Jenis Media: Otomotif

  • Ini Mobil Listrik Pesaing BYD Dolphin yang Dijual Rp 140 Jutaan

    Ini Mobil Listrik Pesaing BYD Dolphin yang Dijual Rp 140 Jutaan

    Jakarta

    Beberapa pekan lalu, Arcfox (anak perusahaan BAIC) telah meluncurkan mobil listrik terbarunya untuk konsumen di China. Kendaraan berjenis hatchback tersebut bernama Arcfox T1 dan diposisikan sebagai penantang BYD Dolphin di segmen EV kompak.

    Dilansir dari Carnewschina, Selasa (23/9), Arcfox T1 dijual mulai dari 62.800 yuan atau Rp 140 jutaan. Mobil itu tersedia dalam dua pilihan jarak tempuh, yakni 320 km dan 425 km. Khusus untuk opsi 425 km, unitnya sudah mulai dikirim ke pembeli.

    Desain Arcfox T1 mengusung filosofi ‘Arc-Flow’ yang terlihat modern dan aerodinamis. Dimensinya pun cukup lega untuk sekelas hatchback, dengan panjang 4.337 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.572 mm, dan wheelbase 2.770 mm.

    Mobil listrik Arcfox T1. Foto: Doc. BAIC

    Nuansa futuristik terasa sangat kental di area kabin. Pengemudi disuguhkan panel instrumen LCD 8,8 inci yang dipadukan dengan layar sentral floating 15,6 inci. Pengaturan tersebut menjadi pusat kendali utama sekaligus memberikan kesan mewah.

    Arcfox juga menghadirkan fitur ‘Extreme Clean Cabin’ yang diklaim aman untuk bayi berkat lapisan nano anti-noda, rendah VOC, minim bau, dan emisi polusi rendah.

    Kepraktisan juga diperhatikan dengan kehadiran cup holder di bagian depan, dua kompartemen khusus untuk smartphone, ruang penyimpanan di bawah konsol tengah, hingga bagasi dengan desain cekung untuk menambah kapasitas angkut.

    Mobil listrik Arcfox T1. Foto: Doc. BAIC

    Arcfox T1 dibekali motor listrik 70 kW atau setara 94 hp. Varian dengan jarak tempuh 425 km mengandalkan baterai LFP berkapasitas 42,3 kWh buatan CALB. Sementara spesifikasi baterai untuk varian 320 km belum diungkap, namun diyakini tetap efisien untuk kebutuhan harian di dalam kota.

    Dengan harga yang kompetitif dan fitur yang terbilang lengkap, Arcfox T1 diyakini bakal jadi ancaman serius bagi Geely Xingyuan maupun BYD Dolphin yang sudah lebih dulu menguasai pasar.

    (sfn/rgr)

  • SUV Boxy, Mesin 2.000 cc, Berapa Harganya?

    SUV Boxy, Mesin 2.000 cc, Berapa Harganya?

    Jakarta

    PT Jetour Motor Indonesia sedikit demi sedikit mengungkap informasi tentang SUV boxy, Jetour T2. Strategi brand asal China ini mengungkap secara perlahan informasi dari mesin hingga interior T2 yang bakal dijual di Indonesia.

    Jetour T2 yang dibawa kali ini ialah varian 2.000 cc all wheel drive. Ada pula varian T2 yang sudah dimodifikasi.

    “Kami dengan bangga menampilkan Jetour T2 dalam versi modifikasi khusus. Hal ini menegaskan T2 yang penuh jiwa petualang dan kemampuan beradaptasi, sekaligus menunjukkan bagaimana desainnya dapat dipersonalisasi agar sesuai dengan berbagai gaya hidup,” kata Vice President Sales and Marketing PT Jetour Motor Indonesia Caroline Ling saat presentasi di Jakarta Selatan, Selasa (23/9/2025).

    “Modifikasi ini menghadirkan rasa kesiapan, kebebasan, dan fleksibilitas yang kuat dengan sempurna, mencerminkan semangat sebuah SUV yang selalu siap untuk perjalanan,” tambah dia.

    Agenda acara kali ini mengungkap interior dan spesifikasi dari Jetour T2. Irwan Nugraha Kurnia, Product Senior Manager PT Jetour Motor Indonesia, menjelaskan Jetour T2 varian 2.000 cc turbo memiliki tenaga 245 PS dan torsi maksimal 375 Nm. Mobil ini bisa berlari dari titik nol sampai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 8,7 detik.

    Masuk ke dalam interiornya, Jetour T2 ini terlihat solid dan kokoh. Ada layar besar berukuran 10,25 inch untuk membantu pengemudi terkait informasi mobil, serta 15,6 inch multi information display, ukurannya dua kali ukuran tablet.

    Tampilan mewah terpancar pada konsol transmisi.

    Jetour T2 Foto: Ridwan Arifin

    “Aesthetic center console, membuat mobil ini tampilannya seperti pesawat,” kata Irwan.

    Lebih lanjut, Jetour T2 dilaporkan ada fitur intelligent voice command/voice recognition.

    Irwan melanjutkan Jetour T2 dilengkapi sistem keamanan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). “ADAS level 2,” kata Irwan.

    Beberapa fitur ADAS antara lain:

    – Door Opening Warning
    – 540 Opening Camera
    – Blind Spot Detection
    – Hill Start Assist
    – Hill Descent Control
    – Rear Crossing Traffic Alert
    – ABS, EBD
    – Front Radar
    – 4 point parking Sensor
    – Rain Sensing Wiper
    – EPB dan ABH
    – Auto Unlock during collision
    – ACC atau Adaptive Cruise Control
    – TCS
    – Tire Pressure Monitoring System

    Sistem keamanan pasif:

    – 6 Airbag
    – Isofix
    – Pre-tensioner & load limiter seatbelt
    – Pedestrian protection

    Sayangnya Jetour T2 belum diungkap harganya. “Sedang menyiapkan harga kompetitif, masih kita godok. Supaya memberikan harga terbaik ke konsumen,” ujar Moch Ranggy Radiansyah selaku Marketing Director PT JMI.

    Jetour T2 punya varian lain yang sudah didaftarkan di Indonesia, yakni versi 1.500 cc turbo dan Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV). Namun spesifikasi lebih lanjut mobil tersebut belum terungkap.

    (riar/rgr)

  • Bukan BYD, Ini Merek yang Paling Banyak Impor Mobil ke Indonesia Agustus 2025

    Bukan BYD, Ini Merek yang Paling Banyak Impor Mobil ke Indonesia Agustus 2025

    Jakarta

    Bukan BYD yang mengimpor mobil paling banyak ke Indonesia pada Agustus 2025. Berikut ini daftar 10 pabrikan yang paling banyak mengimpor mobil ke Tanah Air.

    Ada sejumlah pabrikan yang masih mengimpor mobilnya secara utuh dari luar negeri. Khususnya buat produsen yang belum memiliki pabrik di Indonesia. Misalnya ada BYD yang masih mengimpor keenam mobilnya ke Indonesia karena pabriknya masih dalam proses pembangunan. Keseluruhan mobil BYD didatangkan secara utuh dari Negeri Tirai Bambu.

    Selain BYD, ada juga VinFast yang tengah mengebut pembangunan pabrik di kawasan Subang. Seluruh mobil VinFast diimpor langsung dari Vietnam. Jumlahnya pun cukup banyak. Bahkan untuk periode Agustus 2025, data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), VinFast menjadi produsen yang paling banyak mengimpor mobil ke dalam negeri. Sepanjang bulan kedelapan itu, ada 4.589 unit mobil VinFast yang dikirim menggunakan kapal Silver Queen.

    Sebelumnya pada Juli, BYD tercatat sebagai pabrikan paling banyak impor mobil ke Indonesia. Jumlahnya tembus 7.235 unit.

    Ada juga beberapa pabrikan lain yang mengimpor mobilnya ke Indonesia. Namun yang jumlahnya ribuan unit selain BYD dan VinFast, ada Toyota. Berikut ini 10 pabrikan yang paling banyak impor mobil ke Indonesia.

    10 Pabrikan Paling Banyak Impor ke IndonesiaVinFast: 4.589 unitToyota: 3.459 unitBYD: 1.440 unitAion: 725 unitDenza: 665 unitGWM: 419 unitMazda: 317 unitFAW: 247 unitHyundai: 198 unitLexus: 133 unit

    Meski begitu, kalau dihitung secara kumulatif, BYD masih berada di posisi teratas pabrikan yang paling banyak impor mobil. Total selama delapan bulan dari Januari sampai Agustus 2025, BYD mengimpor 22.964 unit atau 23,1 persen dari keseluruhan impor mobil.

    Selanjutnya di tempat kedua ada Toyota dengan torehan impor 22.132 unit atau sekitar 22,3 persen. Di posisi ketiga barulah VinFast dengan 13.372 unit mobil diimpor ke Indonesia.

    (dry/rgr)

  • Warga Malaysia Bisa Beli Bensin RON 95 Rp 7.860/Liter, Syaratnya Cuma Ini!

    Warga Malaysia Bisa Beli Bensin RON 95 Rp 7.860/Liter, Syaratnya Cuma Ini!

    Jakarta

    Pemerintah Malaysia mengumumkan skema subsidi BBM terbaru yang berlaku mulai akhir bulan ini. Bersamaan dengan itu, Pemerintah Malaysia juga menurunkan harga bensin RON 95 untuk rakyatnya. Harga bensin RON 95 di Malaysia jadi jauh lebih murah daripada harga Pertalite RON 90 di Indonesia.

    Dikutip dari situs resminya, pemerintah Malaysia menerapkan Program Budi Madani RON95 (BUDI95). Program itu membuat setiap warga negara Malaysia menerima batas kelayakan bulanan sebanyak 300 liter bensin RON 95 bersubsidi. Program itu berlangsung mulai 30 September 2025.

    Bersamaan dengan penerapan ini, Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan bahwa harga bensin RON 95 juga akan diturunkan dari 2,05 ringgit (Rp 8.097) per liter menjadi 1,99 ringgit (Rp 7.860) per liter. Warga negara asing yang membeli bensin RON 95 di Malaysia akan dikenakan biaya 2,60 ringgit (Rp 10.269) per liter.

    Menurut Anwar Ibrahim, melalui BUDI95, semua warga negara Malaysia, terlepas dari tingkat pendapatannya, dan yang memiliki SIM yang sah dan aktif, akan otomatis menikmati manfaatnya.

    “Upaya ini bertujuan untuk memastikan subsidi didistribusikan secara lebih adil kepada warga negara yang memenuhi syarat, sekaligus mencegah segala bentuk kebocoran,” ujarnya melalui laman media sosialnya.

    Syarat untuk mendapatkan BBM RON 95 dengan harga Rp 7.860 per liter itu sangat mudah. Penggunaan MyKad atau KTP pintar yang sudah dimiliki warga Malaysia dan catatan Dinas Perhubungan Jalan (JPJ) akan menjadi dasar verifikasi. Anwar Ibrahim meminta masyarakat Malaysia memastikan chip di KTP pintar MyKad berfungsi dengan baik.

    Selain itu, untuk mendapatkan subsidi BBM warga Malaysia juga harus memiliki SIM yang sah.

    “Warga negara dengan SIM yang sah (bisa menerima subsidi). Jadi, yang belum diperbarui, (segera) perbarui,” kata Anwar Ibrahim dikutip Kantor Berita Bernama.

    Bagi yang lebih memilih teknologi digital, terdapat opsi seperti Touch n Go dan aplikasi perusahaan SPBU seperti aplikasi Setel oleh Petronas dan Shell App dari Shell. Penggunaan aplikasi itu bisa dimanfaatkan tanpa perlu menggunakan KTP untuk setiap transaksi.

    (rgr/dry)

  • Kata Pertamina soal Konsumen Pindah ke SPBU Swasta

    Kata Pertamina soal Konsumen Pindah ke SPBU Swasta

    Jakarta

    Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Simon Aloysius Mantiri, buka suara soal masyarakat Indonesia yang lebih memilih SPBU swasta seperti Shell dan VIVO ketimbang SPBU Pertamina. Menurut dia, keputusan tersebut merupakan pilihan masing-masing.

    Simon tak menampik, konsumsi BBM Pertamina belakangan mengalami penurunan. Kini, pihaknya sedang berjuang keras mengembalikan kepercayaan konsumen.

    “Dengan rendah hati menyampaikan adanya kasus ini kepercayaan masyarakat kepada Pertamina menurun, itu tentu PR besar bagi Pertamina,” ujar Simon Aloysius, dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (23/9).

    “Kita harus kerja keras untuk kembali mendapatkan kepercayaan masyarakat, dengan tata kelola yang baik dan semakin transparan,” tambahnya.

    SPBU Shell. Foto: Grandyos Zafna

    Simon mengaku, pihaknya tak bisa melarang konsumen yang lebih memilih SPBU Swasta ketimbang Pertamina. Menurutnya, itu merupakan pilihan masing-masing.

    “Sebagian masyarakat ada juga yang beralih ke SPBU swasta, itu adalah pilihan masyarakat dan kami tentunya tidak melarang,” ungkapnya.

    Di kesempatan yang sama, Simon juga bicara soal keputusan SPBU swasta membeli BBM mentah atau base fuel dari Pertamina. Dia menegaskan, tak ada monopoli atas kesepakatan tersebut. Sebab, pemerintah sudah memberikan kuota impor hingga 110% dibandingkan tahun 2024.

    Ilustrasi Pengisian Bensin di SPBU Pertamina Foto: Pertamina

    Simon juga menjelaskan, impor satu pintu melalui Pertamina merupakan hal yang keliru. Seluruh badan usaha penyedia BBM bisa melakukan impor dengan kuota yang ditentukan di awal tahun.

    “Kebijakan itu sesuai seperti sebelumnya melalui badan usaha masing-masing, kecuali penambahan. Jadi tadi untuk penambahan sampai akhir tahun ini itu adalah penambahan dari alokasi yang sudah diberikan,” kata Simon.

    “Nah untuk penambahan memang saran dari Kementerian untuk dikolaborasikan dengan Pertamina,” sambungnya.

    Mekanismenya, Pertamina akan mengimpor BBM berupa base fuel yang akan diberikan kepada penyedia BBM swasta untuk diolah dengan spesifikasi produk masing-masing.

    “Base fuel ini nanti akan diracik atau ditambah aditif sesuai resep atau rahasia dapur masing-masing badan usaha,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Stoknya Nggak Banyak, Mobil Baru Eropa Ini Cuma Dijual Rp 90 Jutaan

    Stoknya Nggak Banyak, Mobil Baru Eropa Ini Cuma Dijual Rp 90 Jutaan

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Eropa, Renault, resmi meluncurkan Renault Kwid edisi ulang tahun ke-10. Kendaraan tersebut mendapat sentuhan khusus dan hanya diproduksi sebanyak 500 unit!

    Disitat dari Gaadiwaadi, Renault Kwid edisi ultah bukan meluncur di Indonesia, melainkan di India. Meski berstatus limited edition, namun mobil perkotaan tersebut hanya dibanderol 5.14 lakh atau Rp 96 jutaan.

    “Kwid telah berperan penting dalam membentuk perjalanan Renault di India, mendefinisikan ulang segmen entry-level dengan inovasi, aksesibilitas, dan lokalisasi lebih dari 95 persen,” kata Venkatram Mamillapalle selaku Managing Director Renault India, dikutip Selasa (23/9).

    “Setelah menetapkan tolok ukur baru dalam gaya di kategori mikro-SUV, edisi ulang tahun ke-10 menandai tonggak penting–merayakan satu dekade kepercayaan pelanggan dan komitmen kami untuk menghadirkan solusi mobilitas bernilai tinggi,” tambahnya.

    Renault Kwid Edisi 10 Tahun Foto: Doc. Renault.

    Renault Kwid edisi ultah hanya mendapat sentuhan ekstra di bagian tampilan, termasuk interior dan eksterior kendaraan. Pabrikan menambahkan aksen khusus di area velg, gril, jok, setir, panel infotainment serta trim pintu. Scuff plate dan lampu puddle yang menyala juga menambah kesan unik.

    Selain itu, tak ada yang baru di Renault Kwid edisi khusus. Kendaraan tersebut masih menggunakan mesin 1.000 cc bersilinder tiga dengan muntahan tenaga 67 bhp dan torsi 91 Nm. Sementara transmisinya tersedia dalam opsi AMT dan manual lima-percepatan.

    Fiturnya juga sama alias tak mendapat tambahan. Sehingga, kendaraan itu masih dibekali kamera multi-view, lampu utama otomatis, wiper dengan sensor hujan, konektivitas smartphone nirkabel, layar sentuh hiburan berukuran 8 inci, serta sistem audio premium 3D ARKAMYS surround.

    (sfn/rgr)

  • Daftar Harga Honda Supra GTR Terbaru, Termurahnya Segini

    Daftar Harga Honda Supra GTR Terbaru, Termurahnya Segini

    Jakarta

    Honda Supra GTR bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 26 jutaan. Berikut ini daftar harga Honda Supra GTR terbaru.

    Motor bebek masih ada peminatnya meski kian tergerus. Pilihan motor bebek yang disajikan juga cukup banyak. Salah satunya adalah Honda Supra GTR. Supra GTR ini cocok buat kamu yang lagi cari motor bebek namun budgetnya mentok di Rp 27 juta. Soalnya, Honda Supra GTR dibanderol Rp 26 jutaan. Lengkapnya, berikut ini.

    Harga Honda Supra GTR per September 2025Supra GTR 150 Sporty: Rp 26,715 jutaSupra GTR 150 Exclusive: Rp 26,965 juta

    Nah itu tadi harga Supra GTR untuk OTR Jakarta. Di wilayah lain bisa jadi harganya berbeda.

    Spesifikasi Honda Supra GTR

    Sebagai informasi tambahan, Honda Supra GTR 150 merupakan motor bebek dengan desain agresif yang didukung performa mesin bertenaga buat dikendarai sehari-hari di daerah urban. Didesain dengan posisi berkendara yang menghadirkan kenyamanan optimal, menjadikan model flagship sport motor bebek Honda Supra GTR150 tetap stabil dan nyaman dikendarai jarak jauh dengan kecepatan tinggi sekalipun.

    Hal ini didapatkan dari ban tubeless depan dan belakang berukuran besar serta rem cakram depan dan belakang. Kenyamanan berkendara ini juga didukung oleh posisi berkendara yang tegak (upright riding position) dan twin tube frame yang kuat (rigid).

    Supra GTR150 telah dilengkapi berbagai fitur unggulan seperti LED Headlight dengan dual layer multireflektor yang mampu memberikan pencahayaan sempurna saat berkendara. Combine digital panel meter pada model ini memberikan tampilan sporty dan canggih namun tetap memberikan kemudahan informasi kecepatan maupun jarak jelajah pengendara.

    Dari sisi performa, model ini berbekal power yang berlimpah hingga 12,0 kW (16,3 PS) / 9.000 rpm dan menghasilkan pencapaian terbaik di kelasnya dengan kecepatan maksimum mencapai 122 km/jam dan akselerasi responsif 10,7 detik untuk jarak 0-200m.

    Dengan performa tinggi yang dihasilkan, New Honda Supra GTR 150 tetap hemat dalam pemakaian bahan bakar dan mampu menjelajah hingga mencapai 42.2 km / liter dengan metode pengetesan EURO 3 berdasarkan metode ECE R40 (EURO 2 : 47,41 km/l). Angka itu didapat berdasarkan pengujian internal AHM.

    (dry/rgr)

  • Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Irit BBM dan Kencang Akselerasi

    Bedah Teknologi Daihatsu Rocky Hybrid yang Bikin Irit BBM dan Kencang Akselerasi

    Daihatsu Rocky Hybrid kali pertama diperkenalkan di pameran GIIAS 2025 lalu. Mengusung nama Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid, mobil ini dibekali teknologi strong hybrid yang bikin konsumsi bahan bakar irit, namun tanpa mengorbankan akselerasi. Yuk kenali lebih jauh teknologi s-Smart Hybrid di Daihatsu Rocky.

    Akselerasi Daihatsu Rocky Hybrid

    Berbeda dengan teknologi hybrid pada umumnya, Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid memiliki teknologi hybrid unik, di mana kendaraan ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sementara mesin bensinnya berfungsi sebagai generator untuk mengisi daya baterai. Teknologi hybrid semacam ini lazim disebut sebagai hybrid serial.

    Daihatsu Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc, WA-VEX, yang terintegrasi dengan baterai hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus, Hybrid Transaxle. Mobil ini dibekali baterai berdaya 0,74 kWh, diklaim 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Sementara motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS (105 dk) dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini punya torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi sangat responsif, di mana kecepatan 0-100 km/jam klaimnya bisa diraih dalam 10 detik.

    Daihatsu Rocky Hybrid Foto: Rifkianto Nugroho

    Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid

    Rocky Hybrid memberikan pengalaman berkendara dengan ‘Real Series Hybrid’, di mana salah satunya adalah keunggulan konsumsi bahan bakar. Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid disebut-sebut menjadi yang terbaik di kelasnya karena mampu mencapai hingga 34,8 km per liter berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang.

    Menariknya, dalam sebuah pengujian bersama awak media, konsumsi bensin Daihatsu Rocky Hybrid bisa lebih irit lagi. Seperti tampak dalam acara test drive Rocky e-Smart Hybrid baru-baru ini. Dalam sesi tersebut, catatan konsumsi bahan bakar Rocky Hybrid cukup mengesankan. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Rocky Hybrid ini benar-benar irit, bahkan setara motor matic 150 cc.

    Daihatsu mengumumkan seluruh peserta media bisa mencapai konsumsi BBM lebih dari 30 km/liter. Bahkan ada peserta yang bisa tembus 47,8 km per liter. Angka 47,8 km per liter itu setara dengan konsumsi BBM motor matic 150 cc seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX.

    Test drive ini dilakukan dengan kondisi normal melewati rute kombinasi yang biasa dilalui oleh masyarakat perkotaan. Beragam rute kombinasi seperti medan jalan yang menanjak-menurun, lalu lintas yang lancar maupun macet, kondisi jalan paving block ataupun aspal, dan juga melewati persimpangan. Kondisi berkendara pun dilakukan dengan tetap menyalakan AC secara normal dengan jumlah penumpang 3-4 orang.

    Metode pengukuran yang digunakan adalah dengan melihat data real-time dari MID (multi information display) kendaraan. Angka capaian konsumsi BBM itu masih bisa diperdebatkan dengan pengukuran metode full to full.

    Selain efisiensi bahan bakar terbaik, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km. Ini menjadi bukti komitmen Daihatsu dalam mendukung kebijakan Carbon Neutral di Indonesia.

    Daihatsu Rocky Hybrid dijual dengan harga Rp 299.850.000 on the road Jakarta, tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White, serta Laser Blue Crystal Shine.

    Perlindungan dan ketenangan pelanggan selama masa kepemilikan Rocky Hybrid juga dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 km, lalu garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 km. Seluruh bengkel resmi Daihatsu juga siap layani perawatan dan penanganan teknis sepanjang periode kepemilikan.

  • Tiggo 8 CSH Mati Mendadak-AC Nggak Dingin, Chery: Bukan Cacat Komponen

    Tiggo 8 CSH Mati Mendadak-AC Nggak Dingin, Chery: Bukan Cacat Komponen

    Jakarta

    Chery menegaskan Tiggo 8 CSH yang mati mendadak serta AC-nya tak dingin bukan karena cacat komponen. Sederet masalah itu disebabkan oleh aktivitas penggunaan.

    Chery Tiggo 8 CSH dikeluhkan konsumennya. Mobil disebut mati mendadak saat jalan dari Jakarta ke Surabaya. Tak cuma itu, jarak tempuh bahan bakar juga berkurang signifikan. Permasalahan yang dialami konsumen Chery Tiggo 8 CSH tak cuma itu. Pemilik berinisial S itu juga mengeluhkan kinerja AC pada Tiggo 8 CSH yang menurutnya kurang optimal saat dibawa dari Surabaya ke Jakarta. S juga mengaku mengalami masalah jump shift pada Tiggo 8 CSH miliknya.

    Chery kemudian melakukan investigasi sekaligus menjabarkan temuan dari permasalahan Tiggo 8 CSH milik S. Soal mobil mati mendadak dan jarak tempuh kurang signifikan, berdasarkan data pada sistem terlihat bahwa mobil masuk ke mode proteksi. Pada saat yang bersamaan daya baterai bertegangan tinggi dan tangki bahan bakar dalam kondisi habis total. Hal itulah yang membuat mobil tidak berjalan.

    Soal jarak tempuh yang berkurang signifikan menurut Chery, mobil S dikemudikan dalam kecepatan tinggi sehingga meningkatkan hambatan angin. Chery juga menemukan Tiggo 8 CSH milik S itu melakukan akselerasi dan deselerasi secara cepat dan berulang. Maksudnya, mobil dipakai gas-rem-gas-rem secara berulang. Hal ini menyebabkan konsumsi energi instan yang lebih tinggi dan penurunan jarak tempuh lebih cepat dari biasanya.

    Soal permasalahan AC, menurut Chery ini ada hubungannya dengan perilaku pengemudi gas-rem-gas-rem berulang pada kecepatan tinggi. Ini memicu kebutuhan daya kendaraan jadi meningkat dan suhu baterai naik cepat.

    “Untuk menjaga stabilitas kinerja, sistem kendaraan akan melakukan penyesuaian otomatis pada distribusi daya dan suhu. Dalam situasi ini, kinerja pendinginan AC kabin bisa saja berkurang sementara, namun akan kembali normal begitu suhu pada baterai kembali stabil,” jelas Chery.

    Terakhir soal jump shift, Chery menemukan adanya kebocoran berdasarkan hasil identifikasi awal, dimana air masuk ke area dashboard yang diduga berasal dari proses penggantian kaca film. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada modul BDM (Body Domain Module), sehingga mempengaruhi kinerja transmisi sinyal dan menghambat proses inisialisasi perpindahan gigi secara normal.

    “Catatan investigasi juga menunjukkan bahwa masalah ini bukan berasal dari cacat komponen, melainkan faktor eksternal dari aktivitas penggunaan. Saat ini, permasalahan telah berhasil ditangani dan Chery Tiggo 8 CSH milik Bapak S kembali berfungsi dengan normal,” jelas Chery.

    Pada kesempatan yang sama, S juga mengapresiasi respons Chery dalam menangani mobilnya. Diketahui, mobil sudah diperbaiki sepenuhnya pada 18 September 2025. Chery Tiggo 8 CSH itu juga sudah melakoni uji jalan sebelum dikembalikan ke pemiliknya.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim PT Chery Sales Indonesia atas penanganan cepat dan responsif terhadap keluhan saya. Permasalahan telah diselesaikan dengan baik, dan kendaraan saya kini kembali dalam kondisi prima,” ungkap S.

    (dry/din)

  • Pejabat Dikawal Bikin Bising Pakai Strobo-Sirene, Presiden Lewat Malah Tak Ribut-ribut

    Pejabat Dikawal Bikin Bising Pakai Strobo-Sirene, Presiden Lewat Malah Tak Ribut-ribut

    Jakarta

    Pejabat diminta lebih bijak saat mendapat pengawalan. Kepala Staf Kepresidenan Muhammad Qodari menyebut pejabat dikawal itu bisa mencontoh Presiden Prabowo Subianto.

    Pejabat yang mendapat pengawalan tengah jadi sorotan. Sinar lampu strobo dan suara sirene yang melekat pada pengawalan pejabat dianggap mengganggu masyarakat. Hingga muncul gerakan di media sosial untuk menolak memberi jalan bagi pejabat yang dikawal dengan strobo dan sirene.

    Terkait hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Muhammad Qodari kembali mengingatkan pejabat agar lebih bijak saat mendapat pengawalan dengan strobo dan sirene. Menurutnya, pejabat bisa mencontoh pengawalan Presiden Prabowo Subianto yang minim suara bising sirene untuk sekadar meminta jalan.

    Berdasarkan pengalaman tim detikOto saat bertemu rombongan RI 1 di jalan Tol Jagorawi, memang tak ada suara ‘Tot Tot Wuk Wuk’ untuk meminta jalan. Pengawal paling depan hanya meminta dibukakan jalan dengan gestur tangan sembari memberi jempol. Tak ada suara bising berulang, padahal yang melintas adalah orang nomor wahid di Indonesia.

    “Pak Mensesneg, Mas Pras, sudah menegaskan bahwa pejabat publik harus bijak menggunakan pengawalan, dan mencontoh Presiden Prabowo yang hormat kepada pengguna jalan lain. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga mengakui jarang menggunakan strobo, karena merasa terganggu, dan ingin memberikan contoh kepada masyarakat,” kata Qodari dikutip Antara.

    Qodari menyebut dirinya juga hampir tidak pernah menggunakan strobo dan sirene saat di perjalanan saat menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Kepresidenan. Tak cuma itu, dia mengaku juga lebih sering menyetir sendiri tanpa pengawalan.

    “Tetap ada mobil walpri tetapi hanya pada kondisi-kondisi tertentu saja menggunakan strobo. Misalnya, kalau harus mengejar meeting dan yang lain-lain. Selebihnya tidak dipakai,” tambah Qodari.

    Strobo dan Sirene Buat Pejabat Dibekukan Sementara

    Adapun terkait penggunaan strobo dan sirene, Kakorlantas Polri Irjen Pol Agus Suryonugroho menyebut pihaknya akan melakukan pembekuan sementara. Kendati demikian, pengawalan terhadap kendaraan pejabat tertentu tetap dilaksanakan. Kakorlantas menekankan, penggunaan sirene hanya boleh dilakukan pada kondisi tertentu yang benar-benar membutuhkan prioritas.

    “Kalau pun digunakan, sirene itu untuk hal-hal khusus, tidak sembarangan. Sementara ini sifatnya himbauan agar tidak dipakai bila tidak mendesak,” tutur Agus.

    (dry/din)