas dengan berbagai opsi pengisian. Pengisian daya menggunakan yang memungkinkan baterai terisi dari 10-80% dalam waktu 18 jam dan pengisian dari 10-80% yang dapat diselesaikan dalam waktu 6 jam.

    (dry/rgr)

  • BMW Pamerkan Deretan Mobil Terbaru di Kelapa Gading

    BMW Pamerkan Deretan Mobil Terbaru di Kelapa Gading

    BMW Pamerkan Deretan Mobil Terbaru di Kelapa Gading