Potret Pegawai SPBU Shell Kini Jualan Oli hingga Kopi di Pinggir Jalan Bekasi
Jenis Media: Otomotif
-

Insentif Mobil Listrik CBU Tak Lanjut, GAC Indonesia Bilang Begini
Jakarta –
Pemerintah memutuskan untuk menyetop insentif terhadap mobil listrik yang diimpor secara utuh alias CBU (Completely Built Up). Insentif itu akan berakhir di 31 Desember 2025. Bagaimana tanggapan GAC Indonesia sebagai salah satu manufaktur kendaraan listrik di Tanah Air?
“Selama peraturannya enggak berubah, apabila peraturannya seperti itu, mestinya itu menjadi berita baik buat saya (GAC Indonesia). Karena produk (GAC Indonesia) AION (misalnya) sudah tidak ada lagi yang CBU,” ujar CEO GAC Indonesia, Andry Ciu, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/9/2025).
Dikatakan Andry, GAC yang hadir di Indonesia melalui kerja sama dengan Indomobil Group, sejak awal sudah berkomitmen buat mempercepat investasi di Indonesia. “Maka kita genjot pembangunan pabrik, sehingga siap di bulan Mei dan mulai beroperasi waktu Juni kemarin,” sambung Andry.
Diberitakan sebelumnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, bahwa program insentif mobil listrik CBU lewat komitmen investasi tidak dilanjut, dan berakhir pada 31 Desember 2025.
“Tahun ini InsyaAllah tidak akan lagi kami keluarkan izin CBU. Izin CBU dalam konteks skema investasi dengan mendapatkan manfaat,” ungkap Agus belum lama ini.
Dengan demikian, para produsen yang memanfaatkan skema tersebut, wajib memproduksi mobilnya di dalam negeri mulai Januari 2026. BYD, Xpeng, VinFast, Geely, Citroen, hingga AION merupakan deretan produsen yang mendapatkan insentif untuk mengimpor mobil listrik ke Indonesia.
Insentif yang dimaksud berupa pembebasan bea masuk dan juga Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah. Deretan mobil listrik impor yang dijual keenam pabrikan itu hanya dikenai PPN sebesar 12 persen.
Sejatinya tanpa insentif, mobil listrik yang diimpor ke Indonesia itu dibebankan tarif sebesar 77 persen yang terdiri dari bea masuk 50 persen, PPnBM 15 persen, dan PPN 12 persen.
Adapun produsen yang memanfaatkan fasilitas terkait diwajibkan berkomitmen memproduksi kendaraan di dalam negeri setelah impor dengan rasio 1:1. Dengan demikian, mulai 1 Januari 2026 hingga 31 Desember 2027, produsen yang menikmati insentif itu wajib memproduksi mobil listrik di Indonesia dengan jumlah setara kuota impor CBU.
(lua/din)
-

Sewa Rp 22 Juta/Bulan, Segini Pajak Tahunan Mobil Listrik Honda
Jakarta –
Mobil listrik Honda bisa disewa dengan tarif Rp 22 juta per bulan. Dengan harga segitu, pajak tahunannya berapa ya?
Honda untuk pertama kalinya meluncurkan mobil listrik di Indonesia. Bagi yang tertarik, mobil listrik pertama Honda itu hanya bisa dimiliki dengan skema sewa. Biaya sewanya Rp 22 juta per bulan selama lima tahun. Honda juga menawarkan opsi kepemilikan di akhir masa berlangganan. Selama berlangganan, akan ada sejumlah fasilitas yang didapatkan konsumen, terutama berkaitan dengan kepemilikan Honda e:N1.
Pertama, konsumen akan mendapatkan perangkat pengisian daya baik itu di rumah (home charger) maupun portable charger. Selain itu, konsumen tak perlu khawatir akan perawatan mobilnya. Biaya langganan Rp 22 juta per bulan tersebut, sudah termasuk perawatan berkala.
Asuransi kendaraan juga termasuk di dalamnya. Konsumen juga tak perlu khawatir soal bayar pajak tahunan karena masuk dalam paket berlangganan. Jadi kamu nggak perlu repot tiap tahun bayar pajaknya. Pun kalau pajaknya ditanggung sendiri, biayanya cukup murah.
Ditelusuri detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pajak tahunan Honda e:N1 itu Rp 143.000. Adapun komponen pajak yang dibayar hanyalah SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Sedangkan PKB Pokok dikenai tarif nol sebagaimana mobil listrik lain.
Kenapa Pajak Mobil Listrik Murah?
Mobil listrik memang mendapat keringanan berupa pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Jadi motor dan mobil listrik yang berbasis baterai atau Battery Electric Vehicles (BEV) tidak dikenakan pajak lagi.
Aturan ini berlaku sejak diundangkan pada 11 Mei 2023 yang tercantum Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023. Berikut ini bunyi pasal 10:
1. Pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB
2. Pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan BBNKB(dry/din)
-

Mobil Jepang Kemahalan? Mobil China Gampang Rusak? Pilih yang mana, Dong?
Jakarta –
Dalam hampir lima dekade mobil-mobil buatan produsen Jepang menguasai pasar kendaraan penumpang di Indonesia. Tapi lima tahun ke belakang, mobil-mobil asal China meramaikan persaingan.
Mobil-mobil dari China datang dengan tawaran menarik. Secara umum mereka datang membawa teknologi tinggi, fitur canggih, dan harga murah. Meski begitu masih kuat mitos kalau brand-brand ini gampang rusak.
Sementara pesaingnya dari Jepang punya keunggulan pelayanan komplet, jaringan bengkel luas, dan kedekatan emosional yang tinggi. Meski kini tak sedikit yang menyebut mereka kemalahan.
Tak bisa dipungkiri, persaingan brand-brand Jepang dan China menghadirkan fenomena yang menarik di pasar kendaraan penumpang Indonesia.
Tonton Podcast kami yang membahas ‘kompetisi’ Jepang dan China di Indonesia pada video di atas.
(din/din)
-

Bukan Satria Lagi, Ini Motor Andalan Suzuki di Indonesia
Jakarta –
Suzuki Satria merupakan salah satu motor bebek andalan pabrikan berlogo S itu di Indonesia. Tapi kini eranya sudah berubah. Suzuki mengandalkan motor matic sebagai tonggak penjualan roda dua di Tanah Air, lewat Burgman.
“Penjualan Suzuki Burgman terbesar saat ini bisa mencapai 60 persen, baru di posisi ke dua ada Suzuki Nex crossover, selanjutnya Suzuki Nex standar dan Suzuki address,” ujar Direktur Operasional PT Indo SunMotor Gemilang, selaku Subsidiaries dari PT Suzuki Indomobil Sales, Ellya Masula.
Ellya menambahkan dirinya sangat bersyukur, saat ini motor Suzuki banyak dipercaya perusahaan untuk menjadi motor operasional. Hal ini juga yang membuat penjualan motor Suzuki di bawah PT ISG mengalami peningkatan.
“Untuk Suzuki Nex rata-rata untuk fleet, ada beberapa perusahaan yang memakainya. Hal ini baik untuk perusahaan pelat merah atau perusahaan swasta,” kata Ellya.
Ellya juga mengatakan bahwa penjualan Suzuki Satria FU saat ini terbilang kecil, karena kini Suzuki Satria kerap dipilih sebagai motor hobi.
PT ISG Main dealer Suzuki motor. Foto: M Luthfi Andika/detik.com
“Penjualan Satria? Itu masih ada, tapi konsumen di luar motor matic itu kecil, mungkin segmennya nggak banyak, hanya anak-anak muda di usia tertentu, dan motor ini tidak dipakai sehari-hari hanya untuk hobi, ya paling hanya mengambil market share kami sebesar 5 persen. Begitu juga dengan Suzuki GSX, ini masih ada konsumennya, motor sport pasarnya kecil itu paling 5 persen juga, jadi bisa dikatakan 90 persen penjualan kami matic,” ungkap Ellya.
Dalam kesempatan yang sama Ellya juga memastikan Suzuki Brugman rakitan lokal atau CKD tetap memiliki kualitas terbaik dan diterima dengan baik oleh masyarakat.
“Suzuki Brugman CKD? Tanggapan konsumen bagus. Untuk CKD ini lebih bagus dari pada CBU, ada yang review katanya lebih bagus, seperti dari baut-bautnya itu lebih bagus,” tutup Ellya.
(lth/dry)
-

Gelar Juara di Depan Mata, Marc Marquez Ingin Ngerasain Perlawanan dari Rival
Jakarta –
Marc Marquez berada di ambang juara dunia 2025. The Baby Aliens justru merasa tidak ada tekanan. Dia ingin mendapat perlawanan dari para rival.
Marc tahu gelar juara dunia kesembilan sudah di depan mata. Namun dia tidak lagi merasakan tekanan seperti dulu. Kalimat Marquez itu merujuk pada balapan hari Minggu dan pertarungannya dengan Marco Bezzecchi.
“Saya tidak merasakan (tekanan) saat ini. Saya ingin merasakannya, sedikit seperti kemarin,” ujar Marquez dikutip dari Todocircuito, Kamis (18/9/2025).
Marc Marquez begitu sempurna musim ini. Baby Alien memetik kemenangan ke-11 saat main race musim ini.
Lewat hasil di race utama MotoGP Misano 2025, Marc Marquez kini juga sudah mencatatkan 73 kemenangan di kelas utama MotoGP sepanjang kariernya.
Kini rider kelahiran Cervera itu pun sudah mengantongi total 512 poin. Unggul 182 poin dari Alex Marquez yang bertengger di posisi kedua dan 275 poin dari Francesco Bagnaia di posisi ketiga. Peluangnya menjadi juara dunia pun tinggal selangkah lagi.
Marquez belum pernah memenangi gelar MotoGP lebih awal dari tiga balapan tersisa. Tapi di musim ini lain ceritanya. Marquez bisa meraih gelar dengan balapan tersisa lima seri.
Meskipun hanya sedikit yang percaya, Marc mengatakan tidak akan mudah untuk meraih gelar di Motegi karena Alex juga sedang sangat kuat.
Mantan rider Repsol Honda itu mengunci gelar juara dunia MotoGP yang ketujuh pada balapan yang digelar Sirkuit Motegi, Jepang pada 26-28 September 2025.
“Saya harus meraih tiga poin lebih banyak daripada Alex. Di sini kami mendapatkan jumlah poin yang sama. Saya suka sirkuitnya, tetapi saudara saya kuat dan hujan juga bisa turun,” kata Marquez.
“Saya akan biasa saja, meskipun saya merasa sesuatu yang besar akan terjadi. Saya tahu akan sulit dalam konferensi pers hari Kamis karena mereka akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang biasa, tetapi saya akan berusaha mempertahankan mentalitas yang sama dan, jika memungkinkan, berjuang untuk kemenangan,” tambah dia.
(riar/dry)
-

Bikin Rakyat Marah, Ini SUV yang Direncanakan buat Anggota DPR Timor Leste
Jakarta –
Rakyat Timor Leste sampai marah besar karena anggota DPR-nya bermewah-mewahan. Demo berujung kericuhan mewarnai Timor Leste lantaran rencana pembelian mobil dinas buat setiap anggota parlemennya.
Tak tanggung-tanggung, mobil yang dianggarkan buat digunakan sebagai kendaraan dinas anggota DPR Timor Leste adalah sebuah SUV tangguh Toyota Prado. Menurut dokumen resmi parlemen, tender pembelian mobil dinas Toyota Prado itu dijadwalkan selesai bulan ini. Sebanyak 65 anggota parlemen Timor Leste dianggarkan mendapatkan mobil dinas Toyota Prado.
Rencana itu menuai kemarahan publik yang meluas. Terlebih, menurut Bank Dunia, lebih dari 40 persen penduduknya hidup dalam kemiskinan.
“Kami menginginkan keputusan pembelian mobil dibatalkan. Keputusan ini harus diambil oleh ketua Parlemen Nasional,” ujar aktivis setempat, Domingos de Andrade, seperti dikutip AFP.
“Mereka harus menghentikan kebiasaan buruk membeli mobil,” tegasnya.
Kontroversi ini bermula dari pos anggaran sebesar US$ 4,2 juta (Rp 69 miliar) untuk SUV Toyota Prado buat 65 anggota parlemen negara tersebut. Anggaran tersebut telah disetujui tahun lalu.
Demonstrasi di Timor Leste yang menolak pembelian mobil dinas untuk anggota DPR-nya itu terjadi sejak Senin (15/9/2025). Polisi menembakkan gas air mata setelah beberapa demonstran melemparkan batu ke arah para personel kepolisian tersebut. Unjuk rasa ini juga diwarnai aksi pembakaran ban dan kendaraan pemerintah di dekat gedung parlemen.
Setelah aksi yang berujung ricuh, Parlemen Timor Leste menyerah. Rencana pembelian Toyota Prado sebagai mobil dinas baru untuk para anggota parlemen di negara tersebut dibatalkan.
Tentang Toyota Prado
Toyota Prado atau yang memiliki nama lengkap Land Cruiser Prado berbeda dengan Land Cruiser (tanpa embel-embel Prado). Jika Toyota Land Cruiser mengisi segmen full size SUV, Toyota Prado lebih ke mid-size luxury SUV yang lebih ringan, lebih murah, dan diposisikan di bawah Land Cruiser utama.
Toyota Prado bermula dari seri Land Cruiser 70 Light Dutyyaitu varian lebih ringan dan lebih nyaman dibanding Land Cruiser 70 seri Heavy Duty. SUV ini memang dirancang serbaguna dengan digunakan off-road mumpuni, di jalan raya pun nyaman buat keluarga.
Toyota Land Cruiser 250 ‘Prado’ Foto: Dok. Toyota
Kini, Land Cruiser Prado telah memasuki generasi kelima. Mobil SUV yang juga mengusung nama Land Cruiser 250 itu punya ukuran lebih besar dibandingkan dengan Land Cruiser Prado sebelumnya. Mobil tersebut memiliki dimensi panjang 4.925 mm (+100 mm), lebar 1.980 mm (+95 mm), tinggi 1.870 mm (+20 mm), dan dengan jarak sumbu roda 2.850 mm (+60 mm). Seri 250 memiliki jarak sumbu roda yang sama dengan Seri 300 (Land Cruiser full size).
Land Cruiser Prado terbaru itu hadir dengan dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin 1GD-FTV 2.8 liter inline-four turbodiesel yang menghasilkan 204 PS (201 hp atau 150 kW) dari 3.000 hingga 3.400 rpm dan torsi 500 Nm dari 1.600 hingga 2.800 rpm. Pilihan kedua adalah mesin 2TR-FE 2.7 liter naturally-aspirated inline-four bensin dengan 163 PS (161 hp atau 120 kW) pada 5.200 rpm dan 246 Nm pada 3.900 rpm.
Mesin bensin dipasangkan dengan transmisi otomatis ‘6 Super ECT’ enam percepatan, sedangkan turbodiesel mendapatkan gearbox otomatis ‘Direct Shift-8AT’ delapan percepatan.
(rgr/din)
-

Fix! Valentino Rossi Datang ke Jakarta Akhir Bulan Ini
Jakarta –
Legenda balap asal Italia, Valentino Rossi akan datang ke Jakarta, Selasa (30/9). The Doctor tak datang sendirian, melainkan bersama dua pebalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Franco Morbidelli dan Fabio Diggia.
Kehadiran Rossi ke Jakarta merupakan kabar baik untuk penggemar balap motor di Indonesia. Sebab, dia terakhir kali datang ke sini pada enam tahun lalu. Kedatangan Rossi juga dalam rangka menyambut gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung pada 3-5 Oktober di Sirkuit Mandalika, Lombok.
“Kehadiran Valentino Rossi dan Pertamina Enduro VR46 Racing Team di Jakarta menjadi momen bersejarah sekaligus bukti komitmen Pertamina Lubricants membawa brand pelumas Indonesia ke panggung dunia,” ujar Werry Prayogi, Direktur Utama Pertamina Lubricants.
Valentino Rossi. Foto: GORINI_LUCA
“Kami berharap momentum ini dapat menyambut antusiasme luar biasa para penggemar menjelang Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika,” tambahnya.
Sayangnya, tak ada keterangan lebih lanjut, apakah Rossi akan datang juga ke Sirkuit Mandalika atau tidak. Kemunculan dia di lintasan tepi laut tersebut tentu dinantikan banyak penggemarnya di Indonesia, terutama Lombok.
Sebagai catatan, berkat kerjasama antara VR46 Racing Team dan Pertamina Lubricants, tim MotoGP tersebut kembali hadir di Jakarta untuk mempersembahkan sebuah kejutan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Tahun lalu, Rossi batal hadir ke Jakarta dan Lombok. Sebab, mantan pebalap 47 tahun itu diklaim sedang sibuk berkompetisi di kejuaraan balap mobil. Ketika itu, perwakilan Pertamina Enduro VR46 Racing Team mengaku berusaha mendatangkannya ke sini di musim berikutnya.
(sfn/dry)


