Jenis Media: Otomotif

  • Penjualan Honda di Indonesia Merosot, Ini Model Paling Larisnya

    Penjualan Honda di Indonesia Merosot, Ini Model Paling Larisnya

    Jakarta

    Penjualan mobil Honda di Indonesia turun 35 persen. Ini model yang masih memberi sumbangan penjualan terbesar.

    Pangsa pasar mobil Honda di Indonesia tergerus dengan kedatangan sederet mobil China. Dalam setahun belakangan, penjualan Honda secara wholesales maupun retail turun 30 persenan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, secara wholesales Januari-November 2025, penjualan Honda hanya mencapai 53.301 unit. Padahal setahun sebelumnya menyentuh 86.350 unit dalam waktu 11 bulan tahun lalu.

    Penjualan retail juga demikian. Data Gaikindo menunjukkan, pada Januari-November 2024, Honda membukukan penjualan sebanyak 92.327 unit. Sementara pada periode yang sama tahun 2025, penjualannya baru menyentuh 64.225 unit. Pangsa pasarnya juga ikut tergerus. Kalau dulu bisa menyentuh 11,4 persen, kini hanya 8,7 persen secara retail sales.

    Secara produk, Honda sejatinya merilis beberapa model baru tahun ini. Beberapa di antaranya Honda HR-V Hybrid dan juga Step Wgn Hybrid. Di tengah gempuran mobil listrik China, Honda justru percaya mobil hybrid jadi jembatan sebelum akhirnya beralih sepenuhnya ke era elektrifikasi. Sejatinya, Honda juga sudah meluncurkan mobil listrik e:N1. Namun mobil tak bisa dibeli putus. Kamu yang tertarik bisa meminangnya dengan skema sewa selama lima tahun. Pun kalau ditotal, biaya yang dikeluarkan cukup fantastis yakni mencapai Rp 1 miliar meski tak repot mikirin pajak dan juga perawatannya.

    Meski sudah punya beberapa produk elektrifikasi, nyatanya mobil paling laris Honda justru masih bermesin konvensional. Adalah Honda Brio yang merupakan mobil Honda dengan harga paling murah. Honda Brio bisa dimiliki dengan mahar mulai Rp 170 jutaan hingga yang termahal Rp 258,2 juta.

    Secara penjualan, Brio masih memikat. Setiap bulan nama Brio yang terdiri dari Satya dan RS itu kerap mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia. Di segmen LCGC dan city car, Honda Brio jadi rajanya. Sepanjang Januari hingga November 2025, Honda telah mendistribusikan 31.068 unit Brio ke dealer-dealernya.

    Namun kini keberadaan Brio mulai terganggu dengan pendatang baru dari China BYD Atto 1. Bermodalkan baterai sebagai sumber tenaga dan harga yang mirip-mirip, Atto 1 perlahan-lahan merebut pasar Brio. Penjualan Atto 1 pun meledak dan menjadikannya mobil terlaris dalam dua bulan terakhir tahun 2025. Ini bisa menjadi sinyal bagi Honda untuk segera berbenah. Kalau tidak, bukan tak mungkin pangsa pasarnya jadi makin tergerus rival-rival baru.

    (dry/lth)

  • Polytron Bikin Portable Fast Charger Motor Listrik, Dijual Mulai 2026

    Polytron Bikin Portable Fast Charger Motor Listrik, Dijual Mulai 2026

    Jakarta

    Polytron akan meluncurkan perangkat portable fast charging resmi yang dirancang khusus untuk motor listrik mereka, khususnya seri Fox Electric (seperti FOX-R dan FOX-S). Rencananya alat itu bakal diluncurkan pada awal tahun 2026.

    Dalam siaran persnya, Polytron melihat berkembangnya komunitas dan tren touring atau perjalanan lintas kota, kebutuhan akan solusi pengisian daya yang lebih fleksibel dan cepat menjadi mendesak.

    Polytron menyebut FOX Electric telah menjadi kendaraan utama harian ribuan pengguna. Kini Polytron ingin membawa pengalaman tersebut lebih jauh dengan menghadirkan solusi pengisian daya cepat yang ringkas, aman, dan mudah digunakan di berbagai kondisi perjalanan.

    Polytron melihat pertumbuhan signifikan dalam komunitas pengguna FOX Electric. Para anggota komunitas Polytron Electric Vehicle Rider berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pekerja harian hingga penghobi touring. Kekuatan komunitas ini bahkan pernah dibuktikan melalui pencapaian rekor MURI untuk perjalanan motor listrik terjauh, rute Jakarta-Bali dengan jarak 1.333 km, yang menunjukkan bahwa motor listrik Polytron tidak hanya andal untuk penggunaan dalam kota, tetapi juga mampu menempuh tantangan perjalanan panjang.

    Saat ini, waktu pengisian motor listrik Polytron dari nol hingga penuh rata-rata sekitar 4 – 5 jam.

    Saat ini, harga resmi dan spesifikasi teknis lengkap dari portable fast charging belum diumumkan oleh pihak Polytron karena produk masih dalam tahap pengembangan.

    Namun, di pasar aftermarket, sudah banyak tersedia fast charger untuk motor listrik Polytron dengan rentang harga bervariasi, umumnya mulai dari Rp 2 jutaan. Bahkan bisa dibekali arus pengisian sebesar 25 Ampere (25A)

    Walaupun Polytron masih belum mengungkapkan spesifikasi teknis dan kisaran harga dari portable fast charger tersebut, perusahaan menyatakan bahwa proses pengembangan sedang berlangsung dengan fokus pada keamanan, kecepatan pengisian, dan kepraktisan penggunaan. Peluncuran resminya diproyeksikan akan berlangsung pada awal tahun 2026.

    (riar/lth)

  • Asosiasi Tolak Kenaikan Tarif Ojol, Terus Maunya Apa?

    Asosiasi Tolak Kenaikan Tarif Ojol, Terus Maunya Apa?

    Jakarta

    Asosiasi ojek online (ojol) Garda Indonesia menolak rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaikkan tarif layanan untuk penumpang. Mereka menegaskan, ada tuntutan lain yang dianggap jauh lebih penting.

    Ketua Umum Garda Indonesia, Raden Igun Wicaksono mengatakan, pemerintah tak boleh menaikkan tarif layanan sebelum tuntutan ojol dikabulkan. Pasukan hijau itu menuntut agar skema bagi hasil yang semula 80:20 persen, menjadi 90:10 persen.

    “Garda Indonesia menegaskan sikap resmi bahwa pemerintah tidak boleh menaikkan tarif ojol dalam bentuk apa pun sebelum Perpres tentang skema bagi hasil 90% untuk pengemudi ojol dan 10% untuk perusahaan aplikator diterbitkan secara resmi,” ujar Raden Igun Wicaksono kepada detikOto, Jumat (12/12).

    Di luar itu, kata Igun, Garda Indonesia sebenarnya membawa tuntutan lain yang jauh lebih penting. Berikut kami rangkum tuntutan tersebut!

    3 Tuntutan Utama Asosiasi Ojol

    1. Bagi Hasil 90% untuk Pengemudi Ojol dan 10% untuk Aplikator

    GARDA menegaskan kembali bahwa skema paling adil dan manusiawi adalah komposisi bagi hasil 90% untuk pengemudi sebagai pelaku utama lapangan dan 10% untuk perusahaan aplikator.

    2. Kewajiban Aplikator Menyetor 1-2% kepada Negara

    GARDA juga meminta agar Perpres Ojol mengatur kontribusi wajib perusahaan aplikator sebesar 1% sampai 2% kepada negara, yang dialokasikan sebagai jaminan perlindungan sosial dan jaminan hari tua bagi pengemudi ojol.

    3. Hentikan Narasi ‘Menjaga Iklim Bisnis’ yang Mengorbankan Hak dan Keadilan Rakyat

    Menurut GARDA, negara tidak boleh bersembunyi di balik alasan menjaga iklim bisnis sambil mengabaikan hak, keadilan, dan masa depan jutaan rakyat yang bekerja sebagai pengemudi ojol.

    Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Diberitakan detikOto sebelumnya, Kemenhub memberikan kode akan merevisi tarif ojek online (ojol) di Indonesia. Sebab, sejak empat-lima tahun terakhir, nominalnya belum mengalami perubahan.

    “Pasti tarif akan kita sesuaikan, karena memang sejak ditetapkan yang 4-5 tahun yang lalu belum ada perubahan,” ujar Kasubdit Angkutan Tidak dalam Trayek, Direktorat Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Utomo Harmawan di Pejaten, Jakarta Selatan, dikutip Jumat (12/12).

    “Jadi itu yang selalu bikin keresahan gitu ya di dalam para penyuara tuntutan driver-driver ini atau para asosiasinya,” tambahnya.

    Utomo menegaskan, Kemenhub tengah menyusun skema tarif baru dengan mempertimbangkan dua faktor, yakni kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) dan harga bahan bakar minyak (BBM).

    “Kami sepakat dan di regulasi kami ini kita sudah menyusun penyusunan tarif berdasarkan kenaikan harga UMR dan kenaikan harga BBM, itu kami sepakat,” kata dia.

    (sfn/lth)

  • Mari Jo Datang! Daihatsu Kumpul Sahabat Hadir di Bitung

    Mari Jo Datang! Daihatsu Kumpul Sahabat Hadir di Bitung

    Jakarta

    Para pecinta otomotif dan masyarakat Kota Bitung serta sekitarnya siap merayakan akhir pekan yang penuh kemeriahan! PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui acara bertajuk Daihatsu Kumpul Sahabat Bitung akan menyapa warga Sulawesi Utara pada Sabtu, 13 Desember 2025, di Lapangan Satrol Lantamal VIII, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

    Acara silaturahmi akbar yang terbuka untuk umum ini dijadwalkan berlangsung sejak pagi hari, mulai pukul 06.30 hingga 17.35 WITA, dan yang paling penting: gratis biaya masuk!

    Salah satu daya tarik utama dari acara ini adalah kentalnya nuansa otomotif. Komunitas mobil dan motor, termasuk Sahabat Klub Daihatsu, akan hadir untuk gathering dan menunjukkan kekompakan mereka.

    Tak hanya itu, penggemar modifikasi wajib merapat! Pameran modifikasi mobil Daihatsu akan menjadi panggung bagi para komunitas untuk menampilkan karya-karya modifikasi terbaik mereka. Pameran ini diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi para penggemar otomotif lain, sekaligus menjadi ajang apresiasi terhadap kreativitas para modifikator.

    Selain itu, Daihatsu juga akan memberikan penghargaan khusus kepada pelanggan setia yang telah konsisten merawat kendaraannya sejak awal kepemilikan.

    Band papan atas Indonesia, D’MASIV, dijadwalkan akan tampil dan membawakan lagu yang sudah menjadi ciri khas dan ikonik bagi Daihatsu, yaitu “Bahagia Sejak Pertama”.

    Kehadiran Rian dan kawan-kawan dipastikan akan menyemarakkan suasana sore hari di Lapangan Satrol Lantamal VIII dengan melodi yang telah akrab di telinga. Jangan lewatkan kesempatan untuk bernyanyi bersama dengan soundtrack kebahagiaan khas Daihatsu ini!

    Daihatsu Kumpul Sahabat hadir dengan sejumlah kegiatan unggulan yang siap memeriahkan suasana akhir pekan masyarakat Bitung. Agenda acara mencakup Zumba Ceria, festival UMKM lokal dari Bitung, bazaar, kompetisi seru, serta kegiatan gathering bersama komunitas motor dan Sahabat Klub Daihatsu. Tak hanya itu, tersedia pula layanan donor darah, aneka permainan, serta doorprize bernilai jutaan rupiah untuk para pengunjung.

    (riar/din)

  • BYD Bikin Lembaga Pembiayaan Sendiri Tahun Depan, Biar Konsumen Makin Nyaman

    BYD Bikin Lembaga Pembiayaan Sendiri Tahun Depan, Biar Konsumen Makin Nyaman

    Jakarta

    BYD Indonesia bakal memiliki lembaga pembiayaan sendiri tahun depan. Hadirnya perusahaan leasing ini diharapkan bisa membantu konsumen Indonesia yang ingin membeli mobil-mobil elektrifikasi besutan BYD.

    “Jadi kita sudah di tahap finalisasi akhir pembentukan satu perusahaan finansial pembiayaan kendaraan. Hal ini bertujuan buat pertama adalah memberi kenyamanan kepada calon pelanggan BYD dari sisi kebutuhan support finansial. Yang kedua, itu juga penting karena ini kan ekosistem kendaraan ya, otomotif,” bilang Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan kepada wartawan di Sentul, Bogor, Kamis (11/12/2025).

    Luther menjelaskan, lembaga finansial sangat dibutuhkan konsumen otomotif di Indonesia, apalagi rata-rata lebih dari 60 persen kendaraan di Indonesia, memakai dukungan pembiayaan kendaraan.

    “Ketiga yang penting juga adalah, untuk menjaga resale value (kendaraan BYD). Sebab finansial yang kuat dan kokoh memberikan confidence level kepada pembeli kendaraan dalam jangka panjang. Jadi kami akan mulai ini tahun depan,” sambung Luther.

    Lanjut Luther menambahkan, kehadiran perusahaan leasing dari BYD ini bakal memastikan, bahwa customer mendapatkan opsi dan pilihan pembiayaan yang lebih variatif dan lebih nyaman buat kebutuhan mereka.

    “Dan karena bila pembiayaan dimiliki oleh BYD, BYD punya hak eksklusivitas untuk memberikan support-support yang mungkin tidak diberikan lembaga pembiayaan lainnya. Mungkin mereka berpikir dalam konteks komersial saja. Dan ini (lembaga pembiayaan BYD) akan lebih nyaman buat customer,” tambah Luther.

    Saat ini BYD masih mengandalkan mitra lokal untuk pembiayaan, seperti Mandiri Utama Finance, BNI Finance, Adira Finance, BCA Finance, Indomobil Finance, Maybank, dan BRI Finance.

    (lua/din)

  • Masih Dijual, Daftar Harga Motor Bebek Terbaru di Indonesia

    Masih Dijual, Daftar Harga Motor Bebek Terbaru di Indonesia

    Jakarta

    Motor bebek masih dijual. Berikut ini daftar harga motor bebek terbaru yang dijual di Indonesia.

    Motor bebek dulu jadi primadona di Indonesia. Tapi belakangan popularitasnya terus menurun. Motor bebek tak lagi banyak diminati masyarakat dalam negeri. Popularitasnya kalah jauh dari motor matic. Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Octavianus Dwi mengungkap bahwa pasar motor bebek kian menyusut. Kondisi ini berbanding terbalik dengan motor matic yang makin melonjak.

    “Motor matic itu 92 persen kontribusinya. Ya artinya yang tadi yang cub dan motor lagi itu memang artinya memang hanya segmen tertentu saja.Bebek itu market-nya. Mungkin kurang dari 5 persen,” ujar Octa belum lama ini.

    Meski begitu, bukan berarti para pabrikan begitu saja meninggalkan motor bebek. Masih ada motor bebek yang dijual di pasaran. Honda misalnya masih punya lima model motor bebek di Indonesia. Harganya beragam, dari yang murah, menengah, hingga mahal pun tersaji.

    Motor bebek juga masih disajikan oleh Yamaha. Setidaknya ada tiga motor bebek yang dijual Yamaha. Keseluruhan dijual dengan harga di bawah Rp 30 juta. TVS pun juga punya dua amunisi motor bebek yang dijual di Indonesia. Bahkan harganya paling murah di antara model-model lain. Untuk tahu lengkapnya, berikut ini daftar harga motor bebek di Indonesia.

    Daftar Harga Motor Bebek Terbaru

    Harga Motor Bebek Honda

    Honda Revo Fit: Rp 17,985 jutaHonda Revo X: Rp 19,915 jutaHonda Supra X 125 Spoke FI: Rp 21,35 jutaHonda Supra X 125 CW FI: Rp 22,375 jutaHonda Supra GTR 150 Sporty: Rp 26,715 jutaHonda Supra GTR 150 Exclusive: Rp 26,965 jutaHonda Super Cub C125: Rp 79,941 jutaHonda CT125: Rp 82,539 juta

    Harga Motor Bebek Yamaha

    Yamaha Vega Force: Rp 18,85 jutaYamaha Jupiter Z1: Rp 21,53 jutaYamaha MX King 150: Rp 27,725 juta

    Harga Motor Bebek TVS

    TVS XL100: Rp 14,72 jutaTVS Neo XR: Rp 14,7 juta

    Itu tadi daftar harga motor bebek terbaru di Indonesia. Buat kamu yang lagi cari-cari motor bebek, bisa nih dipilih-pilih yang harganya sesuai kantong!

    (dry/din)

  • Pemerintah Kasih Kode, Tarif Ojol di Indonesia Bakal Naik!

    Pemerintah Kasih Kode, Tarif Ojol di Indonesia Bakal Naik!

    Jakarta

    Kementerian Perhubungan alias Kemenhub memberikan kode akan merevisi tarif ojek online (ojol) di Indonesia. Nominalnya akan disesuaikan dari kenaikan upah minimum regional (UMR) dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

    Kasubdit Angkutan Tidak dalam Trayek, Direktorat Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Utomo Harmawan mengatakan, tarif ojol di Indonesia belum mengalami perubahan sejak 4-5 tahun terakhir. Kondisi tersebut, kata dia, yang membuat mitra driver resah.

    “Pasti tarif akan kita sesuaikan, karena memang sejak ditetapkan yang 4-5 tahun yang lalu belum ada perubahan,” ujar Utomo Harmawan di Pejaten, Jakarta Selatan, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (12/12).

    “Jadi itu yang selalu bikin keresahan gitu ya di dalam para penyuara tuntutan driver-driver ini atau para asosiasinya,” tambahnya.

    Foto: Andhika Prasetia

    Utomo menegaskan, Kemenhub tengah menyusun skema tarif baru dengan mempertimbangkan dua faktor, yakni kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) dan harga bahan bakar minyak (BBM).

    “Kami sepakat dan di regulasi kami ini kita sudah menyusun penyusunan tarif berdasarkan kenaikan harga UMR dan kenaikan harga BBM, itu kami sepakat,” tegasnya

    Utomo menekankan, pembahasan tarif bukan satu-satunya isu. Dia mengajak seluruh aplikator ojol meninjau ulang pola transportasi yang selama ini didominasi sepeda motor. Utomo menyoroti berbagai risiko keselamatan, terutama penumpukan pengendara atau penumpang pada satu titik tertentu.

    “Ketika aplikasi mempertemukan 100 sampai 300 penumpang di satu lokasi seperti Stasiun Dukuh Atas, lalu lintas menjadi tidak nyaman. Sementara Mak Comblang ini belum banyak berperan dalam mengatasi hal tersebut,” ungkapnya.

    Itulah mengapa, Utomo mendorong aplikator agar mampu merancang algorita yang mengatur penyebaran titik penjemputan. Maka, dengan demikian, tumpukan penumpang dan mitra driver bisa lebih terurai.

    “Apakah algoritmanya tidak bisa mengarahkan penumpang berjalan 20-30 meter ke titik yang lebih longgar? Kami ingin keselamatan dan kenyamanan transportasi menjadi perhatian,” tuturnya.

    “Apakah ini tidak bisa di algoritma, silahkan bertemu, karena di titik ini sangat padat, Anda berjalan 20-30 meter, sehingga titik kemacetannya nggak numpuk, dan kami ingin sebenarnya dari sisi keselamatan, kenyamanan negoritas, bertransportasi,” kata dia menambahkan.

    Sementara itu, pemerintah juga tengah merumuskan regulasi terkait ojek online. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (29/10), bahwa aturan tersebut masih dalam proses perumusan.

    Ada beberapa hal yang kelak masuk dalam peraturan, salah satunya jaminan kecelakaan kerja. Selain itu, mereka juga merumuskan jaminan kematian serta bentuk perlindungan lainnya.

    (sfn/sfn)

  • Wujud SUV Terbaru Wuling yang Harganya Mulai Rp 140 Jutaan

    Wujud SUV Terbaru Wuling yang Harganya Mulai Rp 140 Jutaan

    FotoOto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Jumat, 12 Des 2025 13:34 WIB

    Jakarta – Wuling Xingguang 560 meluncur di Guangxi Nanning ASEAN International Auto Show 2025. Kendaraan tersebut hadir dalam tiga varian berbeda: bensin, PHEV dan EV.

  • Sopir PO Rosalia Indah Ugal-ugalan karena Alasan Dikejar Waktu, Ini Kata Pengamat

    Sopir PO Rosalia Indah Ugal-ugalan karena Alasan Dikejar Waktu, Ini Kata Pengamat

    Jakarta

    Viral di media sosial sopir bus PO Rosalia Indah ugal-ugalan di jalan tol hingga nyaris menabrak pengendara mobil yang datang dari lajur kanan. Sopir bus dan pengendara mobil kemudian saling beradu argumen di rest area. Sopir bus yang ngotot tidak mau disalahkan mengaku melakukan manuver bahaya karena dikejar waktu. Apa kata pengamat safety driving?

    Beredar video viral yang memperlihatkan sopir bus Rosalia Indah ugal-ugalan di Tol Trans Jawa. Bus PO Rosalia Indah tersebut melakukan manuver ekstrem dari bahu jalan menuju ke lajur kanan, hingga nyaris menabrak pemobil yang sedang melaju di lajur tersebut.

    Video itu diunggah di akun @dashcamindonesia, Kamis (11/12/2025). Menurut keterangan dalam unggahan tersebut, peristiwa terjadi sebelum Rest Area 275 A. Dijelaskan sopir bus bernama Marco Sony melakukan manuver berbahaya, yaitu menyalip kendaraan lainnya menggunakan bahu jalan dengan kecepatan tinggi.

    Selanjutnya dari bahu jalan, bus itu memaksa masuk lajur paling kanan. Sementara di lajur kanan, melaju pengendara mobil yang juga pemilik rekaman video dashcam itu. Pengendara mobil yang mengetahui ada bus PO Rosalia Indah memotong lajur secara cepat kemudian membunyikan klakson panjang, sehingga bus itu gagal masuk lajur.

    “Karena hal tersebut dia (sopir bus) seperti marah besar, sehingga membuntuti saya sampai Rest Area 275 A, di mana saya mengisi (daya) listrik mobil saya. Setelah sampai di rest area, driver bus bernama Marco Sony dengan sangat bersemangat memaki saya dengan kata kebun binatang dan kata-kata kotor dan menyalahkan saya karena alasannya dikejar waktu, sehingga dia berhak membahayakan nyawa saya dan nyawa keluarga saya,” tulis keterangan mobil tersebut.

    “Tapi dengan kebesaran hati saya, saya meminta maaf duluan, namun dengan sangat bersemangat dia melakukan kontak fisik dengan cara menepak handphone saya sampai handphone saya mati dan restart beberapa kali,” terangnya lagi.

    Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, alasan ugal-ugalan karena mengejar waktu tak bisa dibenarkan. Bagaimanapun, keselamatan harus selalu menjadi tujuan utama ketika berkendara di jalan raya. Sony juga menegaskan bahwa aksi sopir bus tersebut sangat berbahaya dan brutal.

    “Dari cara bermanuvernya saja sudah terlihat tidak layak sebagai pengemudi yang berkompeten, dari lajur kiri langsung ambil lajur kanan secara langsung. Itu sangat brutal,” ungkap Sony melalui pesan singkat kepada detikOto, Jumat (12/12/2025).

    “Dan menurut saya, (ugal-ugalan karena mengejar waktu) nggak bisa dijadikan alasan. Selama pengemudi ugal-ugalan, membahayakan, merugikan pihak lain, harus ditindak. Karena tanggung jawabnya dia termasuk, tidak hanya membuat perjalanan nyaman, tapi juga menyelamatkan para penumpang,” bilang Sony.

    (lua/din)

  • BYD Bicara Peluang Bawa Mobil Hybrid ke Indonesia

    BYD Bicara Peluang Bawa Mobil Hybrid ke Indonesia

    Jakarta

    Sejak masuk ke Indonesia mulai awal 2024, BYD fokus memasarkan mobil listrik full baterai. Namun ke depannya, tak menutup kemungkinan bagi BYD untuk meluncurkan mobil hybrid di Tanah Air.

    “Sampai pada hari ini fokus BYD adalah di industri EV. Itu juga sejalan dengan visi dari pemerintah untuk energy transition lebih optimal,” bilang Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan kepada wartawan di Sentul, Bogor, Kamis (11/12/2025).

    “Tapi kami juga tak menutup kemungkinan terhadap adanya teknologi transisi dan di mana teknologi yang kita miliki memang ada PHEV (plug-in hybrid) yaitu satu teknologi yang sebetulnya di pasar luar itu dikonsider sebagai EV,” tambah Luther.

    Luther menekankan, teknologi plug-in hybrid memberikan kontribusi efisiensi bahan bakar yang jauh lebih signifikan ketimbang hybrid biasa. Dan BYD pun sudah siap untuk membawa teknologi itu ke Indonesia, karena memang mereka sudah menguasainya.

    “Buat kita selama produknya kita sudah miliki secara patent, secara kepemilikan tipe dan produknya, bukan tak mungkin dalam waktu dekat atau dalam jangka panjang kita bisa bawa (ke Indonesia),” tegas Luther.

    “Kami meyakinkan kepada masyarakat bahwa BYD tak berhenti sampai disini dengan pencapaian penjualan tersebut. Bahkan dengan teknologi kita yang sangat advance ini pun kita masih akan membawa yang lebih mutakhir kembali di tahun depan,” bilang Luther.

    Di global sendiri, BYD memang sudah memiliki beberapa line up mobil hybrid, seperti BYD Qin L DM-i, BYD Atto 2 DM-i, BYD Sealion 07 DM-i, BYD Song L DM-i, dan model Sealion 6 yang baru saja masuk pasar Jepang.

    (lua/din)