Jenis Media: Otomotif

  • Calon Mobil Listrik Sejuta Umat, Kapan Daihatsu Ayla EV Dijual di RI?

    Calon Mobil Listrik Sejuta Umat, Kapan Daihatsu Ayla EV Dijual di RI?

    Jakarta

    Sejak bulan lalu, kabar kemunculan Daihatsu Ayla listrik di Indonesia makin ramai dibicarakan. Kendaraan perkotaan itu digadang-gadang menyasar kaum pemula dan berpotensi menjadi mobil listrik ‘sejuta umat’.

    Bulan lalu, dalam suatu seremonial di pabrik Daihatsu, Sunter, Jakarta Utara, rekaan gambar Ayla listrik pertama kali muncul. Hal itu seakan menjadi pertanda unitnya akan segera dipasarkan di Indonesia.

    Setelah kabar tersebut ramai diberitakan, Sri Agung Handayani selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali buka suara. Menurutnya, dia memang sedang melakukan studi soal mobil listrik untuk konsumen pemula.

    “Ayla listrik ya? Jadi teman-teman harus lihat, Daihatsu ingin berperan dalam menaikkan kontribusi motorisasi di Indonesia. Berarti kan first car buyer ya,” ujar Sri Agung Handayani saat ditemui di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    “First car buyer di Indonesia kita tetap melakukan studi, sebenarnya mobil seperti apa sih yang dibutuhkan oleh mereka. Kita udah lakukan (studi) ke 500 pengguna dan 500 yang belum beli. Kurang lebih 1000 orang,” tambahnya.

    Daihatsu Ayla Listrik Foto: Grandyos Zafna

    Menurut Sri Agung, konsumen mobil listrik pemula sangat berbeda dengan konsumen mobil listrik menengah atau premium. Sebab, kata dia, pembeli dengan karakter tersebut cenderung menyimpan banyak kekhawatiran.

    “Bayangkan ya misalnya mereka khawatir terhadap konsumsi listrik itu salah satu. Yang kedua tuh mereka worry kalau di jalan kena apa-apa mereka belum sampai ke sana levelnya first car buyer,” tuturnya.

    “Yang ketiga mobil ini apanya sih yang tinggi, karena mereka ingat daya beli itu ada dua ya daya beli dan daya bayar,” lanjutnya.

    Pembeli mobil pertama, kata Agung, bukan kalangan FOMO (fear of missing out) yang hanya mau ikut-ikutan. Mereka memang membeli kendaraan untuk menunjang kebutuhan harian. Itulah mengapa, butuh riset panjang dan matang.

    “Berapa tahun lagi kita nggak cuma melihat FOMO-FOMO pengen develop, tapi satu lagi, kita ingin first car buyer mudah untuk memilih kendaraannya dan mereka tetap bersama hidup mereka worry less,” kata dia.

    Sebagai catatan, Daihatsu Ayla EV pernah nongol di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022. Kendaraan tersebut hadir dengan warna abu-abu yang diberikan aksen kuning di sejumlah bagian.

    Ketika itu, Ayla EV hanya dihadirkan untuk keperluan pameran. Bahkan, Daihatsu juga tak mengungkap bagaimana spesifikasi lengkapnya. Namun, belajar dari kasus Rocky Hybrid, biasanya kendaraan yang telah dipajang hanya menunggu waktu untuk dijual secara massal.

    (sfn/dry)

  • Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Pakai Kartu Kredit

    Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Pakai Kartu Kredit

    Jakarta

    Bayar pajak kendaraan tahunan di Jawa Barat makin mudah. Bahkan bisa dilakukan melalui kartu kredit.

    Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat menghadirkan cara baru agar masyarakat kian mudah bayar pajak kendaraan tahunan. Warga Jabar kini bisa bayar pajak kendaraan menggunakan kartu kredit. Terobosan itu dilakukan dengan menambahkan opsi pembayaran melalui Finpay.

    Lewat fitur terbaru ini, masyarakat dapat melunasi kewajiban pajak kendaraan menggunakan kartu kredit atau kartu debit berlogo Visa dan Mastercard, ShopeePay, hingga virtual account dari enam bank yang telah bekerja sama dengan Finpay. Kepala Bapenda Jabar, Asep Supriatna, menegaskan bahwa inovasi ini lahir dari komitmen pemerintah untuk terus menghadirkan layanan publik yang mudah diakses.

    “Melalui layanan ini, masyarakat bisa memilih cara pembayaran yang paling sesuai, mulai dari kartu kredit, kartu debit, hingga e-wallet ShopeePay,” ujar Asep dikutip laman resmi Bapenda Jabar.

    Dengan hadirnya Finpay, kini metode pembayaran pajak kendaraan di Jawa Barat semakin beragam. Sebelumnya, masyarakat sudah dapat menggunakan kode bayar, QRIS, dan virtual account bank BJB.

    Inovasi ini diharapkan mendorong lebih banyak pemilik kendaraan untuk tertib pajak tanpa harus mengantre di loket. Cukup melalui ponsel, pembayaran pajak kendaraan tahunan kini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

    “Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan kenyamanan masyarakat sekaligus mendukung percepatan transformasi digital,” lanjut Asep.

    Langkah ini juga merupakan wujud kolaborasi Bapenda Jabar bersama Polda Jabar dan Jasa Raharja dalam naungan Tim Pembina Samsat Jawa Barat, yang memiliki misi sama yaitu memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan masyarakat dalam menunaikan kewajiban pajak kendaraan.

    (dry/din)

  • Toyota Alphard-Denza D9 Kedatangan Rival Baru Awal 2026

    Toyota Alphard-Denza D9 Kedatangan Rival Baru Awal 2026

    Jakarta

    Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC) dipastikan mendatangkan pesaing MPV premium, Toyota Alphard dan Denza D9, ke Indonesia pada awal 2026. Mengusung nama E9 PHEV, mobil ini bisa menjadi opsi buat konsumen Indonesia yang menginginkan tunggangan premium, bertenaga, namun tetap irit bahan bakar.

    “Kenapa kita enggak start jual E9 (yang sudah kita perkenalkan) itu? Karena E9 ada model barunya. Jadi karena terpaut waktunya sedikit, makanya saya putuskan, mendingan customer saya biarkan dapat yang terbaik, dapat model yang terbaru. Jangan sampai dia baru beli, baru terima unit, sudah ada model barunya lagi,” ujar CEO GAC Indonesia, Andry Ciu, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/9/2025).

    GAC E9 PHEV pesaing Toyota Alphard dan Denza D9 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “(Rencananya) Q1 (2026) ya. Waktunya (peluncurannya) nggak mungkin meleset. Dan E9 itu akan menjadi PHEV pertama (GAC Indonesia),” sambung Andry.

    Sebelumnya GAC E9 PHEV telah dipamerkan di pabrik GAC Indonesia yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat. Model ini juga sudah diperkenalkan di arena GIIAS 2025. Model ini memang tampak sangat siap diniagakan di Indonesia. Sebab model ini sudah mengadopsi setir kanan atau RHD (right hand drive).

    Secara tampilan, GAC E9 PHEV ini mirip-mirip seperti MPV premium kebanyakan. Bagian depannya menggunakan grille besar. Sepintas mirip spindle grille yang dimiliki model MPV premium Jepang, Lexus. E9 PHEV juga dibekali lampu LED dan DRL LED yang sporty, memanjang hingga ke bagian grille.

    Kemewahan MPV berbentuk boxy ini terus mengalir hingga ke bagian belakang, di mana lampu belakang sudah mengadopsi full LED, dengan desain lampu berbentuk agresif dan menyambung hingga ke pintu bagasi belakang.

    Mengutip situs GAC Singapura, E9 PHEV menggabungkan mesin 2.000 cc dengan motor listrik dan baterai. Kombinasinya bisa menghasilkan tenaga puncak 140 kW (188 dk) dan torsi puncak 330 Nm. Mobil ini menggunakan baterai GAC Magazine Battery 2.0.

    GAC E9 PHEV memiliki kapasitas tangki bensin berukuran jumbo, 56 liter. Dibutuhkan jarak hingga 1.032 km untuk membuat tangki bahan bakar tersebut kosong kembali.

    (lua/dry)

  • Honda BeAT Terbaru Meluncur, Segini Harganya

    Honda BeAT Terbaru Meluncur, Segini Harganya

    Jakarta

    Boon Siew Honda (BSW) resmi meluncurkan Honda BeAT terbaru. Skuter matik (skutik) mungil tersebut mendapat sentuhan minor di bagian desain atau tampilan. Berapa harga jualnya?

    Disitat dari Greatbiker, Jumat (19/9), Honda BeAT terbaru bukan meluncur di Indonesia, melainkan di Malaysia. Kuda besi itu sekarang mendapatkan opsi warna hitam dan putih. Selain itu, ada pembaruan aksen atau striping yang membuat tampilannya lebih kekinian.

    Secara umum, tampilan Honda BeAT terbaru di Malaysia mirip-mirip dengan di Indonesia. Hanya saja, unit yang dipasarkan di Bumi Melayu punya fairing atau sayap yang lebih agresif. Lengkungannya lebih dalam dengan sudut-sudut lebih tajam.

    Honda BeAT terbaru di Malaysia. Foto: Doc. Honda Malaysia

    Selain itu, semuanya terlihat sama. Mulai dari dimensinya yang mungil, headlamp atau lampu utama yang dominan, pelek roda yang menggunakan model palang delapan dan bagian ekor yang dirancang serba tajam.

    Honda BeAT terbaru masih menggunakan mesin ESP 110cc dengan muntahan tenaga 8,7 dk dan torsi 9,5 Nm. Motor dengan sertifikat EEV (Energy Efficiency Verification) itu punya konsumsi bahan bakar yang sangat irit, yakni 1,7 liter per 100 km!

    Sementara untuk ukuran motor pemula, fitur Honda BeAT terbaru di Malaysia tergolong lengkap. Karuan saja, kendaraan itu sudah dilengkapi pencahayaan full LED, panel instrumen semi-digital, soket pengisian daya ponsel, sistem nirkunci pintar, bagasi dengan kapasitas 12 liter dan ruang tambahan di dasbor untuk menaruh botol.

    Honda BeAT terbaru di Malaysia. Foto: Doc. Honda Malaysia

    Honda BeAT terbaru juga menggunakan sistem pengereman combi brake system atau CBS. Pembekalan itu membuat motor meraih bintang tiga dalam rating keamanan yang diadakan Malaysia MyMap Project.

    Di Malaysia, Honda BeAT terbaru dibanderol 6.090 ringgit atau setara Rp 24 juta. Nominal tersebut masih lebih tinggi dibandingkan di Indonesia.

    (sfn/dry)

  • Aksi-aksi Valentino Rossi yang Bakal Kunjungi Jakarta Akhir Bulan Ini

    Aksi-aksi Valentino Rossi yang Bakal Kunjungi Jakarta Akhir Bulan Ini

    Foto Oto

    Tripa Ramadhan – detikOto

    Jumat, 19 Sep 2025 13:17 WIB

    Jakarta – Legenda balap asal Italia, Valentino Rossi akan datang ke Jakarta pada Selasa (30/9). Sambil menanti kehadirannya, lihat lagi aksi-aksinya dalam bingkai foto.

  • Jajal Performa AION UT, PP Jakarta-Bandung Bisa Tanpa Ngecas?

    Jajal Performa AION UT, PP Jakarta-Bandung Bisa Tanpa Ngecas?

    Jakarta

    Setelah mengumumkan harga resmi AION UT, GAC Indonesia mengajak sejumlah media untuk melakukan test drive mobil listrik bergaya hatchback tersebut. Membawa tema AION UT Media Drive: Cruise with Confidence, agenda test drive ini menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dan kembali ke Jakarta. Bisa tanpa ngecas nggak ya?

    Perjalanan test drive ini dimulai dari dealer AION di Warung Buncit Jakarta, menuju ke Imago Hills di kawasan Dago, Bandung, dan kembali ke Jakarta. Para peserta menguji berbagai aspek, dari kenyamanan sebagai penumpang, kesenangan sebagai pengemudi, hingga fitur-fitur penting selama perjalanan.

    Test drive AION UT Foto: Dok. GAC Indonesia

    Rasa Berkendara

    Kesan pertama detikOto saat duduk sebagai penumpang di baris kedua, kabinnya terasa sangat lega. Ruang kaki luas, ruang kepala luas, yang kemudian disempurnakan oleh fitur panoramic sunroof. AION UT juga sudah memiliki fitur seatbelt reminder di semua kursi, jadi semua penumpang di mobil ini wajib memasang sabuk pengaman.

    Kenyamanan lain di baris kedua mobil ini juga ditunjang dengan material jok berbahan kulit, sandaran kepala yang menopang dengan baik, termasuk adanya sandaran lengan yang bisa dilipat. Tapi ada kekurangannya, bantingan suspensi belakang terasa cukup empuk, sehingga saat melewati kontur jalan tidak rata, bikin perut penumpang baris kedua terasa mual karena guncangannya.

    Tiba saatnya menjajal posisi sebagai pengemudi, kursi baris pertama menawarkan banyak kenyamanan. Yang paling terasa adalah fitur electric seat yang bikin pengaturan dari posisi mengemudi menjadi sangat mudah. Selain itu, posisi setir juga bisa diatur menyesuaikan kenyamanan dan preferensi pengemudi.

    Layaknya mobil listrik pada umumnya yang hasilkan torsi instan, AION UT ini pun juga sangat cekatan ketika diajak berakselerasi. Output tenaga 150 kW, torsi 120 Nm mampu membuat mobil ini sangat mudah dikendarai di kepadatan jalan perkotaan Jakarta dan Bandung.

    AION UT juga sangat sigap ketika digunakan untuk menaklukkan elevasi jalanan yang bervariasi di tol Cipularang, maupun saat harus menaklukkan tanjakan di Dago. Selain itu, karena dimensi mobil ini cukup kompak dan ringkas, bermanuver di area sempit pun tak jadi masalah. Apalagi juga ada kamera 360 sebagai pendukung visibilitas.

    AION UT Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Fitur-fitur

    Selama perjalanan, penumpang juga bisa mendapatkan hiburan dari sistem konektivitas Apple Car Play yang bisa disambungkan secara wireless. Tapi sayangnya, fitur ini masih perlu perbaikan, sebab mobil yang ditumpangi detikOto beberapa kali mengalami masalah saat proses menghubungkan ponsel ke fitur Apple Car Play ini.

    Kabarnya, versi rakitan Indonesia AION UT juga akan dilengkapi dengan fitur Android Auto. Jadi bagi para konsumen AION UT yang memiliki smartphone berbasis Android, bisa menghubungkan ponselnya ke layar sentral HD berdimensi 14,6 inci dengan sokongan chip Qualcomm SA8155P itu.

    AION UT juga mempunyai fitur voice command atau perintah suara cerdas yang memungkinkan pengendara mengatur kendaraan tanpa sentuhan hanya dengan perintah suara ‘Hello Baby!’. Kami mencoba fitur ini untuk membuka-tutup panoramic sunroof dan mengganti-ganti mode berkendara. Hasilnya, cukup akurat.

    AION UT Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Konsumsi Energi

    Sekadar informasi, AION UT yang digunakan dalam pengetesan ini adalah tipe Premium yang baterai berkapasitas 60 kWh dan kemampuan jarak tempuh 500 km. Saat start dari Jakarta, indikator jarak tempuh mobil menunjukkan angka tersisa 497 km.

    Kami juga sempat melakukan beberapa pergantian driver, tepatnya di rest area KM 88 (arah Bandung), Imago Hills Bandung, dan terakhir di rest area KM 88 (arah Jakarta). Total ada empat tester dengan gaya mengemudi yang berbeda-beda dalam pengetesan AION UT kali ini.

    Total jarak tempuh dalam perjalanan Jakarta-Bandung-Jakarta ini sekitar 308 km. Menilik informasi di panel instrumen setiba kembali di Jakarta, tersisa jarak tempuh 118 km dengan rata-rata konsumsi energi 14,5 kWh per 100 km.

    Namun ada juga tester lain yang mencatatkan konsumsi energi lebih irit dengan sisa jarak 139 km dan rata-rata konsumsi energi sebesar 13,8 kWh per 100 km. Jadi, AION UT ini sangat bisa diandalkan untuk perjalanan Jakarta-Bandung pergi pulang.

    (lua/dry)

  • Lutut Rossi Gerak, Marquez Jatuh

    Lutut Rossi Gerak, Marquez Jatuh

    Jakarta

    Jorge Lorenzo dibikin kaget dengan insiden di Sepang tahun 2015 yang melibatkan Valentino Rossi dan Marc Marquez. Menurutnya lutut Rossi bergerak dan tak lama berselang Marquez terjatuh.

    Nyaris 10 tahun berselang, insiden di MotoGP Sepang tahun 2015 masih menjadi topik pembicaraan di kalangan penggemar balap motor kelas premier tersebut. Sekadar mengingatkan, insiden itu melibatkan dua rider papan atas Valentino Rossi dan Marc Marquez. Kala itu, Rossi dan Marquez terlibat dalam pertarungan sengit. Hingga di sebuah tikungan, Rossi terlihat mendekat ke Marquez dan tak lama berselang Marquez terjatuh. Rossi disebut menendang Marquez hingga tersungkur.

    Insiden itu membuat penggemar MotoGP terbelah. Ada yang membela Marquez namun tak sedikit juga yang memberikan pembelaan ke The Doctor. Jorge Lorenzo yang saat itu ada di Sepang, menceritakan apa yang terjadi antara Rossi dan Marquez.

    Dalam sebuah video, Lorenzo menceritakan bahwa seri Sepang 2015 adalah balapan paling melelahkan yang pernah dia jalani. Dia berusaha untuk menghindari Rossi dan Marquez di lintasan tapi itu tak mudah.

    “Saya tidak melihat apapun soal Marc dan Rossi di layar. Begitu sampai di paddock, mereka menjelaskan kepada saya apa yang terjadi, bahwa Rossi menendang Marc dan dia terjatuh, mereka juga sedang menyelidiki insiden tersebut,” aku Lorenzo dikutip Motosan.

    Lorenzo kemudian akhirnya bisa melihat video insiden keduanya. Pada saat kejadian, kaki Rossi terlihat bergerak dan seketika Marquez terjatuh.

    “Itu bikin saya kaget, karena Anda tak terbiasa melihat dua pebalap, yang satu berusaha mendorong keluar lintasan dengan sangat jelas. Lututnya bergerak dan Marc terjatuh,” ujarnya.

    “Saya tidak ingat meninggalkan podium lebih awal. Saya bertindak seperti pemain sepak bola, yang memberikan banyak gestur untuk mempertahankan posisinya. Saya kesal karena Rossi tidak dikenai sanksi, bendera hitam tidak dikibarkan, karena itu merugikan saya. Saya seharusnya bisa memimpin,” sambungnya lagi.

    Menurut Lorenzo, insiden di Sepang itu murni kesalahan ‘The Doctor’. Sebab, dengan sangat jelas, aksi Rossi itu membuat Marquez terjatuh.

    “Marquez berusaha keras, tapi aksi Valentino di tikungan itu jelas, dia tidak hanya mencoba menyalip, tapi mendorongnya keluar lintasan,” pungkas Lorenzo.

    Atas kejadian itu, steward memutuskan Rossi bersalah. Rossi diganjar sanksi dan harus memulai balapan dari posisi terakhir dalam balapan pamungkas di MotoGP Valencia. Dia akhirnya finis di posisi keempat di bawah Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa.

    (dry/din)

  • Sebulan Meluncur, Segini SPK Daihatsu Rocky Hybrid

    Sebulan Meluncur, Segini SPK Daihatsu Rocky Hybrid

    Jakarta

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah dipasarkan di Indonesia sejak dua bulan lalu. Dibanderol tak sampai Rp 300 juta, selaku apa mobil buatan Jepang tersebut?

    Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, hingga saat ini sudah ada 2 ribu konsumen potensial yang tertarik membeli Rocky Hybrid. Sementara SPK-nya sudah tembus ratusan unit.

    “Kita mungkin leads aja ya. Kalau leads-nya kurang lebih 2 ribuan lah. Nah, kalau SPK-nya kurang lebih 300 sekian lah,” ujar Sri Agung Handayani saat ditemui di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    Penjualan Daihatsu Rocky Hybrid di Indonesia. Foto: Rifkianto Nugroho

    Agung menegaskan, pihaknya tak mau terlalu ‘ngoyo’ dalam menjual Rocky Hybrid di Indonesia. Sebab, kini dia dan timnya masih fokus ke pengenalan produk.

    “Saat ini kita masih fokus di pengenalan, di event ya. Nantilah kita tunggu di kuartal 4, satu per satu unitnya. Soalnya banyak ya. Kita gak ingin terlalu membombardir, kita juga ada prioritas,” kata dia.

    Sebagai catatan, Daihatsu Rocky Hybrid meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025. Kendaraan tersebut sempat dibanderol Rp 293 jutaan, sebelum akhirnya naik menjadi Rp 299 jutaan. Nominal itu berstatus on the road Jakarta.

    Rocky Hybrid dibekali mesin 1.2 liter yang dikawinkan transmisi khusus hybrid transaxle. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu menghasilkan tenaga maksimum 106 PS dan torsi 170 Nm.

    Kendaraan hibrida itu mampu melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 10,36 detik. Efisiensi bahan bakarnya mencapai 28 km/l (WLTC) atau 34,8 km/l (JC08 Jepang), dengan emisi hanya 83 g CO₂/km. Sementara baterainya lithium-ion berkapasitas 0,74 kWh untuk menggerakkan motor listrik.

    (sfn/dry)

  • Cair! Dealer Suzuki Motor ini Bisa Jualan Spare Part hingga Rp 1,5 Miliar per Bulan

    Cair! Dealer Suzuki Motor ini Bisa Jualan Spare Part hingga Rp 1,5 Miliar per Bulan

    Jakarta

    Dealer roda dua Suzuki seakan mati suri, berbanding terbalik jika dibandingkan dengan jaringan dealer Suzuki roda empat atau mobil. Suzuki pun berbenah, berbagai langkah dilakukan untuk lebih memanjakan konsumen roda dua Suzuki di seluruh Indonesia.

    Seperti yang dilakukan PT Indo SunMotor Gemilang (ISG) yang ditunjuk sebagai subsidiaries dari PT Suzuki Indomobil Sales, pelayanan kini menjadi fokus untuk memanjakan konsumen sepeda motor Suzuki di Indonesia.

    Walhasil PT Indo SunMotor Gemilang (ISG) berhasil membuktikan bisnis otomotif di bawah payung PT Suzuki Indomobil Sales bisa dikatakan sangat menguntungkan, bahkan cuma mengandalkan jual Spare Part perusahaan yang berpusat di Semarang Jawa Tengah ini mampu meraup penghasilan hingga Rp 1,5 miliar per bulan di setiap cabangnya.

    “Berbisnis Suzuki itu menguntungkan,” ujar Direktur Operasional PT Indo SunMotor Gemilang, Ellya Masula sambil tersenyum.

    Ellya menuturkan Spare Part Suzuki menjadi salah satu mesin penggerak bisnis ISG, karena dengan hanya menjual spare part, bisa menggerakan sistem operasional ISG.

    “Di masing-masing cabang kami itu kan memiliki wilayah, secara otomotis cabang kami upayakan setiap bulan itu ada progres untuk penjualan partshop baru, jadi harus ada pengembangan wilayah setiap bulannya, sehingga bisa meningkatkan omset (pendapatan), karena terus terang spare part itu salah satu income kami, yang kami gunakan untuk operasional,” ujar Sellya.

    PT ISG Main dealer Suzuki motor. Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    “Dari Rp 1,5 M penjualan sparep art itu, 7 persen hingga 10 persen spare unyuk penjualan part shop, sebesar 27,5 persen penjualan spare part kami ke bengkel retail, jika ditotalkan penjualan spare part kami itu mencapai Rp 1,5 miliar. Selain itu kami juga merangkul bengkel-bengkel umum, hal ini dilakukan untuk harus memenuhi kebutuhan spare part konsumen, jadi tidak ada ungkapan bahwa spare part suzuki itu sulit,” kata Ellya.

    Sebagai catatan, ISG saat ini telah memiliki total 11 lokasi di Indonesia. Fasilitas serta layanan lengkap meliputi sales, service, dan spare parts(3S). Melalui wajah baru,Suzuki memberi pengalaman menyenangkan dan selalu memuaskan pelanggan.

    “Tapi tahun ini kami akan menambahkan 2 jarigan dealer hingga akhir tahun beso,” ucao Ellya.

    (lth/dry)

  • Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro Meluncur, Ini 7 Hal yang Baru

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro Meluncur, Ini 7 Hal yang Baru

    Jakarta

    Suzuki resmi meluncurkan XL7 Hybrid Alpha Kuro. Setidaknya ada tujuh item yang baru di XL7 Hybrid Alpha Kuro. Apa saja?

    Edisi ‘Kuro’ menjadi penyegaran buat Suzuki XL7 Hybrid Alpha. Suzuki membuat mobil ini jadi tampil lebih menarik. Ada sejumlah sentuhan warna hitam yang membuat tampilannya lebih elegan.

    Suzuki Xl7 Hybrid Alpha Kuro Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro menjadi varian tertinggi untuk keluarga XL7. Mobil ini mengusung konsep desain elegan dengan aksen warna hitam yang melambangkan kemewahan, ketangguhan, serta ekspresi bagi pribadi pengendara.

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro hadir dengan sentuhan warna hitam yang mendominasi eksterior. Berikut 7 item yang baru di Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro:

    Suzuki Xl7 Hybrid Alpha Kuro Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOtoHead lamp dan rear lamp dalam balutan warna hitamGarnish bumper front and rear warna hitamRoof rail hitamDoor handle set, serta garnish side sill splash dengan lapisan hitamAda black tailgate garnishRear upper spoiler hitamEmblem Alpha serba hitamSuzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro hadir dengan tiga pilihan warna. Dua di antaranya memadukan dua warna alias two tone. Berikut pilihan warna dan harga Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro:

    Cool Black: Rp 312.200.000Savanna Ivory-Black – Two Tone: Rp314.200.000Snow White Pearl-Black – Two Tone: Rp314.200.000

    (Harga on-the road DKI Jakarta, transmisi otomatis).

    Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Selain item-item tersebut, Suzuki XL7 Hybrid Alpha Kuro masih mempertahankan keunggulan sebelumnya. Mobil ini dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dengan pengalaman berkendara ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa. Selanjutnya, XL7 Hybrid Alpha Kuro punya ground clearance 200 mm. Kemudian di bagian interior, mobil ini menyediakan ruang lega dengan material interior berkualitas tinggi untuk kenyamanan maksimal.

    (rgr/dry)